Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by ChZ »

Bonjour, tout le monde :mrgreen:

Yes, karena yang akan di review adalah mobil Perancis, maka intro harus ane buat dalam bahasa Perancis :mrgreen:

French? Oh yes!

Perkenankan ane me-review sebuah sedan dari benua Eropa...... a French Kiss... .errrr..... Car....

The New Peugeot 408 2.0 A/T :mky_02:

==============================
Intro

Setelah beberapa minggu yang lalu dealer Peugeot di Surabaya diserbu oleh 2 orang Yakuza : Mr. Fayenatics dan Mr. Yusaku, dan seketika membuat para KuSeMers penasaran.......

Maka hari rabu kemaren setelah TD Jazz GK, om sukribo langsung memberi ide, karena kebetulan dealer Pug dekat dengan Ahond :

"ke Pug yuk! siapa tau dapat TD."

Dan selesai lunch, mahakitteh mengarahkan layar kapal induk ke dealer Peugeot di Jl. Jemursari.

"Set Sail!" :big_smoking:

Sampai disana kami disambut oleh mas P, sales consultant, setelah mengagumi RCZ dan 107 yang berada di display, SSI ala Mahakitteh pun berlangsung :

MC : "ada TD apa aja nih pak?"
P : "408 dan *beep - no teaser*"
MC : "available?"
P : "masih dibawa keluar kota, ko kucing mau TD kapan biar saya jadwalkan?"
MC : "bro ChZ, om sukribo, mw kapan ne? Sabtu lagi?"
C : "Boleh sabtu"
S : "errr... sabtu ane roadtrip"

Dan dengan absennya om sukribo, hanya ane dan mahakitteh yang menyerbu dealer Pug pada hari Sabtu pagi. Dengan kekacauan traffic hari sabtu, perjalanan ke dealer Pug yang hanya sekitar 8km dari kost-an pun memakan waktu 20 menit. Damn!

Sampai ke Pug, Mahakitteh dan mas P sudah menunggu ane di dalam. Dengan unit TD sudah siap di luar :

sebuah Peugeot 408 2.0 A/T berwarna putih! :mky_02:

Image

Oh hello lady..... :cupss: what a very beautiful car.....

=============================
Peugeot?

Itu yang ada di benak saya mendengar nama merek yang cukup aneh dan sulit dieja ini.

Peujiet, Puzeo, Pyooozho, Puso(Fuso?), Pisiut, Pisut, Pingsut..... :big_slap:

Sebuah brand yang hampir tidak pernah kedengaran namanya...... Untungnya mereka berada di ATPM yang tepat (Astra group). Dan kebanyakan orang yang mengenal Peugeot adalah senior citizen....

Kakek saya dulu pernah miara Pug, dan papa saya pernah bercerita bagaimana itu Peugeot adalah mobil yang sangat nyaman dan menyenangkan di masanya.

anak muda nyaris tidak pernah mengerti eksistensi merek satu ini. Padahal salah satu produknya adalah hothatch yang mendapat pujian cukup baik dari our tame racing driver Stig a.k.a AD74YA : 208 GTi.

Saya ingat pertama kali saya lihat Peugeot di jalan adalah 206, sebuah hatchback kecil yang cukup sering terlihat di jalanan. Dan tentu saja sebuah proper sedan, 406, yang begitu anggun dan cantik di masanya. Even di masa sekarang masih terlihat cantik dibandingkan dengan beberapa sedan Jepangan seperti Honda Accord.

Dan ketika madcat memberi tugas ane untuk membuat reviewnya, i don't have any idea about this car. Yang saya tau mobil yang saya review ini adalah model yang sama dengan yang digunakan oleh salah satu perusahaan Taxi swasta di Semarang berinisial PK.

Image

Jujur, bahkan saya sebagai penduduk Semarang saja kaget ada perush taksi yang berani pake Peugeot. Dan lebih kaget lagi, dealer Peugeot di Semarang cukup besar, lebih besar dari di Surabaya. Wow!

Image

Apa jangan-jangan perusahaan taxi "PK" ini terinspirasi dari film T4XI yang menggunakan Peugeot 407? :shrug:

Image

Dan masalahnya, 408 bukanlah penerus 407 meskipun secara nomenclature "seharusnya" begitu.... tanya kenapa? nah disini saya mau mulai cerita.... biasa.... tak kenal maka tak sayang :mrgreen: silahken dinikmati dengan nyeduh kopi panas, karena ini akan panjang sekali, dan bacalah dengan elegan seperti style orang Perancis :mrgreen: , jouir!

408 yang sekarang adalah versi long-wheelbase saloon dari 308 HB. 408 diciptakan khusus untuk pasar China. Merupakan produk dari Dongfeng Peugeot-Citroen Automobile. 408 sendiri tidak diproduksi di Perancis, tapi di China, Argentina, Russia, Malaysia.

Dan dari platformnya juga, menggunakan PSA PF2 Platform, yang mempertegas bahwa 408 adalah saudara "sedan" dari 308.
Regular
2001–2008 Peugeot 307
2004-2010 Citroën C4
2007-2013 Peugeot 308
2009 Peugeot 3008
2009-2012 Citroën C4 Sedan (C-Quatre)
2010 Peugeot RCZ
2010 Citroën C4 II
2011 Citroën DS4
Extended
2002–2008 Peugeot 307 SW
2006-2013 Citroën C4 Picasso
2006-2013 Citroën C4 Sedan (C-Triomphe/Pallas)
2008 Citroën Berlingo
2008 Peugeot Partner
2008-2014 Peugeot 308 SW
2009 Peugeot 5008
2010 Peugeot 408
2011 Citroën DS5
2012 Citroën C4 II L
http://en.wikipedia.org/wiki/PSA_PF2_platform

Dan platform ini akhirnya di"blend" oleh PSA menjadi PSA EMP2 Platform untuk lineup 2013 keatas.

Saya yakin banyak dari anda yang akan skeptis begitu tau ini barang China....... Tenang saja, mesin dan gearbox tetap menggunakan sama seperti Peugeot series lain :mrgreen: dan bentuknya juga tidak se-mengerikan 207 sedan yang sama-sama produk China :mrgreen:

Image

Peugeot 408 yang hadir di Indonesia, berstatus CBU Malaysia. Memiliki option mesin 2.0L N/A PSA EW-Series dan 1.6L Prince Turbo berkode EP6CDTM.

FYI, mesin turbonya sendiri satu basis dengan BMW N13 series yang digunakan di 1-Series F20 dan MINI Cooper S, tapi di MINI berkode N18.

Dan semua mobil Peugeot di Indonesia memiliki mesin yang sama persis, EP6CDT-series 1.6L :mrgreen: baik dari 208 GTi, 308, 408, 508, 3008, 5008, dan.................................. RCZ :frm_bang_head: Di RCZ dan 208 GTi sendiri menggunakan EP6CDTX, Direct Injection and Twin Scroll Turbo.

Lalu, bagaimana nasib 407? Surprisingly, Peugeot mengeluarkan sebuah spesies baru yang merupakan penerus 2 lineup sekaligus. Yaitu..... Peugeot 508 :mky_02:

Image

508 adalah "blend" antara 407 dan 607. Jadi secara official baik 407 dan 607 discontinued, digantikan keduanya oleh 508. Sedan yang sangat cantik dan hampir membuat saya jatuh cinta...... sayangnya nggak ada unit TD.

Yang akan saya review adalah Peugeot 408 dengan mesin 2.0Liter EW10. Entry level yang dihargai 405juta Rupiah OTR. Dan ini adalah mesin EW10 terakhir karena Peugeot sudah tidak lagi memproduksi EW10 akibat standar emisi di Eropa. EW10 hanya berstandar Euro 4.

Reference :
http://en.wikipedia.org/wiki/Peugeot_408
http://en.wikipedia.org/wiki/Prince_engine
http://en.wikipedia.org/wiki/PSA_PF2_platform
http://en.wikipedia.org/wiki/PSA_EMP2_platform
http://en.wikipedia.org/wiki/PSA_EW/DW_engine
http://en.wikipedia.org/wiki/Peugeot_407
http://en.wikipedia.org/wiki/Peugeot_508
http://en.wikipedia.org/wiki/Peugeot_607

Okay, setelah kopinya habis, mari masuk ke review :mrgreen:

==============================
1. Exterior

1 kata yang bisa saya katakan ketika melihat Peugeot 408 : sangat cantik! Pertama kali saya liat di jalanan Semarang sebagai taxi, mobil ini sangat menarik, sekarang saya dikasih kesempatan untuk bercengkrama dengan salah satunya......

Image

ahhh madamme.... it's a pleasure to meet you :cupss:

Image

Bagian muncung mobil ini begitu iconic.... sangat mudah dikenali dari jarak 1KM pun kita bisa tau ini Peugeot! Aksen krum di bagian depan justru membuat mobil ini semakin cantik, bukan semakin norak seperti kebanyakan mobil Jepang. Justru aneh kalau tidak ada aksen krum nya, akan terlihat sangat polosan...... dan membosankan.

Image

Bahasa desain dari Peugeot ini seakan ingin menunjukkan bahwa tidak perlu tarikan garis lebay atau aksen berlebihan untuk membuat sebuah mobil cantik, yang anda perlukan hanya : Proporsi! Bagian samping belakang mobil ini cenderung plain, tapi justru itulah sumber kecantikannya.

Image

Yes! It's like a french lady on catwalk, very elegant :cupss: betul-betul seperti negara kelahiran brand ini yang merupakan negara yang sangat fashionable dan glamour.... :cupss:

Diliat dari manapun, proporsi dari Peugeot 408 ini terlihat sangat pas. Berbeda dengan Honda New Civic yang ekornya terlalu pendek, atau Toyota New Altis yang justru stoplampnya nggak sesuai dengan proporsi badannya, atau Subaru Impreza yang stoplampnya kecil sampai dari jarak 100 meter kita bisa mengira mobil ini adalah Honda City.

Proporsi badan yang ideal ini membuat saya teringat dengan Honda Civic FD1, sangat pas, sangat cantik, sangat elegan, dan sangat proporsional. It's not about how much curves in your body, how much chrome you got, it's all about proportion! :big_smoking:

Sayangnya unit kami bodinya dalam keadaan kurang baik, karena sering dibawa keluar kota :

Image

Saking cantiknya, sampai mata saya tidak bisa berhenti memandangi setiap detail dari 408, seperti waktu saya nongkrong di KJ kampus utama UK Petra dan memandangi seorang nonik semampai berseragam alias mahasiswa perhotelan........... :cupss:

Tentu saja, beberapa detail yang tidak terpikirkan oleh pabrikan Jepang manapun.

Image

Bagian underbody, tidak dicat. Berguna supaya cat tidak tergores terkena stone chips.
*walau begitu tetep aja itu ada bagian cat yang terkelupas.... damn! :frm_bang_head:

Image

Sein spion diletakkan di bawah, sangat unik, dan tidak mengganggu desain spion secara keseluruhan.

Image

Bagian underbody belakang diberi aksen hitam supaya tidak terlalu tawar.... dan sengaja dibiarkan exposed :off_good_job:

Kekurangan satu-satunya di exterior adalah :

Image

Velg yang desainnya hambar :off_no: walaupun dibalut dengan Continental MAXXContact berukuran 215/50/17. Terlihat hambar, velg yang 1.6Turbo lebih baik dengan polish finishing.

Image

Overall, apakah saya menyukai exteriornya?
To be honest, if this car was a lady, i'll marry her immediately! This car gives me lovestruck! Every detail on its body, kecantikan ala french lady yang betul-betul menggoda iman..... :cupss: dan membuat sedan Jepang manapun juga terlihat outdated dan lebay.

Exterior : 9/10

==============================
2. Interior

Beralih ke bagian dalam, jujur saja interiornya tidak terlalu menarik secara desain. Walaupun buat saya masih waaaaaay better daripada New Civic.

Image

Image

Dashboard soft pad dengan bahan yang lembut, yang dimana membuat dashboard New Focus saja akan terasa murahan. Peugeot betul-betul luar biasa soal detail. Ingat, harga sedan ini 405juta! Harga yang cukup mengejutkan untuk mobil dengan detail sebagus ini.

Image

Dan simple-ness dashboard ini secara subjektif buat saya lebih menyenangkan. Triple air-vent mengingatkan pada Mazda. Meskipun jujur itu HU sangat mengganggu sekali, warna silvernya terlalu terkesan murahan.

Image

Image

Clusternya tidak terlalu menggugah. Tidak se-menarik Honda Civic dengan multiplex meter yang terkesan futuristik. Di sisi lain cluster di 408 malah terkesan terlalu sederhana, malah ketika nyala saya teringat dengan Suzuki SX4 pre-FL.

Image

Layar di tengah ini juga berfungsi sebagai MID. Fungsi MID bisa dilakukan via tombol di tuas wiper. Unik dan membingungkan :shrug:

Image

Doortrimnya hmmm.... cukup sederhana. Bahan cukup berkualitas. Dan keempat power-window nya sudah auto! Tentu jadi sebuah nilai tambah. Even Camry dan Accord saja cuma driver yang auto.

Overall apakah saya suka interiornya?
Jujur, interiornya tidak se-menggugah exteriornya. Beberapa fungsi tombol malah terlalu complicated, seperti bisa volume audio via tuas di kolom setir, alih-alih menggunakan tombol setir :frm_bang_head: Tapi dengan harga segini kualitas buatan yang ditawarkan begitu baik. Jadi ya...... bisa dimaklumi.... :shrug:

Overall Score : 7.5/10

================================
3. Accomodation

Untuk sedan, akomodasi cukup penting. Dan Peugeot 408 menawarkan akomodasi yang cukup baik dibanding rival - rival seharganya.

Image

Row 2 bisa dibilang sangat luas untuk mobil sekelasnya, dan terdapat rear passenger airvent..... hmmm.... triple airvent di belakang dan rear passenger airvent? Rasanya siapapun nggak akan protes soal ACnya di siang hari.... kecuali kompresornya rusak.

Image

Boot space yang bisa ngangkut 3 mayat sekaligus. Plus baris kedua jika terlalu overrated bagi anda, bisa difungsikan sebagai kargo tambahan. Bisa rata lantai! Urusan akomodasi rasanya 408 paling juara di antara rivalnya.

Nggak heran juga kalo mobil ini jadi taxi di Semarang..... :mky_03:

Dan beberapa detail yang (lagi-lagi) membuat saya terkagum-kagum.

Image

Mekanisme bukaan bagasinya berbeda dengan mobil-mobil biasanya.

Image

Segitiga pengaman yang dipasang rapi. :off_good_job:

Overall Score : 8/10.

==============================
4. Driving Impression

Saking terlalu excited nya, saya lupa ambil foto ruang mesin :frm_bang_head:

Mesin EW10 ini sendiri outputnya nggak terlalu spesial untuk 2000cc. 145hp dan 200Nm. Honda Civic 2.0 memiliki output 155hp/190Nm. But wait..... 200Nm di 408 ini mencapai puncak torsi di RPM relatif rendah, 4000RPM, which is good. Honda Civic 2.0 190Nm di 4300RPM alias lebih tinggi, dan 155hp di 6500RPM. Peugeot 408 hanya 145hp tapi diraih di 6000RPM.

Dipadu dengan transmisi otomatik 4-speed..... well, di awal saya cukup skeptis karena speknya sangat biasa, saya berharap yang saya TD adalah tipe 1.6 Turbo yang lebih lengkap.

tapi bicara teknikal rasanya salah tempat kalo di Peugeot. Okay, let the car speaks for itself.

Image

Image

Kunci menggunakan model jack-knife key. Saya start enjin, suara terdengar halus. Posisi duduk cukup nyaman, setir besar sekali diameternya, saya sampe bingung apa posisi duduk saya yang salah, setelah ngatur-ngatur, fix, setirnya yang terlalu besar!

Keluar dealer, saya arahkan mobil langsung ke jalan dengan cukup santai..... dan.... whoaa...! Di luar skeptisme saya, torsi bawahnya cukup kuat! Ahhh.... saya mulai positif dengan mobil ini.... saya jalankan lebih lanjut, cruise santai hingga ketemu putar balik.

Begitu jalanan sedikit kosong, saya full throttle langsung, respon transmisi 4-speed nya cukup cekatan, dan mesin langsung meraung dengan engine note yang menggugah...... :big_chicken: Damn! Ini Peugeot kan? Ini bukan Honda kan? Saya nggak salah masuk mobil kan?

nguoooOOOOOOOONGGGG....... *DEP* (gearshift).... NGOOOOOOOOOOOOONGGGGGGG.....!!!!

This engine note reminds me of my CR-V's K24Z1 Engine, malah terasa suara engine di 408 ini jauh-jauh-jauh lebih garing dan menyenangkan di kuping. Plus suara "DEP" waktu shiftingnya itu..... Benar-benar diluar ekspektasi :mky_02: This car is really goddamned crazy!

Ketemu lampu merah, dan kebetulan saya berada di barisan paling depan.......... hmmmmm..... let's start the race, fellas! Begitu lampu hijau, saya langsung injak gas dalam-dalam dan............. *CKITTT*......... :big_chicken:

Hell, crazy indeed, this french lady has some muscles..... :mky_02: dan FYI, 408 2.0 tidak dilengkapi dengan ESP, ya pantes aja galak begitu :big_slap:

Karakter enjin mobil ini cenderung ke mid-rev. low rev sedikit tertahan, high-rev sedikit asmatic, tapi tidak se-asmatic Mazda8. Dan sebaliknya juga, low-rev nya tidak sekuat Mazda8 tentu saja.

Yang menarik, ketika kita melepas gas membiarkan mobil gelinding, jarum tachometer tidak akan turun selama 3 detik, alias ditahan di posisi terakhir, seakan memberikan kesempatan kepada driver untuk bejek gas lagi dengan menahan rev enjin.

Stopping power pun cukup baik meskipun sedikit ada efek "gempa bumi", tapi tidak separah di SX4 tentu saja.

Ketemu tikungan, saya coba menikung agak kejam, hmmmm.... bodyroll minim, tapi steering response tidak setajam Civic FD atau FB. Yah sekali lagi 408 memang lebih cocok dikemudikan halus, walaupun enjin notenya sangat menggugah.....

Mobil ini, seperti seorang french lady yang atletis.... tapi tetap ingin diperlakukan dengan halus. Okay, i got you, madamme.... :cupss:

Yang membuat saya surprised bukan hanya enjin notenya saja..... tapi ride nya! Seperti madcat bilang sebelum saya menjalankan mobil, ketika kita sudah berada di dalam Peugeot, rasanya sulit mau kembali ke mobil lain. Dan itu terbukti!

Di sisi ride quality, kenyamanan 408 begitu superb! :off_good_job: melewati jalanan bergelombang di Jemursari pun tidak terasa, bahkan madcat yang duduk di belakang tidak protes ketika saya bawa mobil agak kencang melewati gundukan. Kualitas damping di 408 sangat-sangat superb!

Even sedan besar seperti Accord atau Camry tidak mampu menandingi kualitas damping sedan 400juta ini. Saya rasa, bantingan 408 cukup layak untuk diadu dengan Nissan Teana. Sangat nyaman sekali.

Bagi saya inilah perpaduan kenyamanan dan pengendalian yang pas, bicara steering dan sportness di sebuah Peugeot rasanya salah orientasi, jadi bisa saya maklumi. Kecuali ini RCZ atau 208 GTi, baru nggak akan saya maafkan dan pasti menurunkan nilai sangat drastis.

Oh well..... there you go lady.... :cupss:

Well.... Am I impressed?
Yes, quite impressed. This lady got guts, in the other side, it still wants to be treated like a proper French lady. What a car! :cupss: I'm in love with this car :cupss:

Overall Score : 8/10

==============================
5. Verdict

Peugeot 408... it's all you want from a car.

The energetic engine note, the superb ride quality, the superb build quality, with a price of brand new Honda Civic. What else do you want?

Mobil yang sangat nyaman dan sensible untuk dipakai sehari-hari, dengan size tidak terlalu besar dan easy to drive, dan kenyamanan tanpa harus mengorbankan handling. Saya bahkan tadi ngomong sama sales consultant yang menemani kami :

"kalo yang pegang duit saya, udah saya SPK di tempat!"

Seriously. I mean it. Untuk daily drive, 408 sangat menjanjikan.

Dan tentu saja.... tampilan yang membuat anda terasa eksklusif. European clean looks, exclusiveness. Bayangkan bisa terlihat eksklusif dengan mobil yang harganya "cuma" 400juta? Lebih eksklusif daripada Honda Accord yang harganya nyaris 600juta.

405juta.... masih diskon 20juta.... masih bisa pengajuan.... free service & spare parts hingga 5 taun. What could be better?

Dan saya pribadi prefer warna putih.... karena warna hitam di Semarang dipake oleh taxi, bisa-bisa disangka supir taxi saya :frm_bang_head: masalahnya, stock sisa hanya warna hitam :frm_bang_head:

Masalah terbesar kedua adalah harga jual. Peugeot cenderung merek yang "kurang dikenal", harga jualnya ancur seancur-ancurnya. Padahal secara ASS Peugeot cukup baik, sekali lagi karena berada di bawah grup Astra yang managementnya profesional.

Dan rasanya, nanti ketika pulang kampung, yang pertama saya cari adalah taxi Peugeot.

============================================

Sekian review saya, enjoy reading! :mky_02:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: 22 May 2014, 10:38

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by montirangin »

mantep om..numpang baca dulu :)
jason28
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 645
Joined: 31 Dec 2013, 11:38

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by jason28 »

Nice review kak Chris :mky_02:
Cm model dash tengah yg ane kurang suka :big_slap:
Last edited by jason28 on 13 Sep 2014, 16:52, edited 1 time in total.
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: 31 Dec 2012, 12:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by amfibi »

Peugeot membuat shocknya sendiri, bukan pake brand lain,dan udah ditest agar bisa senyaman mungkin, makanya enak2 bantingannya :mky_03:

Gini donk kalo bikin repiu, lebih nyantai g nyolot :mky_02:
User avatar
jar-jit-no
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: 29 Nov 2012, 12:58
Location: Malang city

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by jar-jit-no »

nice repiu om chris :mky_02:

bener2 cantik yak..even bersanding ama old 406 pun dua2 nya masih keliatan cantik

err..tapi ini bukan "penerus" 406 ya? :big_think:

jadi ini penerus 307sw gitu? or called 307 sedan? :big_think:
4A91 4at - Slow Driver
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: 31 Dec 2012, 12:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by amfibi »

jar-jit-no wrote:nice repiu om chris :mky_02:

bener2 cantik yak..even bersanding ama old 406 pun dua2 nya masih keliatan cantik

err..tapi ini bukan "penerus" 406 ya? :big_think:

jadi ini penerus 307sw gitu? or called 307 sedan? :big_think:
Bantu jawab, ini ceritanya 308 versi sedan om, masuknya kelas compact sedan... Bukan penerus 406 407 yg mid sedan :D

Sedangkan 406 & 407 diteruskan jadi 508 sekarang :mky_01:
User avatar
WongZo
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: 17 Dec 2013, 22:06
Location: Bandung

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by WongZo »

Wah mobil cakep nih, ane baru tw ada 408, kirain ane mentok 407. Desainnya muncungnya cakep, sayang belakangnya agak plain dan tulisan peugeotnya bikin norak (IMHO).
Ane jg pertama kali tau pug dri 206, trus ane coba 1 taunan yg lalu, dan lsng jatuh cinta, lebih mantep dri yasir atau jazz :big_cat: .
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: 28 Aug 2008, 17:32

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by evolution21 »

ga nyangka ni mobil dapet puijan setinggi ini
jd timbul rasa penasaran...
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: 29 Nov 2012, 15:52
Location: Surabaya

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by madcat015 »

Nice ripiu bro ChZ! :mky_02:


Sekali2 kita ripiu mobil underdoq ya bro... dan jujur, eksterior Pug 408 ini masih kurang "striking" bagi ane... kurang agresif...

Interior khas eropa... menyenangkan, simple... meski ane setuju: center dash berwarna silver itu ga sesuai dengan desainnya. cheapish malah. :big_slap:

Tetapi, begitu di jalan... ciyus, pergantian gear berjalan dgn begitu mekanis dan sekseeehhh...

Enjin revved up, lalu "DEP!", sangat menyenangkan. sayang nya hanya 4AT. Minus 1 gear untuk proper car menurut ane, tetapi tertutupi karakter transmisi yang unik sekali.

Dan creme de la creme dari Pug: ride quality benar2 luar biasa... suspensi lembut, damping dan travel suspensi benar2 mantab, tidak berlebihan dan tidak memantul...

ce qu'est une voiture! :mky_02:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by ChZ »

jason28 wrote:Nice review kak Chris :mky_02:
Cm model dash tengah yg ane kurang suka :big_slap:
thank you bro jason :mky_02:

betul, dash tengah yang jelek itu bener bener kacau.... untungnya material dashnya top notch. dan untuk harga segini..... layak lah daripada that goddamned Civic FB.... :big_slap:
amfibi wrote:Peugeot membuat shocknya sendiri, bukan pake brand lain,dan udah ditest agar bisa senyaman mungkin, makanya enak2 bantingannya :mky_03:

Gini donk kalo bikin repiu, lebih nyantai g nyolot :mky_02:
yez... that's why bantingan sangat nyaman dan handling kagak kacrut.... just one perfect balance for a daily car.

ga nyolot? :big_chicken: ane hanya berusaha nulis sesuai kebiasaan : yang bagus ane puji, dan yang jelek ane hujat.

and surprisingly, this Pug really worthy of my praise. betul-betul di luar ekspektasi dan menjawab skeptisme ane tentang enjin dan transmisi yang terkesan "biasa-biasa aja"
jar-jit-no wrote:nice repiu om chris :mky_02:

bener2 cantik yak..even bersanding ama old 406 pun dua2 nya masih keliatan cantik

err..tapi ini bukan "penerus" 406 ya? :big_think:

jadi ini penerus 307sw gitu? or called 307 sedan? :big_think:
thank you oom jarjit :mky_02:

406, somehow people said : "that's how a car should be".... dan untungnya 408 yang ukurannya "mengecil" juga defines what a car should be.

nope, 408 adalah versi sedan-nya 308 HB. Peugeot 4-series ukurannya mengecil, sementara itu penerus resmi dari 407 dan 607 adalah 508. One of the most beautiful sedan i've ever seen in my life. Sayang sekali yang masuk cuma 1.6T dan nggak ada unit TD :big_childish:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by ChZ »

WongZo wrote:Wah mobil cakep nih, ane baru tw ada 408, kirain ane mentok 407. Desainnya muncungnya cakep, sayang belakangnya agak plain dan tulisan peugeotnya bikin norak (IMHO).
Ane jg pertama kali tau pug dri 206, trus ane coba 1 taunan yg lalu, dan lsng jatuh cinta, lebih mantep dri yasir atau jazz :big_cat: .
4-series sebenernya "officially" discontinued di 407. tapi diteruskan oleh 508. 508 sendiri adalah blend dari 407 dan 607
Sementara 408 sekarang adalah 308 sedan. ya kayak BMW 3-series dan 4-series gitu, beda model doang.

206 itu pertama ane lihat bener-bener unik modelnya, walaupun gak masuk selera. tapi begitu liat 406...... proporsinya betul-betul pas. cantik sekali itu mobil sampe sekarang bahkan. Belom pernah kesampean untuk TD itu mobil. Konon 406 adalah sedan yang terbaik di segala aspek pada zamannya.
evolution21 wrote:ga nyangka ni mobil dapet puijan setinggi ini
jd timbul rasa penasaran...
hohoho you must try this one french lady, oom evo.

Betul-betul a car worthy of praise. Seriously.
madcat015 wrote:Nice ripiu bro ChZ! :mky_02:


Sekali2 kita ripiu mobil underdoq ya bro... dan jujur, eksterior Pug 408 ini masih kurang "striking" bagi ane... kurang agresif...

Interior khas eropa... menyenangkan, simple... meski ane setuju: center dash berwarna silver itu ga sesuai dengan desainnya. cheapish malah. :big_slap:

Tetapi, begitu di jalan... ciyus, pergantian gear berjalan dgn begitu mekanis dan sekseeehhh...

Enjin revved up, lalu "DEP!", sangat menyenangkan. sayang nya hanya 4AT. Minus 1 gear untuk proper car menurut ane, tetapi tertutupi karakter transmisi yang unik sekali.

Dan creme de la creme dari Pug: ride quality benar2 luar biasa... suspensi lembut, damping dan travel suspensi benar2 mantab, tidak berlebihan dan tidak memantul...

ce qu'est une voiture! :mky_02:
ahhh mahakitteh :mky_02:

yez, 408 memang kurang striking, tapi justru karena proporsinya yang pas ini bikin mobil ini terlihat simpel dan timeless.

center dash nya adooh :big_slap: tapi ketika nyentuh bahan dashboardnya, even Ford Focus berasa kemahalan.

yez, yang benar-benar mengejutkan adalah karakter enjin dan transmisinya :mky_02: awalnya ane skeptis karena kita nggak dapet yang 1.6 Turbo, udah berpikir mobil ini bakal terkesan "biasa biasa aja".....

ternyata melebihi ekspektasi, enjin note menyenangkan, dan suara waktu shifting.... "DEP!"

nah untuk kenyamanan ane sampe punya catatan tersendiri, this is what real comfort should be. kalo sudah naik Pug, mobil Jepang mau senyaman apapun akan terasa sangat keras.

Kalau kita nyetir Jag XJ, akan sangat wajar bilang mobil itu nyaman karena harganya aja 3eM-ber. tapi ini mobil 400JUTA! Seriously, even Toyota Camry dan Toyota Harrier terasa memabukkan setelah nyetir Pug 408.

Dan ketika dicoba menikung bodyroll minim dan walaupun steering agak dudul dan diameternya yang terlalu besar, not really a problem though.

Karena selama ini skeptisme ane, mobil harga 400-500juta nggak ada yang bener-bener nyaman. antara cenderung firm untuk kompensasi ke handling seperti Accord atau malah long travel seperti Batu makam dan Camry.

ce qu'est une voiture!

ane tunggu repiu ente buat unit satunya lagi :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by VanzMatic »

:mky_02: :mky_02: :mky_02:
belle revue! :mky_02: :mky_02:

Yap, saya juga rada menyayangkan centre dash nya kok jadi merasa seperti melihat mobil jepangan? :big_bored:

Tapi saya suka eksteriornya...Karena saya suka dengan mobil yang ngga menyaru eksteriornya dengan mobil lain.

I think...i'm in love with this nice french lady... :big_love:

Keep writing, bro Ch_Z.. :big_exellent: :big_exellent:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: 29 Nov 2012, 15:52
Location: Surabaya

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by madcat015 »

Spoiler untuk ripiu ane *masih dinas di luar kota, belum sempat bikin*

Image



:ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by ChZ »

VanzMatic wrote::mky_02: :mky_02: :mky_02:
belle revue! :mky_02: :mky_02:

Yap, saya juga rada menyayangkan centre dash nya kok jadi merasa seperti melihat mobil jepangan? :big_bored:

Tapi saya suka eksteriornya...Karena saya suka dengan mobil yang ngga menyaru eksteriornya dengan mobil lain.

I think...i'm in love with this nice french lady... :big_love:

Keep writing, bro Ch_Z.. :big_exellent: :big_exellent:
ahh... merci beaucoup, oom VM :mky_02:

makanya oom, dari luar sih cantik, interiornya not very nice to look.

ketika bicara french ladies.... errr... cars.... it's all about beauty :mky_02: i'm also in love :big_love:
madcat015 wrote:Spoiler untuk ripiu ane *masih dinas di luar kota, belum sempat bikin*

Image



:ngacir:
Image

:ngacir: :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3688
Joined: 03 Jul 2014, 08:13

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by sandal »

Sial gak bisa ikut ente berdua :big_slap: :big_slap:
Btw nice report bro chz :mky_02:
Perancis emang bagus untuk buat eksteriornya :big_blushing:
Tapi kalo udah minang mobil ini, masalah terbesar adalah ketahanan mesinnya :ungg:
Btw untuk konsumsi BBMnya brp kira2 bro chz?
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by maastricht889 »

Good review bro ChZ :off_good_job:

Ane di semarang kadang" suka pake taxi pug satu ini. Bantingan, softpad segambreng, karakter tranny yang ane suka.
1 hal yang paling ane suka kalo naik 408: mencet" softpadnya :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by ChZ »

sandal wrote:Sial gak bisa ikut ente berdua :big_slap: :big_slap:
Btw nice report bro chz :mky_02:
Perancis emang bagus untuk buat eksteriornya :big_blushing:
Tapi kalo udah minang mobil ini, masalah terbesar adalah ketahanan mesinnya :ungg:
Btw untuk konsumsi BBMnya brp kira2 bro chz?
thank you bro sandal. :mky_02:

sangat. sangat cantik. saya yakin kalo dijejerin sama New Civic atau New Altis, kebanting itu dua.

nah, karena penggunanya sedikit tentu belom ketauan reliability reportnya. Tapi kalo reliability nya buruk, masa iya taksi mau pake? dan untuk mesin bensin I4 Naturally Aspirated biasa, rasanya reliability bukan masalah.

EW10A di 408 ini adalah tipe paling basic dari EW10 family. no GDI, don't have any advanced technology, ane rasa cukup tahan banting, dan mungkin sekali bisa isi premium. walaupun sayang kalo 408 diisi premium, seperti memberi makan nasi kucing kepada seorang french lady....

FC, ane perkirakan standar lah ya mesin 2000cc N/A, transmisinya juga 4-speed biasa. what do you expect?
erwinign wrote:Good review bro ChZ :off_good_job:

Ane di semarang kadang" suka pake taxi pug satu ini. Bantingan, softpad segambreng, karakter tranny yang ane suka.
1 hal yang paling ane suka kalo naik 408: mencet" softpadnya :big_biglaugh:
thank you oom :mky_02:

seriously, nanti pulkam ane harus coba salah satu taxi ini. ane bener-bener terbuai dengan kenyamanannya.
Last edited by ChZ on 13 Sep 2014, 22:14, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
axala
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2160
Joined: 16 Dec 2013, 07:24
Location: Indonesia

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by axala »

:big_chicken:

For the first time in forever....review ente menyentuh sukma dari semua review yg pernah terbit dr id ChZ :big_chicken:

Kenapa ya mesin pug :big_cry: selalu sensi dah ama bbm sini....pertamax ane yakin juga gaterima kudu 95 :ungg:

untung yg NA...bukan yg turbo :mky_03: kira2 kalo taksi di semarang ngisi apa ya :mky_03:

French lady...like 308....truly beautiful when i see de ass :upss:

Dat ass....:ungg:
Last edited by axala on 13 Sep 2014, 22:20, edited 1 time in total.
Pursuit of Perfection
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by VanzMatic »

axala wrote::big_chicken:

For the first time in forever....review ente menyentuh sukma dari semua review yg pernah terbit dr id ChZ :big_chicken:

Kenapa harus turbo :big_cry: sensi dah ama bbm sini....pertamax ane yakin juga gaterima kudu 95 :ungg:
Bawa ke gue, gue kasi jampi jampi ramuan panoramix, tapi gue yang nyetir yak, biar ngefek.... :big_grin:
Waaakakakakakakak....
:big_biglaugh:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
axala
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2160
Joined: 16 Dec 2013, 07:24
Location: Indonesia

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by axala »

Ane ga ngefek ama ramuan :big_cry:
Pursuit of Perfection
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3688
Joined: 03 Jul 2014, 08:13

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by sandal »

axala wrote::big_chicken:

For the first time in forever....review ente menyentuh sukma dari semua review yg pernah terbit dr id ChZ :big_chicken:

Kenapa harus turbo :big_cry: sensi dah ama bbm sini....pertamax ane yakin juga gaterima kudu 95 :ungg:
Puk-puk :big_comfort:
Ane jg kok bro axala :big_slap:
Harusnya pertamina nyediain Pertamax Plus 2 (Oktan 98)
:ngacir:
VanzMatic wrote:
axala wrote::big_chicken:

For the first time in forever....review ente menyentuh sukma dari semua review yg pernah terbit dr id ChZ :big_chicken:

Kenapa harus turbo :big_cry: sensi dah ama bbm sini....pertamax ane yakin juga gaterima kudu 95 :ungg:

Bawa ke gue, gue kasi jampi jampi ramuan panoramix, tapi gue yang nyetir yak, biar ngefek.... :big_grin:
Waaakakakakakakak....
:big_biglaugh:
Wih, masternya udah datang nih
:ngacir: :ngacir:
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by ChZ »

axala wrote::big_chicken:

For the first time in forever....review ente menyentuh sukma dari semua review yg pernah terbit dr id ChZ :big_chicken:

Kenapa harus turbo :big_cry: sensi dah ama bbm sini....pertamax ane yakin juga gaterima kudu 95 :ungg:
i'm just try making review as always.... memuji apa yang layak dipuji dan menghujat apa yang layak dihujat.

and for the first time in french car..... mobil ini bener-bener melebihi ekspektasi. kalo di J32 Teana nyamannya top notch ane merasa itu suatu kewajiban. oh, mobil ini punya wheelbase panjang dan travel suspensi panjang, comfort is a must.

Tapi untuk sebuah Pug 408 yang lawannya adalah Honda Civic, kenyamanan terkadang overrated, sedan kelas ini cenderung ke sport-ness. dan kenyamanan superb di Pug 408 bener-bener mematahkan stigma itu. Handling baik dengan suspensi nyaman.

Pertama kali dalam hidup ane bisa memaklumi steering yang agak lemot di sebuah mobil sedan. because this car behaves like a proper french lady.

enjin EP6CDTM 1.6Liter Turbocharged rasanya nggak sensi-sensi amat ah. Paling juga kayak TSI di VW, 95 masih masuk. ini bukan Subaru STI oi, yang wajib RON98 apapun alasannya. Dan mungkin, itu alasan kenapa Pug cuma masukin 1.6Liter EP6CDT-series. termasuk RCZ dan 208 GTi.

Selain untuk mempermudah pesanan parts, juga lebih friendly sama BBM kali ya. Inget, Pug di bawah Astra Group yang managementnya cukup baik.

but seriously, i'm better buying the 2.0L N/A. Raw powernya lebih menyenangkan.....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
axala
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2160
Joined: 16 Dec 2013, 07:24
Location: Indonesia

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by axala »

Makanya ane juga lebih seneng ama 2.0 biarpun bukan top of the line :mky_03:

Dan ane rasa lebih mudah n reliable 2.0 4at :mky_03:

Beda ya ama T32 yg top of the line mesin biasa sementara 2.0 direct injection

kira2 ane penasaran ama elektrikal prancis yg baru2....sama kira2 2.0 ini ama pertamax biasa aja kah


ato bensin kuning :ngacir:
Pursuit of Perfection
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: 31 Dec 2012, 12:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by amfibi »

Tapi kebanyakan menghujat & menghujat ga enak dibaca lho,,, enakan gini aja simple & enak bacanya :mky_02:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by ChZ »

axala wrote:Makanya ane juga lebih seneng ama 2.0 biarpun bukan top of the line :mky_03:

Dan ane rasa lebih mudah n reliable 2.0 4at :mky_03:

Beda ya ama T32 yg top of the line mesin biasa sementara 2.0 direct injection

kira2 ane penasaran ama elektrikal prancis yg baru2....sama kira2 2.0 ini ama pertamax biasa aja kah


ato bensin kuning :ngacir:
elektrikal? rasanya di 408 2.0Liter nggak ada electrical yang complicated. mobil ini nyaris gimmickless lho.

seperti yang ane sebutkan di atas, EW10A adalah versi paling standar dari EW10 Family. nggak GDI, nggak high performance lineup. Ya pertanyaan ente sama jawabannya kayak : "apakah Civic 2.0 boleh diisi premium?".... tentu saja boleh tapi tidak direkomendasikan.

Unit TD ane tadi pakai Pertamax 92 biasa btw.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post