User Experience with Honda HR-V 1.8 Prestige CVT

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 10803
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

User Experience with Honda HR-V 1.8 Prestige CVT

Post by ChZ »

Hola hola... Rasanya sudah lama gak bikin review....

Kali ini mungkin mobil yang dibahas sudah bosenin (dan pasaran).... Sudah sering di-review juga...

Tapi karena special occassion ane disuruh pulang kampung... 2 hari belakangan selalu dapet jatah nyetir mobil ini...

=============

Kebetulan si bos besar belakangan ngidam mobil berukuran kecil buat meliuk-liuk di kota Semarang yang makin sesak... Merasa CR-V terlalu besar buat keliaran di kota Semarang yang kecil....

Setelah beberapa bulan lalu membungkus sebuah Civic FB2 2012 sebagai pengganti CR-V RE 2011 yang sudah uzur dengan harga fantastis.... pada suatu hari waktu ane sedang ada urusan di kampus, bos besar tiba-tiba BBM bilang nemu HR-V 1.8 2015 seken odo 5k... dan CR-V RM pun ditukar dengan itu....

What....? :big_chicken: Gak cukup itu ambil FB2, sekarang HR-V pula dibungkus :big_chicken:

Satu sisi, ngerasa downgrade dari CR-V kok turun jadi HR-V... Tapi karena bos besar kepengen mobil kecil dan memang sepertinya small SUV akan lebih sesuai dengan kebutuhan.... Jadi saya mikir-mikir lagi...

Small SUV lain apa sih yang lebih sensibel dari HR-V 1.8? Dalam konteks buat gantikan CR-V 2.4....

Outlander Sport, sudah ada :frm_bang_head:
Subaru XV, bos besar gak mau merek "aneh"
EcoSport, gak suka model, dan idem XV.
Juke, jelek modelnya, dan Nissan.
Trax, kapok punya Chevrolet.
HR-V 1.5 .... Terlalu downgrade kalau dari CR-V 2.4 :e-wall:
CX-3... belom keluar :big_slap:

Jadi sepertinya bos besar sudah banyak pertimbangan... makanya dibungkuslah ini small SUV 1800cc...

==============================
1. Exterior

Kebetulan personal experience saya dengan HR-V 1.8 ini sangat minim... Dulu nyoba kurang impress (mungkin karena unit masih reyen)... atau nyobanya terlalu bentar gak in-depth...

Unit yang di rumah berwarna White Orchid Pearl... Sama bos besar diganti velg pakai HRE 18inch yang juga dicat putih :frm_bang_head: ... yang somewhat bikin stance mobil ini makin cakep karena velg besar... Dengan ban depan yang nongol dikit keluar karena faktor offset... offset std nya 55, dan bos besar bilang sulit cari velg offset 55... Jadi dibiarin agak nongol... Tapi bos besar bilang lama-lama diliatin cakep juga.

Styling mobil ini sedikit banyak resembles CR-V RE3... Makanya bikin uwe susah move on dari CR-V :big_slap: dan saya sangat menikmati juga profile mobil ini jika diliat dari samping....

Image

DRL dan lampu utama kalau nyala pattern nya bikin ganteng maksimal... Oh iya DRL nya ini sangat terang even di malam hari... Bahkan beberapa kali uwe lupa nyalain headlights... saking terangnya.

Image

Image

Handle pintu belakang yang tersembunyi sukses bikin 2 orang teman ane bingung waktu mau masuk.... :e-wall:

Image

Entah kenapa saya gak bermasalah dengan model bokongnya... Walaupun lampunya dibilang gigi drakula ... I personally have no problem with it. Menurut saya malah ganteng.

2. Interior

HR-V 1.8 ini punya daleman yang... menurut saya personally... agak lucu.

Pemilihan tone warna dashboard yang lucu karena two tone beige dan hitam... Vent AC penumpang yang bisa bikin masuk angin kalo lupa ditutup...

Tapi setidaknya bentuk vent AC kayak gini bisa buat abege berlagak sok-sok romantis... Tinggal berlagak bego nanya sama gebetan "kedinginan ya sayang?" lalu bermodal bawa jaket atau selimut... pinjemin ke doi :big_grin:

Image

Tapi ambient interiornya terlihat lebih bagus ketika malam...

Image

Keliatan lebih mewah dibanding dengan punya Outlander Sport yang hitam hitam semua bikin gak keliatan apa-apa waktu malem... Suka nggak suka walaupun tone warna beige nya gak nyambung, justru ini yang bikin interior mobil ini lebih "keliatan" waktu malem...

Dibandingkan dengan CR-V RM Prestige uwe dulu... Terkesan sangat mewah interiornya memang... Sayangnya yang uwe gak suka adalah finishing material plastiknya kasar. Paling terasa di shifter dan tombol parking brake. Suara waktu mengoperasikan shifter terkesan gak halus.. begitu pula tombol parking brake waktu dioperasikan rasanya kasar sekali... Beda dengan BMW atau Mazda punya :big_slap: tapi yaa ada harga ada rupa sih...

Panel doortrim yang material soft touchnya cuma kayak di bekleed... Doortrimnya terkesan tipis kalau dibanding dengan doortrim OS yang rasanya padet waktu disentuh...

Kelapangan interior... phew gak perlu dijelasin lah ya.... Mobil ini punya legroom yang lega walaupun headroom baris keduanya terbatas... Bagasinya yaa hampir 2x lipat Outlander Sport kapasitasnya.

3. Features and Safety

Setidaknya apa yang bikin mobil ini layak dikasih harga tinggi di kondisi barunya adalah.... Fitur dan safety yang paling lengkap... Mari kita bahas satu persatu....

Fitur yang ada di HR-V tapi gak ada di OS PX....
- 6-airbags... cuma HR-V tipe Prestige yang ada. Outlander Sport PX cuma ada 2
- VSA, Outlander Sport PX gak punya...
- Hill-start assist, lagi-lagi OS gak ada
- Electric parking brake & Brake hold, OS gak ada
- DRL dan LED headlight, OS gak punya...
- Panoramic sunroof yang bisa dibuka... OS cuma panoramic glass roof yang gak bisa dibuka...

Fitur yang gak ada di HRV tapi ada di OS...
- Built-in Navigation... HR-V kalah disini.
- MID Full Colour .... HR-V mah layar kalkulator....
- Sound system jauh canggih punya OS daripada HRV... OS punya bisa atur passive crossover mau cut di freq berapa... HR-V mah boro-boro HU bawaannya ngoperasiinnya sulit sekali...
- Super-wide HID.... LED di HRV kalah jauh jangkauannya.

I don't see why this car is labeled as "overpriced" judging from the equipment... Saya justru appreciate Honda yang berani kasih fitur keamanan segitu banyak di mobil sekelas ini...

Oh iya, ada detail yang saya sangat suka dari Honda jaman sekarang.... yaitu kuncinya. Tombol dan logo H nya dikasih lapisan luar yang selain buat pemanis juga pelindung.... Karena pengalaman kunci mobil kalau dikantongin lapisan chrome nya suka ngelupas dan tintanya pudar... Mostly Honda... di CR-V RE dan RM saya dulu sudah pudar semua.... Di kunci SX4 saya juga logo S nya udah ngelupas.

4. Driving

HR-V punya 2 jenis jantung pacu.... L15Z1 yang sama dengan Mobilio dan BR-V di type A, S, E... dipadu dengan transmisi manual 6-speed dan CVT .... Dan R18Z1 yang identik dengan Civic 1.8 di type Prestige ... Dengan transmisi CVT.

Unit yang ditebus oleh bos besar adalah type tertinggi, Prestige hanya yang non-JBL edition. Jadi mobil ini punya jantung mekanis 1.799cc R18Z1 dengan daya sebesar 139PS @ 6500 RPM dan 169 Nm @ 4300 RPM...

Image

Dibandingkan dengan Outlander Sport yang punya displacement 200cc lebih besar.... HR-V Prestige punya daya 11PS lebih kecil dan torsi 28Nm lebih kecil. (OS [email protected], [email protected]).

Tapiii walaupun on paper spec OS lebih tinggi dari HRV, HRV punya berat kosong cuma 1306kg, sementara OS 1425kg... Perbedaannya 119kg sendiri... Power to weight ratio keduanya nyaris mirip... 0.11 hp/kg dan torque-to-weight ratio 0.13 Nm/kg.... Hanya saja perbedaannya adalah HR-V punya karakter piston over-stroke (bore x stroke : 81 x 87.3), OS karakter square (bore x stroke : 86 x 86). Dengan bahasa sederhananya kalau cuma liat spek, OS akan punya kurva yang lebih rata, HR-V akan lebih kuat di torsi karena langkah pistonnya lebih panjang.

Both uses CVT... EarthDreams CVT (Rasio 2.256 ~ 0.408, FG : 5.436) and INVECS-III CVT (Rasio 2.349 ~ 0.394, FG : 6.120)....

Driving position, personally saya menyukai posisi mengemudi HR-V... kontur joknya pas, driving positionnya nyaman dan rendah, as what a Honda should be. Seperti driving position di Honda Jazz. Mudah sekali mendapatkan posisi duduk nyaman di HR-V. Visibility ke segala sisi juga bagus.

Deruman mesin R18A waktu start-up sangat halus... Getaran dan suara mesin gak bocor sampai ke dalam... Beda sekali dengan L15-engine di Jazz dkk yang masih terasa getarannya di dalam... Good job Honda.

For daily driving, i have no complaint about this car.... Mobil ini punya racikan mesin dan CVT yang pas... Nyaman sekali kalau dibawa jalan santai. Mobil ini memang bukan buat spirited driving.... Tapi mesinnya juga gak bisa dibilang pelan.... Di tol beberapa kali saya clocked 140 km/h dengan mudah walaupun jalanannya sangat ramai dengan truck...

Walaupun mungkin sebagian orang yang hobi spirited driving gak akan suka dengan infinite-NGUUUUUU~ nya.... But i have no problem with it... Lah wong jarang sekali bisa dibejek sampe keluar infinite-NGUUUU.... Kebanyakan dalem kota cruise 40-60-80 km/h justru nyaman pakai CVT ini...

Response awal nya untuk stop-and-go juga gak se-payah XTRonic CVT generasi pertama di X-Trail T31 dulu... Pick-up speed malah saya rasa lebih mudah di HR-V dibanding Outlander Sport. Tapi Outlander sport punya engine note yang lebih ngebass walaupun still a CVT... Buat dibejeg suaranya lebih asoy OS dan juga high-RPM power nya lebih lively 4B11 dibanding R18Z1....

HR-V punya karakter bantingan yang sangat mature... Berbeda dengan CR-V RM yang cenderung short-stroke dan lebih ngeredam, HR-V justru bagian belakangnya dibuat sedikit mengayun sehingga malah terasa lebih empuk dari CR-V waktu di jalan bergelombang. Tapi untuk urusan redaman suspensi OS berada di tengah-tengah, sedikit kaku macem CR-V tapi ngeredamnya lebih enak dari HR-V. Belum lagi didukung OS sudah multi-link di belakang jadi cukup membantu di sektor kenyamanan. Yang jelas kalau di CR-V kena geronjalan kerasa kekocok-kocok, di HR-V nggak terlalu berasa ngocok nya.

Konsekuensinya justru di tikungan bodyrollnya sedikit lebih terasa dibanding CR-V... juga dibanding OS... Disini keuntungan HR-V adalah bobotnya yang ringan, jadi nggak suffer di body control seperti Harrier, CR-V, atau OS ... ketiga mobil ini jadi terasa kurang lincah dibanding HR-V walaupun punya bodyroll lebih minim. Well not as agile as CX-5 juga sih.... Kalau CX-5 sih istimewa body controlnya untuk badan sebesar itu.

Berkat bobot ringan ini juga HR-V gak suffer di pengereman seperti yang terjadi di SX4... SX4 itu kalau direm mendadak ngagetin... tapi kalau gak direm dalem dia ngeloyor... Di HR-V remnya halus walaupun diinjek dalem dari 140 ke 40 km/h... Gak ngagetin, tapi pasti berhentinya...

Kekurangan lain adalah setirnya yang keterlaluan ringan nya khas Honda zaman sekarang... Apalagi dibandingkan dengan SX4 saya yang beratnya ngalahin mobil gak pake power steering... HR-V ini setirnya ringan dan tanpa feedback sama sekali... Di tol agak ngeri dengan setir se ringan ini... Sebetulnya mesin masih sanggup ngelanjutin dari 140 km/h ... nafasnya masih panjang... tapi dengan setir ringan bikin saya jadi was-was dan langsung ngurangin speed.

Juga kelemahan klasik nya Honda... peredaman di kolong kurang diperhatikan.... Berisik sekali suaranya waktu ngebut... :mky_05:

5. Conclusion

Well sebenernya gak heran mobil ini laku... Orang pada ngira laku karena logonya H, ya itu salah satu faktor juga sih :big_weee: tapi memang HR-V ini sesuai dengan kebutuhan orang zaman sekarang.... Mungkin mereka gak butuh MPV karena belom berkeluarga... maunya mobil kecil tapi bukan LCGC, tinggi, ekonomis, rawatnya mudah, jual kembali mudah, awet... Jadilah small SUV pilihan yang tepat untuk saat ini.

HR-V adalah pilihan small SUV yang paling sensibel. I won't say the best, but the most reasonable. Hampir semua kelebihan HR-V itu luput di lawan - lawannya... Saya respek dengan concern Honda soal keamanan di HR-V ini, disamping banyak sekali issue kualitas nya... Seandainya HPM lebih serius soal isu kualitas...

Mobil ini baru berjalan 6300 KM odo reading... Tadi saya main ke BeRes Honda langganan, SA nya bilang kalau mmg nemu keluhan di kaki - kaki segera di garansiin karena main issue nya HR-V di kaki-kaki. Yah hopefully mobil ini bakal awet... Issue utama saya malah di HU nya yang lemot nya amit-amit... :big_slap:

HR-V ini cocok buat pengguna CR-V yang merasa CR-V itu terlalu besar dan boros... Menurut saya secara whole package HR-V ini adalah perfect daily commuter... dimensi kecil, pick-up speed nya cepat, bantingan juga enak, perawatan juga mudah...

Yang bikin saya ngerasa kurang keren pakai HR-V adalah : mobilnya PASARAN SEKALI :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head:

====================================

Sekian review curhat saya.... :mky_01:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10361
Joined: 15 Aug 2010, 14:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: User Experience with Honda HR-V 1.8 Prestige CVT

Post by ak4ng »

Yeeeeaaayyyyyy mobil baruuuùu :off_good_job: mantep poto2nya :cupss: sudaa adakah klaim2 kaya di forum sebelah? :upss:
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13575
Joined: 29 Nov 2012, 15:52
Location: Surabaya

Re: User Experience with Honda HR-V 1.8 Prestige CVT

Post by madcat015 »

Nice ripiu bro chz... Another..., errr..., pesky Ahond? :ngacir: Yeap, head to head urusan keamanan, Honda sekarang makin baik. Tapi urusan kabin, masih aja pake yang super basic macam layar kalkulator :mky_05:

Nyonya ane juga sempat lirik2 HRV untuk menggantikan Yasir dia... Tapi begitu dia melihat tampang ane yang makin kusem, akhirnya dibatalkan. Yay! :mky_02: Ane cuman bilang: Transmisi nya mirip Juke mu. Yakin?

Langsung bilang minta CX-5 GT :big_bored: :big_slap:
Obey the mahakitteh. :big_cat:

Image

Image << Panic button for mere miserable mortals
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3770
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: User Experience with Honda HR-V 1.8 Prestige CVT

Post by sintoni »

Nais ripiu Chrisssss..

Ane malah suka banget HRV 1.8 ini, cantik banget HL plus proporsionalnya mantap.

Tapi kok ane sendiri ngerasa malah ngerasa velg std lebih cocok ya.

Setir ringan mungkin karena tipikal EPS Honda jaman sekarang emang sengaja dibuat x gitu yah biar enak kalo parkir atau di jalan2 kecil.
User avatar
stevenanthony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 548
Joined: 01 Feb 2014, 22:04

Re: User Experience with Honda HR-V 1.8 Prestige CVT

Post by stevenanthony »

nice review bro chz... impresi nya ga beda jauh sama ane user hrv 1.5 e cvt.

karena ini mesinnya sama kayak fb2 ente (CMIIW) , impresinya mirip2 ato beda jauh? :mky_01:

ane idem sama 2 hal... di 1.5 dapet 140 juga mudah, cuma ya berisik aja.... sama bunyi kolong dan bunyi NGUUUU nya. :mky_03:
yang kedua, setirnya... emang enteng banget... ge8 ane setirnya lebih berbobot rasanya.
cuma ane mostly pake dalem kota enjoy aja... kalo selap selip di traffic mudah apalagi kalo parkir. :mky_01:

untungnya saya ga kena kasus kaki2 hrv... fuel cons nya dapet brp km/l yaa? ane dalkot jakarta dapet sekitar 1:10-11 :big_smile]

btw mobilnya jadi mirip2 dong... os-hrv (size) hrv-civic (enjin)
2015 Honda HR-V E CVT
kepo2601
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 198
Joined: 13 Mar 2016, 10:54

Re: User Experience with Honda HR-V 1.8 Prestige CVT

Post by kepo2601 »

nice ripiu bro chz..
sayangnya tipe yang pake mesin 1.8 temennya cuma cvt , berhubung ane sukanya manual krna dikota ane belom terlalu macet :mky_01:
Overall Hrv is an all rounder in my opinion, nice car then :frm_tumbleft:
As simple as possible to make it easier for you and everyone else
hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: 08 Sep 2013, 08:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: User Experience with Honda HR-V 1.8 Prestige CVT

Post by hariy »

Nais ripiu, om Chris...

Itu seken nya dapat harga berapa ya? :ungg:
User avatar
fizrmen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1038
Joined: 30 Aug 2015, 19:49
Location: BSD (Bogor Sana Dikit)
Daily Vehicle: Civic FD2

Re: User Experience with Honda HR-V 1.8 Prestige CVT

Post by fizrmen »

wadaawww mobil baru lagiiii, bos semarang demennya gonta-ganti boil mulu.... :ngacir:
2009 Honda Civic FD2
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
Chevyman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 689
Joined: 12 Feb 2013, 19:30

Re: User Experience with Honda HR-V 1.8 Prestige CVT

Post by Chevyman »

dapet harga brapa mod seken like new kaya gini?...
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5412
Joined: 11 Mar 2011, 05:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: User Experience with Honda HR-V 1.8 Prestige CVT

Post by nugroho bagor »

Penasaran sama kuncinnya :ngacir:
piggypig77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 613
Joined: 11 Feb 2014, 20:33

Re: User Experience with Honda HR-V 1.8 Prestige CVT

Post by piggypig77 »

Wihh udah lama ga review skrg balik lagi hehehe :mky_02: Ini mobil emang ganteng di semua sisi apalagi 1.8 ga 2 tone kayak 1.5,dan interior serta fitur sukses bikin galau user crv 2.0 kayak ane ini :big_slap: Btw ga nyangka ini mobil kenceng ya n fiturnya ngelebihin os. Oia auto brake hold nya ga disebutin?
User avatar
stevenanthony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 548
Joined: 01 Feb 2014, 22:04

Re: User Experience with Honda HR-V 1.8 Prestige CVT

Post by stevenanthony »

piggypig77 wrote:Wihh udah lama ga review skrg balik lagi hehehe :mky_02: Ini mobil emang ganteng di semua sisi apalagi 1.8 ga 2 tone kayak 1.5,dan interior serta fitur sukses bikin galau user crv 2.0 kayak ane ini :big_slap: Btw ga nyangka ini mobil kenceng ya n fiturnya ngelebihin os. Oia auto brake hold nya ga disebutin?
crv 2.0 rm pre fl kah om?kalo 2.0 facelift ane user hrv aja ngiler sama 2.0 facelift :mky_01:
2015 Honda HR-V E CVT
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1671
Joined: 14 Feb 2014, 15:01

Re: User Experience with Honda HR-V 1.8 Prestige CVT

Post by liep »

Yg ane heran..kok bisa bolak balik dpt mbl seken harga rendah dan km rendah
Bln lalu ke smarng utk maesong di psemayaman dekat puri trus larung di marina..br tau semarang tyt menyenangkan jg hawanya...mlg smarang 7.5jam brgkt mlm..ud kyk setan jalannya
Hrv prestige dg jbl lbih worthed mana om chz? Sempat nyoba yg 1.5 manual hrv. Wah brisik banget..lbih kedap prit malah...akhirnya batalin keinginan beli hrv..klo yg 1.8mungkin peredaman lbih ok ya
Bbm pake pertmax 92? Fc brp om?
piggypig77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 613
Joined: 11 Feb 2014, 20:33

Re: User Experience with Honda HR-V 1.8 Prestige CVT

Post by piggypig77 »

stevenanthony wrote:
piggypig77 wrote:Wihh udah lama ga review skrg balik lagi hehehe :mky_02: Ini mobil emang ganteng di semua sisi apalagi 1.8 ga 2 tone kayak 1.5,dan interior serta fitur sukses bikin galau user crv 2.0 kayak ane ini :big_slap: Btw ga nyangka ini mobil kenceng ya n fiturnya ngelebihin os. Oia auto brake hold nya ga disebutin?
crv 2.0 rm pre fl kah om?kalo 2.0 facelift ane user hrv aja ngiler sama 2.0 facelift :mky_01:
Iya om pre fl,2.0 facelift ada tambah fitur apa aja ya om? Ane demen banget auto brake hold n drl nya tuh :big_love: :big_love:
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1663
Joined: 18 Aug 2009, 13:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: User Experience with Honda HR-V 1.8 Prestige CVT

Post by nyotnyet »

liep wrote:Yg ane heran..kok bisa bolak balik dpt mbl seken harga rendah dan km rendah
Bln lalu ke smarng utk maesong di psemayaman dekat puri trus larung di marina..br tau semarang tyt menyenangkan jg hawanya...mlg smarang 7.5jam brgkt mlm..ud kyk setan jalannya
Hrv prestige dg jbl lbih worthed mana om chz? Sempat nyoba yg 1.5 manual hrv. Wah brisik banget..lbih kedap prit malah...akhirnya batalin keinginan beli hrv..klo yg 1.8mungkin peredaman lbih ok ya
Bbm pake pertmax 92? Fc brp om?
Nah itulah om kekuatan mafia...
Tawar ga dikasi? Tebas...

Bokap malah ga suka banget ama ini mobil, numpang punya sodara dia bilang, mobil ini kok ga enak bgt sih..

Soul Red zoom zoom
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2200
Joined: 14 Dec 2012, 20:44

Re: User Experience with Honda HR-V 1.8 Prestige CVT

Post by Salvanost »

jangan lupa buka lock mobil cukup pegang handle pintu
di OS masih harus tekan tuh tombol item yg kadang2 bolot ga langsung respon
User avatar
stevenanthony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 548
Joined: 01 Feb 2014, 22:04

Re: User Experience with Honda HR-V 1.8 Prestige CVT

Post by stevenanthony »

piggypig77 wrote:
stevenanthony wrote:
piggypig77 wrote:Wihh udah lama ga review skrg balik lagi hehehe :mky_02: Ini mobil emang ganteng di semua sisi apalagi 1.8 ga 2 tone kayak 1.5,dan interior serta fitur sukses bikin galau user crv 2.0 kayak ane ini :big_slap: Btw ga nyangka ini mobil kenceng ya n fiturnya ngelebihin os. Oia auto brake hold nya ga disebutin?
crv 2.0 rm pre fl kah om?kalo 2.0 facelift ane user hrv aja ngiler sama 2.0 facelift :mky_01:
Iya om pre fl,2.0 facelift ada tambah fitur apa aja ya om? Ane demen banget auto brake hold n drl nya tuh :big_love: :big_love:
CMIIW ada drl, foglamp, spoiler, audio touch screen ato ga ane gatau(tp ada layarnya), paddle shift, sama softpad di console box atas (?)
tapi tutup centerl console dan projie disunat om...
apalagi warna hitam + pelek te37... ane pernah liat di jalan keren banget om... ga keliatan beda sama 2.4 non prestige kecuali di door handlenya, yg 2.0 blm smart entry. :big_smile]

btw (biar ga oot) kalo speed sampe 140 setelah pelan lagi sekitar 60an km/h ada sedikit bau gosong di punya saya... mungkin catalic converter...
2015 Honda HR-V E CVT
piggypig77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 613
Joined: 11 Feb 2014, 20:33

Re: User Experience with Honda HR-V 1.8 Prestige CVT

Post by piggypig77 »

stevenanthony wrote:
piggypig77 wrote:
stevenanthony wrote:
crv 2.0 rm pre fl kah om?kalo 2.0 facelift ane user hrv aja ngiler sama 2.0 facelift :mky_01:
Iya om pre fl,2.0 facelift ada tambah fitur apa aja ya om? Ane demen banget auto brake hold n drl nya tuh :big_love: :big_love:
CMIIW ada drl, foglamp, spoiler, audio touch screen ato ga ane gatau(tp ada layarnya), paddle shift, sama softpad di console box atas (?)
tapi tutup centerl console dan projie disunat om...
apalagi warna hitam + pelek te37... ane pernah liat di jalan keren banget om... ga keliatan beda sama 2.4 non prestige kecuali di door handlenya, yg 2.0 blm smart entry. :big_smile]

btw (biar ga oot) kalo speed sampe 140 setelah pelan lagi sekitar 60an km/h ada sedikit bau gosong di punya saya... mungkin catalic converter...
Banyak juga ternyata fiturnya n semua itu kayaknya komplenan cust crv soal kopongnya fitur crv pre fl wkwkwkkw. Projie retrofit aja om yg penting ada drl. Tapi velg bagusan punya crv 2.4 prefl sih IMHO. ke 140 nya santai apa aga di geber om? Mobil saya kalo di geber bau gosong,ertiga sama spin juga bgtu.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 10803
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: User Experience with Honda HR-V 1.8 Prestige CVT

Post by ChZ »

ak4ng wrote:Yeeeeaaayyyyyy mobil baruuuùu :off_good_job: mantep poto2nya :cupss: sudaa adakah klaim2 kaya di forum sebelah? :upss:
Sementara sih belom ada k4ng ... kuping uwe belom mendeteksi suatu hal yang aneh... Masih lebih berisik SX4 uwe kalau lewat jalan rusak :mky_05:
madcat015 wrote:Nice ripiu bro chz... Another..., errr..., pesky Ahond? :ngacir: Yeap, head to head urusan keamanan, Honda sekarang makin baik. Tapi urusan kabin, masih aja pake yang super basic macam layar kalkulator :mky_05:

Nyonya ane juga sempat lirik2 HRV untuk menggantikan Yasir dia... Tapi begitu dia melihat tampang ane yang makin kusem, akhirnya dibatalkan. Yay! :mky_02: Ane cuman bilang: Transmisi nya mirip Juke mu. Yakin?

Langsung bilang minta CX-5 GT :big_bored: :big_slap:
Gitu-gitu layout cluster nya mirip sekali sama CX-5 PFL... Hahaha... Sebetulnya kalau ngomong layar kalkulator masih lebih baik dibanding Ecosport atau Juke sih... di kelasnya yang pake full colour MID cuma OS PX kok... OS non-PX juga layar kalkulator.... HRV masih mending semua tipe dikasih MID yang sama. XV juga lebih parah malah.

I don't see this car as "pesky" or "stupid".... Yaaa uwe sekarang liatnya Honda kan bikin mobil yang enak buat daily, bukan buat spirited driving.... Udah buang jauh - jauh pemikiran Honda = spirited driving. No. Honda = daily commuter. Even di Civic FC1 Turbo pun menurut om HoD dan om egi lebih enak buat nyetir santai dibanding spirited driving.

Bukan hal yang buruk kok. CVTnya juga enak. Something to be appreciated. Secara jujur malah lebih value for money dibanding OS PX yang dari dulu ya gitu-gitu ae... :mky_05:
sintoni wrote:Nais ripiu Chrisssss..

Ane malah suka banget HRV 1.8 ini, cantik banget HL plus proporsionalnya mantap.

Tapi kok ane sendiri ngerasa malah ngerasa velg std lebih cocok ya.

Setir ringan mungkin karena tipikal EPS Honda jaman sekarang emang sengaja dibuat x gitu yah biar enak kalo parkir atau di jalan2 kecil.
faktor modelnya bro toni... uwe juga gak sreg sama model velgnya. Tapi kalau stance nya sih dapet banget... Ini sampe ban keluar dari fender... Bikin kesan mobilnya bad-ass banget... Dan terkesan lebih ceper walaupun aslinya lebih tinggi.

Yaa makanya itu bukan masalah besar sih setir enteng... even Mazda SKYACTIV pun setirnya enteng... Memang buat nyetir di perkotaan kasih setir berat juga bikin capek kayak fitness di mobil :mky_05: *pengalaman pribadi bawa SX4 yang setirnya lebih berat dari Gran Max non-PS
stevenanthony wrote:nice review bro chz... impresi nya ga beda jauh sama ane user hrv 1.5 e cvt.

karena ini mesinnya sama kayak fb2 ente (CMIIW) , impresinya mirip2 ato beda jauh? :mky_01:

ane idem sama 2 hal... di 1.5 dapet 140 juga mudah, cuma ya berisik aja.... sama bunyi kolong dan bunyi NGUUUU nya. :mky_03:
yang kedua, setirnya... emang enteng banget... ge8 ane setirnya lebih berbobot rasanya.
cuma ane mostly pake dalem kota enjoy aja... kalo selap selip di traffic mudah apalagi kalo parkir. :mky_01:

untungnya saya ga kena kasus kaki2 hrv... fuel cons nya dapet brp km/l yaa? ane dalkot jakarta dapet sekitar 1:10-11 :big_smile]

btw mobilnya jadi mirip2 dong... os-hrv (size) hrv-civic (enjin)
Wah sesama pengguna HRV :big_deal: pasaran banget ya HRV ini, saya ke gereja aja banyak banget temennya :big_slap:

Sejujurnya uwe belom sentuh itu FB2 dari bulan april kemaren karena urus skripsi di Surabaya, sekarang pulang pun gak sempet nyentuh karena masih di Body paint.... :frm_bang_head: tapi judging dari pengalaman test drive FB2 dan pernah punya FD1 dulu, transmisi ini lumayan banyak kasih perbedaan di karakter mobilnya.

Soal punch dari mesinnya lebih terasa pakai AT konven dibanding CVT... Tapi CVTnya HRV ini... juga gak bisa dibilang pelan. Gak kerasa punch nya... Tapi begitu dibejek tau-tau dapet 140 gampang banget kayak gak perlu ngeden... Gila kan? Mesin sama tapi beda sekali karakternya karena CVT.

Fuel cons mungkin sekitar 1 : 8 - 9, kalau di MID sih tulisannya 8.3 km/l... :mky_01: tp blom direset lagi

Iya jadi mirip semua... engine dan size mirip-mirip... :mky_01:
kepo2601 wrote:nice ripiu bro chz..
sayangnya tipe yang pake mesin 1.8 temennya cuma cvt , berhubung ane sukanya manual krna dikota ane belom terlalu macet :mky_01:
Overall Hrv is an all rounder in my opinion, nice car then :frm_tumbleft:
Ya oom memang HR-V ini bukan yang terbaik, tapi sensibel saja... Nggak outstanding tapi beneran pas sesuai kebutuhan...
hariy wrote:Nais ripiu, om Chris...

Itu seken nya dapat harga berapa ya? :ungg:
Chevyman wrote:dapet harga brapa mod seken like new kaya gini?...
Dapetnya di harga 330jt oom... thn 2015 odo read 5k...
nugroho bagor wrote:Penasaran sama kuncinnya :ngacir:
Kuncinya sebetulnya ya tipikal kunci keyless kotak begitu... Tapi detail akriliknya saya suka... Bikin emblem emblem nya jadi gak gampang ngelupas kalo kegesek di kantong... Walaupun kalo akriliknya udah lecet lecet juga jadinya jelek sih :mky_05:
fizrmen wrote:wadaawww mobil baru lagiiii, bos semarang demennya gonta-ganti boil mulu.... :ngacir:
Bokap ini oom ngga tau lagi demen mobil kecil :frm_bang_head:
piggypig77 wrote:Wihh udah lama ga review skrg balik lagi hehehe :mky_02: Ini mobil emang ganteng di semua sisi apalagi 1.8 ga 2 tone kayak 1.5,dan interior serta fitur sukses bikin galau user crv 2.0 kayak ane ini :big_slap: Btw ga nyangka ini mobil kenceng ya n fiturnya ngelebihin os. Oia auto brake hold nya ga disebutin?
Hehehe dulu sebenernya ngerasa apaan sih mini SUV 1800cc lebih kecil dari OS tenaganya harganya kok selangit... Honda udah gila ya...

Tapi setelah uwe perhatikan baik-baik memang equipmentnya jauh di atas OS... Kebanting banget lah OS kelengkapannya kalau sama HR-V Prestige.

Auto brake hold... Oh iya kelewatan dibahas. Basically fitur ini cukup membantu buat di kemacetan... Sayangnya di tanjakan saya ngerasa disengage nya agak kasar kalau dari berhenti ke jalan... suara "GRUUUUK" nya kedengeran sekali... Kalau di jalan datar halus.

Kalau parkir jangan lupa di non-aktifkan fitur brake hold ini... Karena engage nya cepet sekali...itungan 3 detik dia sudah ngelock. Buat kaum hawa yang kalo parkir seabad sendiri sih bisa bikin frustasi....
liep wrote:Yg ane heran..kok bisa bolak balik dpt mbl seken harga rendah dan km rendah
Bln lalu ke smarng utk maesong di psemayaman dekat puri trus larung di marina..br tau semarang tyt menyenangkan jg hawanya...mlg smarang 7.5jam brgkt mlm..ud kyk setan jalannya
Hrv prestige dg jbl lbih worthed mana om chz? Sempat nyoba yg 1.5 manual hrv. Wah brisik banget..lbih kedap prit malah...akhirnya batalin keinginan beli hrv..klo yg 1.8mungkin peredaman lbih ok ya
Bbm pake pertmax 92? Fc brp om?
Kuncinya pakai kesabaran oom ... :mky_01: Bokap itu rajin buka buka situs jual beli mobil online :e-wall: bukan pedagang mobkas tapi tingkahnya kayak pedagang... Memang hobinya ganti-ganti mobil...

Hahaha iya Semarang itu kotanya asik .... Cocok sih buat liburan dan nyantai...

Kalau tipikal orang yang gak suka modifikasi, paling gak tega kalau mobil wiring nya diutak atik sama bengkel audio... ya mending beli yang JBL ed... Kenapa? Kualitas suara bawaan di HRV Prestige ini payah banget ... Gak ada nendangnya blas...

Tapi buat yang suka utak atik audio, eksperimen pakai barang - barang audio... better avoid the JBL edition... Ngapain gak guna kalau akhirnya dipretelin lagi... Nambahnya gak worth... Karena dengan nambah dikitttt aja bisa dapet set audio yang sudah cukup bagus...

Kalau yang dibilang kekedapan ini road noise... Saya juga ngerasa peredam suara di kolongnya kurang banget... Memang sangat berisik kolongnya...

BBM pakai Pertalit, FC sekitar 8-9 km/l....
nyotnyet wrote:
Bokap malah ga suka banget ama ini mobil, numpang punya sodara dia bilang, mobil ini kok ga enak bgt sih..
Kok kebalik ya... padahal sama-sama orang udah berumur nya... Waktu mau ambil bos besar bilang kalau enak gua ambil, kalo gak enak ya gak jadi.... Eh nyoba bilang enak sekali... lebih enak dari CR-V dibilangnya... Dibawa pulang deh.
Salvanost wrote:jangan lupa buka lock mobil cukup pegang handle pintu
di OS masih harus tekan tuh tombol item yg kadang2 bolot ga langsung respon
Hahahaha itu cool thing di Honda yang udah keyless... Pengen berlagak keren di depan temen atau gebetan... kantongin kunci, masukin tangan ke handle mobil bisa buka sendiri.... praktis bikin enak gak usah cariin kunci kalau mau buka mobil.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
User avatar
Mozawa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 781
Joined: 02 Jan 2009, 00:47

Re: User Experience with Honda HR-V 1.8 Prestige CVT

Post by Mozawa »

ciamik bro .... ngiler broo..... sepertinya mainan yang menyenangkan........
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
arfs
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1279
Joined: 25 Jan 2016, 18:40
Location: Jakarta

Re: User Experience with Honda HR-V 1.8 Prestige CVT

Post by arfs »

Nice review bro,
BTW betul banget tuh rem sx4 kalo dari high speed mesti di injek agak dalem biar gk ngeloyor.
SX4 nya masih ada atau sudah di jokul bro?
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1353
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: User Experience with Honda HR-V 1.8 Prestige CVT

Post by lemonadelovers »

Kasih velg oem accord yg 18 bro.. + ban bawannya cakep banget..
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1016
Joined: 20 Aug 2013, 15:41

Re: User Experience with Honda HR-V 1.8 Prestige CVT

Post by vp920b »

Problem di HRV adalah semua tentang Honda sudah berubah..

Head Unit emang ngeselin apalagi kamera VGA begitu dipasang di mobil 350mio++. Ngeselin aja..

Untuk daily driving cukup sih, cuma bensin agak boros.

The rest, ya honda masa kini lah. Uda ga Fun lagi, cuma enak ditumpak-i tok.

Great review om. 5rb KM uda ada bunyi kaki-kaki? Saya punya 2rban KM sudah bunyi-bunyi di belakang.

Lagi nunggu Head Unit in dash panasonic 8 inch dari pabriknya. Mau gantiin si kenwood [cencored] itu, kalah ama Caska Sorento ane.. hehehe
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1397
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Audi Q7 Diesel

Re: User Experience with Honda HR-V 1.8 Prestige CVT

Post by farizfsa »

hrv yaa

saya suka sih sama modelnya yang prestige ini bagus. tp bensinnya 1:8-9 itu average speed nya berapa ya? dalam kota kah?

terus kalo di kecepatan 100km/h, rpm mesin ada di berapa ya om? dibawah 2500 kah?
BMW 520d F10 2014
Audi Q7 V6 TDI 4L 2008
Toyota Camry 2.5V XV50 2012
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 10803
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: User Experience with Honda HR-V 1.8 Prestige CVT

Post by ChZ »

Mozawa wrote:ciamik bro .... ngiler broo..... sepertinya mainan yang menyenangkan........
Hahaha thank you oom...
arfs wrote:Nice review bro,
BTW betul banget tuh rem sx4 kalo dari high speed mesti di injek agak dalem biar gk ngeloyor.
SX4 nya masih ada atau sudah di jokul bro?
Masalahnya itu SX4 kalau diinjek remnya dalem malah ngagetin.... Yang lucu begitu kita pindah dari mobil apapun ke SX4 kerasa sekali travel injakan remnya pendek sekali.

Masih bro, tapi sepertinya dikit lagi mau dijual.... Odo reading udah cukup tinggi, juga kondisi mobilnya udah gak gitu bagus...
lemonadelovers wrote:Kasih velg oem accord yg 18 bro.. + ban bawannya cakep banget..
Hahaha iya om sayangnya sih sudah dikasih velg ini sama si bos besar :big_slap:
vp920b wrote:Problem di HRV adalah semua tentang Honda sudah berubah..

Head Unit emang ngeselin apalagi kamera VGA begitu dipasang di mobil 350mio++. Ngeselin aja..

Untuk daily driving cukup sih, cuma bensin agak boros.

The rest, ya honda masa kini lah. Uda ga Fun lagi, cuma enak ditumpak-i tok.

Great review om. 5rb KM uda ada bunyi kaki-kaki? Saya punya 2rban KM sudah bunyi-bunyi di belakang.

Lagi nunggu Head Unit in dash panasonic 8 inch dari pabriknya. Mau gantiin si kenwood [cencored] itu, kalah ama Caska Sorento ane.. hehehe
Iya oom saya sudah buang jauh - jauh pemikiran Honda itu fun, buat spirited driving, dst dst... Karena kalau masih nyari fun di Honda, bakal sangat mengecewakan... Sepertinya Honda sekarang bener - bener cuma pake kata "fun" di lineups macem Civic Type R dan NSX...

Sekarang sih jadi seperti Toyota... Tapi soal inovasi lebih baik dari Toyota sih... Berani masukin mesin Turbo, berani jadi pabrikan mainstream pertama yang kasih airbag 6 buah di mobil kelas mid-end nya... Terobosan tuh.

Mana ada Toyota kelas mid-end airbagnya 6? Camry aja cuma 4... Itupun yang facelift. Yang belom facelift malah cuma 2. 6 airbag nya cuma di type Hybrid which is memang sudah kewajiban karena harganya deket sama sedan Eropa entry level.

Annoying things about HU nya ya :
- Saya ada beberapa kali nyetel lagu pakai USB... Readingnya luamaaaa sekali... Terus begitu track nya habis dan nggak di mode random playlist, dia bakal matek sendiri.... beberapa menit kemudian baru respon dan balik ke track awal.... Gila.
- Kemaren barusan waktu mundur, reverse camera nya nyangkut... Jadi display di head unit tetep display bagian belakang mobil walaupun posisi gear lever sudah ane pindah ke D... dipencet tombol menu baru balik dia... HU sinting :mky_05:

Sejauh ini belom ada bunyi yang aneh sih oom... Mungkin uwe yang terlalu terbiasa dengan kaki-kaki SX4 tuir uwe yang udah glodakan... jadi naik mobil apapun berasa senyap sekali... Sudah di warning sama SA Honda kenalan diperhatiin kaki kakinya kalau sampe ada apa - apa cepetan digaransiin.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
Post Reply