Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1

Post by b0ku »

Quorra wrote:Nice review om, ikutan nimbrung juga saya sempat melihara Freed PSD polished metal metalic 2009 first batch (Bonus cuman KF 3M FXST 60% buat samping + belakang aja) selama hampir 7 tahun dari brand new sampai awal tahun kemarin dilego. Sebelumnya make ToKiSul LGX 2002 2.0 yang kerasa boros banget dipake buat mobil perang harian akhirnya sempat mau ganti Innova juga tapi lihat freed malah berpindah hati gara" electric sliding door nya dan masih inget saat pertama kali di delivery around Juli 2009 pas saya pakai di jalan untuk libur lebaran orang" masih pada ngelihatin :mky_01:

Baru pake setahun, tahun 2010 keluar facelift yang bikin gigit jari sama feature nya seperti yang disebutin TS diatas :mky_05: (Nambahin lampu sein warna kuning di fender uda ga ada dipindah ke spion untuk versi ini). Yang bisa saya bilang sih kesan" saya selama make nih mobil termasuk kategori robust ya dan irit dalkot di MID masi tembus >10 km /l, ditangan saya kemarin pas dilepas ada di KM hampir 150 ribu dan maintenance nya pun bisa dibilang seadanya saja cuman ganti oli filter 10 ribu KM, oli mesin 5 ribu KM, aki setahun sekali (Mungkin gara" PSD ? Setiap setahun pasti mokad aki nya), ban depan sepasang. Tune up dan servis pun hanya dilakukan KM 100 ribu dan di bengkel non beres, even oli matic pun sampai saya lepas belum pernah di flush / ganti. Tapi masih belum ada keluhan apapun dari mesin / transmisinya selama saya pakai cuman kaki" nya ud pada kalah kalo lewat jalan paving pada bunyi semua dan setir uda ga lurus lagi (Tie rod ?). PSD nya pun ga pernah rewel / macet selama ditangan saya, untuk interior yang saya ingat tombol A/C yang diatas tombol defogger kaca belakang itu tenggelam dan ga bisa dipencet lagi (Untung macetnya pas posisi tenggelam kalo engga bisa" A/C ga nyala) dan setir juga uda pada robek di beberapa spot sehingga kalo dijemur siang hari bisa keluarin cairan seperti minyak kalo digenggam tangan.

Karena lihat freed cukup robust inilah yang membuat saya memutuskan untuk nambah GE8 RS A/T juga di tahun 2012, jadi coba compare juga antara dua mobil tersebut walaupun memiliki mesin yang sama tapi entah kenapa feel nya berbeda. Freed untuk tarikan awal / rpm rendah berasa lebih ringan sedangkan kalo uda rpm atas berasa habis tenaga / bengek kebalikan banget sama GE8 yang bawahnya agak berat tapi rpm tinggi berasa lebih nendang, setir pun walaupun sama" EPS tapi GE8 tidak seringan di freed walaupun tidak seberat HPS juga (Mungkin GE8 pake velg R16 atau bahkan mekanisme EPS nya beda ?). So far, cukup puas dan positive kesan saya sama nih mobil. Berhubung uda jalan cukup banyak dan lumayan berumur akhirnya diputuskan untuk peremajaan dengan mencari kuda perang yang baru :mky_01:

Abis bongkar" galeri di PC, nambahin foto" yang tersisa :mky_01:
Image

Pernah dicium sama motor juga fendernya :mky_05:
Image
brintanizer wrote:Anyway model speedometer nya freed yg paling bagus diantara sodara2nya ( jazz & city ) digital optitron ala ala
Saya sih kurang suka sama model gauge bahan bakar nya yang digital pake bar gitu (Kadang ga akurat bisa naek turun sendiri kalo saya perhatiin). Pas mau saya matiin sisa 3 bar, paginya saya nyalain bisa tiba" sisa 4 / 5 bar :mky_01:
Not a big deal sih tapi IMO, lebih enak lihat yang model jarum kek GE8 :mky_01:
koleksinya mirip2x boss bedanya punya gw tipe S semua :ngacir:

Image

sharing aja kalo freed isi V power + replacement JFC, mungkin JFC gak gitu efek tapi Vpower nya berasa dulu pake premium suka berasa ngelag sekarang tarikan ngacir di tol dalem kota enteng lari ke 140-150kmh ban pake toyo teo plus handling mantep malah GE8 gw kalah enak enak kayak kurang presisi

Kalo GE8 isi VPOWER + KNN replacement kemaren baru test di tol dalem kota enteng lari ke 180kmhnya :ngacir:
karena belom ada budget beli ban baru jadi bannya masih bawaan pabrik,pake dunlop ukuran 175 lebarnya salah satu penyebab handlingnya agak kacau terutama presisinya waktu nyalip dan ngerem / nikung cepet mungkin karena faktor bannya jg gak selebar freed jg yg 185,

baru ngerti kenapa banyak yang bilang di SM handling freed biasa aja/ kurang enak ternyata yg bikin kacau ban bawaan pabrik soalnya berasa bgt di GE kalo ud di tol gw kayak kurang pede buat selap selip / nikung........
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1

Post by liep »

b0ku wrote: karena belom ada budget beli ban baru jadi bannya masih bawaan pabrik,pake dunlop ukuran 175 lebarnya salah satu penyebab handlingnya agak kacau terutama presisinya waktu nyalip dan ngerem / nikung cepet mungkin karena faktor bannya jg gak selebar freed jg yg 185,
baru ngerti kenapa banyak yang bilang di SM handling freed biasa aja/ kurang enak ternyata yg bikin kacau ban bawaan pabrik soalnya berasa bgt di GE kalo ud di tol gw kayak kurang pede buat selap selip / nikung........
punya ane meski sama2 dunlopnya tp ukurannya kok 185/65R15 bawaan mbl om, bkn 175...
v4ldi5 wrote:Wah keingat freed mmc 1 ane tahun 2010 yg udah dijual krn terpaksa. Seperti yg direview bro iman, selama pake 3 tahun freed cuma ada 1 kata PUAS. Kecil diluar lega di dalam, bisa diadu ama innova. Tapi sedih lihat saat ini seperti dianak tirikan ama hpm. Seandainya ada full model change sptnya hpm harus bekerja lebih dibanding awal kelahiran freed th 2009.
Entah kenapa harga jual kembali nya juga lebih hancur dibanding innnova . Beli 250jt thn 2010 jual thn 2013 cuma laku 186jt ditangan pedagang mobkas.
sama pedagangnya dijual ke user 200jt, slisih 3th 50jt, ya anggap aj sewa tiap bln 1jt, imho ga jelek2 amat
klo prit ane kmrn jan16, mei2014 nik 2013 seri s dtawar 3 org harga 200jt blm saya lepas, end user lgs yg dtg ke rmh, ya mirip2 aj, anggap sewa mbl kisaran 1jt/bln hehe, tp ga jadi jual krn bini blm rela, km skrg msh 8100---jalan 22bln
hafizh
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 210
Joined: Fri Jun 27, 2008 6:36

Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1

Post by hafizh »

yang 175 itu yang jazz ge kali om liep...

btw gak pengin ganti ke 195 om?
DMS2812
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: Tue Jan 05, 2016 2:51

Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1

Post by DMS2812 »

Freed. Mobil MPV yg modelnya menurut saya paling elegan. Interiornya juga unik dengan bentuk dashboardnya. Bahkan kalo dibanding Sienta yg mau rilis, koq rasanya lebih bagus Freed ini.
Dan kesimpulan yg menarik buat saya, kalo beli produk Honda mesti nunggu beberapa tahun sampe rilis facelift, biar gak makan ati.
:mky_01:
Btw, salam kenal & nice review.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1

Post by b0ku »

liep wrote:
b0ku wrote: karena belom ada budget beli ban baru jadi bannya masih bawaan pabrik,pake dunlop ukuran 175 lebarnya salah satu penyebab handlingnya agak kacau terutama presisinya waktu nyalip dan ngerem / nikung cepet mungkin karena faktor bannya jg gak selebar freed jg yg 185,
baru ngerti kenapa banyak yang bilang di SM handling freed biasa aja/ kurang enak ternyata yg bikin kacau ban bawaan pabrik soalnya berasa bgt di GE kalo ud di tol gw kayak kurang pede buat selap selip / nikung........
punya ane meski sama2 dunlopnya tp ukurannya kok 185/65R15 bawaan mbl om, bkn 175...
v4ldi5 wrote:Wah keingat freed mmc 1 ane tahun 2010 yg udah dijual krn terpaksa. Seperti yg direview bro iman, selama pake 3 tahun freed cuma ada 1 kata PUAS. Kecil diluar lega di dalam, bisa diadu ama innova. Tapi sedih lihat saat ini seperti dianak tirikan ama hpm. Seandainya ada full model change sptnya hpm harus bekerja lebih dibanding awal kelahiran freed th 2009.
Entah kenapa harga jual kembali nya juga lebih hancur dibanding innnova . Beli 250jt thn 2010 jual thn 2013 cuma laku 186jt ditangan pedagang mobkas.
sama pedagangnya dijual ke user 200jt, slisih 3th 50jt, ya anggap aj sewa tiap bln 1jt, imho ga jelek2 amat
klo prit ane kmrn jan16, mei2014 nik 2013 seri s dtawar 3 org harga 200jt blm saya lepas, end user lgs yg dtg ke rmh, ya mirip2 aj, anggap sewa mbl kisaran 1jt/bln hehe, tp ga jadi jual krn bini blm rela, km skrg msh 8100---jalan 22bln
kalo model ini 175 boss di kantor bos gw jg ada pake tipe sama persis ukuran sama

sempet frustasi nyari2x ukuran ban yg cocok buat ni ge liat dari segi performance di jalan basah dan kering2x ending2xnya calon beli ban toyo teo pake ukuran freed jg :glodak:
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1

Post by liep »

hafizh wrote:yang 175 itu yang jazz ge kali om liep...
btw gak pengin ganti ke 195 om?
b0ku wrote:
liep wrote:ga jadi jual krn bini blm rela, km skrg msh 8100---jalan 22bln
kalo model ini 175 boss di kantor bos gw jg ada pake tipe sama persis ukuran sama
sempet frustasi nyari2x ukuran ban yg cocok buat ni ge liat dari segi performance di jalan basah dan kering2x ending2xnya calon beli ban toyo teo pake ukuran freed jg :glodak:
mau saya ganti pake bs ar20 195/65R15, biar agak besar dan tinggian, tp km ku msh sgitu kok jd brasa pemborosan hehe, jarang dipake
pengalaman pake bs ar20 di veloz gantiin dunlop bawaan, hasilnya muntap tenan, hujan panas tetap lengket
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1

Post by b0ku »

liep wrote:
hafizh wrote:yang 175 itu yang jazz ge kali om liep...
btw gak pengin ganti ke 195 om?
b0ku wrote:
liep wrote:ga jadi jual krn bini blm rela, km skrg msh 8100---jalan 22bln
kalo model ini 175 boss di kantor bos gw jg ada pake tipe sama persis ukuran sama
sempet frustasi nyari2x ukuran ban yg cocok buat ni ge liat dari segi performance di jalan basah dan kering2x ending2xnya calon beli ban toyo teo pake ukuran freed jg :glodak:
mau saya ganti pake bs ar20 195/65R15, biar agak besar dan tinggian, tp km ku msh sgitu kok jd brasa pemborosan hehe, jarang dipake
pengalaman pake bs ar20 di veloz gantiin dunlop bawaan, hasilnya muntap tenan, hujan panas tetap lengket
ar20 harganya berapa boss?? katanya seh pelek gw maksimal cuma masuk di 185 kepikiran seh 195, btw kalo Toyo Teo inceran gw seh cuma 600rban 1pcs beli 4 jatoh2xnya cuma 2jtan menurut gw price X performancenya seh masuk, kalo di freed pernah dihajar sampe 150kmh ujan2xan kalo T1R dulu di chevy gw pernah masuk 160kmh ujan2xan :ngacir:

kalo dunlop di livina 110 aquaplaning gw melintir malang di tengah jalan tol untung waktu itu ud malem jd sepi kalo gak ud jeger dari belakang :glodak:
User avatar
g1ng2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 328
Joined: Tue Oct 29, 2013 6:18

Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1

Post by g1ng2 »

imansyx wrote:Halo.... setelah sekian lama nubi jaadi reader doang dan kadang2 sok2an nimbrung ga jelas disini akhirnya saya putusin bikin postingan pertama jadi kalo elek ya dimaafin ya :mky_01:

untuk posisi mengemudi... postur saya 180/70 dan begitu make, baru nyadar 1 kelemahan fatal = mobil ini ga punya seat adjuster :big_cry: posisi mengemudi canggung banget ketinggian dan setir ga telescopic, kalo mentok mundur tangan ga nyampe, kalo dimajuin tangan nyampe kaki nekuk ga jelas. dan kursinya ngegantung posisi paha ujung ga di kursi... baru deh di MMC v2 dikeluarin seat adjusternya :big_slap: nyoba punya temen baru kerasa pas duduknya... untuk all around view no problem :frm_tumbleft: blind spot hampir ga ada bahkan itu kaca belakang gede bener.. ga heran hampir semua temen yang make... cewe dan gw satu2nya yang pake warna maroon :big_childish:

di Jakarta, mobil mayoritas dipake weekend, dan kadang saya pake ke kampus PP rawamangun - depok lewat pancoran pasar minggu, FC yang didapet 9,8 - 11,4 tergantung lagi bete apa ngga dan sekarang regular perawatannya:upss:

sekian post pertama saya, maaf kalo rada asal asalan nulisnya :big_sorry:
Nice review om, :big_exellent: :big_exellent:
warna maroon ini gak ngebosenin lihatnya, dan jarang..

kelemahan lain freed menurut ane, selain gc, knalpot tengah agak turun, jadi kalau pas kena jalan yang cembung biasanya kena tuh.
Kebetulan sama-sama gen 1, jadi kerasa sama nih gak ada adjuster dan lipet spion. tapi untungnya saya dari awal udah dapet spoiler yang mugen :big_grin:
Pas lebaran biasanya full load penumpang + full load barang (sampe tiap kaki penumpang ada tasnya + bagasi penuh), kerasa banget deh boyo.. :big_cry:
dan sedihnya gak bisa dipake off road :big_dunno:
User avatar
jarijarir
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: Tue Dec 30, 2014 5:48

Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1

Post by jarijarir »

Wah review lengkap ni,
Disimpen dulu reviewnya karna emang udah lama kesengsem freed tapi dana belum sampe
Semoga pas butuh 7seaters bisa bawa pulang freed buat gantiin splash, aamiin
be patient, please.. i'm a beginner.. :big_comfort:
User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 916
Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16

Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1

Post by Bulgogi »

doge wrote:
Bulgogi wrote:Nice review om.. :frm_salut:

Btw mobil ini memang tdk tergantikan, saya suka praktikal-nya sangat bagus.. body kecil tapi luas & kursi fleksibel sekali..
Meskipun belum pernah nyoba, suatu saat nanti saya berencana ganti aerio/rush saya ke Freed ini.. atau ke sienta.. :frm_tumbleft:

Syg banget krn freed geared at dg rasio yg agak kepanjangan (nurut aku), fcnya jd agak ngeri...
Bs 1:7an klo kaki kanannya berat....
Klo sy sndiri fc skitar 1:8-9an dalkot sby... pertalite... (ntah knp klo diisi premium jd tmbah borosnya agak parah)
Oiya... dr pengalamanku bw freed, klo mundur di tanjakan (miring 30+derajat) agak berat (nginjek gasnya harus agak dalem, jd agak ngeri..)
Sienta...pilihan menarik sih... udh ga ada kabar" lg ya sienta ini?
Sering denger issu freed boyo, terus dibejek malah boros, gara2 mesin jazz body lebih berat..
Selama ini memang ga ada solusinya ya om? :big_childish:
Komunitas kan bisanya banyak solusi, kaya kasih piggy, kalo R3 pake ferit, dsb.

Saya jg lagi nungggu Sienta nih Om, tunggu tampil di GIIAS..
Liat di youtube sih kepraktisannya 11-12 sama freed, malah kombiasi ultraseatnya lebih banyak..
Tinggal driving & fitur aja nih yg belom ketebak spek indonesia gmn..
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1

Post by liep »

b0ku wrote:
liep wrote:
hafizh wrote:yang 175 itu yang jazz ge kali om liep...
btw gak pengin ganti ke 195 om?
b0ku wrote: kalo model ini 175 boss di kantor bos gw jg ada pake tipe sama persis ukuran sama
sempet frustasi nyari2x ukuran ban yg cocok buat ni ge liat dari segi performance di jalan basah dan kering2x ending2xnya calon beli ban toyo teo pake ukuran freed jg :glodak:
mau saya ganti pake bs ar20 195/65R15, biar agak besar dan tinggian, tp km ku msh sgitu kok jd brasa pemborosan hehe, jarang dipake
pengalaman pake bs ar20 di veloz gantiin dunlop bawaan, hasilnya muntap tenan, hujan panas tetap lengket
ar20 harganya berapa boss?? katanya seh pelek gw maksimal cuma masuk di 185 kepikiran seh 195,
2bln lalu beli 4pc di pandaan-jatim, @825rb om utk 185/65R15, worthed bgt kok
Bulgogi wrote:Sering denger issu freed boyo, terus dibejek malah boros, gara2 mesin jazz body lebih berat..
Selama ini memang ga ada solusinya ya om? :big_childish:
Komunitas kan bisanya banyak solusi, kaya kasih piggy, kalo R3 pake ferit, dsb.
Lemotnya cobain ganti filter udara mesin pake knn..skitar 900rb an dan kit buat cuci filter skitar 300rb. Ud lmayan ngangkat dikit. Nda rugi pake knn.
Klo ad wkt bisa pasang fp dp merk ord ato kansai...pasang tc.
g1ng2 wrote: Kebetulan sama-sama gen 1, jadi kerasa sama nih gak ada adjuster dan lipet spion. tapi untungnya saya dari awal udah dapet spoiler yang mugen :big_grin:
yakin gen 1? hehe
jarijarir wrote:Wah review lengkap ni,
Disimpen dulu reviewnya karna emang udah lama kesengsem freed tapi dana belum sampe
Semoga pas butuh 7seaters bisa bawa pulang freed buat gantiin splash, aamiin
amiinnnnnn
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1

Post by marama »

doge wrote:
marama wrote:review bagus om, salut mau menceritakan kelemahannya, walaupun ini mobil sendiri, jd subyektif bacanya
I agree... (as a freed '12 psd user)

Btw... (ini utk om marama, klo yg lain mw jwb jg gpp sih...)
Nurut om review" di sm bnyk yg kurang nunjukin kelemahan mobilnya ya? (Serious question)
Sejauh ini banyaknya mayoritas gitu om, saya rasa wajar ya sifat manusiawi hehehehe kok jadi OOT, tp saya salut di SM banyak reviewer handal dan idealis, saya makin ksini jadi malas beli majalah lbh suka baca review mobil dari SM.

:big_exellent:
User avatar
v4ldi5
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 242
Joined: Tue Apr 24, 2007 12:26

Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1

Post by v4ldi5 »

jarijarir wrote:Wah review lengkap ni,
Disimpen dulu reviewnya karna emang udah lama kesengsem freed tapi dana belum sampe
Semoga pas butuh 7seaters bisa bawa pulang freed buat gantiin splash, aamiin
Kalo beli second pilih tahun 2012 yg udah ada double blowernya. Ada sandaran tangan sebelah kiri di bangku pengemudi. Kalo masalah boros atau irit semuanya tergantung sopirnya. Seingat saya dalan kota ramai lancar 1: 9-10. Kalo macet ya ga usah di pikirin konsumsi bbmnya. Lgcc pun kalo macet ya jadi boros juga. Luar kota pasti di atas 1:11.
Nah kalo masalah tenaga ya gitu deh memang agak kurang akselerasinya.
Jgn lupa bro bbm pakai minimal pertalite. Duly ane kasih minum premium eee ga taunya busi iridium nya tewas di 24rb km. Harga di dealer 1 jutaan 4 biji. Bisa juga pakai busi biasa tp tenaganya tambah ngempos. Cuman ada juga freed yg aman2 aja pakai premium.
sprint07
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: Sat May 10, 2014 13:56
Location: Surabaya

Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1

Post by sprint07 »

liep wrote: sama pedagangnya dijual ke user 200jt, slisih 3th 50jt, ya anggap aj sewa tiap bln 1jt, imho ga jelek2 amat
klo prit ane kmrn jan16, mei2014 nik 2013 seri s dtawar 3 org harga 200jt blm saya lepas, end user lgs yg dtg ke rmh, ya mirip2 aj, anggap sewa mbl kisaran 1jt/bln hehe, tp ga jadi jual krn bini blm rela, km skrg msh 8100---jalan 22bln
Dilepas aja segitu. Punya saya seri e stnk jan2013 nik2012 jual bulan lalu laku 179jt. Km 48rb an.
Jualnya susah bgt. Showroom tawar 160-170
adisanz
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Thu Mar 24, 2016 23:16

Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1

Post by adisanz »

Good review

Sent from my ASUS_Z007 using Tapatalk
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1

Post by kunaskun »

good review :big_deal:
ini harganya masih lumayan ya sekennya, hebat juga 2009 pasaran masih 170 jutaan. dulu banget sempet cobain punya temen, emang lemot ya, terlalu halus untuk jalanan indo, kesannya ngejer halusnya aja, 5 speed diajak shifting juga gitu2 aja. bantingan juga biasa aja. sempat tertarik banget dulu, cuma selain lemot juga di factor ground clearance yang rada rendah ditambah wheelbase panjang, tapi bisa dikadalin dengan ban lebih tebel jadi agak lumayan kata temen. untuk mesin ya biar agak respon katanya bisa dikadalin pake TC jadi bukaan throttle bisa lebih besar derajatnya., cuma ini menurut saya lebih ke arah bukan solusi tapi ngadalin.

sebenernya ini mobil the true small mpv buat saya selain ertiga daripada avanza or mobilio, dan boxy design tapi ga ada kesan komersil macem grandmax atau the failed evalia. dalaman lumayan ga separah mobilio. sayang kemahalan di electric sliding door, well emang ini ga bisa murah si ya.
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1

Post by liep »

sprint07 wrote:
liep wrote: sama pedagangnya dijual ke user 200jt, slisih 3th 50jt, ya anggap aj sewa tiap bln 1jt, imho ga jelek2 amat
klo prit ane kmrn jan16, mei2014 nik 2013 seri s dtawar 3 org harga 200jt blm saya lepas, end user lgs yg dtg ke rmh, ya mirip2 aj, anggap sewa mbl kisaran 1jt/bln hehe, tp ga jadi jual krn bini blm rela, km skrg msh 8100---jalan 22bln
Dilepas aja segitu. Punya saya seri e stnk jan2013 nik2012 jual bulan lalu laku 179jt. Km 48rb an.
Jualnya susah bgt. Showroom tawar 160-170
Antara mau nglepas tp msh sayang km skrg msh 8100 stlh 22bln jalan hehe..mau beli hrv tp parno jg dg komplain byk kmrn..nuruti mbl ga akan ad habisnya hehe
f4n3d
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Thu Apr 07, 2016 16:23

Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1

Post by f4n3d »

Newbie ikutan komen, sama2 pake freed gen 1 2009 psd. Kebetulan beli second tahun lalu KM di 74rb. Sekarang baru 79Rb. 11 bulan cuma jalan 5rb.

Nah keluhan yang dialamin juga saya alamin mulai dari knob kompor gas, kalo kata emak saya, ada Rinai dalem mobil T.T
Padahal knobnya udah diganti pake yg bulet bagusan. Pintu psd gak pernah macet cuma kletek2 aja lobangnya gak pas kalo jalan jelek.

Sama kaki2 depan tuh udah minta dibongkar EPS nya terakhir di cek, klutuk2 dibawa, sama udah kayak gerobak gara2 shocknya mungkin udah lemah.

Tapi kehalusan mesin dan cruising ability nya acungin jempol deh lari 120km di tol rpm gak lebih dari 2000.

Sent from my ASUS_T00N using Tapatalk
User avatar
rechtmasta
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 389
Joined: Mon Jan 11, 2010 10:50

Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1

Post by rechtmasta »

Ikut komen yaa...kebetulan pemakai Freed sejak 2011 beli dr diler (makanya ga ngalamin nasib kompor gas kyk TS :big_grin: )

Satu kata saya beli Freed ini...adalah NYESEL bro!!! NYesel karena gara2 beli Freed pas gw mau ganti mobil bingung mau beli mobil yg gimana, yang bisa ngasih kepuasan lebih dari Freed ini :big_smoking: (ya kalo ganti masa nyari yg sama sih). Dimensi kecil tapi dalemnya udah kyk hotel yang legaaaa banget. Karena dimensinya yang kecil jadi masih mumpuni masuk2 selipet ke gang kecil. Kalo mau upgrade berarti antara kuartet roti tawar, tapi yaitu harganya masih lumayan dan ko aga sayang yah lepas si Freed ini. Soalnya banyak banget dah sejarahnya ini mobil :big_cry:

Soal lemot, udah ga terlalu peduli dah, udah puas2 kebut2an sama si Z pas jaman kuliah dulu :big_smoking: tapi bener, Freed ini emang enaknya pas udah masuk cruising speed, nyaman banget. Ambience nya bikin nyaman...ntah aura apa, tapi bikin nyaman pokonya dah :big_love:
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1

Post by liep »

rechtmasta wrote:Ikut komen yaa...kebetulan pemakai Freed sejak 2011 beli dr diler (makanya ga ngalamin nasib kompor gas kyk TS :big_grin: )
imho sd 2016 pun klo beli di dealer tp belinya tipe S, ya tetap aj dpt kompor, bkn mslh beli dmana, bekas atopun baru tipe S emang ac knop puteran, yg E double psd baru digital
Bulbul
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Thu Aug 20, 2015 18:58

Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1

Post by Bulbul »

Nice review....

Hebat2 amat yah fc bisa 1:8 bahkan 1:10 :big_exellent:

Ane paling irit juga cuma 1:6,9 itupun jalan gak d gas :mky_07: jalan normal di 1:6,5 :big_slap:

Karena pake premium atau karena jalan d medan pendek2 yah?

Pernah coba pake pertamax tp gak berasa beda di fc maupun tenaga, beda bayarnya doang :mky_01: jadi balik lagi k premium deh
hafizh
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 210
Joined: Fri Jun 27, 2008 6:36

Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1

Post by hafizh »

Bulbul wrote:Nice review....

Hebat2 amat yah fc bisa 1:8 bahkan 1:10 :big_exellent:

Ane paling irit juga cuma 1:6,9 itupun jalan gak d gas :mky_07: jalan normal di 1:6,5 :big_slap:

Karena pake premium atau karena jalan d medan pendek2 yah?

Pernah coba pake pertamax tp gak berasa beda di fc maupun tenaga, beda bayarnya doang :mky_01: jadi balik lagi k premium deh
Coba om sesekali di reset ECU-nya, klo pengalaman saya biasa dalkot sekitar 8 sd 9 per km setelah dipasang grounding satu titik aja average jadi 11 sd 12 per km, kurang yakin itu karena penambahan grounding atau karena kabel negatifnya yang dilepas sehingga ECU kereset. Nyobanya di kasih pertamax full trus tombol reset di pencet agak lama...
Bulbul
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Thu Aug 20, 2015 18:58

Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1

Post by Bulbul »

Makasih om hafiz, pasang ground cable n reset ecu yah. Noted with thanks
apoge
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 248
Joined: Fri Nov 27, 2015 1:35

Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1

Post by apoge »

Klo saya pribadi gak suka dengan pantatnya yg tepos, dan mesinnya yg masih pake seri L15A. Padalan mobil "murah" mobilio saja udah pake L15Z1 cmiiw.
imansyx
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Tue Oct 14, 2014 15:47

Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1

Post by imansyx »

halo om om sekalian :big_blushing:

mau apdet nih, bulan april kemarin habis flush total atf nya di toda.. masih encer dan warna pink seger tapi ngerasa makin hari dan makin sering dipake mobilnya semakin berasa shiftingnya ga enak banget ada jeda nya dibanding freed temen ogut. habis diflush berkurang jauhhhh jedanya. jadi gamau lagi deh ikut ikutan patokan odo, ngikut itungan tahun aja (2 tahun flush). Setelah di flush sampe sekarang gapernah lagi D nya kedip kedip

pas banget kemaren habis ganti oli, iseng2 coba jetclean liqui moly begitu pulang langsung kerasa bedanya :mky_02: ga sengeden dulu lagi tarikan di kecepatan tanggung (20-40), di rpm mid to high pun jadi lebih galak

keluhan yg muncul tetep sama.. noise ban dunlop, bunyi cekit cekit di polisi tidur sama gluduk di lobang2 kecil dan bonus.. rattle di pintu bagasi :frm_bang_head:

sekarang balik lagi mobilnya ngendon di garasi habis di wax langsung disarungin..hibernasi