SM's Special Review : Liga LCGC

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: SM's Special Review : Liga LCGC

Post by amfibi »

artoodetoo wrote:
amfibi wrote:
Mobilnya gratis jg om? :mky_03:
Apa sih Fib, sirik amat lu :big_weee:
Mau bgt disirikin :upss:
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: SM's Special Review : Liga LCGC

Post by artoodetoo »

amfibi wrote:
artoodetoo wrote:
amfibi wrote:
Mobilnya gratis jg om? :mky_03:
Apa sih Fib, sirik amat lu :big_weee:
Mau bgt disirikin :upss:
Tapi ya wajarlah, orang kalo sering dapat barang berkualitas secara gratis pastilah menimbulkan kecemburuan :mky_03:
Tenang dik Fibi, seiring dengan lamanya pemakaian, saya pasti akan bilang kelemahan2 Zenfone seperti halnya kelemahan si Mirage.
Cuma memang sampai sekarang lebih gampang cari kelemahan Mirage daripada Zenfone


:ngacir: :ngacir: :ngacir:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: SM's Special Review : Liga LCGC

Post by amfibi »

artoodetoo wrote:
amfibi wrote:
artoodetoo wrote:
Apa sih Fib, sirik amat lu :big_weee:
Mau bgt disirikin :upss:
Tapi ya wajarlah, orang kalo sering dapat barang berkualitas secara gratis pastilah menimbulkan kecemburuan :mky_03:
Tenang dik Fibi, seiring dengan lamanya pemakaian, saya pasti akan bilang kelemahan2 Zenfone seperti halnya kelemahan si Mirage.
Cuma memang sampai sekarang lebih gampang cari kelemahan Mirage daripada Zenfone


:ngacir: :ngacir: :ngacir:
Iya om iya duhhh :mky_03:
hitutbaw
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 578
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:01

Re: SM's Special Review : Liga LCGC

Post by hitutbaw »

Luar biasa review nya om adjaya..

Menarik pov nya:
Green car : emisi rendah, hemat bbm, gak bikin macet(??), dijabarkan sbb:
- cc mesti kecil (om stigjay bikin batasan <1600cc)
- dimensi kompak (dipilih semua hatchback)
- mesin min euro 3.. Hmm gak boleh premium!

Low cost car: affordable (bukan murah) hrs tetap memenuhi kelayakan sebuah sarana transportasi : safety, drive and ride quality, built quality...

Mantap pov nya om..

Kl melihat pov spt itu Emang jd sadis and ngerii liat mobil2 yg dipilih oleh pemerintah kita sbg lcgc..dgn segala "justifikasi" yg dibuat : industri dalam negeri, namanya keIndonesiaan, yg penting di bawah 100 jt..even nambah safety br boleh di atas 100 jt?? Jd yg di bawah 100 jt boleh "lebih gak safe??"

Btw..imho pov lain jg boleh kan om stigjay:
- mobil paling murah dari semua pilihan mobil baru yg ada skrg. Mobil udah begitu mahal dan harga naik terus, gaji gak naik, kebutuhan hidup trs naik..
- ini mobil! Rodanya 4, isinya bisa 4 org, gak keujanan, gak keanginan, gak kepanasan, mobil baru! dgn dukungan brand keren punya beres keren, "trouble free" dibanding mobkas, lebih aman drpd motor, kons bbm irit dibanding mobil lain, disupirinnya msh "acceptable dan very cukup utk wara wiri apalagi bukan pembalap jalanan", bisa dengerin musik, dan bisa nikmatin rasanya naik dan punya mobil..

Jadi, Imho kl sy:
Nilmatilah mobilnya, nikmatilah hidup dgn mobil kita semua.. Yah, makin macet .. Sama2 lah semua kena macet haha. Hati2lah berkendara (apapun mobilnya ya hrs hati2 he)..

Gak peduli dinamain lcgc atau bukan, yg sy beli kan adlh agya, ayla, wagon, satya, GO..dan imho sy pribadi: enjoy our agya, ayla, wagon, satya, GO nya..

Btw.. Pencerahan dan pov yg luar biasa dari mod jay.

Mohon maaf kl ada kata2 yg salah, ini cm murni pendapat pribadi..jelas subyektif sangat

Back to review things : mantab!!
ola_comoesta
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: Sun May 19, 2013 10:00

Re: SM's Special Review : Liga LCGC

Post by ola_comoesta »

ChZ wrote:
ola_comoesta wrote:review wahid....baca sampe SSS dulu karena sibuk,,,ntar baca lagi :ngacir:




......... ......... ..........



(alibi benernya cuman mampu beli sampe SSS) 600-800 diluar kelas bowkakakaakaka
lhooo itu roti tawar putih raksasa di garasi berapa harganya :upss:


:ngacir: :ngacir:

apa kalimat ini cuma alibi doang karena di atas 600 ente mw bungkus brand new MX-5.... :ngacir: :ngacir:
errr...itu :ngacir: :ngacir: :ngacir:
ola_comoesta
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: Sun May 19, 2013 10:00

Re: SM's Special Review : Liga LCGC

Post by ola_comoesta »

sudah baca full akhirnya....mantaaap mod djay!

1. Mirage..errr keren sih...tapi skip setelah liat harganya...hehehe, nissan march yg 1.5 g masuk ya?

2. Habis baca review mod, ecoboost buat org penasaran sensasinya....*panggilmadcatkapanTDini..
klo untuk masalah reliability...DSG fiesta ini apakah ada tweek dari versi sebelumnya. Mengingat 2 kenalan ane trouble yg sama di DSG-nya. Stuck dan akhirnya panggil teknisi. Kebetulan masih garansi, tpi kilometer masih dikit banget. Dan 2-2nya akhirnya pada jual tuh fiesta hehe

Fiat paling [cencored] pas di videoklip j-lo
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: SM's Special Review : Liga LCGC

Post by ChZ »

ola_comoesta wrote:
errr...itu :ngacir: :ngacir: :ngacir:

seharusnya miata masuk ya... jadi LCGC juga = Low Cost Ganteng Car... porsche killer with 12secs roof open....*lirikyangpunya*

:big_grin:

:ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
sukribo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 547
Joined: Fri Sep 06, 2013 3:44
Location: Surabaya

Re: SM's Special Review : Liga LCGC

Post by sukribo »

Poorman's porsche maksudnya ? ..... *eh :ngacir: :ngacir: :ngacir:
**************
The only reason I'm giving it five stars is because I can't give it 14 - Clarkson
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: SM's Special Review : Liga LCGC

Post by artoodetoo »

Ya yaaa, terus terusnoooo :mky_06:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: SM's Special Review : Liga LCGC

Post by madcat015 »

@om stiggy: terima kasih sekali om stig... memang ripiu ini layak ditunggu om... sebanding dengan kualitas dewa review, meski ane harus baca 2x baru dpt pencerahan... :mky_01:

Tentang SSS Koneng, iya om, ane ga nyangka skor dan praise om stig cukup tinggi. Ane harus banyak belajar bikin komparasi *panggil bro ChZ, dia yg bikin...* :ngacir:

@bro faye: errrr... Pug 208... cakep... tapi masih belum bs menghasut ane... :ngacir:

*urusan selera lg dah baliknya*


@bro ola: hayuk, kapan TD Ekobus di Ford H R Muhammad... :mky_02:

@om sukribo: :mky_03:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
TikusTampan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 248
Joined: Wed Oct 30, 2013 4:21

Re: SM's Special Review : Liga LCGC

Post by TikusTampan »

sangat sangat bergizi..

mantap mod..
"Supermouse Use No Pedals..."
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: SM's Special Review : Liga LCGC

Post by AD74YA »

Thanks oom-oom semua yang sudah apresiasi disini...

:cupss:
artoodetoo wrote: Consnya Mirage ini, bro, saya tidak setuju soal steering. Menurut saya responsif kok meski memang enteng banget. Feedback juga saya bilang bagus lah.
..nganu.. oom yahya.. maksude piye yo.... :big_childish:

IMO steering Mirage itu tidak responsif dan tidak terlalu akurat dikarenakan rentang lock to lock setir terlalu besar untuk ukuran mobil kecil.. Mungkin suatu saat bisa komparasi langsung antara Mirage-EcoBoost atau syukur-syukur Mirage-MINI, diperhatikan ketika turn-in kalau mau belok patah ke kanan di Mirage mebutuhkan lebih banyak perputaran setir, berdasar feeling kira-kira 1,5x dari Fiesta.. Mirage steering-nya mengingatkan pada settingan di new CRV menurut ane,, :ungg:

:cupss: :cupss:
fayenatics wrote: kalau nubie jadi jatuh cintrong ama pug 208 gti, kapan hari cuma liat2 dan pegang2 aja :off_good:
setelah baca review jadi makin penasaran

ecoboost juga, tuh si ola dan yusaku juga lagi penasaran ecoboost
Asik lah itu semua... Cuman EcoBoost jagoan dalam kota saja.. nafasnya pendeks..
amfibi wrote:Uber nice review om djay :mky_02:

Wkt itu duduk2 di fiat 500 yg seri plg bawah, rasanya enak ya, italian banget :upss:

Ttp syg sempit bgt ruang kaki depan buat kaki & dengkul ane... :ungg:

Overall asik bgt itu fiat 500 buat yg mau tampil anti mainstream :mky_02:
Sebenarnya yang desain akomodasi interiornya orang Belgium sih.. cuman pernak-perniknya nampaknya orang Italia, soalnya tombol-tombolnya terkesan acak adut.... :upss:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: SM's Special Review : Liga LCGC

Post by AD74YA »

billyd1773dz wrote:
klw ron di buku manual di tulis minimal brp ya om go? d us klw g salah tetep regular fuel unleaded which is aki 87 yg setara ron 90-91 disini.
Wah ndak liat bil... Kalok kata owner di infokan P+

billyd1773dz wrote:soal Stratified, klw noobs ini g salah artinya justru mode pembakaran kurus yang jauh lebih kurus dari stochiometric/pembakaran sempurna, stratified itu leanburn dan memang tidak dibakar sempurna karna menghasilkan NOx, namun sangat berguna untuk fc.

pada pembakaran stochiometric biasa fuel injection di salurkan saat intake cycle dgn afr tepat 14.7:1 kemudian akan menyatu dgn udara dgn rata dan di bakar pada akhir compression cycle... hasilnya pembakaran sempurna mirip dgn mpi biasa.

sedangkan stratified, injeksi fuel di lakukan di compression cycle d titik saat seharusnya terbakar, dan yup tepat sebelum busi menyala. fuel ditembakan dan langsung di bakar oleh busi... sehingga memungkinkan pembakaran yg sangat kurus "stratified" namun dgn resiko knock lebih rendah karna fuel di injeksikan tepat di titik harus terbakar. more like diesel engine. hal yg mustahil di non GDI.. karna nozzle ada di saluran intake, dan saat compression cycle semua valve tertutup rapat.
Ah yes, memang dalam mode stratified yang dicoba untuk achieved maksimal adalah leaner burn itu tadi, tapi di otak niubi, theoretically itu tidak mencoba menjauhi keadaan stoichiometric karena desain timing dan injektor mencoba bagaimana caranya bisa leaner tetapi tetap homogen pembakarannya, dan dengan timing yang begitu padat malah yang niubi tangkep sih lebih mendekati dari pembakaran konvensional... Ternyata niubi salah ya?... Thanks koreksinya oom bil.. :cupss:


billyd1773dz wrote: btw itu chart torque nya official om? ane ngubek2 nemu ini

125ps sih masih mending... need tuner touch neh :mky_02:

blm nemu
cmiiw :big_childish: :big_childish:
:beer:
Itu ane bikin sendiri berdasar feeling... :big_childish: Saat pengetesan kurva torsi kerasa tenaganya hilang-ada-hilang-ada, kecuali di push betul baru kerasa lean kurvanya.. Not a nice feeling... Saya jauh lebih admire turbo-scroll BMW-Peugeot ketimbang EcoBoost sih... :frm_salut:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: SM's Special Review : Liga LCGC

Post by artoodetoo »

AD74YA wrote:
artoodetoo wrote: Consnya Mirage ini, bro, saya tidak setuju soal steering. Menurut saya responsif kok meski memang enteng banget. Feedback juga saya bilang bagus lah.
..nganu.. oom yahya.. maksude piye yo.... :big_childish:

IMO steering Mirage itu tidak responsif dan tidak terlalu akurat dikarenakan rentang lock to lock setir terlalu besar untuk ukuran mobil kecil.. Mungkin suatu saat bisa komparasi langsung antara Mirage-EcoBoost atau syukur-syukur Mirage-MINI, diperhatikan ketika turn-in kalau mau belok patah ke kanan di Mirage mebutuhkan lebih banyak perputaran setir, berdasar feeling kira-kira 1,5x dari Fiesta.. Mirage steering-nya mengingatkan pada settingan di new CRV menurut ane,, :ungg:

:cupss: :cupss:
Oooo begitu :upss:
Ya ya I see.
Nantilah kalo sempat saya njajal mobil2 LCGC lainnya.
Ini lho yg bikin saya ragu2 waktu mau protes, saya jadi keliatan bloonnya :upss:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: SM's Special Review : Liga LCGC

Post by AD74YA »

hitutbaw wrote:Luar biasa review nya om adjaya..

Mantap pov nya om..

Kl melihat pov spt itu Emang jd sadis and ngerii liat mobil2 yg dipilih oleh pemerintah kita sbg lcgc..dgn segala "justifikasi" yg dibuat : industri dalam negeri, namanya keIndonesiaan, yg penting di bawah 100 jt..even nambah safety br boleh di atas 100 jt?? Jd yg di bawah 100 jt boleh "lebih gak safe??"

Btw..imho pov lain jg boleh kan om stigjay:
- mobil paling murah dari semua pilihan mobil baru yg ada skrg. Mobil udah begitu mahal dan harga naik terus, gaji gak naik, kebutuhan hidup trs naik..
- ini mobil! Rodanya 4, isinya bisa 4 org, gak keujanan, gak keanginan, gak kepanasan, mobil baru! dgn dukungan brand keren punya beres keren, "trouble free" dibanding mobkas, lebih aman drpd motor, kons bbm irit dibanding mobil lain, disupirinnya msh "acceptable dan very cukup utk wara wiri apalagi bukan pembalap jalanan", bisa dengerin musik, dan bisa nikmatin rasanya naik dan punya mobil..

Jadi, Imho kl sy:
Nilmatilah mobilnya, nikmatilah hidup dgn mobil kita semua.. Yah, makin macet .. Sama2 lah semua kena macet haha. Hati2lah berkendara (apapun mobilnya ya hrs hati2 he)..

Gak peduli dinamain lcgc atau bukan, yg sy beli kan adlh agya, ayla, wagon, satya, GO..dan imho sy pribadi: enjoy our agya, ayla, wagon, satya, GO nya..

Btw.. Pencerahan dan pov yg luar biasa dari mod jay.

Mohon maaf kl ada kata2 yg salah, ini cm murni pendapat pribadi..jelas subyektif sangat

Back to review things : mantab!!
Ini pertanyannya kok makin susah2 ye... hikz :big_slap:

POV yang oom sebutkan adalah POV khalayak yang sudah terjadi saat ini. Bahkan pemerintah pun pada asal mulanya adanya LCGC ini adalah untuk mendukung gerakan green dan industri Indonesia, akan tetapi faktanya, seperti yang saya sebutkan di awal tret, literasi LCGC ke bahasa Indonesia salah karena menjadi "Mobil Murah" atau lebih tepatnya "Mobil Kacangan yang Bisa Dibeli oleh Siapa Saja", walhasil ya... Udah kepalang tanggung, spokeperson malah makin memperparah paradigma melenceng ini, dan media menyebarkannya lebih cepat dari penyakit influenza. Jadinya ya.. Itulah.. POV khalayak pada saat ini.

Tapi, asal disikapi dengan bijak, saya rasa POV itu tidak akan masalah. Karena bagaimanapun mobil murah lebih aman dari roda 2, dan juga masih hemat BBM. Asalkan digunakan dengan bertanggung jawab dan taat peraturan.

Masalahnya, walaupun bukan semuanya, saya seringkali merasakan intimidasi pengguna jalan raya paling sering terlihat dari orang-orang dengan mobil terjangkau ini... Tadinya dipegang oleh duo avania yang drivernya sering ugal-ugalan, sekarang LCGC. Kemarin saya baru menyaksikan live ada Mobilio menabrak becak karena mencoba take over saya dari kiri padahal sedang ramai-ramainya. Mental. Masalah mental ini lah membuat saya gak mendukung gerakan LCGC ini.. Semoga kebayang oom.. POV pribadi saya di tret ini layaknya curcol tersembunyi saya dalam forum :big_peace:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: SM's Special Review : Liga LCGC

Post by AD74YA »

ola_comoesta wrote:sudah baca full akhirnya....mantaaap mod djay!

1. Mirage..errr keren sih...tapi skip setelah liat harganya...hehehe, nissan march yg 1.5 g masuk ya?

2. Habis baca review mod, ecoboost buat org penasaran sensasinya....*panggilmadcatkapanTDini..
klo untuk masalah reliability...DSG fiesta ini apakah ada tweek dari versi sebelumnya. Mengingat 2 kenalan ane trouble yg sama di DSG-nya. Stuck dan akhirnya panggil teknisi. Kebetulan masih garansi, tpi kilometer masih dikit banget. Dan 2-2nya akhirnya pada jual tuh fiesta hehe

Fiat paling [cencored] pas di videoklip j-lo
Dengan adanya EcoBoost ini feeling ane bakal jadi powertrain paling tidak reliabel sih di Liga ini... Tapi tetep harus mengakui keunggulan teknisnya..
madcat015 wrote:@om stiggy: terima kasih sekali om stig... memang ripiu ini layak ditunggu om... sebanding dengan kualitas dewa review, meski ane harus baca 2x baru dpt pencerahan... :mky_01:

Tentang SSS Koneng, iya om, ane ga nyangka skor dan praise om stig cukup tinggi. Ane harus banyak belajar bikin komparasi *panggil bro ChZ, dia yg bikin...* :ngacir:
Kembali kasih oom,,

SSS saya beri score tinggi karena sudah lama saya tidak menemukan mobil yang sederhana, tapi dibuat dengan baik, dengan performa yang proper.. SSS malah menurut saya jika lebih terjangkau (let say 250 juta) akan ada cult follower nya sendiri layaknya Civic pada masa dulu.. Karena memang mobil ini simpel, balance-nya bagus, understated, dan performanya sangat tepat sekali dipasangkan dalam chassis dan suspensinya.. Sampai saya sandingkan dengan EK9, itu pujian besar sekali saya berikan ke SSS.

Hanya sayang, harganya tidak terjangkau untuk target penggunanya.. Plus yang di populerkan justru CVT.... Salah strategi menurut saya sih.
TikusTampan wrote:sangat sangat bergizi..

mantap mod..
Thx oom,..
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
WongZo
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
Location: Bandung

Re: SM's Special Review : Liga LCGC

Post by WongZo »

ChZ wrote:
ola_comoesta wrote:
errr...itu :ngacir: :ngacir: :ngacir:

seharusnya miata masuk ya... jadi LCGC juga = Low Cost Ganteng Car... porsche killer with 12secs roof open....*lirikyangpunya*

:big_grin:

:ngacir:
Singkatannya kok campur Indo-English gitu hahhahaha :big_peace:
:ngacir: :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: SM's Special Review : Liga LCGC

Post by ChZ »

AD74YA wrote:
Kembali kasih oom,,

SSS saya beri score tinggi karena sudah lama saya tidak menemukan mobil yang sederhana, tapi dibuat dengan baik, dengan performa yang proper.. SSS malah menurut saya jika lebih terjangkau (let say 250 juta) akan ada cult follower nya sendiri layaknya Civic pada masa dulu.. Karena memang mobil ini simpel, balance-nya bagus, understated, dan performanya sangat tepat sekali dipasangkan dalam chassis dan suspensinya.. Sampai saya sandingkan dengan EK9, itu pujian besar sekali saya berikan ke SSS.

Hanya sayang, harganya tidak terjangkau untuk target penggunanya...
Yup... hebatnya SSS... simple car yang bisa memberikan kesenangan.... dengan resep yang ggak neko neko...... :mky_02:

still, ane menyukainya spt lumpia smg yang resepnya turun temurun tp punya rasa yg khas :cupss:

Harganya itu lho.... :ungg:

Ngomongin lumpia... jd kangen rumah... :ungg:
Last edited by ChZ on Sat May 10, 2014 4:29, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: SM's Special Review : Liga LCGC

Post by ChZ »

sukribo wrote:Poorman's porsche maksudnya ? ..... *eh :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Ayoooo kuping merah.... :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: SM's Special Review : Liga LCGC

Post by billyd1773dz »

AD74YA wrote:
billyd1773dz wrote:
klw ron di buku manual di tulis minimal brp ya om go? d us klw g salah tetep regular fuel unleaded which is aki 87 yg setara ron 90-91 disini.
Wah ndak liat bil... Kalok kata owner di infokan P+

billyd1773dz wrote:soal Stratified, klw noobs ini g salah artinya justru mode pembakaran kurus yang jauh lebih kurus dari stochiometric/pembakaran sempurna, stratified itu leanburn dan memang tidak dibakar sempurna karna menghasilkan NOx, namun sangat berguna untuk fc.

pada pembakaran stochiometric biasa fuel injection di salurkan saat intake cycle dgn afr tepat 14.7:1 kemudian akan menyatu dgn udara dgn rata dan di bakar pada akhir compression cycle... hasilnya pembakaran sempurna mirip dgn mpi biasa.

sedangkan stratified, injeksi fuel di lakukan di compression cycle d titik saat seharusnya terbakar, dan yup tepat sebelum busi menyala. fuel ditembakan dan langsung di bakar oleh busi... sehingga memungkinkan pembakaran yg sangat kurus "stratified" namun dgn resiko knock lebih rendah karna fuel di injeksikan tepat di titik harus terbakar. more like diesel engine. hal yg mustahil di non GDI.. karna nozzle ada di saluran intake, dan saat compression cycle semua valve tertutup rapat.
Ah yes, memang dalam mode stratified yang dicoba untuk achieved maksimal adalah leaner burn itu tadi, tapi di otak niubi, theoretically itu tidak mencoba menjauhi keadaan stoichiometric karena desain timing dan injektor mencoba bagaimana caranya bisa leaner tetapi tetap homogen pembakarannya, dan dengan timing yang begitu padat malah yang niubi tangkep sih lebih mendekati dari pembakaran konvensional... Ternyata niubi salah ya?... Thanks koreksinya oom bil.. :cupss:


billyd1773dz wrote: btw itu chart torque nya official om? ane ngubek2 nemu ini

125ps sih masih mending... need tuner touch neh :mky_02:

blm nemu
cmiiw :big_childish: :big_childish:
:beer:
Itu ane bikin sendiri berdasar feeling... :big_childish: Saat pengetesan kurva torsi kerasa tenaganya hilang-ada-hilang-ada, kecuali di push betul baru kerasa lean kurvanya.. Not a nice feeling... Saya jauh lebih admire turbo-scroll BMW-Peugeot ketimbang EcoBoost sih... :frm_salut:
mungkin performa optimal di ron 95 ya, bgtu juga mirage dan mbl lain d cr 10.5:1 rasanya tetep aja pling optimal d 95 jg hehe :D

apakah klw pke 92 akan knock parah om?

ummm stochiometris itu pembakaran sempurna, dan salah satu sarat utamanya adalah AFR 14.7:1, sedangkan stratifield leanburn bisa pd AFR diatas 65:1 jauh lebih kurus dri stochiometris... klw ane g salah ngertiin heheehe :D

sepertiny stochiometris lebih ke alasan emisi sih,agar CC bisa kerja optimal dan paling efisien.


mungkin tune nya terlalu efisiense oriented ya? baru full boost jika flat out. need tuner touch nih... :mky_03:

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: SM's Special Review : Liga LCGC

Post by billyd1773dz »

AD74YA wrote:Thanks oom-oom semua yang sudah apresiasi disini...

:cupss:
artoodetoo wrote: Consnya Mirage ini, bro, saya tidak setuju soal steering. Menurut saya responsif kok meski memang enteng banget. Feedback juga saya bilang bagus lah.
..nganu.. oom yahya.. maksude piye yo.... :big_childish:

IMO steering Mirage itu tidak responsif dan tidak terlalu akurat dikarenakan rentang lock to lock setir terlalu besar untuk ukuran mobil kecil.. Mungkin suatu saat bisa komparasi langsung antara Mirage-EcoBoost atau syukur-syukur Mirage-MINI, diperhatikan ketika turn-in kalau mau belok patah ke kanan di Mirage mebutuhkan lebih banyak perputaran setir, berdasar feeling kira-kira 1,5x dari Fiesta.. Mirage steering-nya mengingatkan pada settingan di new CRV menurut ane,, :ungg:

:cupss: :cupss:
fiesta lock to lock brp kali om?klw sss?

GE8 masih banyak bearti yah 3.4x kli...

ipah lebih banyak lagi 4x.

ngakalinnya bisa di pasang howe steering reducer yg ratio 1:1.5 aja cukup hehehe :D stir jg jd lebih berbobot.

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: SM's Special Review : Liga LCGC

Post by ricz »

:big_exellent: :big_exellent: :big_exellent: :big_exellent:
2021 Fortuner VRZ
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: SM's Special Review : Liga LCGC

Post by VanzMatic »

Yah, mental memang kendala di negeri ini.
Begitu macet dikit di tol, bahu jalan udah penuh.... dan yang kebanyakan nyalip dari bahu jalan dengan kecepatan fantastis bukan hanya mobil terjangkau tersebut. Tapi mostly yg mobil mobilnya ber safety feature mumpuni.

Menyedihkan, menyayat hati...ternyata fitur keselamatan jadi bekingan untuk melegalkan pelanggaran,"Kan aman broo, srs airbag, abs, ebd, ba, ncap rating sampe jamu bintang tujuh.."

Melihat kenyataan demikian, IMHO ane lebih setuju mobil murah tersebut untuk kalangan bikers supaya engga bonceng 4 lagi di motor untuk perjalanan dalam kota, atau.... supaya jangan lagi bonceng 3 saat mudik lebaran. Terlepas dari pro kontra perlu enggak nya mudik lebaran lo ya.. Itu masalah lain lagi.

Saya setuju program mobil murah karena saat lebaran 2x kemarin, total 4x saya melihat sekeluarga naik motor untuk mudik terpeleset jatuh atau terserempet bus hingga nyusruk di pinggir jalan.

Mungkin mereka seumur hidupnya belum pernah naik mobil, mungkin naik mobil kalau ada sanak family yang nebengin... Buat beberapa member SM disini, mungkin itu bukan 'kelas' atau 'level' untuk dibahas disini yah, tapi .. berhubung ane juga berangkatnya dari kondisi seperti itu, maka ane bisa rasakan bagaimana mereka memimpikan bisa memiliki mobil dengan segenap daya upaya keuangan / finansial mereka, tapi harga mobil yang dikatakan layak fitur keselamatan, sudah ngga mungkin dijangkau lagi. Mereka hanya bisa raih yang bekas, yang mana mungkin justru makin menguras kering kantong mereka untuk perbaikan perbaikan, diperparah karena ke-awaman mereka ttg otomotif.

Dengan harga 100 juta, dulu mereka belum bisa dapat avanza/xenia seken daun muda....eh.... :big_slap: taun muda.
Tapi sekarang bisa.
Meskipun, hanya untuk jalan jalan sekali kali bersama keluarga di tengah kesibukan sehari hari sebagai kuli di kota, apalagi Jakarta.

Tapi... saya personally juga minta maaf sebesar besarnya kalau pendapat cupu seperti ini bisa mendarat di trit ini...

:big_peace: :big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
smurfy
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 149
Joined: Mon Dec 09, 2013 16:53

Re: SM's Special Review : Liga LCGC

Post by smurfy »

Very good review om stig!

Baca ini asik banget...
User avatar
WK1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Sun Sep 23, 2012 11:48

Re: SM's Special Review : Liga LCGC

Post by WK1 »

jar-jit-no wrote:super review mod helm :big_exellent: :big_exellent:

saya sangat ngiler ama ekobus..terutama torsi & build quality nya..

sampe skrg msh bertanya2 soal hal ini...
ChZ wrote:
ecoboost sih jeleknya di "galau" saat stop and go... no power-jerky tranny... :big_slap:
no power-jerky tranny...bisa tolong dijelaskan pake kata2 yg sederhana? :mky_01:

maklum org ndeso..blm pernah naik mobil ber-turbo :big_blushing:
Ane pemakai fiesta 1.6 S om, kalo boleh ane turut menjelaskan mengenai transmisi DSG nya

DSG di ford fiesta ( mungkin di semua merk kali ya... ) adalah penggabungan antara transmisi manual dan matic. Aslinya / awalnya adalah transmisi manual yg di gabungkan dengan sistem dual clutch sehingga menjadi matic. Jadi karakteristik transmisi DSG walaupun sejatinya adalah matic, tidak bisa dibandingkan dengan transmisi matic konvensional apalagi dgn CVT. kalo menurut ane yg nubie, transmisi DSG lebih banyak kemiripannya dengan transmisi manual.

Ane akan coba kronologisnya 1-1 menurut feeling ane selama menggunakan DSG di fiesta 1.6S ane

1. Penggantian gigi yg kasar di Gigi 1 ke 2. Tidak spt matic konvensional yg akan "menggantung" setengah kopling pada saat oper gigi, tidak spt di fiesta. Kalo bg yg sudah sering bawa manual, pasti akan terasa sekali kemiripannya. Gigi 1 rpm 2000 DSG akan oper ke gigi 2, lalu kopling akan dilepas total tanpa ada kopling "setengah kopling". Nah hentakan itu mirip spt jika kita menggunakan transmisi manual. Bahkan utk perpindahan 1 ke 2 bisa kedengeran suara perpindahan transmisinya. Mirip manual

2. Kondisi ndut ndutan, juga mirip. Pd saat kondisi lalu lintas padat merayap, bayangkan kita menggunakan mobil manual. Ada kalanya di kecepatan 5, 10, 20 kita sendiri "suka" bingung dgn posisi giginya. Kalo pake 2 rpm nya kerendahan, mesti gantung kopling. Kalo pake 1 terlalu kasar, rpm nya rada ketinggian. Kalo kita di gigi 2 dan telat gantung kopling yg terjadi adalah mobil ndut-ndutan. Begitu juga di kecepatan 5-10 dgn gigi 1. Krn DSG tidak mengenal setengah kopling, lepas gas kemudian injak lagi, akan terasa hentakannya spt di manual. Krn kopling baru bekerja full jika kita injak rem hingga mobil berhenti. Inilah yg terjadi dgn transmisi DSG. Di RPM rendah gigi 1&2 pasti ada gejala sedikit ndut-ndutan. Tp utk gigi selanjutnya tidak ada gejala ndut-ndutan.

Kalo masalah ecoboost, menurut ane tidak ada hubungannya dengan kondisi stop n go seperti bro CHz bilang. Ini adalah murni karakteristik transmisi DSG, bukan perpaduan antara ecoboost dan DSG. Soalnya di fiesta ane yg 1.6S juga ada karakteristik spt itu. Mobil ane kan bukan ecoboost....

Mungkin penjelasan ane yg nubie dapat di mengerti...
Last edited by WK1 on Sat May 10, 2014 13:27, edited 3 times in total.