Nostalgic Review - City Z Vtec 2001 - Katarina

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26906
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Nostalgic Review - City Z Vtec 2001 - Katarina

Post by DOHC »

@ master kuyang : cityZ nya dah ga ori yah om ?? center panel dashboard nya koq gloosy gt.. btw, ternyata harga janda nya masi nahan banget yah, gile aje ampe taon sgini masi 70an... ga beda ama 2 taon lalu pas ane muter2 nyari... malah kl dl ketemu barang yg ckup mint aj bsa ampir 80 dr pembeli lgs...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: Nostalgic Review - City Z Vtec 2001 - Katarina

Post by hariy »

@ mod kelep.. Iya, om..itu sudah ngga ori lagi. Dapat nya juga murah (waktu itu) 59 jt. :upss:

Waktu itu ada owner yang punya neng siti kondisi mint warna silver minta 71 jt gotik alias nego sitik ..saya sih nyukupin bajet saja, 62 jt.. Wong cuma buwat menuhin hasrat pengen punya saja.
User avatar
rechtmasta
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 389
Joined: Mon Jan 11, 2010 10:50

Re: Nostalgic Review - City Z Vtec 2001 - Katarina

Post by rechtmasta »

syakir wrote:waah ane punya mantan kayak gini, cuman A/T


:mky_01:

Image
Mantepp koo...waktu itu sayangnya masih rada "anti" A/T soalnya kaki belum disekolahin, ahahaha :big_biglaugh:
rajapb wrote:Eh l15?? Bukan nya d15b vtec ya??? L15 mah udah city kecebong deh, setahu ane citijet pake d series. Yap, d15b vtec murni punyaan ek jdm yang didetuned. Bener2 special ini mesin, tinggal ganti head vtec murni langsung ngacir.
Mozawa wrote:L15 dan variannya adalah mesin 1500 cc terbaik..bahkan sampai saat ini dibandingkan dg 1nzfe vios bahkan 2nrfe dual vvti ....dilihat dari sisi tenaga dan power/cc , serta fc.

bahkan mesin yg l15 yg dipakai jazz gk , yang hanya refine ulang dr engine lama ane rasakan paling halus suaranya, juga power deliverynya....

tenaga mesin smooth dan gak ngoyo. Even hanya sebuah SOHC..kebayang kalo DOHC yang dimasukkan...

bandingkan hr15 de nissan yg terkenal ngelitik.
atak m15a suzuki yang boros .

L15 masih yang terbaik untuk kelasnya saat ini.gak tau perkembangan ke depan.
madcat015 wrote:
rajapb wrote:Eh l15?? Bukan nya d15b vtec ya??? L15 mah udah city kecebong deh, setahu ane citijet pake d series. Yap, d15b vtec murni punyaan ek jdm yang didetuned. Bener2 special ini mesin, tinggal ganti head vtec murni langsung ngacir.
Indeed... CityZ pake D-serie enjin... Mesin jebot tapi buas... The last enjin that got Honda's soul, imho... :ungg:
Eh iya yah, salah penamaan...my bad. Yes, ini menurut saya sih mesin 1.500 cc terbaik, even hingga sekarang (bahkan sekarang nyobain make yg all new city n Jazz punya babeh) tetep aja SX8 ini teteup the best!!! :big_smoking:
kaos_oblong wrote:beruntung nubie pernah ngerasain punya dan bawa cityZ ini, walaupun belinya second.
dulu punya nubie yg tipe matic, gak kalah buas tuh walaupun matic, bawa maunya kenceng terus
tapi yang nubie rasakan mesin ada sedikit nyendat kalo kita benjek pedal gas nya secara tiba2 (kick down) walau dalam kondisi mobil berhenti (persneling tidak di D), apakah cityZ yang lain juga begitu ?
overall puas selama pemakaian 2 tahun.
madcat015 wrote:Well, untungnya ane belum mahir nyetir AT saat itu... Mahirnya MT... dan kena racun setelahnya... :ngacir:
IYes, kyknya karakteristiknya ga jauh beda yah walopun yang A/T
Ichtyophile wrote:Setelah baca review ini, sy jadi gak habis pikir kenapa bokap ganti mobil ini dengan city tjap ketjebong th 2007 :big_dunno: Bokap beli ini buat gantiin ferio. Lupa kapan belinya, soalnya dulu sy gak ngerti dan gak peduli mobil :ungg: cuma tahunya, koq pas bokap pulang kantor mobil udah ganti warna :big_slap: sejak punya ferio yg jadi sedan pertama bokap, tiap kali ganti mobil selalu honda (tukar tambah di dealer), gak ngerti kenapa, padahal bokap gak doyan ngebut, nyetirnya kayak kura2, heran gaya nyetir kayak gitu koq beli mobil kentjang, bukan cari yg "nyaman"... :big_think:
Mungkin bokapnya sampe sekarang masih mencari yang sepadan dengan si sx8, tapi belum nemu-nemu om :big_peace:
Senod wrote:Baru dijual nih mobil tahun ini diganti anki yg bikin hati ga tenang.
13 tahun lebih pakai city yg bikin dompet resah karena ampir tiap tahun ganti kakinya.
Tapi ini mobil paling sip deh. Dr jaman gw masih pacaran sampe skrg dah beranak.
Untungnya yang saya selama dipake baru ganti kaki-kaki sekali, itupun pas pertama minangnya dari pemilik pertama.

Ahahaha...sama nih, nih mobil dari jaman pacaran mojok-mojokan sampe sekarang punya buntut dua tetep yang paling sip sih
cengki308 wrote:Sekedar bertanya, apakah city tipe z ini menggunakan plat form yg sama dengan grand civic sh4? Kalau dilihat sekilas sih mirip
Kyknya beda sih, soalnya udah beda jalur juga. City emang udah ada trah tersendirinya, begitupula dengan Civic...tapi..ah, ini mah cuman anggapan ngasal saya aja sih :big_biglaugh:
hariy wrote:VTEC just kicked in, yo !!!!! :big_smoking:

Nais ripiu, om rechtmasta..

Ini punya nubie. Dua2 nya (neng siti n njes) tinggal kenangan. Sold out.
Ouughhh...emang diliat berapa kalipun ini mobil tetep bisa buat nengok kepala yah. Very nice girl you had :big_smoking:
ChZ wrote:Lagi demam sedan Honda di SM belakangan... :big_biglaugh:

100% dari 100% orang yang pernah coba City SX8 ini selalu bilang mobil ini sangat fun. Teman ane pernah punya yang matic saat itu ada W203 C180K di garasinya bilang "C180K boleh punya 0-100 lebih kenceng tapi sensasi di hi-rev nya SX8 lebih menyenangkan" ...

Kemarin habis ane coba Accord CM5 Manual pulang bawa Civic FB berasa banget bawa econobox... tapi memang irit sih. :ngacir:
Ahahaha...mungkin pas keluar Civic turbo jadinya inget-inget sedan H apalagi yang mendekati spesies terbaru ini, ya kalo yang udah nyobain pasti keinget sama si sx8 ini om. Sama, bahkan temen saya yang punya Le Dan Gan GTI juga mengakui kalo mobil ini fun banget, mirip-mirip sama tunggangan dia (ini dia mobil lainnya yang gw akuin sebagai salah satu masterpiece mobil lokalan INdonesia - Le Dan Gan 1.800cc - si peluru gila :big_smoking: )
hariy wrote:@ mod kelep.. Iya, om..itu sudah ngga ori lagi. Dapat nya juga murah (waktu itu) 59 jt. :upss:

Waktu itu ada owner yang punya neng siti kondisi mint warna silver minta 71 jt gotik alias nego sitik ..saya sih nyukupin bajet saja, 62 jt.. Wong cuma buwat menuhin hasrat pengen punya saja.
Emang ga sopan sih harganya seken-nya nih mobil :big_smoking:
User avatar
rechtmasta
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 389
Joined: Mon Jan 11, 2010 10:50

Re: Nostalgic Review - City Z Vtec 2001 - Katarina

Post by rechtmasta »

newrubble wrote:thn sgitu sy pernah iseng ke rusun ptik kebayoran baru ...... brapa siswa baru (pangkat inspektur satu) yg naik mobil bgitu

ternyata byk juga ..... dlm sehari antara jam 7 - 8 pagi ada 25 org

benar benar mobil harga terjangkau ......
Emang om NR. Seperti yg Mod kucing bilang, ini mobil emang terjangkau tapi dengan kualitas yang melebihi harganya. Mungkin pada saat men-desain mobil ini para Ing dari H baru pada pulang dari liburan jadinya masih fresh dan ga dikejar-kejaar deadline ga masuk akal serta menu penyunatan fitur yang tampaknya sudah jadi SOP pada masa ini.
donoseraya
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Fri Nov 21, 2014 2:35

Re: Nostalgic Review - City Z Vtec 2001 - Katarina

Post by donoseraya »

Seandainya konstruksi kaki mengikuti grand civic (SH4), udah menggila ni mobil, dulu pernah pake tahun 2000 MT, dan yessssssssss, vtec just kicked in, ga pernah nyangka, dibalik tampangnya yang sederhana, ternyata menyimpan performa luar biasa, meskipun kadang terasa remnya kurang gigit meski all around discbrake.

Handling masih lebih enak klan civic (grand, genio, dan ferio), mungkin karena pengaruh konstruksi double wishbone, setir berat, kopling berat, rpm rendah ndut2an, tapi pas jalan kosong, berubah dari Dr. Jekyll ke Mr. Hide, marvellous.....

AC super duper dingin, ga perlu pake climate control atau whatsoever today's feature, yang penting hujan atau kemarau suhu kabin terjaga. Visibilitas ala2 grand civic, luas pandangannya.

Feature ga usah dicari, cup holder aja ga ada, kecuali di tahun 2003, di pintu depan dan ada tambahan armrest, tapi kalo cari driving satisfaction you go for it. Wishlist casingnya grand civic, enjin dan brakenya pake sx8, kayanya keren tuh, hehehe

Old hondas never die, they just got faster
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1295
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Nostalgic Review - City Z Vtec 2001 - Katarina

Post by Or4cle »

Senod wrote:Baru dijual nih mobil tahun ini diganti anki yg bikin hati ga tenang.
13 tahun lebih pakai city yg bikin dompet resah karena ampir tiap tahun ganti kakinya.
Tapi ini mobil paling sip deh. Dr jaman gw masih pacaran sampe skrg dah beranak.
Penyakit "iconic" Honda ya di sekitar kaki-kaki yang terkutuk itu .... Engine mounting, karet stopper, lower swing arm, tie-road/ball joint, as roda, etc. Sampai terpikir jangan-jangan memang di-design buat 'proyek abadi' sebagai salah sumber pemasukan bagi Honda.

Tapi bagaimanapun Honda tetap punya feel yang susah didapat dari merk mainstream jepang yang lain. Yes, it's a Honda !
cursQ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 680
Joined: Thu Nov 03, 2016 17:51

Re: Nostalgic Review - City Z Vtec 2001 - Katarina

Post by cursQ »

Ini masih berasa banget grand civicnya auranya..mobil ajaib.. ada heaternya masih. Softpad. Irit banget tp kenceeeng
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15523
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Nostalgic Review - City Z Vtec 2001 - Katarina

Post by ChZ »

Or4cle wrote: Penyakit "iconic" Honda ya di sekitar kaki-kaki yang terkutuk itu .... Engine mounting, karet stopper, lower swing arm, tie-road/ball joint, as roda, etc. Sampai terpikir jangan-jangan memang di-design buat 'proyek abadi' sebagai salah sumber pemasukan bagi Honda.

Tapi bagaimanapun Honda tetap punya feel yang susah didapat dari merk mainstream jepang yang lain. Yes, it's a Honda !
Hehehe mungkin "rewel" nya kaki-kaki Honda karena mobilnya didesign untuk jalanan mulus.... jadi kena jalanan di Indonesia ancur semua :big_slap:

kata Honda : Good handling never comes cheap.... :big_weee:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Nostalgic Review - City Z Vtec 2001 - Katarina

Post by Pboyz97 »

Nice review om
Nih mobil emang kecil2 cabe rawit, dibalik struktur bodinya yang kecil , seherhana & bobot yang ringan, ternyata menyimpan mesin yang buas & memiliki rasa fun to drive yang tinggi, jauh dibandingkan dengan honda2 jaman sekarang yang minim karakter & rasa pengendarannya hambar & cenderung biasa2 saja.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
kerlinsia
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Wed Feb 01, 2017 10:03

Re: Nostalgic Review - City Z Vtec 2001 - Katarina

Post by kerlinsia »

Om, apakah mobil ini recommended untuk jadi cheap daily beater? biaya peremajaan kaki kakinya berapa ya om? dan tahan berapa lama dipakai di jalanan khas Indonesia? Kira kira biaya reparasi mobil ini bakal abis berapa abis angkatnya, asumsi kondisi biasa aja? soalnya lagi kepikiran cari mobil ketiga untuk dipakai harian. secara mobil dirumah dua duanya menguras kantong untuk dipakai daily, dan kalau bisa trouble free dan maintenance gak buat sakit kepala secara ini mau dipakai ibu ane :D

Mau City curut dan Jazz masih kemahalan, wkwkwkkw
slowipah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: Fri Sep 30, 2016 3:52

Re: Nostalgic Review - City Z Vtec 2001 - Katarina

Post by slowipah »

Nostalgia 10 taon lalu prnh miara 2 taon, bela2in ganti gd3 dgn ini. Sampe skrg kl liat di jln msh pengen..

& khas mbl honda, design yg ga prnh tua
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1295
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Nostalgic Review - City Z Vtec 2001 - Katarina

Post by Or4cle »

kerlinsia wrote: Sat May 11, 2019 9:59 Om, apakah mobil ini recommended untuk jadi cheap daily beater? biaya peremajaan kaki kakinya berapa ya om? dan tahan berapa lama dipakai di jalanan khas Indonesia? Kira kira biaya reparasi mobil ini bakal abis berapa abis angkatnya, asumsi kondisi biasa aja? soalnya lagi kepikiran cari mobil ketiga untuk dipakai harian. secara mobil dirumah dua duanya menguras kantong untuk dipakai daily, dan kalau bisa trouble free dan maintenance gak buat sakit kepala secara ini mau dipakai ibu ane :D

Mau City curut dan Jazz masih kemahalan, wkwkwkkw
Biaya rekondisi kaki2 masih relatif murah, gak mahal2 amat. Untuk daily used rata2 daya tahan under carriage Honda di 2-3 tahun (tergantung kondisi jalan).

Siapkan dana cadangan sekitar 30 juta-an untuk jaga2 biaya rekondisi. Mesin D15 dengan design over square secara teoritis lebih less friction, lower thermal efficiency sehingga mesin juga lebih robust & reliable.
User avatar
rechtmasta
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 389
Joined: Mon Jan 11, 2010 10:50

Re: Nostalgic Review - City Z Vtec 2001 - Katarina

Post by rechtmasta »

kerlinsia wrote:Om, apakah mobil ini recommended untuk jadi cheap daily beater? biaya peremajaan kaki kakinya berapa ya om? dan tahan berapa lama dipakai di jalanan khas Indonesia? Kira kira biaya reparasi mobil ini bakal abis berapa abis angkatnya, asumsi kondisi biasa aja? soalnya lagi kepikiran cari mobil ketiga untuk dipakai harian. secara mobil dirumah dua duanya menguras kantong untuk dipakai daily, dan kalau bisa trouble free dan maintenance gak buat sakit kepala secara ini mau dipakai ibu ane :D

Mau City curut dan Jazz masih kemahalan, wkwkwkkw
Perhatiin juga sama karat2 di bodi yg kadang2 suka sembunyi di dalam panel2 pintu. Sama apa lagi yah, pastiin juga semua bodi lurus dan ga ada bekas coakan2 terutama di daerah fender, karena banyak bekasan modif nih mobil.

Untuk daily driver sih ok bgt. Wong jaman saya mahasiswa juga masih bisa kehandle ko (walopun jajan paling mentok cuma soto depan kampus doang, nasi banyak kuah banjir tanpa lauk laen, wkwkwkwk).
Ngasepngaspal
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: Fri Dec 07, 2018 3:33
Location: Makassar
Daily Vehicle: Captiva diesel nfl 2007

Re: Nostalgic Review - City Z Vtec 2001 - Katarina

Post by Ngasepngaspal »

Dan keajaiban ini juga hadir di teras rumah kami, siti barokah, begitu biasa kami menyebutnya.
Ngasepngaspal
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: Fri Dec 07, 2018 3:33
Location: Makassar
Daily Vehicle: Captiva diesel nfl 2007

Re: Nostalgic Review - City Z Vtec 2001 - Katarina

Post by Ngasepngaspal »

Dan keajaiban ini juga hadir di teras rumah kami, siti barokah, begitu biasa kami menyebutnya, atau lebih singkatnya sibar.

Bicara ttg mesin seri Dnya ini, awalnya kami nebus si sibar ini, kebetulan patungan sy dg ortu buat beliin mobil operasional nenek kami. Saya sendiri saat itu pegang mobilio.

Jd ga tll aware dg engone si sedan silver ini, karena bukan untuk saya yg pakai. saat itu, saat pertama kali saya test drive, sy ga sama sekali ga amaze dan berdecak dg jambakan si silver, karena saya pikir ini mobil 2.000 cc saat itu. Wkwkwk.

Barulah kemudian saya ngeh, inilah harta terakhir honda, D15B7, yg ditanam dalam sebuah SX8.

sekarang saja saat ngaspal bareng sibar, saya terap masih dibuat pangling, seolah sedang naik mobil cc 1.500 keatas, saking begitu terasa jelasnya perbedaan performa antara sibar dg L15Z1 nya Mobilio dan mesin2 1.500 cc jepun kekinian, antara langit dan bumi perbedaannya.

Benar kata om donoseraya, old hondas never die, they just got faster
User avatar
rechtmasta
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 389
Joined: Mon Jan 11, 2010 10:50

Re: Nostalgic Review - City Z Vtec 2001 - Katarina

Post by rechtmasta »

Ngasepngaspal wrote: Sun May 12, 2019 14:33 Dan keajaiban ini juga hadir di teras rumah kami, siti barokah, begitu biasa kami menyebutnya, atau lebih singkatnya sibar.

Bicara ttg mesin seri Dnya ini, awalnya kami nebus si sibar ini, kebetulan patungan sy dg ortu buat beliin mobil operasional nenek kami. Saya sendiri saat itu pegang mobilio.

Jd ga tll aware dg engone si sedan silver ini, karena bukan untuk saya yg pakai. saat itu, saat pertama kali saya test drive, sy ga sama sekali ga amaze dan berdecak dg jambakan si silver, karena saya pikir ini mobil 2.000 cc saat itu. Wkwkwk.

Barulah kemudian saya ngeh, inilah harta terakhir honda, D15B7, yg ditanam dalam sebuah SX8.

sekarang saja saat ngaspal bareng sibar, saya terap masih dibuat pangling, seolah sedang naik mobil cc 1.500 keatas, saking begitu terasa jelasnya perbedaan performa antara sibar dg L15Z1 nya Mobilio dan mesin2 1.500 cc jepun kekinian, antara langit dan bumi perbedaannya.

Benar kata om donoseraya, old hondas never die, they just got faster
Jadi mobil operasional neneknya dikasih apa dong kalo si sibar-nya dipake om terus, wkwkwk.

Selamat yah om buat meminang si Z, semoga betah dan puas maen2 sama sibarnya.

Hiks...pengen juga minang lagi, tapi apa daya, cuma sanggup miara 1 mobil untuk saat ini.

Sebaiknya HPM mending hapus line up Mobilio dan BRV nya, bikin lagi jalur produksi Z, wkwkwkw :mky_02: :mky_02: