Suzuki Swift!

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Review swift GL dong, please...
koq bisa harga selisih 10 jt- an ya?
Sebenarnya SWIFT GL mengalami spec down sehingga hrgnya lebih murah 10jt-an.

Dari eksterior cuma beda di grill.
Di interior hanya di tombol audio pada steer yg cuma ada di satu sisi.
Mesin dan lainnya sama.
nyenkaden
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Fri Dec 17, 2004 3:34

Post by nyenkaden »

Kalau setahu saya sih, Swift GL bisa lebih murah, alasan pokoknya adalah karena waktu import dimasukkan dalam kelas minibus, sedang yang versi awal dimasukkan dalam kelas sedan sehingga pajaknya beda. Untuk membedakan maka dibuatlah perbedaan kosmetik (grill, audio control). Itu info dari orang Indomobil yang saya dapat dari milis Swift Indonesia.

CMIIW
indomi
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Mon Jul 24, 2006 13:15

Post by indomi »

Bro nyenkaden, emang gimana sih klasifikasi utk pajak? maksud saya Swift itu kan bukan minibus seperti Daihatsu Zebra gitu kok bisa dimasukin ke kelas minibus?

Terus utk import mana yg lebih tinggi pajaknya kelas minibus apa sedan?

thx utk infonya.
Paling enak migoreng sama sambel abc ;)
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

indomi wrote:Bro nyenkaden, emang gimana sih klasifikasi utk pajak? maksud saya Swift itu kan bukan minibus seperti Daihatsu Zebra gitu kok bisa dimasukin ke kelas minibus?

Terus utk import mana yg lebih tinggi pajaknya kelas minibus apa sedan?

thx utk infonya.
mobil2 di kelas supermini seperti Jazz, Yaris, dan Swift, biasanya masuk ke kelas minibus, bisa dilihat dari STNK-nya..

Jika mobil2 tersebut lahir 10 tahun lalu atau pada dekade 1990an, pastinya masuk kelas sedan dan dianggap hatchback seperti Starlet dulu. FYI, Vitz (nama Yaris di Jepang), diluncurkan di 1999 untuk menggantikan Starlet yang sudah 2 dekade menjadi mobil compact Toyota.

Meskipun begitu, versi sedan dari Jazz, City tetap masuk kelas sedan.

Yang pertama kali mempopulerkan istilah "minibus" di sini untuk sedan yg dibuat hatcback atau estate adalah Suzuki Aerio, yg pertama kali menggunakan slogan "My MPV", meski semua orang tahu Aerio adalah versi estate untuk Baleno (di luar negeri dinamai Liana atau Aerio, baik sedan maupun hatch-nya).

Ketika Jazz dijual Honda pada 2004, Jazz masuk pasar yg saat itu belum ada pemain yg benar2 sekelas dari Jepang, hanya ada Aerio, dan media otomotif lokal pun banyak yg mengkomparasi antar keduanya.
indomi
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Mon Jul 24, 2006 13:15

Post by indomi »

@WP terima kasih penjelasannya.

Mungkin anda bisa kasih tau saya, bagaimana trend penjualan mobil hatchback di Indonesia sekarang. Dulu Starlet kan ngetop bgt. Tapi terus menghilang atau tepatnya gak ada yg mau main dikelas ini lagi. Baru2 ini aja hot lagi.
Paling enak migoreng sama sambel abc ;)
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

indomi wrote:@WP terima kasih penjelasannya.

Mungkin anda bisa kasih tau saya, bagaimana trend penjualan mobil hatchback di Indonesia sekarang. Dulu Starlet kan ngetop bgt. Tapi terus menghilang atau tepatnya gak ada yg mau main dikelas ini lagi. Baru2 ini aja hot lagi.
You're welcome mr indomi

Di tahun 1996, pemerintah mengeluarkan Perturan Pemerintah No. 11 tahun 1996 tentang mobil nasional. Yang mendapat hak sebagai pemain mobil nasional kala itu adalah PT Timor Putra Nasional yang menjual produknya, sedan Timor S-515, sedangkan Bimantara, ketika itu pemegang Hyundai, walaupun me-rebadge Hyundai jadi Bimantara, tetap bukanlah bagian dari proyek mobnas karena PP tersebut hanya mengatur Timor sebagai pemain tunggal. Begitupun proyek mobil Bakrie, yang idak lagi jelas nasibnya setelah krisis ekonomi.

Timor S-515 yang diluncurkan pada 1996, langsung menggebrak pasar otomotif nasional. Orang yang biasanya hanya bisa mendapat minibus sekelas Kijang dengan duitnya, banyak yang beralih ke sedan ini, karena harganya yang menggiurkan, bahkan lebih murah dari Kijang termahal.

Toyota, yang memiliki Starlet yang notabene harganya setara Kijang tipe termahal, mau tak mau harus berbenah diri. Starlet yang hatchback 1300cc berharga sekitar Rp 50 juta saat itu (generasi terakhir tipe 1.3 SE-G seharga Kijang Krista, dijual Rp 52 juta pada 1997), yang sebelumnya merupakan Toyota terlaris kedua di tanah air, tergerus pasarnya, selain sedan 4 pintu sekelas Corolla yang saat itu dijual seharga Rp 70 jutaan.

Karena Starlet dianggap tidak kompetitif lagi, Toyota sebenarnya ingin menjual sedan 4 pintu, berbasis Tercel dengan mesin 1500cc, atau setara Timor S-515. Nyatanya krisis ekonomi keburu datang menghadang sehingga proyek tersebut baru terealisasi di tahun 2000, dengan meluncurkan Soluna.

Honda masih sempat menyelamatkan diri dengan meluncurkan City, pada 1996 dengan mesin 1300cc lawas milik Civic keluaran 1986. belakangan baru keluar model 1500cc injeksi, 1.5 EXi.

Begitupun Suzuki, masih sempat mengganti Esteem-nya dengan Baleno bermesin 1600cc injeksi. Esteem generasi terakhir, dihargai Rp 48juta, sedangkan harga perkenalan Baleno hanya Rp 43 jutaan pada 1996. Alhasil, Baleno sempat jadi primadona penjualan Suzuki.

Sebenarnya mobil2 merek Jepang tersebut memang dibuat untuk menandingi mobil Korea, selain Timor ada juga Hyundai dan Daewoo.

Saat ini pasar supermini (mungkin mr indomi lebih familiar nama ini ketimbang "minibus") dipimpin oleh Honda Jazz. Meluncur pada 2004, langsung menggebrak pasar, karena konsumen mendapat mobil yang cukup value for money, dihargai Rp 127juta pertama kali CMIIW, apalagi publik telah terbiasa melihat Fit (versi built-up Jepang) yang berharga Rp 200juta.

Hyundai Getz, sebenarnya meluncur duluan baru kemudian Chevrolet Aveo. Harga ketiga mobil ini (Jazz-Getz-Aveo) tidak begitu jauh, sehingga konsumen menjadi lebih melirik Honda.

Suzuki meluncurkan Swift, dan terakhir adalah Toyota dengan Yaris.

Mengapa pasar ini begitu bergairah saat ini? hal ini karena selain mobil2 di kelas ini hemat bbm, berharga terjangkau, dan banyak diminati anak muda. Kontestan pasar ini memang sering terlihat mensponsori acara anak muda.
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

frontier wrote:Waduh mas WP, maap2... emblem itu memang punya Honda type R asli, dibeliin teman yang main ke singgapur kapan itu.. jadi kurang tau harganya..
punya Integra muat buat JAzz ya, pak?
frontier

Post by frontier »

Ya menurut teman memang riwayatnya kayak gitu... aku tinggal masang aja..