Very first user review : Astra Toyota Calya G A/T

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Post Reply
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1664
Joined: 18 Aug 2009, 13:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: Very first user review : Astra Toyota Calya G A/T

Post by nyotnyet »

Adrianxiaohu wrote:Btw, yg saya pakai test unit Calya AT nya milik Auto2000 HR Muhammad Surabaya


Sent from my iPhone using Tapatalk
Ada bunyi rattle ga om dari dasbor tgh atasnya HU di bagian grill ventilasi atas?
Punya saya rattle dari sana soalnya...hehehe

Soul Red zoom zoom
Adrianxiaohu
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: 01 Jun 2016, 13:09

Re: Very first user review : Astra Toyota Calya G A/T

Post by Adrianxiaohu »

nyotnyet wrote:
Adrianxiaohu wrote:Btw, yg saya pakai test unit Calya AT nya milik Auto2000 HR Muhammad Surabaya


Sent from my iPhone using Tapatalk
Ada bunyi rattle ga om dari dasbor tgh atasnya HU di bagian grill ventilasi atas?
Punya saya rattle dari sana soalnya...hehehe
Selama saya pakai kemaren sih ngga ada rattle tuh om. Unit test nya udah jalan 1.600km. Tapi memang itu plastik3 interior tipis dan ada kemungkinan bisa rattle karena tipis nya.
Temen saya yang tinggi nya 183cm kemaren pas berangkat setir trus dia coba utk stop and go di tanjakan parkiran Galaxy Mall Surabaya, masih ok ini mobil dan ngga ada gejala ngga kuat naik. Penumpang 3 orang dewasa ukuran sedang
Utk visibilitas pengemudi masih ok. Cuma menurut temen saya yg tinggi tsb, spion tengah menutupi pandangan dia ke sisi kiri




Sent from my iPhone using Tapatalk
r1409
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 395
Joined: 24 Dec 2013, 10:19

Re: Very first user review : Astra Toyota Calya G A/T

Post by r1409 »

Adrianxiaohu wrote:Btw, yg saya pakai test unit Calya AT nya milik Auto2000 HR Muhammad Surabaya


Sent from my iPhone using Tapatalk
wah kemarin ane juga TD disitu, calya G A/T warna grey.

impresi fisik sih lumayan, finishingnya jempolan untuk LCGC. jok biarpun tipis tapi pas, ga terlalu keras juga ga terlalu empuk sampe kerasa besinya seperti merk sebelah.
driving position pas buat ane yg tinggi 172cm, headrest yg pendek itu jadi pas. seating height, steer height juga pas semua, ga perlu tilt steering.
lalu bangku tengah juga lega, biarpun disetel maju mentok kedepan tapi legroom masih cukup luas. jadinya legroom row 3 cukup oke. tapi yg masalah ada di row 3, plafon rendah. ane yg tinggi 172, ubun2 kena plafon kalo duduk tegak. kalo agak nyelorot sih aman, tapi lutut mentok sandaran bangku tengah. jadi row 3 ini cocoknya buat max tinggi 165cm.

handling oke, enteng dan ga kerasa sama sekali beda kalo bawa mobil dari 2 baris ke 3 baris. di belokan cukup stabil, bantingan cukup firm dan nyaman. peredaman suara kolong cukup oke, better dari mirage. peredaman suara dari samping mirip2 dengan mirage. getaran mesin halus, tapi ketika kickdown, raungan mesin terasa sedikit kasar.

dari sisi performa... akselerasi boyo. engage transmisi ke D, lepas rem, mobil ga jalan. jalan sih, tapi pelan banget. harus injek gas. jadi kalo di posisi macet dan stop n go, ga bisa cuma maen lepas rem aja, harus ditambah injek gas juga. kalo udah jalan sih lumayan untuk di kota, jalan nyantai cukup. sempet testing bejek dalem, tarikan lumayan bertenaga tapi respon lambat. biarpun DBW tapi response time nya cukup lambat dibanding mirage ane dan freed bapak ane. yg paling parah, kerasa banget waktu u-turn dalam kondisi traffic rame. sempet kagok, karena begitu ada space dan lepas rem, mobil ga bisa langsung jalan, harus injek gas. butuh pembiasaan dulu. jadi ini versi maticnya sepertinya cuma untuk nyetir santai dalkot dan cruising aja, sama sekali ga cocok buat seruntulan. entah gimana juga dengan FC nya. kalo cruising mobil ini menunjukkan indikasi irit, tapi entah seboros apa kalo sering dipake full load, tanjakan atau seruntulan karena harus bejek gas cukup dalem.
belum sempet coba di tanjakan, tapi kata sales nya sih pernah testing ke bromo ga ada masalah. keyword: "kata sales"...

belum coba yg manual, tapi dari display unit manual di showroom, pedal kopling masih lebih enteng ertiga. semoga kalo sempet TD yg manual, bisa at least seenteng ertiga.

untuk di sby, katanya semua tipe masih inden, dan yg tipe G sekitar 2 bulan..
arseniussugi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: 06 Jan 2016, 21:09

Re: Very first user review : Astra Toyota Calya G A/T

Post by arseniussugi »

kemaren naek uber tulisannya di aplikasi avanza malah ternyata mobilnya toyota calya
menurut saya sih naek mobil ini di row kedua cukup oke, kipas anginnya pun ya okelah cuman berisik aja menurut saya tapi tetep dingin kok
plus duduknya in my opinion ga ada beda dengan avanza
dengan harga yg 150 juta + bisa muat 7 orang okelah dibanding beli avanza yang menurut saya harganya uda enggak murah lagi
r1409
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 395
Joined: 24 Dec 2013, 10:19

Re: Very first user review : Astra Toyota Calya G A/T

Post by r1409 »

@^: yup bener, tapi dengan GN Xenia jadi beda tipis harganya. ambil yg trim X, setelah diskon harganya mirip2 dengan calya G.

GNXenia X akomodasi oke, tenaga lebih gede, RWD, kelasnya sedikit diatas.
calya G sedikit lebih irit, fitur lebih banyak, sudah ABS, beres juga buka hari minggu.

dilemma.
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: 09 Nov 2014, 22:35

Re: Very first user review : Astra Toyota Calya G A/T

Post by daftar »

kabarnya ada yang komplain buat belok buyi kletek2 juga ya?
:ngacir:
Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2730
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Very first user review : Astra Toyota Calya G A/T

Post by Pboyz97 »

Nice review om
Saya mau berbagi pengalaman aja nih pas TD Calya G M/T warna silver pas GIAAS 2016 kemaren. Impresi pertama saya desain exteriornya lumayan bagus (jauh kalo dibandingin sama datsun GO + PANCA yg agak petat petot kalo menurut saya (no offence datsun owner :big_peace: ) ,mirip GN Veloz bagian depannya, kalo belakangnya mirip ANKI, terus ga ada aksesoris yang aneh2 kecuali reflektor di bagian belakangnya. serta panjang & lebar mirip Livina & Mobilio, sayangnya velgnya kekecilan kalo menurut saya, velg OEM Yasir lele TRD / Jazz GE8 (yg RS 2013) bisa jadi opsi menarik buat yg hobi modifikasi seperti saya :big_grin: . Kalo soal interior, bentuk dashboardnya biasa saja, tapi lumayan lah buat LCGC, BQ serta fit & finishnya juga jempolan buat LCGC :off_good_job: Toyota ga seperti LMPV merek sebelah dengan panjang & lebar yang ga jauh beda , serta harganya 2x lipet & bukan LCGC tapi BQ & finishingnya setara LCGC (you know lah mobil apa yang saya maksud..... no offence ya btw :big_peace: ).Pada safety features udah ada dual airbag + ABS untuk semua variannya. Kemudian setirnya sama seperti GN Avanza, begitu pula dengan bentuk & warna joknya. Sayangnya setirnya ga bisa ditilt & telescopic , serta spion ga bisa dilipat secara elektrik, belom lagi model kursi depannya yg gabisa dinaikturunkan ( ga ada headrest kaya jok belakangnya) , walaupun masih cukup untuk menyangga badan saya yg tingginya 169 CM , serta sudah dilengkapi HU 2 din non touchscreen tapi sudah dilengkapi bluetooth untuk tipe G , dimana suaranya cukupan lah kalo menurut saya .

Untuk posisi mengemudi agak terlalu tegak menurut saya (subjektif), kemudian bangku baris ke 2 & 3 sangat lega kalo menurut saya , walaupun ga double blower , tapi at least dikasih kipas angin lah daripada ga sama sekali, terus mobil ini juga cukup practical kalo menurut saya, kepraktisannya cukup bagus (lumayan banyak cup holer & tempat peyimpanan lainnya). Oh iya , kunci mobil sudah Immobilizer untuk semua tipenya dengan bentuk kunci yang sama persis seperti GN Avanza & Veloz (CMIW). Sebagai pengemudi, saya merasa mobil ini cukup enak dikemudikan untuk sebuah LCGC & juga ga kerasa kalo lagi bawa mobil yg panjang , shifter transmisi manual 5 speednya cukup enteng , kalo menurut saya 11 12 sama avanza lah, kemudian suara mesin 1.200 CC Dual VVTInya cukup halus & peformanya cukup untuk dalam kota & konsumsi BBM cukup irit sih sepertinya mengingat mobil ini punya CC yg lumayan kecil dengan bodi yg ga terlalu gede. Kekurangannya adalah letak transmisi manualnya yg berada di dasbor seperti Grandmax/ Luxio bukan selera semua orang (subjektif),sementara kalo A/T nya ga masalah. Saran saya kalo mau cari peforma mending ambil yg manual, karena selain harganya lebih murah , maticnya agak boyo kalo dibejek kalo menurut pengakuan member SM diatas saya yg sudah TD maticnya . Secara garis besar kelebihan & kekurangannya adalah:

Pros:
- desain exterior
- BQ serta FIT AND Finish yang cukup baik untuk sebuah LCGC
- Harga yg terjangkau (150 an jt untuk yg G A/T)
- Kepraktisan cukup baik
- Irit BBM
- Nama besar Toyota
- Interior yg lumayan baik dibandingkan dengan kompetitor sekelasnya
- Kelegaan kabin baris ke 2&3 yang terbaik di kelasnya.
- Fitur safety yang sangat baik untuk sebuah LCGC & Mobil seharga 120-150jt (dual airbag & ABS untuk semua tipenya) + sensor parkir sebagai standar
- Kunci mobil sudah immobilizer

Cons:
- Setir yang gabisa tilt & telescopic
- Velg bawaan terlalu kecil sehingga terasa cingkrang (subjektif)
- Penempatan tuas transmisi manual di dasboard bukan selera semua orang
- yg matic terasa boyoo
- jok depan yg gabisa dinaikturunkan (karena ga ada headrestnya)

Kesimpulan :
Mobil ini merupakan mobil yang sangat worth to buy di kelas LCGC (belom lagi kalo ada diskon akhir tahun), terutama dengan fitur & BQ yang lebih dari cukup untuk sebuah LCGC , serta cukup layak untuk menyandang gelar "the next sejuta umat car" untuk meneruskan perjuangan papanzah yang sudah naik kelas, serta sangat layak untuk menjadi mobil terlaris di Indonesia berikutnya (#bukansales #bukanfanboy)

Itu aja review sederhana dari saya yang masih amatiran, maaf kalo masih berantakan & mohon dikoreksi apabila ada kesalahan. Semoga bermanfaat. :big_smile]
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT (for sale) / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT
windrider
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: 19 Oct 2016, 21:43

Re: Very first user review : Astra Toyota Calya G A/T

Post by windrider »

kemarin di tr*ns mart cek ketebalan pannelnya lumayan, banyak tempat minum, layak lah pengganti mobil sejuta umat avanz*
dnehemia
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 95
Joined: 19 Oct 2016, 16:09

Re: Very first user review : Astra Toyota Calya G A/T

Post by dnehemia »

saya pernah loh ketok2 dan pencet2 body calya dan sienta yg kebetulan lagi parkir sebelahan pas lauching di java mall semarang. Menurut ane ketebalan body nya calya dan sienta mirip loh ane aja ampe kaget. ternya dibuktiin juga tuh di video review sienta di autonetm*gz youtube diteken2 bodynya sama si reviewer body sienta tipis.

Kesimpulannya calya ini emang worth banget lah utk harga segini... :big_exellent:
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1664
Joined: 18 Aug 2009, 13:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: Very first user review : Astra Toyota Calya G A/T

Post by nyotnyet »

Update :
Calya selama ini dipake untuk taksi online, dan sudah berjalan 6000km, so far so good...ga ada kendala berarti

Klaim ban sobek dan overheat khususnya di calya matic tidak terjadi di calya saya (Puji Tuhan)

Tadi saya iseng ke tempat stiker (mau pasang stiker handle pintu), tergoda pasang stiker grill dan aksen orange di headlamp

Konsumsi bbm : 1:12,6 dalkot pake pertalite

Image

Image


Sent from my iPhone using Tapatalk

Soul Red zoom zoom
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 10822
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Very first user review : Astra Toyota Calya G A/T

Post by ChZ »

nyotnyet wrote:Update :
Calya selama ini dipake untuk taksi online, dan sudah berjalan 6000km, so far so good...ga ada kendala berarti

Klaim ban sobek dan overheat khususnya di calya matic tidak terjadi di calya saya (Puji Tuhan)

Tadi saya iseng ke tempat stiker (mau pasang stiker handle pintu), tergoda pasang stiker grill dan aksen orange di headlamp

Konsumsi bbm : 1:12,6 dalkot pake pertalite

Image

Image


Sent from my iPhone using Tapatalk
Calya nya sudah turun berapa hp ? krum kruman diilangin...

:ngacir:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1664
Joined: 18 Aug 2009, 13:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: Very first user review : Astra Toyota Calya G A/T

Post by nyotnyet »

ChZ wrote:
nyotnyet wrote:Update :
Calya selama ini dipake untuk taksi online, dan sudah berjalan 6000km, so far so good...ga ada kendala berarti

Klaim ban sobek dan overheat khususnya di calya matic tidak terjadi di calya saya (Puji Tuhan)

Tadi saya iseng ke tempat stiker (mau pasang stiker handle pintu), tergoda pasang stiker grill dan aksen orange di headlamp

Konsumsi bbm : 1:12,6 dalkot pake pertalite

Image

Image


Sent from my iPhone using Tapatalk
Calya nya sudah turun berapa hp ? krum kruman diilangin...

:ngacir:
Itung aja, tiap krom kan 10hp... itu total ada 5 krom yg dieliminasi...jadi -50hp hahahaha


Sent from my iPhone using Tapatalk

Soul Red zoom zoom
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 10822
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Very first user review : Astra Toyota Calya G A/T

Post by ChZ »

nyotnyet wrote:
Itung aja, tiap krom kan 10hp... itu total ada 5 krom yg dieliminasi...jadi -50hp hahahaha


Sent from my iPhone using Tapatalk
Ganti logo SIGRA dan DAIHATSU biar lebih berkurang lagi... atau ganti logo LEXUS biar nambah 100hp lagi :big_love:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
squee
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: 29 Aug 2015, 00:35

Re: Very first user review : Astra Toyota Calya G A/T

Post by squee »

bro tnya donk

ini calya klo naikan di parkiran grand city gmn?

ak make agya,kdu dr bawah siap2 rpm tinggi,klo ga gt, agk melorot mobilnya
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 10822
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Very first user review : Astra Toyota Calya G A/T

Post by ChZ »

Pengalaman pake Calya sehari (unit sama plek seperti punya TSnya... lha wong emang minjem :ngacir: )

Odo read uda 26.[cencored] (quite high... namanya juga dipake taxol).

- Engine nya bkn lemot... Tapi transmisi matic dan throttle response yang dibuat halus jd punya kesan lemot padahal engga. Kalo di kickdown kenceng juga mulai terasa surge nya di 3000 RPM sampai 6000 RPM mulai asma (ya peak nya di 6000). Good thing
- Maticnya lemot, slippage nya tinggi... dan kebanyakan di kondisi normal akan bertengger di posisi gear 3... Akselerasi biasa dia cuma nurunin ke gear 2, juaraaaaaang banget pake gear 1, dan apesnya nih.... Shifternya paling rendah di 2... P-R-N-D-3-2. Padahal mesinnya punya potential sayang aja akselerasinya lemot kena matic nya. Tapi di luar itu mobil ini enak untuk normal cruise dan jalan santai. Tuas transmisi dari N-D-3 itu kayak nggak ada tahanannya, mungkin biar kalo mau nyalip nurunin ke 3 nya gampang.
- Setup suspensi depannya agak terlalu empuk, dan kalo dipake manuver mendadak gripnya mudah hilang (thanks to sh#tty ec*p*a tyre). Justru suspensi belakang yang saya rasakan racikannya pas. Steer ringan dan radius putar pendek, bikin mobil ini praktis dipake di dalem kota dibanding Civic yang radius putarnya segede tugu pahlawan :mky_05:
- Feel "mobil barang" nya enggak terlalu berasa kayak Avanza... Center of gravity nya surprisingly nggak terlalu tinggi jadi nggak terlalu berasa aneh.
- HU nya sempet ngadat kena jalan rusak... :big_slap:
- Steering rack agak bunyi kalo lewat jalan keriting.
- Suara blower baris kedua nya berisik :big_biglaugh:

Sisanya belum ter-explore... Tunggu kejutan berikutnya :big_peace:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1212
Joined: 15 Nov 2016, 12:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Very first user review : Astra Toyota Calya G A/T

Post by adrevolution »

Berarti ngga cuma ane aja yg ngerasa shifternya ringkih banget... ane bbrp hari lalu jajal calya, BQ nya lumayan sih memang, better than datsun go+, yaaa mirip2 avanza lah except shifternya itu loh duh kayak mau copot :big_dunno: mending shifter brio kemana2. Rem tangan posisinya rada aneh (dan kenapa bikin jok nyambung yang nggak guna) tapi lebih solid BQ nya dari shifter.

Bantingan suspensi sama handling surprisingly good, better than avanza. Dibanding veloz lama sekalipun kalo jalan belok2 ane mending nyetir ini dah.

Cuma karena nyoba pas diisi full 7 penumpang tarikannya lemote puolll, keknya emang diset buat eco terus ini mesinnya. Harus tega gaspol kalo mau ada larinya, otherwise speednya gak nambah2. Asli dah kayak bumi sama langit langit stop & go nya dibanding GK5 CVT sekalipun yang katanya rada lemot. Harusnya sih yg manual much better.
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: 19 May 2015, 11:08

Re: Very first user review : Astra Toyota Calya G A/T

Post by egibaio »

Mobil ini buat saya lebih nyaman dari avanza. Bodyrollnya lebih minim, suspensi belakangnya lebih luwes, dan gaada suara gardan khas avanza
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 10822
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Very first user review : Astra Toyota Calya G A/T

Post by ChZ »

adrevolution wrote: 28 Mar 2017, 19:47 Berarti ngga cuma ane aja yg ngerasa shifternya ringkih banget... ane bbrp hari lalu jajal calya, BQ nya lumayan sih memang, better than datsun go+, yaaa mirip2 avanza lah except shifternya itu loh duh kayak mau copot :big_dunno: mending shifter brio kemana2. Rem tangan posisinya rada aneh (dan kenapa bikin jok nyambung yang nggak guna) tapi lebih solid BQ nya dari shifter.

Bantingan suspensi sama handling surprisingly good, better than avanza. Dibanding veloz lama sekalipun kalo jalan belok2 ane mending nyetir ini dah.

Cuma karena nyoba pas diisi full 7 penumpang tarikannya lemote puolll, keknya emang diset buat eco terus ini mesinnya. Harus tega gaspol kalo mau ada larinya, otherwise speednya gak nambah2. Asli dah kayak bumi sama langit langit stop & go nya dibanding GK5 CVT sekalipun yang katanya rada lemot. Harusnya sih yg manual much better.
Kalo ngoper cepet-cepetan waktu parkir sering banget kebablas dari D ke 3... :big_slap:

Cup holder banyak (depan ada 3 euy) tapi konsol tengahnya enggak ada juga bikin bingung settt mau taroh hape dimana :big_childish:

Nyetir Calya itu harus sabaaaarrrr banget baru bisa nikmatin... wkwkwkwk... Cuma emang enggak heran mobil ini laku. Praktis banget pake dalem kota. Ini malem bawa berlima gak terlalu berasa lemot sih oom. Tapi yang dibawa juga ringan-ringan... wkwkwkwkwk. Bisa dibilang ini indonesian K-Car deh... Mobil imut-imut kapasitas gede. Modelnya kalo diliat frontal dari samping keliatan banget overhang depan pendek dan overhang belakang panjang buat maksimalin space.
egibaio wrote: 28 Mar 2017, 20:13 Mobil ini buat saya lebih nyaman dari avanza. Bodyrollnya lebih minim, suspensi belakangnya lebih luwes, dan gaada suara gardan khas avanza
Iya oom nyaman sih mobil ini dipake seharian ngider-ngider kota nggak berasa capek kayak nyetir Avanza lama.

Suara gardan enggak ada tapi tadi siang sya notice suara dengung dari transmisinya... :big_think:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1664
Joined: 18 Aug 2009, 13:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: Very first user review : Astra Toyota Calya G A/T

Post by nyotnyet »

ChZ wrote:
adrevolution wrote: 28 Mar 2017, 19:47 Berarti ngga cuma ane aja yg ngerasa shifternya ringkih banget... ane bbrp hari lalu jajal calya, BQ nya lumayan sih memang, better than datsun go+, yaaa mirip2 avanza lah except shifternya itu loh duh kayak mau copot :big_dunno: mending shifter brio kemana2. Rem tangan posisinya rada aneh (dan kenapa bikin jok nyambung yang nggak guna) tapi lebih solid BQ nya dari shifter.

Bantingan suspensi sama handling surprisingly good, better than avanza. Dibanding veloz lama sekalipun kalo jalan belok2 ane mending nyetir ini dah.

Cuma karena nyoba pas diisi full 7 penumpang tarikannya lemote puolll, keknya emang diset buat eco terus ini mesinnya. Harus tega gaspol kalo mau ada larinya, otherwise speednya gak nambah2. Asli dah kayak bumi sama langit langit stop & go nya dibanding GK5 CVT sekalipun yang katanya rada lemot. Harusnya sih yg manual much better.
Kalo ngoper cepet-cepetan waktu parkir sering banget kebablas dari D ke 3... :big_slap:

Cup holder banyak (depan ada 3 euy) tapi konsol tengahnya enggak ada juga bikin bingung settt mau taroh hape dimana :big_childish:

Nyetir Calya itu harus sabaaaarrrr banget baru bisa nikmatin... wkwkwkwk... Cuma emang enggak heran mobil ini laku. Praktis banget pake dalem kota. Ini malem bawa berlima gak terlalu berasa lemot sih oom. Tapi yang dibawa juga ringan-ringan... wkwkwkwkwk. Bisa dibilang ini indonesian K-Car deh... Mobil imut-imut kapasitas gede. Modelnya kalo diliat frontal dari samping keliatan banget overhang depan pendek dan overhang belakang panjang buat maksimalin space.
egibaio wrote: 28 Mar 2017, 20:13 Mobil ini buat saya lebih nyaman dari avanza. Bodyrollnya lebih minim, suspensi belakangnya lebih luwes, dan gaada suara gardan khas avanza
Iya oom nyaman sih mobil ini dipake seharian ngider-ngider kota nggak berasa capek kayak nyetir Avanza lama.

Suara gardan enggak ada tapi tadi siang sya notice suara dengung dari transmisinya... :big_think:
Nyaman kan..hehehe
Apa mungkin oli transmisi kudu ganti ya? Itu belom ganti rasanya...trakir cuma ganti oli mesin dan spurbal.

Emang calya cocok buat anak kuliah/cewe/orang baru belajar nyetir...radius putarnya itu loh...lovely

Asik ditukerin civic...


Sent from my iPhone using Tapatalk

Soul Red zoom zoom
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 10822
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Very first user review : Astra Toyota Calya G A/T

Post by ChZ »

nyotnyet wrote: 28 Mar 2017, 22:54
Nyaman kan..hehehe
Apa mungkin oli transmisi kudu ganti ya? Itu belom ganti rasanya...trakir cuma ganti oli mesin dan spurbal.

Emang calya cocok buat anak kuliah/cewe/orang baru belajar nyetir...radius putarnya itu loh...lovely

Asik ditukerin civic...


Sent from my iPhone using Tapatalk
Kasarnya sih engga bro ngopernya masih alus cuma ada dengung samar-samar aja... Kurasa dengan jam terbang tinggi (25k dalam 8 bulan) memang perlu ganti lebih cepet kali ya.

Nasib di kos kosan enggak ada space lebih jadi harus nuker mobil... :mky_01: tapi kalo dibawa ke toko siap siap bikin gaduh parkiran GM dengan alarm-alarm Toyota/Daihatsu yang menyala karena suara knalpot :ngacir:

Tadi pagi nyetir adiknya Calya (Ayla X Manual)... jauh banget tingkat refinement nya... lebih kasar (ya 3 silinder manual sih)... lebih limbung... :big_slap:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
User avatar
3mul
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 502
Joined: 03 Apr 2011, 21:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: Very first user review : Astra Toyota Calya G A/T

Post by 3mul »

Pagi ini servis rutin di Plato Tendean trus dapat rejeki "test drive" Calya G metik. Kebetulan dah banyak yg cerita panjang lebar di trit ini jadi saya share cerita singkat aja.
Setuju kalau ada yg bilang bhw mobil ini punya good value for money dan rasanya gak seperti LCGC. Sebagai pemilik ANKI G, hati saya teriris melihat mobil dengan harga setengahnya sudah dilengkapi immobilizer. Bagi penyuka bling2, mobil ini bisa membuat Anda sumringah karena dilengkapi dgn banyak krum-kruman dimana-mana :big_grin:
Buat yg gak suka krum juga gak masalah karena bisa berbagi rejeki dengan lapak asesoris dan stiker utk mencegah silau.
Soal performa memang betul gak bisa diajak ngepot, tapi dapat dimaklumi krn dia tidak dirancang untuk itu.
Faktor BQ dan peredaman juga lebih bagus dari tetangga sebelah yg baru dapat feslip. Sayang eksteriornya kurang wokeh utk sebagian orang.
Singkat cerita, mobil ini bikin mobil lain jadi kerasa overpriced :big_weee:
User avatar
3mul
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 502
Joined: 03 Apr 2011, 21:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: RE: Re: Very first user review : Astra Toyota Calya G A/T

Post by 3mul »

3mul wrote:Pagi ini servis rutin di Plato Tendean trus dapat rejeki "test drive" Calya G metik. Kebetulan dah banyak yg cerita panjang lebar di trit ini jadi saya share cerita singkat aja.
Setuju kalau ada yg bilang bhw mobil ini punya good value for money dan rasanya gak seperti LCGC. Sebagai pemilik ANKI G, hati saya teriris melihat mobil dengan harga setengahnya sudah dilengkapi immobilizer. Bagi penyuka bling2, mobil ini bisa membuat Anda sumringah karena dilengkapi dgn banyak krum-kruman dimana-mana :big_grin:
Buat yg gak suka krum juga gak masalah karena bisa berbagi rejeki dengan lapak asesoris dan stiker utk mencegah silau.
Soal performa memang betul gak bisa diajak ngepot, tapi dapat dimaklumi krn dia tidak dirancang untuk itu.
Faktor BQ dan peredaman juga lebih bagus dari tetangga sebelah yg baru dapat feslip. Sayang eksteriornya kurang wokeh utk sebagian orang.
Singkat cerita, mobil ini bikin mobil lain jadi kerasa overpriced :big_weee:
Ada sedikit tambahan, 2 poin minus dari calya ini.
1. Remnya gak pakem, ngebagel. Biarpun bodi ringan, susah berhentiinnya.
2. Suara gesekan ban dg jalan mulai masuk kabin saat kecepatan 60 kpj.

Sent from my LG-D855 using Seraya Motor mobile app

Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2730
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Very first user review : Astra Toyota Calya G A/T

Post by Pboyz97 »

3mul wrote: 29 Mar 2017, 13:59 Pagi ini servis rutin di Plato Tendean trus dapat rejeki "test drive" Calya G metik. Kebetulan dah banyak yg cerita panjang lebar di trit ini jadi saya share cerita singkat aja.
Setuju kalau ada yg bilang bhw mobil ini punya good value for money dan rasanya gak seperti LCGC. Sebagai pemilik ANKI G, hati saya teriris melihat mobil dengan harga setengahnya sudah dilengkapi immobilizer. Bagi penyuka bling2, mobil ini bisa membuat Anda sumringah karena dilengkapi dgn banyak krum-kruman dimana-mana :big_grin:
Buat yg gak suka krum juga gak masalah karena bisa berbagi rejeki dengan lapak asesoris dan stiker utk mencegah silau.
Soal performa memang betul gak bisa diajak ngepot, tapi dapat dimaklumi krn dia tidak dirancang untuk itu.
Faktor BQ dan peredaman juga lebih bagus dari tetangga sebelah yg baru dapat feslip. Sayang eksteriornya kurang wokeh utk sebagian orang.
Singkat cerita, mobil ini bikin mobil lain jadi kerasa overpriced :big_weee:
Ga cuman ANKI G aja om, GN Avanza E yang udah tembus 180jt juga ga dikasih immobilizer, padahal calya E aja yang LCGC punya loh :big_slap: , pie toh TAM , mestinya ANKI & GN Avanza sudah seharusnya dilengkapi immob untuk semua tipenya, soalnya kan harganya juga udah naik banyak dari gen sebelumnya, masak kalah sama adiknya yang LCGC, dimana sudah immob untuk semua tipenya :frm_bang_head:
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT (for sale) / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT
Abangaja
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 162
Joined: 18 Mar 2017, 21:15

Re: Very first user review : Astra Toyota Calya G A/T

Post by Abangaja »

Lagi bandingin antara calya, Avanza G sama Ertiga ya secara jelas si g cocok amat.
Calya punya fitur lumayan udh Immobilizer, tp ABS blm ada y? Ngga dobel blower,make air circulator.klo buat berlima kayanya masih cukup ya, tp klo muatan penuh yg body belakang ambles.
Pernah sebelahan dijalan tol, calya nya bodynya jd ngacung bagian depannya coz bagian belakang ambles kaya diceperin.
Tapi masih value for money lah mobil ini dgn brandnya yg bengkelnya dimana mana
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1664
Joined: 18 Aug 2009, 13:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: Very first user review : Astra Toyota Calya G A/T

Post by nyotnyet »

Abangaja wrote:Lagi bandingin antara calya, Avanza G sama Ertiga ya secara jelas si g cocok amat.
Calya punya fitur lumayan udh Immobilizer, tp ABS blm ada y? Ngga dobel blower,make air circulator.klo buat berlima kayanya masih cukup ya, tp klo muatan penuh yg body belakang ambles.
Pernah sebelahan dijalan tol, calya nya bodynya jd ngacung bagian depannya coz bagian belakang ambles kaya diceperin.
Tapi masih value for money lah mobil ini dgn brandnya yg bengkelnya dimana mana
Calya sudah abs om...cuma ada 1 type non abs yaitu type E non abs...
Sigra manual yg belom abs...


Sent from my iPhone using Tapatalk

Soul Red zoom zoom
Post Reply