great repiu om bil..billyd1773dz wrote:wow nambahin bro aris
beberapa hari lalu road trip menggunakan ertiga rental sampai finish odo mencatat 930km.. well longest TD maybe.. hehe dapet unit 2014 GX MT, km juga baru 17rb... wkwkwk
my opinion
- suspensi is good, benefit dri rear torsionbeam/semi independent kerasa sekali di jalan ancur, better dari mpv saya sblmnya *ipah* yg rigid. body roll jauh lebih dikit, steering ratio jauh lebih cepat setara hatchback... kerasa banget saat jalan berkelok2 nimble tampa perlu menggerakan stir terlalu banyak,and imho malah masih much better dri hatchback dirumah.. meski overall pengendalian masih di bawah Spin sih
-peredam suara is good and sufficient.. meski terutama urusan road noise dan suspension noise ipah G masih lebih baik...
- GC lebih tinggi dri ipah 185mm vs 176mm ipah dono terakhir( ipah gw 2009 dulu di webnya cuma 150-160mm ntah beda apanya). namun FWD dan travel suspensi lebih pendek. kemarin kita kesebuah pantai perawan yang jalanny 1 km bukan aspal rusak tp masih tanah pasir dengan akar2 pepohonan besar dan ceruk2an bekas air dalam di tanah lengkap dgn turun terjal... saat pergi aman karna turun, saat pulang... ya drama selip2 di ban depan dan beberapa kali kolong kena dan ban blkng kerasa ngangkat. *mbl sewaan habekk*... sayang no pic, kita ber 7, untungny with some effort and a lot of momentum tetep bisa nganter kita pulang meski uda ujan.. berutung tanahnya berpasir tidak jadi lumpur.
- Driving position hatchback like dan estika,secara subjektif didalam kabin saya lebih suka r3 dibanding spin, headroom berlimpah gw 170cm dri kepala ke atap lebih dri sejengkal. Jok ke 2 bisa maju mundur dan reclining dan dilengkapi handrest tengah. lucunya jika 3rd row di lipat 2nd row tidak bisa mundur maksimal. jadi untuk nikmatin 2nd row maksimal jok ke 3 harus berdiri dan 2nd bisa mundur maksimal dan jadi punya leg room lega. 3rd row.... ya tergantung sejauh apa orng di 2nd row mau berkorban majuin seatnya hehe untungya seat 2 dan 3 itu tinggi sehingga kaki tidak ngangkat sekalipun legroom terbatas.
- Engine K14 ini sweet spotnya kuat menjelang di rpm 4K enginenote dari sebelumnya kalem langsung berubah lebih merdu mesin tidak malu-malu rev sampai kena rev limiter di redline its quite fun. di rev bawah cukup kuat sampai 2k setelah itu torque dip 2k-3.5k baru mulai keluar lagi di 3.5k dan ngelonjak di 4k. selama torque dip....lemot n ngeden kosong.... siap-siap down shift tarik diatas 4K. atau ecodriving di bawah 2K yang justru malah kerasa lebih bertorsi. sayangnya di bawah 2K kadang tidak smooth power deliverynya, dan kadang jerky trutama saat glide dan transisi ke engine brake. bicara FC rute kombinasi rata-rata 13.5kml premium, mostly macet2an dalkot dan antar kota non tol dan sering tarik ke redline. so.. this engine fun on highrev torsi utk nanjak n overtaking baik selama stay on powerband... boring mid rev padahal most of the time jalur a.k.a.p pasti ada di rev ini apalagi klw berkelok dan naik turun.... low rev relatif torquey meski kadang suka jerky. selama di pke g pernah kedengar knock. pke p+ should be even better
- Transmisi MT.... throw pendek, jauh lebih pendek dari ipah dan lebih ringan saat di gerakan, vibrasi mesin minim di tuas transmisi, juga masih lebih baik dri miras MT, clutch ringan.. start dari gigi 1 tampa nekan throttl is tricky, dan g kerasa anti stall kickin seperti di spin dan apansa saat mencoba jalan tampa nekan gas. 100kmh@ 3000rpm. macet2an could be better jika mudah jalan dari gigi 1. sebenernya ratio gigi 1 uda rendah, gigi1 mostly dipke sesaat dan langsung shift ke 2, atau saat nanjak terjal. jalan di gigi 2 langsung juga bisa di bantu clutch dan gas. yang ganjel saat nikmatin rev sampai 6500 shift..... somehow.. butuh adaptasi untuk quick shift di highrpm klw asal hajar shift cepat pasti ndut2an.
-paling banyak kita isi 8 orang dgn 4 koper, dan 4 ransel hiking 20-30kg amaze karna masuk ke R3 ini.......... tarikan drop di rpm bawah, di atas masih *mayan* galak.. suspensi still well composed meski mulai ngayun,stoper tidak jedak jeduk violently karna overload. full load masih relatif mudah k 160kmh.
waktu itu pilihany nyewa apansa *bosen*, freed *expensive dan harus masuk 8 orng*, ipah *bosen yg diesel mahal*, dan.. ada tawaran ertelu, wkwk sempat ragu g masuk 8 orng sama barang2ny kta uda siap 2 balik bawa barang dulu, ya ternyata dgn sedikit pelumas bisa masuk juga dgn barangnya sekali jalan.
yg pasti g nyesel sewa ni mbl coba diesel VGT nya ada.. midrev g bakal kosong dan ga akan kurang torque wkwk meski higrevny jadi ga dapat.
just my opnion..
bicara gosip next FL katanya 4AT di gusur diganti 5AMT - Shiftronic wkwkw AMTnya unik.. karna unit transmisi persis sama dgn 5MT, clutch juga sama dgn yg MT.bedanya di tambah module buatan italy *magneti marelli gosipny* untuk actuator shift dan clutch yg jadi motorize dgn hydraulic di kontrol TCM, mungkin ada hubungan dgn AMT fiat500....
AMT seharusny akan minim atau tidak ada slip layakny MT dan DCT... lebih efficient,minim powerloss/setara MT.. dan selisih harga dan bobot dgn MT lebih dekat karna unit GB sama, beda di modul actuatorny saja. well expect some jerkyness karna ini single clutch gearbox.
lets see klw uda mendarat di sini.
versi dieselnya udah ada ya di india sono?
TD sekalian aja om..sekalian jg dibikin repiunya ciprat..kyknya blm ada disinijarijarir wrote: hasil reviewnya koq bikin ngiler ya,,, bagus bener kayanya ertiga,,,
apakah harus TD skalian pas servis ciprat ya,,,