Review and Ownership Report: 2014 Ford EcoSport Titanium AT

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3688
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Review and Ownership Report: 2014 Ford EcoSport Titanium

Post by sandal »

Ecosemprot versi ambiente gimana kabarnya yah? :ngacir:

Sent from Nokia 1100 4G LTE-A
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: Review and Ownership Report: 2014 Ford EcoSport Titanium

Post by KodokPushUp »

Dari cerita bro azzu 4 bulan lalu yg stop-and-go di tanjakan, putaran mesin nahan di 1500-1800 rpm, kira2 gara2 transmisi dual clutch nya yg dodol apa traction control aktif ya?

Ini mesin kan tipe high rpm, torsi baru terasa di 4000 rpm keatas, kalo mesin nahan di 1500 rpm, jelas aja ga kuat nanjak.

Punya ane transmisi manual, masalahnya di kopling yg pake sensor, jadi ga bisa setengah kopling, dan akibat sensor itu, tenaga dari mesin keluarnya ga smooth, jadi kayak orang belajaran :frm_bang_head:
ChZ wrote:umm maksud ane dibanding sekelas ya bro ronald.... dengan kata lain benchmark ane satu satunya ya Nissan Juke karena Suzuki SX4 udah nggak dijual. walaupun sebenernya kalo dibandingin sama SX4 ya SX4 cuma kalah di fitur, sisanya jauh kemana-mana SX4.... build quality juga ane ngerasa SX4 lebih solid....

o iya, NVH mesin gimana bro seiring pemakaian? gw daritadi masih bingung waktu di starter mesinnya kasar banget itu getarannya.... no gud.
Karena ane jarang pake ini mobil, begitu baca post bro ChZ langsung ambil kunci trus coba stater :big_biglaugh:
Suara mesin memang kasar, tapi menurut ane getaran mesin teredam cukup baik sih di dalam kabin.
Mungkin yg agak mengganggu bagi sebagian orang suara knalpotnya yg cukup nge bass seperti knalpot aftermarket, yg buat ane malah suatu hiburan tersendiri.

Ah ya, ekspektasi ane yang terlalu tinggi mungkin, karena kebayang base nya dari fiesta yg unggul di sisi fun to drive, dan compact suv paling kecil yg ane pernah coba cuma OS, jadi kebayangnya paling nggak handling mirip OS dengan tenaga ala hatchback.

Yang ane curiga, letak mesin dan komponen berat lain posisinya tinggi, karena promosi ecosport ini kan 550 mm water wading, yg berimbas negatif ke kestabilan, selain dari setting suspensi.

Oh iya yg pake ecosport, interior pada rattling ga?
Punya ane dashboard udah mulai rattling, umur 7 bulan pemakaian, 6600 km
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review and Ownership Report: 2014 Ford EcoSport Titanium

Post by ChZ »

KodokPushUp wrote: Karena ane jarang pake ini mobil, begitu baca post bro ChZ langsung ambil kunci trus coba stater :big_biglaugh:
Suara mesin memang kasar, tapi menurut ane getaran mesin teredam cukup baik sih di dalam kabin.
Mungkin yg agak mengganggu bagi sebagian orang suara knalpotnya yg cukup nge bass seperti knalpot aftermarket, yg buat ane malah suatu hiburan tersendiri.

Ah ya, ekspektasi ane yang terlalu tinggi mungkin, karena kebayang base nya dari fiesta yg unggul di sisi fun to drive, dan compact suv paling kecil yg ane pernah coba cuma OS, jadi kebayangnya paling nggak handling mirip OS dengan tenaga ala hatchback.

Yang ane curiga, letak mesin dan komponen berat lain posisinya tinggi, karena promosi ecosport ini kan 550 mm water wading, yg berimbas negatif ke kestabilan, selain dari setting suspensi.

Oh iya yg pake ecosport, interior pada rattling ga?
Punya ane dashboard udah mulai rattling, umur 7 bulan pemakaian, 6600 km
uwkwkwkw yang pertama ane notice itu bro ronal... buset kasar amat ya mesinnya :e-think: biarpun enggak sampe masuk kabin sih

kalo exhaustnya emang enak, kayak knalpot aftermarket :big_biglaugh:

kalo menurut ane yang menyumbang kestabilan Ecosport waktu kenceng adalah bobotnya yang berat. Soalnya kalo liat dari profil badan dan stance bodinya aja enggak meyakinkan buat ditekuk-tekuk kayak Fiesta, dan waktu ane coba emang waktu manuver limbungnya kerasa, cuma ya ketolong bobotnya aja sih.

buat manuver Juke lebih bagus tapi minusnya Juke setirnya keentengan jadi ngeri kalo dibawa kenceng dan blindspot di kap mesinnya yang tinggi bikin mobil ini seolah lebih lebar dari ukuran aslinya. bawa Juke ama bawa CR-V aja masih lebih gampang bawa CR-V.

dan ane sebagai pengguna OS pun juga setuju kalo OS soal nimble-ness lebih bagus dari Ecosport, limbungnya juga enggak terlalu kerasa :mrgreen:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review and Ownership Report: 2014 Ford EcoSport Titanium

Post by amfibi »

KodokPushUp wrote:Dari cerita bro azzu 4 bulan lalu yg stop-and-go di tanjakan, putaran mesin nahan di 1500-1800 rpm, kira2 gara2 transmisi dual clutch nya yg dodol apa traction control aktif ya?

Ini mesin kan tipe high rpm, torsi baru terasa di 4000 rpm keatas, kalo mesin nahan di 1500 rpm, jelas aja ga kuat nanjak.

Punya ane transmisi manual, masalahnya di kopling yg pake sensor, jadi ga bisa setengah kopling, dan akibat sensor itu, tenaga dari mesin keluarnya ga smooth, jadi kayak orang belajaran :frm_bang_head:
ChZ wrote:umm maksud ane dibanding sekelas ya bro ronald.... dengan kata lain benchmark ane satu satunya ya Nissan Juke karena Suzuki SX4 udah nggak dijual. walaupun sebenernya kalo dibandingin sama SX4 ya SX4 cuma kalah di fitur, sisanya jauh kemana-mana SX4.... build quality juga ane ngerasa SX4 lebih solid....

o iya, NVH mesin gimana bro seiring pemakaian? gw daritadi masih bingung waktu di starter mesinnya kasar banget itu getarannya.... no gud.
Karena ane jarang pake ini mobil, begitu baca post bro ChZ langsung ambil kunci trus coba stater :big_biglaugh:
Suara mesin memang kasar, tapi menurut ane getaran mesin teredam cukup baik sih di dalam kabin.
Mungkin yg agak mengganggu bagi sebagian orang suara knalpotnya yg cukup nge bass seperti knalpot aftermarket, yg buat ane malah suatu hiburan tersendiri.

Ah ya, ekspektasi ane yang terlalu tinggi mungkin, karena kebayang base nya dari fiesta yg unggul di sisi fun to drive, dan compact suv paling kecil yg ane pernah coba cuma OS, jadi kebayangnya paling nggak handling mirip OS dengan tenaga ala hatchback.

Yang ane curiga, letak mesin dan komponen berat lain posisinya tinggi, karena promosi ecosport ini kan 550 mm water wading, yg berimbas negatif ke kestabilan, selain dari setting suspensi.

Oh iya yg pake ecosport, interior pada rattling ga?
Punya ane dashboard udah mulai rattling, umur 7 bulan pemakaian, 6600 km
Haaah mobil baru udah rattling dashboard :big_chicken:
swag7
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 111
Joined: Thu Jan 08, 2015 7:10

Re: Review and Ownership Report: 2014 Ford EcoSport Titanium

Post by swag7 »

Makasih review-nya master semua.. kebetulan kakak ada rencana ambil mobil ini. Bakal jadi masukan yg bagus buat dia.
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 673
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Review and Ownership Report: 2014 Ford EcoSport Titanium

Post by azu »

halo SMer semua.. setelah lumayan lama SR aja di SM, baru sekarang sempet posting lagi :mky_01:

Btw, great short impression bro ChZ! :frm_tumbright:

Saat ini Eco di rumah sudah 7 bulan dgn 9400 Km dan baru minggu kemaren BPKB diambil, itupun tidak ada pemberitahuan dari Dealer/Sales :big_bored: dan bapak saya yang inisiatif datang langsung ke dealer sekalian komplain mengenai getaran saat akselerasi.. sambil ambil BPKB, sekalian juga booking untuk pemeriksaan transmisi..

Akhirnya tanggal 20/1 Mobil dibawa ke beres untuk diperiksa dan rencananya sekalian servis ke-2.. dan ternyata free biaya jasa untuk servis ke-2 tidak bisa dipakai karena sudah melewati bulan ke-6 dan tidak ada reminder dari BeRes mengenai ini sebelumnya :big_dunno: Jangan dibandingkan dengan Toyota dengan A2000nya, Suzuki ataupun Mitsu yg dibawah Toyota dalam kualitas ASS aja masih sempat telepon ke customer untuk reminder servis..

Sedangkan Ford? Hanya ada email (yang bapak saya tidak sadar karena sepertinya masuk ke Spam :big_slap: ) dan tidak ada telepon dari Beres atau Sales :off_lazy: Disini terlihat kualitas ASS FMI ataupun dealer Ford memang masih jauh tertinggal dari merk lain..

Next.. Akhirnya servis ke-2 ditunda saja sampai odo 10ribu KM, dan saat itu akan dilakukan pemeriksaan transmisi dan melakukan update software TCM.. Disini SA tidak memberitahu estimasi lama waktunya, malah itu SA tau-tau ngga ada pas saya mau tanya kapan beresnya :big_slap: , akhirnya menunggu lumayan lama dengan makan Pop Mie dan snack-snack yang ada dan jalan ke minimarket untuk beli cemilan.. tau lama gitu mah pengen coba Marugame Udon di TSM aja sambil lama nunggu :big_childish:

Akhirnya jam 15.15 SA manggil saya (setelah menunggu dari jam 10).. disana saya diperlihatkan grafik putaran mesin saat berakselerasi ketika dilakukan pemeriksaan.. Saya ditunjukkan fluktuasi putaran mesin saat berakselerasi, dimana fluktuasi inilah yang menyebabkan getar/jerking.. oleh SA ditunjukkan momen ketika fluktuasi tertinggi, dimana RPM puncak di 1700an dan secara drastis menurun jauh ke 800an.. Dari situ didapat selisih sekitar 800an RPM, dan oleh SA divonis untuk dilakukan penggantian komponen transmisi :mky_06:

Terus terang saya sendiri kaget juga ternyata mobil belum 10.000Km sudah harus dilakukan penggantian komponen transmisi (SA tidak bilang apa saja yang diganti, tapi bilangnya seluruh komponen terkait transmisi akan diganti) meskipun masih tercover oleh garansi.. SA meminta waktu 1 minggu untuk pemesanan komponen dan 1 minggu untuk pengerjaan.. Ternyata transmisi DCT Getrag Ford yang saat ini masih bisa dibilang "gagal", meskipun banyak yang bilang untuk keluaran diatas 2013 sudah ada perbaikan..

HAri ini sudah dapat kabar kalau komponen sudah ada di BeRes, dan hari Rabu nanti diminta membawa mobil untuk dilakukan penggantian.. semoga sesudah diganti nanti tidak ada masalah lagi dengan transmisi :e-pray:

Nanti setelah dilakukan penggantian, akan saya review lagi apakah gejala getar sudah hilang atau masih ada :big_smile]

Tambahan:
Mungkin ada yang penasaran gejala getarnya seperti apa.. gejala getarnya sih khas dengan jerking dual clutch saat berakselerasi.. umumnya sih ada getaran ringan saat berakselerasi (dan ini dianggap normal), tapi yang terjadi dengan Ecosport saya ini getarannya cukup parah sampai kita bisa tergoyang dari kursi dan ada bunyi "DUG DUG DUG" yang lumayan keras.. untuk pemakaian sendiri normal-normal saja, kalau berhenti dipindah ke N, sesekali menggunakan mode tiptronic.. memang kalau saat di pegunungan cukup sering Kick-down, karena agak boyot kalau tidak kickdown.. Penggunaan kebanyakan dalkot dan tol di Bandung, sekali dibawa ke Garut Selatan dan sekali dibawa ke Malang-Bromo..
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review and Ownership Report: 2014 Ford EcoSport Titanium

Post by amfibi »

Ya ampuun mobil baru kinyis2 aja masih bisa dapet masalah ky gt tho... :ungg:
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: Review and Ownership Report: 2014 Ford EcoSport Titanium

Post by liep »

dulu sempat tunjukin bini ecosport, tp bini g suka krn merk dan bentuk, sama sekali ga minat pas ane ajak dekati di pameran mall, meskipun dsbut kaleng, tp kl urusan ama avanza xenia--ipah....sptnya lbih tentram di ati ya, penyakit hampir ga ad, pelayanan jg bagus
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 673
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Review and Ownership Report: 2014 Ford EcoSport Titanium

Post by azu »

@mod fibi: begitulah bro.. awalnya saya juga ga begitu pengen rekom ini mobil ke bokap melihat reliability DCT di Fiesta, tapi karena beliau sudah suka dan mau mencoba merk Ford dengan segala kekurangan dan kelebihannya ya udah deh :mrgreen:

kalau waktu itu SX4 masih ada yg brand new, pasti belinya SX4.. sayangnya bokap waktu itu ga pengen beli mobil bekas, jadinya terpaksa SX4 dicoret..

@om liep: begitulah, kalau mau peace of mind lebih baik merk Jepang aja :D

di ruma ada merk Cap S, mekipun katanya pelayanan jauh dibawah Atoyot, tapi masih lebih tenang pakainya dan lebih baik pelayanannya daripada Ford ini :mrgreen:
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1079
Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51

Re: Review and Ownership Report: 2014 Ford EcoSport Titanium

Post by Mamang555 »

azu wrote:@mod fibi: begitulah bro.. awalnya saya juga ga begitu pengen rekom ini mobil ke bokap melihat reliability DCT di Fiesta, tapi karena beliau sudah suka dan mau mencoba merk Ford dengan segala kekurangan dan kelebihannya ya udah deh :mrgreen:

kalau waktu itu SX4 masih ada yg brand new, pasti belinya SX4.. sayangnya bokap waktu itu ga pengen beli mobil bekas, jadinya terpaksa SX4 dicoret..

@om liep: begitulah, kalau mau peace of mind lebih baik merk Jepang aja :D

di ruma ada merk Cap S, mekipun katanya pelayanan jauh dibawah Atoyot, tapi masih lebih tenang pakainya dan lebih baik pelayanannya daripada Ford ini :mrgreen:
Terima kasih untuk reportnya om azu :D

Terus terang ane cukup tertarik dengan Ecosport ini. Model exterior lumayan, interior, meskipun agak outdated, masih cukup acceptable lah. Belum lagi fitur yang bejibun dan yang paling penting harganya "murah". Cuma yang agak kepikiran memang reliability nya since make DCT yang menurut logika orang awam aja kelihatannya akan "bermasalah" karena kondisi trafic Jakarta (dan beberapa kota besar di Indonesia) yang macet gila2an sehingga menyiksa transmisi. Kalo baca2 postingan user Fiesta K4skus memang rada2 bikin jiper juga :D

Faktor kedua memang masalah ASS. Ini juga udah banyak baca dari user2 Fiesta di K4skus yang komplen karena kualitas ASS yang masih jauh dari merk Jepang :D Cuma kelihatannya ga ada perbaikan yach. Udah 2015 nih :D

============================================

Orang tua saya kebetulan berencana ganti Yaris nya yang udah mau 5 tahun Agustus ini dan saya awalnya berminat sekali untuk rekomendasikan Ecosport ini ketimbang New Jazz atau Yaris. Cuma kalo melihat kasus begini dan juga yang terpenting kualitas ASS nya masih rada tiarap, ya mending beli merk Jepang dulu aja deh. Kasihan beliau kalo harus menghabiskan waktu untuk cekcok dengan SA hanya karena masalah klaim2 sepele begitu :D

Mengenai SX4 saya juga setuju. Adek saya akhir tahun lalu ambil Rush karena agak "ngeri" dengan reliabilitas Ecosport dan juga takut harganya amblas. Kalo masih ada barunya, SX4 memang pilihan yang lebih masuk akal :D

*bukan sales mobil manapun, just share

cmiiw, imho
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Review and Ownership Report: 2014 Ford EcoSport Titanium

Post by b8099ok »

Uda updet tcm blm om? Itu perubahannya lmyn berasa. Pny ane pas km 100an updet, skr km 200an ga ada keluhan sih. Cm krn blm 1000 jd msh rada boros lantaran oli bawaan jelek bener. Niatnya mau ganti pas 500,..
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
jason28
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 645
Joined: Tue Dec 31, 2013 4:38

Re: Review and Ownership Report: 2014 Ford EcoSport Titanium

Post by jason28 »

KodokPushUp wrote:Dari cerita bro azzu 4 bulan lalu yg stop-and-go di tanjakan, putaran mesin nahan di 1500-1800 rpm, kira2 gara2 transmisi dual clutch nya yg dodol apa traction control aktif ya?

Ini mesin kan tipe high rpm, torsi baru terasa di 4000 rpm keatas, kalo mesin nahan di 1500 rpm, jelas aja ga kuat nanjak.

Punya ane transmisi manual, masalahnya di kopling yg pake sensor, jadi ga bisa setengah kopling, dan akibat sensor itu, tenaga dari mesin keluarnya ga smooth, jadi kayak orang belajaran :frm_bang_head:
ChZ wrote:umm maksud ane dibanding sekelas ya bro ronald.... dengan kata lain benchmark ane satu satunya ya Nissan Juke karena Suzuki SX4 udah nggak dijual. walaupun sebenernya kalo dibandingin sama SX4 ya SX4 cuma kalah di fitur, sisanya jauh kemana-mana SX4.... build quality juga ane ngerasa SX4 lebih solid....

o iya, NVH mesin gimana bro seiring pemakaian? gw daritadi masih bingung waktu di starter mesinnya kasar banget itu getarannya.... no gud.
Karena ane jarang pake ini mobil, begitu baca post bro ChZ langsung ambil kunci trus coba stater :big_biglaugh:
Suara mesin memang kasar, tapi menurut ane getaran mesin teredam cukup baik sih di dalam kabin.
Mungkin yg agak mengganggu bagi sebagian orang suara knalpotnya yg cukup nge bass seperti knalpot aftermarket, yg buat ane malah suatu hiburan tersendiri.

Ah ya, ekspektasi ane yang terlalu tinggi mungkin, karena kebayang base nya dari fiesta yg unggul di sisi fun to drive, dan compact suv paling kecil yg ane pernah coba cuma OS, jadi kebayangnya paling nggak handling mirip OS dengan tenaga ala hatchback.

Yang ane curiga, letak mesin dan komponen berat lain posisinya tinggi, karena promosi ecosport ini kan 550 mm water wading, yg berimbas negatif ke kestabilan, selain dari setting suspensi.

Oh iya yg pake ecosport, interior pada rattling ga?
Punya ane dashboard udah mulai rattling, umur 7 bulan pemakaian, 6600 km
ane blm ada rattle sih, cm baru ada di konde nya doang :mky_01: odo udh 8000> (lupa persisnya) :big_slap:
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: Review and Ownership Report: 2014 Ford EcoSport Titanium

Post by KodokPushUp »

azu wrote:Akhirnya tanggal 20/1 Mobil dibawa ke beres untuk diperiksa dan rencananya sekalian servis ke-2.. dan ternyata free biaya jasa untuk servis ke-2 tidak bisa dipakai karena sudah melewati bulan ke-6 dan tidak ada reminder dari BeRes mengenai ini sebelumnya :big_dunno: Jangan dibandingkan dengan Toyota dengan A2000nya, Suzuki ataupun Mitsu yg dibawah Toyota dalam kualitas ASS aja masih sempat telepon ke customer untuk reminder servis..

Sedangkan Ford? Hanya ada email (yang bapak saya tidak sadar karena sepertinya masuk ke Spam :big_slap: ) dan tidak ada telepon dari Beres atau Sales :off_lazy: Disini terlihat kualitas ASS FMI ataupun dealer Ford memang masih jauh tertinggal dari merk lain..
Woakaka
Sama kayak ane, free service ke 2 telat karena ga ada reminder :big_biglaugh:
Dan setelah telp ke ford jakarta, katanya memang reminder itu kebijakan masing2 dealer :big_slap:
Beruntung pas ane service, SA nya salah itung bulan (ane ga bilang kalo telat), jadi akhirnya gratis deh
jason28 wrote:ane blm ada rattle sih, cm baru ada di konde nya doang :mky_01: odo udh 8000> (lupa persisnya) :big_slap:
Ane rattle di dashboard sudah hilang, kemaren complain pas service gratis ke-2
Di konde, ane juga rattling
Ane cuma curiga di kaki2, kemaren sempat complain, tapi katanya di cek ga ada masalah
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Re: Review and Ownership Report: 2014 Ford EcoSport Titanium

Post by edward »

Supaya menambah 'seru' (dan serem?) kpd calon pembeli;saya juga mau mengatakan dg jujur bahwa 'ratling' memang ada di ecosport saya,bahkan saya taunya pas mbl masih baru 2bulan dan pas saya ajak mudik ke cilacap waktu itu...
(Note:apakah ada hubungan dg geber2an dan kebut2an melawan truk2 yg byk banget di jalur selatan saat itu?)
Yg lucu lagi,ratling nya bisa berpindah,kadang tepat di muka kita(yg di panel AC),kadang pindah ke bagian audio,bahkan di dasbord depan penumpang depan...

Lalu,mgk ada kaitan dg pintu bagian penumpang,kalo nutupnya kurang keras-pas jalan pelan juga timbul suara2 kriet2 pelan-klo ketemu spt ini,yg saya lakukan minggirkan mobil,dan banting pintu dg lbh keras-biasanya hilang bunyinya...

Complain berikutnya,saya bener2 ga sreg dg suara dr bawah mobil,gemuruh kayak ga ada peredaman di lantai mobil...
Klo ketemu aspal halus mulus sih ga ada suara-tapi klo ketemu aspal kasar suaranya gemuruh banget..
Mgk next target saya adalah melapisi dg peredaman yg bagus di lantai dan ke5 pintunya..
Spt nya perlu ambil napas dulu,krn baru aja masang Vkool 40dpn,80SSB,jadi peredaman adalah project berikutnya..

Semoga membantu buat yg mau ambil ecosport.

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Re: Review and Ownership Report: 2014 Ford EcoSport Titanium

Post by edward »

Oh note buat Om Kodok:
MAsa melayang pada kecepatan tinggi?
Piye to?Ini eco sutabil biangetts kalo di ajak ngebut(maksudnya stabil bgt).
Ane biasa lari 130-140kpj di jagorawi dan di jorr pas kosong pagi2 antara jam 5-6pagi,dan ga ada gejala melayang sama sekali...
Saya juga sesekali bawa lari 130kpj dg innova 2010 saya ,tapi di innova jauh lebih serem drpd di eco,suara raungannya innova ama goyangannya bikin saya ngeri sendiri hehehe...(i know,saya hrs tambahin under bone ama engine stabilizer)biar bisa ngacir,tapi di eco saya suka ga sadar klo udah lari diatas 120kpj,rasanya masih spt lari 80 an aja....

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review and Ownership Report: 2014 Ford EcoSport Titanium

Post by ChZ »

edward wrote:Oh note buat Om Kodok:
MAsa melayang pada kecepatan tinggi?
Piye to?Ini eco sutabil biangetts kalo di ajak ngebut(maksudnya stabil bgt).
Ane biasa lari 130-140kpj di jagorawi dan di jorr pas kosong pagi2 antara jam 5-6pagi,dan ga ada gejala melayang sama sekali...
Saya juga sesekali bawa lari 130kpj dg innova 2010 saya ,tapi di innova jauh lebih serem drpd di eco,suara raungannya innova ama goyangannya bikin saya ngeri sendiri hehehe...(i know,saya hrs tambahin under bone ama engine stabilizer)biar bisa ngacir,tapi di eco saya suka ga sadar klo udah lari diatas 120kpj,rasanya masih spt lari 80 an aja....
ane rasa ini lebih ke peredaman ama bobot sih oom. nggak bisa dipungkiri bobotnya Ecosport emang berat dan peredamannya jelas waaaay better dari Innova manapun... menyumbang kestabilan di kecepatan tinggi dan lebih senyap.

termasuk satu monocoque satu ladderframe, dan ban Innova yang ukurannya cukup kecil untuk mobil sebesar itu. dan titik gravitasi Innova jelas lebih tinggi dari Ecosport. tapi kalo compared to mobil sekelasnya, titik gravitasi Ecosport cukup tinggi compared to Juke dan HR-V...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
YK16
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 216
Joined: Fri Jan 09, 2009 13:28

Re: Review and Ownership Report: 2014 Ford EcoSport Titanium

Post by YK16 »

Ford Ecosport Community (FORESCOM)
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
2018 Toyota Innova G Manual
2018 Honda Vario 150
2016 Toyota Avanza G Manual
2015 Honda Revo FI
1990 Ford Laser 1.3 GL Manual

Mau Jual / Beli Mobil Bekas, Hubungi Saya
Showroom @Alam Sutera Tangerang
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: Review and Ownership Report: 2014 Ford EcoSport Titanium

Post by KodokPushUp »

edward wrote:Oh note buat Om Kodok:
MAsa melayang pada kecepatan tinggi?
Piye to?Ini eco sutabil biangetts kalo di ajak ngebut(maksudnya stabil bgt).
Ane biasa lari 130-140kpj di jagorawi dan di jorr pas kosong pagi2 antara jam 5-6pagi,dan ga ada gejala melayang sama sekali...
Saya juga sesekali bawa lari 130kpj dg innova 2010 saya ,tapi di innova jauh lebih serem drpd di eco,suara raungannya innova ama goyangannya bikin saya ngeri sendiri hehehe...(i know,saya hrs tambahin under bone ama engine stabilizer)biar bisa ngacir,tapi di eco saya suka ga sadar klo udah lari diatas 120kpj,rasanya masih spt lari 80 an aja....
Err entah ane atau eco ane yg aneh :big_slap:
Ga pernah ngebut pake innova, orang gila mana yg ngebut pake mpv :ngacir:

Livina ane kec 160 kpj (di speedometer, aslinya brp ga tau) masih terasa lebih stabil dan napak ke jalan daripada ecosport kec 100 kpj
Cx-5 ane kec. 175 kpj (limit) juga masih terasa lebih stabil dari ecosport kec 100 kpj
cx-5 dan ecosport, nikung kec sama dan ditempat yg sama, di ecosport ud horror, di cx-5 ane masih sempat narik hand brake, pedal to the floor, dan counter steer :upss:
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
ceiszha
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 263
Joined: Fri Dec 05, 2014 5:15
Location: medan

Review and Ownership Report: 2014 Ford EcoSport Titanium AT

Post by ceiszha »

aryaguna wrote:salah satu mobil yg cukup bikin galau saya saat mw beli mobil, walau pilihan akhirnya tidak jatuh pd ecosport ini, fitur nya sangat lengkap bila dibandingkan dengan Rush dan harga yg tidak terpaut jauh...saya udh sempat liat2 dan mw beli ini mobil, sunroof dan Mid nya sungguh menggoda, tp pikiran logis saat2 terakhir membatalkannya

krn saya di daerah dan BeRes Ford satu-satunya ada di kota seberang (batam) yg mengharuskan saya menyebrang dengan Kapal RoRo utk servis, membuat ane hrs berpikir logis dan milih Rush TRD AT...

Klo suatu saat ada rezeki lebih, mungkin akan beli eco sport ini dan gk dijadikan mobil tempur
tinggal di bintan ya om?


Sent from my iPhone using Tapatalk
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 673
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Review and Ownership Report: 2014 Ford EcoSport Titanium

Post by azu »

Maaf baru sempet post lagi :big_peace:

Setelah sebulan pemakaian dan 1000KM, transmisi pengganti ini masih terasa nyaman dan tidak jerky ala DSG.. semoga seterusnya tidak ada masalah lagi :mky_02:
b8099ok wrote:Uda updet tcm blm om? Itu perubahannya lmyn berasa. Pny ane pas km 100an updet, skr km 200an ga ada keluhan sih. Cm krn blm 1000 jd msh rada boros lantaran oli bawaan jelek bener. Niatnya mau ganti pas 500,..
kayanya malah Eco saya ini yang termasuk yang pertama update TCM, bisa dibaca di post awal-awal.. malah ada member K*skus yg telepon ke saya (entah dapet nomor saya dari mana :big_chicken: ) yang minta gimana jelasin ke BeRes di Bogor untuk prosedur update TCM ini :mrgreen:
KodokPushUp wrote:
azu wrote:Akhirnya tanggal 20/1 Mobil dibawa ke beres untuk diperiksa dan rencananya sekalian servis ke-2.. dan ternyata free biaya jasa untuk servis ke-2 tidak bisa dipakai karena sudah melewati bulan ke-6 dan tidak ada reminder dari BeRes mengenai ini sebelumnya :big_dunno: Jangan dibandingkan dengan Toyota dengan A2000nya, Suzuki ataupun Mitsu yg dibawah Toyota dalam kualitas ASS aja masih sempat telepon ke customer untuk reminder servis..

Sedangkan Ford? Hanya ada email (yang bapak saya tidak sadar karena sepertinya masuk ke Spam :big_slap: ) dan tidak ada telepon dari Beres atau Sales :off_lazy: Disini terlihat kualitas ASS FMI ataupun dealer Ford memang masih jauh tertinggal dari merk lain..
Woakaka
Sama kayak ane, free service ke 2 telat karena ga ada reminder :big_biglaugh:
Dan setelah telp ke ford jakarta, katanya memang reminder itu kebijakan masing2 dealer :big_slap:
Beruntung pas ane service, SA nya salah itung bulan (ane ga bilang kalo telat), jadi akhirnya gratis deh
Update lagi nih.. Hari Rabu kemarin saya baru sempet servis 10.000, tapi dilayanin oleh SA yang berbeda.. awalnya dibilan "udah telat nih ya mas" dan udah siapin kocek untuk bayar jasanya, pas terima invoice taunya malah Free :big_grin:

Barangkali ada orang FMI yang mantau SM nih makanya saya jadinya masih dapet Free Service :mky_02:
klip karet pintu yang patah gara-gara ketarik pas ngeringin mobil juga diganti gratis..
edward wrote:Supaya menambah 'seru' (dan serem?) kpd calon pembeli;saya juga mau mengatakan dg jujur bahwa 'ratling' memang ada di ecosport saya,bahkan saya taunya pas mbl masih baru 2bulan dan pas saya ajak mudik ke cilacap waktu itu...
(Note:apakah ada hubungan dg geber2an dan kebut2an melawan truk2 yg byk banget di jalur selatan saat itu?)
Yg lucu lagi,ratling nya bisa berpindah,kadang tepat di muka kita(yg di panel AC),kadang pindah ke bagian audio,bahkan di dasbord depan penumpang depan...

Lalu,mgk ada kaitan dg pintu bagian penumpang,kalo nutupnya kurang keras-pas jalan pelan juga timbul suara2 kriet2 pelan-klo ketemu spt ini,yg saya lakukan minggirkan mobil,dan banting pintu dg lbh keras-biasanya hilang bunyinya...

Complain berikutnya,saya bener2 ga sreg dg suara dr bawah mobil,gemuruh kayak ga ada peredaman di lantai mobil...
Klo ketemu aspal halus mulus sih ga ada suara-tapi klo ketemu aspal kasar suaranya gemuruh banget..
Mgk next target saya adalah melapisi dg peredaman yg bagus di lantai dan ke5 pintunya..
Spt nya perlu ambil napas dulu,krn baru aja masang Vkool 40dpn,80SSB,jadi peredaman adalah project berikutnya..

Semoga membantu buat yg mau ambil ecosport.
untuk suara gemuruh nampaknya sih dari ban Goodyear yang termasuk ke EcoTyre
KodokPushUp wrote:
edward wrote:Oh note buat Om Kodok:
MAsa melayang pada kecepatan tinggi?
Piye to?Ini eco sutabil biangetts kalo di ajak ngebut(maksudnya stabil bgt).
Ane biasa lari 130-140kpj di jagorawi dan di jorr pas kosong pagi2 antara jam 5-6pagi,dan ga ada gejala melayang sama sekali...
Saya juga sesekali bawa lari 130kpj dg innova 2010 saya ,tapi di innova jauh lebih serem drpd di eco,suara raungannya innova ama goyangannya bikin saya ngeri sendiri hehehe...(i know,saya hrs tambahin under bone ama engine stabilizer)biar bisa ngacir,tapi di eco saya suka ga sadar klo udah lari diatas 120kpj,rasanya masih spt lari 80 an aja....
Err entah ane atau eco ane yg aneh :big_slap:
Ga pernah ngebut pake innova, orang gila mana yg ngebut pake mpv :ngacir:

Livina ane kec 160 kpj (di speedometer, aslinya brp ga tau) masih terasa lebih stabil dan napak ke jalan daripada ecosport kec 100 kpj
Cx-5 ane kec. 175 kpj (limit) juga masih terasa lebih stabil dari ecosport kec 100 kpj
cx-5 dan ecosport, nikung kec sama dan ditempat yg sama, di ecosport ud horror, di cx-5 ane masih sempat narik hand brake, pedal to the floor, dan counter steer :upss:
Saya malah ngerasa Eco ini lebih limbung dari Ertiga, dan Ertiga kerasa lebih stabil di kecepatan tinggi :big_slap: mungkin karena Eco ini tergolong tinggi, atau karena saya agak jarang bawa Eco ini (karena bukan saya yang pakai sehari-hari, saya lebih sering pakai Ertiga) jadi masih belum dapet karakteristik bawaannya.. kalau dibanding Innova sh jauh lebih limbung Innova :mrgreen:
Mamang555 wrote:
azu wrote:@mod fibi: begitulah bro.. awalnya saya juga ga begitu pengen rekom ini mobil ke bokap melihat reliability DCT di Fiesta, tapi karena beliau sudah suka dan mau mencoba merk Ford dengan segala kekurangan dan kelebihannya ya udah deh :mrgreen:

kalau waktu itu SX4 masih ada yg brand new, pasti belinya SX4.. sayangnya bokap waktu itu ga pengen beli mobil bekas, jadinya terpaksa SX4 dicoret..

@om liep: begitulah, kalau mau peace of mind lebih baik merk Jepang aja :D

di ruma ada merk Cap S, mekipun katanya pelayanan jauh dibawah Atoyot, tapi masih lebih tenang pakainya dan lebih baik pelayanannya daripada Ford ini :mrgreen:
Terima kasih untuk reportnya om azu :D

Terus terang ane cukup tertarik dengan Ecosport ini. Model exterior lumayan, interior, meskipun agak outdated, masih cukup acceptable lah. Belum lagi fitur yang bejibun dan yang paling penting harganya "murah". Cuma yang agak kepikiran memang reliability nya since make DCT yang menurut logika orang awam aja kelihatannya akan "bermasalah" karena kondisi trafic Jakarta (dan beberapa kota besar di Indonesia) yang macet gila2an sehingga menyiksa transmisi. Kalo baca2 postingan user Fiesta K4skus memang rada2 bikin jiper juga :D

Faktor kedua memang masalah ASS. Ini juga udah banyak baca dari user2 Fiesta di K4skus yang komplen karena kualitas ASS yang masih jauh dari merk Jepang :D Cuma kelihatannya ga ada perbaikan yach. Udah 2015 nih :D

============================================

Orang tua saya kebetulan berencana ganti Yaris nya yang udah mau 5 tahun Agustus ini dan saya awalnya berminat sekali untuk rekomendasikan Ecosport ini ketimbang New Jazz atau Yaris. Cuma kalo melihat kasus begini dan juga yang terpenting kualitas ASS nya masih rada tiarap, ya mending beli merk Jepang dulu aja deh. Kasihan beliau kalo harus menghabiskan waktu untuk cekcok dengan SA hanya karena masalah klaim2 sepele begitu :D

Mengenai SX4 saya juga setuju. Adek saya akhir tahun lalu ambil Rush karena agak "ngeri" dengan reliabilitas Ecosport dan juga takut harganya amblas. Kalo masih ada barunya, SX4 memang pilihan yang lebih masuk akal :D

*bukan sales mobil manapun, just share

cmiiw, imho

Semoga kualitas ASS bisa lebih baik sih.. tapi pengalaman saya servis Rabu kemarin sudah lebih baik.. ditambah ada kabar extended warranty untuk Transmisi, lebih tenang aja rasanya :mky_02:

tapi kalau untuk masalah klaim sih Ford tergolong mudah.. Riwayat klaim saya:
- Kunci yang tombolnya rusak -> klaim langsung disetujui, hanya nunggu barang datang agak lama (1bulanan)
- Transmisi getar -> hasil investigasi langsung keluar hari itu juga dan langsung diklaim ke FMI, parts datang dalam 3 hari dengan pengerjaan 3 hari kerja
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
alexdonovan
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 610
Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36

Re: Review and Ownership Report: 2014 Ford EcoSport Titanium

Post by alexdonovan »

azu wrote:
-Edited

Sh*t happens :off_no:
Kami menemui jalan yang amblas. Yang lebih parah lagi adalah longsoran tersebut tepat berada di bagian bawah tanjakan yang curam, kira-kira securam tanjakan dari arah Punclut menuju Lembang. Setelah menunggu kendaraan yang dari arah berlawanan turun, kami pun mulai berjalan melewat longsoran yang telah ditutupi oleh banyak batu split. Sesudah melewati longsoran dengan perlahan, langsung menuju tanjakan yang curam.

Di tanjakan ini terjadi musibah, ban selip! :frm_bang_head: Lampu Traction Control berkedip-kedip, menandakan sedang bekerja, akan tetapi ban tetap saja selip! Hal ini disebabkan banyaknya material batu dari longsoran yang terbawa ke tanjakan.

Karena ban terus selip (dan tercium karet terbakar), terpaksa mobil dihentikan dahulu. Saat itu, saya sudah khawatir mobil tidak akan kuat untuk menanjak. Dengan tangan yang berkeringat, gear dipindah ke 1, lepas rem tangan dan injak gas. D*mn, ga mau jalan! Putaran mesin di 1500-1800RPM saja, tidak terasa effort dari mesin untuk menjalankan mobil. Setelah 5 detik coba digas perlahan tetap tidak mau maju, saya hentikan saja usaha untuk maju ini karena takut transmisi overheat. Di dalam mobil Ibu saya jadi panik (biasa, Ibu-ibu), dan warga sekitar yang mengatur lalu-lintas di longsoran itu juga meminta agar seluruh penumpang turun supaya mobil bisa didorong. Akhirnya seluruh penumpang turun.

Setelah penumpang turun dan hanya saya di mobil, saya bersiap-siap untuk menjalankan mobil dengan bantuan dorongan dari warga sekitar. Masukkan gear ke 1, lepas rem tangan, dan injak gas kira-kira setengah injakan. Awalnya mobil tetap tidak mau jalan. Dengan bantuan dorongan warga, mobilpun mulai bergerak tapi bukan karena dorongan mesin. Setelah didorong sekitar 1-2 meter, akhirnya mobil pun berjalan dan sampai puncak tanjakan tanpa dibantu dorong lagi.

Setelah sampai puncak tanjakan saya berhenti menunggu penumpang lainnya berjalan ke atas. Saat itu saya berpikir, apakah mobil tidak mau berjalan karena Traction Control aktif? Tentunya di tanjakan yang berbatu ban pasti akan selip terlebih dahulu. Tetapi karena tadi sedang panik, tidak terpikirkan oleh saya untuk mencoba menonaktifkan Traction Control. :ungg:

-edited
Kemarin mengalami hal ini waktu naik ke The Peak lewat rancabuaya (yang pasteur belok kanan lewat depan maranatha). Matiin traction control gak membantu. Ternyata solusinya gampang... jangan pake rem tangan :p

Saya coba start dengan lepas hand brake pelan pelan, tetep mobil tidak mau maju. akhirnya coba saja mengandalkan hill start assist, injak rem, lepas rem langsung injak gas dalam... lompat itu mobil

*untung dari belakang ga ada mobil, jadi bisa troubleshoot beberapa menit.
**negatifnya, sistem Hill start assist-nya harus selalu dalam kondisi OK... one more thing to maintain
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Review and Ownership Report: 2014 Ford EcoSport Titanium AT

Post by b8099ok »

Hill start assist itu jd satu ama abs dan traction control. Mau kah ente klo rem gak dalam kondisi ok?
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
alexdonovan
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 610
Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36

Re: RE: Re: Review and Ownership Report: 2014 Ford EcoSport Titanium AT

Post by alexdonovan »

b8099ok wrote:Hill start assist itu jd satu ama abs dan traction control. Mau kah ente klo rem gak dalam kondisi ok?
jujur saja Om, sampai sekarang belum bisa benar-benar confident dengan hill-start assist... Bunyinya saat disengage lumayan bikin ngilu kuping [emoji2]

Saya sudah terlalu lama pakai pedal kopling dan handle rem tangan untuk nanjak...

Sent from my SM-G313HZ using Tapatalk
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: RE: Re: Review and Ownership Report: 2014 Ford EcoSport Titanium AT

Post by b8099ok »

alexdonovan wrote:
b8099ok wrote:Hill start assist itu jd satu ama abs dan traction control. Mau kah ente klo rem gak dalam kondisi ok?
jujur saja Om, sampai sekarang belum bisa benar-benar confident dengan hill-start assist... Bunyinya saat disengage lumayan bikin ngilu kuping [emoji2]

Saya sudah terlalu lama pakai pedal kopling dan handle rem tangan untuk nanjak...

Sent from my SM-G313HZ using Tapatalk
Kalau begitu adanya, bisa dipikirkan utk meggunakan ganjel kayu atau taruh FRD sebagai penahan biar ngga mundur. Bunyi rintihan FRD tentunya akan lebih merdu drpd suara kucing terlindas,... :ngacir:
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
1203L
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Wed Mar 14, 2018 4:43
Location: Semarang
Daily Vehicle: Honda Beat

Re: Review and Ownership Report: 2014 Ford EcoSport Titanium AT

Post by 1203L »

Maaf oom-oom, skrg second ecosport msh worth to buy gak ya dan spare part msh adakah yg OEM trjangkau di dki jakarta, scr ada yg nawarin ane di kisaran 100an kecil.. :big_think: