[Review] Ford Ranger T6 Wildtrak 6AT 2.2ltr 2014

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

[Review] Ford Ranger T6 Wildtrak 6AT 2.2ltr 2014

Post by billyd1773dz »

The Ranger

Ford Ranger di pasar international di mulai dari 1998 dari rebadge mazda B-series dan facelift pada 2006 di sertai penambahan mesin dan transmisi baru. Base model tetep bertahan Selama 13 tahun hingga ranger T6 keluar pada 2011 yang benar-benar All new. Masih berbagi platform dengan mazda, namun kali ini ford menjadi basisnya dengan power dan drivetrain yang sebagian besar di supply oleh ford.
Di indonesia Ford Ranger T6 hadir dengan berbagai varian, takurang dari 4 pilihan mesin yaitu Petrol 2.5ltr 163hp 226Nm Diesel 2.2Ltr-Mid 125hp 320Nm,2.2ltr-High 150hp 375Nm dan 3.2ltr I5 200hp 470Nm. Juga terdapat 3 pilihan transmisi yaitu 5MT, 6MT dan 6AT. Pilihan body pun tersedia mulai dari chassis,singlecab, Rear Access System/RAS dan double cabin. Masih dibagi dalam pilihan Trim level lagi yang membingungkan :frm_bang_head: Sayangnya tidak semua tersedia dan diharuskan untuk inden.

Kali ini TS mendapat kesempatan nyicipin Flagship dari Ford Ranger ini yaitu varian 2.2ltr wildtrak for a few day,sebagai salah satu dcab idaman TS tentu kesempatan tidak disiasiakan hehe :D

Image

TS pernah menulis short impression on Ranger T6 XLT 6MT here

How it look?
Wildtrak memiliki styling yang sedikit berbeda dari varian ranger double cabin lain, sebut saja rollbar belakang rim 18”, warna gril dan bemper two tone hitam, aksen headlamp dan tailamp smoke. Unik memang, dikala atpm lain memberikan taburan krom di varian flagship, wildtrak justru tampil sangar tampa krom sedikitpun. Warna gril dan spoiler tetap berwarna hitam no matter what colour you pick on the wildtrak is.

Nah jika anda menyukai krom ada varian XLT yang mulai 2013 hanya tersedia dalam mesin 3200cc 200hp 6MT. divarian XLT grill headlamp dan tailamp bernuansa krom cerah. Sedangkan di bawahnya XLS 2200cc gril sewarna body, Headlamp dan Tailamp kembali smoke malah mirip wildtrak. Sedangkan varian base bemper menjadi plastik hitam

Image

Ranger T6 memiliki panjang 5.351mm ,lebar 1850 mm ,tinggi 1821 mm dan wheelbase 3220mm, it’s a massive truck itu kesan pertama saya saat melihat dcab ini. Di banding rivalnya seperti hilux, ranger masih lebih panjang 216mm wheel base 135mm dan lebar 15mm. size wise hanya bisa disaingi oleh chevy colorado itu pun dgn wheelbase yang jauh lebih pendek. well this truck really gift strong road present on the road :D . Untungnya sekalipun sizenya massive radius putarnya ya err atleast bukan yang terburuk dikelasnya, yaitu 6.3m setara colorado dan lebih baik dari nissan navara 6.7m dan err daihatsu Hiline LWB 6.4m...

Image

Sebagai Double Cabin tentu harus practical, tidak mudah rusak dan offroad capable. What i like ranger memiliki bemper depan dari bahan plastik flexibel sehingga jika terbentur bisa lentur tidak mudah penyok atau pecah. Side step ranger juga terasa kokoh dan “serius” tidak seperti sidestep hilux yang terbuat dari plat tipis berukuran besar dan rendah. Sering lihat hilux yang memang dipke oprut dan sidestepnya sudah penyok.
Dibawah spion ada lampu kecil yang akan menyala sebelum pintu di kunci, sangat berguna di saat gelap untuk nerangin sekitar mobil. Lampu senja dan tailamp juga tetap nyala selama pintu terbuka

Image

Bak belakang yang berukuran panjang 1549mm lebar 1560mm dan kedalaman 511mm, ranger double cabin sendiri memiliki kapasitas angkut kotor 1-1.2T. Di banding hilux tentu ranger lebih besar total volume bakny. Namun yg perlu digaris bawahi terutama jika anda akan sering menggunakan bakny, hilux lebih mudah mengakses isi bak hingga dasar dari luar dengan tangan karna kedalamanya lebih rendah yaitu 450mm, terlebih versi wildtrak yang tepi baknya lebih tinggi lagi karna rollbar. TS dengan tinggi 170cm sulit sekali menggapai dasar bak dengan tangan. A bit practicality issue, tentu jika anda tidak sering menggunakan bak dan berniat menutup baknya ini bisa melupakan hal ini. Cargo hook tersembunyi rapih di dinding dalam bak.
Wildtrak versi luar sudah ada penutup baknya, juga ada lighter di bak. Sayang di versi indon masuk daftar spec down.

Image

Jika anda berpikir untuk menutup bak belakang dan menjadikanya sebagai giant trunk untuk nyimpan barang berharga, pastikan membeli tutup bak yang sudah ada kuncinya, karna pintu bak belakang ranger atau hilux tidak bisa dikunci. sejauh ini fitur sederhana ini baru ada di chevy colorado.

Image

How about its mechanical?
Ranger wildtrak dibekali PUMA ZSD-422 mesin yang populer digunakan dari jaguar X-Type,ford mondeo sampai Landrover Defender. Mesin dengan kapasitas 2200cc 4cyld ini mengeluarkan output 150ps @3700rpm dan 375@1500-2500rpm dengan redline di 5000 pretty high for a diesel.

Image

Aliran daya diteruskan oleh transmisi otomatis 6R80 6percepatan dengan mode shiftronic satu-satunya di pasar dcab indonesia saat tulisan ini dibuat. Transmisi ini memiliki torque rating hingga 600Nm jauh lebih tinggi dari aisin TB50LS 450nm atau aisin legendaris 30-40LS 350Nm *resminya*. Transmisi 6R80 digunakan pada Ford Mustang hingga Ford F150 Raptor. Transfercase menggunakan sistem switch partime sehingga hanya memiliki mode 2H-4H dan 4L tampa mode fulltime untuk di jalan raya.

Image

Kaki-kaki depan kini menggunakan Double Wishbone Coilspring with swaybar bersama steeringrack yang telah menggunakan rack and pinion, perbaikan signifikan dari generasi sebelumnya yang masih torsionbar dan steering ball n nut. Gardan nya sendiri berjenis independen dengan diameter as roda 31.5 mm 29spline sedikit lebih kecil dari hilux 33mm 30spline. Sedangkan suspensi belakang tentu leafspirng overaxle tampa swaybar yang bertugas memikul beban gross vehicle weight maksimal hingga 3.3T. gardan belakang berjenis rigid yang dilengkapi Limited Slip Differential atau LSD dengan ukuran as roda sebesar 34.6mm 32spline yang lebih besar dari hilux.
Bagian vital di kolong kendaraan seperti karter mesin,transmisi dan transfercase serta fueltank di lindungin skidplate berbahan metal yang kuat ready to abuse :D :D

Cabin?is it suv like?
Yup! Probably most well equipped dcab in indonesian market, sebut saja mulai dari kursi leather seat dengan embose logo wildtrak berwarna orange dengan strip dan benang warna serupa. Emblem wildtrak juga tersemat di cluster meter sampai side door plate. :D

Image

Image

Dashboard dan stir kini berwarna gelap, berbeda dengan XLT yg ada aksen silvernya. Material tetap hard plastik yang terasa tebal dan kuat. Material soft ada di handrest pintu dan atas center console yg terasa empuk di balut kulit lagi-lagi dengan stiching rapih benang orange which is good :D imho orange really represent its wild spirit :D

Image

Posisi mengemudi tinggi di tambah postur ranger yang sudah tinggi makin memberikan kesan commanding and confidence. Bahkan dari driving posisitionnya, fortuner jadi kelihat lebih kecil, dan sudut mata ada di garis atas jendela fortuner. Headroom di TS dgn tinggi 170cm memang tidak terlalu lega meski tidak se sempit dakar. Jok mendekap badan XL saya dengan pas, terdapat lumbar support untuk mengatur penyangga punggung. Sayang headrest terasa keras.

Image

Steering Wheel its smaller than any other dcab... hampir seukuran fiesta jika tidak memang sama. Permukaan terasa empuk dengan tonjolan utk ibu jari di kedua sisi kemudi layaknya stir hatchback. Steering control kumplit mulai dari audio dan voice command button sampai cruisecontrol yang bisa juga digunakan untuk mengatur HDC. Pengaturan hanya ada tilt kontrol tampa telescopic.

Image

Nah urusan 2nd row ranger jagonya, bahkan dibanding focus dan fiesta yang ada di beres, ranger masih paling lega legroomnya. Kerebahan sandaran sudah fix tidak bisa di atur di posisi menengah cukup untuk penumpang biasa, namun kurang rebah untuk tidur pada long trip. Di bawah jok yg bisa di lipat keatas ada tempat penyimpanan, sandaran jok juga bisa di rebahin kedepan untuk nyimpan barang kecil di belakang jok.

Image

Image

Bicara fitur.. mulai dari Dual Zone Climate Control,auto fold mirror,HU dengan display 4.3” terintegrasi yang support audio source dari USB,AUX sampai A2DP Bluetooth, Voice Command yang bisa ngontrol mulai dari AC,Radio,Telpon,Music . MID ada di display tengah cluster, MID sendiri mirip optiron “bhs toyotany” yang selalu dalam kondisi nyala cerah. Spion tengah dapat redup kehijauan otomatis saat malam hari dan terkena sinar lampu.

Image

Image

nah Voice command fitur highlight beberapa ford terbaru akhir2 ini... beberapa waktu kemarin kita iseng aja satu longtrip seharian tabu menekan tombol center dash, dan hanya memberi perintah melalui voice command... :D :D hit rate voice command ini cukup tinggi.. jauhh lebih baik dari pertemuan saya ke voice command di henpon jadul saat smp pertama kali. dia masih bisa ngenalin perintah sekalipun kita ngomong berbarengan atau sedang ngobrol aksen asal ga ngaco banget masih bisa di kenalin, Well first tekan tombol di kemudi,kemudian “beep” .. saya bilang *help* maka komputer memberi informasi command apa aja yang bisa di berikan,mulai dari climate,radio,phone dan external device. Kemudian jika pilih “climate” pilihan berikutnya Seperti temperature,fanspeed, auto dll, say ”temperature” kemudian HU bilang *temperature please* berikutnya tinggal sebut suhu yang dingin kan.... jika aksen anda pas..... command di executed... jika tidak .... kadang-kadang i said “25” kemudian HU bilang *temperature 35 not possible setting highest temperature* jeleger.. suhu jadi HI dan dalam sekejap angin surga berubah jadi angin neraka.... :D :D arrggg.. di satu sisi ACnya bisa ngerubah suhu dengan cepat dari dingin jadi panas, sisi lain... errr voice command not so practical untuk hal-hal simple seperti ngatur ac yg selesai dgn few gerakan tangan. Di sisi lain voice command imho berguna untuk tuning radio misal ingin freq 103.4 cara normal perlu neken beberapa kali untuk scan freq, dengan command tinggal sebut dan langsung d freq yang di minta.begitu juga jika ingin nelpon setelah ponsel terkoneksi anda bisa memilih menyebut nomer telepon atau nama di phonebook.

Image

Fitur safety sebut saja Electronic Stability Programe,Traction Control,Hill Decent Control dan tentu ABS EBD. Airbag juga ada 4 unit di penumpang depan dan pilar B ke 2 sisi.
Sayangnya ada sedikit ganjelan seperti lampu kabin tengah yang jika di tekan kerasa kurang kokoh, saat nyicip ecoboost ternyata unit lampu kabinya sama dan sama2 goyang :frm_bang_head: kemudian tombol HDC berada di sisi penumpang, lebih baik jika di simpan di sisi pengemudi di bawah tombol ESP.karna tombol HDC seharusnya akan lebih sering di tekan dibanding ESP. sistem pengunci pintu tersentralisasi di center dashboard, tidak ada autolock setelah jalan kecepatan tertentu, dan seperti halnya ford lain and few other americans car such as jeep sekalipun uda dikunci dari dalam tetap bisa langsung di buka. Tentu di 2nd row ada childlock untuk menjaga anak-anak.

so how its drive?

Image

First lets talk about the engine and gearbox
Ok then, start the engine :D :D di iringin deru dynamostater dan suara mesin yg nyala halus... sangat halus... jauh jika di banding kelas fortuner dakar bahkan captiva. Meski masih kalah halus dari spin diesel.Halus baik suara maupun getaran. Wowh :D as expected of jaguar X-type and ford mondeo engine. Put to D n we rolling..... langsung menuju spbu isi dex, konon untuk fulltank tangki dex yg berkapasitas 80ltr bisa hampir 1jt.... hiiii :frm_bang_head: di luar mobil, suara mesin dieselny justru terdengar “normal” dengan suara diesel klater yg jelas dan some ceeesss turbo yg unik. So peredamnya layak di apreasiasi. saat rev mulai naik suara mesin baru mulai masuk dan terdengar.

Image

Perjalanan di lanjutkan dan jalan mulai menanjak, jalan pun masih rame dan harus merayap. disini transmisi 6speednya nunjukin kelemahannya, torque converternya terlalu loss membuatny terasa berat untuk jalan pertama... jika flat out dari diam rev langsung naik ke 3k di ikutin hentakan kuat dan diam sampai shift ke gigi 3 Like a cvt,rev bisa diam sekalipun shift 1 ke 2. most of the time di kecepatan 30-40kmh terjadi lockup rev turun dan ngikutin speed. jika kita ingin jalan pelan dengan nekan pedal sedikit di speed <30kmh rasanya berat sulit bergerak karna TC slip tadi.. rev naik dgn cepat tapi ga dibarengin laju mbl. Hubungan mesin ke axle jadi terasa null karna slip/kendor. Karakternya mirip 5AT captiva preFL. kuciwa :frm_bang_head: sluggish untuk driving <30kmh dan harus nekan gas dalam untuk mild akselerasi. ga jarang saat nanjak berat dari berhenti dan merayap pelan, posisi D mbl baru laju saat rev meraung di 2k-2.5k seakan2 keberatan. padahal tunggu shift ke 2 atau 3 tunggu lockup malah jadi ringan gas cukup di teken dikit saja, flatout ya makin ngacir lagi.

Errr lets see what if shiftronic mode engage :D kebetulan sudah keluar dari jalan raya dan masuk jalur pegunungan yg nanjakny makin berat. Disini baru kerasa gigi 1 yang teramat rendah untuk crawl. Cocok untuk ngerayap lambat dan engine brake. Gigi2 rasanya lebih liveable di mode shiftronic gigi 2 ini terasa mantap... sekali dia lewat 30kmh dan lockup asal g berhenti atau terlalu ngeden dia akan tetap lockup, gejala TCslip pun hilang kini mesin dan roda terasa terhubung dgn solid. Sekarang toel gas dikit mbl pun bisa lari.. mobil jadi terasa jauh lebih ringan n responsif. Great... now when i flat out di tanjakan panjang mulai dri rev 1500, torsi ngalir terus dgn rev naik beriringan dgn speed... impressive: D sampai 4K dan shift ke gigi 3,kini shift terasa firm n sedikit kasar TC tetap di lockup tenaga terus mengalir dengan connected feel layakny MT. Jika melambat dan rev turun below 1500 torsi hilang and must cross the 1.5k rev of sacred line baru torsi kembali meluap, jika di paksakan dan tetap flatout <1.5Krpm... somehow mesin malah bergetar kaya mbl mt telat downshift, hal ini tidak terjadi jika gas di angkat dan melambat, GB akan otomatis downshift dan lockup lepas.

Image

Sayang saat menghadapi turunan panjang di mode D gb kurang berusaha melakukan engine brake otomatis... driver harus memindahkan transmisi ke gigi 1 untuk engine brake, atau engage HDC
Di tol cipularang cikampek-bandung dgn laju yg hampir selalu di atas 30kmh gb selalu lockup,so it feels impresive.. hal yang saya temui.. di mode shiftronic GB tidak akan shift sampai redline di 5K namun percuma karna diatas 4K uda kaya asma kelas berat. torsi 375nm terasa plenty, saya pindahin gigi 6 rev 1500 flat out dan mbl masih terasa narik kuat climbing its speed sekalipun jalan menanjak sblm harus angkat gas di 150kmh karna traffic dan err wait next part.

Di jalan biasa yang hrs bnyk nyusul.. mode sD atau mode sport dgn mindahin tuas kesamping tampa aktifin shiftronic Terasa pling pas lockup terasa lebih cepat dan shift jd lebih firm meski terasa kasar...
Fc di tol dgn pemakaian kasar n sering flatout by mid dpt 9-10kml, dalkot normal 7-8kml all by mid :D kondisi mesin masih inreyen blm sampai 1000km seharusnya bisa lebih baik lagi.


jd apa kesimpulany?mesin yang halus baik suara dan getaran, Powerband puma ZSD422 engine ini luas mulai dari 1500 - 3700 torsi terasa menyenangkan, pling enak manfaatin powerband nya dari bawah. Jika disuruh sprint 0-100 hasilnya biasa saja sekitar 12.x s *from various source* namun di jalur yg tepat dan cara yg tepat untuk manfaatin torsinya terasa amat nikmat dan effortless

Jika mesin terasa sopan dan modern, Transmisi 6speed ini terasa raw, shift shock sering terasa terutama di mode MT downshift 2 ke 1, upshift terasa menyenangkan dan cepat... di mode D sekalipun masih sering kerasa shiftshock.. saat jalan awal dengan santai perpindahan gigi 1 ke 2 terasa sluggish,TC bisa slip sampai 3K lebih, namun bisa lockup di kecepatan relatif rendah dan cepat.

Adaptive Logicnya sendiri berperan aktif, dari mulai pertama bawa hingga hari terkahir terasa perbedaan shiftpoint nya ke arah lebih baik. Juga lockup point yang berubah tidak sekalu di 30kmh, kadang lebih cepat kadang lama, meski masalah di sistem ini tetap sering salah mengenali kondisi yg tepat. Untungnya ada mode shiftronic untuk kondisi ini.

Sebagai pembanding A340 toyota hilux lockup hanya di kecepatan 80kmh,sedangkan ranger tergantung kondisi dan adaptive logic bisa as slow as 30kmh. namun sebelum lockup TC slipnya toyota tidak separah ranger.

TC slip sendiri berfungsi untuk launch pada saat memangku beban berat atau sedang narik beban sekaligus pada tanjakan extrime, dengan TC slip,dari diam flatout rev bisa langsung manteng di 3K di dalam rentang powerband, dan efek multiplying torque TC makin besar. Oyah towing capacity ranger mencapai 3.5T jauh lebih banyak dari fortuner 2T atau hilux 2.5T.

Suspensi handling
Despite it monstrous size.... ranger surprisingly easy to drive around town.. stirnya kecil hampir seukuran hatchback namun memutarnya kerasa pas, tidak seberat PS tidak seringan most eps. Di bantu steeringrack yang baik,... stir terasa lively gerak badan mbl melewati lubang2 kerasa di stir sekalipun saat ban blkng yang masuk lubang atau jalan yg g rata. Steering rack berjenis rack and pinion juga baik, sangat baik malah..stir terasa connected dengan roda. Ratio stir yang cepat berada di ranah SUV crossover macam crv captiva XV, atau bahkan few HB n sedan lock to lock berada di 3.1x masih blm secepat fiesta yg kurang dari 3 putaran.

Namun jauh lebih baik dari ladderframe suv/dcab lain seperti hilux kurang lebih 3.75x atau triton 4.4x... ini membuat stir terasa responsif saat diputar pengendalian jadi lincah karna effort memutar stir lebih dikit,dan terkesan nurut, bgtu juga saat parkir yang harus mutar stir dari sisi kanan ke kiri yang kini jadi perlu muterin lebih dikit.

Image

Bicara stabilitas sekalipun berbody jangkung bodyroll nya masih terasa baik minim di banding suv ladderframe seperti fortuner n dokar dipadu responsif steering nyupir ranger terasa lincah dan ga kerasa sedang bawa doublecabin berukuran monstrous. Well lebar memang cukup 1.850mm atau hampir sama dengan captiva, yang harus di perhatikan adalah ban belakang saat belok. Dengan body belakang ringan dan suspensi keras, seharusnya ranger ini lebih cendrung oversteer, namun saya cornering extrime tetep di kondisi netral... well imho ESP nya kerja keras. More on ESP n offroad section :D

Dengan berat kosong 2T dan GVW official mencapai 3,3T suspensi ranger harus memiliki springrate perkasa :D. selain itu kastany sebagai kendaraan comercial tentu membuat comfort berada di priority ke sekian, namun doublecabin bearti harus menjadi sebuah crossover dengan suv. Apalagi ini adalah ranger wildtrak yang diposisi kan sebagai alternatif suv dan penunjang lifestyle, Bukan comercial dcab murni. Most modern dcab suffer from rear suspension bounce.. when the load were empty. Akibat spring rate leafspring untuk payload tinggi. Produsen harus berkompromi antara comfort dan kapasitas angkut.

So how about wildtrak? First membandingkan dengan triton atau hilux, rear bounce d wildtrak ini jauh lebih baik, bahkan saat melewati polisi tidur rear leafspring tidak terasa kaku layaknya dcab atau most pickup dan masih memberikan dampening yg lembut. Jika dcab lain bagian suspensi depan dan blkng terasa berbeda dimana depan lembut layaknya suv blkng keras, di wildtrak terasa hampir balance depan dan belakang. Memang dibelakang masih kerasa lebih keras namun tidak sejomplang dcab lain. Di jalan ancur termasuk poldur n speed grid kualitas ridenya sudah mendekati suv ifs ladderframe seperti fortuner, namun masih jauh dibanding suv crossover macam subaru xv.

Berbeda dengan di jalan aspal mulus atau saat melaju kencang di tol, somehow di jalur aspa lyang sedikit imperfect tidak terlalu rata, suspensi blkng justru malah kerasa bouncy. Imho ya kembali karna baknya kosong dan terlalu ringan. Its done a good job for bad road, speed barrier atau rintangan besar, namun saat kena minor road imperfect leafspringnya masih terasa terlalu kaku. Mungkin mengambil 1 leaf bisa jadi jalan keluar hehe :D

Offroad Gimmick
Wildtrak should be exceptional offroad.... why? Not only equipped with some proper 4x4 stuff such as a Center Difflock and Low ratio transfercase this truck also have a Electronic Stability Progame, Traction Control and Hill Decent Control its a high end suv stuff! the only missing is a axle differential lock, saddly Indon ver got spec down. If you looking a truck with more well offroad equipped go to Mazda BT50 Pro that has a rear differential Lock.

Image

Welcome to our secret playing field... :D sort of... what interested me the most is how well the traction control work? how well the Hill Decent Control Act as a Low gear substitute?.. how much the suspension travel and how well its crawl...

The track was simple.. just minor steep incline, with different level of height on both left right wheel also with front and rear axle.. so we could test diagonal or cross axle traction.. Something that regular 4x4 without axle difflock or a good traction control will hopelessly get stuck. The ground rule .. i must go through the obstacle as slow as possible. So no momentum point here.

First lets try on 2H semua di default seperti daily drive... arahin ke rintangan... ban depan kanan masuk kecerukanan pertama, rear axle still able to push and moving forward naik ke rintangan.. giliran ban belakang kanan masuk.. thats it, ban kiri di posisi compress max, kanan di extent max but merely touch the ground and loose traction.. next few milisecond traction control kick in.. di tandai buzzer dri abs dan icon kedip2... namun yang aktif adalah TCS powercut.. terbukti tenaga langsung hilang ngebatasin slip dan mbl tetap stuck.

Image

Next i switch to 4H berkat bantuan front axle mobil bisa gerak well few cm away sebelum giliran ban depan kiri yang ngangkat di udara than stuck juga.. here it is a cross axle traction test! karna masih stuck aja.. gw coba teken lebih dalam sampai 2000rpm.... useless kombinasi GB slip dan TCS yg mencoba powercut masih g bisa.. baru setelah diteken ke lebih 2500rpm.. finaly the real Brake LSD TCS kick in ditandai buzzer abs lain yg g kalah ribut dan suddenly mbl gerak naik rintangan.. TCS mulai pulse brake ban yg hilang traksi untuk ngalihin daya ke sisi yg punya traksi... Penasaran... balik lagi ke bawah.. masih di 4H kini dengan menekan tombol ESP off 3-5s.... lewat rintangan yang sama.. stuck juga di tempat yang sama.. still got GB slip tp kini ga ada power cut dan rev lebih mudah naik ke 2500 dan ban spin more freely... i also notice that its need few spin on the tire before brake LSD TCS working... terakhir turun lagi coba rintangan yang sama kini pindah ke 4L, setelah switch di pindah ke 4L sambil jalan sekalipun.. komputer akan nunggu mobil berhenti dan pindah ke N baru TC pindah ke 4L. di mode low gear.. kini mbl terasa jauh lebih ringan.. meski gejala TC slip masih sangat terasa, saat stuck cukup teken gas aga dalam rev naik ke 2.5K dan brake LSD jalan flawless ngantasin rintangan tersebut. Next i stayed outside and lets someone drive the car.... i notice the brake LSD work like a pulse/ngerem dikit-dikit ban yg hilang traksi. instead completely brake the wheel seperti yg terjadi di suv yg bener2 highend seperti rangerover jeep atau bahkan subaru. Kemudian responnya tidak langsung, butuh beberapa putaran ban slip dan rev sekitar 2.5K sebelum tcs kick in. at least its work.. and probably could safe you from dire situation and a good alternative than an expensive real axle difflock.

urusan ngerayap di 4L dengan gigi 1 yang sangat rendah seharusnya enak sekali. namun sekali lagi berkat TC nya yg slip di kondisi idle. sering tetap harus memberi rev setidaknya 1.5K range turbo untuk melewati ringan.

Image

Travel suspensi... err ummm yg depan not much.. as expected dari swaybar tebalnya.. dan ini trade off dari capabilitas handlingnya yang baik. Sedangkan yang belakang meski sekali lagi spring ratenya tinggi sehingga butuh kontur extreme untuk membuatnya flexing.

Image

Ok cross axle steep incline sudah.. sekarang di balik jadi decline.... mode 2 H with HDC engage... HDC harusnya bisa menahan kecepatan tidak lebih dari 7kmh dan dapat di atur oleh tombol cruisecontrol. Baru jalan beberapa meter angkat gas HDC sudah kickin lagi-lagi di sertai buzzer abs yang ribut.... head straight to first drop kini ban kiri depan yang akan turun pertama... its scary i must not press brake while car run felt bit too fast. I keep try to decrease the speed with cruisecontrol button, but its already on lowest speed, wait here come first drop.. bit too fast then the hdc violently brake... harshly and ngagetin.. karna buzzer terdengar makin kenceng.. its doesnt smooth i must say, next few milisecond i felt the nose just dive saat ban kiri depan drop ke titik terdalam, di ikuti pantat blkng ngangkat dan ban sudah ga napak ke tanah. My butt o meter feel that this car on tip point hanging only with 2 wheel.. next milisecond HDC membiarkan gerak lagi dan lolos melewati rintangan. Not a pleasant experience i must say. Next try with proper 4L gearbox di mode manual gigi 1 dan langsung menuju drop hole yg sama.... mbl merayap even slower than 2H with HDC, dan tentu ga ada buzzing berisik dari abs namun.. sekali lagi karna slip di gb di kecepatan rendah ini engine brake tidak berjalan sesempurna seharusnya... ada sedikit loss sblm menahan... sehingga tetep harus dibantu pedal rem manual... sekalipun bgtu tetep terasa lebih secure dari menggunakan 2H+HDC. well tentu bisa saja 4L+HDC for ultimate control. HDC seharusnya bekerja paling optimal diturunan licin saat hujan.. dimana ga boleh neken rem sembarangan, dan engine brake di mbl tampa lsd jd kurang efektif. Sayang sedang dry season.. rada sulit nyari turunan lumpur licin tampa ngerusak err *paint job*.

Image

Saat ban terangkat dari tanah atau berada dikondisi minim traksi HDC ngerem ban tersebut agar torsi engine brake tidak terbuang percuma ke ban yang tidak punya traksi tersebut.

Image

Ada 1 pertanyaan lagi yg blm terjawab.. karna di versi oz kebanyak dcab yang sudah ber ESP tidak memiliki LSD... atau malah memiliki rear difflock sekalian. Lalu gimana di ranger indo? Ngubek2 artikel blm nemu sumber yang terpercaya. Ok! Coba saja old skul way.. lets create a burn out. Mumpung ada lapang sepi.... :D spin saat power launch di ranger amat mudah.. flat out dari standstill uda bikin ban berputar bebas.. tentu harus mematikan powercut dulu atau ESP malah teriak saat spin.. namun yg di cari harus.. bikin dust storm... :D so esp off.. 2H gigi 1 .. left foot at brake pedal and flat out.... rev langsung teriak ke 3K desingan turbo,sepersekian detik berikutnya kabut debu sudah kebul dibelakang.. kemudian pantat mobil terasa mulai geser 50 cm ke kanan.... tanda klw 2 roda di rear axle spin berbarengan.. well good sign... rem lepas biarkan mbl maju beberapa meter gaining speed kemudian banting kanan..... dan... masih kondisi burn out masih tebel feeling ane seharunya akan jadi oversteer dan ekor ngebuang ke kiri ya *ngesot* namun mbl hanya berbelok u turn stay on the proper line.. even thought stormdust chasing on its tail.. with two rear wheel spun out of control.... ouchh esp just kick in yo.... dia mengerem ban depan secara individual menkoreksi arah tetap pada garis seharusnya... keluar dari mbl dan terlihat 2 garis solid di permukaan tanda LSD berkerja dengan baik. Jadi sebelum mbl jalan pantat masih liar dan mudah bergerser... setelah mbl jalan.. sulit sekali ngegeser2 nya sekalipun muatan kosong. So this is how ESP work.

Image

Tombol ESP di dashboard hanya menon-aktifkan PowerCut TCS. Sedangkan BrakeLSD TCS dan ESP sendiri tetap aktif. Untuk menonaktifkannya? Dunno.. must dig the manual book.. probably through some switch combination or even need to take the fuse off.saat HDC,TCS Power Cut atau TCS Brake LSD aktif.. buzzer ABSnya brisik dan ngagetin bener "DRRRrrrTTTT"... untung saat ESP aktif di jalan raya tidak seberisik fitur di atas

Dengan GC 237mm departure dan approach angle baik.. tidak sekalipun bagian body ranger menyentuh tanah dalam test ini.... :D sekalipun kena bagian2 penting sudah di lindungin oleh skidplate baja, dan bagian yg sering terbentur seperti bemper terbuat dari plastik lentur.

Image


Verdict
Very well equipped mulai dari cool gimmick like a voice command fancy leather seat and cool wildtrak badge, sampai fitur keamanan kumplit... :D monstrosity size but surprisingly nimble and agile.. good and responsif steering, torquey engine with wide powerband and very refined... :D relatively comfort and handle like a suv. it could be a perfect dcab... if only its GB 6AT could be better... too much slip.. crawl <30kmh felt sluggish and must rev it hard pass 3K untuk berakselerasi cepat,tentu jadi inefficient juga karna mesin haru rev tinggi di kecepatan rendah terutama di tanjakan lebih baik segera pindah ke mode manual dan ganti gigi lebih tinggi dan lockup lebih cepat, But pass 30kmh let the GB lock up....... then the fun just goes on and on blowing its torque away eating every steep hill like its is still starve to death.. :D once its lockup.. no more slip even shift jadi cepat dan sigap sekalipun hentakanya jadi terasa, tidak terasa rev ngambang karna slip. Engine brake dan aksel jadi terasa lebih baik and *connected* just like MT.

Doesnt need AT? Just get the 6MT especialy XLT 3200cc 200ps varian hehe 470nm + short throw gb + agile truck should be alot of fun :D feature yg imho penting n missing ESP + TCS dan 4 airbag. Dan terbebas dari tc slipnya hehe :D

Dengan harga on the road bandung 414jt. It is among the most expensive dcab along with BT50pro dan Dmax rodeo 3.0 AT. Namun jika melihat fitur yang di milikinya dan dibanding dengan SUV ladderharga itu jadi sangat value for money.... dmn suv ladder 4x4 setidaknya harus 100jt lebih mahal dengan fitur yang tidak selengkap wildtrak. Bahkan dibanding suv ladder 4x2 wildtrak masih lebih murah dan bisa di adu fitur hingga handlingny. Memang trade off nya hanya bisa 5seater, ada kir ,harus beli penutup bak berkunci lagi untuk mengamankan bagasi, juga suspensi yang masih slightly dibawah SUV IFS. Seharusny ngurangin lembar leafnya sudah bisa membantu.

Cant wait for the everest it should be even better :D

What i like
+ Refined and quite Engine
+ Puma ZSD422 150ps 375nm
+ Wide Powerband
+ its steering, fit in on monoque FISS SUV territory, responsif, fast steering ratio, weight is good and very lively.
+ Comfort is pretty good for a dcab,bagian bak yg ringan dan leafspring untuk ngangkut 1.2T tidak terlalu menggangu di jalan ancur atau poldur, yet stil a level lower than a ladder suv teritory
+ Bodyroll and stability among the best on ladderframe suv n dcab even though still noticeable, yet easy to control, especialy ESP always ready to baby sit us :D
+ Well featured interior with hightech gimmick voice command,dualzone climate,auto headlamp,and so on
+ Cool looking Wildtrak branding and styling
+ Spacious cabin both 1st and 2nd row
+ 4Airbag, ESP,HDC,TCS,ABS,BA,Trailer Sway assist, well equipped safety feature
+ Good firm shifting 6speed auto gearbox but only after lockup
+ old school 4x4 reliability with a low gear meet high tech 4x4 with Brake LSD Traction Control
+ one of the highest load and towing capacity

What i dont like
- Too much slip on the Torqueconverter.
- Painfull and sluggish when climb at low speed <30kmh or berfore Torque Converter lockup...
- Traction Control brake LSD is good to have and definitely work, yet still not on the level of a jeep, landrover or even subaru
- Transmision Shiftshock sering terasa kasar saat shift,trutama d lowspeed gb kurang refined
- Bouncy on highway
- few build finish still felt rough.
- Inden lama

Image

hope u enjoy a long reading :big_peace:
Last edited by billyd1773dz on Mon Sep 15, 2014 16:46, edited 1 time in total.
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: [Review] Ford Ranger T6 Wildtrak 6AT 2.2ltr 2014

Post by haristk7 »

*ngeces* *ngiler* *jadi kepengen punya Ford Ranger*

enteeeee tanggung jawab bil, gw ngeces ngebet pengen punya Ford Ranger !!! gila juga ini equipment si Ranger, sangat well equipped, bahkan mengalahkan SUV yang benar2 murni buat angkut penumpang..mobil ini udah gw masukkan ke top 10 mobil impian gw..dan semua gara2 ripiu ini...

aniwei kalo ada review lagi keknya gw harus manggil ente buat foto2nya, keren abis euuyy foto2nya.. :big_exellent:

btw itu di pillar B ada tulisan Airbag ya ? berarti ada 6 bil, curtain airbagsnya ada di pillar B...

ripiu lagi bro ! ditunggu nih dari gw:

- Toyota Land Cruiser LC200
- Toyota Land Cruiser Prado J150
- Toyota FJ Cruiser
- Subaru Forester SJ
- Jeep Grand Cheroke
- dan SUV/Pickup/Dcab 4x4 lainnya

:mky_03:
Last edited by haristk7 on Mon Sep 15, 2014 16:36, edited 1 time in total.
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: [Review] Ford Ranger T6 Wildtrak 6AT 2.2ltr 2014

Post by Turboman »

wah ini FR dgn poto2 yg sgt oke

Yg motret um Billy sendiri ?

Boleh tahu gear-nya pake apa aja...body / lens / filter ?

Itu di poto paling bawah kamera masukkin casing underwater kah ?
User avatar
suvmania
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 261
Joined: Fri May 10, 2013 11:33

Re: [Review] Ford Ranger T6 Wildtrak 6AT 2.2ltr 2014

Post by suvmania »

pertama2, ane mau bilang ini review dengan foto2 yang terbaik.. profesional sekali fotonya, kak bil... warna yg digunakan kayak bisa menceritakan keadaan mobilnya dalam tiap2 momennya.. luar biasa sekali kak... :off_good_job:

selanjutnya adalah review yang sangat lengkap, bener2 detail dari sisi enjineeringnya.. memang gaya ente ya bil menggambarkan sisi enjineering mobil ke level dummy kayak ane biar bisa paham :mky_02:

gak nyangka juga dcab kayak gini kelengkapannya jauh lebih dari cukup.. bahkan suv banci di rumah ane aja gak selengkap ini fiturnya haha
itu layar radio nya mirip dengan focus ya..
soal plafon yang goyang2 kalo lampu nya diteken, itu juga ane temukan di new focus sodara.. kayak gak solid dan melayang itu tongolan lampu..

jok kulit dengan stitching orange nya juga bener2 cakep ya... gagah bener ini mobil..

oh ya, itu kira2 mesinnya tahan biosolar gak ya? secara ini target marketnya menurut ane adalah sebagai mobil lapangan buat pengusaha2 kaya yang mau gaya tapi tetep bisa ngelewatin medan yang berat.. contohnya kalo di sumut - aceh untuk pengusaha2 sawit gitu.. jadi pasti banyakan pake di kebun dan pasti susah nemu itu DEX...

dan akhirnya ane jadi ngiler sama D-cab gara2 ente kak... duh potong atep dimana potong atep... :ngacir:
Daily Tol Japek Beater :big_smoking:

Even Plate: 2018 RU1 SE
Odd Plate : 2008 W204 C230
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15551
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Review] Ford Ranger T6 Wildtrak 6AT 2.2ltr 2014

Post by ChZ »

ini dia yang ane tunggu-tunggu dan todong di WASeM...... akhirnya meluncur juga repiu nya :mky_02:

a proper repiu as always by master rendem....errrr... lumpur.... :mky_02:

yez... a proper offroader should have less chrome and more spartan things :big_smoking:

so that sums it up..... it's quick and agile for a truck, yet still can do proper "mud job"? dan untuk segala equipmentnya 414jt terasa sangat worth sekali. :mky_02: kelemahan terbesar di errr........... slip TC dibawah 30km/h?

baca repiunya kayak beneran nyetir mobilnya.... mastah lumpur betul betul luar biasa :mky_02:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
genisukma
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: Sun Apr 20, 2008 18:38
Location: surabaya

Re: [Review] Ford Ranger T6 Wildtrak 6AT 2.2ltr 2014

Post by genisukma »

Aku lbh tertarik foto2 nya ketimbang review nya
Wkwkwkwkwkwk.
Note : butuh saran utk item piggy back
Utamakan tidur nyenyak drpd makan enak;
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: [Review] Ford Ranger T6 Wildtrak 6AT 2.2ltr 2014

Post by liep »

mobil di ripiu bgini jd lbih keren, mantap poto2e...
glendotan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 504
Joined: Thu Jul 21, 2011 5:44

Re: [Review] Ford Ranger T6 Wildtrak 6AT 2.2ltr 2014

Post by glendotan »

Ruaarrrr biasaa...... lama-lama SM punya magazine nih...
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [Review] Ford Ranger T6 Wildtrak 6AT 2.2ltr 2014

Post by maskopat »

om bil, ente fotografer otomotif ya? :big_exellent:

ane baca reviewnya, banyak yang gak paham istilahnya... lieur.
tapi yang paham teknis pasti ngerti.

superb review om... :big_exellent:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: [Review] Ford Ranger T6 Wildtrak 6AT 2.2ltr 2014

Post by amfibi »

Nice review & photo :D



*biarpun puyeng2 dulu nyerap nya :ngacir:
User avatar
v63000
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 151
Joined: Thu Feb 13, 2014 4:57

Re: [Review] Ford Ranger T6 Wildtrak 6AT 2.2ltr 2014

Post by v63000 »

Nice review dengan Foto foto yang sangat bagus dan terlihat profesional sehingga bisa menggambarkan isi reviewnya salut :big_exellent: :big_exellent:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9649
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: [Review] Ford Ranger T6 Wildtrak 6AT 2.2ltr 2014

Post by Suryaputra »

Fotonya kerennn be-ge-te :mky_02:

Gaya bahasanya juga unik :mky_02:


Body & Lens pake apa aja om ?...
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: [Review] Ford Ranger T6 Wildtrak 6AT 2.2ltr 2014

Post by montirangin »

iya itu berapa org yyg ngambil foto yaa..bagus banget
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3691
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: [Review] Ford Ranger T6 Wildtrak 6AT 2.2ltr 2014

Post by sandal »

Bro billy, very superb photo and very superb review :mky_02: :mky_02:
Muantep bgt fotonya dan jg reviewnya.
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
User avatar
ALX7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 379
Joined: Wed May 01, 2013 4:43
Location: Jakarta

Re: [Review] Ford Ranger T6 Wildtrak 6AT 2.2ltr 2014

Post by ALX7 »

:mky_02: :mky_02: :mky_02:

Superb review, superb photograph... bro billy :big_love:

:big_exellent: :big_exellent:

Image
klo diperhatikan roda belakang nya kok agak bengkok keluar bagian bawahnya, apa semua DCab 4x4 semua spt itu yah? ato cuma di Ranger ini aja?

Turboman wrote:wah ini FR dgn poto2 yg sgt oke

Yg motret um Billy sendiri ?

Boleh tahu gear-nya pake apa aja...body / lens / filter ?

Itu di poto paling bawah kamera masukkin casing underwater kah ?
tumben mod Turbo yg ditanya malah teknis fotografi nya...


spt nya bukan pake canon ato nikon, tebakan saya pake SONY...
CMIIW :big_grin:
I am a Driver... not a Racer...
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: [Review] Ford Ranger T6 Wildtrak 6AT 2.2ltr 2014

Post by madcat015 »

WONDERFUL ripiu Bil... :mky_02:

*dasar sotoy, master lumpur di suruh ripiu Sipik FB, malah ga jadi. Eh, megang DCab, lgs ripiu nya jadi kelas ripiuer dunia...*

Luar biasa Bil... penjelasan yg menyeluruh meski otak ane harus jogging ekstra keras mencerna kalimat demi kalimat... dan potografi kelas dewa... kudos to you, bro :mky_02:

Owh, ane baru tau, tranny nya masih kurang refine ya Bil... :big_slap:

Tapi bukannya mobil DCab biasa robust dan ga sehalus mobil kota? :ungg:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
Xous
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1239
Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
Location: Surabaya

Re: [Review] Ford Ranger T6 Wildtrak 6AT 2.2ltr 2014

Post by Xous »

sy jg ikutan nanya, pake bodi n lens apa neh? *iki trit montor opo photo toh yoh.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [Review] Ford Ranger T6 Wildtrak 6AT 2.2ltr 2014

Post by maskopat »

ALX7 wrote::mky_02: :mky_02: :mky_02:

Superb review, superb photograph... bro billy :big_love:

:big_exellent: :big_exellent:

Image
klo diperhatikan roda belakang nya kok agak bengkok keluar bagian bawahnya, apa semua DCab 4x4 semua spt itu yah? ato cuma di Ranger ini aja?

Turboman wrote:wah ini FR dgn poto2 yg sgt oke

Yg motret um Billy sendiri ?

Boleh tahu gear-nya pake apa aja...body / lens / filter ?

Itu di poto paling bawah kamera masukkin casing underwater kah ?
tumben mod Turbo yg ditanya malah teknis fotografi nya...


spt nya bukan pake canon ato nikon, tebakan saya pake SONY...
CMIIW :big_grin:
roda belakang lagi traveling. sepertinya yang bagian kanan sedang dalam kondisi melar, yang kiri sedang tertekan.

kalo dari data exif pake sony a 77. beberapa pake fixed lens 50mm. lainnya ada yang pake macro dan normal zoom.
yang paling bawah dugaan ane pake action camera seperti gopro.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
MAB
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 270
Joined: Thu Feb 17, 2011 14:10
Location: Far Southwest from Jakarta
Daily Vehicle: LR Stage One

Re: [Review] Ford Ranger T6 Wildtrak 6AT 2.2ltr 2014

Post by MAB »

Review yang sangat baik, fotonya apik, salut untuk dedikasi om billyd1773dz.

Suka ama jok orangenya, sayang jok belakang kurang rebah, mungkin penumpang ga begitu nyaman untuk touring jauh.
Sekilas lihat bodi gambot, tapi ban nya imut.
Btw, si Wildtrack udah pake Anti Stall kah?

Dulu pernah pake yang 3.0L XLT tahun 2010, dipake dari baru, mobil kantor.
Buat ngurangin goyangan di bak belakang, pakai ban dalam yang diisi pasir halus, ditaro di bak belakang, kemudian bak belakang ditutup pake kanvas dan rangka melintang. Sayang sekali setelah 1.5 tahun, kira2 40ribu km, mobilnya jadi lebih boros, padahal service dan penggantian part on time sesuai saran Beres. Mungkin karena solar yang dipakai adalah solar biasa, solar industri. Mudahan dengan mesin baru, effisiensi bahan bakar jangka panjang lebih baik.
billyd1773dz wrote:The Ranger

What i like
+ Refined and quite Engine
+ Puma ZSD422 150ps 375nm
+ Wide Powerband
+ its steering, fit in on monoque FISS SUV territory, responsif, fast steering ratio, weight is good and very lively.
+ Comfort is pretty good for a dcab,bagian bak yg ringan dan leafspring untuk ngangkut 1.2T tidak terlalu menggangu di jalan ancur atau poldur, yet stil a level lower than a ladder suv teritory
+ Bodyroll and stability among the best on ladderframe suv n dcab even though still noticeable, yet easy to control, especialy ESP always ready to baby sit us :D
+ Well featured interior with hightech gimmick voice command,dualzone climate,auto headlamp,and so on
+ Cool looking Wildtrak branding and styling
+ Spacious cabin both 1st and 2nd row
+ 4Airbag, ESP,HDC,TCS,ABS,BA,Trailer Sway assist, well equipped safety feature
+ Good firm shifting 6speed auto gearbox but only after lockup
+ old school 4x4 reliability with a low gear meet high tech 4x4 with Brake LSD Traction Control
+ one of the highest load and towing capacity

What i dont like
- Too much slip on the Torqueconverter.
- Painfull and sluggish when climb at low speed <30kmh or berfore Torque Converter lockup...
- Traction Control brake LSD is good to have and definitely work, yet still not on the level of a jeep, landrover or even subaru
- Transmision Shiftshock sering terasa kasar saat shift,trutama d lowspeed gb kurang refined
- Bouncy on highway
- few build finish still felt rough.
- Inden lama

hope u enjoy a long reading :big_peace:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: [Review] Ford Ranger T6 Wildtrak 6AT 2.2ltr 2014

Post by amfibi »

Pantes aja fotonya bagus, fixed lens 50mm :ungg:
bfront
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 255
Joined: Mon Nov 21, 2011 1:20

Re: [Review] Ford Ranger T6 Wildtrak 6AT 2.2ltr 2014

Post by bfront »

ajib bener dah ini ripiu, detail sekali.
ditambah foto2nya yang buagus buagusss....!
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: [Review] Ford Ranger T6 Wildtrak 6AT 2.2ltr 2014

Post by billyd1773dz »

haristk7 wrote:*ngeces* *ngiler* *jadi kepengen punya Ford Ranger*

enteeeee tanggung jawab bil, gw ngeces ngebet pengen punya Ford Ranger !!! gila juga ini equipment si Ranger, sangat well equipped, bahkan mengalahkan SUV yang benar2 murni buat angkut penumpang..mobil ini udah gw masukkan ke top 10 mobil impian gw..dan semua gara2 ripiu ini...

aniwei kalo ada review lagi keknya gw harus manggil ente buat foto2nya, keren abis euuyy foto2nya.. :big_exellent:

btw itu di pillar B ada tulisan Airbag ya ? berarti ada 6 bil, curtain airbagsnya ada di pillar B...

ripiu lagi bro ! ditunggu nih dari gw:

- Toyota Land Cruiser LC200
- Toyota Land Cruiser Prado J150
- Toyota FJ Cruiser
- Subaru Forester SJ
- Jeep Grand Cheroke
- dan SUV/Pickup/Dcab 4x4 lainnya

:mky_03:
makasih om har wkwk :D
bole bngt.. seneng2 aja putu-putu hehehe

setau ane yg keliat dual di depan dan 2 di pilar B aja om, di pilar A atau knee ga ada....

spec resmi FMI juga g jelas lagi.... g ada d brosur nie.
suvmania wrote:pertama2, ane mau bilang ini review dengan foto2 yang terbaik.. profesional sekali fotonya, kak bil... warna yg digunakan kayak bisa menceritakan keadaan mobilnya dalam tiap2 momennya.. luar biasa sekali kak... :off_good_job:

selanjutnya adalah review yang sangat lengkap, bener2 detail dari sisi enjineeringnya.. memang gaya ente ya bil menggambarkan sisi enjineering mobil ke level dummy kayak ane biar bisa paham :mky_02:

gak nyangka juga dcab kayak gini kelengkapannya jauh lebih dari cukup.. bahkan suv banci di rumah ane aja gak selengkap ini fiturnya haha
itu layar radio nya mirip dengan focus ya..
soal plafon yang goyang2 kalo lampu nya diteken, itu juga ane temukan di new focus sodara.. kayak gak solid dan melayang itu tongolan lampu..

jok kulit dengan stitching orange nya juga bener2 cakep ya... gagah bener ini mobil..

oh ya, itu kira2 mesinnya tahan biosolar gak ya? secara ini target marketnya menurut ane adalah sebagai mobil lapangan buat pengusaha2 kaya yang mau gaya tapi tetep bisa ngelewatin medan yang berat.. contohnya kalo di sumut - aceh untuk pengusaha2 sawit gitu.. jadi pasti banyakan pake di kebun dan pasti susah nemu itu DEX...

dan akhirnya ane jadi ngiler sama D-cab gara2 ente kak... duh potong atep dimana potong atep... :ngacir:
makasih bngt bro.. :big_cat: hehehe :D just happy to discuss n share hehe :D

betul banyak yg share dgn ford lain.... wah di focus juga masih pke tu lampu ya? wkwk dikirain share di fiesta aja dan masih goyang aja tu lampu..

strip n accent Orangenya i like it too :D... represent Active and wild spirit bgt :D :D meski my first impression tergelitik juga would it better if stripnya tergantung body luar tidak orange semua hehe...

soal fuel sih as always waktu yg bisa menjawab ya.... :D yg pasti kta salesnya solar gpp... unit TD juga solar terus. engine ZSD422 defender di web nya defender sendiri ada kata support varied fuel quality and high sulphur fuel should be alright cmiiw

yet tetep aja beberapa bulan lalu ada yg mampir ke SM nanya2 ranger 2.2 nya mogok ntah karna apa.... :big_think:
ChZ wrote:ini dia yang ane tunggu-tunggu dan todong di WASeM...... akhirnya meluncur juga repiu nya :mky_02:

a proper repiu as always by master rendem....errrr... lumpur.... :mky_02:

yez... a proper offroader should have less chrome and more spartan things :big_smoking:

so that sums it up..... it's quick and agile for a truck, yet still can do proper "mud job"? dan untuk segala equipmentnya 414jt terasa sangat worth sekali. :mky_02: kelemahan terbesar di errr........... slip TC dibawah 30km/h?

baca repiunya kayak beneran nyetir mobilnya.... mastah lumpur betul betul luar biasa :mky_02:
makasih om chriss :big_cat:

kelemahan terbesarnya imho ya gearbox... slip g kira-kira di slow speed atau saat tcm decide tidak lockup, sering nyentak/shiftshock, well ga malu-malu saat shift, shockny pasti kerasa. industrial,barbar,raw u name it.. kadang jerky juga klw dia bingung shift.... namun imho sih setelah adaptive logicny dan kita sendiri biasa, jd lebih enak juga. canggung saat jam-jam pertama. setelah beberapa hari next few 100km uda lebih mendingan. apalagi di mode shiftronic sih enak hehe

DSG ecoobost aja jauh lebih sopan.

weakness lain rear leafspring springrate masih terlalu kaku, poldur jalan ancur uda forgiving, tp justru di smooth highway cikampek-bdg malah kerasa imperfect di permukaan tol mulusnya di suspension blkng .
genisukma wrote:Aku lbh tertarik foto2 nya ketimbang review nya
Wkwkwkwkwkwk.
Note : butuh saran utk item piggy back
wkwkwk sama bljr om baik putu n iseng2 nulis ngawur gini wkwkwk :D


ya di tunggu wildtrak piggyny om hehehe :D should be even better semoga 4k-5k bisa jadi usable mantep bngt tu bwat narik.
liep wrote:mobil di ripiu bgini jd lbih keren, mantap poto2e...
makasih om..... :D :D
glendotan wrote:Ruaarrrr biasaa...... lama-lama SM punya magazine nih...
iya nih.... wkwkw :D makasih om.. bru bisa nambahin ocehan ngasal aja ni wkwkwk :D
maskopat wrote:om bil, ente fotografer otomotif ya? :big_exellent:

ane baca reviewnya, banyak yang gak paham istilahnya... lieur.
tapi yang paham teknis pasti ngerti.

superb review om... :big_exellent:
errrr hobbys aja om.... :mky_03: :mky_03: wkwk
amfibi wrote:Nice review & photo :D



*biarpun puyeng2 dulu nyerap nya :ngacir:
makasih om

monggo diskusiin aja om..... sama2 belajar ni hehehe :D
amfibi wrote:Pantes aja fotonya bagus, fixed lens 50mm :ungg:
cuma dikit yg pke 50mm om..
makasih om :D
v63000 wrote:Nice review dengan Foto foto yang sangat bagus dan terlihat profesional sehingga bisa menggambarkan isi reviewnya salut :big_exellent: :big_exellent:
makasih om...
bru seneng2 aja ane putu2 ni.. blom profesional blom bisa jadi duit heheheh :D
sandal wrote:Bro billy, very superb photo and very superb review :mky_02: :mky_02:
Muantep bgt fotonya dan jg reviewnya.
thx om sandal always tried my best.. semoga g kepanjangan n g bikin puyeng wkwkw :D
Suryaputra wrote:Fotonya kerennn be-ge-te :mky_02:

Gaya bahasanya juga unik :mky_02:


Body & Lens pake apa aja om ?...
makasih bngtt om hehehe :D :D
Turboman wrote:wah ini FR dgn poto2 yg sgt oke

Yg motret um Billy sendiri ?

Boleh tahu gear-nya pake apa aja...body / lens / filter ?

Itu di poto paling bawah kamera masukkin casing underwater kah ?
maskopat wrote: roda belakang lagi traveling. sepertinya yang bagian kanan sedang dalam kondisi melar, yang kiri sedang tertekan.

kalo dari data exif pake sony a 77. beberapa pake fixed lens 50mm. lainnya ada yang pake macro dan normal zoom.
yang paling bawah dugaan ane pake action camera seperti gopro.
iyes 100 bwat om kopat :D hehe

lens pling banyak kitlens dan sedikit 50mm, ane g pke lens macro :big_childish:
montirangin wrote:iya itu berapa org yyg ngambil foto yaa..bagus banget
Xous wrote:sy jg ikutan nanya, pake bodi n lens apa neh? *iki trit montor opo photo toh yoh.
hehe sendiri om... :D

betul kta suhu2 di atas.. Sony A77 dan kebanyakan kitlens 16-105.... 50mm cuma beberapa aja, sering DOFnya terlalu tipis dan kurang wide, karna di APCS effective FLnya jadi 75mm

filter cuma protektor aja om.... g pke lighting atw alat aneh2... saya maksimalin dynamic range RAW filenya aja

yang air nyemprot itu Video Capture dari Drift Ghost-S action cam 1080/60p HighBitrate hehe :D jd kurang bening hasilnya, sulit timingny klw di mode photo.


makasih bngt yaa :big_cry:
ALX7 wrote::mky_02: :mky_02: :mky_02:

Superb review, superb photograph... bro billy :big_love:

:big_exellent: :big_exellent:

Image
klo diperhatikan roda belakang nya kok agak bengkok keluar bagian bawahnya, apa semua DCab 4x4 semua spt itu yah? ato cuma di Ranger ini aja?

Turboman wrote:wah ini FR dgn poto2 yg sgt oke

Yg motret um Billy sendiri ?

Boleh tahu gear-nya pake apa aja...body / lens / filter ?

Itu di poto paling bawah kamera masukkin casing underwater kah ?
tumben mod Turbo yg ditanya malah teknis fotografi nya...


spt nya bukan pake canon ato nikon, tebakan saya pake SONY...
CMIIW :big_grin:
makasih om... :D :D

betul dri suhu diatas... kondisi suspensi blkngnya sedang ngikutin kontur tanah, sebelah compress, sebelah extent jadi keliatnya miring hehe :D

yes i'm an alpharian :D
madcat015 wrote:WONDERFUL ripiu Bil... :mky_02:

*dasar sotoy, master lumpur di suruh ripiu Sipik FB, malah ga jadi. Eh, megang DCab, lgs ripiu nya jadi kelas ripiuer dunia...*

Luar biasa Bil... penjelasan yg menyeluruh meski otak ane harus jogging ekstra keras mencerna kalimat demi kalimat... dan potografi kelas dewa... kudos to you, bro :mky_02:

Owh, ane baru tau, tranny nya masih kurang refine ya Bil... :big_slap:

Tapi bukannya mobil DCab biasa robust dan ga sehalus mobil kota? :ungg:
makasihh om dharr.. my mentor my shifu :big_cry: :big_cry:

errr FB tu mbl :big_chicken: :big_chicken:

as always lets discuss aja bro so sma2 ngegali2 gugle hehe :D


yup... bisa dibilangi bgtu om. u could said this is a truck, a work class vehicle, whats used to be importance is robust and reliability also a bit pulling performance,while comfort and smoothness di priority ke sekian....

skrng tentu konsep ranger men"SUV kan" truck, semua improvisasinya ke arah suv like. tinggal gb aja jd ganjelan.. di everest GB tentu bisa jadi akan persis sama dgn ranger

soal reliability blm tau karna masih baru,track record yg digunakan di ford kelas berat tampak meyakinkan. torque ranting juga mumpuni 600nm hehe :D smoothness atleast should be better than old 4AT market leader ya hilux.... syangnya hilux/fortuner masih lebih smooth saat shift. atau mungkin 5AT triton jg lebih baik.

just don't put expectation too high.

meski setelah at speed, sudah lockup.. GB ini jd sangat enak.. dan gigi 6 bukan pajangan hehe.. put on 6gear flatout masih narik kuat.

gmn di piggyin atau yg 3.2 ltr wkwkw :D

MAB wrote:Review yang sangat baik, fotonya apik, salut untuk dedikasi om billyd1773dz.

Suka ama jok orangenya, sayang jok belakang kurang rebah, mungkin penumpang ga begitu nyaman untuk touring jauh.
Sekilas lihat bodi gambot, tapi ban nya imut.
Btw, si Wildtrack udah pake Anti Stall kah?

Dulu pernah pake yang 3.0L XLT tahun 2010, dipake dari baru, mobil kantor.
Buat ngurangin goyangan di bak belakang, pakai ban dalam yang diisi pasir halus, ditaro di bak belakang, kemudian bak belakang ditutup pake kanvas dan rangka melintang. Sayang sekali setelah 1.5 tahun, kira2 40ribu km, mobilnya jadi lebih boros, padahal service dan penggantian part on time sesuai saran Beres. Mungkin karena solar yang dipakai adalah solar biasa, solar industri. Mudahan dengan mesin baru, effisiensi bahan bakar jangka panjang lebih baik.
betul legroom lega... namun senderan couldbe better klw rebah lagi... kepikiran klw di bikin seperti mekanisme kursi kereta... saat reclining di rebahin jok bawah yang maju dan senderan jadi lebih rebah, toh legroom masih lega hehe :D

body jangkung.. ban 18" offsetnya kurang keluar hehe :D lebar sebenernya kalah sama colorado n maybe dmax ni.... :D

Anti Stall untuk crawl tampa neken gas om? karna matic.. tentu mesin g akan mati klw g neken gas. namun.. klw masuk rintangan/lobang, tetep harus di teken gas..... idle engine speed sering g cukup gerakin mbl... d gas aja perlu rev aga sedang karna TC slip itu.

hehe ngakalin springrate suspensi blkng ya dgn di beri beban.. wkwk :D bagaimana jika di kurangin aja leafspringnya? jika jarang bawa muatan berat berlebihan.

yup semoga engine ford ZSD 422 ini lebih bandel dari Mazda 3.0 MZR-CD /Ford WE-C
bfront wrote:ajib bener dah ini ripiu, detail sekali.
ditambah foto2nya yang buagus buagusss....!
makasih om... hehehe :D
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
WongZo
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
Location: Bandung

Re: [Review] Ford Ranger T6 Wildtrak 6AT 2.2ltr 2014

Post by WongZo »

Mantap master billy :big_exellent: , berarti karakternya agak sperti captiva yh?
Btw, nice pict lah bner" real photografer :big_love: .
ola_comoesta
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: Sun May 19, 2013 10:00

Re: [Review] Ford Ranger T6 Wildtrak 6AT 2.2ltr 2014

Post by ola_comoesta »

nice review om billy, begitu juga foto2nya yg epic :big_smile]

kalau boleh tau, om billy pernya nyetir yg manual?
kebetulan bulan lalu, ane ada kerjaan diluar kota, dan akhirnya nyetir nih Ranger. Dan versi trim yg lebih miris dari om billy punya, jadi ya lumayan shock, liat interiornya dll hahahahah. Terutama leather seatnya...wadduuhh...cakep2..Transmisi kebetulan yg saya gunakan ada manual. Dimana pengaturan 4L dan semuanya mirip cuman beda di trans saja rasanya

Hmm.. ane rasain, kopling terasa cukup empuk, tapi begitu untuk memasukkan gigi terasa agak keras untuk masukinnya. Mekanisme gigi R pun seperti biasa di sebelah 1 dengan level switch tarik keatas. Nah yg ingin ane tanyain, koq ane ya merasa even di manual enginenya kerasa kurang gahar. Torsi di tanjakan enak, dan cukup effortless, tapi ketika dijalan raya, speedo susah naik. RPM meraung terus shiftup masuk gigi 2 tapi speedo seems so sloww. Apa mobil offroad karakternya begini untuk di onroad? Kebetulan unit yg ane gunakan menggunakan solar biasa.

Dan kalau kita perhatikan dari belakang, di bagian kaki kanan dan kiri belakang ada perbedaan. Dimana tabung shocks terlihat disisi belakang setelah gardan, satu sisi sebelum gardan. Emang mobil offroad seperti ini? atau ini bagian teknik dari ford?

Untuk getaran dll ane setuju, diatas pajero/fortuner :big_smile] ..oia bluetoothnya pun mudah dioperasikan. Pairing cepat dan mudah.
leybizva
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Tue May 25, 2010 12:42

Re: [Review] Ford Ranger T6 Wildtrak 6AT 2.2ltr 2014

Post by leybizva »

Wah mau bikin review ternyata udah keduluan. Dan ini review jauh lebih keren dari yang mungkin ane bisa buat. Ini mobil emang enak banget dan value for money. 4x4 dengan fitur seabrek plus nyaman pula dipakai.

Om Billy mau tanya donk, biar lebih empuk itu leaf belakang dikurangi aja gitu?

Br, L