Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by ChZ »

Good_boy86 wrote:@chz..
Gila. 508 sudah tembus 750jt ?
Mahal banget ya... Padahal kalo main di kelas 550jt an, masih bisa bersaing sama accord dan camry tuh..
Tp memang 508 ini masi cbu perancis ya? Kalo yg 207 dan 408 sudah cbu malaysia makanya bisa murah.

Taun 2011 saya sempet rekondisi 406 d8. Tp cuma rekondisi kaki2, habis 10jt dan detailing. Sudah sangat nyaman dan mengkilap seperti mobil baru. Beli tgn 1 dr taun 97, sampai skrg masih 65-70rb km. Full orisinil cat.
whuih thank you oom goodboy :mky_02:

iya 508 udah 750juta. sepertinya kalo 508 masih CBU French. bijimanepun price tag 750juta ini berada di rentang harga antara 2 kelas : Japanese mid-saloon (500-600juta - Accord,Camry dkk) dan Germany mid-saloon (900-1,5eMber - 5series, EKlasse dkk).

buat saya Price tag Peugeot yang paling masuk akal ya cuma 408 karena udah CBU Malaysia, lalu 208 GTi karena kita dapet salah satu hothatch terbaik dan eksklusivitas dengan harga 680juta (7 unit se indonesia bok!). yang lainnya rasanya terlalu mahal. apalagi enjin cuma 1 option : 1.6L Prince Turbo.

wowh oom goodboy punya 406? bawa ke KuSeM yak oom lain kali.... damn i'm so in love with that sedan :big_love:
glendotan wrote:Nice review om Chz!
Menarik sekali ya Pug 408 ini..kapan lagi ngrasain sedan eropa yang nyaman, harga reasonable, dan free service 5 th very2 good bargain.... asal jgn mikir resale value ajah.

Perihal interior, pengalaman di 206 temen Memang kualitas pug ini bagus, tp klo sdh pakai lama rata2 pada keras dan akhirnya pecah.
menarik? hoho, sangat menarik buat saya. apalagi kalo ada duit fresh cash 400juta di tangan saya waktu itu, langsung saya SPK!

nah, Pug generasi lawas, somehow memang banyak penyakit. karena nggak disesuaikan dengan iklim sini. masalah terbesar adalah overheating, old Pugs bener-bener rentan demam tinggi kena iklim Indonesia. :frm_bang_head:
slapnuts wrote:
ga tahan lama? ga salah om?
IMHO model mobil-mobil eropa seperti ini justru yang timeless (subyektif)
Desain sedan eropa kebanyakan memiliki bonet panjang, kabin proporsional, bagasi pas, begitu cantik dilihat mata. Pun dengan tarikan garis samping yang tidak terlalu neko-neko. Tengok saja F30, W204, 408, A4 walau ukuran compact sedan tapi tetap sedap dipandang mata. Berbeda dengan compact sedan jepangan, let's say Civic FB, desain dari samping bagaikan mangkok dibalik (bonet pendek, pilar A terlalu landar, bagasi pendek) :big_peace: City Aria, Mazda2 Sedan apalagi :big_biglaugh:
betuuuul.... desain mobil eropa justru rata-rata timeless. :mky_02:

dan juga harus diingat lifetime mobil Eropa 7-8 taun, desainer mereka harus berpikir untuk bikin desain yang long-lasting dan menembus jaman.

salah satunya Chris Bangle, BMW racikan desain Bangle banyak dihujat karena desainnya yang aneh pada masanya. Itu karena masyarakat belum terbiasa. sedangkan Bangle orangnya visioner, membuat desain yang long-lasting hingga 10-15 taun kedepan.

the so-called "Bangle-butt" justru terlihat relevan dengan jaman sekarang. Lihat saja E60 5series dan E90 3series, justru makin lama keliatan makin cantik, bukan makin menua seperti kebanyakan mobil Jepang. coba saja sebelahin E60 dengan F10, atau E90 dengan F30, nggak akan keliatan menua itu E60 dan E90.

bandingin sama jejerin Honda Civic ES dan FD, atau 9th gen Altis dengan 10th gen Altis, kebanting itu yang jadul.

sisa peninggalan desain Bangle yang sekarang hanya di Seri-7 F01.
v63000 wrote:Nice review om CHZ :mky_02: :mky_02: oh jadi ini bukan penerusnya 406 ?? tapi yang meneruskan 508 :big_think: :big_think:
kalo 408 aja segitu hebatnya jadi penasaran apalagi 508 :mky_02: :mky_02: minta req review 508 juga dong kalo sempat :mky_01: :mky_01:
dulu sempet pengen ambil Pug 406 tapi ngeri ass dan konon suka overheat :big_childish: :big_childish:
thank you oom V63000 :mky_02:

bukan oom, lebih tepatnya mungkin ini disebut 308 Sedan, karena memang ini versi sedan dari 308 hatchback. entah kenapa nomenclature nya dirubah :shrug:

nah, ane juga penasaran 508, tapi sales consultant kemaren bilang "508 nggak ada unit TD" :big_slap: padahal.... damn.... ane suka banget bentuknya 508!

ngerawat Pug memang harus sangat telaten.... dan tentu saja harus bergaul sama komunitasnya buat dapetin tips n trick ngerawat old Pugs. Overheating, yes, masalah utama Pug taun tua. :big_childish:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Good_boy86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: 02 Sep 2006, 00:51
Location: sby

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by Good_boy86 »

@chz.

406 d8 dulu punya kakek.. Tp sudah diwariskan. Kmrn cuma bantu beresin kaki2 aja.
Nanti kalo pug nya di surabaya, saya pinjemkan deh di sodara..
Kondisi mesin sehat walafiat, cuma kopling nya aja yg keras luar binasa.
Abis bawa pug, bawa innova serasa ga pake kopling
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by ChZ »

Good_boy86 wrote:@chz.

406 d8 dulu punya kakek.. Tp sudah diwariskan. Kmrn cuma bantu beresin kaki2 aja.
Nanti kalo pug nya di surabaya, saya pinjemkan deh di sodara..
Kondisi mesin sehat walafiat, cuma kopling nya aja yg keras luar binasa.
Abis bawa pug, bawa innova serasa ga pake kopling
whuih ditunggu sekali oom goodboy..... :big_love:

untuk di ripiu... penting sekali ada ripiu mobil sedan legendaris seperti ini :big_love:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
dream_theater
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: 03 Dec 2009, 09:31
Location: Semarang
Daily Vehicle: Xpander exceed AT

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by dream_theater »

Awesome review om Chris... :big_exellent:

Sudah lama ane tunggu review pug, akhirnya ada juga... :frm_salut: :off_good_job:

Sejak mencicipi bangku belakang 405, ane jadi terbayang-bayang dgn singa prancis ini...sangat nyaman utk ukuran ane...lari 160kpj masih enak ngobrol2 & baru nyadar setelah lihat speedo.... suatu saat musti punya... 406 XU10 buat kondangan, 806 HDi buat piknik... :e-pray:
Beda dgn BMW, yg handlingnya ajib tapi terasa keras dibanding pug... Memang jika dilihat dari kelasnya, Pug termasuk menengah, bukan termasuk mobil mewah macam Merc & Biem, jadi wajar kalo penampilan, kualitas dashboard dll masih belum mendekati.
Soal mesin, kalo diliat2 pug ini sepertinya mirip dgn toyota yg outputnya biasa-biasa aja karena policynya tidak mengeksploitasi habis potensi mesinnya. Agar mesinnya lebih awet?

Sempet kaget juga 408 ini jadi taksi, masih setengah gak percaya. Di mata ane, mobil buat taksi itu biasanya mobil yg tangguh, bukan mobil manja. Tapi mestinya perusahaannya sudah menghitung maintenance cost-nya. Mungkin juga setelah 5 th bakal diremajakan? (Kemaren heran juga liat Spin diesel jadi taksi di semarang, tp sebelumnya sudah ada Chevy Lova). Masih penasaran dikasi minum apa tuh taksi 408... :e-think:

Good job om...ditunggu review2 pug lainnya...508, 5008, RCZ, 208, 3008.... :cupss:
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: 22 May 2014, 10:38

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by montirangin »

mungkin yg punya taxinya kenal dgn owner pug.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by ChZ »

dream_theater wrote:Awesome review om Chris... :big_exellent:

Sudah lama ane tunggu review pug, akhirnya ada juga... :frm_salut: :off_good_job:

Sejak mencicipi bangku belakang 405, ane jadi terbayang-bayang dgn singa prancis ini...sangat nyaman utk ukuran ane...lari 160kpj masih enak ngobrol2 & baru nyadar setelah lihat speedo.... suatu saat musti punya... 406 XU10 buat kondangan, 806 HDi buat piknik... :e-pray:
Beda dgn BMW, yg handlingnya ajib tapi terasa keras dibanding pug... Memang jika dilihat dari kelasnya, Pug termasuk menengah, bukan termasuk mobil mewah macam Merc & Biem, jadi wajar kalo penampilan, kualitas dashboard dll masih belum mendekati.
Soal mesin, kalo diliat2 pug ini sepertinya mirip dgn toyota yg outputnya biasa-biasa aja karena policynya tidak mengeksploitasi habis potensi mesinnya. Agar mesinnya lebih awet?

Sempet kaget juga 408 ini jadi taksi, masih setengah gak percaya. Di mata ane, mobil buat taksi itu biasanya mobil yg tangguh, bukan mobil manja. Tapi mestinya perusahaannya sudah menghitung maintenance cost-nya. Mungkin juga setelah 5 th bakal diremajakan? (Kemaren heran juga liat Spin diesel jadi taksi di semarang, tp sebelumnya sudah ada Chevy Lova). Masih penasaran dikasi minum apa tuh taksi 408... :e-think:

Good job om...ditunggu review2 pug lainnya...508, 5008, RCZ, 208, 3008.... :cupss:
thank you oom dream_theater :mky_02:

sudah nggak cuma nyaman lagi oom, ini salah satu mobil yang dapat predikat SANGAT NYAMAN di bokong ane. kenyamanannya setara bahkan melebihi J32 Teana bagi ane. dan hal ini, jujur, membuat ane memaklumi setirnya yang kurang tanggap dan dimensinya terlalu besar. this is not 208 GTi or RCZ, rasanya wajar-wajar aja. dan kualitasnya pun jujur walaupun nggak terlalu bagus tapi kalo dibandingkan sama Civic atau Focus ya masih menang 408 telak :upss: uwkwkwk.

dan hal itu berbanding terbalik juga ketika ane TD BMW. ane nggak akan protes kalo mobil ini bantingannya firm karena memang BMW diciptakan untuk sportness dan feel berkendara yang menyenangkan.

Pug punya banyak varian mesin oom. 1.6Liter EP6CDTM yang masuk kemari pun spek paling standar dari EP6-series. masih ada yang tipe 2.0Liter Turbocharged dan masih banyak lagi :big_slap:

ceritanya sih si Pug ini menang tender untuk pengadaan armada taxi, makanya dipake. entah diisi apaan :e-think: tapi liat spek mesinnya sih memang nggak spesial, jadi rasanya diisi premium pun masih jalan :e-think: :shrug:

what? SpinDies jadi taxi di Smg? taxi bandara atau begimane nih oom? saya terakhir pertengahan 2014 kemaren pulkam belom liat SpinDies jadi taxi sih.

hohoho medket akan release satu varian Pug lagi, ditunggu saja oom. :mky_02:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Location: almost there...

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by imsus2c »

Good review :frm_tumbleft:

Topik ini dulu (2010) sekilas pernah diangkat The new Peugeot 408...OK lah...
Cuma sayang trid-nya jadi ngga kondusif :e-doh:

Sekilas saya pernah review waktu naik taksinya di trid itu juga.

Sampai sekarang, sudah beberapa kali naik armada yg pakai 408 tersebut.

Kondisinya macam2, ada yang masih enak, empuk dan kedap.

Tapi dari beberapa kali naik, ada yang mesinnya sudah kasar ngelitik dan kakinya glodakan.

Yaahhh, mungkin faktor pengemudinya yg belum terbiasa pakai mobil ginian.

Untuk BBM, semua pengemudi taksi yg saya naiki, jawabannya pakai selang kuning.

Ada pengalaman dgn 2 pengemudi, yang mungkin belum terbiasa pakai matik, tidak pernah pakai gigi D (full auto).

Selalu pakai shiftronic-nya ala manual. Waktu saya tanya, katanya lebih enak, feeling mirip manual dan konon bbm lebih irit :e-think:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: 22 May 2014, 10:38

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by montirangin »

waduh rasanya ane harus td 408 nih..demennya sih 508 tapi ga worth it bgt nanti 10 tahun lagi dari 750jt tinggal 150jt. kalo 408 dari 400 ke 100? hmm..
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Location: almost there...

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by imsus2c »

azu wrote:
amfibi wrote:
azu wrote:Nice review bro chris :mky_02:

Pug, mobil yang terkenal dengan kenyamanan.. Kalau tanya ke orang tua, pasti akan bilang Pug 504 dan 505 itu sebagai salah satu mobil yang paling nyaman pada masanya :D

Sayangnya di Bandung jarang banget liat Pug baru, paling banyak ya 406, 206, 306, dan 307.. Dealernya pun kecil banget..

Mesin EW10 ini sudah dipakai sejak 406 D9 Limited yang keluaran akhir (2000-2004,CMIIW), jadi rasanya untuk reliability cukup terjamin.. Dan jangan lupakan komunitas pengguna Pug, salah satu komunitas paling solid yg saya tahu..
Errr, 406 D9 make mesin ini juga???

*alamat banyak trouble menjelang tahun ke-5, ntah kenapa 406 rawatnya harus bener bener becus biar selalu fit, tiap bbrp waktu ada aja ngajak ke bengkel, dan D9 ini ga bisa premium :ungg:
Iya bro fibi, udah EW10 utk D9.. Kalau yg sebelumnya (D8) pakai XU10 sama seperti 405..
Mirip tapi tidak identik, jadi ngga interchangeable :D

XU10 di 405 STi tipenya XU10J2 alias 8 valve (SOHC)

Kalau XU10 yg di 406 D8, tipenya XU10J4 alias sudah 16 valve (DOHC)
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Location: almost there...

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by imsus2c »

montirangin wrote:
slapnuts wrote:
montirangin wrote:modelnya walau manis tapi ga tahan lama, seperti setiap pug lainnya. ga tau kenapa.
ga tahan lama? ga salah om?
IMHO model mobil-mobil eropa seperti ini justru yang timeless (subyektif)
Desain sedan eropa kebanyakan memiliki bonet panjang, kabin proporsional, bagasi pas, begitu cantik dilihat mata. Pun dengan tarikan garis samping yang tidak terlalu neko-neko. Tengok saja F30, W204, 408, A4 walau ukuran compact sedan tapi tetap sedap dipandang mata. Berbeda dengan compact sedan jepangan, let's say Civic FB, desain dari samping bagaikan mangkok dibalik (bonet pendek, pilar A terlalu landar, bagasi pendek) :big_peace: City Aria, Mazda2 Sedan apalagi :big_biglaugh:
buat ane ya spt itu, mari kita lihat 406..ane ga bilang 406 jelek namun...jika kita liat dijalan, dgn amat sangat jelas keliatan kalo ditebak bahwa mobil ini udah berumur, bisa akhir 90 bisa awal..kalo mid 2000s, berarti designnya kurang. secara model itu sendiri, manis ya manis tapi umur tetep keliatan.
Coba liat peugeot 206 atau 307, pada masa awal 2000 (2002?), designnya sangat termasuk ya menarik, sporty, namun skrg, tetep ga bisa mengalahkan waktu.
Ya ngebandinginnya sama dengan mobil yg seumuran dong pak :D

406 (d8) keluar pertama kali thn 96, coba dijejerin sama mobil thn segitu juga

Tar ketauan mana yg kontemporer, mana yang timeless

Unmistakably Italian and French design
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Location: almost there...

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by imsus2c »

dream_theater wrote:Awesome review om Chris... :big_exellent:

Sudah lama ane tunggu review pug, akhirnya ada juga... :frm_salut: :off_good_job:

Sejak mencicipi bangku belakang 405, ane jadi terbayang-bayang dgn singa prancis ini...sangat nyaman utk ukuran ane...lari 160kpj masih enak ngobrol2 & baru nyadar setelah lihat speedo.... suatu saat musti punya... 406 XU10 buat kondangan, 806 HDi buat piknik... :e-pray:
Kalau mau 806, ambil yg 8v saja pak.
Lebih banyak populasinya (=lebih banyak spare part) dan relatif lebih simple dibanding yg 16v.

Penyakitnya 806 biasanya di onderstel, dan sering sinkromesh persnelingnya banyak yg aus. Oya 806 hanya ada versi manual.
Yg mengejutkan, koplingnya sangat-sangat ringan, jauh sekali dibanding semua pug sedan yg keras minta ampun.

806 juga termasuk lineup pug yg harga bekasnya paling kuat bertahan.

Mesinnya sudah HDi (common rail + turbo inter cooler), dimana mobil diesel seangkatan itu belum terapkan.

Efek negatifnya, banyak pemakai (apalagi tgn ke-2 dst...) yg belum terbiasa pakai mesin diesel common rail dgn turbo intercooler, akhirnya ngerawatnya ala diesel konvensional.

Jadi sering dijumpai turbo-nya mulai tidak fit dan mesinnya meler.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by ChZ »

imsus2c wrote:Good review :frm_tumbleft:

Topik ini dulu (2010) sekilas pernah diangkat The new Peugeot 408...OK lah...
Cuma sayang trid-nya jadi ngga kondusif :e-doh:

Sekilas saya pernah review waktu naik taksinya di trid itu juga.

Sampai sekarang, sudah beberapa kali naik armada yg pakai 408 tersebut.

Kondisinya macam2, ada yang masih enak, empuk dan kedap.

Tapi dari beberapa kali naik, ada yang mesinnya sudah kasar ngelitik dan kakinya glodakan.

Yaahhh, mungkin faktor pengemudinya yg belum terbiasa pakai mobil ginian.

Untuk BBM, semua pengemudi taksi yg saya naiki, jawabannya pakai selang kuning.

Ada pengalaman dgn 2 pengemudi, yang mungkin belum terbiasa pakai matik, tidak pernah pakai gigi D (full auto).

Selalu pakai shiftronic-nya ala manual. Waktu saya tanya, katanya lebih enak, feeling mirip manual dan konon bbm lebih irit :e-think:
thank you oom imsus :mky_02:

ya begitulah taxi oom.... ngerawatnya asal inget aja, yang penting setoran jalan. bah :off_no:

sorry to say, mental mayoritas supir taksi di Indonesia lebih cocok bawa Avanza atau Limo daripada Mercedes/Alphard/Peugeot.

rasanya 5-10 taunan lagi bakal diobral habis-habisan. waktunya berburu :ngacir:

setidaknya sudah terbukti mesin EW10A di 408 ini tahan premium dan siksaan neraka jahanam ala supir - supir Indonesia :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
rinoleks
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: 12 May 2014, 09:45

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by rinoleks »

Nice review om ChZ! Gak sangka tnyata 408 dijadiin taksi.. Jd kangen pug ane dulu..dulu ane sempet miara 406 d8 lemans bbrp tahun buat wara wiri di jogja thn 2000an. I must say,its the best car i have ever driven. Stabil,nyaman, dan sekali lg stabil. Meskipun agak asma di low rev, enaknya dipake cruising di tol or luar kota. Nikung 120kmh di ringroad jogja gak masalah asal kaki kaki sehat. Top speed yg pnah dicapai 180kmh d jogja dan masih sgt stabil dam senyap.luar biasa. Oya om ChZ, gak td di macet2an? Pgn tau respon engine ew10 di kondisi stop n go..
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by ChZ »

rinoleks wrote:Nice review om ChZ! Gak sangka tnyata 408 dijadiin taksi.. Jd kangen pug ane dulu..dulu ane sempet miara 406 d8 lemans bbrp tahun buat wara wiri di jogja thn 2000an. I must say,its the best car i have ever driven. Stabil,nyaman, dan sekali lg stabil. Meskipun agak asma di low rev, enaknya dipake cruising di tol or luar kota. Nikung 120kmh di ringroad jogja gak masalah asal kaki kaki sehat. Top speed yg pnah dicapai 180kmh d jogja dan masih sgt stabil dam senyap.luar biasa. Oya om ChZ, gak td di macet2an? Pgn tau respon engine ew10 di kondisi stop n go..
thank you oom :mky_02:

whuih, nggak salah dah orang-orang bilang 406 itu salah satu sedan terbaik di masanya :big_cat: despite of its rewel-ness..... dan di jaman sekarang hanya orang-orang dengan passion tinggi dan hobi saja yang miara Peugeot taun lawas dan bisa menikmatinya :cupss:

kemaren waktu TD campur macet juga sih. jujur responnya enak, transmisi minim hentakan, stop and go nggak pernah kekurangan tenaga. walaupun powertrainnya cuma motor 2000cc biasa tapi mobil ini punya performa luar biasa :big_cat:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 457
Joined: 25 Oct 2016, 07:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by gadjahalphien »

Setelah sekian lama, apakah ada owner pug 408 di sini?

Penasaran dg reliability mobil ini
Daily : 65kW 3NR-VE or Bus TJ or RB jadul
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
sandeq
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: 14 Mar 2017, 13:47
Location: makassar

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by sandeq »

gadjahalphien wrote:Setelah sekian lama, apakah ada owner pug 408 di sini?

Penasaran dg reliability mobil ini
Kebetulan punya sdh lebih 5 thn pemakaian. Rasa ya mirip yg diceritakan reviewer. Selama ini hampir tdk pernah ada masalah yg berarti.
Masalah yg pernah muncul 1 tuas perneling oblak plastiknya, beli komplit. 2. Peringatan ABS nyala, ternyata sensor diroda belakang yg rusak 1, harga mirip2 dgn punya avanza, siiplah. 3. Oli power steering ada yg menetes, solusi cuma dikencangkan klemnya
Selain itu aman2 saja. Suspensi mobil ini sungguh nyaman buat pelan dan kencang
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by maastricht889 »

sandeq wrote: 02 Nov 2018, 21:11
gadjahalphien wrote:Setelah sekian lama, apakah ada owner pug 408 di sini?

Penasaran dg reliability mobil ini
Kebetulan punya sdh lebih 5 thn pemakaian. Rasa ya mirip yg diceritakan reviewer. Selama ini hampir tdk pernah ada masalah yg berarti.
Masalah yg pernah muncul 1 tuas perneling oblak plastiknya, beli komplit. 2. Peringatan ABS nyala, ternyata sensor diroda belakang yg rusak 1, harga mirip2 dgn punya avanza, siiplah. 3. Oli power steering ada yg menetes, solusi cuma dikencangkan klemnya
Selain itu aman2 saja. Suspensi mobil ini sungguh nyaman buat pelan dan kencang
Wah menarik sih ini om. Spare part ada kendala ndak om? Dulu sempet jd taksi di semarang, ini mobil bener2 enak
sandeq
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: 14 Mar 2017, 13:47
Location: makassar

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by sandeq »

Selama ini aman2 saja, jaminan service gratis 5 thn beserta parts sangat menenangkan. Bahkan saat masa jaminan selesai parts yg blm pernah di klaim seperti discbrake, brakeshoe depan belakang semua tetap kita dapat. Blm lg dpt VIP service di Astra, slm ini tdk pernah booking kl mau service, tinggal dtng saja dan langsung ketemu KaBengkel he he
Bean06
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 280
Joined: 08 Feb 2017, 10:33
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Thunder

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by Bean06 »

Nemu di iklan ex Borobudur taxi sekarang masuk periode lelang 408 AT. Start bid 25jt 🙄 stok unit 20an cukup lah. Bagaimana perawatan vs Corolla om?
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: 01 Jan 2016, 21:51

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by pendoli »

Waw, kira2 berapa tu harga tebus akhirnya? Kalau 100 juta bisa dapet 2 unit (satu buat kanibalan) mayan juga ya :D
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: 15 Nov 2010, 17:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by mike22 »

Bean06 wrote: 19 Nov 2018, 16:23 Nemu di iklan ex Borobudur taxi sekarang masuk periode lelang 408 AT. Start bid 25jt 🙄 stok unit 20an cukup lah. Bagaimana perawatan vs Corolla om?
Di salah satu balai lelang jg masuk om, tp kayanya mobdin bukan ex taksi (a*tra) buka harga 120
User avatar
ign1z
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: 19 Apr 2006, 00:51

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by ign1z »

waah sepertinya yg eks taksi itu sekarang jadi milik ane nih... :big_comfort:

ane dapat mbl nya dari salah satu lembaga lelang di jkt, 408 2.0, eks taksi

review langsung dan jujur aja, handling nya enak banget, apalagi saat ngebut di 130-140an, berasa kaya baru lari 80an kalau pakai mbl lcgc... terus juga kalau lagi bawa ortu dan mereka duduk belakang, mereka bisa diam dan tenang, padahal sudah gonta-ganti puluhan mobil, selalu komplain dan ngoceh suruh pelan, mual, dll... :big_biglaugh:

nah sekarang bagian kekurangan nya...
1. entah kenapa ini matic 408 hanya mau ganti gigi di saat rpm 2500, tidak mau ganti di rpm dibawah itu? ini bikin jadi sangat gak nyaman untuk driver di kondisi pelan di dalam kota... sudah coba ganti oli zf masih seperti itu... atau kah memang diprogram seperti ini untuk armada taksi?
2. penggunaan dalam kota termasuk boros, hanya 7km/L,tetapi kalau di tol bisa 15km/L

3. sparepart sulit dan kemungkinan mahal... , kebetulan saat sedang drivethrough di mcDon, mendadak mesin nya pincang, setelah di cek pakai obd, koil bermasalah... nah setelah cek di gogel, ternyata coil nya gandeng jadi 1 untuk 4 busi, harus ganti 1 set, dan di marketplace tidak ada yg jual :big_dunno:

mungkin ada sesepuh disini yg bisa bantu dan saran untuk poin 1 dan 3 nih? :big_childish:
Taufiq6210
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 347
Joined: 27 May 2019, 20:07

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by Taufiq6210 »

ign1z wrote: 06 Oct 2021, 00:23 1. entah kenapa ini matic 408 hanya mau ganti gigi di saat rpm 2500, tidak mau ganti di rpm dibawah itu? ini bikin jadi sangat gak nyaman untuk driver di kondisi pelan di dalam kota... sudah coba ganti oli zf masih seperti itu... atau kah memang diprogram seperti ini untuk armada taksi?
Emang gitu om karakter transmisi AL4. Di 406 saya yang pake AL4 juga seringnya ganti di 2500 rpm. Sebenernya bisa kalau mau ganti gigi di 1900 rpm, tapi nginjek gasnya harus dangkal banget.
ign1z wrote: 06 Oct 2021, 00:23 3. sparepart sulit dan kemungkinan mahal... , kebetulan saat sedang drivethrough di mcDon, mendadak mesin nya pincang, setelah di cek pakai obd, koil bermasalah... nah setelah cek di gogel, ternyata coil nya gandeng jadi 1 untuk 4 busi, harus ganti 1 set, dan di marketplace tidak ada yg jual :big_dunno:
Kayaknya ini bisa om, tapi coba tanya aja ke penjualnya apakah bisa untuk 408: https://www.tokopedia.com/premieres-sto ... w-original
*kalau liat part numbernya sama sih, tapi pastiin aja

Karena yang saya tau 408 2.0 dan 307SW / 407 / 807 / sebagian 406 itu mesinnya sama-sama EW10. Tapi apa antar model ada perbedaan parts atau engga saya ga tau, karena belum pernah punya mobil bermesin itu.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by marmut »

ign1z wrote: 06 Oct 2021, 00:23

review langsung dan jujur aja, handling nya enak banget, apalagi saat ngebut di 130-140an, berasa kaya baru lari 80an kalau pakai mbl lcgc... terus juga kalau lagi bawa ortu dan mereka duduk belakang, mereka bisa diam dan tenang, padahal sudah gonta-ganti puluhan mobil, selalu komplain dan ngoceh suruh pelan, mual, dll... :big_biglaugh:

-

3. sparepart sulit dan kemungkinan mahal... , kebetulan saat sedang drivethrough di mcDon, mendadak mesin nya pincang, setelah di cek pakai obd, koil bermasalah... nah setelah cek di gogel, ternyata coil nya gandeng jadi 1 untuk 4 busi, harus ganti 1 set, dan di marketplace tidak ada yg jual :big_dunno:

mungkin ada sesepuh disini yg bisa bantu dan saran untuk poin 1 dan 3 nih? :big_childish:



suspensi peugeot? jangan dipandang sebelah mata....

:mky_03:

ignition coil seperti itu persis seperti chevy trax dan spin. 1 rangkaian panjang dengan 4 output. 1 pincang, ganti semua supaya hasilnya lebih optimal.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Review of Peugeot 408 2.0 A/T

Post by Omnibus »

marmut wrote: 06 Oct 2021, 10:17
ignition coil seperti itu persis seperti chevy trax dan spin. 1 rangkaian panjang dengan 4 output. 1 pincang, ganti semua supaya hasilnya lebih optimal.
kayanya ya,
dalemnya assy itu ada 2 coil set (dan 2 igniter set) terlihat dr adanya 4 pin di socket terminalnya. yg dipakai yaitu sistem 2 wire/pin utk setiap coil set.
cara kerjanya silinder 1 diparalel dgn silinder 4 dan silinder 2 dgn silinder 3, biasa disebut wasted spark design. jadi pas cyl 1 sparking, cyl 4 jg sparking dlm reverse path (spark loncatnya dr electrode negatif ke center electrode). demikian jg pas cyl 2 sparking, cyl 3 jg sparking in reverse. konon model begini kl busi mau awet hrs pakai busi twin tip iridium spy pas reverse path ga ngabisin elektroda busi.

mirip desain mitsu tp kl mistu pakai 2 coil set.
2 pin system betul banyak GM cars yg pakai.
honda 3 pin system
toyota 4 pin system

cmiiw.

*ngomong apa sy ini ....... cuma sugesti kayanya
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post