Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8049
Joined: 16 Oct 2013, 13:27

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by marmut »

Omnibus wrote: 06 Oct 2021, 10:56
kayanya ya,
dalemnya assy itu ada 2 coil set (dan 2 igniter set) terlihat dr adanya 4 pin di socket terminalnya. yg dipakai yaitu sistem 2 wire/pin utk setiap coil set.
cara kerjanya silinder 1 diparalel dgn silinder 4 dan silinder 2 dgn silinder 3, biasa disebut wasted spark design. jadi pas cyl 1 sparking, cyl 4 jg sparking dlm reverse path (spark loncatnya dr electrode negatif ke center electrode). demikian jg pas cyl 2 sparking, cyl 3 jg sparking in reverse. konon model begini kl busi mau awet hrs pakai busi twin tip iridium spy pas reverse path ga ngabisin elektroda busi.

mirip desain mitsu tp kl mistu pakai 2 coil set.
2 pin system betul banyak GM cars yg pakai.
honda 3 pin system
toyota 4 pin system

cmiiw.

*ngomong apa sy ini ....... cuma sugesti kayanya


musti kita belah supaya tau ada 4 igniton coil atau hanya 2 tapi dijadikan satu kesatuan.
sebetulnya saya lebih setuju model coil seperti ini, bukan individual c.o.p yang bikin pemilik jadi seperti yahudi.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7719
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by Omnibus »

marmut wrote: 06 Oct 2021, 11:11
Omnibus wrote: 06 Oct 2021, 10:56
kayanya ya,
dalemnya assy itu ada 2 coil set (dan 2 igniter set) terlihat dr adanya 4 pin di socket terminalnya. yg dipakai yaitu sistem 2 wire/pin utk setiap coil set.
cara kerjanya silinder 1 diparalel dgn silinder 4 dan silinder 2 dgn silinder 3, biasa disebut wasted spark design. jadi pas cyl 1 sparking, cyl 4 jg sparking dlm reverse path (spark loncatnya dr electrode negatif ke center electrode). demikian jg pas cyl 2 sparking, cyl 3 jg sparking in reverse. konon model begini kl busi mau awet hrs pakai busi twin tip iridium spy pas reverse path ga ngabisin elektroda busi.

mirip desain mitsu tp kl mistu pakai 2 coil set.
2 pin system betul banyak GM cars yg pakai.
honda 3 pin system
toyota 4 pin system

cmiiw.

*ngomong apa sy ini ....... cuma sugesti kayanya


musti kita belah supaya tau ada 4 igniton coil atau hanya 2 tapi dijadikan satu kesatuan.
sebetulnya saya lebih setuju model coil seperti ini, bukan individual c.o.p yang bikin pemilik jadi seperti yahudi.
udah dikasih bisa ngirit bisa ganti 1 buah, belinya yg KW pula :mky_01:

btw ga usah dibelah2 segala. paling bentar lagi mbah taufiq eksperimen. tempel busi 4 biji ujungnya trus kasih trigger 12V lihat muncul spark bersamaan di 2 busi ngga. :mky_03:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8049
Joined: 16 Oct 2013, 13:27

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by marmut »

Omnibus wrote: 06 Oct 2021, 11:15

udah dikasih bisa ngirit bisa ganti 1 buah, belinya yg KW pula :mky_01:


beli 1 biji.
KW.
nawar.
minta dipasangin.
ongkos gratis (kan cuma gitu dowang).


:mky_03:
User avatar
ign1z
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: 19 Apr 2006, 00:51

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by ign1z »

Taufiq6210 wrote: 06 Oct 2021, 07:19
...

Emang gitu om karakter transmisi AL4. Di 406 saya yang pake AL4 juga seringnya ganti di 2500 rpm. Sebenernya bisa kalau mau ganti gigi di 1900 rpm, tapi nginjek gasnya harus dangkal banget.

...

Kayaknya ini bisa om, tapi coba tanya aja ke penjualnya apakah bisa untuk 408: https://www.tokopedia.com/premieres-sto ... w-original
*kalau liat part numbernya sama sih, tapi pastiin aja

Karena yang saya tau 408 2.0 dan 307SW / 407 / 807 / sebagian 406 itu mesinnya sama-sama EW10. Tapi apa antar model ada perbedaan parts atau engga saya ga tau, karena belum pernah punya mobil bermesin itu.
saya kira mungkin bisa di program atau gimana gitu untuk matic al4 nya ?
soalnya jujur aja ini sama sekali tidak enjoy untuk dikendarakan pelan/santai, padahal kan kalau pakai tiptronic nya, saya bisa ganti di sekitar 1600rpm di gigi 1 ke gigi 2 dan enak sekali...
cuma kalau pakai D, sampai meraung dulu di 2500rpm bahkan di gigi 1 untuk masuk ke gigi 2... rasanya aneh gitu ... :big_dunno:
btw dulu pernah punya e200 2009 w211 eks taksi ... ini serupa, rpm nya agak tinggi baru mau ganti gigi ...

untuk yang link marketplace, secara sekilas sih bentuknya sama, makasih info nya :big_deal:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8049
Joined: 16 Oct 2013, 13:27

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by marmut »

Omnibus wrote: 06 Oct 2021, 11:15

btw ga usah dibelah2 segala. paling bentar lagi mbah taufiq eksperimen. tempel busi 4 biji ujungnya trus kasih trigger 12V lihat muncul spark bersamaan di 2 busi ngga. :mky_03:


hmm... neruga.
kita tunggu foto-foto hasil tesnya...
Taufiq6210
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: 27 May 2019, 20:07

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by Taufiq6210 »

ign1z wrote: 06 Oct 2021, 11:35 saya kira mungkin bisa di program atau gimana gitu untuk matic al4 nya ?
Wah ga ngerti saya kalau udah urusan remap TCU. Mungkin forumer lain bisa kasih rekomendasi tempat remap.


Omnibus wrote: 06 Oct 2021, 11:15 btw ga usah dibelah2 segala. paling bentar lagi mbah taufiq eksperimen. tempel busi 4 biji ujungnya trus kasih trigger 12V lihat muncul spark bersamaan di 2 busi ngga. :mky_03:
Ga usah bongkar mbah kalau masih bisa liat wiring diagram* :big_grin:
Lagian beda juga, yang mesin EW10A ada 6 pin konektornya (bukan 4) sementara yang XU10 saya hanya ada 4 pin. Ini wiring diagram yang untuk mesin EW10A:
RFJ coil.png
RFJ coil.png (147.48 KiB) Viewed 125 times
Kayaknya pin 5 dan 6 itu ground, sementara pin 1 sampai 4 itu positif. Bener ga? :big_peace:


*nanti deh kalau ga males dicobain
bunbanbon
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: 15 May 2018, 10:47
Location: jakarta
Daily Vehicle: pajero dakar 2012

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by bunbanbon »

halo oom

ini mobil enak saya sampe punya 2x hehe.

untuk pindah gigi ya memang di set nya 2500. ngakalinya ya diurut aja pelan pelan sampe 2500 , tapi kalo sampe meraung melebihi 2500 rpm terus baru ganti gigi 2 (dan kadang kadang disertai jedug), itu mesinnya terlalu panas (std nya 90C), saya dulu sempat ngalamin dan akhirnya hilang setelah coolant nya di kuras. pokoknya inti perawatan mobil ini adalah temp, temp, temp.

untuk spareparts saya belum pernah ngalamin spareparts nya ga ada. mungkin bisa cek dengan sekawan motor dengan pak robin (0816812047) karena setau saya dia stockist part dan juga bisa sediakan parts kampakan

dont worry , enjoy ur pug.


ign1z wrote: 06 Oct 2021, 11:35
Taufiq6210 wrote: 06 Oct 2021, 07:19
...

Emang gitu om karakter transmisi AL4. Di 406 saya yang pake AL4 juga seringnya ganti di 2500 rpm. Sebenernya bisa kalau mau ganti gigi di 1900 rpm, tapi nginjek gasnya harus dangkal banget.

...

Kayaknya ini bisa om, tapi coba tanya aja ke penjualnya apakah bisa untuk 408: https://www.tokopedia.com/premieres-sto ... w-original
*kalau liat part numbernya sama sih, tapi pastiin aja

Karena yang saya tau 408 2.0 dan 307SW / 407 / 807 / sebagian 406 itu mesinnya sama-sama EW10. Tapi apa antar model ada perbedaan parts atau engga saya ga tau, karena belum pernah punya mobil bermesin itu.
saya kira mungkin bisa di program atau gimana gitu untuk matic al4 nya ?
soalnya jujur aja ini sama sekali tidak enjoy untuk dikendarakan pelan/santai, padahal kan kalau pakai tiptronic nya, saya bisa ganti di sekitar 1600rpm di gigi 1 ke gigi 2 dan enak sekali...
cuma kalau pakai D, sampai meraung dulu di 2500rpm bahkan di gigi 1 untuk masuk ke gigi 2... rasanya aneh gitu ... :big_dunno:
btw dulu pernah punya e200 2009 w211 eks taksi ... ini serupa, rpm nya agak tinggi baru mau ganti gigi ...

untuk yang link marketplace, secara sekilas sih bentuknya sama, makasih info nya :big_deal:
MSU
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1021
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by MSU »

ign1z wrote: 06 Oct 2021, 11:35
Taufiq6210 wrote: 06 Oct 2021, 07:19
...

Emang gitu om karakter transmisi AL4. Di 406 saya yang pake AL4 juga seringnya ganti di 2500 rpm. Sebenernya bisa kalau mau ganti gigi di 1900 rpm, tapi nginjek gasnya harus dangkal banget.

...

Kayaknya ini bisa om, tapi coba tanya aja ke penjualnya apakah bisa untuk 408: https://www.tokopedia.com/premieres-sto ... w-original
*kalau liat part numbernya sama sih, tapi pastiin aja

Karena yang saya tau 408 2.0 dan 307SW / 407 / 807 / sebagian 406 itu mesinnya sama-sama EW10. Tapi apa antar model ada perbedaan parts atau engga saya ga tau, karena belum pernah punya mobil bermesin itu.
saya kira mungkin bisa di program atau gimana gitu untuk matic al4 nya ?
soalnya jujur aja ini sama sekali tidak enjoy untuk dikendarakan pelan/santai, padahal kan kalau pakai tiptronic nya, saya bisa ganti di sekitar 1600rpm di gigi 1 ke gigi 2 dan enak sekali...
cuma kalau pakai D, sampai meraung dulu di 2500rpm bahkan di gigi 1 untuk masuk ke gigi 2... rasanya aneh gitu ... :big_dunno:
btw dulu pernah punya e200 2009 w211 eks taksi ... ini serupa, rpm nya agak tinggi baru mau ganti gigi ...

untuk yang link marketplace, secara sekilas sih bentuknya sama, makasih info nya :big_deal:
udah bukan pengguna PUG...cuma rada aneh kalo br shift di 2500rpm..krn yg versi tua aja menurut hayness shifting matiknya tergantung dr injakan pedal gas...kl ga salah ada light press & heavy press..
btw dulu PUG saya juga penyakit begini (405 XU9)...solved pas bersihin filter matiknya...ga ada salahnya dicoba
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7719
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by Omnibus »

Taufiq6210 wrote: 06 Oct 2021, 13:27
Ga usah bongkar mbah kalau masih bisa liat wiring diagram* :big_grin:
Lagian beda juga, yang mesin EW10A ada 6 pin konektornya (bukan 4) sementara yang XU10 saya hanya ada 4 pin. Ini wiring diagram yang untuk mesin EW10A:

RFJ coil.png

Kayaknya pin 5 dan 6 itu ground, sementara pin 1 sampai 4 itu positif. Bener ga? :big_peace:


*nanti deh kalau ga males dicobain
kita tes si mbah rektor suruh baca, apa artinya. :big_grin:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7719
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by Omnibus »

marmut wrote: 06 Oct 2021, 11:57
Omnibus wrote: 06 Oct 2021, 11:15

btw ga usah dibelah2 segala. paling bentar lagi mbah taufiq eksperimen. tempel busi 4 biji ujungnya trus kasih trigger 12V lihat muncul spark bersamaan di 2 busi ngga. :mky_03:


hmm... neruga.
kita tunggu foto-foto hasil tesnya...
baru nonton ini 30 detik pertama udah sempoyongan pala ik. begitu deh kl ga punya wiiw wiiw wiiw

:big_weee:


Taufiq6210
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: 27 May 2019, 20:07

Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by Taufiq6210 »

MSU wrote: udah bukan pengguna PUG...cuma rada aneh kalo br shift di 2500rpm..krn yg versi tua aja menurut hayness shifting matiknya tergantung dr injakan pedal gas...kl ga salah ada light press & heavy press..
btw dulu PUG saya juga penyakit begini (405 XU9)...solved pas bersihin filter matiknya...ga ada salahnya dicoba
AL4 ada 3 posisi upshift om. Kalau light press di 1900 rpm, medium press di 2500 rpm, heavy press di 3500 rpm (tapi yang ini agak lupa, jarang saya pake soalnya).

Kalau di mobil saya malah matiknya udah pernah overhaul termasuk ganti filter juga, jadi ya harusnya bisa dibilang matik dalam keadaan baik.


Omnibus wrote: 06 Oct 2021, 16:16 baru nonton ini 30 detik pertama udah sempoyongan pala ik. begitu deh kl ga punya wiiw wiiw wiiw

:big_weee:
Itu mah mesin TU5 mbah, ini yang mesin EW10 (tapi di bodi 406) :big_weee: :
Post Reply