Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

imansyx
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Tue Oct 14, 2014 15:47

Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1

Post by imansyx »

sefkaz wrote: Thu Jun 20, 2019 6:39 sama oom, freed masih mengena di hati dan masih di pake karena santai.. sudah 7 tahun juga sayah km 80.000 yang pernah rusak cuma magnetic clutch AC, itu juga karena saya keliatannya lupa ganti filter cabin, jadi bikin berat AC... walopun tenaga memang pas setangah boyo kalo tanjakan, tapi tetep nyama terutama posisi duduk nya
kalo boyo saya biasakan jauh hari sebelum nyalip atau nanjak tekan D3 om.. menurut saya maknyus kok. Punya om yg 2012 up?
yudhisuwandono wrote: Thu Jun 20, 2019 8:30 Ikutan ripew... mobil family banget.
Cocok buat
- keluarga dg 2- 3 anak
- wanita muda
- ayah sayang keluarga
- orang sabar yg kuat tahan klakson bus
- orang kalem yg tahan di lampu beam mobil belakang

Ga cocok buat
- yg sering kebut2an
- akselerasi salip2an.

Untung juga HPM ga masukin freed baru, jadi harga resale stabil.
Wah bener banget om :mky_07: cocok nya buat orang yang sabar yang hobi cruise sambil dengerin playlist favoritnya
Araityo wrote: Fri Jun 21, 2019 4:40 ish,. ish,. ish,.
Saya jadi inget dulu pernah ngidam mobil ini:))
Sekennya sekarang pasaran berapa ya?
waduh kurang tahu om.... malah saya jadi pengen tahu sekarang sekennya berapaan ya?
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2107
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1

Post by Venturtle »

nice long term review, om :mky_02:
semoga freed terbaru masuk ke sini ya, model interiornya cakep bener :big_exellent:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1

Post by Pboyz97 »

Venturtle wrote: Sun Sep 13, 2020 12:52 nice long term review, om :mky_02:
semoga freed terbaru masuk ke sini ya, model interiornya cakep bener :big_exellent:
agak berat om, secara pasar mobil pintu geser di indo agak kurang peminat karena nanggung. lihat saja, contohnya sienta, udah bermain sendirian dikelasnya sejak ditinggal freed, malah kurang peminat juga, karena selain bentuknya bukan selera semua orang, kesannya juga nanggung. org mending beli avanza yg lebih murah atau upgrade ke innova sekalian. begitupun serena dan voxy, nanggung , biarpun yg model barunya udh mulai mendingan penjualannya tetep aja kurang peminat menurut saya, karena nanggung, mending beli innova yg lebih murah atau upgrade ke alphard sekalian kalo mau pintu geser, terbukti dari kalahnya penjualan voxy dan serena dibanding alphard selama beberapa kali, saya agak lupa periode kapan hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2107
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1

Post by Venturtle »

Pboyz97 wrote: Mon Oct 12, 2020 14:36
Venturtle wrote: Sun Sep 13, 2020 12:52 nice long term review, om :mky_02:
semoga freed terbaru masuk ke sini ya, model interiornya cakep bener :big_exellent:
agak berat om, secara pasar mobil pintu geser di indo agak kurang peminat karena nanggung. lihat saja, contohnya sienta, udah bermain sendirian dikelasnya sejak ditinggal freed, malah kurang peminat juga, karena selain bentuknya bukan selera semua orang, kesannya juga nanggung. org mending beli avanza yg lebih murah atau upgrade ke innova sekalian. begitupun serena dan voxy, nanggung , biarpun yg model barunya udh mulai mendingan penjualannya tetep aja kurang peminat menurut saya, karena nanggung, mending beli innova yg lebih murah atau upgrade ke alphard sekalian kalo mau pintu geser, terbukti dari kalahnya penjualan voxy dan serena dibanding alphard selama beberapa kali, saya agak lupa periode kapan hehehe
ya semoga di masa depan All New Honda Freed bisa masuk sini ya. :big_smile]
imansyx
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Tue Oct 14, 2014 15:47

Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1

Post by imansyx »

Walah.. udah 2 tahun ya sejak saya terakhir update disini.. sepanjang 2019 akhir - 2020 Freed ini ada beberapa ubahan yaitu:
  • Akhir 2019 ban saya ganti seluruhnya dengan Continental Comfortcontact6, hasilnya sangat positif sekali. Sampai saat ini sudah spooring&balancing 2x masih tetap empuk dan hening. Bener2 obat mujarab buat mengurangi road noise dan menambah empuk. Image
  • Pertengahan 2020, entah ada bisikan dari mana, saya memutuskan ganti speaker depan + tambah tweeter (2way) Morel Maximo Ultra 602. Hasilnya saya bisa bilang lebih bagus dibanding bawaan esplender ultimate dengan peredamannya yang lebih bagus. Image
  • Akhir 2020 saya service 60 ribu KM di Beres Honda MT Haryono, ternyata sekarang ada Paket Cermat Mini jadi bayar sekali untuk servis 2x (kelipatan 60 ribu dan 70 ribu KM) untuk Paket 60 dan 70 ribu KM biayanya 2,4 juta dan untuk Paket 80 dan 90 ribu biayanya 3,891 juta (all inc tax). Jadi untuk service 70 ribu KM nanti tinggal datang tidak perlu bayar lagi.
  • Akhir 2020 juga akhirnya saya merasa steer mobil bunyi "klek" "klek", dibawa ke Jantra Kaki-kaki dan divonis servis bushing rack steer :big_biglaugh: dan servis kaki-kaki, ganti bushing arm, dan beberapa printilan lainnya. DC 3,9 juta total, ada garansi & yang penting betul beres problem bunyi hilang sampai sekarang kaki-kaki dan stir sunyi senyap. Saya puas dengan hasilnya.
Image
Image

Di tahun 2021, kami memutuskan untuk move on (sebenernya wacana sejak 2019 tapi saya tahan-tahan :big_cry:) diputuskan bahwa mobil ini for sale aka dijual :big_cry: Bila agan-agan disini ada yang berminat bisa DM saya langsung :mky_01:
WololoArmy
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Wed Jul 08, 2020 9:10
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Peugeot 308 T7

Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1

Post by WololoArmy »

Halo bro :big_childish:
kebetulan lagi berselancar di seraya motor eh ketemu threat om nya tentang freed ini.
tapi setelah di baca sampe bawah, kok mata saya tertuju sama city nya ya :big_grin:
imansyx wrote: Mon Mar 21, 2016 15:31 Halo.... setelah sekian lama nubi jaadi reader doang dan kadang2 sok2an nimbrung ga jelas disini akhirnya saya putusin bikin postingan pertama jadi kalo elek ya dimaafin ya :mky_01:

Image

1. Background

Mobil yang saya pengin review adalah mobil yang setelah baca - baca postingan SM taun 2009 mayan fenomenal :mky_04: either you hate it or love it despite it's weakness. Mobil ini adalah tangan ke - 2 dan tangan pertama adalah alm. Kakek saya dan sempet berbulan2 ga dipake.. mobil ini seinget saya dibeli tahun 2009 di Solo dengan harga 257 juta (? agak lupa waktu itu masih bocah smp :ngacir: ) tanpa bonus apapun sama diskon.

Yang saya inget pokoknya kaca film bawaan dealer skkb (Sparta atau anti gores), karpet beludru Freed, sama udah. cuma itu doang :off_no: awal - awal cerita beli Freed dulu butuh mobil keluarga kalo pada mudik pulang ke Solo (Alm. pny mobil sedan semua... Grand Civic '88 sama City GD8 '03 jadi mesti misah mobil kalo jalan - jalan) oleh karena itu 2008 akhir diputusin u/ cari mobil yang 7 seater & muat semua. Kandidat saat itu paling mendekati yaa.. cuma ipah atau biskuit serena.

serena waktu itu kakek kurang sreg karena C24 ibarat makanan udah lebih basi dari kimchi, sedangkan ipah ga muat sama pintu garasi even setelah semua spion dilipet.. what the :big_dunno: disaat ini baru keluar desas desus, Honda lagi bikin mpv berbasis GE dan karena dimensi GE muat di garasi diputusin nunggu launch di Indo sampe akhirnya Alm. nunjukin ke saya sdh dapet brosur Freed dan akan pesen tipe yg ada sliding door warna Red Wine. Awal 2009, kakek divonis kena CA, dan kemampuan bicaranya menurun.. akhirnya sy bilang ke Ibu bahwa sebelum kakek sudah ga bs komunikasi itu pesan dia ke saya terakhir (kakek ngasih brosur bookletnya ke saya) dan jreng... bulan september sudah muncul di garasi.. dan Alm senang sekali sempat jalan2 sblm akhirnya berpulang bulan Des.. :big_cry:

Setelah itu mobil sangat.. sangat jarang dipakai hingga sempat hampir setahun tidak dipakai 2013 akhir - 2014. Diputuskan mobil dimutasi ke jakarta 2015 awal karena gw sudah punya SIM dan mobil jakarta penyet ketabrak sumber kencon* :big_slap:

Image

2. Outside

Image
Image

Ketika pertama ngeliat mobil ini (masi bocah) ngerasanya kok ni mobil kecil banget... gw muat kaga ya :big_think: setelah kuliah.. tetep sama aja... kok saya muat ya even di 3rd row sekalipun... bagian yg saya apresiasi dari mobil ini konsep triangle + boxnya, betul2 kecil itu mesin muat disitu dan even aura kabinnya lebih relax dibanding ipah (IMO) kayanya gara2 gear selector ada di dash jadi ada gang senggol. mobil ini punya:
panjang = 4215 mm
lebar = 1700 mm

yang berarti cuma beda 100 mm sama yaris lele dan lebar sama persis :frm_salut: untuk masalah desain, mobil ini tarikan garisnya clean ga neko2 kaya mobilio yang salah gunting. Dan bentuknya bener2 jdm kotak kecil pintu geser dimana sampe sekarang (Mar '16) belum punya kompetitor di Indonesia :frm_salut: cocok buat yang garasinya sempit kaya saya... oh iya karena ini adalah Freed paling awal, ada perbedaan sama MMC v1 Juli 2010:
- ada Alarm
- Power Retractable Mirror
- ini nih yg paling bikin ngelus dada.. Automatic Digital Climate Control gantiin kompor

akses penumpang masuk.. untuk pintu depan no problem, nah untuk pintu tengah sliding, kaki harus agak manjat sedikit.. nenek saya biasanya naik pakai dingklik dulu satu step pertama baru lantai mobil. buat pintu bagasi bisa rendah banget ya lantainya.. naik turunin koper gampang banget bibir pintu sama lantai mobil rata

Image

oiya, Freed punya kelemahan besar di lampu belakangnya yang bagian atasnya agak ke ekspos karena tempat buat rel pintu. Bagian ini rentan retak rambut dan biasanya lampu mati dan air langsung nggenang di dalem jadi warna item bagian bawahnya.. punya saya untung belom pernah putus / retak mikanya.. tapi cat disekitarnya kok kaya ngelotok ya? aneh banget :big_chicken:

Image

3. Inside

Image

awas sakit mata liat kompornya :glodak:
Image

untuk kabin, konsep open cafe emang bagus... bikin dasbor bertingkat kaya meja & kaca depan segede gaban. Cakep buat jepun, horor buat di Indo. Mobil ini ga pake kf depan sejak 2009, ga usah ditanya panasnya kaya apa mana dasbornya full plastic hitam.. tapi keluhannya malah dasbornya kok kaya ga properly installed gitu ya? kalo lewat jalan rada geruduk2 tu dasbor goyang ke atas ke bawah joget terutama bagian atasnya.. plastik yang dipake pun keras.. doortrim ga ada fabric sama sekali meski jadi mayan sih buat bersihinnya gampang bener dan ga ada lagi kejadian kaya dulu sempet pelihara cbu atoyot dasbor full soft touch lama2 lengket terus retak sendiri :big_slap: mobil ini 0% keluhan ruang kepala dan buat legroom mesti pinter2 atur tiap row biar kebagian.. mobil sudah dipasang karpet dasar syntethic dan jok kulit syntethic juga (gatau merknya :upss: tapi mayan ena)

Image

untuk posisi mengemudi... postur saya 180/70 dan begitu make, baru nyadar 1 kelemahan fatal = mobil ini ga punya seat adjuster :big_cry: posisi mengemudi canggung banget ketinggian dan setir ga telescopic, kalo mentok mundur tangan ga nyampe, kalo dimajuin tangan nyampe kaki nekuk ga jelas. dan kursinya ngegantung posisi paha ujung ga di kursi... baru deh di MMC v2 dikeluarin seat adjusternya :big_slap: nyoba punya temen baru kerasa pas duduknya... untuk all around view no problem :frm_tumbleft: blind spot hampir ga ada bahkan itu kaca belakang gede bener.. ga heran hampir semua temen yang make... cewe dan gw satu2nya yang pake warna maroon :big_childish:

baris kedua kaki sama2 aagak ngegantung, dan baris ketiga harus nego sama baris kedua kalo sayang kakinya. baris ketiga even bisa recline dan menurut gue cukup rebah untuk sekadar bobo2 nanggung.

saya kurang ngerti audio, tapi HU sudah pake Kenwood ada DTA dan bisa usb/cd/iPod dengan suara yang.. menurut saya lebih bagus dari HU MMC v2 pakai JVC. Freed punya masalah besar di sliding doornya yang kadang2 bunyi kletek tek dan sampe skrg ajaibnya saya cuma pernah sekali denger taun kemarin dan ga muncul lagi. masalah biasa paling karet pintu rada ngeras kreyet2 diolesin semir ban hilang deh. Komplain palingan dari cara ngelipet bangku baris tiga harus diangkat tanpa per jadi lumayan berat.

Masalah krusial lain adalah A/C. Nasib nasib... gen1 ga ada auto climatenya, dan buat bangku baris ketiga even tetep ngerasanya ya angin sisaan doang. Untung mobil ini hampir ga pernah full load paling cuma ber 5 jadi blm pernah ada yang complain. Buat commute tiap hari tetep dingin dan blm pernah servis ac (perlu apa ga sih? :ngacir: )

4. While Driving

Image

Image

Freed ini setelah sampe Jakarta, lihat record service... gila sudah 3 tahun ga ganti oli dan ajaib masih bisa jalan :frm_bang_head: langsung lari ke SnD buat ganti oli Htech sama filter+ tap oli matic 3,5 liter + kuras radiator ganti dg Prestone + kuras brake fluid + ganti filter mesin + ganti filter A/C. Sedari dulu mobil ini minum P/P+ dan setelah ganti oli baru berasa enakan. startup, langsung ngeh suaranya dinamonya kok beda ya sama GE? bukannya sama sama L15A ya meski beda torsi :big_childish: pindah ke D dan.... bukan boyonya yg agak bikin sebel, kadang2 kerasa kaya selip banget... 5ATnya. kadang2 malah ternyata udah lockup jadi suka ga ketebak di macet buat sundul sundulan :e-think: (saatnya Flush atf?) begitu sampe di cruising speed dalkot, 20-60 barulah kerasa rasio giginya mobil ini buat apa.. cruising bisa rendah banget buset rpmnya. even lukot sekalipun. oh iya feeling gear selector v1 dan v2 itu beda banget, v1 kalo pindah "dug" dan berasa bgt mekanisnya. kalo v2 udah nyoba di 2 mobil jauh lebih ringan dan suaranya "klok" entah apa yg berubah

seperti yang udah dibilang diatas, visibilitas mobil ini top berasa naik akuarium dan EPS nya ringan banget. hambar. rasanya aneh aja kalo kebiasa bawa hydrolik terus pake EPS meski tetep paling aneh ya EPS nya picanto. Meski kerasanya lifeless, responnya masih lumayan dan cukup akurat (cukup). Untuk masalah boyo, ga begitu merhatiin karena ga suka ngebut meski kalo nyalip di tol, nyokap mulai nyanyi nada tinggi dan kakak gw bilang " kamu ngegas tapi kok ga maju sih? aku geregetan banget daritadi"

Untuk suspensi, mobil ini udah 7 tahun jadi udah mulai beda karakternya. Tahun kemaren muncul suara "nyet nyet" dan "gludug" dari depan kalo lewat jalan gelombang kecil2 dicek ke honda clinic tanda link stabil mulai lemah padahal mobil ini saat itu baru jalan 19ribuan :big_think: namun feelnya menurut saya masih sama, suspensinya firm dan chassisnya juga dibanding laddernya ipah. Lebih percaya diri bawanya buat belok2 dibanding ipah yang agak diving sana sini bodinya. Another problem pernah di jalan tiba2 "D" kedip kedip dan 2 minggu lagi muncul. di Scan tulisannya dari trans. gear switch. direset habis itu ga pernah muncul lagi..

untuk sound insulation.... untuk mesin hampir ga pernah kedengeran, tapi samping buset dah motor matic aja suaranya masih kedengeran. Ban udah diganti jadi SP Touring tapi dengung buanget kalo jalanan kering, apa karakternya gini ya? pingin nambah peredam / ganti conti comfort contact :shrug:

di Jakarta, mobil mayoritas dipake weekend, dan kadang saya pake ke kampus PP rawamangun - depok lewat pancoran pasar minggu, FC yang didapet 9,8 - 11,4 tergantung lagi bete apa ngga dan sekarang regular perawatannya:upss:

5. Additional

Mobil ini sudah ditambah kaca film 3M CR40 & BB80 yang menurut saya... sampingnya kegelapan :big_slap: dan nambahin biar jadi kaya MMC v1, power retractable + auto folding mirror dan spoiler belakang (pelit banget buset dulu ga dikasi) overall rada2 tergoda untuk ganti R17 macem RPF biar ga disangka cewek yang bawa tapi ga suka banget mobil yang keras dampingnya / dan buset dah racunnya banyak bener asesorisnya :big_cry: harus tahan godaan kalo punya

6. Kesimpulan

Setelah make Freed, rasanya susah berpaling ke mobil lain. suer. Mobil ini kecil tapi lega bener, tuas transmisi di dash ngebantu banget karena parkiran rumah harus mepet ke pintu driver jadi masuk lewat penumpang depan yang di mobil normal horor karena kaki saya panjang... pintu sliding door yang awal ngiranya cuma buat gimmick doang, tapi setelah lama pake sangat guna apalagi buat ibu2 kalo kondangan pake kain tinggal slepet duduk manis.. seriously kelemahan mobil ini menurut saya ya gedein sedikit mesinnya, pake R18A kek atau vtec turbo (gosipnya kencengan yang ini ya?)

mobil sudah setahun dan selama setahun sudah dipake kira2 10 ribu km, sekarang ada di 25 ribu sekian.. kalo ada opsi lain untuk ganti mobil, kayaknya ya Freed lagi yang Gen2 atau liat2 Sienta nanti. Untuk sekarang, mobil ini puas banget pakenya.

yang grand civic udah dijual di km 20 ribuan (sudah lupa) yang GD8, sekarang betul2 ga pernah dipakai sudah 3 tahun. Pengen nego u/ bawa ke jakarta tapi garasi cuma muat sebiji..
Image
Image

sekian post pertama saya, maaf kalo rada asal asalan nulisnya :big_sorry: