Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 153
- Joined: Tue Oct 14, 2014 15:47
Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1
Halo.... setelah sekian lama nubi jaadi reader doang dan kadang2 sok2an nimbrung ga jelas disini akhirnya saya putusin bikin postingan pertama jadi kalo elek ya dimaafin ya
1. Background
Mobil yang saya pengin review adalah mobil yang setelah baca - baca postingan SM taun 2009 mayan fenomenal either you hate it or love it despite it's weakness. Mobil ini adalah tangan ke - 2 dan tangan pertama adalah alm. Kakek saya dan sempet berbulan2 ga dipake.. mobil ini seinget saya dibeli tahun 2009 di Solo dengan harga 257 juta (? agak lupa waktu itu masih bocah smp ) tanpa bonus apapun sama diskon.
Yang saya inget pokoknya kaca film bawaan dealer skkb (Sparta atau anti gores), karpet beludru Freed, sama udah. cuma itu doang awal - awal cerita beli Freed dulu butuh mobil keluarga kalo pada mudik pulang ke Solo (Alm. pny mobil sedan semua... Grand Civic '88 sama City GD8 '03 jadi mesti misah mobil kalo jalan - jalan) oleh karena itu 2008 akhir diputusin u/ cari mobil yang 7 seater & muat semua. Kandidat saat itu paling mendekati yaa.. cuma ipah atau biskuit serena.
serena waktu itu kakek kurang sreg karena C24 ibarat makanan udah lebih basi dari kimchi, sedangkan ipah ga muat sama pintu garasi even setelah semua spion dilipet.. what the disaat ini baru keluar desas desus, Honda lagi bikin mpv berbasis GE dan karena dimensi GE muat di garasi diputusin nunggu launch di Indo sampe akhirnya Alm. nunjukin ke saya sdh dapet brosur Freed dan akan pesen tipe yg ada sliding door warna Red Wine. Awal 2009, kakek divonis kena CA, dan kemampuan bicaranya menurun.. akhirnya sy bilang ke Ibu bahwa sebelum kakek sudah ga bs komunikasi itu pesan dia ke saya terakhir (kakek ngasih brosur bookletnya ke saya) dan jreng... bulan september sudah muncul di garasi.. dan Alm senang sekali sempat jalan2 sblm akhirnya berpulang bulan Des..
Setelah itu mobil sangat.. sangat jarang dipakai hingga sempat hampir setahun tidak dipakai 2013 akhir - 2014. Diputuskan mobil dimutasi ke jakarta 2015 awal karena gw sudah punya SIM dan mobil jakarta penyet ketabrak sumber kencon*
2. Outside
Ketika pertama ngeliat mobil ini (masi bocah) ngerasanya kok ni mobil kecil banget... gw muat kaga ya setelah kuliah.. tetep sama aja... kok saya muat ya even di 3rd row sekalipun... bagian yg saya apresiasi dari mobil ini konsep triangle + boxnya, betul2 kecil itu mesin muat disitu dan even aura kabinnya lebih relax dibanding ipah (IMO) kayanya gara2 gear selector ada di dash jadi ada gang senggol. mobil ini punya:
panjang = 4215 mm
lebar = 1700 mm
yang berarti cuma beda 100 mm sama yaris lele dan lebar sama persis untuk masalah desain, mobil ini tarikan garisnya clean ga neko2 kaya mobilio yang salah gunting. Dan bentuknya bener2 jdm kotak kecil pintu geser dimana sampe sekarang (Mar '16) belum punya kompetitor di Indonesia cocok buat yang garasinya sempit kaya saya... oh iya karena ini adalah Freed paling awal, ada perbedaan sama MMC v1 Juli 2010:
- ada Alarm
- Power Retractable Mirror
- ini nih yg paling bikin ngelus dada.. Automatic Digital Climate Control gantiin kompor
akses penumpang masuk.. untuk pintu depan no problem, nah untuk pintu tengah sliding, kaki harus agak manjat sedikit.. nenek saya biasanya naik pakai dingklik dulu satu step pertama baru lantai mobil. buat pintu bagasi bisa rendah banget ya lantainya.. naik turunin koper gampang banget bibir pintu sama lantai mobil rata
oiya, Freed punya kelemahan besar di lampu belakangnya yang bagian atasnya agak ke ekspos karena tempat buat rel pintu. Bagian ini rentan retak rambut dan biasanya lampu mati dan air langsung nggenang di dalem jadi warna item bagian bawahnya.. punya saya untung belom pernah putus / retak mikanya.. tapi cat disekitarnya kok kaya ngelotok ya? aneh banget
3. Inside
awas sakit mata liat kompornya
untuk kabin, konsep open cafe emang bagus... bikin dasbor bertingkat kaya meja & kaca depan segede gaban. Cakep buat jepun, horor buat di Indo. Mobil ini ga pake kf depan sejak 2009, ga usah ditanya panasnya kaya apa mana dasbornya full plastic hitam.. tapi keluhannya malah dasbornya kok kaya ga properly installed gitu ya? kalo lewat jalan rada geruduk2 tu dasbor goyang ke atas ke bawah joget terutama bagian atasnya.. plastik yang dipake pun keras.. doortrim ga ada fabric sama sekali meski jadi mayan sih buat bersihinnya gampang bener dan ga ada lagi kejadian kaya dulu sempet pelihara cbu atoyot dasbor full soft touch lama2 lengket terus retak sendiri mobil ini 0% keluhan ruang kepala dan buat legroom mesti pinter2 atur tiap row biar kebagian.. mobil sudah dipasang karpet dasar syntethic dan jok kulit syntethic juga (gatau merknya tapi mayan ena)
untuk posisi mengemudi... postur saya 180/70 dan begitu make, baru nyadar 1 kelemahan fatal = mobil ini ga punya seat adjuster posisi mengemudi canggung banget ketinggian dan setir ga telescopic, kalo mentok mundur tangan ga nyampe, kalo dimajuin tangan nyampe kaki nekuk ga jelas. dan kursinya ngegantung posisi paha ujung ga di kursi... baru deh di MMC v2 dikeluarin seat adjusternya nyoba punya temen baru kerasa pas duduknya... untuk all around view no problem blind spot hampir ga ada bahkan itu kaca belakang gede bener.. ga heran hampir semua temen yang make... cewe dan gw satu2nya yang pake warna maroon
baris kedua kaki sama2 aagak ngegantung, dan baris ketiga harus nego sama baris kedua kalo sayang kakinya. baris ketiga even bisa recline dan menurut gue cukup rebah untuk sekadar bobo2 nanggung.
saya kurang ngerti audio, tapi HU sudah pake Kenwood ada DTA dan bisa usb/cd/iPod dengan suara yang.. menurut saya lebih bagus dari HU MMC v2 pakai JVC. Freed punya masalah besar di sliding doornya yang kadang2 bunyi kletek tek dan sampe skrg ajaibnya saya cuma pernah sekali denger taun kemarin dan ga muncul lagi. masalah biasa paling karet pintu rada ngeras kreyet2 diolesin semir ban hilang deh. Komplain palingan dari cara ngelipet bangku baris tiga harus diangkat tanpa per jadi lumayan berat.
Masalah krusial lain adalah A/C. Nasib nasib... gen1 ga ada auto climatenya, dan buat bangku baris ketiga even tetep ngerasanya ya angin sisaan doang. Untung mobil ini hampir ga pernah full load paling cuma ber 5 jadi blm pernah ada yang complain. Buat commute tiap hari tetep dingin dan blm pernah servis ac (perlu apa ga sih? )
4. While Driving
Freed ini setelah sampe Jakarta, lihat record service... gila sudah 3 tahun ga ganti oli dan ajaib masih bisa jalan langsung lari ke SnD buat ganti oli Htech sama filter+ tap oli matic 3,5 liter + kuras radiator ganti dg Prestone + kuras brake fluid + ganti filter mesin + ganti filter A/C. Sedari dulu mobil ini minum P/P+ dan setelah ganti oli baru berasa enakan. startup, langsung ngeh suaranya dinamonya kok beda ya sama GE? bukannya sama sama L15A ya meski beda torsi pindah ke D dan.... bukan boyonya yg agak bikin sebel, kadang2 kerasa kaya selip banget... 5ATnya. kadang2 malah ternyata udah lockup jadi suka ga ketebak di macet buat sundul sundulan (saatnya Flush atf?) begitu sampe di cruising speed dalkot, 20-60 barulah kerasa rasio giginya mobil ini buat apa.. cruising bisa rendah banget buset rpmnya. even lukot sekalipun. oh iya feeling gear selector v1 dan v2 itu beda banget, v1 kalo pindah "dug" dan berasa bgt mekanisnya. kalo v2 udah nyoba di 2 mobil jauh lebih ringan dan suaranya "klok" entah apa yg berubah
seperti yang udah dibilang diatas, visibilitas mobil ini top berasa naik akuarium dan EPS nya ringan banget. hambar. rasanya aneh aja kalo kebiasa bawa hydrolik terus pake EPS meski tetep paling aneh ya EPS nya picanto. Meski kerasanya lifeless, responnya masih lumayan dan cukup akurat (cukup). Untuk masalah boyo, ga begitu merhatiin karena ga suka ngebut meski kalo nyalip di tol, nyokap mulai nyanyi nada tinggi dan kakak gw bilang " kamu ngegas tapi kok ga maju sih? aku geregetan banget daritadi"
Untuk suspensi, mobil ini udah 7 tahun jadi udah mulai beda karakternya. Tahun kemaren muncul suara "nyet nyet" dan "gludug" dari depan kalo lewat jalan gelombang kecil2 dicek ke honda clinic tanda link stabil mulai lemah padahal mobil ini saat itu baru jalan 19ribuan namun feelnya menurut saya masih sama, suspensinya firm dan chassisnya juga dibanding laddernya ipah. Lebih percaya diri bawanya buat belok2 dibanding ipah yang agak diving sana sini bodinya. Another problem pernah di jalan tiba2 "D" kedip kedip dan 2 minggu lagi muncul. di Scan tulisannya dari trans. gear switch. direset habis itu ga pernah muncul lagi..
untuk sound insulation.... untuk mesin hampir ga pernah kedengeran, tapi samping buset dah motor matic aja suaranya masih kedengeran. Ban udah diganti jadi SP Touring tapi dengung buanget kalo jalanan kering, apa karakternya gini ya? pingin nambah peredam / ganti conti comfort contact
di Jakarta, mobil mayoritas dipake weekend, dan kadang saya pake ke kampus PP rawamangun - depok lewat pancoran pasar minggu, FC yang didapet 9,8 - 11,4 tergantung lagi bete apa ngga dan sekarang regular perawatannya:upss:
5. Additional
Mobil ini sudah ditambah kaca film 3M CR40 & BB80 yang menurut saya... sampingnya kegelapan dan nambahin biar jadi kaya MMC v1, power retractable + auto folding mirror dan spoiler belakang (pelit banget buset dulu ga dikasi) overall rada2 tergoda untuk ganti R17 macem RPF biar ga disangka cewek yang bawa tapi ga suka banget mobil yang keras dampingnya / dan buset dah racunnya banyak bener asesorisnya harus tahan godaan kalo punya
6. Kesimpulan
Setelah make Freed, rasanya susah berpaling ke mobil lain. suer. Mobil ini kecil tapi lega bener, tuas transmisi di dash ngebantu banget karena parkiran rumah harus mepet ke pintu driver jadi masuk lewat penumpang depan yang di mobil normal horor karena kaki saya panjang... pintu sliding door yang awal ngiranya cuma buat gimmick doang, tapi setelah lama pake sangat guna apalagi buat ibu2 kalo kondangan pake kain tinggal slepet duduk manis.. seriously kelemahan mobil ini menurut saya ya gedein sedikit mesinnya, pake R18A kek atau vtec turbo (gosipnya kencengan yang ini ya?)
mobil sudah setahun dan selama setahun sudah dipake kira2 10 ribu km, sekarang ada di 25 ribu sekian.. kalo ada opsi lain untuk ganti mobil, kayaknya ya Freed lagi yang Gen2 atau liat2 Sienta nanti. Untuk sekarang, mobil ini puas banget pakenya.
yang grand civic udah dijual di km 20 ribuan (sudah lupa) yang GD8, sekarang betul2 ga pernah dipakai sudah 3 tahun. Pengen nego u/ bawa ke jakarta tapi garasi cuma muat sebiji..
sekian post pertama saya, maaf kalo rada asal asalan nulisnya
1. Background
Mobil yang saya pengin review adalah mobil yang setelah baca - baca postingan SM taun 2009 mayan fenomenal either you hate it or love it despite it's weakness. Mobil ini adalah tangan ke - 2 dan tangan pertama adalah alm. Kakek saya dan sempet berbulan2 ga dipake.. mobil ini seinget saya dibeli tahun 2009 di Solo dengan harga 257 juta (? agak lupa waktu itu masih bocah smp ) tanpa bonus apapun sama diskon.
Yang saya inget pokoknya kaca film bawaan dealer skkb (Sparta atau anti gores), karpet beludru Freed, sama udah. cuma itu doang awal - awal cerita beli Freed dulu butuh mobil keluarga kalo pada mudik pulang ke Solo (Alm. pny mobil sedan semua... Grand Civic '88 sama City GD8 '03 jadi mesti misah mobil kalo jalan - jalan) oleh karena itu 2008 akhir diputusin u/ cari mobil yang 7 seater & muat semua. Kandidat saat itu paling mendekati yaa.. cuma ipah atau biskuit serena.
serena waktu itu kakek kurang sreg karena C24 ibarat makanan udah lebih basi dari kimchi, sedangkan ipah ga muat sama pintu garasi even setelah semua spion dilipet.. what the disaat ini baru keluar desas desus, Honda lagi bikin mpv berbasis GE dan karena dimensi GE muat di garasi diputusin nunggu launch di Indo sampe akhirnya Alm. nunjukin ke saya sdh dapet brosur Freed dan akan pesen tipe yg ada sliding door warna Red Wine. Awal 2009, kakek divonis kena CA, dan kemampuan bicaranya menurun.. akhirnya sy bilang ke Ibu bahwa sebelum kakek sudah ga bs komunikasi itu pesan dia ke saya terakhir (kakek ngasih brosur bookletnya ke saya) dan jreng... bulan september sudah muncul di garasi.. dan Alm senang sekali sempat jalan2 sblm akhirnya berpulang bulan Des..
Setelah itu mobil sangat.. sangat jarang dipakai hingga sempat hampir setahun tidak dipakai 2013 akhir - 2014. Diputuskan mobil dimutasi ke jakarta 2015 awal karena gw sudah punya SIM dan mobil jakarta penyet ketabrak sumber kencon*
2. Outside
Ketika pertama ngeliat mobil ini (masi bocah) ngerasanya kok ni mobil kecil banget... gw muat kaga ya setelah kuliah.. tetep sama aja... kok saya muat ya even di 3rd row sekalipun... bagian yg saya apresiasi dari mobil ini konsep triangle + boxnya, betul2 kecil itu mesin muat disitu dan even aura kabinnya lebih relax dibanding ipah (IMO) kayanya gara2 gear selector ada di dash jadi ada gang senggol. mobil ini punya:
panjang = 4215 mm
lebar = 1700 mm
yang berarti cuma beda 100 mm sama yaris lele dan lebar sama persis untuk masalah desain, mobil ini tarikan garisnya clean ga neko2 kaya mobilio yang salah gunting. Dan bentuknya bener2 jdm kotak kecil pintu geser dimana sampe sekarang (Mar '16) belum punya kompetitor di Indonesia cocok buat yang garasinya sempit kaya saya... oh iya karena ini adalah Freed paling awal, ada perbedaan sama MMC v1 Juli 2010:
- ada Alarm
- Power Retractable Mirror
- ini nih yg paling bikin ngelus dada.. Automatic Digital Climate Control gantiin kompor
akses penumpang masuk.. untuk pintu depan no problem, nah untuk pintu tengah sliding, kaki harus agak manjat sedikit.. nenek saya biasanya naik pakai dingklik dulu satu step pertama baru lantai mobil. buat pintu bagasi bisa rendah banget ya lantainya.. naik turunin koper gampang banget bibir pintu sama lantai mobil rata
oiya, Freed punya kelemahan besar di lampu belakangnya yang bagian atasnya agak ke ekspos karena tempat buat rel pintu. Bagian ini rentan retak rambut dan biasanya lampu mati dan air langsung nggenang di dalem jadi warna item bagian bawahnya.. punya saya untung belom pernah putus / retak mikanya.. tapi cat disekitarnya kok kaya ngelotok ya? aneh banget
3. Inside
awas sakit mata liat kompornya
untuk kabin, konsep open cafe emang bagus... bikin dasbor bertingkat kaya meja & kaca depan segede gaban. Cakep buat jepun, horor buat di Indo. Mobil ini ga pake kf depan sejak 2009, ga usah ditanya panasnya kaya apa mana dasbornya full plastic hitam.. tapi keluhannya malah dasbornya kok kaya ga properly installed gitu ya? kalo lewat jalan rada geruduk2 tu dasbor goyang ke atas ke bawah joget terutama bagian atasnya.. plastik yang dipake pun keras.. doortrim ga ada fabric sama sekali meski jadi mayan sih buat bersihinnya gampang bener dan ga ada lagi kejadian kaya dulu sempet pelihara cbu atoyot dasbor full soft touch lama2 lengket terus retak sendiri mobil ini 0% keluhan ruang kepala dan buat legroom mesti pinter2 atur tiap row biar kebagian.. mobil sudah dipasang karpet dasar syntethic dan jok kulit syntethic juga (gatau merknya tapi mayan ena)
untuk posisi mengemudi... postur saya 180/70 dan begitu make, baru nyadar 1 kelemahan fatal = mobil ini ga punya seat adjuster posisi mengemudi canggung banget ketinggian dan setir ga telescopic, kalo mentok mundur tangan ga nyampe, kalo dimajuin tangan nyampe kaki nekuk ga jelas. dan kursinya ngegantung posisi paha ujung ga di kursi... baru deh di MMC v2 dikeluarin seat adjusternya nyoba punya temen baru kerasa pas duduknya... untuk all around view no problem blind spot hampir ga ada bahkan itu kaca belakang gede bener.. ga heran hampir semua temen yang make... cewe dan gw satu2nya yang pake warna maroon
baris kedua kaki sama2 aagak ngegantung, dan baris ketiga harus nego sama baris kedua kalo sayang kakinya. baris ketiga even bisa recline dan menurut gue cukup rebah untuk sekadar bobo2 nanggung.
saya kurang ngerti audio, tapi HU sudah pake Kenwood ada DTA dan bisa usb/cd/iPod dengan suara yang.. menurut saya lebih bagus dari HU MMC v2 pakai JVC. Freed punya masalah besar di sliding doornya yang kadang2 bunyi kletek tek dan sampe skrg ajaibnya saya cuma pernah sekali denger taun kemarin dan ga muncul lagi. masalah biasa paling karet pintu rada ngeras kreyet2 diolesin semir ban hilang deh. Komplain palingan dari cara ngelipet bangku baris tiga harus diangkat tanpa per jadi lumayan berat.
Masalah krusial lain adalah A/C. Nasib nasib... gen1 ga ada auto climatenya, dan buat bangku baris ketiga even tetep ngerasanya ya angin sisaan doang. Untung mobil ini hampir ga pernah full load paling cuma ber 5 jadi blm pernah ada yang complain. Buat commute tiap hari tetep dingin dan blm pernah servis ac (perlu apa ga sih? )
4. While Driving
Freed ini setelah sampe Jakarta, lihat record service... gila sudah 3 tahun ga ganti oli dan ajaib masih bisa jalan langsung lari ke SnD buat ganti oli Htech sama filter+ tap oli matic 3,5 liter + kuras radiator ganti dg Prestone + kuras brake fluid + ganti filter mesin + ganti filter A/C. Sedari dulu mobil ini minum P/P+ dan setelah ganti oli baru berasa enakan. startup, langsung ngeh suaranya dinamonya kok beda ya sama GE? bukannya sama sama L15A ya meski beda torsi pindah ke D dan.... bukan boyonya yg agak bikin sebel, kadang2 kerasa kaya selip banget... 5ATnya. kadang2 malah ternyata udah lockup jadi suka ga ketebak di macet buat sundul sundulan (saatnya Flush atf?) begitu sampe di cruising speed dalkot, 20-60 barulah kerasa rasio giginya mobil ini buat apa.. cruising bisa rendah banget buset rpmnya. even lukot sekalipun. oh iya feeling gear selector v1 dan v2 itu beda banget, v1 kalo pindah "dug" dan berasa bgt mekanisnya. kalo v2 udah nyoba di 2 mobil jauh lebih ringan dan suaranya "klok" entah apa yg berubah
seperti yang udah dibilang diatas, visibilitas mobil ini top berasa naik akuarium dan EPS nya ringan banget. hambar. rasanya aneh aja kalo kebiasa bawa hydrolik terus pake EPS meski tetep paling aneh ya EPS nya picanto. Meski kerasanya lifeless, responnya masih lumayan dan cukup akurat (cukup). Untuk masalah boyo, ga begitu merhatiin karena ga suka ngebut meski kalo nyalip di tol, nyokap mulai nyanyi nada tinggi dan kakak gw bilang " kamu ngegas tapi kok ga maju sih? aku geregetan banget daritadi"
Untuk suspensi, mobil ini udah 7 tahun jadi udah mulai beda karakternya. Tahun kemaren muncul suara "nyet nyet" dan "gludug" dari depan kalo lewat jalan gelombang kecil2 dicek ke honda clinic tanda link stabil mulai lemah padahal mobil ini saat itu baru jalan 19ribuan namun feelnya menurut saya masih sama, suspensinya firm dan chassisnya juga dibanding laddernya ipah. Lebih percaya diri bawanya buat belok2 dibanding ipah yang agak diving sana sini bodinya. Another problem pernah di jalan tiba2 "D" kedip kedip dan 2 minggu lagi muncul. di Scan tulisannya dari trans. gear switch. direset habis itu ga pernah muncul lagi..
untuk sound insulation.... untuk mesin hampir ga pernah kedengeran, tapi samping buset dah motor matic aja suaranya masih kedengeran. Ban udah diganti jadi SP Touring tapi dengung buanget kalo jalanan kering, apa karakternya gini ya? pingin nambah peredam / ganti conti comfort contact
di Jakarta, mobil mayoritas dipake weekend, dan kadang saya pake ke kampus PP rawamangun - depok lewat pancoran pasar minggu, FC yang didapet 9,8 - 11,4 tergantung lagi bete apa ngga dan sekarang regular perawatannya:upss:
5. Additional
Mobil ini sudah ditambah kaca film 3M CR40 & BB80 yang menurut saya... sampingnya kegelapan dan nambahin biar jadi kaya MMC v1, power retractable + auto folding mirror dan spoiler belakang (pelit banget buset dulu ga dikasi) overall rada2 tergoda untuk ganti R17 macem RPF biar ga disangka cewek yang bawa tapi ga suka banget mobil yang keras dampingnya / dan buset dah racunnya banyak bener asesorisnya harus tahan godaan kalo punya
6. Kesimpulan
Setelah make Freed, rasanya susah berpaling ke mobil lain. suer. Mobil ini kecil tapi lega bener, tuas transmisi di dash ngebantu banget karena parkiran rumah harus mepet ke pintu driver jadi masuk lewat penumpang depan yang di mobil normal horor karena kaki saya panjang... pintu sliding door yang awal ngiranya cuma buat gimmick doang, tapi setelah lama pake sangat guna apalagi buat ibu2 kalo kondangan pake kain tinggal slepet duduk manis.. seriously kelemahan mobil ini menurut saya ya gedein sedikit mesinnya, pake R18A kek atau vtec turbo (gosipnya kencengan yang ini ya?)
mobil sudah setahun dan selama setahun sudah dipake kira2 10 ribu km, sekarang ada di 25 ribu sekian.. kalo ada opsi lain untuk ganti mobil, kayaknya ya Freed lagi yang Gen2 atau liat2 Sienta nanti. Untuk sekarang, mobil ini puas banget pakenya.
yang grand civic udah dijual di km 20 ribuan (sudah lupa) yang GD8, sekarang betul2 ga pernah dipakai sudah 3 tahun. Pengen nego u/ bawa ke jakarta tapi garasi cuma muat sebiji..
sekian post pertama saya, maaf kalo rada asal asalan nulisnya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1050
- Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
- Location: BSD (Bogor Sana Dikit)
- Daily Vehicle: Civic FD2
Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1
Pertamax!! nice review om, termasuk bagus buat saya
2009 Honda Civic FD2
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1050
- Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
- Location: BSD (Bogor Sana Dikit)
- Daily Vehicle: Civic FD2
Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1
Wallahi Grand Civic-nya dijual om TS 2009 masih SMP? berarti kira2 seumuran ama saya ya....
2009 Honda Civic FD2
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 874
- Joined: Wed Jul 09, 2014 8:21
- Location: Surakarta
- Daily Vehicle: Honda CRV
Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1
Saya juga es em pe om . Kelas 3 mid 2009 masuk es em afizrmen wrote:Wallahi Grand Civic-nya dijual om TS 2009 masih SMP? berarti kira2 seumuran ama saya ya....
- apple, banana, & grape -
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1050
- Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
- Location: BSD (Bogor Sana Dikit)
- Daily Vehicle: Civic FD2
Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1
errr..... 1994?brintanizer wrote:Saya juga es em pe om . Kelas 3 mid 2009 masuk es em afizrmen wrote:Wallahi Grand Civic-nya dijual om TS 2009 masih SMP? berarti kira2 seumuran ama saya ya....
2009 Honda Civic FD2
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 153
- Joined: Tue Oct 14, 2014 15:47
Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1
fizrmen wrote:errr..... 1994?brintanizer wrote:Saya juga es em pe om . Kelas 3 mid 2009 masuk es em afizrmen wrote:Wallahi Grand Civic-nya dijual om TS 2009 masih SMP? berarti kira2 seumuran ama saya ya....
foto terakhir dari tangan ke-2 yang beli, sedih sih macem time capsule itu mobil, ban serep blm perna turun, masih ada sticker delivery inspection nempel, kaca film ga ada, 100% kaya keluar diler tahun 88.. tapi kalo ga kerawat ya buat apa
waduh seumuran ya? saya 1996 ini....
-
- SM Specialist
- Posts: 15615
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1
Hahahaha plat AD... sesama orang jawa tengah...
Good review om.... Mungkin kita seumuran... 2009 saya juga masih bru masuk SMA
Satu hal yang saya suka di Freed adalah keleluasaan ruang cabin nya. Kesannya bawa apa - apa muat, padahal dari luar kecil tapi dalemnya gede... Row 3 nya punya space yang gak kalah dengan row 3 di Innova lama.
Mobilio saya rasakan gak punya fleksibilitas cabin sebagus Freed... maklum mobil "murah"... Itupun soal akomodasi masih lebih bagus dibanding Avanza dan Ertiga.
Ya bener... yang gak kuat itu transmisinya cepet sekali lock up... Jadi terkesan mobil ini sangat lemot. Beberapa hari lalu nyetir Freed temen saya sudah pakai Unichip, full exhaust sampe belakang... Tetep aja kerasa lemot. Karakter 5-AT nya Honda memang gak terlalu bagus... Terlalu ngejar top speed, pakai gigi panjang - panjang, jadi kerasa lemot, harus dibejek baru keluar tenaganya.
Malah di beberapa titik saya lebih prefer Honda dikasih CVT aja.. CVTnya Honda itu surprisingly good buat saya.
Good review om.... Mungkin kita seumuran... 2009 saya juga masih bru masuk SMA
Satu hal yang saya suka di Freed adalah keleluasaan ruang cabin nya. Kesannya bawa apa - apa muat, padahal dari luar kecil tapi dalemnya gede... Row 3 nya punya space yang gak kalah dengan row 3 di Innova lama.
Mobilio saya rasakan gak punya fleksibilitas cabin sebagus Freed... maklum mobil "murah"... Itupun soal akomodasi masih lebih bagus dibanding Avanza dan Ertiga.
Ya bener... yang gak kuat itu transmisinya cepet sekali lock up... Jadi terkesan mobil ini sangat lemot. Beberapa hari lalu nyetir Freed temen saya sudah pakai Unichip, full exhaust sampe belakang... Tetep aja kerasa lemot. Karakter 5-AT nya Honda memang gak terlalu bagus... Terlalu ngejar top speed, pakai gigi panjang - panjang, jadi kerasa lemot, harus dibejek baru keluar tenaganya.
Malah di beberapa titik saya lebih prefer Honda dikasih CVT aja.. CVTnya Honda itu surprisingly good buat saya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5489
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1
Sumber Kencono sampai sekarang masih ngawur tuh Bus
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1670
- Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01
Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1
Ripiunya bagus..sesuai dg yg dirasakan ane sbg user prit 2014. Lemotnya cobain ganti filter udara mesin pake knn..skitar 900rb an dan kit buat cuci filter skitar 300rb. Ud lmayan ngangkat dikit. Nda rugi pake knn.
Klo ad wkt bisa pasang fp dp merk ord ato kansai...pasang tc. Saya ga pasang 2 ini krn buat bini cukup knn aj dia ud hepi.
Msh perdebatan jg tp stlh saya pake gc 7titik...lbih responsif dan menyenangkan..buat saya cukup terasa berkurangnya jeda oon nya..istri saya yg awam mbl aj bilang kok mbl jd nyundul2 ga lemot kyk biasanya injak gas ga lgs maju..ini towel dikit ud ad hentakan..hehe
Utk pintu dpn kiri kanan saya tambahi peredam cubic tempel full..lmayan kedap
Prit emang ga kedap2 amat krn stlh saya tlusuri karet2 di tiap pintu emang ad klemahannnya..di pintu dpn bagian bwh dekat engsel kurang pas mallnya..trus klo ud lama sptnya karet kempes bisa diisi dg karet balon di 1 sisi aj. Klo pintu sliding karetnya cuma1..ad kcenderungan tipis dan hrs diisi balon. Utk yg bagasi ini yg terparah krn duduk di sini suara masuk semua..krn karet bawah ga pas dg pintu..kmiringan posisi karet ga pas.
Tombol kompornya bisa dganti 300rb pake model putaran shg ga kompor bgt hehe
Betul jg klo ud prit mau ganti lain jg males..kandidatnya di bwh 300jt cuma sienta ato naik jd nav yg lebarnya mirip prit..kbiasaan sliding door jg jd pembeda..dr jauh ud kebuka sendiri..kyk wong ndeso hehe
Posisi duduk di akuarium emang sesuatu bgt..enak..aplg tuas transmisi ad di dasboard dibantu hand rest..ud cocok dah nyetir santai sambil dinikmati lemotnya..nyetir sambil makan hehe
Sruntulan pake prit enak jg spt naik avansa..setirnya enak..ganti d3 aj klo pas mau narik..dbilang lemot ya tgantung driver jg krn saya malang bali..malang jember jg balapan naik prit..asal tega aj dengar suara mesin pas ganti d3 hehe
Bannya eman dunlop seri sp yg brisik..bisa ganti bs ar20 yg sangat lengket di basah dan suara jg lmayan kedap
Klo olie saya pake gold aj ud cukup enak
Bisa join komunitas jg di hofos buat nambah sodara dan info2
http://m.kaskus.co.id/thread/54856621a3 ... part-2/381
Citinya ga di long ripiu skalian om? Thx
Klo ad wkt bisa pasang fp dp merk ord ato kansai...pasang tc. Saya ga pasang 2 ini krn buat bini cukup knn aj dia ud hepi.
Msh perdebatan jg tp stlh saya pake gc 7titik...lbih responsif dan menyenangkan..buat saya cukup terasa berkurangnya jeda oon nya..istri saya yg awam mbl aj bilang kok mbl jd nyundul2 ga lemot kyk biasanya injak gas ga lgs maju..ini towel dikit ud ad hentakan..hehe
Utk pintu dpn kiri kanan saya tambahi peredam cubic tempel full..lmayan kedap
Prit emang ga kedap2 amat krn stlh saya tlusuri karet2 di tiap pintu emang ad klemahannnya..di pintu dpn bagian bwh dekat engsel kurang pas mallnya..trus klo ud lama sptnya karet kempes bisa diisi dg karet balon di 1 sisi aj. Klo pintu sliding karetnya cuma1..ad kcenderungan tipis dan hrs diisi balon. Utk yg bagasi ini yg terparah krn duduk di sini suara masuk semua..krn karet bawah ga pas dg pintu..kmiringan posisi karet ga pas.
Tombol kompornya bisa dganti 300rb pake model putaran shg ga kompor bgt hehe
Betul jg klo ud prit mau ganti lain jg males..kandidatnya di bwh 300jt cuma sienta ato naik jd nav yg lebarnya mirip prit..kbiasaan sliding door jg jd pembeda..dr jauh ud kebuka sendiri..kyk wong ndeso hehe
Posisi duduk di akuarium emang sesuatu bgt..enak..aplg tuas transmisi ad di dasboard dibantu hand rest..ud cocok dah nyetir santai sambil dinikmati lemotnya..nyetir sambil makan hehe
Sruntulan pake prit enak jg spt naik avansa..setirnya enak..ganti d3 aj klo pas mau narik..dbilang lemot ya tgantung driver jg krn saya malang bali..malang jember jg balapan naik prit..asal tega aj dengar suara mesin pas ganti d3 hehe
Bannya eman dunlop seri sp yg brisik..bisa ganti bs ar20 yg sangat lengket di basah dan suara jg lmayan kedap
Klo olie saya pake gold aj ud cukup enak
Bisa join komunitas jg di hofos buat nambah sodara dan info2
http://m.kaskus.co.id/thread/54856621a3 ... part-2/381
Citinya ga di long ripiu skalian om? Thx
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12275
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1
Nice review om...
Oh iya, rack steering udah ada tanda2 glodakan blm? Ama PSD juga?
Soalnya freed 09 temen2 gw rata2 udah kena di rack steering ama PSDnya yg kadang2 macet...
Oh iya, sekedar saran, jangan dijual om freednya, pake aja terus.. Kenangan ga bisa dibeli ama uang...
Oh iya, rack steering udah ada tanda2 glodakan blm? Ama PSD juga?
Soalnya freed 09 temen2 gw rata2 udah kena di rack steering ama PSDnya yg kadang2 macet...
Oh iya, sekedar saran, jangan dijual om freednya, pake aja terus.. Kenangan ga bisa dibeli ama uang...
2021 Fortuner VRZ
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5716
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1
Wih. Nais ripiu om.
Rasanya masih terawat banget ya biar mobil dari 09.
Kalo bisa ga osa dijual om, apalg kalo annti sudah berkeluarga, mantep lah prit ini buat keluarga kecil.
Apalg mobil kenangan dari (alm) kakek. Hehehe. Jadi kalo bisa disimpen aja om.
Rasanya masih terawat banget ya biar mobil dari 09.
Kalo bisa ga osa dijual om, apalg kalo annti sudah berkeluarga, mantep lah prit ini buat keluarga kecil.
Apalg mobil kenangan dari (alm) kakek. Hehehe. Jadi kalo bisa disimpen aja om.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 917
- Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44
Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1
review bagus om, salut mau menceritakan kelemahannya, walaupun ini mobil sendiri, jd subyektif bacanya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 874
- Joined: Wed Jul 09, 2014 8:21
- Location: Surakarta
- Daily Vehicle: Honda CRV
Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1
Anyway model speedometer nya freed yg paling bagus diantara sodara2nya ( jazz & city ) digital optitron ala ala
- apple, banana, & grape -
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 91
- Joined: Tue Jan 11, 2011 5:39
Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1
Nice review om, ikutan nimbrung juga saya sempat melihara Freed PSD polished metal metalic 2009 first batch (Bonus cuman KF 3M FXST 60% buat samping + belakang aja) selama hampir 7 tahun dari brand new sampai awal tahun kemarin dilego. Sebelumnya make ToKiSul LGX 2002 2.0 yang kerasa boros banget dipake buat mobil perang harian akhirnya sempat mau ganti Innova juga tapi lihat freed malah berpindah hati gara" electric sliding door nya dan masih inget saat pertama kali di delivery around Juli 2009 pas saya pakai di jalan untuk libur lebaran orang" masih pada ngelihatin
Baru pake setahun, tahun 2010 keluar facelift yang bikin gigit jari sama feature nya seperti yang disebutin TS diatas (Nambahin lampu sein warna kuning di fender uda ga ada dipindah ke spion untuk versi ini). Yang bisa saya bilang sih kesan" saya selama make nih mobil termasuk kategori robust ya dan irit dalkot di MID masi tembus >10 km /l, ditangan saya kemarin pas dilepas ada di KM hampir 150 ribu dan maintenance nya pun bisa dibilang seadanya saja cuman ganti oli filter 10 ribu KM, oli mesin 5 ribu KM, aki setahun sekali (Mungkin gara" PSD ? Setiap setahun pasti mokad aki nya), ban depan sepasang. Tune up dan servis pun hanya dilakukan KM 100 ribu dan di bengkel non beres, even oli matic pun sampai saya lepas belum pernah di flush / ganti. Tapi masih belum ada keluhan apapun dari mesin / transmisinya selama saya pakai cuman kaki" nya ud pada kalah kalo lewat jalan paving pada bunyi semua dan setir uda ga lurus lagi (Tie rod ?). PSD nya pun ga pernah rewel / macet selama ditangan saya, untuk interior yang saya ingat tombol A/C yang diatas tombol defogger kaca belakang itu tenggelam dan ga bisa dipencet lagi (Untung macetnya pas posisi tenggelam kalo engga bisa" A/C ga nyala) dan setir juga uda pada robek di beberapa spot sehingga kalo dijemur siang hari bisa keluarin cairan seperti minyak kalo digenggam tangan.
Karena lihat freed cukup robust inilah yang membuat saya memutuskan untuk nambah GE8 RS A/T juga di tahun 2012, jadi coba compare juga antara dua mobil tersebut walaupun memiliki mesin yang sama tapi entah kenapa feel nya berbeda. Freed untuk tarikan awal / rpm rendah berasa lebih ringan sedangkan kalo uda rpm atas berasa habis tenaga / bengek kebalikan banget sama GE8 yang bawahnya agak berat tapi rpm tinggi berasa lebih nendang, setir pun walaupun sama" EPS tapi GE8 tidak seringan di freed walaupun tidak seberat HPS juga (Mungkin GE8 pake velg R16 atau bahkan mekanisme EPS nya beda ?). So far, cukup puas dan positive kesan saya sama nih mobil. Berhubung uda jalan cukup banyak dan lumayan berumur akhirnya diputuskan untuk peremajaan dengan mencari kuda perang yang baru
Abis bongkar" galeri di PC, nambahin foto" yang tersisa
Pernah dicium sama motor juga fendernya
Not a big deal sih tapi IMO, lebih enak lihat yang model jarum kek GE8
Baru pake setahun, tahun 2010 keluar facelift yang bikin gigit jari sama feature nya seperti yang disebutin TS diatas (Nambahin lampu sein warna kuning di fender uda ga ada dipindah ke spion untuk versi ini). Yang bisa saya bilang sih kesan" saya selama make nih mobil termasuk kategori robust ya dan irit dalkot di MID masi tembus >10 km /l, ditangan saya kemarin pas dilepas ada di KM hampir 150 ribu dan maintenance nya pun bisa dibilang seadanya saja cuman ganti oli filter 10 ribu KM, oli mesin 5 ribu KM, aki setahun sekali (Mungkin gara" PSD ? Setiap setahun pasti mokad aki nya), ban depan sepasang. Tune up dan servis pun hanya dilakukan KM 100 ribu dan di bengkel non beres, even oli matic pun sampai saya lepas belum pernah di flush / ganti. Tapi masih belum ada keluhan apapun dari mesin / transmisinya selama saya pakai cuman kaki" nya ud pada kalah kalo lewat jalan paving pada bunyi semua dan setir uda ga lurus lagi (Tie rod ?). PSD nya pun ga pernah rewel / macet selama ditangan saya, untuk interior yang saya ingat tombol A/C yang diatas tombol defogger kaca belakang itu tenggelam dan ga bisa dipencet lagi (Untung macetnya pas posisi tenggelam kalo engga bisa" A/C ga nyala) dan setir juga uda pada robek di beberapa spot sehingga kalo dijemur siang hari bisa keluarin cairan seperti minyak kalo digenggam tangan.
Karena lihat freed cukup robust inilah yang membuat saya memutuskan untuk nambah GE8 RS A/T juga di tahun 2012, jadi coba compare juga antara dua mobil tersebut walaupun memiliki mesin yang sama tapi entah kenapa feel nya berbeda. Freed untuk tarikan awal / rpm rendah berasa lebih ringan sedangkan kalo uda rpm atas berasa habis tenaga / bengek kebalikan banget sama GE8 yang bawahnya agak berat tapi rpm tinggi berasa lebih nendang, setir pun walaupun sama" EPS tapi GE8 tidak seringan di freed walaupun tidak seberat HPS juga (Mungkin GE8 pake velg R16 atau bahkan mekanisme EPS nya beda ?). So far, cukup puas dan positive kesan saya sama nih mobil. Berhubung uda jalan cukup banyak dan lumayan berumur akhirnya diputuskan untuk peremajaan dengan mencari kuda perang yang baru
Abis bongkar" galeri di PC, nambahin foto" yang tersisa
Pernah dicium sama motor juga fendernya
Saya sih kurang suka sama model gauge bahan bakar nya yang digital pake bar gitu (Kadang ga akurat bisa naek turun sendiri kalo saya perhatiin). Pas mau saya matiin sisa 3 bar, paginya saya nyalain bisa tiba" sisa 4 / 5 barbrintanizer wrote:Anyway model speedometer nya freed yg paling bagus diantara sodara2nya ( jazz & city ) digital optitron ala ala
Not a big deal sih tapi IMO, lebih enak lihat yang model jarum kek GE8
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 874
- Joined: Wed Jul 09, 2014 8:21
- Location: Surakarta
- Daily Vehicle: Honda CRV
Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1
Saya pake ge8 yg ilumunation backlight nya orange . Sometimes ngerasa jadul bgt .
Saya setuju dgn om Q . Freed ini setir nya ringan bgt . tarikan bawahnya enteng bgt . Emg diramu easy to drive buat emak2 ama hpm .
Saya setuju dgn om Q . Freed ini setir nya ringan bgt . tarikan bawahnya enteng bgt . Emg diramu easy to drive buat emak2 ama hpm .
- apple, banana, & grape -
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 538
- Joined: Sun May 03, 2015 0:48
Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1
Review yg sangat baik dan objektif, TS mobilnya semua low km semua yaa, bagus tuh buat mobil klangenan nantinya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2968
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1
ricz wrote:Nice review om...
Oh iya, rack steering udah ada tanda2 glodakan blm? Ama PSD juga?
Soalnya freed 09 temen2 gw rata2 udah kena di rack steering ama PSDnya yg kadang2 macet...
Oh iya, sekedar saran, jangan dijual om freednya, pake aja terus.. Kenangan ga bisa dibeli ama uang...
TJIE
btw nice review bro! Welcome to SMXXX
Freed...mobil yang saya demen banget sama dashboard nya..cozy sekali lihatnya. Pernah lihat katalog yang JDM nya, ada ambient light yang warna cool blue(?), malam malam dinyalakan keren bingits tinggal sedia absolut aja (? )
performa yaaa....memang halus (bolot) tapi buat kotaan sangat cukup untuk gaya mengemudi saya. Angkut elderly pun sangat pas, easy step in height, power sliding door, captain seat (ini yang kepake buat bawa lansia)
all in all is perfect...apart from pricing
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1801
- Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
- Location: Malang
- Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31
Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1
cakeeepp reviewnya... persis punya gw dulu, sama2 2009, tipe E, tapi punya gw warnanya silver... taun 2014 ganti ke mobilio karena suatu hal... terakhir sebelum ganti ke mobilio, odo di posisi 47rban... rawat selalu di beres dan full premium... selama pake ga ada keluhan berarti selain psd nya yg ada sedikit rattle meskipun ga terlalu kedengeran & ngeganggu... rack steering juga blom ada tanda2 minta ganti... ohiya ada satu lagi masalahnya, pintu psd kadang ga bisa dibuka via remote
sekarang udah pake mobilio selama 1.5 tahun dan hampir 23rb km.... even mobilio lebih refined di bagian mesin dan transmisi yg bikin freed kerasa bloon bin boyo,... tp gw masih kangen sama kepraktisan dari itu mobil, dan gw suka sama dashboard model meja nya meskipun waktu itu masih pake knop ac kompor gas
jangan dijual oom, apalagi ini "warisan" dari kakek... *damn jadi kangen Kijang Kapsul gw* rawat terus aja, kalo mw ganti mobil, mending nambah...
sekarang udah pake mobilio selama 1.5 tahun dan hampir 23rb km.... even mobilio lebih refined di bagian mesin dan transmisi yg bikin freed kerasa bloon bin boyo,... tp gw masih kangen sama kepraktisan dari itu mobil, dan gw suka sama dashboard model meja nya meskipun waktu itu masih pake knop ac kompor gas
jangan dijual oom, apalagi ini "warisan" dari kakek... *damn jadi kangen Kijang Kapsul gw* rawat terus aja, kalo mw ganti mobil, mending nambah...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 548
- Joined: Sat Feb 01, 2014 15:04
Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1
Mirip nih kondisinya sama jazz ge ane...(beli 2008 pas baru2nya ge keluar, ga diskon cm bonus kf solargard) sempet jarang banget dipake pas masih ada innova, bahkan setaun lebih absen dari beres karena km nya naiknya dikit2 banget belom waktunya servis....
Pernah naik freed ini duduk di row 2 sama 3, row 3 nya sih menurut ane cukup banget kok, ga luas, tapi still have space to move about dan gaakan ngerasa kesempitan kalo postur tubuh se ane (172/62) mobilnya nyaman.. bunyi mesin mirip sama ge (iya lah sama2 l series )
anyway good review kak (ane 1998).... suka ane bacanya. mobilnya jg masih mulus, km rendah, warisan pula, dijaga baik2
Pernah naik freed ini duduk di row 2 sama 3, row 3 nya sih menurut ane cukup banget kok, ga luas, tapi still have space to move about dan gaakan ngerasa kesempitan kalo postur tubuh se ane (172/62) mobilnya nyaman.. bunyi mesin mirip sama ge (iya lah sama2 l series )
anyway good review kak (ane 1998).... suka ane bacanya. mobilnya jg masih mulus, km rendah, warisan pula, dijaga baik2
2015 Honda HR-V E CVT
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 750
- Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54
Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1
I agree... (as a freed '12 psd user)marama wrote:review bagus om, salut mau menceritakan kelemahannya, walaupun ini mobil sendiri, jd subyektif bacanya
Btw... (ini utk om marama, klo yg lain mw jwb jg gpp sih...)
Nurut om review" di sm bnyk yg kurang nunjukin kelemahan mobilnya ya? (Serious question)
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 153
- Joined: Tue Oct 14, 2014 15:47
Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1
hehe, iya karakter 5AT nya bener bener ngehancurin semuanya.. barusan pulang dari kampus lewat tol, dapet 15.2km/l tanpa susah2 omChZ wrote:Hahahaha plat AD... sesama orang jawa tengah...
Good review om.... Mungkin kita seumuran... 2009 saya juga masih bru masuk SMA
Satu hal yang saya suka di Freed adalah keleluasaan ruang cabin nya. Kesannya bawa apa - apa muat, padahal dari luar kecil tapi dalemnya gede... Row 3 nya punya space yang gak kalah dengan row 3 di Innova lama.
Mobilio saya rasakan gak punya fleksibilitas cabin sebagus Freed... maklum mobil "murah"... Itupun soal akomodasi masih lebih bagus dibanding Avanza dan Ertiga.
Ya bener... yang gak kuat itu transmisinya cepet sekali lock up... Jadi terkesan mobil ini sangat lemot. Beberapa hari lalu nyetir Freed temen saya sudah pakai Unichip, full exhaust sampe belakang... Tetep aja kerasa lemot. Karakter 5-AT nya Honda memang gak terlalu bagus... Terlalu ngejar top speed, pakai gigi panjang - panjang, jadi kerasa lemot, harus dibejek baru keluar tenaganya.
Malah di beberapa titik saya lebih prefer Honda dikasih CVT aja.. CVTnya Honda itu surprisingly good buat saya.
untung om saya masi idup, pas ditabrak pas lagi meluk bantal di depannugroho bagor wrote:Sumber Kencono sampai sekarang masih ngawur tuh Bus
seefek itu ya om pake gc, sempet kepikiran malah pengen pasang pivot.. iya betul banget om, karet pintu saya udah kempes yang depan citinya nanti kalo ke solo deh, udah lama ngendon itu mobilliep wrote:Citinya ga di long ripiu skalian om? Thx
kalo lewat jalan gelombang ada glutuk.. antara link stabil / karet support ya? atau malah itu bunyi rack steering ya om? iya kayany bakal dipake terus ini freedricz wrote:Nice review om...
Oh iya, rack steering udah ada tanda2 glodakan blm? Ama PSD juga?
Soalnya freed 09 temen2 gw rata2 udah kena di rack steering ama PSDnya yg kadang2 macet...
Oh iya, sekedar saran, jangan dijual om freednya, pake aja terus.. Kenangan ga bisa dibeli ama uang...
iya om... di keluarga saya cuma saya doang yg bisa bawa matic.. yes ga salah baca yg lain bisanya bawa manual makanya jarang dipakai mbl ini dan insya bakal disimpansintoni wrote:Wih. Nais ripiu om.
Rasanya masih terawat banget ya biar mobil dari 09.
Kalo bisa ga osa dijual om, apalg kalo annti sudah berkeluarga, mantep lah prit ini buat keluarga kecil.
Apalg mobil kenangan dari (alm) kakek. Hehehe. Jadi kalo bisa disimpen aja om.
kalo ga ada kelemahan namanya bukan review dong omm hehemarama wrote:review bagus om, salut mau menceritakan kelemahannya, walaupun ini mobil sendiri, jd subyektif bacanya
iya menurut saya juga seperti itu om, warna biru adem di mata kaya nyontek dikit rb punyabrintanizer wrote:Anyway model speedometer nya freed yg paling bagus diantara sodara2nya ( jazz & city ) digital optitron ala ala
baru keinget, mobil ini baru perna ganti aki sekali tahun 2013, kok blm ada tanda2 ganti ya? iya om gaugenya kecil kecil banget, dulu pernah pake atoyot yg bbm bar begini juga sama kadang suka naik turun ga jelas, waduh tuh fender ampe ponyok gitu ya disrempet kah atau gimana kayanya R16 om perna coba punya temen juga lebih beratQuorra wrote: Abis bongkar" galeri di PC, nambahin foto" yang tersisa
Pernah dicium sama motor juga fendernya
Saya sih kurang suka sama model gauge bahan bakar nya yang digital pake bar gitu (Kadang ga akurat bisa naek turun sendiri kalo saya perhatiin). Pas mau saya matiin sisa 3 bar, paginya saya nyalain bisa tiba" sisa 4 / 5 bar
Not a big deal sih tapi IMO, lebih enak lihat yang model jarum kek GE8
dari dulu yg honda low km semua om... kalo buat perang, dulu ada forsa tapi udah ga ada skrg jadi panzah. thx ya oom hehekeong wrote:Review yg sangat baik dan objektif, TS mobilnya semua low km semua yaa, bagus tuh buat mobil klangenan nantinya
thx oom hehe pernah liatt di ig ascomotorsport freed pake full cabin lighting ori Honda Access termasuk lampu pilar aduh cakep bener ya, emang rasio gear bawaan halus bener sih yaimingwahyudi wrote: TJIE
btw nice review bro! Welcome to SMXXX
Freed...mobil yang saya demen banget sama dashboard nya..cozy sekali lihatnya. Pernah lihat katalog yang JDM nya, ada ambient light yang warna cool blue(?), malam malam dinyalakan keren bingits tinggal sedia absolut aja (? )
performa yaaa....memang halus (bolot) tapi buat kotaan sangat cukup untuk gaya mengemudi saya. Angkut elderly pun sangat pas, easy step in height, power sliding door, captain seat (ini yang kepake buat bawa lansia)
all in all is perfect...apart from pricing
saya malah terakhir ke beres 4 tahun lalu mobil ini di km 10rb untuk pintu psd kalo inget ritual2 nya saya gapernah ada masalah sih hehe masi lancar2 aza.. mobilio bukannya udh pake cvt earth dreams ya yg pake torque converter? jadi pengen cobain... iya bakal di keep sih mobil iniFRD wrote:cakeeepp reviewnya... persis punya gw dulu, sama2 2009, tipe E, tapi punya gw warnanya silver... taun 2014 ganti ke mobilio karena suatu hal... terakhir sebelum ganti ke mobilio, odo di posisi 47rban... rawat selalu di beres dan full premium... selama pake ga ada keluhan berarti selain psd nya yg ada sedikit rattle meskipun ga terlalu kedengeran & ngeganggu... rack steering juga blom ada tanda2 minta ganti... ohiya ada satu lagi masalahnya, pintu psd kadang ga bisa dibuka via remote
sekarang udah pake mobilio selama 1.5 tahun dan hampir 23rb km.... even mobilio lebih refined di bagian mesin dan transmisi yg bikin freed kerasa bloon bin boyo,... tp gw masih kangen sama kepraktisan dari itu mobil, dan gw suka sama dashboard model meja nya meskipun waktu itu masih pake knop ac kompor gas
jangan dijual oom, apalagi ini "warisan" dari kakek... *damn jadi kangen Kijang Kapsul gw* rawat terus aja, kalo mw ganti mobil, mending nambah...
sama2 L15 yaa jadi sama hehe, sekarang saya servis itungan bulan aja ganti oli dan temen2nya. ga bakal nyampe tuh km daripada olinya bikin sludge lebih serem lhoo thx yahstevenanthony wrote:Mirip nih kondisinya sama jazz ge ane...(beli 2008 pas baru2nya ge keluar, ga diskon cm bonus kf solargard) sempet jarang banget dipake pas masih ada innova, bahkan setaun lebih absen dari beres karena km nya naiknya dikit2 banget belom waktunya servis....
Pernah naik freed ini duduk di row 2 sama 3, row 3 nya sih menurut ane cukup banget kok, ga luas, tapi still have space to move about dan gaakan ngerasa kesempitan kalo postur tubuh se ane (172/62) mobilnya nyaman.. bunyi mesin mirip sama ge (iya lah sama2 l series )
anyway good review kak (ane 1998).... suka ane bacanya. mobilnya jg masih mulus, km rendah, warisan pula, dijaga baik2
menurut saya u/ review ya point of viewnya harus netral... di SM malah rata - rata yang all out kok om ngereviewnya dibanding reviewer lain hehe.. jadi hambar rasanya baca review di media keliatan banget dibayarnyadoge wrote:I agree... (as a freed '12 psd user)marama wrote:review bagus om, salut mau menceritakan kelemahannya, walaupun ini mobil sendiri, jd subyektif bacanya
Btw... (ini utk om marama, klo yg lain mw jwb jg gpp sih...)
Nurut om review" di sm bnyk yg kurang nunjukin kelemahan mobilnya ya? (Serious question)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1050
- Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
- Location: BSD (Bogor Sana Dikit)
- Daily Vehicle: Civic FD2
Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1
Wah justru sm om yg paling sadis bahasa reviewnya kalo buat saya... Objektif jadinya, plus and minus disebut atu2doge wrote:I agree... (as a freed '12 psd user)marama wrote:review bagus om, salut mau menceritakan kelemahannya, walaupun ini mobil sendiri, jd subyektif bacanya
Btw... (ini utk om marama, klo yg lain mw jwb jg gpp sih...)
Nurut om review" di sm bnyk yg kurang nunjukin kelemahan mobilnya ya? (Serious question)
Sent from my iPhone using Tapatalk
2009 Honda Civic FD2
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 916
- Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16
Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1
Nice review om..
Btw mobil ini memang tdk tergantikan, saya suka praktikal-nya sangat bagus.. body kecil tapi luas & kursi fleksibel sekali..
Meskipun belum pernah nyoba, suatu saat nanti saya berencana ganti aerio/rush saya ke Freed ini.. atau ke sienta..
Btw mobil ini memang tdk tergantikan, saya suka praktikal-nya sangat bagus.. body kecil tapi luas & kursi fleksibel sekali..
Meskipun belum pernah nyoba, suatu saat nanti saya berencana ganti aerio/rush saya ke Freed ini.. atau ke sienta..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 750
- Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54
Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1
Bulgogi wrote:Nice review om..
Btw mobil ini memang tdk tergantikan, saya suka praktikal-nya sangat bagus.. body kecil tapi luas & kursi fleksibel sekali..
Meskipun belum pernah nyoba, suatu saat nanti saya berencana ganti aerio/rush saya ke Freed ini.. atau ke sienta..
Syg banget krn freed geared at dg rasio yg agak kepanjangan (nurut aku), fcnya jd agak ngeri...
Bs 1:7an klo kaki kanannya berat....
Klo sy sndiri fc skitar 1:8-9an dalkot sby... pertalite... (ntah knp klo diisi premium jd tmbah borosnya agak parah)
Oiya... dr pengalamanku bw freed, klo mundur di tanjakan (miring 30+derajat) agak berat (nginjek gasnya harus agak dalem, jd agak ngeri..)
Sienta...pilihan menarik sih... udh ga ada kabar" lg ya sienta ini?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 242
- Joined: Tue Apr 24, 2007 12:26
Re: Long Term Review Honda Freed PSD 2009 v1
Wah keingat freed mmc 1 ane tahun 2010 yg udah dijual krn terpaksa. Seperti yg direview bro iman, selama pake 3 tahun freed cuma ada 1 kata PUAS. Kecil diluar lega di dalam, bisa diadu ama innova. Tapi sedih lihat saat ini seperti dianak tirikan ama hpm. Seandainya ada full model change sptnya hpm harus bekerja lebih dibanding awal kelahiran freed th 2009.
Entah kenapa harga jual kembali nya juga lebih hancur dibanding innnova . Beli 250jt thn 2010 jual thn 2013 cuma laku 186jt ditangan pedagang mobkas.
Entah kenapa harga jual kembali nya juga lebih hancur dibanding innnova . Beli 250jt thn 2010 jual thn 2013 cuma laku 186jt ditangan pedagang mobkas.