Nissan Tiida

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
pinoh_boy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1136
Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47

Nissan Tiida

Post by pinoh_boy »

PESONA HATCHBACK ALTERNATIF
--------------------------------------------------------------------------------
Nissan menciptakan Tiida untuk mewujudkan konsep kendaraan global. Agar mendapat hasil terbaik, Renault dirangkul sebagai mitra.

Ekspansi kendaraan-kendaraan impor tak kunjung usai. Melalui Importir Umum (IU) kini pencinta otomotif disugguhkan dengan berbagai pilihan. Saking banyaknya mobilmotor dalam beberapa edisi belakang kebanjiran materi-materi tersebut. Beberapa IU terkemuka mempercayakan dagangannya diuji dan dibuatkan ulasannya. Kali ini kendaraan bernama Tiida yang berasal dari pabrikan asal negeri matahari terbit Jepang Nissan berkesempatan untuk kami uji. Pendek kata, mari kita simak apa saja kelebihan serta kekurangan Tiida melalui tulisan berikut ini.




Eksterior dan Interior

Tiida diciptakan Nissan untuk mewujudkan cita-citanya menciptakan konsep kendaraan global. Dalam mewujudkan hal tersebut Nissan berkolaborasi dengan pabrikan asal Perancis, Renault. Hal ini dilakukan dalam upaya untuk bersaing dengan pabrikan asal Jepang lainnya yang terlebih dahulu memulai konsep global, seperti yang dilakukan Toyota dan Suzuki. Di Indonesia Tiida memberikan warna baru pada kelas hatchback. Kehadirannya menorobos dominasi keberadaan varian-varian asal Eropa. Tentunya hal tersebut memberikan dampak positif kepada konsumen. Terlebih mereka yang masih berpikiran konservatif bahwa kendaraan asal Jepang masih lebih mudah perawatannya ketimbang kendaraan asal Eropa.



Disain hatchback Tiida memiliki aroma Eropa yang kental. Tarikan garis tegas dihadirkan pada sekujur bodinya. Menyimak disain bonnet, modelnya berkarakter agresif dengan bentuk gril yang memanjang menyatu dengan headlamp-nya. Sepintas lalu bentuknya mirip dengan varian Nissan lainnya yakni Murano. Sementara bentuk buritannya sendiri memiliki konsep disain sederhana. Dengan lampu belakang melebar tampilannya mirip dengan kompetitornya Peugeot 307. Pihak Nissan mengklaim bahwa disainnya tersebut memiliki nilai aerodinamika yang tinggi dengan nilai coefficient of drag (Cd) di bawah 0,29.



Kelebihan utama dari interior Tiida adalah kelapangan ruangnya. Keseluruhan penumpang dapat dengan mudah mengatur posisi duduk terbaik mereka tanpa mengganggu satu sama lain. Menurut pandangan mobilmotor, belum ada kompetitor yang memiliki ruang selapang Tiida. Jok sendiri memiliki lapisan berbahan fabric berwarna hitam yang keseluruhannya dilengkapi dengan sabuk keselamatan. Di balik kemudi, Anda akan disambut dengan roda kemudi berdisain sportif yang modelnya mirip dengan Murano. Visibilitasnya pun tergolong baik, dengan bebasnya pandangan pengemudi untuk mengontrol setiap sisi kendaraan. Sayang stir tidak dilengkapi tilt steering, sehingga bagi pengendaraa yang berbadan tinggi posisinya agak terlalu ke atas.



Dasbor sendiri memiliki model membesar bergaya minimalis dengan dominasi warna hitam dipadu dengan aksen berwarna silver. Konsentrasi fitur-fitur terletak pada bagian tengah yang meliputi sistem audio, pengaturan AC serta cup holder. Sedikit catatan untuk perokok, tidak seperti dasbor mobil kebanyakan, tidak terdapat pemantik api serta asbak di sana.



Mesin dan Sistem Penggerak

Tiida diperkuat oleh dapur pacu bertipe HR15DE. Pihak Nissan menyebutkan bahwa H-series memiliki beberapa kelebihan dari mesin lansiran Nissan lainnya yakni Q-series khususnya yang berkapasitas sama yakni QG15DE. Asal tahu saja, Q-series telah sering memenangkan berbagai penghargaan melalui Cefiro dan Infinity. Kelebihannya adalah torsi yang lebih besar 5 – 7 % pada rpm bawah dan sedang. Dan memililiki bobot 30 % lebih ringan serta konsumsi BBM lebih irit 20 %. Para insinyur Nissan mengatakan rahasia kehebatan HR15DE terletak pada pengaturan sistem hidrolik dan sistem electronic controls yang telah diperbaharui. Pemakaian dan pemilihan gear ratio range yang lebih besar memungkinkan akselerasi maksimal dan pemakaian bahan bakar lebih efisien, yang disesuaikan dengan kondisi pengemudian mobil. Menurut rencana mesin ini juga akan dipakai pada mobil-mobil Renault di Eropa.



HR15DE memiliki kapasitas 1.500 cc dengan keluaran tenaga 109 tk pada 6.000 rpm dan torsi 148 Nm pada 4.400 rpm. Sebagai penyalur tenaga mesin ke roda adalah sistem transmisi otomatis 4 kecepatan yang dilengkapi dengan teknologi CVT. Sistem ini menjamin kinerja optimal dari perpindahan gigi yang membuat mantap berakselerasi dan dipercaya mampu menjadikan konsumsi BBM irit. Kombinasi tersebut juga membawa keluaran gas buang tiida ramah lingkungan. Seperti mobil-mobil papan atas Jepang lainnya, angka emisinya 75 % lebih baik dari peraturan standar Jepang tahun 2005 dan diakui dengan certifikat yang dikeluarkan oleh Ministry of Land, Infrastructure and Transport.



On Road Performance

Berakselerasi dengan Tiida di jalan pada sekitar Jakarta terasa menyenangkan. Mobil terasa ringan untuk dipacu pada berbagai kondisi pengendaraan. Torsi pada putaran bawah dan menengah yang diklaim baik pihak Nissan ternyata bukanlah isapan jempol belaka. Saat pedal gas diinjak mendadak sentakan tenaga terasa keluar spontan dan mantap. Begitu juga saat bermanuver di jalan padat, tidak terasa kekhawatiran kehilangan kemampuan sesaat melepas pedal gas dan menginjaknya lagi. Ada satu masalah yang terjadi ketika pedal gas diinjak mendadak, kinerja transmisi terasa kurang halus. Meski hal tersebut terjadi hanya dalam beberapa detik, namun kondisinya agak sedikit mengganggu. Hasil ujicoba mobilmotor mencatat, untuk menempuh akselerasi 0 – 100 km/jam dibutuhkan waktu 12,5 detik.



Tiida memiliki peredaman atau sistem suspensi berkarakter medium yang merupakan toleransi terbaik bagi pengendaraan dalam kota. Hanya saja memang memiliki konsekuensi yang sedikit mengganggu. Artinya, nyaman pada jalan bergelombang atau rusak, namun terjadi beberapa gejala negatif pengendaraan saat melakukan manuver pada kecepatan tinggi. Meski masih dalam kondisi batas normal, mobilmotor merasakan body roll dan oversteer pada saat melakukan ujicoba. Selain lapangnya kabin, aura kenyamanan saat berkendara dengan Tiida dihadirkan melalui sistem audio dan sistem pendinginan ruangnya. Ditambah lagi dengan sistem peredamanan yang cukup baik yang membuat suasana kabin menjadi senyap. (AriE)



BOX

Nilai Jual

Nissan Tiida ditawarkan dengan harga Rp 275 juta on the road. Pendistribusian hatchback ini baru dilakukan oleh IU salah satunya bernama Platinum Motor yang terletak di Graha Auto Center Kelapa Gading. Sementara pihak ATPM Nissan di Indonesia PT Nissan Motor Indonesia belum dapat memberikan kepastian akan meluncurkan Tiida. Salah satu sumber di sana menyebutkan bahwa varian-varian terbaru dari Nissan baru dipelajari. Khusus kelas small sedan seperti Tiida peluncurannya tergantung dari kondisi pasar di masa mendatang. Di pasar nasional Tiida akan bersaing dengan hatchback asal Eropa seperti Volkswagen Golf, Peugeot 307 serta Renault Megane. Dengan harga yang bersaing membuat Tiida layak menjadi pilihan bila Anda ingin memiliki kendaraan kelas tersebut. Untuk pasaran Jepang sendiri, Nissan menargetkan Tiida dapat terjual 5.000 unit per bulannya.



BOX

217.000 UNIT

Dalam kurun tiga tahun ke depan, Nissan memprediksi bahwa angka penjualan mereka akan meningkat hingga 12 % di pasar Asia Tenggara. Total target penjualan yang di canangkan hingga tahun 2008 diperkirakan akan menembus 217.000 unit. Dengan pembagian Thailand (130.000 unit), Indonesia (40.000 unit), Malaysia (34.000 unit) dan Filipina (13.000 unit) pada 2008.



“Kami memperkirakan volume total industri otomotif di Thailand, Malaysia, Indonesia dan Filipina akan mencapai hingga 1,8 juta unit pada 2008 nanti. Kondisi ini meningkat hingga 30 % bila dibandingkan tahun sebelumnya,” kata Toshiyuka Shiga, Senior Vice President of General Overseas Markets, Nissan Motor Co. Ltd. “Munculnya mesin baru dan konsep kolaborasi dipercaya akan semakin meningkatakan penjualan Nissan. Dengan produk yang lebih kompetitif, kami bertekad untuk meningkatkan citra Nissan,” demikian tambahnya.



Di Jepang sendiri akselerasi Nissan Motor terhitung lumayan cepat, menjadikan pabrikan otomotif tersebut menggeser Honda di posisi kedua terbesar di Jepang. Mari kita nantikan varian-varian terbaru Nissan di tanah air.



BOX

KOMENTAR JIMMY LUKITA

Keunggulan Nissan Tiida terletak pada karakter mesin yang sangat cocok untuk pengendaraan dalam kota. Power-nya terasa padat terutama pada putaran bawah yang membuatnya menyenangkan di saat berakselerasi. Handling lincah dan roda kemudi enteng serta ditunjang dengan visibilitas yang baik membuat rasa percaya diri di saat berkendara. Baiknya akselerasi ditunjang oleh kinerja rem berteknologi ABS yang bekerja baik. Ruang interior terasa lapang dan memiliki peredaman suara yang baik. Ruang bagasi cukup luas dan tak lupa tambahan sunroof memberikan point tambahan tersendiri.



Menyimak disain menurut saya modelnya agak sedikit kaku pada bagian samping dan belakang. Gril depan tampak kokoh berpadu dengan lampu depan yang menyatu. Stabilitas dari Tiida tergolong biasa-biasa saja. Karakter suspensinya terlalu empuk sehingga memiliki kekurangan saat diajak bermanuver pada kecepatan tinggi.



KOMPETITOR

Volkwagen Golf A5

Dimensi : 4.149/1.735/1.485 mm

Mesin : I-4 1.600 cc 102 tk

Harga : 299 juta on the road

Sejak diperkenalkan tahun 1975 Golf sudah dijual 20 juta unit, membuat mobil ini sangat populer di dunia khususnya Eropa. Memiliki keunggulan pada modelnya yang “hot & seksi” serta mesin tangguh yang karakternya cocok untuk pengendaraan dalam kota

Renault megane

Dimensi : 4.209/1.777/1.457 mm

Mesin : I-4 1.598 cc 115 tk

Harga : Rp 269 juta on the road

Megane menawarkan disain kontemporer. Bentuknya memiliki disain unik dengan bentuk buritan yang meruncing. Mobil asal Prancis memiliki daya tarik lain yakni disain interiornya yang tampak modern.

Peugeot 307

Dimensi : 4.202/1.730/1.510 mm

Mesin : I-4 1,587 cc 110 tk

Harga : Rp.276 juta on the road

307 disebut-sebut sebagai kendaraan yang cocok bagi keluarga muda. Mengandalkan disain yang kompak dengan aksen tegas dan sederhana.



SPESIFIKASI

MESIN

Type : HR15DE

Kapasitas : 1.498

Konfigurasi : I-4

Sistem Katup : DOHC, 16 katup

DiameterXLangkah(mm) : 78,0x78,4

Tenaga (tk/rpm) : 109/6,000

Torsi (Nm/rpm) : 148/4,400

Rasio Kompresi : 10,5:1

TRANSMISI

Tipe : A/T 4 Kecepatan CVT

SISTEM GERAK RODA

Tipe : 2 WD gerak depan

SUSPENSI

Tipe (dpn/blk) : Wishbone McPherson, Stabiliser/poros kaku, McPherson Stabiliser

REM

Tipe (dpn/blk) : Cakram Ventilasi/Cakram

DIMENSI

PJG/LBR/TNG (mm) : 4.250/1.695/1.535

Jrk Sumbu Roda (mm) : 2.600

Trek (dpn/blk) (mm) : 1.480/1.485

Berat Kosong (kg) : 1.230

Radius Putar (m) : 5,2

Kapasitas Tangki (liter) : 60

Ukuran Ban : 185/65 R 15

HARGA : Rp 275 juta (on the road)

READY STOCK : PLATINUM MOTOR

Graha Auto Center

Ground floor 26-27-28

JL.Boulevard Bukit Gading Raya, Kelapa gading

Jakarta Utara 14240

Tel : 021-4586 5252

HASIL UJICOBA

Akselerasi (detik)

0 – 100 km/jam : 12,5

0 – 80 km/jam : 9,7

0 – 60 km/jam : 5,8

0 – 40 km/jam : 3,5

0 – 20 km/jam : 1,5

0 – 201 meter : 12,5 detik@ 94 km/jam

Kebisingan Kabin (dB)

Idle : 46

20 km/jam : 53,8

40 km/jam : 56,3

60 km/jam : 59

80 km/jam : 61,5

100 km/jam : 62,5

Nilai Uji Coba

Disain dan Rancang Bangun ***

Interior ***

Mesin dan Sistem Penggerak ****

Stabilitas Pengendalian dan Pengendaraan ***

Nilai Jual **
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Herry
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 840
Joined: Tue May 11, 2004 4:00
Location: Asia

Post by Herry »

Wah nilainya kog jeblok semua neh..... :e-think:

Btw, makin lama gue liat tiida kog makin gak suka ya?? Model exteriornya terkesan rada kuno... Tapi interiornya bagus, dan katanya paling lega dikelasnya.
Live as if you were to die tomorrow.
Learn as if you were to live forever.
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Kalo dibandingin sama PUG 307 Sporty Tiptronic. Mana yang lebih baik ?
User avatar
tidi
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Mon Jun 13, 2005 10:47
Location: Jakarta

Post by tidi »

tapi tiida blm nongol-2 nih ke jakarte, lihat-2 di website nya nissan indon jg gak dipajang tuh...
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Sudah lama masuk lewat IU.
haney
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Thu Aug 18, 2005 15:02

Post by haney »

User avatar
observer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 873
Joined: Tue Jul 27, 2004 14:03

Post by observer »

Saya pernah lihat sekali di jalanan yang hatchback, masih lumayan lah, tapi masih bagusan Mazda3 jauh.
Mazda3 aja kurang laku, apalagi ini. Kecuali harganya bisa diset dibawa 200juta.
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Yes, that magic figure of 200 juta, the equivalent Rp to US 10,000 psychological barrier in the car market !
User avatar
Herry
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 840
Joined: Tue May 11, 2004 4:00
Location: Asia

Post by Herry »

observer wrote:Saya pernah lihat sekali di jalanan yang hatchback, masih lumayan lah, tapi masih bagusan Mazda3 jauh.
Mazda3 aja kurang laku, apalagi ini. Kecuali harganya bisa diset dibawa 200juta.
Design tiida kog dibanding mazda 3 ya jauh donk... bagai liat baleno banding vios kalo nurut gue...
Tapi sebenarnya tiida emang gak bisa dibanding mazda 3, karena mazda 3 selevel ama altis/civic/lancer/sentra.

Btw cuman Diind mazda gak laku, diTaiwan mazda 3 menduduki peringkat 2 dibawah altis dari segi penjualan neh. civic aja kalah jauh dibanding mazda 3.
Live as if you were to die tomorrow.
Learn as if you were to live forever.
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Itulah anehnya Indonesia. Banyak mobil bagus di hindarkan. Semuanya mau ramai ramai pakai mobil yang sama.
User avatar
observer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 873
Joined: Tue Jul 27, 2004 14:03

Post by observer »

Sithlord wrote:Itulah anehnya Indonesia. Banyak mobil bagus di hindarkan. Semuanya mau ramai ramai pakai mobil yang sama.
Itulah orang Indonesia :oops: , senangnya ikut ikutan!
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Yeah ! Seperti Lemmings ! For me, justru saya kalau mampu akan mau tampil beda !

Ngomong tampil beda, kemarin malam, jam 9 malaman, di Yos Sudarso, ketemu Nissan 350 Z ! Wow ! Terus saya U-turn, dan saya yakin dia ngak U-turn, jalan terus. Eh 5 detik kemudian, ada 350 Z lagi lewat saya !

Apakah kebetulan malam itu ketemu 2 biji mobil sangat langka ini ? Sama mobilnya, entah gimana kok saya ngak lihat dia ikut U-turn, Atau itu mobil setan ! Seperti Dracula, mendadak bisa muncul di mana saja ! After all its a dark dark night !
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Haha, sangat langka apanya, Dark Lord. Kalau Anda sering ke kontes modif atau suka beli majalah modif, sudah ada belasan 350Z yg dimodif, belum lagi yg dibiarkan standar. Dari warna gold sampai hitam, ada semua.

Yg jelas tidak sebanyak Celica misalnya, karena selain harga, brand Nissan vs Toyota (again).
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

And I want to add, Celica have been sold here by IUs since 1999 or year 2000 saat pintu mobil CBU buka di Indo.

For me, I used to like the Celica. But since the 350 Z muncul, I prefer the Z's cute face.

Once again I choose the car, not the brand. If the Z is made by Toyota, I will not change my mind.
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Itulah orang Indonesia , senangnya ikut ikutan!
Yup emang senangnya ikut2an. Disamping itu msy Indo juga lebih mementingkan resale value, maunya mobil dijadikan investasi juga.
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

conan wrote:Haha, sangat langka apanya, Dark Lord. Kalau Anda sering ke kontes modif atau suka beli majalah modif, sudah ada belasan 350Z yg dimodif, belum lagi yg dibiarkan standar. Dari warna gold sampai hitam, ada semua.

Yg jelas tidak sebanyak Celica misalnya, karena selain harga, brand Nissan vs Toyota (again).
350Z modified. 8) 8) 8) Cat bunglon, velg jari2 celong ! Keren 8)
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

Sayangnya 350Z yg masuk resmi ke Indo transmisi-nya matic ...
Image
User avatar
skullkid
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 556
Joined: Thu Feb 16, 2006 10:31

Post by skullkid »

conan wrote:Haha, sangat langka apanya, Dark Lord. Kalau Anda sering ke kontes modif atau suka beli majalah modif, sudah ada belasan 350Z yg dimodif, belum lagi yg dibiarkan standar. Dari warna gold sampai hitam, ada semua.

Yg jelas tidak sebanyak Celica misalnya, karena selain harga, brand Nissan vs Toyota (again).
celica masih dijual sampe skarang, sportscar paling irit..walaupun mmg gak ada special2nya di performance (toyota banget)..

skarang celica ama 350z yang baru ya jelas penjualannya masih banyakan 350z, kalee,bung conan... apakah masi menangan toyota (again)??i dont think so...
User avatar
skullkid
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 556
Joined: Thu Feb 16, 2006 10:31

Post by skullkid »

DigitALL wrote: 350Z modified. 8) 8) 8) Cat bunglon, velg jari2 celong ! Keren 8)
gw gak gtu suka yahh, yang kayak gni, soalnya gwe gak yakin masih beres handlingnya, dll.hehehe..ganti rims gede kalo dipikir2 emank gak seenak diliatnya..gw ngerasain sendri, accord euro tmen gwe, dimodif pake rims 20", handlingnya kacau..soalnya gak ngubah ap2, cma ganti lowering kit doank..parah..brakenya jadi aneh, bawanya susahh,,, dll..hehehe..gw jadi bsa mikir 2x skarang, kalo maw modiff mobill.ehehehe
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

Ganti velg gede emang sebaiknya diikuti dgn penggantian Disc Brake diameter gede juga...
Image
User avatar
skullkid
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 556
Joined: Thu Feb 16, 2006 10:31

Post by skullkid »

Mike wrote:Ganti velg gede emang sebaiknya diikuti dgn penggantian Disc Brake diameter gede juga...
gak cma itu doank pak..gw baru baca2 ttg "tata cara" modif mobil yang aman kmaren..banyak banget kriterianya...

kurang lebih.. sbaiknya diameter gak lebih besar 2" dari pada standarnya, kalo kta ganti rims juga sbaiknya reset speedometer..

suspensi n kaki2 juga msti diganti, tapi ya salah satunya itu, ganti disc brake, dmi kselamatan kta juga...hehehhe.. rumet banget dehh..mending beli yang bagus skalian tuh mobil..hehehe
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

Emang tampilan seringkali berbanding terbalik dgn kenyamanan........

Kayak orang aja mau ganteng/keren, harus ke Gym ke salon, gak bisa makan enak...dst..dst...
Image