In-Depth Review of 2014 Mitsubishi Outlander Sport PX CVT
Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze
-
- SM Specialist
- Posts: 15500
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
In-Depth Review of 2014 Mitsubishi Outlander Sport PX CVT
hola hola....
setelah beberapa kali release liga terus, rasanya kali ini untuk tense down ane akan memberikan single review kembali....
OK here we go.....
================================
Prologue
Karena kondisi jalanan kota Semarang yang semakin tidak bersahabat untuk mobil besar, bokap memutuskan untuk membeli tunggangan harian lain yang lebih kecil, yang awalnya mau beli New Wasir, tapi karena harganya mepet, lha kok nambah dikit dapet Compact SUV, ya akhirnya di-SPK lah Outlander Sport PX 2014 brand new di Sun Star Motor, Semarang.
yah lucky me nggak jadi beli New Wasir.....
Nah, bagaimana dengan tunggangan harian yang sebelumnya (CR-V) ? Sebelumnya memang rencana mau ngejual ini CR-V, tapi karena depresiasi yang semakin kejam untuk sebuah Honda, akhirnya diputuskan untuk tuker mobil dengan engkong ane, engkong pake CR-V, dan Avanza G MT 2011 engkong dijual buat bungkus OS.... fair enough, eh?
Hingga review ini dibuat mobil ini sudah berjalan 1028KM dan minggu lalu barusan routine maintenance 1k KM... bensin pertamak.
========================================
History
Seperti biasa, tak kenal maka tak sayang....
Outlander Sport, mungkin nama ter-absurd kedua mobil Mitsubishi selain Pajero Sport yang merupakan versi "murah" dari Pajero.
Walaupun literally Pajero Sport merupakan versi SUV dari L200 Double Cabin alias Triton, tapi menurut master oprut kita billyd1773dz Triton/PS masih share common parts dengan Pajero asli, jadi sebenernya memang "turunan" dari Pajero. Kayaknya mau ikut - ikutan Land Rover, dimana RR Sport merupakan RR versi "kecil"....
Dan Outlander Sport, based on Mitsubishi GS Platform, yang pertama kali digunakan oleh Mitsubishi Outlander di Jepang tahun 2005. Jadi ya more or less Outlander Sport boleh lah disebut sebagai versi kecil dari Outlander, dan kalo disebut Lancer SUV, bisa juga, karena GS Platform ini juga digunakan di Lancer.
GS Platform, atau disebut juga Project Global oleh Mitsubishi, merupakan platform yang sama - sama dikembangkan oleh Mitsubishi pada waktu diakusisi oleh Daimler, dan sejak 2004 mereka berpisah, platform ini dikembangkan sendiri - sendiri. Daimler memodifikasi platformnya dan disebut "JS Platform" , dimana the original GS Platform masih digunakan oleh Mitsubishi untuk seluruh produk globalnya (Outlander, Lancer, ASX/OS/RVR,Delica). Ya intinya, sama kayak sharing platform yang dilakukan oleh mobil-mobil sekarang.
Outlander Sport sendiri merupakan generasi ketiga dari MPV Mitsubishi yang disebut RVR, yang dulu sempat berhenti di tahun 2002. Nggak salah nulis, emang aslinya MPV, entah kenapa dengan jenius bin sotoy malah jadi SUV yang merupakan turunan dari Outlander. Desain luar Outlander Sport sendiri merupakan adaptasi dari Mitsubishi Concept cX yang pernah dipamerkan di Frankfurt Motor Show, July 2007.
Dan untuk klasifikasi, hmmm.... sebetulnya OS ini kalo dari cabin space nya nggak jauh beda dari Suzuki SX4, tapi moncongnya yang bikin mobil ini terkesan panjang. Mesinnya juga pake 2000cc which is... kalo mau ngehantam si duo Korea juga sanggup-sanggup aja... size nya juga beda 10cm dari duo Korea... duo Korea lebih pendek 10cm dari CR-V... bingung kan? Sama.
Lawan seimbang untuk OS ini di market Indonesia hanya Subaru XV... yang juga based on Impreza. Sedangkan OS based on Lancer, so? There goes the long-lasted rivality... in different shape.
Dan unit saya adalah Outlander Sport yang barusan mendapat revisi di tahun 2014 dengan perubahan bemper depan, bemper belakang, jok belakang reclining, dan perubahan di beberapa bagian interiornya.
So yes, daripada semakin bingung ya intinya lawan OS ini ya XV, sama-sama compact crossover, fair enough, eh?
================================================
1. Exterior
At first glance, tampang depan mengadopsi "jet-fighter nose" yang jadi corporate identity Mitsubishi dari 2008 (yang akhirnya ditiru pabrikan sebelah buat mbikin New Yaris), which means, dari depan tampang mobil ini cukup ganteng. Walaupun di model facelift ini dibuat agak feminim sedikit dibanding yang pre-facelift. Sama kayak FLnya CR-V gen.3.
Yang jelas kalo dari tampang aja, CR-V gen.3 kalah garang dibanding OS.... New X-Trail aja kalah garang....
Lain cerita di bagian sampingnya, a little bit plain. Mungkin more or less kayak ngeliat VW Tiguan, 5 menit aja udah bosen. Lekukan dari pilar A ke fender malah terkesan terlalu gembung, front-end sampe pilar B kayak 100% copy paste dari Lancer terus di stretch-up pake Photoshop.... Kaca kecil di pilar C juga kekecilan, kayak VW Tiguan....
Intinya kalo ngefoto dan ngeliat mobil ini kudu dari angle yang pas.... bagian sampingnya sangat clean....... sangat membosankan.... nggak terlihat berotot kayak CX-5 atau CR-V bagian sampingnya.... velgnya juga a bit letdown, keliatan terlalu datar...
Bagian belakang, there goes another story. Salah satu alasan kenapa kalo markir Outlander Sport harus tampak depan atau tampak belakang.... karena bagian belakang sama gantengnya dengan bagian depan.... apalagi kalo diliat tegak lurus langsung, beneran ganteng...
Overall Conclusion : Ya saya suka exteriornya.... asal diliat dari depan atau belakang aja... untungnya hampir nggak pernah liatin mobil ini dari samping....
Score : 7/10
========================================
2. Interior
There goes a different story.... Jadi bingung mau mulai dari mana...
seperti keliatan di foto, monoton dan membosankan.... no drama at all. Kalo dibandingin sama Subaru XV, interior Subaru XV lebih menggugah.... At first glance ngeliat bagian interior beneran letdown terbesar dari mobil ini. Dan di versi facelift ini, dengan konyolnya Mitsubishi ngasih setir Mirage... keliatan cupu.... dimana model pre-FL malah dikasih setir mirip Pajero Sport yang lebih gagah....
Fake carbon panels nya juga looks stupid. Keliatan dibuat di tukang sticker pinggir jalan, nggak keliatan sporty, keliatan konyol? Iya. Lebih konyol daripada fake carbon panel di New X-Trail.... Walaupun sama-sama stupid nya....
Another stupid carbon panel....
Tombol AC yang keliatan.... yaa sedikit ngasih kesan mahal karena modelnya nggak kaya knop kompor...
Center Console, bagian atas bisa buat naroh hape....
Seluruh material dari hard plastic yang nggak jauh beda dari Suzuki SX4, malah SX4 di beberapa bagian lebih solid.... di OS? See pic below...
Walaupun bisa dibenerin pake tangan, tapi ini mobil yang usianya 2 minggu, lho?
Belom lagi tombol INFO yang digunakan untuk ngubah tampilan MID, waktu dipencet plastiknya ikut goyang keliatan banget assemblingnya nggak bagus. Nggak kebayang rattlingnya mobil ini setelah 1-2 taun....
Adapun bagian favorit saya.... clusternya. Modern dan informatif sekali. Walaupun sekali lagi, kekaguman saya berubah waktu mengamati tacho dan speedometernya kayak tempelan, keliatan cheap....
Dan bagian yang paling nggak terduga :
Service reminder yang jarang ada di mobil sekelasnya (Subaru XV lupa ada apa enggak), yang jelas untuk mobil seharga ini, suatu langkah bagus untuk memberikan edukasi tentang pentingnya servis rutin pada kendaraan...
Accomodation
Mungkin soal akomodasi menjadi isu yang sangat sensitip di OS. Kelemahan OS batch lawas adalah sandaran jok yang terlalu tegak dan nggak bisa recline, dan di OS FL ini, jok bisa recline dan bisa direbahkan hingga 7 derajat.
Walaupun soal legroom lebih horror dari Subaru XV....
Bagasi yang cukup ngepas.... nggak terlalu spacey, lantai dek juga tinggi.
Conclusion : Cheap feeling interior, stupid fake carbon panel, bad assembling, also bad accomodation, tapi mengingat harganya jadi ya cukup wajar lah, CR-V yang lebih mahal aja nggak bisa dibilang lebih bagus finishingnya.... Hyundai Tucson yang lebih mahal juga nggak lebih bagus dengan plastiknya yang malah mirip LCGC...
Score : 5/10
=======================================
3. Entertainment System & Features
Head Unit JVC Aftermarket yang tampilannya IMO jelek, kayak HU cungkuoan.... Responnya lemot abis, nge-scroll lagu aja lama banget keluarnya. Belom lagi nggak bisa shuffle playlist... Nggak penting sih, tapi cukup mengganggu.
Yang bagus dari HUnya, waktu kita lagi nyetir dan tangan jauh dari HU seluruh tampilan judul lagu album dst hilang, tapi begitu kita ndeketin jari ke HU, semua tampilannya keluar. Sesuatu yang sangat useful, bikin pengemudi nggak terdistraksi. HU ini juga dilengkapi koneksi bluetooth yang umm... agak repot buat koneknya, dan lebih buruk dari bluetooth di Mazda2 putus-putusnya...
Mobil ini cuma dibekali dengan speaker standar 4 buah dan 2 buah tweeter.............
dan menghasilkan suara yang............ nggak lebih bagus dari speaker standar Honda CR-V.... bassnya nggantung, kurang powerful, treble nya juga berantakan.... seriously, what is this?
Adapun beberapa features lain yang berguna :
- Smartkey
- Auto-folding Mirror, cukup keren dan memberikan kesan premium plus safety kalo di parkiran, antisipasi spion disenggol mobil lain kalo lupa nutup.
- Auto-levelling HID Projector.
- Guide lamps, lampu kota akan nyala beberapa detik waktu kita ngebuka kunci mobil.
- Keyless start/stop
- Paddleshift
- Audio steering switch
- Panoramic Glass Roof
Untuk safety, mobil ini dilengkapi dengan :
- 2 SRS Airbags
- ABS+EBD
Smartkey
HID Projector with Auto-Levelling
Ambient lighting kabin, Alphard like
Conclusion : Fitur - fiturnya surprising, bahkan beberapa nggak ada di mobil yang lebih mahal. ngebikin mobil ini punya value yang lebih baik.
Score : 8/10
==============================================
4. Driving Impression
Under the bonnet, Outlander Sport dipersenjatai mesin 4B11 MIVEC DOHC bertenaga 150PS@6000RPM dan 197Nm@4200RPM, dengan transmisi INVECS III CVT. Unit yang sama yang mengisi jantung dari Lancer EX 2.0 GT dan tentu saja, Lancer Evolution X
Walaupun Lancer Evo berturbo nggak pake transmisi CVT.....
Driving pos nya cukup tinggi dan joknya agak kurang supportif dibanding CR-V atau XV. Posisi duduk XV masih lebih rileks.
Start engine dan.... getaran mesinnya cukup kasar, insulasi kabin cukup bagus di kondisi idle, karena waktu denger dari luar, suara mesinnya cukup kasar
OK enough with the nonsense....
Pertama yang saya notice adalah setirnya yang sangat ringan... which comes out to... Nanti diliat aja.
Lalu begitu nginjek pedal gas, respon khas CVT... lemot di awal, tapi power delivery nya cukup halus. Dan begitu lepas gas.... wow... apa ini... Ada sedikit efek engine brake waktu saya lepas gas not expected from a CVT, dan somewhat ngebuat mobil berasa agak jerky, tapi definitely a good thing....
Full throttle and once again, this car surprises me. Mesinnya probably bukan the most torquey, tapi dengan spek yang biasa-biasa aja ini, torsinya cukup kuat untuk menghempaskan saya ke dalam jok. menyentuh diatas 3000 RPM torsi semakin terasa kuat.... dan menyentuh sweet spot di 4000RPM dimana letak torsi maksimum dari mobil ini. Nggak sekuat K24Z1 i-VTEC DOHC di CR-V, tapi ya cukup surprising untuk mesin dengan output sekecil ini... what an engine... Engine note mobil ini juga sangat garang, agak ngebass. Engine note nya sangat enjoyable. Yaa the same engine with Lancer Evolution.... minus turbo
Tapi bagian terbaik dari mobil ini adalah paddle shiftnya. Ketika saya coba menggunakan paddleshift, respon awal mobil yang lemot berubah jadi galak, plus perpindahannya halus. Untuk digunakan di dalem kota, paddleshiftnya sangat membantu kalo mau berakselerasi atau engine brake.
Dan yang paling penting..... menghilangkan suara menyebalkan ala CVT, "NGUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUuuuuuu........" yang bikin rev mobil ini semakin enjoyable dan bisa dinikmati, nggak kayak sodaranya yang tanpa paddleshift, engine note senikmat itu jadi nggak bisa dinikmati....
But when it comes to handling......... meh. Skeptisme saya terjawab.
Steeringnya memang ringan dan bertambah berat seiring kecepatan, tapi yah nggak membantu. Tetep minim feedback. Steeringnya terasa hambar. Nggak separah New X-Trail, ya more or less mirip kayak EPS di New CR-V lah.... agak berat dikit. Kalo dibandingin ama Subaru XV, langit bumi... Subaru XV lebih berat dan lebih banyak feedback.
Soal traksinya, Subaru wins all over, selain karena faktor AWD juga ban yang digunakan. BS Dueler HT bawaan standar OS ini sangat mudah kehilangan grip waktu hard cornering, berbeda dengan Subaru XV yang pake Continental. Chassis OS juga terasa kurang kaku, mobilnya terasa terlalu berat sedangkan struktur chassisnya nggak bisa handle sehingga suffer waktu hard cornering.
However, ada 1 hal yang sulit ditandingi XV, yaitu kemampuan OS dalam manuver dan salip menyalip dalam kota. Memang XV superior di handlingnya dan traksi AWDnya, tapi jangan lupa drawback AWD : powerloss besar. Which means OS yang FWD punya advantage di powerloss yang minim, dan tentu saja karena FWD = lebih ringan, jelas lebih lincah dibanding XV jika diajak salip-menyalip.
Dan soal kenyamanan, OS terasa a bit harsh kalo kena jalan jelek, sedikit lebih lembut dari CR-V RE Facelift, tapi kualitas dampingnya jauh kalau dibandingkan dengan Subaru XV, plus faktor ban XV yang lebih tebal dan jangan lupa, Continental.
Cara menikmati OS adalah dengan membawa mobil ini kencang menggunakan paddleshift sampai rev 4k dan melakukan manuver salip-menyalip di dalam kota. Sedangkan cara menikmati XV adalah membawa mobil ini untuk berbelok dengan kencang, disitu baru kita bisa merasakan advantage dari extra traction dari AWDnya.
Conclusion : Definitely not a perfect car.... pengendaraannya tidak spesial, feedback setir minim, tapi terobati dengan suara engine yang bergemuruh dan transmisi yang cukup refined. Yang jelas, OS ini mobil yang cukup enjoyable, untuk mid-speed cruising ok, untuk salip-salip di dalam kota lebih ok lagi.... asal jangan hard cornering....
Score : 7.5/10
===========================================
5. Verdict
Mitsubishi has gone quite good with this car. Bukan mobil yang perfect, masih banyak PR yang harus diselesaikan oleh Mitsubishi.
Tapi dengan harga dibawah 350juta dengan mobil seperti ini? Rasanya cukup sebanding dengan apa yang kita dapatkan... Beberapa fitur bahkan nggak ada di mobil yang lebih mahal, dan yang paling penting, compact SUV 2000cc yang cukup affordable. Sebagai gambaran, saya bungkus mobil ini dengan harga 319juta. Subaru XV OTR Semarang 390juta, no discount karena nggak ada barang.
Walaupun sebagai sebuah paket, Subaru XV lebih menarik karena AWD dan lebih refined. Kalo disuruh milih, saya juga akan milih Subaru XV....
The Plus side :
- Powerful engine
- Refined CVT 'box
- Useful paddle shifters
- So many features
- Easy to drive
- The AC is very cold... you will never need any rear AC vent.
- Affordable price
- Good after sales service
The Minus Side :
- The interior
- Accomodation
- No AWD trimline
- The stereo sucks, along with the head unit. Replace with a new one and get a power ampli + subwoofer.
========================================
Sekian. Enjoy reading....
setelah beberapa kali release liga terus, rasanya kali ini untuk tense down ane akan memberikan single review kembali....
OK here we go.....
================================
Prologue
Karena kondisi jalanan kota Semarang yang semakin tidak bersahabat untuk mobil besar, bokap memutuskan untuk membeli tunggangan harian lain yang lebih kecil, yang awalnya mau beli New Wasir, tapi karena harganya mepet, lha kok nambah dikit dapet Compact SUV, ya akhirnya di-SPK lah Outlander Sport PX 2014 brand new di Sun Star Motor, Semarang.
yah lucky me nggak jadi beli New Wasir.....
Nah, bagaimana dengan tunggangan harian yang sebelumnya (CR-V) ? Sebelumnya memang rencana mau ngejual ini CR-V, tapi karena depresiasi yang semakin kejam untuk sebuah Honda, akhirnya diputuskan untuk tuker mobil dengan engkong ane, engkong pake CR-V, dan Avanza G MT 2011 engkong dijual buat bungkus OS.... fair enough, eh?
Hingga review ini dibuat mobil ini sudah berjalan 1028KM dan minggu lalu barusan routine maintenance 1k KM... bensin pertamak.
========================================
History
Seperti biasa, tak kenal maka tak sayang....
Outlander Sport, mungkin nama ter-absurd kedua mobil Mitsubishi selain Pajero Sport yang merupakan versi "murah" dari Pajero.
Walaupun literally Pajero Sport merupakan versi SUV dari L200 Double Cabin alias Triton, tapi menurut master oprut kita billyd1773dz Triton/PS masih share common parts dengan Pajero asli, jadi sebenernya memang "turunan" dari Pajero. Kayaknya mau ikut - ikutan Land Rover, dimana RR Sport merupakan RR versi "kecil"....
Dan Outlander Sport, based on Mitsubishi GS Platform, yang pertama kali digunakan oleh Mitsubishi Outlander di Jepang tahun 2005. Jadi ya more or less Outlander Sport boleh lah disebut sebagai versi kecil dari Outlander, dan kalo disebut Lancer SUV, bisa juga, karena GS Platform ini juga digunakan di Lancer.
GS Platform, atau disebut juga Project Global oleh Mitsubishi, merupakan platform yang sama - sama dikembangkan oleh Mitsubishi pada waktu diakusisi oleh Daimler, dan sejak 2004 mereka berpisah, platform ini dikembangkan sendiri - sendiri. Daimler memodifikasi platformnya dan disebut "JS Platform" , dimana the original GS Platform masih digunakan oleh Mitsubishi untuk seluruh produk globalnya (Outlander, Lancer, ASX/OS/RVR,Delica). Ya intinya, sama kayak sharing platform yang dilakukan oleh mobil-mobil sekarang.
Outlander Sport sendiri merupakan generasi ketiga dari MPV Mitsubishi yang disebut RVR, yang dulu sempat berhenti di tahun 2002. Nggak salah nulis, emang aslinya MPV, entah kenapa dengan jenius bin sotoy malah jadi SUV yang merupakan turunan dari Outlander. Desain luar Outlander Sport sendiri merupakan adaptasi dari Mitsubishi Concept cX yang pernah dipamerkan di Frankfurt Motor Show, July 2007.
Dan untuk klasifikasi, hmmm.... sebetulnya OS ini kalo dari cabin space nya nggak jauh beda dari Suzuki SX4, tapi moncongnya yang bikin mobil ini terkesan panjang. Mesinnya juga pake 2000cc which is... kalo mau ngehantam si duo Korea juga sanggup-sanggup aja... size nya juga beda 10cm dari duo Korea... duo Korea lebih pendek 10cm dari CR-V... bingung kan? Sama.
Lawan seimbang untuk OS ini di market Indonesia hanya Subaru XV... yang juga based on Impreza. Sedangkan OS based on Lancer, so? There goes the long-lasted rivality... in different shape.
Dan unit saya adalah Outlander Sport yang barusan mendapat revisi di tahun 2014 dengan perubahan bemper depan, bemper belakang, jok belakang reclining, dan perubahan di beberapa bagian interiornya.
So yes, daripada semakin bingung ya intinya lawan OS ini ya XV, sama-sama compact crossover, fair enough, eh?
================================================
1. Exterior
At first glance, tampang depan mengadopsi "jet-fighter nose" yang jadi corporate identity Mitsubishi dari 2008 (yang akhirnya ditiru pabrikan sebelah buat mbikin New Yaris), which means, dari depan tampang mobil ini cukup ganteng. Walaupun di model facelift ini dibuat agak feminim sedikit dibanding yang pre-facelift. Sama kayak FLnya CR-V gen.3.
Yang jelas kalo dari tampang aja, CR-V gen.3 kalah garang dibanding OS.... New X-Trail aja kalah garang....
Lain cerita di bagian sampingnya, a little bit plain. Mungkin more or less kayak ngeliat VW Tiguan, 5 menit aja udah bosen. Lekukan dari pilar A ke fender malah terkesan terlalu gembung, front-end sampe pilar B kayak 100% copy paste dari Lancer terus di stretch-up pake Photoshop.... Kaca kecil di pilar C juga kekecilan, kayak VW Tiguan....
Intinya kalo ngefoto dan ngeliat mobil ini kudu dari angle yang pas.... bagian sampingnya sangat clean....... sangat membosankan.... nggak terlihat berotot kayak CX-5 atau CR-V bagian sampingnya.... velgnya juga a bit letdown, keliatan terlalu datar...
Bagian belakang, there goes another story. Salah satu alasan kenapa kalo markir Outlander Sport harus tampak depan atau tampak belakang.... karena bagian belakang sama gantengnya dengan bagian depan.... apalagi kalo diliat tegak lurus langsung, beneran ganteng...
Overall Conclusion : Ya saya suka exteriornya.... asal diliat dari depan atau belakang aja... untungnya hampir nggak pernah liatin mobil ini dari samping....
Score : 7/10
========================================
2. Interior
There goes a different story.... Jadi bingung mau mulai dari mana...
seperti keliatan di foto, monoton dan membosankan.... no drama at all. Kalo dibandingin sama Subaru XV, interior Subaru XV lebih menggugah.... At first glance ngeliat bagian interior beneran letdown terbesar dari mobil ini. Dan di versi facelift ini, dengan konyolnya Mitsubishi ngasih setir Mirage... keliatan cupu.... dimana model pre-FL malah dikasih setir mirip Pajero Sport yang lebih gagah....
Fake carbon panels nya juga looks stupid. Keliatan dibuat di tukang sticker pinggir jalan, nggak keliatan sporty, keliatan konyol? Iya. Lebih konyol daripada fake carbon panel di New X-Trail.... Walaupun sama-sama stupid nya....
Another stupid carbon panel....
Tombol AC yang keliatan.... yaa sedikit ngasih kesan mahal karena modelnya nggak kaya knop kompor...
Center Console, bagian atas bisa buat naroh hape....
Seluruh material dari hard plastic yang nggak jauh beda dari Suzuki SX4, malah SX4 di beberapa bagian lebih solid.... di OS? See pic below...
Walaupun bisa dibenerin pake tangan, tapi ini mobil yang usianya 2 minggu, lho?
Belom lagi tombol INFO yang digunakan untuk ngubah tampilan MID, waktu dipencet plastiknya ikut goyang keliatan banget assemblingnya nggak bagus. Nggak kebayang rattlingnya mobil ini setelah 1-2 taun....
Adapun bagian favorit saya.... clusternya. Modern dan informatif sekali. Walaupun sekali lagi, kekaguman saya berubah waktu mengamati tacho dan speedometernya kayak tempelan, keliatan cheap....
Dan bagian yang paling nggak terduga :
Service reminder yang jarang ada di mobil sekelasnya (Subaru XV lupa ada apa enggak), yang jelas untuk mobil seharga ini, suatu langkah bagus untuk memberikan edukasi tentang pentingnya servis rutin pada kendaraan...
Accomodation
Mungkin soal akomodasi menjadi isu yang sangat sensitip di OS. Kelemahan OS batch lawas adalah sandaran jok yang terlalu tegak dan nggak bisa recline, dan di OS FL ini, jok bisa recline dan bisa direbahkan hingga 7 derajat.
Walaupun soal legroom lebih horror dari Subaru XV....
Bagasi yang cukup ngepas.... nggak terlalu spacey, lantai dek juga tinggi.
Conclusion : Cheap feeling interior, stupid fake carbon panel, bad assembling, also bad accomodation, tapi mengingat harganya jadi ya cukup wajar lah, CR-V yang lebih mahal aja nggak bisa dibilang lebih bagus finishingnya.... Hyundai Tucson yang lebih mahal juga nggak lebih bagus dengan plastiknya yang malah mirip LCGC...
Score : 5/10
=======================================
3. Entertainment System & Features
Head Unit JVC Aftermarket yang tampilannya IMO jelek, kayak HU cungkuoan.... Responnya lemot abis, nge-scroll lagu aja lama banget keluarnya. Belom lagi nggak bisa shuffle playlist... Nggak penting sih, tapi cukup mengganggu.
Yang bagus dari HUnya, waktu kita lagi nyetir dan tangan jauh dari HU seluruh tampilan judul lagu album dst hilang, tapi begitu kita ndeketin jari ke HU, semua tampilannya keluar. Sesuatu yang sangat useful, bikin pengemudi nggak terdistraksi. HU ini juga dilengkapi koneksi bluetooth yang umm... agak repot buat koneknya, dan lebih buruk dari bluetooth di Mazda2 putus-putusnya...
Mobil ini cuma dibekali dengan speaker standar 4 buah dan 2 buah tweeter.............
dan menghasilkan suara yang............ nggak lebih bagus dari speaker standar Honda CR-V.... bassnya nggantung, kurang powerful, treble nya juga berantakan.... seriously, what is this?
Adapun beberapa features lain yang berguna :
- Smartkey
- Auto-folding Mirror, cukup keren dan memberikan kesan premium plus safety kalo di parkiran, antisipasi spion disenggol mobil lain kalo lupa nutup.
- Auto-levelling HID Projector.
- Guide lamps, lampu kota akan nyala beberapa detik waktu kita ngebuka kunci mobil.
- Keyless start/stop
- Paddleshift
- Audio steering switch
- Panoramic Glass Roof
Untuk safety, mobil ini dilengkapi dengan :
- 2 SRS Airbags
- ABS+EBD
Smartkey
HID Projector with Auto-Levelling
Ambient lighting kabin, Alphard like
Conclusion : Fitur - fiturnya surprising, bahkan beberapa nggak ada di mobil yang lebih mahal. ngebikin mobil ini punya value yang lebih baik.
Score : 8/10
==============================================
4. Driving Impression
Under the bonnet, Outlander Sport dipersenjatai mesin 4B11 MIVEC DOHC bertenaga 150PS@6000RPM dan 197Nm@4200RPM, dengan transmisi INVECS III CVT. Unit yang sama yang mengisi jantung dari Lancer EX 2.0 GT dan tentu saja, Lancer Evolution X
Walaupun Lancer Evo berturbo nggak pake transmisi CVT.....
Driving pos nya cukup tinggi dan joknya agak kurang supportif dibanding CR-V atau XV. Posisi duduk XV masih lebih rileks.
Start engine dan.... getaran mesinnya cukup kasar, insulasi kabin cukup bagus di kondisi idle, karena waktu denger dari luar, suara mesinnya cukup kasar
OK enough with the nonsense....
Pertama yang saya notice adalah setirnya yang sangat ringan... which comes out to... Nanti diliat aja.
Lalu begitu nginjek pedal gas, respon khas CVT... lemot di awal, tapi power delivery nya cukup halus. Dan begitu lepas gas.... wow... apa ini... Ada sedikit efek engine brake waktu saya lepas gas not expected from a CVT, dan somewhat ngebuat mobil berasa agak jerky, tapi definitely a good thing....
Full throttle and once again, this car surprises me. Mesinnya probably bukan the most torquey, tapi dengan spek yang biasa-biasa aja ini, torsinya cukup kuat untuk menghempaskan saya ke dalam jok. menyentuh diatas 3000 RPM torsi semakin terasa kuat.... dan menyentuh sweet spot di 4000RPM dimana letak torsi maksimum dari mobil ini. Nggak sekuat K24Z1 i-VTEC DOHC di CR-V, tapi ya cukup surprising untuk mesin dengan output sekecil ini... what an engine... Engine note mobil ini juga sangat garang, agak ngebass. Engine note nya sangat enjoyable. Yaa the same engine with Lancer Evolution.... minus turbo
Tapi bagian terbaik dari mobil ini adalah paddle shiftnya. Ketika saya coba menggunakan paddleshift, respon awal mobil yang lemot berubah jadi galak, plus perpindahannya halus. Untuk digunakan di dalem kota, paddleshiftnya sangat membantu kalo mau berakselerasi atau engine brake.
Dan yang paling penting..... menghilangkan suara menyebalkan ala CVT, "NGUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUuuuuuu........" yang bikin rev mobil ini semakin enjoyable dan bisa dinikmati, nggak kayak sodaranya yang tanpa paddleshift, engine note senikmat itu jadi nggak bisa dinikmati....
But when it comes to handling......... meh. Skeptisme saya terjawab.
Steeringnya memang ringan dan bertambah berat seiring kecepatan, tapi yah nggak membantu. Tetep minim feedback. Steeringnya terasa hambar. Nggak separah New X-Trail, ya more or less mirip kayak EPS di New CR-V lah.... agak berat dikit. Kalo dibandingin ama Subaru XV, langit bumi... Subaru XV lebih berat dan lebih banyak feedback.
Soal traksinya, Subaru wins all over, selain karena faktor AWD juga ban yang digunakan. BS Dueler HT bawaan standar OS ini sangat mudah kehilangan grip waktu hard cornering, berbeda dengan Subaru XV yang pake Continental. Chassis OS juga terasa kurang kaku, mobilnya terasa terlalu berat sedangkan struktur chassisnya nggak bisa handle sehingga suffer waktu hard cornering.
However, ada 1 hal yang sulit ditandingi XV, yaitu kemampuan OS dalam manuver dan salip menyalip dalam kota. Memang XV superior di handlingnya dan traksi AWDnya, tapi jangan lupa drawback AWD : powerloss besar. Which means OS yang FWD punya advantage di powerloss yang minim, dan tentu saja karena FWD = lebih ringan, jelas lebih lincah dibanding XV jika diajak salip-menyalip.
Dan soal kenyamanan, OS terasa a bit harsh kalo kena jalan jelek, sedikit lebih lembut dari CR-V RE Facelift, tapi kualitas dampingnya jauh kalau dibandingkan dengan Subaru XV, plus faktor ban XV yang lebih tebal dan jangan lupa, Continental.
Cara menikmati OS adalah dengan membawa mobil ini kencang menggunakan paddleshift sampai rev 4k dan melakukan manuver salip-menyalip di dalam kota. Sedangkan cara menikmati XV adalah membawa mobil ini untuk berbelok dengan kencang, disitu baru kita bisa merasakan advantage dari extra traction dari AWDnya.
Conclusion : Definitely not a perfect car.... pengendaraannya tidak spesial, feedback setir minim, tapi terobati dengan suara engine yang bergemuruh dan transmisi yang cukup refined. Yang jelas, OS ini mobil yang cukup enjoyable, untuk mid-speed cruising ok, untuk salip-salip di dalam kota lebih ok lagi.... asal jangan hard cornering....
Score : 7.5/10
===========================================
5. Verdict
Mitsubishi has gone quite good with this car. Bukan mobil yang perfect, masih banyak PR yang harus diselesaikan oleh Mitsubishi.
Tapi dengan harga dibawah 350juta dengan mobil seperti ini? Rasanya cukup sebanding dengan apa yang kita dapatkan... Beberapa fitur bahkan nggak ada di mobil yang lebih mahal, dan yang paling penting, compact SUV 2000cc yang cukup affordable. Sebagai gambaran, saya bungkus mobil ini dengan harga 319juta. Subaru XV OTR Semarang 390juta, no discount karena nggak ada barang.
Walaupun sebagai sebuah paket, Subaru XV lebih menarik karena AWD dan lebih refined. Kalo disuruh milih, saya juga akan milih Subaru XV....
The Plus side :
- Powerful engine
- Refined CVT 'box
- Useful paddle shifters
- So many features
- Easy to drive
- The AC is very cold... you will never need any rear AC vent.
- Affordable price
- Good after sales service
The Minus Side :
- The interior
- Accomodation
- No AWD trimline
- The stereo sucks, along with the head unit. Replace with a new one and get a power ampli + subwoofer.
========================================
Sekian. Enjoy reading....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1801
- Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
- Location: Malang
- Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31
Re: In-Depth Review of 2014 Mitsubishi Outlander Sport PX CV
pertamaaaaaxxxxx nice ripiu mod chris ditunggu review selanjutnya[emoji16]
Last edited by FRD on Tue Dec 23, 2014 13:29, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3139
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: In-Depth Review of 2014 Mitsubishi Outlander Sport PX CV
Pertamax dulu
A
A
A
A
A
A
A
Aa
Ssßsßssss
A
A
A
A
A
A
A
Aa
Ssßsßssss
engine roaring!
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1801
- Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
- Location: Malang
- Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31
Re: In-Depth Review of 2014 Mitsubishi Outlander Sport PX CV
Kalah cepet om walidwalid_007 wrote:Pertamax dulu
A
A
A
A
A
A
A
Aa
Ssßsßssss
Sent from my HM NOTE 1W using Tapatalk
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: In-Depth Review of 2014 Mitsubishi Outlander Sport PX CV
Entah kenapa banyak banget mamah mamah muda pake outlander sport ini.. Substitusi dari CRV yang muahal
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red
Re: In-Depth Review of 2014 Mitsubishi Outlander Sport PX CV
Super wide HIDnya kok ga disebut? Di dokar aja enak bgt pake hidnya apalagi di OS yg sebaran cahayanya lbh wide...
Soal blutut, kayanya hape situ yg mesti ganti deh..hahahahaha.. :ngacir
Soal blutut, kayanya hape situ yg mesti ganti deh..hahahahaha.. :ngacir
Soul Red zoom zoom
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3688
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: In-Depth Review of 2014 Mitsubishi Outlander Sport PX CV
Pertadex!!!
Nice review chris
Btw banyak kucing
Dan penasaran juga ama OS GLX
Sent from Nokia 1100 4G LTE-A
Nice review chris
Btw banyak kucing
Dan penasaran juga ama OS GLX
Sent from Nokia 1100 4G LTE-A
2017 Ignis
2021 HRV SE Improvement
2021 HRV SE Improvement
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: In-Depth Review of 2014 Mitsubishi Outlander Sport PX CV
Iya nihh HU china ga ada merk buatan 2009 di mobil ane aja blututnya lancar jaya di semua hp anenyotnyet wrote:Super wide HIDnya kok ga disebut? Di dokar aja enak bgt pake hidnya apalagi di OS yg sebaran cahayanya lbh wide...
Soal blutut, kayanya hape situ yg mesti ganti deh..hahahahaha.. :ngacir
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3211
- Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
- Location: Jombang, Jawa Timur
Re: In-Depth Review of 2014 Mitsubishi Outlander Sport PX CV
[TYCI 917]
[YKC]
[YKC]
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5684
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: In-Depth Review of 2014 Mitsubishi Outlander Sport PX CV
Emang nih mobil kalo diliat dari fitur sama harganya, bener2 value for moneynya bagus.
Fitur2nya lumayan, ada panoramic roof lagi
Model lebih suka yg lama sih, yg bemper depannya lebih garang modelnya, tapi kalahnya di jok belakang yg ga bisa reclining.
Kalo FC gimana nih chris?
Fitur2nya lumayan, ada panoramic roof lagi
Model lebih suka yg lama sih, yg bemper depannya lebih garang modelnya, tapi kalahnya di jok belakang yg ga bisa reclining.
Kalo FC gimana nih chris?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 930
- Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06
Re: In-Depth Review of 2014 Mitsubishi Outlander Sport PX CV
Hore terimakasih reviewnya mod ChZ, bisa jadi pertimbangan buat gantiin T31 gue. Gue tertarik OS karena simply ukurannya yg pas buat kota tanpa harus menurunkan statusnya jadi sekelas hrv dkk. Jadi menurut gue lebih lincah aja buat masuk gang2 di jakarta, beda sama T31 gue yg lebih gambot dan spion yg baretnya tak terhingga karena diserempet motor melulu.
Kira2 FCnya berapa ya om? Gue denger2 sih lumayan boros.
Btw nice review om
Kira2 FCnya berapa ya om? Gue denger2 sih lumayan boros.
Btw nice review om
Penikmat roti tawar beroda
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2926
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: In-Depth Review of 2014 Mitsubishi Outlander Sport PX CV
jangan lupa nilai plusnya OS 2014 ada di DRLnya
gua juga senang pas lihat os 2014 warna hitam, mantap
sayang warna hitam lebih susah ngerawatnya....
buat lampu, harus lihat dari belakang, baru tau lampunya OS itu emang lebarrrr bangettttt
coba kalau nemu OS PX lihat dari belakang pas malam2 deh
audio bawaan wajib di setting equalizernya ke vocal boost kalau mau cepat,
kalau mau lebih ribet juga ada settingannya
tetapi jujur aja,
worth apa ganya nih OS, mesti nunggu review dan test drivenya si Honda HRV
minimal secara fitur interior udah menang HRV, lom lagi tar muncul juga CX3
iya om tolong ditest donk FCnya berapa, dengar2 sih lebih irit dibanding OS 2012
gua juga senang pas lihat os 2014 warna hitam, mantap
sayang warna hitam lebih susah ngerawatnya....
buat lampu, harus lihat dari belakang, baru tau lampunya OS itu emang lebarrrr bangettttt
coba kalau nemu OS PX lihat dari belakang pas malam2 deh
audio bawaan wajib di setting equalizernya ke vocal boost kalau mau cepat,
kalau mau lebih ribet juga ada settingannya
tetapi jujur aja,
worth apa ganya nih OS, mesti nunggu review dan test drivenya si Honda HRV
minimal secara fitur interior udah menang HRV, lom lagi tar muncul juga CX3
iya om tolong ditest donk FCnya berapa, dengar2 sih lebih irit dibanding OS 2012
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 608
- Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
- Location: Lamongan - Jawa Timur
Re: In-Depth Review of 2014 Mitsubishi Outlander Sport PX CV
selamat atas mobil baru nya bro Chz..
ini foto bagian dari mobil yg sebelah mana ya mod?
waduw.. selisih harga OS vs Subby XV skrg menjadi sejauh itu
adakah yg akan ente lakukan utk meminimalisir kekurangan2 pd mobil ini terhadap pemenuhan selera ente mod?
makasi
ini foto bagian dari mobil yg sebelah mana ya mod?
waduw.. selisih harga OS vs Subby XV skrg menjadi sejauh itu
adakah yg akan ente lakukan utk meminimalisir kekurangan2 pd mobil ini terhadap pemenuhan selera ente mod?
makasi
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red
Re: In-Depth Review of 2014 Mitsubishi Outlander Sport PX CV
Denger2 ni OS udah mau dijual om..mod chris kecewa ama mobil ini..juga elang emasnya...mr-saga wrote:selamat atas mobil baru nya bro Chz..
ini foto bagian dari mobil yg sebelah mana ya mod?
waduw.. selisih harga OS vs Subby XV skrg menjadi sejauh itu
adakah yg akan ente lakukan utk meminimalisir kekurangan2 pd mobil ini terhadap pemenuhan selera ente mod?
makasi
Mau bungkus subaru sti UK version..
#sebargosip
Itu bagian stir kayanya..yg bagian tuas sein...
Soul Red zoom zoom
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1801
- Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
- Location: Malang
- Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31
Re: In-Depth Review of 2014 Mitsubishi Outlander Sport PX CV
Yg mau diganti sama STi UK kan si halliele bukan OS #sebargosipnyotnyet wrote:Denger2 ni OS udah mau dijual om..mod chris kecewa ama mobil ini..juga elang emasnya...mr-saga wrote:selamat atas mobil baru nya bro Chz..
ini foto bagian dari mobil yg sebelah mana ya mod?
waduw.. selisih harga OS vs Subby XV skrg menjadi sejauh itu
adakah yg akan ente lakukan utk meminimalisir kekurangan2 pd mobil ini terhadap pemenuhan selera ente mod?
makasi
Mau bungkus subaru sti UK version..
#sebargosip
Itu bagian stir kayanya..yg bagian tuas sein...
Sent from my HM NOTE 1W using Tapatalk
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 608
- Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
- Location: Lamongan - Jawa Timur
Re: In-Depth Review of 2014 Mitsubishi Outlander Sport PX CV
aamiinnyotnyet wrote:
Denger2 ni OS udah mau dijual om..mod chris kecewa ama mobil ini..juga elang emasnya...
Mau bungkus subaru sti UK version..
#sebargosip
Itu bagian stir kayanya..yg bagian tuas sein...
#secara pribadi, aku ngerasa agak aneh jg perihal cara dlm memutuskan membeli mobil ini
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12275
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: In-Depth Review of 2014 Mitsubishi Outlander Sport PX CV
Congrats mbl barunya mod...
Dulu bokap pernah mau bungkus OS pre FL sebelum ambil CRV RM (mikir mau ambil ini krn harganya mirip" ama crv 2.0) tapi batal ambil karena baris keduanya (gabisa rebah, headroom parah) sisanya gud lah menurut gw...
Anyway, itu antek medket kepo amat pd ngeliatin kolong OS ente mod...
Sent from Andromax C using Tapatalk
Dulu bokap pernah mau bungkus OS pre FL sebelum ambil CRV RM (mikir mau ambil ini krn harganya mirip" ama crv 2.0) tapi batal ambil karena baris keduanya (gabisa rebah, headroom parah) sisanya gud lah menurut gw...
Anyway, itu antek medket kepo amat pd ngeliatin kolong OS ente mod...
Sent from Andromax C using Tapatalk
2021 Fortuner VRZ
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red
Re: In-Depth Review of 2014 Mitsubishi Outlander Sport PX CV
Itu anteknya medket ga trima bossnya dibully di kusem karna ga objectif..ricz wrote:Congrats mbl barunya mod...
Dulu bokap pernah mau bungkus OS pre FL sebelum ambil CRV RM (mikir mau ambil ini krn harganya mirip" ama crv 2.0) tapi batal ambil karena baris keduanya (gabisa rebah, headroom parah) sisanya gud lah menurut gw...
Anyway, itu antek medket kepo amat pd ngeliatin kolong OS ente mod...
Sent from Andromax C using Tapatalk
Kok malah ane yg rajin balas ya?
#summonchris
Soul Red zoom zoom
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3688
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: In-Depth Review of 2014 Mitsubishi Outlander Sport PX CV
Wkwkwkwkwkwknyotnyet wrote:Itu anteknya medket ga trima bossnya dibully di kusem karna ga objectif..ricz wrote:Congrats mbl barunya mod...
Dulu bokap pernah mau bungkus OS pre FL sebelum ambil CRV RM (mikir mau ambil ini krn harganya mirip" ama crv 2.0) tapi batal ambil karena baris keduanya (gabisa rebah, headroom parah) sisanya gud lah menurut gw...
Anyway, itu antek medket kepo amat pd ngeliatin kolong OS ente mod...
Sent from Andromax C using Tapatalk
Kok malah ane yg rajin balas ya?
#summonchris
Betul ga objectif
#summonmodcingdimarih
..........................
Sent from Nokia 1100 4G LTE-A
2017 Ignis
2021 HRV SE Improvement
2021 HRV SE Improvement
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: In-Depth Review of 2014 Mitsubishi Outlander Sport PX CV
akhirnya....inikah yg pertama sejak berubah ijo om chz? :D
thx sumbangannya om chz
thx sumbangannya om chz
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5684
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: In-Depth Review of 2014 Mitsubishi Outlander Sport PX CV
Ini yg kedua om montir. Yg pertama yg perbandingannya fiesta sama 2 baru.
Jadi jubirnya mod chris nih.
Jadi jubirnya mod chris nih.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 300
- Joined: Tue May 03, 2011 3:14
Re: In-Depth Review of 2014 Mitsubishi Outlander Sport PX CV
ada kelihatan AVG di poto cluster om, 11,6L/100KMsintoni wrote:Emang nih mobil kalo diliat dari fitur sama harganya, bener2 value for moneynya bagus.
Fitur2nya lumayan, ada panoramic roof lagi
Model lebih suka yg lama sih, yg bemper depannya lebih garang modelnya, tapi kalahnya di jok belakang yg ga bisa reclining.
Kalo FC gimana nih chris?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 608
- Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
- Location: Lamongan - Jawa Timur
Re: In-Depth Review of 2014 Mitsubishi Outlander Sport PX CV
betul, dan itu artinya sekitar 1 liter : 8,6 kilometer.omsafety wrote:
ada kelihatan AVG di poto cluster om, 11,6L/100KM
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: In-Depth Review of 2014 Mitsubishi Outlander Sport PX CV
I haz arrived...
Seperti biasa, awesome ripiu bro ChZ... ga nyangka, OOTLander ttp aja rada2 bikin kening berkerut urusan built quality...
MID is a plus, enjin 2000cc is a big plus, CVT and EPS is a big... errr... whatever it is.
Saat launching dulu, nyaris pengen bungkus sebiji, untungnya kagak jadi. Saldo rek ga cukup...
Terkait antek ane, mereka hanya memperhatikan kolong mobil dgn lebih seksama... i gave my paws of approval...
And i approve of ze many kitteh at the photos...
Seperti biasa, awesome ripiu bro ChZ... ga nyangka, OOTLander ttp aja rada2 bikin kening berkerut urusan built quality...
MID is a plus, enjin 2000cc is a big plus, CVT and EPS is a big... errr... whatever it is.
Saat launching dulu, nyaris pengen bungkus sebiji, untungnya kagak jadi. Saldo rek ga cukup...
Terkait antek ane, mereka hanya memperhatikan kolong mobil dgn lebih seksama... i gave my paws of approval...
And i approve of ze many kitteh at the photos...
Obey the mahakitteh.
-
- SM Specialist
- Posts: 15500
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: In-Depth Review of 2014 Mitsubishi Outlander Sport PX CV
thank you bro farid.... no pertamak plees....FRD wrote:pertamaaaaaxxxxx nice ripiu mod chris ditunggu review selanjutnya[emoji16]
definitely mahmud and ababil's favorite.... banyak anak kampus ane juga pake OS.... ya simply karena harganya nggak jauh dari HB Jepangan juga sihamfibi wrote:Entah kenapa banyak banget mamah mamah muda pake outlander sport ini.. Substitusi dari CRV yang muahal
nyotnyet wrote:Super wide HIDnya kok ga disebut? Di dokar aja enak bgt pake hidnya apalagi di OS yg sebaran cahayanya lbh wide...
Soal blutut, kayanya hape situ yg mesti ganti deh..hahahahaha.. :ngacir
ummm kan dah disebut auto levelling... ya lupa nyebutin super wide nyaamfibi wrote:
Iya nihh HU china ga ada merk buatan 2009 di mobil ane aja blututnya lancar jaya di semua hp ane
setuju, enak banget itu kalo buat di tempat gelap
bwahhhh pesan sponsor ne.... dasar juragan hape
nasib hape android murah
thank you bro....sandal wrote:Pertadex!!!
Nice review chris
Btw banyak kucing
Dan penasaran juga ama OS GLX
Sent from Nokia 1100 4G LTE-A
OS GLX Manual? Mungkin bisa mengobati tarikannya yang gembot akibat CVT...
yez... cats love this car so much
thank you bro
nah makanya atas pertimbangan itu jadi bokap bungkus ini, bro toni value for money dari segi fitur dan performance.sintoni wrote:Emang nih mobil kalo diliat dari fitur sama harganya, bener2 value for moneynya bagus.
Fitur2nya lumayan, ada panoramic roof lagi
Model lebih suka yg lama sih, yg bemper depannya lebih garang modelnya, tapi kalahnya di jok belakang yg ga bisa reclining.
Kalo FC gimana nih chris?
ho oh.... yang lama bemper depannya lebih garang. sayang aja itu jok belakang terkutuk...
FCnya around 1 : 8an ya dalem kota... ya itu di atas ane pajang fotonya... 11.6L/100KM... ummm... 8.62... cukup irit kalo MIDnya ngawur ya mungkin 1:8, yang jelas kerasa lebih irit dari CR-V kok apalagi ipah VVT-i
sama sama oom yup, ukurannya nggak terlalu besar jadi ya pas lah buat SUV perkotaan.... walaupun kalo overall package ane milih XV jelas, cuma karena selisih harganya cukup gila dan Subaru lagi ngga ada stock karena kena kasus... rasanya OS merupakan pilihan bijak, dan diskonnya itu loh.... lezat banget.adty wrote:Hore terimakasih reviewnya mod ChZ, bisa jadi pertimbangan buat gantiin T31 gue. Gue tertarik OS karena simply ukurannya yg pas buat kota tanpa harus menurunkan statusnya jadi sekelas hrv dkk. Jadi menurut gue lebih lincah aja buat masuk gang2 di jakarta, beda sama T31 gue yg lebih gambot dan spion yg baretnya tak terhingga karena diserempet motor melulu.
Kira2 FCnya berapa ya om? Gue denger2 sih lumayan boros.
Btw nice review om
FCnya seperti yang ane post di atas, oom... 1 : 8an... sekitar segituan padahal nggak eco drive, bawanya juga rev up melulu, habisnya asik sih
umm enggak ada DRL, oom... adapun di batch awal itu optional alias nambah sendiriSalvanost wrote:jangan lupa nilai plusnya OS 2014 ada di DRLnya
gua juga senang pas lihat os 2014 warna hitam, mantap
sayang warna hitam lebih susah ngerawatnya....
buat lampu, harus lihat dari belakang, baru tau lampunya OS itu emang lebarrrr bangettttt
coba kalau nemu OS PX lihat dari belakang pas malam2 deh
audio bawaan wajib di setting equalizernya ke vocal boost kalau mau cepat,
kalau mau lebih ribet juga ada settingannya
tetapi jujur aja,
worth apa ganya nih OS, mesti nunggu review dan test drivenya si Honda HRV
minimal secara fitur interior udah menang HRV, lom lagi tar muncul juga CX3
iya om tolong ditest donk FCnya berapa, dengar2 sih lebih irit dibanding OS 2012
sebetulnya lawan seimbang OS itu HR-V yang 1.8, which is harganya sudah 355juta, dan diskonnya Honda kalo awal-awal pelit, sedangkan Mitsubishi enggak tau diskon gede melulu....
memang waktu liat displaynya, head turning banget sih dalemannya HR-V... cuma kalo dari segi size kayaknya masih seukuran Ecosport/Juke...
kemungkinan terbesar lawannya OS ini ya the upcoming CX-3... CX-3 kalo liat profil badan dan size nya nyata segede OS... berikut profil moncongnya yang jelas seukuran OS.... kalo dimasukin CX-3 yang 2.0, bakal jadi lawan sengit OS dan XV...
nggak tau, compact SUV ini kelasnya jadi ribet banget sekarang.... size nya cuma beda-beda dikit
FC... again... 1 : 8 oom.... dengan gaya nyetir serabutan
thank you oom....mr-saga wrote:selamat atas mobil baru nya bro Chz..
ini foto bagian dari mobil yg sebelah mana ya mod?
waduw.. selisih harga OS vs Subby XV skrg menjadi sejauh itu
adakah yg akan ente lakukan utk meminimalisir kekurangan2 pd mobil ini terhadap pemenuhan selera ente mod?
makasi
itu bagian kolom setir oom, bawahnya tuas sein, ada kayak panel nggak kepake gitu, rasanya tempat nyolokin kunci buat yang GLS dan GLX... tapi di PX kan keyless start stop jadi letaknya disitu kosong....
umm sejauh ini belom ada yang terlalu mengganggu, oom.... so far so good. mungkin next ane akan saran ke bokap masang subwoofer JL W3 dan ampli bekas CR-V dulu....
sebar gosip ndak bener melulu ni juragan hape.... yek brio yek....nyotnyet wrote:
Denger2 ni OS udah mau dijual om..mod chris kecewa ama mobil ini..juga elang emasnya...
Mau bungkus subaru sti UK version..
#sebargosip
Itu bagian stir kayanya..yg bagian tuas sein...
dijual harrier 2011.... dijual dijual.... 500juta ajaFRD wrote:
Yg mau diganti sama STi UK kan si halliele bukan OS #sebargosip
Sent from my HM NOTE 1W using Tapatalk
thank you ric....ricz wrote:Congrats mbl barunya mod...
Dulu bokap pernah mau bungkus OS pre FL sebelum ambil CRV RM (mikir mau ambil ini krn harganya mirip" ama crv 2.0) tapi batal ambil karena baris keduanya (gabisa rebah, headroom parah) sisanya gud lah menurut gw...
Anyway, itu antek medket kepo amat pd ngeliatin kolong OS ente mod...
Sent from Andromax C using Tapatalk
ya itu, drawback terbesar OS preFL adalah baris kedua yang tegak abis dan nggak bisa recline... dulu ane juga sempet mau bungkus OS PFL buat gantiin GV, tapi akhirnya cancel SPK karena berbagai macam alasan.... sekarang malah bungkus OS FL
biasa, lagi ngolong ane suruh bersihin kolong mobil pake air liur....
hushhhh sana bikin review Brio vs D-4D....nyotnyet wrote: Itu anteknya medket ga trima bossnya dibully di kusem karna ga objectif..
Kok malah ane yg rajin balas ya?
#summonchris
umm sebelomnya kan ada liga HB part 2....montirangin wrote:akhirnya....inikah yg pertama sejak berubah ijo om chz? :D
thx sumbangannya om chz
buset sumbangan emangnya duit
thank you mod ho oh.... stupid emang build qualitynya.... nggak kebayang taon depan seberapa rattling ini mobilmadcat015 wrote:I haz arrived...
Seperti biasa, awesome ripiu bro ChZ... ga nyangka, OOTLander ttp aja rada2 bikin kening berkerut urusan built quality...
MID is a plus, enjin 2000cc is a big plus, CVT and EPS is a big... errr... whatever it is.
Saat launching dulu, nyaris pengen bungkus sebiji, untungnya kagak jadi. Saldo rek ga cukup...
Terkait antek ane, mereka hanya memperhatikan kolong mobil dgn lebih seksama... i gave my paws of approval...
And i approve of ze many kitteh at the photos...
yez... displacement never lies. menurut ane 2000cc lebih pas dikasih ke compact SUV begini, daripada 1500cc yang terkesan underpowered
biar caca yang bungkus aja mod... gantiin Juke nya
ow tenang saja, antek ente ane perlakukan baik baik with some cans of whiskas
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7