User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3691
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013

Post by sandal »

Halo SMers di manapun anda berada :big_grin: :mky_08:
Ane mau membuat User Review dari R3 GX MT ane (padahal project Review ini sudah sejak lama, karena banyak kesibukan dan agak males bikinnya :upss: , maka baru pingin buat sekarang ui....) :big_slap: :big_slap:

=================================================================================

Kenapa saya pilih R3?

Alasan saya memilih Suzuki R3 Karena R3 (waktu itu ayah ane TD R3 pinjem punya rekan kerja ayah ane) posisi mengemudinya pas banget, yang katanya ayah ane persis GL :big_chicken: :big_chicken: . Akhirnya, pada saat setelah GL ane dijual karena udah 5 tahunan (lebih aslinya :ngacir: ), dibelilah sebuah R3 untuk ane :mky_02: :mky_02:

Langsung saja ke reviewnya :mky_03: :mky_03:

=================================================================================

1. Eksterior

Berhubung bagian eksterior sudah dibahas oleh madcat015 (link viewtopic.php?f=19&t=19399 ) maka saya ijin posting eksterior dengan POV versi saya :mky_01:

Image

Image

Menurut ane, tampang depannya cakep lho :big_smoking: sangat clean look dan tidak aneh-aneh. Grill krum juga not bad :off_good_job: IMO, lebih enak door handle sewarna bodi ketimbang krum2an karena udah agak banyak krum2an di mobil ane :big_weee:
Tampang samping ane gak bakal banyak komentar. Soalnya ane gak mementingkan lihat bagian samping :ngacir: :ngacir: . Overall very good sih bagian samping :off_good_job:

Image

Image

Image

Nah, menurut ane tampang belakang R3 kok terlalu biasa yah? :big_think: :big_think:
Apalagi rearlamp yang kelihatan “nanggung” menurut ane :ungg: dan handle bagasi yang IMO lebih enak tanpa krum2an :off_bored:
Usulan ane sih pingin tampang belakang kaya R3 Altair versi India :big_grin:

Image

Image
R3 Altair India (sumber : indianautosblog)

Image
Velg menggunakan palang 10 dan ban menggunakan Champiro Eco GT Radial 185/65 R15. Dan ane pingin juga velg jazz RS yang dipasang di mobil C**Y seperti punyanya salah satu moderator dimarih :ngacir:
Exterior : 7.5/10
=================================================================================

2. Interior

Mobil ini merupakan bagian yang sangat bagus bahkan, interior mobil ini menurut ane sangat well built dan memakai material yang bagus :off_good_job: :frm_salut:
Image

Image

Image

Aslinya HU bawaan R3 ane memakai HU Panasonic, tapi ane pake HU Skeleton SKT D319 gratisan dealer (bluetooth, TV, radio). Bluetooth, TV, AUX bisa. Tapi, baru 1 bulan pemakaian udah tidak berfungsi radionya (entah antenanya entah HU itu sendiri) :big_slap: :big_slap: :frm_bang_head: , dan ane males memperbaikinya karena gak ada waktu :upss: :upss:
Untuk tes suara, dan peredaman R3 good job! :frm_salut:
Peredaman sangat baik, road noise minim, dan tweeter membantu kualitas suara yang baik :big_grin: (pengetesan lagu menggunakan lagu Zedd – Clarity dan Stay The Night)

Untuk kursi, Punya saya untungnya sudah dibekleed, jadi tidak mudah kotor.

Image

Knob shift udah mengelupas krum2annya :big_slap:

Power Window hanya auto down, up harus ngungkit ke atas secara manual :mky_01:

Speedometer R3 mah mudah dibaca, dan ada MIDnya. :off_good_job: Bisa mengukur Range dari mobil, konsumsi bbm.
Selain itu ada pengaturan pencahayaan di bagian speedometer dengan mengaktifkan lampu (baik lampu senja atau lampu penuh) terus putar kiri atau kanan di knob bagian kanan

Interior : 9/10
=================================================================================

3. Akomodasi

Image

Berhubung ane sering duduk di bangku supir yang notabene sangat pas :big_smoking: , sesekali ane pingin coba row 2 ini (walaupun ane sangat jarang pake row 2 di R3 ini). Ane dengan tinggi 182cm/105kg pun masih cukup lega. Tapi jika row 3 dilipat, row 2 ane rasa malah sedikit sempit :e-think: . Row 2 pake DB sangat dingin :e-whistle:

Row 3 ane gak review karena saya tidak pernah memakai row 3 di R3nya, daaaannnn... sempit banget :big_slap: :big_slap:

Kondisi bagasi pada saat 3rd row diberdirikan

Image

Penyimpanan secara tersembunyi

Image

Akomodasi : 7/10
=================================================================================

4. Ride & Handling

Ok mari nyalakan mesinnya.....
Transmisi manualnya oke banget, kopling juga enteng banget, setirnya juga ringan (EPS) walaupun Brio Satya punya kakak laki-laki ane malah lebih ringan :big_chicken: :big_chicken: perpindahan gigi juga lumayan bagus.
Suspensi mobil ini nyaman banget, kalo masalah handling err... kalo ane yang nyetir entah sedikit merasakan body roll. Jarang ane bawa high speed, apalagi jarang sampe 100 km/jam soalnya mobil ini dalkot terus :upss: dan jarang lewat tol pulak :big_slap:
Engine note khas K14B juga lumayan sih, seandainya R3 ini dipasang mesin M16A di Suzuki Swift Sport apalagi ditambah aksesoris R3 Sporty plus dual tailpipes, jadi tambah wuzzzzz :big_smoking:
Ride and Handling : 8/10
=================================================================================

5. My Verdict

Mobil ini membuat saya senang untuk memilikinya. Interior yang luar biasa, kekedapan yang luar biasa juga walaupun ada sedikit noise, desain eksterior clean namun bagian belakang yang biasa saja.

Plus : :off_good_job:
- Posisi mengemudi
- Desain interior luar biasa
- Kekedapan kabin luar biasa
- Fitur cukup lengkap
- Akselerasi Lumayan

Minus : :off_no:
- Desain eksterior bagian belakang (tapi belakangan ada beberapa mobil yg mirip desain belakangnya R3 yah :e-think: :shrug: )
- Interior mudah kotor
- Baris ke 3 sempit
- Baris ke 2 sempit apabila baris ke 3 dilipat rata lantai
- Tanpa Auto Door Lock
- Power Window hanya auto down saja di bagian driver

Sekian review dari ane... kalo ada salah kata mohon dimaafkan ya :big_peace:
Maklum, ini baru review mobil pertama ane hehehe..... Makanya jadi agak rancu..... Masih belajar mereview mobil :mky_01: :mky_01:

Update :
Beberapa kejadian :
- Bawah bumper kena pembatas parkir
- Bawah bumper (lagi) kena mudguard (CMIIW) sepeda motor gegara sepeda motor memotong lajur dari kiri ke kanan secara tiba2 dan kabur :frm_bang_head: :frm_bang_head: :snipersmile:
-Mobil ini habis kena banjir beberapa minggu yang lalu, dan tidak bisa pindah gigi. Solusi : injak kopling dan lepas secara terus menerus. :big_slap:

Servis terakhir dengan keluhan :
-Tarikan terkadang kurang enak
-Cek gigi 1 (karena terkadang agak susah masukin ke gigi 1) :big_slap:
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
User avatar
mr-saga
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 608
Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
Location: Lamongan - Jawa Timur

Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013

Post by mr-saga »

nice review om... :big_exellent:

saya jg user Ertiga GL MT 2013, baru saja memilikinya.
karna kebetulan ada pembeli yg membeli rumah saya dg menjadikan mobil ini sbg tambahan uang pembayaran :big_peace:
rencananya mobil ini akn kami jadikan sbg kendaraan operasional kantor.

maaf om, saya ingin share kesan saya.
saat mobil saya melintasi aspal hotmix yg permukaannya kasar(anggap aja sekasar kulit jeruk), saya mendengar adanya suara gemuruh
dari bagian bawah lantai mobil. kira2 apa ada masalah dg mobil saya? :big_think:

lalu, posisi mengemudi ini saya merasa kurang nyaman.
posisi setir terasa terlalu dekat dg badan saya, sehingga lengan saya cukup menekuk.. dibandingkan dg Mits. Kuda, posisi driver ini
terasa lebih mendekat ke bagian tengah mobil. :mrgreen:

sementara ini dulu yg saya sampaikan,, :big_peace:
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
djia
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
Daily Vehicle: laptop_dan_hape

Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013

Post by djia »

bekleednya bawaan dari diler apa ngebekleed sndiri om?

salah satu poin minus yg masuk pertimbangan saya dasaran bagasi yg berupa jok, apalagi kalo tidak dibekleed.
agak beda dengan avanza sy sekarang yg dasarannya lantai & karpet dasar. pernah kejadian pas sodara bawa bwt angkut2 makanan bwt hajatan itu kuah kari luber. untung kena karpet lepasan yg mudah diambil & dicuci.
sprint07
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: Sat May 10, 2014 13:56
Location: Surabaya

Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013

Post by sprint07 »

Saya pengalaman bawa ertiga gx manual di jalan paving, kenapa kok terasa banget getar di kaki (kopling rem gas)
Saya coba bawa avanza dan freed di tempat yang sama tidak segetar dibanding r3. Bahkan bawa p.up aja tidak pernah berasa sgitu getarnya di kaki. Ada yang bisa menjelaskan?
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1801
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013

Post by FRD »

nice review bro sandal :mky_02: btw ini stirnya cuma tilt apa tilt & telecospic? :big_think:
:big_smoking:
User avatar
MojoBerry
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 375
Joined: Sun Apr 29, 2012 17:40
Location: Sby
Daily Vehicle: Ferarri 488 Pista

Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013

Post by MojoBerry »

:big_cat: Good review bro sandal
User avatar
batumakam
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 830
Joined: Mon Sep 09, 2013 11:59

Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013

Post by batumakam »

sprint07 wrote:Saya pengalaman bawa ertiga gx manual di jalan paving, kenapa kok terasa banget getar di kaki (kopling rem gas)
Saya coba bawa avanza dan freed di tempat yang sama tidak segetar dibanding r3. Bahkan bawa p.up aja tidak pernah berasa sgitu getarnya di kaki. Ada yang bisa menjelaskan?
ban bawaan ertiga jelek om,makanya getar2 sekali plus menimbulkan suara gemuruh kek pesawat mau take off :big_slap: kata kawan ane yg pake r3 sih setelah bannya diganti jadi lebih senyap :mky_01: Tapi ane kurang tau juga bannya diganti dengan merk plus tipenya apa :upss:
btw r3 diesel kapan keluar yak? :e-think:
always believe something wonderful about to happen.......
oh my.....
adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 930
Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06

Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013

Post by adty »

Naiss review oom :mrgreen:

Yes menurut gue kualitas dan ambience interior suzuki emang bagus, swift gue aja udah 7 tahun still feels like new. Masuk interior ertiga dan mobilinyot berasa beda kelas jadinya. Oya kalo swift gue problemnya susah masuk ke gigi mundur, kalo ke gigi 1 gampang. Tp kayaknya agak susah masuk itu emang problem bawaan suzuki
Penikmat roti tawar beroda
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013

Post by liep »

Wah trims ripiunya om sandal...balik baca lg dulu
User avatar
jar-jit-no
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: Thu Nov 29, 2012 5:58
Location: Malang city

Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013

Post by jar-jit-no »

Gud repiu bro sandal..repiu pertamak pulak :mky_02:

ane jg paling suka interior R3..paling gud dibanding2 rival2 nya...ane bakalan (masih) milih R3 kalo ane harus pindah ke 7 seater seharga under 200jt :big_smile]

btw, ente jg bermasalah ama HU skeleton yak..ane jg, bermasalah di miras ane :shrug: bermasalah di gps yg ga konek ke antena & radio receiver yg cupu abis :off_lazy:
4A91 4at - Slow Driver
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26912
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013

Post by DOHC »

gud review bro sandal...

utk interior bener2 minim rattle yahh ?? apa emg mobil nya dipake d jalan mulus selalu ??

btw ane suka interior warna krem gini apalagi di mobil2 berukuran kecil.... ambient nya sperti agak warm dan lega gt... kl gelap2 item, rasa nya lebi cocok utk mobil2 gede intimidating macam fortie atau LC atau sedan sports car... kl embel2 family car, warna cerah gini lebi enak liatnya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013

Post by liep »

Pnah naik nyetir r3 bentar..interior bagusan drpd veloz...tp kursi tipis sptnya msh ok veloz..tmsk baris ke 2 enak naik veloz..aplg brs ke 3.
finishing r3 bagusan drpd veloz..warna daleman jg ok cerah. Dasboard jg bagusan. Halus mesinnya d tlinga pas jalan pelan.
klo ekstrior imho msh bagusan dikit veloz designnya. Bbm r3 lbih irit jg.
coffee
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 75
Joined: Tue Jun 14, 2011 1:50
Location: Solo-Semarang

Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013

Post by coffee »

omm...itu cover stir nya..ohhhh
apa enak naik eh nyetir pake kondom begitu?
buat ane sendiri...ane rela rutin bersihin stir daripada make kondom begitu..hihi
bangrosi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Wed Nov 20, 2013 5:53

Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013

Post by bangrosi »

Ertiga secara keseluruhan cukup bagus kalo boleh kasih penilaian pribadi lmpv 200jt
1.Spin
2.Ertiga
3.Avanza
4.Mobilio

NB:Grand Livina gk msk karena harganya sdh msk MPV medium.

Masih menunggu Ertiga GX AT Diesel...
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3691
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013

Post by sandal »

mr-saga wrote:nice review om... :big_exellent:

saya jg user Ertiga GL MT 2013, baru saja memilikinya.
karna kebetulan ada pembeli yg membeli rumah saya dg menjadikan mobil ini sbg tambahan uang pembayaran :big_peace:
rencananya mobil ini akn kami jadikan sbg kendaraan operasional kantor.

maaf om, saya ingin share kesan saya.
saat mobil saya melintasi aspal hotmix yg permukaannya kasar(anggap aja sekasar kulit jeruk), saya mendengar adanya suara gemuruh
dari bagian bawah lantai mobil. kira2 apa ada masalah dg mobil saya? :big_think:

lalu, posisi mengemudi ini saya merasa kurang nyaman.
posisi setir terasa terlalu dekat dg badan saya, sehingga lengan saya cukup menekuk.. dibandingkan dg Mits. Kuda, posisi driver ini
terasa lebih mendekat ke bagian tengah mobil. :mrgreen:

sementara ini dulu yg saya sampaikan,, :big_peace:
Thanks om :mky_02:
Woh pengguna R3 juga :mky_02: :mky_02:
Untuk posisi mengemudi ane merasa nyaman yah? :e-think: kalo mobil ane pas melewati aspal hotmix juga terkadang mengalaminya, tapi belum ditemukan penyebabnya :shrug:
djia wrote:bekleednya bawaan dari diler apa ngebekleed sndiri om?

salah satu poin minus yg masuk pertimbangan saya dasaran bagasi yg berupa jok, apalagi kalo tidak dibekleed.
agak beda dengan avanza sy sekarang yg dasarannya lantai & karpet dasar. pernah kejadian pas sodara bawa bwt angkut2 makanan bwt hajatan itu kuah kari luber. untung kena karpet lepasan yg mudah diambil & dicuci.
Bekleednya bawaan dari dealer dan pake bengkel rekanan.
Oh ya, bekleedan r3 punya saya ada bbrp yang tidak rapi :off_no: bahkan ada bbrp yang terkesan asal ngerjakan :big_slap: pingin bekleed ulang tapi agak malas :shrug:

FRD wrote:nice review bro sandal :mky_02: btw ini stirnya cuma tilt apa tilt & telecospic? :big_think:
Thanks bro :mky_02:
Hanya tilt bro. Cmiiw :mky_01:
MojoBerry wrote::big_cat: Good review bro sandal
Thanks bro mojoberry :mky_01:
batumakam wrote:
sprint07 wrote:Saya pengalaman bawa ertiga gx manual di jalan paving, kenapa kok terasa banget getar di kaki (kopling rem gas)
Saya coba bawa avanza dan freed di tempat yang sama tidak segetar dibanding r3. Bahkan bawa p.up aja tidak pernah berasa sgitu getarnya di kaki. Ada yang bisa menjelaskan?
ban bawaan ertiga jelek om,makanya getar2 sekali plus menimbulkan suara gemuruh kek pesawat mau take off :big_slap: kata kawan ane yg pake r3 sih setelah bannya diganti jadi lebih senyap :mky_01: Tapi ane kurang tau juga bannya diganti dengan merk plus tipenya apa :upss:
btw r3 diesel kapan keluar yak? :e-think:
Nah itu om sprint07 sudah dijelaskan beberapa oleh om batumakam :mky_01:
Memang bawaan R3 agak jelek menurut ane, ya tapi apa daya, ane pake dulu sampe ada bagian yang pingin diganti :upss: :upss:
Nah ane juga menunggu r3 diesel :e-think:

Sent from Nokia 1100 4G LTE-A
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3691
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013

Post by sandal »

adty wrote:Naiss review oom :mrgreen:

Yes menurut gue kualitas dan ambience interior suzuki emang bagus, swift gue aja udah 7 tahun still feels like new. Masuk interior ertiga dan mobilinyot berasa beda kelas jadinya. Oya kalo swift gue problemnya susah masuk ke gigi mundur, kalo ke gigi 1 gampang. Tp kayaknya agak susah masuk itu emang problem bawaan suzuki
Thanks om adty :mrgreen:
Memang ane prediksi long lasting interior R3 ini. Sangat betah ane di dalem mobil ini :mky_03: :mky_03: andai aja mobilinyot ada perbaikan di sisi interior.....
Bawaan suzuki? :big_slap: pantes aja terkadang ane masukin gigi 1 agak susah gimana gitu.... :ngacir:
jar-jit-no wrote:Gud repiu bro sandal..repiu pertamak pulak :mky_02:

ane jg paling suka interior R3..paling gud dibanding2 rival2 nya...ane bakalan (masih) milih R3 kalo ane harus pindah ke 7 seater seharga under 200jt :big_smile]

btw, ente jg bermasalah ama HU skeleton yak..ane jg, bermasalah di miras ane :shrug: bermasalah di gps yg ga konek ke antena & radio receiver yg cupu abis :off_lazy:
Thanks om jarjit :mky_02:
Bungkus R3 dong untuk ditandem ama mirage :upss: :ngacir:
HU skeleton? :shrug: pingin ganti sih ke HU bawaannya. Kalo masih pake HU Skeleton itu jadi nyetir hampir tiap hari tanpa ndengerin radio :mrgreen:

DOHC wrote:gud review bro sandal...

utk interior bener2 minim rattle yahh ?? apa emg mobil nya dipake d jalan mulus selalu ??

btw ane suka interior warna krem gini apalagi di mobil2 berukuran kecil.... ambient nya sperti agak warm dan lega gt... kl gelap2 item, rasa nya lebi cocok utk mobil2 gede intimidating macam fortie atau LC atau sedan sports car... kl embel2 family car, warna cerah gini lebi enak liatnya
Thanks om klep :mky_01:
Sejauh ini minim rattle om klep :mky_01: walaupun hampir kena jalan rusak di dekat kampus ane :mky_03: :ngacir:
Memang ane suka interiornya, tapi gampang kotor :big_slap: belum setahun udah ada yang kotor :off_bored: bener sih yang gelap2 item untuk mobil gede....... kecuali veloz ama monyong rs :ngacir: hehehe
liep wrote:Pnah naik nyetir r3 bentar..interior bagusan drpd veloz...tp kursi tipis sptnya msh ok veloz..tmsk baris ke 2 enak naik veloz..aplg brs ke 3.
finishing r3 bagusan drpd veloz..warna daleman jg ok cerah. Dasboard jg bagusan. Halus mesinnya d tlinga pas jalan pelan.
klo ekstrior imho msh bagusan dikit veloz designnya. Bbm r3 lbih irit jg.
Thanks om liep :mky_02:
Jadi pingin ngendarai veloz nih :ngacir: :ngacir:
coffee wrote:omm...itu cover stir nya..ohhhh
apa enak naik eh nyetir pake kondom begitu?
buat ane sendiri...ane rela rutin bersihin stir daripada make kondom begitu..hihi
Betul cover stir om :mky_01:
Sejauh ini nyaman2 aja pake kondom begitu :mky_03: biar ga kotor :upss:
bangrosi wrote:Ertiga secara keseluruhan cukup bagus kalo boleh kasih penilaian pribadi lmpv 200jt
1.Spin
2.Ertiga
3.Avanza
4.Mobilio

NB:Grand Livina gk msk karena harganya sdh msk MPV medium.

Masih menunggu Ertiga GX AT Diesel...
Sama nih nunggu R3 GX AT Diesel :ungg: tapi masih lama :ngacir:

Sent from Nokia 1100 4G LTE-A
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
User avatar
ovation
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Thu May 22, 2014 2:58

Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013

Post by ovation »

Ane pake Ertiga GX MT 2012.
Sampe sekarang no rattle. Eh terakhiran pintu belakang ada rattle setelah sebelumnya mekanik beres bongkar pintu belakang buat cari sumpel lubang.. Pelajarannya: Jangan biarkan mekanik suzuki bongkar-bongkar interior kita hahahahaha :big_biglaugh:

Iya, ban bawaan ertiga memang grudukan di jalan gak rata. Ganti angin pk nitro nolong dikit.
Tapi seru juga kalo ketemu jalan tol yg beton semua gitu, suaranya bikin serasa naik pesawat jet menembus awan.. bwakakakakaka.. :big_biglaugh:

Gigi 1 memang rada susah masuk kalo mobil blon berhenti benar. Tapi kalo mobil posisi berhenti sih enteng juga.
mangan ora mangan sing penting mangan
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3691
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013

Post by sandal »

ovation wrote:Ane pake Ertiga GX MT 2012.
Sampe sekarang no rattle. Eh terakhiran pintu belakang ada rattle setelah sebelumnya mekanik beres bongkar pintu belakang buat cari sumpel lubang.. Pelajarannya: Jangan biarkan mekanik suzuki bongkar-bongkar interior kita hahahahaha :big_biglaugh:

Iya, ban bawaan ertiga memang grudukan di jalan gak rata. Ganti angin pk nitro nolong dikit.
Tapi seru juga kalo ketemu jalan tol yg beton semua gitu, suaranya bikin serasa naik pesawat jet menembus awan.. bwakakakakaka.. :big_biglaugh:

Gigi 1 memang rada susah masuk kalo mobil blon berhenti benar. Tapi kalo mobil posisi berhenti sih enteng juga.
Oh ya? :big_chicken: :big_chicken:
Bongkar interior ama mekanik itu bikin rattle? :big_slap:

Jalan tol beton :big_love: :big_love: pingin ke sana lagi nih :big_grin: :ngacir:
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 591
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013

Post by zonepublic »

bangrosi wrote:Ertiga secara keseluruhan cukup bagus kalo boleh kasih penilaian pribadi lmpv 200jt
1.Spin
2.Ertiga
3.Avanza
4.Mobilio

NB:Grand Livina gk msk karena harganya sdh msk MPV medium.

Masih menunggu Ertiga GX AT Diesel...
Sebelum nunggu2
Gini deh,Kalo ntar tahun 2015 ertiga tipe GX (kelengkapan dan fitur sama dengan GX bensin) diesel A/T masuk indonesia dengan cc 1.3L (power dan torsi sama dengan chevy spin) dengan harga bandrol 250-260juta(after diskon).om mau beli ga?
Yang jelas kan harga ertiga pasti diatas harga chevy spin diesel manual dan dibawah innova diesel
Last edited by zonepublic on Tue Dec 30, 2014 6:14, edited 2 times in total.
adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 930
Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06

Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013

Post by adty »

@om Sandal iya oom dulu pernah miara Escudo 95 lebih dr 10 thn ya problem utamanya itu seret pindah gigi. Tp manual feelsnya suzuki menurut ane sih enak banget, bikin adrenalin terpacu :mrgreen:
Penikmat roti tawar beroda
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3691
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013

Post by sandal »

adty wrote:@om Sandal iya oom dulu pernah miara Escudo 95 lebih dr 10 thn ya problem utamanya itu seret pindah gigi. Tp manual feelsnya suzuki menurut ane sih enak banget, bikin adrenalin terpacu :mrgreen:
Memang terpacu :mrgreen:
Enak banget, ringan lagi injakan koplingnya :big_grin:
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
User avatar
jar-jit-no
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: Thu Nov 29, 2012 5:58
Location: Malang city

Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013

Post by jar-jit-no »

jar-jit-no wrote: Thanks om jarjit :mky_02:
Bungkus R3 dong untuk ditandem ama mirage :upss: :ngacir:
HU skeleton? :shrug: pingin ganti sih ke HU bawaannya. Kalo masih pake HU Skeleton itu jadi nyetir hampir tiap hari tanpa ndengerin radio :mrgreen:
Tandem sm miras? kaga ada dokunya oom.. :mky_01:
garasi jg kaga muat :big_slap:

sama oom..sejak ganti jd HU skeleton jd ga pernah dengerin radio..padahal dulu pas pake HU asli ane termasuk pecinta radio..

btw, tuh audio control di setir bisa fungsi jg pake HU itu om?
4A91 4at - Slow Driver
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3691
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013

Post by sandal »

jar-jit-no wrote:
jar-jit-no wrote: Thanks om jarjit :mky_02:
Bungkus R3 dong untuk ditandem ama mirage :upss: :ngacir:
HU skeleton? :shrug: pingin ganti sih ke HU bawaannya. Kalo masih pake HU Skeleton itu jadi nyetir hampir tiap hari tanpa ndengerin radio :mrgreen:
Tandem sm miras? kaga ada dokunya oom.. :mky_01:
garasi jg kaga muat :big_slap:

sama oom..sejak ganti jd HU skeleton jd ga pernah dengerin radio..padahal dulu pas pake HU asli ane termasuk pecinta radio..

btw, tuh audio control di setir bisa fungsi jg pake HU itu om?
Balikin ke bawaannya om :upss: :ngacir:

Iya audio control di setir juga berfungsi untuk HU :big_grin:
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013

Post by amfibi »

Nice review broo..... :mky_02:
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3691
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013

Post by sandal »

amfibi wrote:Nice review broo..... :mky_02:
Thanks fib :mky_02:
Udah review corolla ente belum? :mky_03: :mky_03: :upss:

......... :ngacir:
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement