SM's Special Review : Liga LCGC

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

starship
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: 16 Dec 2013, 10:18

Re: SM's Special Review : Liga LCGC

Post by starship »

zuuuper sekali. ... nambh 2 sks jurusan otoreview nih. bacanya smpe pusing..trus tiduran tp terngiang2 trus paksain baca lg..maklum baca di begophone hurup unyu2.
pencerahan tingkat dewa..salut
Rocco77
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 186
Joined: 11 Dec 2013, 18:35

Re: SM's Special Review : Liga LCGC

Post by Rocco77 »

Mantap review nya... :)
User avatar
suvmania
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 261
Joined: 10 May 2013, 18:33

Re: SM's Special Review : Liga LCGC

Post by suvmania »

VanzMatic wrote:Yah, mental memang kendala di negeri ini.
Begitu macet dikit di tol, bahu jalan udah penuh.... dan yang kebanyakan nyalip dari bahu jalan dengan kecepatan fantastis bukan hanya mobil terjangkau tersebut. Tapi mostly yg mobil mobilnya ber safety feature mumpuni.

Menyedihkan, menyayat hati...ternyata fitur keselamatan jadi bekingan untuk melegalkan pelanggaran,"Kan aman broo, srs airbag, abs, ebd, ba, ncap rating sampe jamu bintang tujuh.."

Melihat kenyataan demikian, IMHO ane lebih setuju mobil murah tersebut untuk kalangan bikers supaya engga bonceng 4 lagi di motor untuk perjalanan dalam kota, atau.... supaya jangan lagi bonceng 3 saat mudik lebaran. Terlepas dari pro kontra perlu enggak nya mudik lebaran lo ya.. Itu masalah lain lagi.

Saya setuju program mobil murah karena saat lebaran 2x kemarin, total 4x saya melihat sekeluarga naik motor untuk mudik terpeleset jatuh atau terserempet bus hingga nyusruk di pinggir jalan.

Mungkin mereka seumur hidupnya belum pernah naik mobil, mungkin naik mobil kalau ada sanak family yang nebengin... Buat beberapa member SM disini, mungkin itu bukan 'kelas' atau 'level' untuk dibahas disini yah, tapi .. berhubung ane juga berangkatnya dari kondisi seperti itu, maka ane bisa rasakan bagaimana mereka memimpikan bisa memiliki mobil dengan segenap daya upaya keuangan / finansial mereka, tapi harga mobil yang dikatakan layak fitur keselamatan, sudah ngga mungkin dijangkau lagi. Mereka hanya bisa raih yang bekas, yang mana mungkin justru makin menguras kering kantong mereka untuk perbaikan perbaikan, diperparah karena ke-awaman mereka ttg otomotif.

Dengan harga 100 juta, dulu mereka belum bisa dapat avanza/xenia seken daun muda....eh.... :big_slap: taun muda.
Tapi sekarang bisa.
Meskipun, hanya untuk jalan jalan sekali kali bersama keluarga di tengah kesibukan sehari hari sebagai kuli di kota, apalagi Jakarta.

Tapi... saya personally juga minta maaf sebesar besarnya kalau pendapat cupu seperti ini bisa mendarat di trit ini...

:big_peace: :big_peace:

nah ane sangat setuju dengan pendapat om VM...
menurut ane, memang seharusnya pasar yang dituju oleh para produsen dan tujuan yg sahih dari pemerintah dalam memuluskan jalan LCGC ya mereka yang berkeluarga dengan anak dan diharapkan pindah dari motor ke mobil untuk alasan keselamatan. Mereka adalah satu2nya bagian masyarakat yang berhak membeli LCGC.. dan pemerintah seperti biasa dengan segala kebodohannya dan gila uang nya begitu juga dengan ATPM yang profit oriented malah ngejual LCGC pada orang2 yang sengaja cari mobil kecil untuk perang harian.. padahal di rumah ada mobil lain yang lebih baik...

ane berpendapat sebaiknya ada syarat tertentu yang diberikan dalam pembelian LCGC.. semoga pemerintah dan ATPM lebih terbuka mata hati dan pikirannya agar mempertimbangkan yang terbaik...

tapi kalo LCGC nya om stig mah... ane gak ikutan ah... :ngacir:
Daily Tol Japek Beater :big_smoking:

Even Plate: 2018 RU1 SE
Odd Plate : 2008 W204 C230
User avatar
Jose
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 494
Joined: 02 Jan 2008, 12:19
Location: Southern Batavia
Daily Vehicle: Toyota Camry V6 35Q Mitsubishi Xpander Chevrolet Trax
Contact:

Re: SM's Special Review : Liga LCGC

Post by Jose »

Spektakulerrr...

Review2 di SM especially dari master helm membuat review2 dari tabloid maupun majalah tanah air terlihat seperti review anak anak :D

Oh iya, saya juga menemukan fenomena betapa tidak tepat sasaran LCGC ini. Saya lihat banyak pembeli mobil2 LGGC terutama brio satya adalah kalangan yg sangat mampu, nah mereka ini membelikan mobil utk anak2nya dan kemudian dimodif menggunakan part2 mahal, spt velg bermerek & audio spek semi pro

Miris bgt liatnya. :D
Increase speed = increase Risk
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: SM's Special Review : Liga LCGC

Post by VanzMatic »

Jose wrote:Spektakulerrr...

Review2 di SM especially dari master helm membuat review2 dari tabloid maupun majalah tanah air terlihat seperti review anak anak :D

Oh iya, saya juga menemukan fenomena betapa tidak tepat sasaran LCGC ini. Saya lihat banyak pembeli mobil2 LGGC terutama brio satya adalah kalangan yg sangat mampu, nah mereka ini membelikan mobil utk anak2nya dan kemudian dimodif menggunakan part2 mahal, spt velg bermerek & audio spek semi pro

Miris bgt liatnya. :D
Yap, sangat disayangkan.
Tapi kalau saya coba memposisikan diri sebagai seorang ayah yang anak perempuannya ngga tau apa apa ttg mobil alias hanya tau nyetir, saya akan parno juga megangin mobil seken.

Kecuali kalo anak saya ngerti mobil, mungkin akan saya belikan mobil seken aja.
:big_grin:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: SM's Special Review : Liga LCGC

Post by ChZ »

Jose wrote:Spektakulerrr...

Review2 di SM especially dari master helm membuat review2 dari tabloid maupun majalah tanah air terlihat seperti review anak anak :D

Oh iya, saya juga menemukan fenomena betapa tidak tepat sasaran LCGC ini. Saya lihat banyak pembeli mobil2 LGGC terutama brio satya adalah kalangan yg sangat mampu, nah mereka ini membelikan mobil utk anak2nya dan kemudian dimodif menggunakan part2 mahal, spt velg bermerek & audio spek semi pro

Miris bgt liatnya. :D
yup... sayang sekali.... realitanya bukan orang kalangan bawah yang menikmati... mayoritas pembeli LCGC adalah orang-orang yang beli second car untuk anak/bininya....

IMO, ane kalo punya anak akan beliin mobil bekas taun muda... gimanapun mobil bekas nggak bikin jalanan tambah macet dengan bertambahnya populasi kendaraan.... plus liat realita mobkas skrg lagi hancur harganya.... dan (lagi-lagi) gara2 LCGC ini.... :big_slap:

kacau emang... :big_slap:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
SilverK610i
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 343
Joined: 21 Sep 2013, 08:31

Re: SM's Special Review : Liga LCGC

Post by SilverK610i »

speechless!!!! :e-silenced:

bener2 super review mod :big_exellent:
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: 11 Mar 2011, 05:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: SM's Special Review : Liga LCGC

Post by nugroho bagor »

:mky_02: Ikut numpang aja di trit Om Jokowi eh Om Helm :big_exellent:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: 13 Jun 2008, 02:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: SM's Special Review : Liga LCGC

Post by AD74YA »

billyd1773dz wrote: mungkin performa optimal di ron 95 ya, bgtu juga mirage dan mbl lain d cr 10.5:1 rasanya tetep aja pling optimal d 95 jg hehe :D

apakah klw pke 92 akan knock parah om?

mungkin tune nya terlalu efisiense oriented ya? baru full boost jika flat out. need tuner touch nih... :mky_03:

:beer:
Wah ndak nyoba pakai pertamak bil... Langsung P+ ae..

Betul2.. Tapi bisa sekali ini di tune jadi lebih leaner kurvanya dan lebih cepet naik sih...
billyd1773dz wrote:
fiesta lock to lock brp kali om?klw sss?

GE8 masih banyak bearti yah 3.4x kli...

ipah lebih banyak lagi 4x.

ngakalinnya bisa di pasang howe steering reducer yg ratio 1:1.5 aja cukup hehehe :D stir jg jd lebih berbobot.

:beer:
Feeling saya sih Fiesta Ecoboost ada di kisaran 1:14 steering ratio nya sedangkan Mirage di kisaran 1:18 .. Purely berdasar feeling ya oom.. SSS rasanya 11-12 dengan EcoBoost
smurfy wrote:Very good review om stig!

Baca ini asik banget...
Thanks oom..
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: 13 Jun 2008, 02:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: SM's Special Review : Liga LCGC

Post by AD74YA »

starship wrote:zuuuper sekali. ... nambh 2 sks jurusan otoreview nih. bacanya smpe pusing..trus tiduran tp terngiang2 trus paksain baca lg..maklum baca di begophone hurup unyu2.
pencerahan tingkat dewa..salut
Thanks apresiasinya oom... Lop u :cupss:
Rocco77 wrote:Mantap review nya... :)
Thanks oom.... Ditunggu oom,, Janda Swift Sport nya... Hehehe
Jose wrote:Spektakulerrr...

Review2 di SM especially dari master helm membuat review2 dari tabloid maupun majalah tanah air terlihat seperti review anak anak :D

Oh iya, saya juga menemukan fenomena betapa tidak tepat sasaran LCGC ini. Saya lihat banyak pembeli mobil2 LGGC terutama brio satya adalah kalangan yg sangat mampu, nah mereka ini membelikan mobil utk anak2nya dan kemudian dimodif menggunakan part2 mahal, spt velg bermerek & audio spek semi pro

Miris bgt liatnya. :D
Thanks oom Jose.. Ya itulah.... Di kota ane kalau ke SMA-SMA kebanyakan Agya sama Brio... Udah gitu tiap ke kantor suka bikin macet jalan karena mereka ngantri masuk ke parkiran sekolah... Hrrrr...
SilverK610i wrote:speechless!!!! :e-silenced:

bener2 super review mod :big_exellent:
Tengyu oom soner..
nugroho bagor wrote::mky_02: Ikut numpang aja di trit Om Jokowi eh Om Helm :big_exellent:
Hiii oomm... Miss u.. masih melaut kah oom? Besok ane survey lho.. :mrgreen:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
iwidiyanto
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 621
Joined: 30 Oct 2011, 18:48
Location: Antar Kota Antar Propinsi

Re: SM's Special Review : Liga LCGC

Post by iwidiyanto »

suvmania wrote:
nah ane sangat setuju dengan pendapat om VM...
menurut ane, memang seharusnya pasar yang dituju oleh para produsen dan tujuan yg sahih dari pemerintah dalam memuluskan jalan LCGC ya mereka yang berkeluarga dengan anak dan diharapkan pindah dari motor ke mobil untuk alasan keselamatan. Mereka adalah satu2nya bagian masyarakat yang berhak membeli LCGC.. dan pemerintah seperti biasa dengan segala kebodohannya dan gila uang nya begitu juga dengan ATPM yang profit oriented malah ngejual LCGC pada orang2 yang sengaja cari mobil kecil untuk perang harian.. padahal di rumah ada mobil lain yang lebih baik...

ane berpendapat sebaiknya ada syarat tertentu yang diberikan dalam pembelian LCGC.. semoga pemerintah dan ATPM lebih terbuka mata hati dan pikirannya agar mempertimbangkan yang terbaik...

tapi kalo LCGC nya om stig mah... ane gak ikutan ah... :ngacir:
Yah mirip2 apartemen bersubsidi yang syaratnya gaji max 5 juta rupiah, ktp dki, dan belum punya rumah. Tapi nyatanya, yang parkir di situ bukannya motor tapi mobil2, even sekelas BMW dll. Ato yang beli mungkin para driver2 bos yang mobilnya dibawa pulang? :big_think:
Rocco77
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 186
Joined: 11 Dec 2013, 18:35

Re: SM's Special Review : Liga LCGC

Post by Rocco77 »

Rocco77 wrote:Mantap review nya... :)
Thanks oom.... Ditunggu oom,, Janda Swift Sport nya... Hehehe
Jose wrote:
Sepertinya lama om...karena blom lunas...wkwkwkwkwk...
Dulu pingin nya SSS ini tetep N/A aja tapi setelah beberapa hari ini dibandingin ama Rocco kok agak kurang nendang...jadi pingin pasang keong racun...wkwkwkwwk
User avatar
Bueuk_32
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2002
Joined: 26 Oct 2012, 19:47

Re: SM's Special Review : Liga LCGC

Post by Bueuk_32 »

AD74YA wrote: Ini pertanyannya kok makin susah2 ye... hikz :big_slap:

POV yang oom sebutkan adalah POV khalayak yang sudah terjadi saat ini. Bahkan pemerintah pun pada asal mulanya adanya LCGC ini adalah untuk mendukung gerakan green dan industri Indonesia, akan tetapi faktanya, seperti yang saya sebutkan di awal tret, literasi LCGC ke bahasa Indonesia salah karena menjadi "Mobil Murah" atau lebih tepatnya "Mobil Kacangan yang Bisa Dibeli oleh Siapa Saja", walhasil ya... Udah kepalang tanggung, spokeperson malah makin memperparah paradigma melenceng ini, dan media menyebarkannya lebih cepat dari penyakit influenza. Jadinya ya.. Itulah.. POV khalayak pada saat ini.

Tapi, asal disikapi dengan bijak, saya rasa POV itu tidak akan masalah. Karena bagaimanapun mobil murah lebih aman dari roda 2, dan juga masih hemat BBM. Asalkan digunakan dengan bertanggung jawab dan taat peraturan.

Masalahnya, walaupun bukan semuanya, saya seringkali merasakan intimidasi pengguna jalan raya paling sering terlihat dari orang-orang dengan mobil terjangkau ini... Tadinya dipegang oleh duo avania yang drivernya sering ugal-ugalan, sekarang LCGC. Kemarin saya baru menyaksikan live ada Mobilio menabrak becak karena mencoba take over saya dari kiri padahal sedang ramai-ramainya. Mental. Masalah mental ini lah membuat saya gak mendukung gerakan LCGC ini.. Semoga kebayang oom.. POV pribadi saya di tret ini layaknya curcol tersembunyi saya dalam forum :big_peace:
Kalo saya justru melihatnya sebaliknya mod, bukan konsep LCGC yg ketika “diterapkan” di Indonesia berubah menjadi mobil murah, melainkan karena pasar Indonesia yg memang “sudah waktunya” mengisi celah kategori dibawah kelas city car. Dan ketika isu lingkungan menjadi cukup s*eksi untuk diperbincangkan, maka dilabelilah mobil itu dg istilah LCGC, yg merupakan gimmick semata. Mengisi celah kelas dibawahnya merupakan hal yg lumrah kan di dunia otomotif? Ketika biaya produksi meningkat yg berimbas pada harga jual, pada akhirnya dibuat naik kelas sekalian, dan kelas yg ditinggalkan ‘harus’ diisi dg produk lain yg masih dalam jangkauan kemampuan ekonomi pasar yg sebelumnya, meski itu artinya dg kualitas yg lebih rendah. Ketika kijang ‘naik kelas’, avanza yg dihadirkan untuk mengisi pasar yg ditinggalkan, sebentar lagi mungkin mpv berbasis lcgc yg dikedepankan untuk mengisi pasar avanza (baca: lmpv) yg harganya mulai merangkak naik, Go+ dan wagon R 7 seater sudah mulai menunjukkan hal itu. Contoh lain, ketika ‘hatchback’ mulai “naik kelas”, diisilah kelas yg ditinggalkan dg ‘citycar’, dan sekarang waktunya menciptakan produk yg dibawah kelas citycar yg juga mulai merangkak naik, dan kita mengenalnya dg sebutan ‘LCGC’. saya yakin, suatu hari juga akan ada 'kelas baru' dibawah lcgc sekarang. jika sudah 'waktunya'. :mrgreen:
Jadi sampai titik ini sih saya melihatnya memang orientasinya bukan menciptakan mobil yang ramah lingkungan, tapi sisi ekonomi (baca: menggarap pasar kelas harga dibawah 100 jt).
Percaya deh, setiap membuat kebijakan, tentang apapun itu, baik eksekutif maupun legislatif diatas sana, tidak akan pernah memposisikan isu lingkungan atau kepentingan publik lebih penting dari angka rupiah yg bisa dikantongi, kecuali dicekoki chatime errr.. ecstacy dulu sebelumnya :big_peace:
Makanya di trit pro-kontra LCGC, pernah saya sampaikan, LCGC itu “hanya” penamaan, bagi saya adanya kelas LCGC hanya menambah kategori, sekarang kelas harga mobil membentang dari dibawah 100 jt sampai diatas 1 M. Soal siapa yg beli, stakeholdernya jg ga akan ambil pusing, yg penting laku. Toh kalau mau blak-blakan jujur, tidak mudah loh bagi penunggang roda 2 berpindah ke roda 4 dari segi running costnya. Sama saja dg bunuh diri kalau pabrikan tertarik terjun dikelas LCGC jika orientasinya memindahkan pengguna roda 2 ke roda 4, siapa yg mau beli?

Makanya saya menentang pengaturan diskriminatif terhadap mobil yg termasuk kategori tertentu, semisal bahwa lcgc dilarang menggunakan BBM non subsidi, dll. Karena pembedaan kategori itu kan sudah dilakukan diawal, seperti bea masuk sedan atau yg berpenggerak 4x4 yg lebih tinggi, dll.
Tapi ketika sudah ditangan konsumen, ya semuanya itu harus diperlakukan sama sebagai “alat transportasi berbahan bakar fosil”, tidak ada lagi pembedaan ini LCGC, ini city car, ini SUV 4x4, dll. Sehingga setiap pengaturan, harus mengikat semuanya, tidak lagi hanya untuk 1-2 kategori tertentu.
Sama seperti halnya, saya juga tidak setuju pelarangan mobil2 premium menggunakan BBM bersubsidi (diluar konteks spek mesin ya), dengan alasan:
1. Pembeli mobil ‘mewah’ dikategorikan lebih kaya dari kebanyakan orang sebenarnya absurd, siapa yg menjamin mereka membelinya dari baru ketika harganya masih selangit?
2. Orang yang dikategorikan ‘kaya’ itu sebenarnya lebih berkontribusi pada negara dibandingkan orang yg dikategorikan ‘miskin’, setidaknya dari pajak yg mereka bayarkan, semakin besar penghasilan, semakin besar nilai angka yg ‘disumbangkan’ pada negara. Nah, kalau bukan dari BBM, lantas dalam hal apa para pembayar pajak ini merasakan kehadiran pemerintah?
3. Jargon ‘BBM bersubsidi hanya untuk masyarakat tidak mampu’ juga absurd, karena kategori ‘tidak mampu’ yg dikaitkan dg jargon tsb jg tidak jelas menggunakan acuan yang mana. Nah, karena jargon ini dari pemerintah, kalau begitu yg dimasukkan dalam kelompok ‘tidak mampu’ juga selayaknya kita lihat dari kacamata pemerintah saja, mari kita kaji; yang dijadikan acuan oleh pemerintah untuk kategori ‘tidak mampu’ berdasarkan data BPS dimana kategori tidak mampu (miskin) adalah yang pengeluarannya 211 rb/bulan (7000/hari). Pertanyaannya, berapa persen sih dari mereka yang keuangannya seperti itu memiliki kendaraan bermotor berbahan bakar fosil? kenapa ga sekalian aja ya pemerintah mensubsidi harga daging yg meroket, tapi jangan lupa di kios2 dagingnya dipasang spanduk “Daging Bersubsidi Hanya Untuk Vegetarian”.
4. kalau atas nama lingkungan, ya sudah, ron 88 yg miskin aditif itu dihapuskan saja dari SPBU, jual hanya ron 92 keatas (tapi dg harga subsidi tentunya), iya dong, kalau bukan dari BBM bersubsidi, dari mana lagi kita merasakan kehadiran pemerintah kan? :big_weee:
Itu kan hanya akal2an pemerintah aja yg ga pernah becus ngurus negara, keuangan negara tekor bukan karena subsidi BBM kok, nilainya ga seberapa kok dibandingkan potensi penghasilan negara termasuk diantaranya dari sektor pajak. Keuangan negara tekor kan dari anefisiensi anggaran dan korupsi, bukan subsidi. ‘Bayar Pajaknya Awasi Pengelolanya’. :big_smoking:

Btw, soal Low Cost and Green Car sendiri saya kok agak kurang sepakat dg pengkategorian mod helm diatas ya :big_peace: kalau green car nya mungkin iya, compare to mobil2 yg sedang beredar, dari sisi efisiensi dan emisi, tapi untuk low cost nya itu… mahal2 semua baik harga maupun perawatan kekekekek..
Kalau menurut ane sih secara literal, low cost ini bisa dibedakan dalam 2 kelompok:
1. Berbiaya produksi rendah (produsen oriented), misalnya potongan pajak yg signifikan untuk mobil yg dirakit dalam negeri (karena menciptakan lapangan kerja), tambahan potongan jika pabrik perakitannya di luar jawa. Sekian persen di sumatera, tambahan sekian persen di Kalimantan atau Sulawesi, tambahan sekian persen jika di Papua. Dll.
2. Berbiaya kepemilikan rendah atau running cost rendah (consumer oriented).
Sampai titik ini sepertinya regulasi pemerintah ttg LC(without GC) lebih mendekati deh ( on paper).
Tapi sah2 aja sih mod helm melempar istilah LCGC dg ‘konsep’ lain seperti diatas, namanya juga cuma istilah, seperti halnya seorang Dharma yg memasang tampang galak, lalu menamai dirinya dg ‘kucing gila’ tanpa harus bereinkarnasi menjadi seekor kucing beneran terlebih dahulu. :mrgreen:
Hahaha malah curcol di trit orang,,, ga udah diseriusin ya, cuma curcol dihari libur.. :ngacir:

------------

Btw, soal Suip semprot, sepertinya harganya worth it ya segitu? Diluar fiesta ecoboost yg lebih murah. Karena pajak di kita kan berdasar kapasitas mesin ya, fiesta ‘diuntungkan’ dg mesin yg “hanya” 1000 cc. Mungkin “dosa” nya SSS itu satu, yang bikin dia terasa overprice, dia terlalu cepat berojol. Ketika pesaing tradisionalnya (jazz & yaris) masih berkutat dg harga lama, dia nongol dg menembus angka psikologis, kepala 3, apalagi suip ‘biasa’ masih bertahan dibawah 200 jt meski dg menurunkan kapasitas mesin. Coba berojolnya 2014 juga ketika all new jazz & yaris yg juga all new dari segi harga, kan udah mendekat juga ke angka 300. Cmiiw
Btw, dari jajaran mobil2 suzuki, ada ga sih yg transmisi maticnya pinter? Atau si CVT nya SSS ini udah yang paling pinter? Sayang ya kalau kurang mampu ngimbangi mesinnya.
Oiya mod helm, review yg manualnya ditunggu ya.. :cupss:



:ngacir:
"The Power of ren-Dreams"
Image
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2281
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: SM's Special Review : Liga LCGC

Post by ilhami »

Kenapa ya kalau di google LCGC itu hanya ada di Indonesia.
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: 29 Nov 2012, 15:52
Location: Surabaya

Re: SM's Special Review : Liga LCGC

Post by madcat015 »

SM's great thinker has passed... errr... return... :mky_02:

Hai buluk... :cupss:
Bueuk_32 wrote:
AD74YA wrote: Ini pertanyannya kok makin susah2 ye... hikz :big_slap:

POV yang oom sebutkan adalah POV khalayak yang sudah terjadi saat ini. Bahkan pemerintah pun pada asal mulanya adanya LCGC ini adalah untuk mendukung gerakan green dan industri Indonesia, akan tetapi faktanya, seperti yang saya sebutkan di awal tret, literasi LCGC ke bahasa Indonesia salah karena menjadi "Mobil Murah" atau lebih tepatnya "Mobil Kacangan yang Bisa Dibeli oleh Siapa Saja", walhasil ya... Udah kepalang tanggung, spokeperson malah makin memperparah paradigma melenceng ini, dan media menyebarkannya lebih cepat dari penyakit influenza. Jadinya ya.. Itulah.. POV khalayak pada saat ini.

Tapi, asal disikapi dengan bijak, saya rasa POV itu tidak akan masalah. Karena bagaimanapun mobil murah lebih aman dari roda 2, dan juga masih hemat BBM. Asalkan digunakan dengan bertanggung jawab dan taat peraturan.

Masalahnya, walaupun bukan semuanya, saya seringkali merasakan intimidasi pengguna jalan raya paling sering terlihat dari orang-orang dengan mobil terjangkau ini... Tadinya dipegang oleh duo avania yang drivernya sering ugal-ugalan, sekarang LCGC. Kemarin saya baru menyaksikan live ada Mobilio menabrak becak karena mencoba take over saya dari kiri padahal sedang ramai-ramainya. Mental. Masalah mental ini lah membuat saya gak mendukung gerakan LCGC ini.. Semoga kebayang oom.. POV pribadi saya di tret ini layaknya curcol tersembunyi saya dalam forum :big_peace:
Kalo saya justru melihatnya sebaliknya mod, bukan konsep LCGC yg ketika “diterapkan” di Indonesia berubah menjadi mobil murah, melainkan karena pasar Indonesia yg memang “sudah waktunya” mengisi celah kategori dibawah kelas city car. Dan ketika isu lingkungan menjadi cukup s*eksi untuk diperbincangkan, maka dilabelilah mobil itu dg istilah LCGC, yg merupakan gimmick semata. Mengisi celah kelas dibawahnya merupakan hal yg lumrah kan di dunia otomotif? Ketika biaya produksi meningkat yg berimbas pada harga jual, pada akhirnya dibuat naik kelas sekalian, dan kelas yg ditinggalkan ‘harus’ diisi dg produk lain yg masih dalam jangkauan kemampuan ekonomi pasar yg sebelumnya, meski itu artinya dg kualitas yg lebih rendah. Ketika kijang ‘naik kelas’, avanza yg dihadirkan untuk mengisi pasar yg ditinggalkan, sebentar lagi mungkin mpv berbasis lcgc yg dikedepankan untuk mengisi pasar avanza (baca: lmpv) yg harganya mulai merangkak naik, Go+ dan wagon R 7 seater sudah mulai menunjukkan hal itu. Contoh lain, ketika ‘hatchback’ mulai “naik kelas”, diisilah kelas yg ditinggalkan dg ‘citycar’, dan sekarang waktunya menciptakan produk yg dibawah kelas citycar yg juga mulai merangkak naik, dan kita mengenalnya dg sebutan ‘LCGC’. saya yakin, suatu hari juga akan ada 'kelas baru' dibawah lcgc sekarang. jika sudah 'waktunya'. :mrgreen:
Jadi sampai titik ini sih saya melihatnya memang orientasinya bukan menciptakan mobil yang ramah lingkungan, tapi sisi ekonomi (baca: menggarap pasar kelas harga dibawah 100 jt).
Percaya deh, setiap membuat kebijakan, tentang apapun itu, baik eksekutif maupun legislatif diatas sana, tidak akan pernah memposisikan isu lingkungan atau kepentingan publik lebih penting dari angka rupiah yg bisa dikantongi, kecuali dicekoki chatime errr.. ecstacy dulu sebelumnya :big_peace:
Makanya di trit pro-kontra LCGC, pernah saya sampaikan, LCGC itu “hanya” penamaan, bagi saya adanya kelas LCGC hanya menambah kategori, sekarang kelas harga mobil membentang dari dibawah 100 jt sampai diatas 1 M. Soal siapa yg beli, stakeholdernya jg ga akan ambil pusing, yg penting laku. Toh kalau mau blak-blakan jujur, tidak mudah loh bagi penunggang roda 2 berpindah ke roda 4 dari segi running costnya. Sama saja dg bunuh diri kalau pabrikan tertarik terjun dikelas LCGC jika orientasinya memindahkan pengguna roda 2 ke roda 4, siapa yg mau beli?
Indeed bro bulukan...

Saat HPM memutuskan nyebur ke LCGC di bulan Mei, beritanya bukan LCGC... penitik beratan issue malah di "Errr... kita akan buat mobil murah yang terlihat tidak murahan". Dan detik itu pula ane memberi pendapat menentang LCGC. Karena Honda selalu mengidentikkan diri mereka dengan SafetyDriving, bahkan sampai membuat mobile app untuk itu...

Sebagian pembeli LCGC adalah soon-to-be first car owner yang sehari2 menggunakan kendaraan bermotor roda 2. Ane sering sekali dapat laporan saat di Tuban dulu yang menyatakan demikian untuk profile pembeli LCGC. Liat aja kelakuan sebagian rider sekarang yang memarginalisasi diri mereka dengan "korban kemacetan akibat roda 4 yang keliaran", bayangkan menempatkan mereka dalam sebuah kaleng sardin ekonomis bernama LCGC. Arogansi to the max "I got the car, i am invincible". Ini belum masuk medio mudik lho... Bayangkan kalau mudik, berapa banyak insiden nantinya? only God knows. Biaya terhadap ekonomi akan sangat besar dari insiden2 tersebut.

Tentang Honda khususnya:

Satu yang ane pikirkan saat dengar kabar LCGC dari bos MD: Mw jadi apa Honda? dulu selalu identik dengan mobil irit, kencang, dan spartan dengan kualitas baik, nyatanya skr nyebur di LCGC... dan LMPV. Meh, i was so disgusted that day. Instead of improving the goddamned line ups, they chose to build cheap cars. Jazz GD dulu murah? Please, tahun 2003, Kijang Kapsul sekitar 150jutaan.

Di 2013, mobil murah = murahan *sorry, no offense, tp memang kenyataan*

Kualitas berbanding lurus dengan harga... dan berbanding terbalik dengan USD dan inflasi. Apalagi ATPM menganut "Pay more for less".

Dan memang pabrikan berusaha mengambil momentum LCGC ini, insentif pajak uda lebih dari cukup untuk menambah pundi2 mereka secara sangat signifikan. HPP sebuah LCGC cukup jauh dari nominal pasarnya. Dan berkat dudul nya pemerintah, kucuran insentif malah macet. Salah satu pabrikan memutuskan untuk mengurangi produksi LCGC nya "Pay our incentives, or we wont produce any econo sardine cans". Akhirnya, masa inden naujubile lamanya.
Bueuk_32 wrote: Makanya saya menentang pengaturan diskriminatif terhadap mobil yg termasuk kategori tertentu, semisal bahwa lcgc dilarang menggunakan BBM non subsidi, dll. Karena pembedaan kategori itu kan sudah dilakukan diawal, seperti bea masuk sedan atau yg berpenggerak 4x4 yg lebih tinggi, dll.
Tapi ketika sudah ditangan konsumen, ya semuanya itu harus diperlakukan sama sebagai “alat transportasi berbahan bakar fosil”, tidak ada lagi pembedaan ini LCGC, ini city car, ini SUV 4x4, dll. Sehingga setiap pengaturan, harus mengikat semuanya, tidak lagi hanya untuk 1-2 kategori tertentu.
Sama seperti halnya, saya juga tidak setuju pelarangan mobil2 premium menggunakan BBM bersubsidi (diluar konteks spek mesin ya), dengan alasan:
1. Pembeli mobil ‘mewah’ dikategorikan lebih kaya dari kebanyakan orang sebenarnya absurd, siapa yg menjamin mereka membelinya dari baru ketika harganya masih selangit?
2. Orang yang dikategorikan ‘kaya’ itu sebenarnya lebih berkontribusi pada negara dibandingkan orang yg dikategorikan ‘miskin’, setidaknya dari pajak yg mereka bayarkan, semakin besar penghasilan, semakin besar nilai angka yg ‘disumbangkan’ pada negara. Nah, kalau bukan dari BBM, lantas dalam hal apa para pembayar pajak ini merasakan kehadiran pemerintah?
3. Jargon ‘BBM bersubsidi hanya untuk masyarakat tidak mampu’ juga absurd, karena kategori ‘tidak mampu’ yg dikaitkan dg jargon tsb jg tidak jelas menggunakan acuan yang mana. Nah, karena jargon ini dari pemerintah, kalau begitu yg dimasukkan dalam kelompok ‘tidak mampu’ juga selayaknya kita lihat dari kacamata pemerintah saja, mari kita kaji; yang dijadikan acuan oleh pemerintah untuk kategori ‘tidak mampu’ berdasarkan data BPS dimana kategori tidak mampu (miskin) adalah yang pengeluarannya 211 rb/bulan (7000/hari). Pertanyaannya, berapa persen sih dari mereka yang keuangannya seperti itu memiliki kendaraan bermotor berbahan bakar fosil? kenapa ga sekalian aja ya pemerintah mensubsidi harga daging yg meroket, tapi jangan lupa di kios2 dagingnya dipasang spanduk “Daging Bersubsidi Hanya Untuk Vegetarian”.
4. kalau atas nama lingkungan, ya sudah, ron 88 yg miskin aditif itu dihapuskan saja dari SPBU, jual hanya ron 92 keatas (tapi dg harga subsidi tentunya), iya dong, kalau bukan dari BBM bersubsidi, dari mana lagi kita merasakan kehadiran pemerintah kan? :big_weee:
Itu kan hanya akal2an pemerintah aja yg ga pernah becus ngurus negara, keuangan negara tekor bukan karena subsidi BBM kok, nilainya ga seberapa kok dibandingkan potensi penghasilan negara termasuk diantaranya dari sektor pajak. Keuangan negara tekor kan dari anefisiensi anggaran dan korupsi, bukan subsidi. ‘Bayar Pajaknya Awasi Pengelolanya’. :big_smoking:
Well said bro...

Subsidi untuk kaum tidak mampu hanya menjadi slogan politik. Begitu pesta pora kebodohan dan keidiotan pemimpin negara dan poli-tikus selesai, sekali lagi, kaum middle class yang jadi sapi perah untuk pemerasan dengan latar belakang pajak. Apa kaum tidak mampu butuh RON88 untuk masak? Kecuali mereka membuat methamphetamine, rasanya perlu RON100 untuk nyala api yang konstan. Apa kaum tidak mampu butuh LCGC? Makan aja mikir alih2 beli mobil.

Balik ke sisi pabrikan.

Ane pernah bertanya ke WorkShop manajer MD "Kalau dari pabrikan disyaratkan RON92, bagaimana kalau enjin mampus karena RON88?"

Nah, jawabannya.
1. Di buku manual tertulis, garansi hangus. *diler ga bakal berani menyalahkan pemilik*
2. Dealer bakal tau, karena CC dan jelaga pada enjin dan sistem exhaust. *diler ga bakal berani menyalahkan pemilik*
3. Ga bakal di void garansinya, diler ga berani di cap "Jual mobil dengan reliabilitas tidak lebih baik dari sebatang arang karena ga bisa minum RON88" *diler ga bakal berani menyalahkan pemilik*
4. Akhirnya, charge biaya perbaikan yang fantastis bahkan membuat Donald Trump pun akan memonyongkan bibirnya. *pemilik ga bakal berani protes ke diler drpd mobil ngejogrok di service bay*

Pengguna kendaraan bermotor menggunakan RON88 karena mereka merasa perlu untuk mengambil hak atas pajak mereka yang sudah dibayarkan dan dikorupsi dengan begitu cantiknya oleh pemerintah...

terdengar apatis? yep, ane apatis. Terutama melihat begitu banyak pajak yang ane bayarkan ke pemerintah tiap tahun, tapi nyatanya masih kacau balau. Listrik di kota kelahiran ane masih senin-kamis. Dan jalan mulus di Surabaya jadi kemewahan tersendiri.
Bueuk_32 wrote: Btw, soal Low Cost and Green Car sendiri saya kok agak kurang sepakat dg pengkategorian mod helm diatas ya :big_peace: kalau green car nya mungkin iya, compare to mobil2 yg sedang beredar, dari sisi efisiensi dan emisi, tapi untuk low cost nya itu… mahal2 semua baik harga maupun perawatan kekekekek..
Kalau menurut ane sih secara literal, low cost ini bisa dibedakan dalam 2 kelompok:
1. Berbiaya produksi rendah (produsen oriented), misalnya potongan pajak yg signifikan untuk mobil yg dirakit dalam negeri (karena menciptakan lapangan kerja), tambahan potongan jika pabrik perakitannya di luar jawa. Sekian persen di sumatera, tambahan sekian persen di Kalimantan atau Sulawesi, tambahan sekian persen jika di Papua. Dll.
2. Berbiaya kepemilikan rendah atau running cost rendah (consumer oriented).
Sampai titik ini sepertinya regulasi pemerintah ttg LC(without GC) lebih mendekati deh ( on paper).
Tapi sah2 aja sih mod helm melempar istilah LCGC dg ‘konsep’ lain seperti diatas, namanya juga cuma istilah, seperti halnya seorang Dharma yg memasang tampang galak, lalu menamai dirinya dg ‘kucing gila’ tanpa harus bereinkarnasi menjadi seekor kucing beneran terlebih dahulu. :mrgreen:
Hahaha malah curcol di trit orang,,, ga udah diseriusin ya, cuma curcol dihari libur.. :ngacir:
Nah, poin nomor dua menggelitik sekali.

Ane pernah baca di trit Alay... errr... Ayla. Biaya servis 10k mencapai 900rebu. For cat sake! itu nyaris 1% harga mobil :off_no:
Sebagai contoh, kapal induk alias R3 jejadian dengan fitur disunat Mazda: biaya servis 10k berada di 940an ribu. Hanya 0.18% harga mobil.

Ane ga yakin, dalam jangka panjang, biaya kepemilikan LCGC akan murah. Dari pajak tahunan dan biaya RON88? Yep, pasti lebih murah dari sebuah MPV gambot yang minum RON92. Tapi biaya servis nya itu yang bikin ane tersentak. :e-wall:

Yang ane bold dan underline: UHUK! :big_chicken:
Bueuk_32 wrote: ------------

Btw, soal Suip semprot, sepertinya harganya worth it ya segitu? Diluar fiesta ecoboost yg lebih murah. Karena pajak di kita kan berdasar kapasitas mesin ya, fiesta ‘diuntungkan’ dg mesin yg “hanya” 1000 cc. Mungkin “dosa” nya SSS itu satu, yang bikin dia terasa overprice, dia terlalu cepat berojol. Ketika pesaing tradisionalnya (jazz & yaris) masih berkutat dg harga lama, dia nongol dg menembus angka psikologis, kepala 3, apalagi suip ‘biasa’ masih bertahan dibawah 200 jt meski dg menurunkan kapasitas mesin. Coba berojolnya 2014 juga ketika all new jazz & yaris yg juga all new dari segi harga, kan udah mendekat juga ke angka 300. Cmiiw
Btw, dari jajaran mobil2 suzuki, ada ga sih yg transmisi maticnya pinter? Atau si CVT nya SSS ini udah yang paling pinter? Sayang ya kalau kurang mampu ngimbangi mesinnya.
Oiya mod helm, review yg manualnya ditunggu ya.. :cupss:



:ngacir:

Nah, makanya bro, ane memuji sebuah SSS yang rada kemahalan ini. Fun to drive nya menyenangkan dalam mode D dan bakalan sangat menyenangkan untuk MT. Hi Performance CVT yang terpasang cukup mampu memberikan kesenangan dalam mengemudi, asal, jauhi mode "Simulated Manual"nya. Suzuki merancang paddle shift setipis kertas 80gr agar driver tidak berani mem-flick paddle tsb.

Use it once, and you'll forget about it. Cos it'll broken instantly... :mky_03:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: 26 Aug 2007, 10:43

Re: SM's Special Review : Liga LCGC

Post by artoodetoo »

Ngeri deh kalo para pakar sudah bersabda :big_chicken:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
Rocco77
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 186
Joined: 11 Dec 2013, 18:35

Re: SM's Special Review : Liga LCGC

Post by Rocco77 »

Byuh...pusing saya...
User avatar
Bueuk_32
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2002
Joined: 26 Oct 2012, 19:47

Re: SM's Special Review : Liga LCGC

Post by Bueuk_32 »

madcat015 wrote: Hai buluk... :cupss:
hai juga mod miaww :cupss: selalu pengen mampir ke SM, kangen pengen bul... errr.. ngelitikin kucing :ngacir:
madcat015 wrote: Indeed bro bulukan...

Saat HPM memutuskan nyebur ke LCGC di bulan Mei, beritanya bukan LCGC... penitik beratan issue malah di "Errr... kita akan buat mobil murah yang terlihat tidak murahan". Dan detik itu pula ane memberi pendapat menentang LCGC. Karena Honda selalu mengidentikkan diri mereka dengan SafetyDriving, bahkan sampai membuat mobile app untuk itu...

Sebagian pembeli LCGC adalah soon-to-be first car owner yang sehari2 menggunakan kendaraan bermotor roda 2. Ane sering sekali dapat laporan saat di Tuban dulu yang menyatakan demikian untuk profile pembeli LCGC. Liat aja kelakuan sebagian rider sekarang yang memarginalisasi diri mereka dengan "korban kemacetan akibat roda 4 yang keliaran", bayangkan menempatkan mereka dalam sebuah kaleng sardin ekonomis bernama LCGC. Arogansi to the max "I got the car, i am invincible". Ini belum masuk medio mudik lho... Bayangkan kalau mudik, berapa banyak insiden nantinya? only God knows. Biaya terhadap ekonomi akan sangat besar dari insiden2 tersebut.
nah makanya bener kan mod, LCGC ini sebenernya ttg 'roda bisnis', bukan isu lingkungan. ane yakin sebenernya baik pemerintah maupun pabrikan memang mengendus bau potensi pasar yang bisa digarap. dan istilah LCGC itu sekedar kemasan agar terlihat wow. makanya ane sih ga mau menempatkan diri di posisi pro atau kontra thd hasil produknya (baca:mobilnya), karena memang ga ada bedanya dg mobil2 lain yg juga diproduksi yg tidak dikategorikan lcgc. maupun dg istilah lcgc-nya, karena buat ane itu cuma kategori, sama seperti ane ga bisa pro atau kontra thd kategori citycar, meski mobil yg dikategorikan citycar itu tidak selalu sekedar muter2 didalam kota. dalam kacamata marketing, istilah2 seperti itu sah2 saja sebagai gimmick. cmiiw
madcat015 wrote: Tentang Honda khususnya:
Satu yang ane pikirkan saat dengar kabar LCGC dari bos MD: Mw jadi apa Honda? dulu selalu identik dengan mobil irit, kencang, dan spartan dengan kualitas baik, nyatanya skr nyebur di LCGC... dan LMPV. Meh, i was so disgusted that day. Instead of improving the goddamned line ups, they chose to build cheap cars. Jazz GD dulu murah? Please, tahun 2003, Kijang Kapsul sekitar 150jutaan.

Di 2013, mobil murah = murahan *sorry, no offense, tp memang kenyataan*

Kualitas berbanding lurus dengan harga... dan berbanding terbalik dengan USD dan inflasi. Apalagi ATPM menganut "Pay more for less".

nah, hal seperti ini yg dulu pernah ane coba lemparkan di trit lcgc, daripada berkutat dg pro-kontra pada lcgc, kenapa tidak dikupas saja dari sisi teknisnya, apakah mobil2 yg masuk kategori lcgc itu punya kualitas yg layak jual, dikomparasikan dg mobkas dari kelas diatasnya? jangan2 baru berapa bulan udah rontok semuanya? ditendang balita yg baru bisa jalan udah penyok? Bagaimana dari sisi safetynya? meski tetap debatable juga apalagi jika dikomparasikan dg motor.
tapi setidaknya, kalau memang tidak layak dan tidak safety, kan enak menghujat pemerintahnya "kenapa merestui pabrikan jualan 'alat pembunuh'?" bukan melalui istilah cangkangnya.
madcat015 wrote: -cut-
Balik ke sisi pabrikan.

Ane pernah bertanya ke WorkShop manajer MD "Kalau dari pabrikan disyaratkan RON92, bagaimana kalau enjin mampus karena RON88?"

Nah, jawabannya.
1. Di buku manual tertulis, garansi hangus. *diler ga bakal berani menyalahkan pemilik*
2. Dealer bakal tau, karena CC dan jelaga pada enjin dan sistem exhaust. *diler ga bakal berani menyalahkan pemilik*
3. Ga bakal di void garansinya, diler ga berani di cap "Jual mobil dengan reliabilitas tidak lebih baik dari sebatang arang karena ga bisa minum RON88" *diler ga bakal berani menyalahkan pemilik*
4. Akhirnya, charge biaya perbaikan yang fantastis bahkan membuat Donald Trump pun akan memonyongkan bibirnya. *pemilik ga bakal berani protes ke diler drpd mobil ngejogrok di service bay*
-cut-
hihihi ini salahsatu alasan kenapa ane males 'terjebak' dg istilah lcgc. jujur aja, kita hidup di negara yg lemah dari sisi komitmen. bukan cuma dalam hal lcgc, tapi dalam banyak (kalau tak mau disebut segala) hal. Semua aturan atau regulasi (ttg apapun itu) yg dibuat, hanya berakhir dalam bentuk dokumen tanpa ada komitmen untuk melaksanakan sesuai yg tersurat.
ane jadi ingat baru2 ini Arsene Wenger mengkritik UEFA jika tidak memberikan hukuman pada manchester city karena melanggar aturan Financial Fairplay di dunia sepakbola, itu akan membuat regulasi financial fairplay itu tidak akan punya wibawa dimasa depan.
Wenger sih beruntung, dia cuma meradang karena yg gak beres 'hanya' di dunia sepakbola. lah kita? dari hulu sampai hilir, semua sendi kehidupan seolah hidup tanpa aturan. ane suka ketawa sendiri kalo liat berita komisi anu di DPR studi banding ke luar negeri. Udah mah nguras keuangan negara, hasilnya? Ada sih, biasanya dalam bentuk RUU yg pembahasannya berlarut2 dan ketika disahkan, cukup jadi dokumen di perpustakaan saja.
makanya ane males baca regulasi pemerintah soal lcgc, yg bisa masuk lcgc harus begini harus begitu, toh kalaupun ada yg tidak sesuai, tinggal kongkalingkong :mrgreen: lagipula lcgc itu kan cuma "nama kelas mobil dibawah kelas citycar" :mrgreen:
apatis? ane sih apanja aja wkwkwkwk :big_weee:
*komen ga jelas*
madcat015 wrote:
Bueuk_32 wrote: -cut-
Kalau menurut ane sih secara literal, low cost ini bisa dibedakan dalam 2 kelompok:
1. Berbiaya produksi rendah (produsen oriented), misalnya potongan pajak yg signifikan untuk mobil yg dirakit dalam negeri (karena menciptakan lapangan kerja), tambahan potongan jika pabrik perakitannya di luar jawa. Sekian persen di sumatera, tambahan sekian persen di Kalimantan atau Sulawesi, tambahan sekian persen jika di Papua. Dll.
2. Berbiaya kepemilikan rendah atau running cost rendah (consumer oriented).
Sampai titik ini sepertinya regulasi pemerintah ttg LC(without GC) lebih mendekati deh ( on paper).
Tapi sah2 aja sih mod helm melempar istilah LCGC dg ‘konsep’ lain seperti diatas, namanya juga cuma istilah, seperti halnya seorang Dharma yg memasang tampang galak, lalu menamai dirinya dg ‘kucing gila’ tanpa harus bereinkarnasi menjadi seekor kucing beneran terlebih dahulu. :mrgreen:
Hahaha malah curcol di trit orang,,, ga udah diseriusin ya, cuma curcol dihari libur.. :ngacir:
Nah, poin nomor dua menggelitik sekali.
Ane pernah baca di trit Alay... errr... Ayla. Biaya servis 10k mencapai 900rebu. For cat sake! itu nyaris 1% harga mobil :off_no:
Sebagai contoh, kapal induk alias R3 jejadian dengan fitur disunat Mazda: biaya servis 10k berada di 940an ribu. Hanya 0.18% harga mobil.

Ane ga yakin, dalam jangka panjang, biaya kepemilikan LCGC akan murah. Dari pajak tahunan dan biaya RON88? Yep, pasti lebih murah dari sebuah MPV gambot yang minum RON92. Tapi biaya servis nya itu yang bikin ane tersentak. :e-wall:
nah ini memperkuat argumen ane, semuanya hanya semata ttg bisnis antara pemerintah dan pabrikan. dengan kata lain, LC disini berarti produsen oriented.
Pemerintah: "hoi pabrikan, ane kasih ente insentif, ente kasih ane setoran", "mobil yg ente bikin kek gini ya" (nyodorin regulaasi LCGC)
Pabrikan: "siap meneer, tapi ciyus neh mesti ron 92?"
Pemerintah: "udeh, lu ikutin aje begono, sisanya ane yg atur, kek ga kenal ane aje lu" :mrgreen:
au ah, makin ga jelas komentar ane :ngacir:
madcat015 wrote:Yang ane bold dan underline: UHUK! :big_chicken:
:mky_03: ga lengkap rasanya kalo posting ga ngelitikin kucing
:ngacir:
madcat015 wrote:
Nah, makanya bro, ane memuji sebuah SSS yang rada kemahalan ini. Fun to drive nya menyenangkan dalam mode D dan bakalan sangat menyenangkan untuk MT. Hi Performance CVT yang terpasang cukup mampu memberikan kesenangan dalam mengemudi, asal, jauhi mode "Simulated Manual"nya. Suzuki merancang paddle shift setipis kertas 80gr agar driver tidak berani mem-flick paddle tsb.

Use it once, and you'll forget about it. Cos it'll broken instantly... :mky_03:
hmm..jadi ngiler
yg manualnya di tesdraip dong mod, keknya mobil yg dijual terbatas gini ga semua orang bisa mampir ke dealer buat tesdraip ya mod? palingan dikasih suip GX doang ya? :big_childish:
artoodetoo wrote:Ngeri deh kalo para pakar sudah bersabda :big_chicken:
ngejek nih
:ngacir:
"The Power of ren-Dreams"
Image
PlantFoot
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 258
Joined: 27 Feb 2013, 13:03

Re: SM's Special Review : Liga LCGC

Post by PlantFoot »

wah jd serius bener bahas lcgc..

anyway ane cm bs bilang top dah reviewnya..
salut buat bro adjaya yg meluangkan waktunya buat review mobil2 yg mostly eksotik yg ada dsni..tks a lot bro.

ane vote sss karna naturalitasnya..
User avatar
piko25
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 207
Joined: 03 Mar 2014, 15:43
Location: Kab.Bogor-Jakarta-Omah Surabaya
Daily Vehicle: Honda Mobilio E CVT 2017 Remap Mbah Bebonk

Re: SM's Special Review : Liga LCGC

Post by piko25 »

ueedannn... baru baca ni thread, speechless lah ane... jadi pengen ketemu TS nya kayak apa ya orangnya?
User avatar
arton
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 418
Joined: 04 Sep 2013, 10:28

Re: SM's Special Review : Liga LCGC

Post by arton »

ane setuju ama pak buluk, LCGC memang hanya gimmick saja. Orang miskin mana sih yang dimaksud untuk beli mobil LCGC ini ? paramaternya gak jelas, apakah yag biasa naik motor (gak peduli motornya CBR, ninin 250 R, harley atau astrea tua 80'an) atau gak punya motor sekalian ? lha kalau motor aja gak punya gimana mau beli mobil ?

karena dari awalnya program ini sudah salah, ane mikir simple aja, kalo memang harus dilarikan ke otomotive, yang diberi insentive kok mobil penumpang, harusnya mobil niaga (pikap, motor roda 3, truk, termasuk spaepartnya) yang notabene menunjang perekonomian, imbasnya biaya transportasi material murah sehingga harga jual ke masyarakat juga murah..sekarang kita liat, berapa banyak truk tua yang beroperasi, akhirnya kejeblos lubang dikit engkelnya patah sehingga tidak bisa jalan, muatannya (katakan sembako) busuk kelamaan di jalan, barang di pasaran langka, alhasil harga sembako di pasar ikutan terkoreksi naik..
ini belum ngomongin efisiensi, dimana banyak banyak angkutan (pikap, truk) yang jalannya lambat dan knalpotnya ngebul berat, penggunaan BBM naik sehingga ongkos transportasi naik, alhasil harga barang ikutan naik..
Ceban Me if I'm Wrong..
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: 14 Feb 2003, 16:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: SM's Special Review : Liga LCGC

Post by y_anjasrana »

piko25 wrote:ueedannn... baru baca ni thread, speechless lah ane... jadi pengen ketemu TS nya kayak apa ya orangnya?

Iya nih... kyk apaan ya orangnya... pake helm mlulu sihh..... :ngacir:
Accurate V5 Accounting System Consultant
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: 29 Nov 2005, 12:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: SM's Special Review : Liga LCGC

Post by TUFF Stough »

arton wrote:ane setuju ama pak buluk, LCGC memang hanya gimmick saja. Orang miskin mana sih yang dimaksud untuk beli mobil LCGC ini ? paramaternya gak jelas, apakah yag biasa naik motor (gak peduli motornya CBR, ninin 250 R, harley atau astrea tua 80'an) atau gak punya motor sekalian ? lha kalau motor aja gak punya gimana mau beli mobil ?

karena dari awalnya program ini sudah salah, ane mikir simple aja, kalo memang harus dilarikan ke otomotive, yang diberi insentive kok mobil penumpang, harusnya mobil niaga (pikap, motor roda 3, truk, termasuk spaepartnya) yang notabene menunjang perekonomian, imbasnya biaya transportasi material murah sehingga harga jual ke masyarakat juga murah..sekarang kita liat, berapa banyak truk tua yang beroperasi, akhirnya kejeblos lubang dikit engkelnya patah sehingga tidak bisa jalan, muatannya (katakan sembako) busuk kelamaan di jalan, barang di pasaran langka, alhasil harga sembako di pasar ikutan terkoreksi naik..
ini belum ngomongin efisiensi, dimana banyak banyak angkutan (pikap, truk) yang jalannya lambat dan knalpotnya ngebul berat, penggunaan BBM naik sehingga ongkos transportasi naik, alhasil harga barang ikutan naik..
Err... kalo bicara seharusnya, banyak yg mesti dikoreksi. Insentif seharusnya diarahkan buat pada petani di daerah2 luar Jawa supaya sembako bisa dihasilkan di luaran sana tanpa tergantung pada kiriman dari Jawa. Secara tidak langsung biaya transportasinya bisa dikurangi hingga >50%. Kalo perlu petani di luar Jawa dibikin kaya-raya spt di Jepang sono biar gak ada pemuda2 daerah yg lari ke Jakarta buat ngejar fasilitas. :big_grin:

Semoga pemerintah berikutnya hal di atas bisa terwujud. :big_smoking:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: 13 Jun 2008, 02:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: SM's Special Review : Liga LCGC

Post by AD74YA »

Rocco77 wrote: Dulu pingin nya SSS ini tetep N/A aja tapi setelah beberapa hari ini dibandingin ama Rocco kok agak kurang nendang...jadi pingin pasang keong racun...wkwkwkwwk
Lah jangan donk.... Justru charm nya SSS di simplisitasnya.. NA engine.. Kalok di keongin jadi ilang charm nya...
piko25 wrote:ueedannn... baru baca ni thread, speechless lah ane... jadi pengen ketemu TS nya kayak apa ya orangnya?
Saya rakyat jelata saja pak Piko... Kuli panggul.. Bukan gimana-gimana.. :oops:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
fayenatics
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: 13 Mar 2005, 20:26
Location: Surrrr

Re: SM's Special Review : Liga LCGC

Post by fayenatics »

Rocco77 wrote:
Rocco77 wrote:Mantap review nya... :)
Thanks oom.... Ditunggu oom,, Janda Swift Sport nya... Hehehe
Jose wrote:
Sepertinya lama om...karena blom lunas...wkwkwkwkwk...
Dulu pingin nya SSS ini tetep N/A aja tapi setelah beberapa hari ini dibandingin ama Rocco kok agak kurang nendang...jadi pingin pasang keong racun...wkwkwkwwk
wkwk pake sss ga sampe2 surabaya ya om, jadi 6 jam
galauuu mode on
galau foreva
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post