User Report All New Pajero Sport Dakar 4x2

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
akoeswojo
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: 04 Dec 2014, 09:11

Re: User Report All New Pajero Sport Dakar 4x2

Post by akoeswojo »

b8099ok wrote: 02 Mar 2017, 20:21
akoeswojo wrote: 02 Mar 2017, 17:03 Dibawah tulisan MAP ada cover, dibuka aja.
Keknya kenal ama nick ini,...
Om Adit :cupss:
ha..ha..ha [emo-yesno]
Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: 27 Jan 2017, 21:35

Re: User Report All New Pajero Sport Dakar 4x2

Post by Kuroboy »

remedusakti wrote: 04 Mar 2016, 10:57 Permisi Om2 Smers.. Setelah bimbang beberapa saat lalu mau pinang All New Pajero Sport atau All New Fortuner, bbrp kali bolak balik dealer Mitsu & Atoyot , test Drive, dilakukan Scoring ala2 sendiri akhirnya hasil Akhir All New Pajero Sport jadi pilihan dengan unggul hanya 2 point dannn Akhirnya 2 hari yang lalu ANPS sampailah digarasi... berikut saya coba review ala kadarnya :
1. Dari penampilan depan hampir semua orang bilang ini mobil Guanteng , Tekan tombol remote lampu DRL langsung nyala disertai dengan spion yang awalnya posisi terlipat jadi terbuka.. saya rasa luamyan berguna dengan adanya DRL jadi penerangan saat akan menuju ke mobil.. Dan juga jika tanpa pencet remote saat kita mendekat ( bawa kunci ya ) tekan tombol di gagang pintu DRL akan menyala dan spion akan terbuka..
20160302_121121.jpg20160302_171000.jpg20160302_190424.jpg
2. Lalu masuk ke dalam duduk dan ternyata bisa saya pastikan ini JOK EMPUK, jauh lebih empuk daripda Pajero Sport lama atau Fortuner Lama, posisi mendekap badan secara mantap, lalu posisi duduk bisa diatur dengan tuas elektrik.. untuk menghidupkan mesin cukup Injak Rem lalu tekan Tombol Start Stop, mesin menyala menderu halus. tatap sekeliling DashBoard dan saya coba sentuh2 materialnya, bisa saya pastikan ini tidak ada soft pad atau lapisan kulit didash tapi coba sentuh material plastiknya walaupun tidak soft touch tapi saya yakin ini material berkualitas, lebih berkualitas dibanding pajero sport dan fortuner lama, dipegang terasa lembut tidak kasar. Seingat saya kl untuk material plastiknya dibanding All new fortuner perasaan ANPS better ( bukan soft lapisan kulitnya ya ) ...liat tengah dashboard terdapat panel kayu yang menurut saya dan istri terkesan baik dan memang saya dan istri suka panel kayu, dibanding piano balck kl saya pribadi lebih suka ini...nyalakan AC dan ternyata sudah dualzone, kiri dan kanan sudah bisa diatur sendiri2. Pegang setir terasa mantaf jauh lebih baik ketimbang PS lama, ukuran pas dan yang pasti tidak licin, bentuk setir terasa mewah dengan kombinasi warna hitam dan silver.. berlih ke doortrim , saya rasa lebih terasa mewah ini ketimbang ANF karna ada kombinasi panel kayu dan juga ada lapisan kulit / kulit sintetis kali ya ( skali lagi karna saya suka panel kayu ) .. tengok keatas ada sunroof dan ternyata lumayan menolong kesan mewah saat pagi2 akan jalan cukup dibukacover plafonnya saja dan cahaya bisa masuk dan suasana kabin terasa lebih wah.. Kesan Secara Umum ==> Mewahnya Dapet . ( tapi ini dash tidak fotogenik , kl difoto keliatan biasa tp aslinya jauh lebih mewah ).
20160303_133433.jpg
3. Coba fitur dan kelengkapan kabin : pertama nyalakan Tape daouble din merek clarion, menurut saya menu cukup ada dvd , usb, bluetth, navi.. untuk suara terus terang bisa saya bilang biasa banget tidak banyak beda dengan PS lama, bahkan saat disetel Sub active suara sember .. Lihat setir , kiri ada tombol untuk naik turunkan volume , ganti track dan kanan ada tombol untuk kontrol MID. MID saya rasa cukuplah lengkap belum sempat explore lebih dalam. dash kanan bawah ada sensor parkir dan tombol VSC bisa dinonaktifkan dengan cara diditekan agak lama, dikonsol box ada colokan buat charger HP, cupholder rada kurang yah dibanding ANF.. oh ya sdh ada kamera parkir berikut garis2nya, jadi sangat membantu kl sedang mundur mengingat ini mobil bongsor..
20160304_075929.jpg
20160304_075914.jpg
4. Driving Experience : setelah mantaf posisi duduk saya tekan kebawah rem parkir elektrik lalu mulai mundur keluar garasi dan depan garasi saya langsung jalan berbatuan pertama suspensi bekerja saya sdh mersa senang, wuih lembut trus coba jalan lewati jalan2 jelek, polisi tidur bisa saya simpulkn ini suspensi Lembut dan Nyaman ( teringat lembutnya suspensi Xtrail T30 waktu masih baru, mirip2 )) ==> Dapet yang saya mau ( coz didaerah saya Lampung Timur , Jalanan aduhai jelek skali ). Terus coba tekan gas perlahan kesanya akselerasi lembut dan tidak meledak2 begitu mau overtaking mobil saya coba tekan pedal agak dalam dan barulah torsi 430NM terasa membenamkan badan saya diJok Empuknya , skali lagi saya tersenyum ==> Hal yang saya inginkan tercapai, nyaman dibawa kalem tidak ndut2an dan tidak meledak2 tapi begitu dibutuhkan tenaga mesinnya merespon dengan sangat kuat.. sebagai perbandingan kickdown T30 dibanding ANPS jauh terasa lebih nonjok ANPS.. Transmisi perpindahan cukup halus, perlu momen dan timing kapanpun transmisi sigap ( mungkin karna 8 speed ) dan bisa dioperasikan secara manual by paddle shift atau tuas.
dispeed sekitar 80 kpj saya coba goyangkan setir kekiri dan kanan terasa mobil tidak begitu bergoyang, sangat beda dengan fortuner 2009 saya dikec sama kl digoyang body dah ikutan goyang.. Coba Rem ==> Lembut dan Pakem.. adalagi fitur HSA lumayan membantu ditanjakan mencegah mobil tidak mundur saat akan start diposisi menanjak.. Dengarkan dengkuran dieselnya merdu , dikickdown jeritannya merdu tidak gemratakan seperti diesel umumnya, dann 1 yang pasti Kabin Senyap, Ortu saya setju dan bilang iya suara mesin tidak terdengar..
5. Kabin Penumpang : Row 2 dan 3 yah ini SUV trahnya bukan kabin yang luas ala roti tawar, kesimpulannya saya cukuplah imbang2 dengan PS lama dan Forti, ANKI saja yang trahnya MPV juga Row 3 menurut saya sempit..
6. saat akan turun dari mobil, cukup tekan tombol start stop mesin mati, ada lagi fitur seandainya kita masuk kegarasi posisi gelap sebelum turun DIM kan Lampu dan Lampu pun akan menyala beberapa saat walaupun kita sudah mengunci mobil.. lumayan membantu memberi penerangan..

Kesimpulan : OTR Lampung 510 juta sangat sesuai sekali dengan uang yang saya keluarkan, expektasi saya dapat semua dengan apa yang ingin saya dapatkan, Improvment sangat banyak sekali, kl yang pernah pakai PS Lama trus Coba ANPS seperti dua mobil yang benar2 beda, semua yang menjadi kekurangan di PS lama dijawab di ANPS, Good Job untuk Mitsu..

Kesimpulan Akhir ==> Semoga Kualitas dan Daya Tahan jangka panjang membaik dibanding PS lama, semoga penyakit2 PS lama sudah tidak ada lagi disini....
Mantap soul om ripiw nya hehehee :big_exellent: ane mo nanya om, kalo pnumpang di kiri, di baris 2 ato 3 untuk jalan jauh maupun jalam keriting sama belok2 gt nyaman ga om? Ada gjala pusing, mual bhkan badan encok2 kah?? Untuk sektor mesin apa ada keluhan? (Ane denger mobil ini olinya gampang nguap biarpun sesuai sama speknya) apa bner dmikian?? :big_think:

Jujur om, skarang ane condong ke ANPS daripada ANF terlebih gitu tau om Wah juga murtad dari ANF nya :ngacir: :glodak: stelah setaun gmana impresinya?? Maaf banyak nanya :big_slap:
:frm_snipper: :snipersmile:
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2107
Joined: 25 Jan 2017, 16:12

Re: User Report All New Pajero Sport Dakar 4x2

Post by Venturtle »

ga terasa besok uda pas setahun dari tanggal buat reviewnya.. :mky_02:
request long term review ANPS om :mky_02: :mky_02: :mky_02:
User avatar
remedusakti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 291
Joined: 02 Jan 2008, 00:15

Re: User Report All New Pajero Sport Dakar 4x2

Post by remedusakti »

Tidak terasa sudah 1 tahun pakai ANPS.. berikut Saya coba Long Term Review..
Saat ini odometer menunjukkan angka 20ribu, beberapa hari yang lal baru servis 20ribu.. Selama pemakaian ini syukur tidak ada penyakit apa2 di ANPS, Baik mesin, Transmisi, Suspensi dll kecuali di setir ada sensasi glek glek, yang mana kata Beres mitsu sudah karakter seperti itu dan semua ANPS pun seperti itu dan makin hari glek2nya pun tidak tambah parah artinya mungkin itu karakter dari setirnya..
Engine: Tidak ada problem blas, suara mesin tetap merdu dan tarikanpun tetap mantaf.. masalah oli mesin nguap selama saya pakai tidak pernah terjadi hal itu, pernah nambah oli 1 kali bukan karena oli nguap tapi memang saat ganti oli ngisinya kurang tidak sesuai dengan buku manual, karena dibuku manual isinya lebih dari 7liter tapi diberes cm diisi 7 liter.. Konsumsi BBM nya ini yang patut diapresisasi, 1 Kata Irit dan lebih irit sekitar 15-20persen compare to Old Dakar( kebetulan ada juga). Selama pemakaian 90 persen pakai biosolar, beberapa kali pakai dex dan 1 kali pakai AKR.. Walaupun pakai biosolar tetep tarikan mantap, kalau dex lebih mantaf lagi, lbh irit dan tidak bau asapnya.. Terkait engine, kalau yang sudah pernah pakai diesel lain trus masuk ke dalam dan pakai ANPS pasti terasa beda baik getaran maupun suara, saya banding dengan Old Dakar dan D4D tuh 2 mbl kalau duduk supiran kerasa banget oh ini diesel.. Kl Anps Tdk bgt trs kalau ini diesel..
2. Interior, Jujur kalau saya lebih suka mobil tanpa softpad pada dashboarnya, karena lebih tahan terhadap benda tajam, gesekan dan panas.. selama pakai tidak ada ratling, kendor2 dan bunyi2.
3. Fitur dan Elektrikal.. semua berfungsi dan tidak ada yang malfungsi.
4. Suspensi. Tetap empuk dan empuk.. cocok untuk jalan ancur. Tapi kalau jalan ekstrem, lebih cocok pakai Old Dakar, karena kemungkinan mentok dengan tanah lebih kecil karena lebih keras.. beberapa hari lalu tukar pinjam dengan CX 5, pakai 2 hari trus kembali pakai ANPS terasa betul bedanya, hantam lubang ANPS empuk dan tidak bunyi glodakan, pakai cx 5 keras dan bunyi glodakan.. Tapi kalau bicara handling ya trahnya SUV ladder frame dan tinggi yang cukup2 aj. Toh diciptakan bukan buat kebut2an.. Apakah Goyang kalau jalan Bumpy? Seperti pada suspensi empuk umumnya tentu tidak akan tenang dibanding cx5 yg keras tapi begitu kena lubang tidak akan membuat kita sakit pinggang..
5.Transmisi.. tetep smooth, perpindahan pintar sesuai dengan kondisi, tidak ada telat tenaga karna transimisi tidak mampu menyesuaikan.. namun yang agak kurang halus adalah perpindahan dari gear 1 ke gear 2 agak nyentak dikit, selebihnya oke..
Kesimpulan
Sebuah SUV dengan mesin dan transmisi oke tidak malu2in kalau diajak lari, suspensi nyaman layaknya MPV, Irit tidak kalah dari low mpv , Ground clearance tinggi siap kemedan ap aj.
Preferensi --> cukup puas dengan segala kelebihan dan kekurangan mobil ini,semoga kedepan tetep awet2 saja dan harga jual moga2 tidak jatuh.hehehe
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: User Report All New Pajero Sport Dakar 4x2

Post by sintoni »

remedusakti wrote: 04 Mar 2017, 22:06 Tidak terasa sudah 1 tahun pakai ANPS.. berikut Saya coba Long Term Review..
Saat ini odometer menunjukkan angka 20ribu, beberapa hari yang lal baru servis 20ribu.. Selama pemakaian ini syukur tidak ada penyakit apa2 di ANPS, Baik mesin, Transmisi, Suspensi dll kecuali di setir ada sensasi glek glek, yang mana kata Beres mitsu sudah karakter seperti itu dan semua ANPS pun seperti itu dan makin hari glek2nya pun tidak tambah parah artinya mungkin itu karakter dari setirnya..
Engine: Tidak ada problem blas, suara mesin tetap merdu dan tarikanpun tetap mantaf.. masalah oli mesin nguap selama saya pakai tidak pernah terjadi hal itu, pernah nambah oli 1 kali bukan karena oli nguap tapi memang saat ganti oli ngisinya kurang tidak sesuai dengan buku manual, karena dibuku manual isinya lebih dari 7liter tapi diberes cm diisi 7 liter.. Konsumsi BBM nya ini yang patut diapresisasi, 1 Kata Irit dan lebih irit sekitar 15-20persen compare to Old Dakar( kebetulan ada juga). Selama pemakaian 90 persen pakai biosolar, beberapa kali pakai dex dan 1 kali pakai AKR.. Walaupun pakai biosolar tetep tarikan mantap, kalau dex lebih mantaf lagi, lbh irit dan tidak bau asapnya.. Terkait engine, kalau yang sudah pernah pakai diesel lain trus masuk ke dalam dan pakai ANPS pasti terasa beda baik getaran maupun suara, saya banding dengan Old Dakar dan D4D tuh 2 mbl kalau duduk supiran kerasa banget oh ini diesel.. Kl Anps Tdk bgt trs kalau ini diesel..
2. Interior, Jujur kalau saya lebih suka mobil tanpa softpad pada dashboarnya, karena lebih tahan terhadap benda tajam, gesekan dan panas.. selama pakai tidak ada ratling, kendor2 dan bunyi2.
3. Fitur dan Elektrikal.. semua berfungsi dan tidak ada yang malfungsi.
4. Suspensi. Tetap empuk dan empuk.. cocok untuk jalan ancur. Tapi kalau jalan ekstrem, lebih cocok pakai Old Dakar, karena kemungkinan mentok dengan tanah lebih kecil karena lebih keras.. beberapa hari lalu tukar pinjam dengan CX 5, pakai 2 hari trus kembali pakai ANPS terasa betul bedanya, hantam lubang ANPS empuk dan tidak bunyi glodakan, pakai cx 5 keras dan bunyi glodakan.. Tapi kalau bicara handling ya trahnya SUV ladder frame dan tinggi yang cukup2 aj. Toh diciptakan bukan buat kebut2an.. Apakah Goyang kalau jalan Bumpy? Seperti pada suspensi empuk umumnya tentu tidak akan tenang dibanding cx5 yg keras tapi begitu kena lubang tidak akan membuat kita sakit pinggang..
5.Transmisi.. tetep smooth, perpindahan pintar sesuai dengan kondisi, tidak ada telat tenaga karna transimisi tidak mampu menyesuaikan.. namun yang agak kurang halus adalah perpindahan dari gear 1 ke gear 2 agak nyentak dikit, selebihnya oke..
Kesimpulan
Sebuah SUV dengan mesin dan transmisi oke tidak malu2in kalau diajak lari, suspensi nyaman layaknya MPV, Irit tidak kalah dari low mpv , Ground clearance tinggi siap kemedan ap aj.
Preferensi --> cukup puas dengan segala kelebihan dan kekurangan mobil ini,semoga kedepan tetep awet2 saja dan harga jual moga2 tidak jatuh.hehehe
Cukup puas ya om?

Isi biosolar ga pake aditif?

Rattling jg masih belom ada ya om?

Konsumsi BBM irit ini di angka berapa om?
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: User Report All New Pajero Sport Dakar 4x2

Post by Pboyz97 »

remedusakti wrote: 04 Mar 2017, 22:06 Tidak terasa sudah 1 tahun pakai ANPS.. berikut Saya coba Long Term Review..
Saat ini odometer menunjukkan angka 20ribu, beberapa hari yang lal baru servis 20ribu.. Selama pemakaian ini syukur tidak ada penyakit apa2 di ANPS, Baik mesin, Transmisi, Suspensi dll kecuali di setir ada sensasi glek glek, yang mana kata Beres mitsu sudah karakter seperti itu dan semua ANPS pun seperti itu dan makin hari glek2nya pun tidak tambah parah artinya mungkin itu karakter dari setirnya..
Engine: Tidak ada problem blas, suara mesin tetap merdu dan tarikanpun tetap mantaf.. masalah oli mesin nguap selama saya pakai tidak pernah terjadi hal itu, pernah nambah oli 1 kali bukan karena oli nguap tapi memang saat ganti oli ngisinya kurang tidak sesuai dengan buku manual, karena dibuku manual isinya lebih dari 7liter tapi diberes cm diisi 7 liter.. Konsumsi BBM nya ini yang patut diapresisasi, 1 Kata Irit dan lebih irit sekitar 15-20persen compare to Old Dakar( kebetulan ada juga). Selama pemakaian 90 persen pakai biosolar, beberapa kali pakai dex dan 1 kali pakai AKR.. Walaupun pakai biosolar tetep tarikan mantap, kalau dex lebih mantaf lagi, lbh irit dan tidak bau asapnya.. Terkait engine, kalau yang sudah pernah pakai diesel lain trus masuk ke dalam dan pakai ANPS pasti terasa beda baik getaran maupun suara, saya banding dengan Old Dakar dan D4D tuh 2 mbl kalau duduk supiran kerasa banget oh ini diesel.. Kl Anps Tdk bgt trs kalau ini diesel..
2. Interior, Jujur kalau saya lebih suka mobil tanpa softpad pada dashboarnya, karena lebih tahan terhadap benda tajam, gesekan dan panas.. selama pakai tidak ada ratling, kendor2 dan bunyi2.
3. Fitur dan Elektrikal.. semua berfungsi dan tidak ada yang malfungsi.
4. Suspensi. Tetap empuk dan empuk.. cocok untuk jalan ancur. Tapi kalau jalan ekstrem, lebih cocok pakai Old Dakar, karena kemungkinan mentok dengan tanah lebih kecil karena lebih keras.. beberapa hari lalu tukar pinjam dengan CX 5, pakai 2 hari trus kembali pakai ANPS terasa betul bedanya, hantam lubang ANPS empuk dan tidak bunyi glodakan, pakai cx 5 keras dan bunyi glodakan.. Tapi kalau bicara handling ya trahnya SUV ladder frame dan tinggi yang cukup2 aj. Toh diciptakan bukan buat kebut2an.. Apakah Goyang kalau jalan Bumpy? Seperti pada suspensi empuk umumnya tentu tidak akan tenang dibanding cx5 yg keras tapi begitu kena lubang tidak akan membuat kita sakit pinggang..
5.Transmisi.. tetep smooth, perpindahan pintar sesuai dengan kondisi, tidak ada telat tenaga karna transimisi tidak mampu menyesuaikan.. namun yang agak kurang halus adalah perpindahan dari gear 1 ke gear 2 agak nyentak dikit, selebihnya oke..
Kesimpulan
Sebuah SUV dengan mesin dan transmisi oke tidak malu2in kalau diajak lari, suspensi nyaman layaknya MPV, Irit tidak kalah dari low mpv , Ground clearance tinggi siap kemedan ap aj.
Preferensi --> cukup puas dengan segala kelebihan dan kekurangan mobil ini,semoga kedepan tetep awet2 saja dan harga jual moga2 tidak jatuh.hehehe
Nice long-term review om
Btw setuju sama perkataan om yg saya bold diatas, soalnya saya punya CX5 juga & udah pernah TD ANPS Dakar , impresi yg saya rasakan hampir sama dengan yg om katakan diatas
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
remedusakti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 291
Joined: 02 Jan 2008, 00:15

Re: User Report All New Pajero Sport Dakar 4x2

Post by remedusakti »

@sintoni.. Saya pribadi cukup puas.. biosolar tidak pernah pakai aditif kecuali bbrp hari lalu dikasi aditif dari beres.. sejauh ini no problemo di engine.. Ratling tidak nemu suara kreyet2 , Ter Ter dll, kalau old dakar interiornya ratling banget.. Masalah irit kalau luar kota jalan lancar tidak macet bisa 1:14-15 , kalau banyak jalan jelek dan ramai lalu lintas luar kota 1:11-12.. Pernah nyoba di Tol merak jakarta reset MID trus sampai dijakarta MID 1:17, kira2 jalan sejauh 90KM malam hari jam 03.00..
Sebagai pembanding ANPS pp lamp jakarta biosolar habis 200rb, kalau old dakar habis 240ribu, fortuner 2.7 premium habis 400ribu.. ini mobil kalau gak banyak bejek bisa irit bgt, tapi kalau dibejek2 juga ya msh itungan gak begt boroslah.
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2107
Joined: 25 Jan 2017, 16:12

Re: User Report All New Pajero Sport Dakar 4x2

Post by Venturtle »

remedusakti wrote: 04 Mar 2017, 22:06 Tidak terasa sudah 1 tahun pakai ANPS.. berikut Saya coba Long Term Review..
Saat ini odometer menunjukkan angka 20ribu, beberapa hari yang lal baru servis 20ribu.. Selama pemakaian ini syukur tidak ada penyakit apa2 di ANPS, Baik mesin, Transmisi, Suspensi dll kecuali di setir ada sensasi glek glek, yang mana kata Beres mitsu sudah karakter seperti itu dan semua ANPS pun seperti itu dan makin hari glek2nya pun tidak tambah parah artinya mungkin itu karakter dari setirnya..
Engine: Tidak ada problem blas, suara mesin tetap merdu dan tarikanpun tetap mantaf.. masalah oli mesin nguap selama saya pakai tidak pernah terjadi hal itu, pernah nambah oli 1 kali bukan karena oli nguap tapi memang saat ganti oli ngisinya kurang tidak sesuai dengan buku manual, karena dibuku manual isinya lebih dari 7liter tapi diberes cm diisi 7 liter.. Konsumsi BBM nya ini yang patut diapresisasi, 1 Kata Irit dan lebih irit sekitar 15-20persen compare to Old Dakar( kebetulan ada juga). Selama pemakaian 90 persen pakai biosolar, beberapa kali pakai dex dan 1 kali pakai AKR.. Walaupun pakai biosolar tetep tarikan mantap, kalau dex lebih mantaf lagi, lbh irit dan tidak bau asapnya.. Terkait engine, kalau yang sudah pernah pakai diesel lain trus masuk ke dalam dan pakai ANPS pasti terasa beda baik getaran maupun suara, saya banding dengan Old Dakar dan D4D tuh 2 mbl kalau duduk supiran kerasa banget oh ini diesel.. Kl Anps Tdk bgt trs kalau ini diesel..
2. Interior, Jujur kalau saya lebih suka mobil tanpa softpad pada dashboarnya, karena lebih tahan terhadap benda tajam, gesekan dan panas.. selama pakai tidak ada ratling, kendor2 dan bunyi2.
3. Fitur dan Elektrikal.. semua berfungsi dan tidak ada yang malfungsi.
4. Suspensi. Tetap empuk dan empuk.. cocok untuk jalan ancur. Tapi kalau jalan ekstrem, lebih cocok pakai Old Dakar, karena kemungkinan mentok dengan tanah lebih kecil karena lebih keras.. beberapa hari lalu tukar pinjam dengan CX 5, pakai 2 hari trus kembali pakai ANPS terasa betul bedanya, hantam lubang ANPS empuk dan tidak bunyi glodakan, pakai cx 5 keras dan bunyi glodakan.. Tapi kalau bicara handling ya trahnya SUV ladder frame dan tinggi yang cukup2 aj. Toh diciptakan bukan buat kebut2an.. Apakah Goyang kalau jalan Bumpy? Seperti pada suspensi empuk umumnya tentu tidak akan tenang dibanding cx5 yg keras tapi begitu kena lubang tidak akan membuat kita sakit pinggang..
5.Transmisi.. tetep smooth, perpindahan pintar sesuai dengan kondisi, tidak ada telat tenaga karna transimisi tidak mampu menyesuaikan.. namun yang agak kurang halus adalah perpindahan dari gear 1 ke gear 2 agak nyentak dikit, selebihnya oke..
Kesimpulan
Sebuah SUV dengan mesin dan transmisi oke tidak malu2in kalau diajak lari, suspensi nyaman layaknya MPV, Irit tidak kalah dari low mpv , Ground clearance tinggi siap kemedan ap aj.
Preferensi --> cukup puas dengan segala kelebihan dan kekurangan mobil ini,semoga kedepan tetep awet2 saja dan harga jual moga2 tidak jatuh.hehehe
nice long term review om.. :mky_02:
btw, waktu pencet remote buka mobil kan spionnya otomatis terbuka, bisa disetel supaya tidak otomatis terbuka om? soalnya kalo parkir di tempat sempit, kan mungkin spionnya bisa senggol mobil sebelah.. :big_smile]
Imzaulil
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 65
Joined: 06 Jan 2016, 10:16

Re: User Report All New Pajero Sport Dakar 4x2

Post by Imzaulil »

Om kalo sorot lampu dg Old dakar terang mana?
User avatar
asepcm
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: 30 Jan 2016, 20:26
Location: Serang, BANTEN
Daily Vehicle: ISUZUMUX
Contact:

Re: RE: Re: User Report All New Pajero Sport Dakar 4x2

Post by asepcm »

remedusakti wrote:@sintoni.. Saya pribadi cukup puas.. biosolar tidak pernah pakai aditif kecuali bbrp hari lalu dikasi aditif dari beres.. sejauh ini no problemo di engine.. Ratling tidak nemu suara kreyet2 , Ter Ter dll, kalau old dakar interiornya ratling banget.. Masalah irit kalau luar kota jalan lancar tidak macet bisa 1:14-15 , kalau banyak jalan jelek dan ramai lalu lintas luar kota 1:11-12.. Pernah nyoba di Tol merak jakarta reset MID trus sampai dijakarta MID 1:17, kira2 jalan sejauh 90KM malam hari jam 03.00..
Sebagai pembanding ANPS pp lamp jakarta biosolar habis 200rb, kalau old dakar habis 240ribu, fortuner 2.7 premium habis 400ribu.. ini mobil kalau gak banyak bejek bisa irit bgt, tapi kalau dibejek2 juga ya msh itungan gak begt boroslah.
Mesin baru transmisi baru cukup buat sibuk saya untuk cari review sebanyak banyak nya... hehehe, bunyi glek saat belok kok mirip mux ya, hhmmmm.. overall sangat menarik untuk dimiliki.
sintoni wrote:Mantapp reviewnya om.

Kemaren jg liat di jalanan tambah bagus, padahal awal2 ga sreg sama lampu belakangnya. Tapi kalo exterior ane masih pegang ANF sih.

Tapi secara paket ini menang lah dibanding merk sebelah.

Sekarang diisi DEX atau solar kebangaan kita om?
FRD wrote:pjs dakar lampu "nangis" nya nyala, varian selain dakar ga nyala
dafihy wrote:tadi papasan sama ANPS Dakar warna Hitam, makin kesini betul juga ternyata makin keren, nurut pendapat pribadi malah lebih keren daripada pesaing sebelah.

#nabung, nabung, nabung :)
akoeswojo wrote:
BADAK wrote:Setelah inden 1bulan, akhirnya datang jg ANPS gua.
Awal2 sebelum test drive pingin pilih silver. Tapi abis lihat unit test drive warna silver nya koq kusem n bulukan, sementara di dealer ada unit pesanan orang warna putih koq kinclong bener, akhirnya spk putih. Tapi ditengah2 inden berubah pikiran lg, balik ganti silver karena ngerasa warna white n black bakal pasaran bgt. Pingin deep bronze takut harga nya dikemudian hari jatuh. Bener2 galau. Hahaha..
Setelah unit yg dipesan datang, wow ternyata silver nya kerennn lebih elegant :frm_tumbleft:

Baru coba beberapa menit saja, blom bisa komen banyak. Cuman kyk nya yg harus segera diganti ini horn nya, suaranya kecil banget buat mobil sebongsor ini (kyk horn sepeda motor jadul aja). Pingin pasang horn terompet punya truck, tp bingung tabung nya ditaruh dimana. Hahaha.. paling sebel diklakson truck atau bus dr belakang. Mungkin mau pasang horn terompet tanpa tabung aja :twisted:

Berikutnya sector audio jg harus diperbaiki jg, sempet coba sebentar suara bawaan audio std nya ancur bgt neh :e-doh:

Ini mobil matic pertama gua, selama bertaon2 selalu pake manual. Walopun kadang pake jazz matic yg ada di rumah tapi rasanya masih canggung jg. Hehehe..
Rasanya kyk ada sesuatu yg hilang, dr kebiasaan pegang manual trz pindah matic :drinking:

Next kalo udah coba agak lama baru bisa komen banyak..
Ayo @bro ecrush, segera spk ANPS jg gak? :big_blushing:
iya Om, suara tapenya sih parah banget. tapi kalau udah disetel bass nya dikurangin sih rada lumayan lah.

Sent from my SM-G935F using Seraya Motor mobile app

tommych
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 31 Dec 2017, 09:01
Location: Yogyakarta

Re: User Report All New Pajero Sport Dakar 4x2

Post by tommych »

mantap abis om reviewnya..

tinggal nungguin Pajero nya dateng

hehe...
User avatar
remedusakti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 291
Joined: 02 Jan 2008, 00:15

Re: User Report All New Pajero Sport Dakar 4x2

Post by remedusakti »

Ijin update report, pemakaian selama 5,5 tahun All new pajero sport dakar..

Tidak terasa KR ini sdh menemani saya kurang lebih 5tahun 6 bulan, dimana saat ini kilometer sdh menunjukkan angka 80ribuan..

Bagaimana selama memelihara dakar ini dari baru sampai sknrg, apa saja perubahan yg terjadi dibanding saat masih baru ?

1. Mesin
Tidak ada perubahan sama sekali, suara tetap halus dan bahkan jika disandingkan dengan dakar terbarupun suaranya hampir sama..
Bagaimana akselerasinya ? Tetap yahud, khas 4n15.. low rev halus, terkesan agak malas kata orang, tp mid dan high rev jambakan tetap yahud, hampir sama dgn saat baru impresinya
BBM saya gunakan always biosolar dari baru, hanya bebrp kali saja pakai dex dan akr.
Filter solar rutin ganti tiap 10 K

2. Matic
Hampir sama dgn saat msh baru, tdk ada perubahan sama sekali

3. Suspensi
Ini yang menurut saya mengalami perubahan, mobil ini awalnya empuk banget, sekitar tahun ke 4 mulai ada perubahan, mobil jadi keras bantingannya dan terasa ombang ambing kiri kanan, setelah di cek ternyata shock belakang bocor, akhirnya saya belikan baru. Tapi tetap saja tidak bisa seempuk waktu msh baru.
Ditahun kelima, saya lakukan penggantian disektor kaki, walopun tidak ada kerusakan atau kebocoran, tp saya remajakan saja biar nyaman. Apa saja kah ?
a. Disc brake dibubut karna getar, dulu pernah claim rotor sekitar tahun ke 2-3 diganti baru semua, skrng ditahun kelima getar lagi, akhirnya saya bubut
b. Shock depan ganti baru berikut link stabil depan belakang
Dan setelah semua baru tetap saja rasa empuknya berbeda dengan saat msh baru atau bawaan pabriknya.. sangking penasarannya saya, akhirnya saya bandingkan shock bawaan mobil saat baru dan shock ori gantinya, ternyata ada perbedaan bentuk, sepertinya dikeluarkan oleh vendor yg berbeda.
Msh penasaran, saya coba bandingkan dengan all new pajero ibu saya tahun 2019 dimana semua msh ori bawaan pabrik dan benar, yang 2019 lebih empuk dan saya yakini empuknya sama dengan anps saya saat msh baru.

4. Servis besar di KM 80K. Ganti oli matic oli mesin, minyak rem minyak power, air radiator, flushing oli matic

5. Elektrikal. No Malfunction, semua berjalan normal tidak ada masalah

6. Claim yg pernah saya ajukan
- head lamp karna drlnya menguning
- disc brake semua roda

7. Masih iritkah ? Sangat irit sekali.. dgn biosolar 5150 rasanya menghabiskan 1 tangki cape bener.. konsumsi bbm luar kota, jalan lintas kecamatan, minimal 1liter 12km.. kl kaki santun, bisa diatas 1:14

8. Desain
Awalnya aneh ini mobil bagian depan cakep, belakang aneh kata orang.. mungkin terlalu futuristik.. Tapi saat ini, kok ini malah keliatan lebih up to date dibanding ANF ditahun yang sama..
Kalo dijejerin dengan anf ditahun yang sama, baik depan, belakang dan samping, anps terlihat lebih modern dan anf terlihat jadi agak keliatan lebih old scr desain.

9. Interior. Tidak ada suara aneh2 dan berisik diinterior.. tetep solid dan kedap, tidak banyak berubah dibanding saat msh baru.. pastinya ini sangat berbeda sekali dengan OPS dimana ops saat msh baru agak berisik setelah beberapa tahun super berisik banget interiornya.


Kesimpulan
Sangat puas sekali dengan kualitas anps ini. Better dibandingkan dengan kualiats ops yang pernah saya beli juga dari baru..
Attachments
20210826_083914.jpg
20210826_083914.jpg (735.26 KiB) Viewed 422 times
20210907_162552.jpg
20210907_162552.jpg (600.06 KiB) Viewed 422 times
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: 21 Dec 2007, 11:45

Re: User Report All New Pajero Sport Dakar 4x2

Post by BADAK »

ANPS saya jg udah 5.5th.
Tapi odo masih 25rb doang. Selama pemakaian 5.5th gak pernah ganti parts slow moving sama sekali, bahkan aki n ban masih awet. Ya jelas wong jarang dipake :big_biglaugh:
Paling cuman perawatan berkala ganti filter solar n filter oli. Filter udara pake K&N jg cmn dibersihin doang. Ternyata biaya peliara ANPS hampir mirip2 peliara elsape ya :upss:
Pengeluaran terbesar diawal2 beli justru dipajaknya, karena telat bayar n kena progresif gara2 salah teknis waktu daftar :big_cry:
So far semua masih baik2 saja seperti waktu awal beli.
Suara jg tetap halus karena sejak awal beli selalu pake dex.
Mau dijual koq sayang, mau dikeep koq kadang ngerasa bosan n pingin ganti :upss: .
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: User Report All New Pajero Sport Dakar 4x2

Post by maastricht889 »

BADAK wrote: 07 Sep 2021, 19:41 ANPS saya jg udah 5.5th.
Tapi odo masih 25rb doang. Selama pemakaian 5.5th gak pernah ganti parts slow moving sama sekali, bahkan aki n ban masih awet. Ya jelas wong jarang dipake :big_biglaugh:
Paling cuman perawatan berkala ganti filter solar n filter oli. Filter udara pake K&N jg cmn dibersihin doang. Ternyata biaya peliara ANPS hampir mirip2 peliara elsape ya :upss:
Pengeluaran terbesar diawal2 beli justru dipajaknya, karena telat bayar n kena progresif gara2 salah teknis waktu daftar :big_cry:
So far semua masih baik2 saja seperti waktu awal beli.
Suara jg tetap halus karena sejak awal beli selalu pake dex.
Mau dijual koq sayang, mau dikeep koq kadang ngerasa bosan n pingin ganti :upss: .
Satu lagi om, udh pernah ditawar orang belum pas di jalan ato lg pergi? :big_weee:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: User Report All New Pajero Sport Dakar 4x2

Post by sintoni »

Pake biosolar murni om? Ga pake aditif ya?

Aman aja berarti ya om mesin baru ini pake solar goceng.
User avatar
remedusakti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 291
Joined: 02 Jan 2008, 00:15

Re: User Report All New Pajero Sport Dakar 4x2

Post by remedusakti »

sintoni wrote: 07 Sep 2021, 20:07 Pake biosolar murni om? Ga pake aditif ya?

Aman aja berarti ya om mesin baru ini pake solar goceng.
Murni biosolar aj om, gak pake aditif sama sekali..
Penting tiap 10 K ganti filter.
Ini rencana saya, karna mobil jrng pake, rencana tiap 5K pas ganti oli skalian ganti filter, toh harga filter msh terjangkau.

Pernah liat bbrp hari lalu dibengkel dkt rumah, anps injektor mampet di KM 140ribu, info dari bengkel mobilnya kurang perawatan, jrng ganti filter solar.
User avatar
remedusakti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 291
Joined: 02 Jan 2008, 00:15

Re: User Report All New Pajero Sport Dakar 4x2

Post by remedusakti »

BADAK wrote: 07 Sep 2021, 19:41 ANPS saya jg udah 5.5th.
Tapi odo masih 25rb doang. Selama pemakaian 5.5th gak pernah ganti parts slow moving sama sekali, bahkan aki n ban masih awet. Ya jelas wong jarang dipake :big_biglaugh:
Paling cuman perawatan berkala ganti filter solar n filter oli. Filter udara pake K&N jg cmn dibersihin doang. Ternyata biaya peliara ANPS hampir mirip2 peliara elsape ya :upss:
Pengeluaran terbesar diawal2 beli justru dipajaknya, karena telat bayar n kena progresif gara2 salah teknis waktu daftar :big_cry:
So far semua masih baik2 saja seperti waktu awal beli.
Suara jg tetap halus karena sejak awal beli selalu pake dex.
Mau dijual koq sayang, mau dikeep koq kadang ngerasa bosan n pingin ganti :upss: .
Om badak anps kayanya umur2nya ampir sama ya ama punya saya.. Anps keluaran awal ya..

Skrng peminat anps banyak banget, disini harga jualnya jadi naik skrng..

Bebrapa kali anps saya ditawar orang, padahal gak dijual..😅
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: 21 Dec 2007, 11:45

Re: User Report All New Pajero Sport Dakar 4x2

Post by BADAK »

erwinign wrote: 07 Sep 2021, 19:52
BADAK wrote: 07 Sep 2021, 19:41 ANPS saya jg udah 5.5th.
Tapi odo masih 25rb doang. Selama pemakaian 5.5th gak pernah ganti parts slow moving sama sekali, bahkan aki n ban masih awet. Ya jelas wong jarang dipake :big_biglaugh:
Paling cuman perawatan berkala ganti filter solar n filter oli. Filter udara pake K&N jg cmn dibersihin doang. Ternyata biaya peliara ANPS hampir mirip2 peliara elsape ya :upss:
Pengeluaran terbesar diawal2 beli justru dipajaknya, karena telat bayar n kena progresif gara2 salah teknis waktu daftar :big_cry:
So far semua masih baik2 saja seperti waktu awal beli.
Suara jg tetap halus karena sejak awal beli selalu pake dex.
Mau dijual koq sayang, mau dikeep koq kadang ngerasa bosan n pingin ganti :upss: .
Satu lagi om, udh pernah ditawar orang belum pas di jalan ato lg pergi? :big_weee:
Gimana mau ditawar, nyium aspal aja belum tentu sebulan sekali :upss:
remedusakti wrote: 07 Sep 2021, 20:21
BADAK wrote: 07 Sep 2021, 19:41 ANPS saya jg udah 5.5th.
Tapi odo masih 25rb doang. Selama pemakaian 5.5th gak pernah ganti parts slow moving sama sekali, bahkan aki n ban masih awet. Ya jelas wong jarang dipake :big_biglaugh:
Paling cuman perawatan berkala ganti filter solar n filter oli. Filter udara pake K&N jg cmn dibersihin doang. Ternyata biaya peliara ANPS hampir mirip2 peliara elsape ya :upss:
Pengeluaran terbesar diawal2 beli justru dipajaknya, karena telat bayar n kena progresif gara2 salah teknis waktu daftar :big_cry:
So far semua masih baik2 saja seperti waktu awal beli.
Suara jg tetap halus karena sejak awal beli selalu pake dex.
Mau dijual koq sayang, mau dikeep koq kadang ngerasa bosan n pingin ganti :upss: .
Om badak anps kayanya umur2nya ampir sama ya ama punya saya.. Anps keluaran awal ya..

Skrng peminat anps banyak banget, disini harga jualnya jadi naik skrng..

Bebrapa kali anps saya ditawar orang, padahal gak dijual..😅
Iya Om remedusakti, ANPS saya jg keluaran awal.
Justru itulah saya jd agak bosan, tiap jalan brp kilometer koq selalu ketemu kembarannya dimana2 :big_bored:
Selain itu nyetir ladder frame koq rasanya lebih capek drpd nyetirin mobil monokok ya. Kalo dipake jarak jauh pinggang terasa capek bgt. Entah efek dr suspensinya yg terlalu mengayun, entah apa karena gua yg mulai tua ya :big_dunno:
Pernah saya touring ke Bali malah pilih pake OS yg justru lebih tua (2013), dgn kondisi airbag off pula. Alasannya ya karena takut kecapekan di jalan kalo pake ANPS. Dipikir2 aneh jg skrg :upss:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Gl4cier
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 137
Joined: 24 Jun 2011, 22:20

Re: User Report All New Pajero Sport Dakar 4x2

Post by Gl4cier »

remedusakti wrote: 07 Sep 2021, 16:51 Ijin update report, pemakaian selama 5,5 tahun All new pajero sport dakar..

Tidak terasa KR ini sdh menemani saya kurang lebih 5tahun 6 bulan, dimana saat ini kilometer sdh menunjukkan angka 80ribuan..

Bagaimana selama memelihara dakar ini dari baru sampai sknrg, apa saja perubahan yg terjadi dibanding saat masih baru ?

1. Mesin
Tidak ada perubahan sama sekali, suara tetap halus dan bahkan jika disandingkan dengan dakar terbarupun suaranya hampir sama..
Bagaimana akselerasinya ? Tetap yahud, khas 4n15.. low rev halus, terkesan agak malas kata orang, tp mid dan high rev jambakan tetap yahud, hampir sama dgn saat baru impresinya
BBM saya gunakan always biosolar dari baru, hanya bebrp kali saja pakai dex dan akr.
Filter solar rutin ganti tiap 10 K

2. Matic
Hampir sama dgn saat msh baru, tdk ada perubahan sama sekali

3. Suspensi
Ini yang menurut saya mengalami perubahan, mobil ini awalnya empuk banget, sekitar tahun ke 4 mulai ada perubahan, mobil jadi keras bantingannya dan terasa ombang ambing kiri kanan, setelah di cek ternyata shock belakang bocor, akhirnya saya belikan baru. Tapi tetap saja tidak bisa seempuk waktu msh baru.
Ditahun kelima, saya lakukan penggantian disektor kaki, walopun tidak ada kerusakan atau kebocoran, tp saya remajakan saja biar nyaman. Apa saja kah ?
a. Disc brake dibubut karna getar, dulu pernah claim rotor sekitar tahun ke 2-3 diganti baru semua, skrng ditahun kelima getar lagi, akhirnya saya bubut
b. Shock depan ganti baru berikut link stabil depan belakang
Dan setelah semua baru tetap saja rasa empuknya berbeda dengan saat msh baru atau bawaan pabriknya.. sangking penasarannya saya, akhirnya saya bandingkan shock bawaan mobil saat baru dan shock ori gantinya, ternyata ada perbedaan bentuk, sepertinya dikeluarkan oleh vendor yg berbeda.
Msh penasaran, saya coba bandingkan dengan all new pajero ibu saya tahun 2019 dimana semua msh ori bawaan pabrik dan benar, yang 2019 lebih empuk dan saya yakini empuknya sama dengan anps saya saat msh baru.

4. Servis besar di KM 80K. Ganti oli matic oli mesin, minyak rem minyak power, air radiator, flushing oli matic

5. Elektrikal. No Malfunction, semua berjalan normal tidak ada masalah

6. Claim yg pernah saya ajukan
- head lamp karna drlnya menguning
- disc brake semua roda

7. Masih iritkah ? Sangat irit sekali.. dgn biosolar 5150 rasanya menghabiskan 1 tangki cape bener.. konsumsi bbm luar kota, jalan lintas kecamatan, minimal 1liter 12km.. kl kaki santun, bisa diatas 1:14

8. Desain
Awalnya aneh ini mobil bagian depan cakep, belakang aneh kata orang.. mungkin terlalu futuristik.. Tapi saat ini, kok ini malah keliatan lebih up to date dibanding ANF ditahun yang sama..
Kalo dijejerin dengan anf ditahun yang sama, baik depan, belakang dan samping, anps terlihat lebih modern dan anf terlihat jadi agak keliatan lebih old scr desain.

9. Interior. Tidak ada suara aneh2 dan berisik diinterior.. tetep solid dan kedap, tidak banyak berubah dibanding saat msh baru.. pastinya ini sangat berbeda sekali dengan OPS dimana ops saat msh baru agak berisik setelah beberapa tahun super berisik banget interiornya.


Kesimpulan
Sangat puas sekali dengan kualitas anps ini. Better dibandingkan dengan kualiats ops yang pernah saya beli juga dari baru..

utk SUV Ladder frame berumur n odo mayan cek: Body Mounting (karet mounting antara body n sasis, ini pengaruhnya besar buat yg bisa rasain, biasa sudah getas atau penyet)
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: User Report All New Pajero Sport Dakar 4x2

Post by pengendiesel »

remedusakti wrote: 07 Sep 2021, 16:51 Ijin update report, pemakaian selama 5,5 tahun All new pajero sport dakar..

Tidak terasa KR ini sdh menemani saya kurang lebih 5tahun 6 bulan, dimana saat ini kilometer sdh menunjukkan angka 80ribuan..

Bagaimana selama memelihara dakar ini dari baru sampai sknrg, apa saja perubahan yg terjadi dibanding saat masih baru ?

1. Mesin
Tidak ada perubahan sama sekali, suara tetap halus dan bahkan jika disandingkan dengan dakar terbarupun suaranya hampir sama..
Bagaimana akselerasinya ? Tetap yahud, khas 4n15.. low rev halus, terkesan agak malas kata orang, tp mid dan high rev jambakan tetap yahud, hampir sama dgn saat baru impresinya
BBM saya gunakan always biosolar dari baru, hanya bebrp kali saja pakai dex dan akr.
Filter solar rutin ganti tiap 10 K

2. Matic
Hampir sama dgn saat msh baru, tdk ada perubahan sama sekali

3. Suspensi
Ini yang menurut saya mengalami perubahan, mobil ini awalnya empuk banget, sekitar tahun ke 4 mulai ada perubahan, mobil jadi keras bantingannya dan terasa ombang ambing kiri kanan, setelah di cek ternyata shock belakang bocor, akhirnya saya belikan baru. Tapi tetap saja tidak bisa seempuk waktu msh baru.
Ditahun kelima, saya lakukan penggantian disektor kaki, walopun tidak ada kerusakan atau kebocoran, tp saya remajakan saja biar nyaman. Apa saja kah ?
a. Disc brake dibubut karna getar, dulu pernah claim rotor sekitar tahun ke 2-3 diganti baru semua, skrng ditahun kelima getar lagi, akhirnya saya bubut
b. Shock depan ganti baru berikut link stabil depan belakang
Dan setelah semua baru tetap saja rasa empuknya berbeda dengan saat msh baru atau bawaan pabriknya.. sangking penasarannya saya, akhirnya saya bandingkan shock bawaan mobil saat baru dan shock ori gantinya, ternyata ada perbedaan bentuk, sepertinya dikeluarkan oleh vendor yg berbeda.
Msh penasaran, saya coba bandingkan dengan all new pajero ibu saya tahun 2019 dimana semua msh ori bawaan pabrik dan benar, yang 2019 lebih empuk dan saya yakini empuknya sama dengan anps saya saat msh baru.

4. Servis besar di KM 80K. Ganti oli matic oli mesin, minyak rem minyak power, air radiator, flushing oli matic

5. Elektrikal. No Malfunction, semua berjalan normal tidak ada masalah

6. Claim yg pernah saya ajukan
- head lamp karna drlnya menguning
- disc brake semua roda

7. Masih iritkah ? Sangat irit sekali.. dgn biosolar 5150 rasanya menghabiskan 1 tangki cape bener.. konsumsi bbm luar kota, jalan lintas kecamatan, minimal 1liter 12km.. kl kaki santun, bisa diatas 1:14

8. Desain
Awalnya aneh ini mobil bagian depan cakep, belakang aneh kata orang.. mungkin terlalu futuristik.. Tapi saat ini, kok ini malah keliatan lebih up to date dibanding ANF ditahun yang sama..
Kalo dijejerin dengan anf ditahun yang sama, baik depan, belakang dan samping, anps terlihat lebih modern dan anf terlihat jadi agak keliatan lebih old scr desain.

9. Interior. Tidak ada suara aneh2 dan berisik diinterior.. tetep solid dan kedap, tidak banyak berubah dibanding saat msh baru.. pastinya ini sangat berbeda sekali dengan OPS dimana ops saat msh baru agak berisik setelah beberapa tahun super berisik banget interiornya.


Kesimpulan
Sangat puas sekali dengan kualitas anps ini. Better dibandingkan dengan kualiats ops yang pernah saya beli juga dari baru..
Harga shock ori depan dan belakang berapa om?
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post