Review: Kijang Innova 2.0 E M/T 2012

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Rundeer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Fri Jan 15, 2016 15:00
Location: Bandar Lampung, Lampung
Daily Vehicle: Innova

Review: Kijang Innova 2.0 E M/T 2012

Post by Rundeer »

Halo rekan-rekan sm, momod, dan pembaca sekalian :frm_salut:
Akhirnya saya yg masih niubi ini memberanikan diri untuk membuat review pertama saya. Yang direview? Sesuai judul... Kijang Innova 2.0 E M/T rakitan 2012 yang sekarang menjabat sebagai mobil perang keluarga :big_smoking:

Intro
Kijang Innova yang saya review ini sebut aja ipah merupakan pengganti mobil perang keluarga saya sebelumnya, Kijang Super SSX 95' yang telah mengabdi selama 9 tahun lamanya. Kenapa ngambil tipe E bensin? well... dulu ayah saya sempet mau bungkus tipe G bensin atau E diesel. but... setelah beliau pikir-pikir tipe G kelengkapannya gk jauh beda sama E tapi harganya beda 20jutaan (cuma beda foglamp, double din, sensor parkir, setir, dan driver seat adjuster) dan saat itu solar lagi krisis jadi diputuskan ambil yang bensin.
gak usah berlama-lama, yuk lanjut ke reviewnya :mky_02:

Exterior
Exterior ipah ini pasti semua orang udah hapal, apalagi termasuk mobil sejuta umat di Indonesia setelah si papanja :big_grin:
But... keadaan exterior ipah ini udah gk standar lagi.. banyak krum-kruman dan aksesoris yang menempel di mobil ini :big_slap: Jadi biarkan saja gambar yang berbicara :upss:
Image
Image

Interior
interior mobil ini terlihat homey dan spartan. Full of hard plastic. Tapi untungnya plasticnya masih solid saat ditekan. Dashboard dual-tone colornya sedikit mengangkat kemewahan mobil ini. But, fit and finishnya kurang baik. masih ada gap-gap antar panel yang sedikit mengganggu mata :mky_06:
Safety features? Jaman ini toyota masih dilanda buta safety sehingga airbag dan rem abs cuma ada di tipe V :big_bored:
Image
Desain speedometernya sangat spartan dan sangat tipe mobil pekerja. Terlalu membosankan menurut saya :mky_05:
Kursinya tebal dan lumayan nyaman untuk diduduki meskipun untuk perjalanan jauh masih kerasa pegal. Dan yang penting... interiornya... legaaaa :mky_02: Third rownya pun masih manusiawi untuk diduduki oleh 3 orang dewasa.
Di mobil ini banyak banget cup holdernya. Mungkin kalo mudik biar penumpangnya kembung karena kebanyakan minum :big_biglaugh:
Karena interior standar Ipah E yang terlalu trondol fitur, akhirnya ayah saya menambah beberapa aksesoris ipah V dan lumayan mengangkat derajat ipah E yang trondolan :big_weee:
Image

Driving Impression
Masukan kunci dan start the engine!
Terdengar suara mesin 1TR-FE yang sangat familiar di telinga. Karakter mesin 1TR-FE 1998cc ini lemot dan boyo di putaran bawah. Tenaganya baru ngisi diatas 3000rpm. Mobil ini pas di gas ngegerung dulu baru jalan :big_chicken: FC mobil ini dalkot 1:7-1:9 dan untuk lukot 1:8-1:10 dengan metode full to full pake pertalite.
Mobil ini top speednya belum diketahui karena kebanyakan jalan di kota dan di sini juga gaada jalan tol :big_bored:
Setirnya menurut saya gak berat-berat amat, cuma untuk u-turn dan parkir, muter setirnya bakal heboh karena kebanyakan muter dan radius putarnya dah kaya bawa truk :big_slap:
Pilar A bagian paling horor bagi saya. Terlalu mendominasi dan menciptakan blindspot yang mengerikan :roll:
Tapi... suspensi dan bantingan yang nyaman merupakan suatu nilai plus bagi mobil ini untuk menutupi kekurangan mesin 1TR yang boros dan lemot :big_exellent:

Problems
Selama 4 tahun pemakaian, ipah ini mengalami beberapa masalah yang untungnya pas masih garansi :ungg: tapi ada jg yg masih sampe sekarang
- Motor semprotan air rear wiper rusak (solved)
- Door lock pintu penumpang belakang kiri macet (solved)
- AC belakang bau ketek pas awal diidupin (solved)
- Mesin berebet dan sempet gak mau distart (solved)
- Suara gluduk-gluduk di engine bay (unsolved), gak tau asalnya darimana :frm_bang_head:

Conclusion
Pros :frm_tumbright:
+ Toyota
+ Toyota
+ Interior lega
+ Suspensi nyaman
+ Sangat praktikal

Cons :off_no:
- Mesin 1TR boyo dan boros
- No safety features
- Radius putar gedeee
- Panel gap di dashboard

So, that's all. Thank you :big_blushing:
Jangan nginjek gas dalam dalam, boros, mending nyantai aja :ngacir:
User avatar
armann
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1091
Joined: Mon Dec 28, 2015 18:55
Location: JakartaBarat

Re: Review: Kijang Innova 2.0 E M/T 2012

Post by armann »

Pertamax, nice review... pdhl blm baca smua wkwk

Btw kalo itu bner tipe E yg di foto sih udh gk keliatan kyk tipe E lagi, warna bodi yg di pilar kaca aja sampe di cat warna hitam, nice touch, original look, untung bagian situ gk dikasih krom2an
PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
tokeknyungsep
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Mon Jul 11, 2016 13:57

Re: Review: Kijang Innova 2.0 E M/T 2012

Post by tokeknyungsep »

nice review om , sekarang ipahnya dah brp km? ane py gnki 2012 (84xxx km ) sepanjang ini masalah di alarm bunyi bunyi , ngelitik, shock depan kanan mati , rattle di bagian dasbor....

#salampenggunajeduq
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Review: Kijang Innova 2.0 E M/T 2012

Post by michaelgiri93 »

Nice review om
Innovanya cakep gak keliatan kaya type E
Btw fuel consnya kaya galant saya, sedikit lebih ngirit innova om sih :big_slap:
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 750
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: Review: Kijang Innova 2.0 E M/T 2012

Post by doge »

Nice review om...

Jd obat ac blkg bau diapain?
:ngacir:
DagingSemur
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: Wed Apr 20, 2016 5:03

Re: Review: Kijang Innova 2.0 E M/T 2012

Post by DagingSemur »

Nice review om
Innovanya bagus ya, udah ga keliatan type E nya, paling cuma logo dibelakang aja ya om yang masih logo E [emoji28]


Sent from my iPhone using Tapatalk
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Review: Kijang Innova 2.0 E M/T 2012

Post by ricz »

Nice review...

Jadi ingat pernah bawa ipah e gnki ini, kesannya : bahan stirnya kasar! :big_slap:

Maybe perlu diakali dgn pasang sarung stir ato kek om ini lakukan, pasang steer type V :mky_03:

Sent from my Redmi 3 using Seraya Motor mobile app
2021 Fortuner VRZ
diidoot
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 302
Joined: Wed May 11, 2016 8:40

Re: Review: Kijang Innova 2.0 E M/T 2012

Post by diidoot »

Sebenernya selisih 20 juta itu ga worth it banget buat ngambil tipe G. Dulu sebelum ada innova tipe J dan bisnis, innova E ini kastanya paling bawah kan, tapi semenjak fiturnya ditambahin ini itu yang berguna (AC belakang, wiper belakang, velg alloy) jadi ga keliatan banget bedanya sama tipe G
-
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: Review: Kijang Innova 2.0 E M/T 2012

Post by nyotnyet »

Nice review...salam dari pengguna ipah tapi dengan jantung berbeda...hehehe...

Bokapnya gaul juga ya, sampai ganti setir ke type V...itu tombolnya nyala apa cuma dummy om? Mungkin bisa fijabarkan detil modifnya apa aja...hehehehe


Sent from my iPad using Tapatalk

Soul Red zoom zoom
Rundeer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Fri Jan 15, 2016 15:00
Location: Bandar Lampung, Lampung
Daily Vehicle: Innova

Re: Review: Kijang Innova 2.0 E M/T 2012

Post by Rundeer »

armann wrote:Pertamax, nice review... pdhl blm baca smua wkwk

Btw kalo itu bner tipe E yg di foto sih udh gk keliatan kyk tipe E lagi, warna bodi yg di pilar kaca aja sampe di cat warna hitam, nice touch, original look, untung bagian situ gk dikasih krom2an
Beneran tipe E kok oom :big_blushing:
tokeknyungsep wrote:nice review om , sekarang ipahnya dah brp km? ane py gnki 2012 (84xxx km ) sepanjang ini masalah di alarm bunyi bunyi , ngelitik, shock depan kanan mati , rattle di bagian dasbor....

#salampenggunajeduq
57xxx km on going om. Btw sekarang jg dah mulai muncul rattle halus di doortrim depan :ungg:
doge wrote:Nice review om...

Jd obat ac blkg bau diapain?
Waktu itu dibawa ke beres pas servis berkala. Sama beres kaya dikasih cairan pembersih gitu
ricz wrote:Nice review...

Jadi ingat pernah bawa ipah e gnki ini, kesannya : bahan stirnya kasar! :big_slap:

Maybe perlu diakali dgn pasang sarung stir ato kek om ini lakukan, pasang steer type V :mky_03:

Sent from my Redmi 3 using Seraya Motor mobile app
Ayah saya jg gk tahan sama stir standar ipah E ini makanya diganti wkwkw. Bahannya licin dan desainnya sama kaya apanja.
diidoot wrote:Sebenernya selisih 20 juta itu ga worth it banget buat ngambil tipe G. Dulu sebelum ada innova tipe J dan bisnis, innova E ini kastanya paling bawah kan, tapi semenjak fiturnya ditambahin ini itu yang berguna (AC belakang, wiper belakang, velg alloy) jadi ga keliatan banget bedanya sama tipe G
Emg gak worth it om. Apalagi aksesoris tipe G itu bisa dipasang sendiri dan bisa lebih murah.
nyotnyet wrote:Nice review...salam dari pengguna ipah tapi dengan jantung berbeda...hehehe...

Bokapnya gaul juga ya, sampai ganti setir ke type V...itu tombolnya nyala apa cuma dummy om? Mungkin bisa fijabarkan detil modifnya apa aja...hehehehe


Sent from my iPad using Tapatalk
Salam jg oom :frm_salut:
List apa aja yg dimodif:
- Setir tipe V (tombol berfungsi semua)
- wood panel + shiftknob tipe V
- side skirt tipe V
- high mount stop lamp tipe V
- lampu baca + roof monitor tipe V
- lampu kabin ganti LED semua
- kamera mundur + sensor parkir
- double din standar diganti double din merk cina (ayah nyari yg ada GPSnya wkwk)
- pilar di kaca di stiker hitam semua
- sisanya aksesoris krum kruman, roof rail, sama tanduk depan
Itu total costnya sekitar 20jt+ :mrgreen:
Jangan nginjek gas dalam dalam, boros, mending nyantai aja :ngacir:
User avatar
armann
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1091
Joined: Mon Dec 28, 2015 18:55
Location: JakartaBarat

Re: Review: Kijang Innova 2.0 E M/T 2012

Post by armann »

Lampu baca tipe V + sunglass holder emg bisa dipasangin ke tipe E ya? Sekalian ganti climate control aja tuh ac nya kyk yg tipe V kalo bs, rapih jadinya
PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5694
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Review: Kijang Innova 2.0 E M/T 2012

Post by sintoni »

armann wrote:Lampu baca tipe V + sunglass holder emg bisa dipasangin ke tipe E ya? Sekalian ganti climate control aja tuh ac nya kyk yg tipe V kalo bs, rapih jadinya
Emang bisa ya om pasang tombol digital AC yang tipe V?

Berapaan ya om?
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: Review: Kijang Innova 2.0 E M/T 2012

Post by nyotnyet »

armann wrote:Lampu baca tipe V + sunglass holder emg bisa dipasangin ke tipe E ya? Sekalian ganti climate control aja tuh ac nya kyk yg tipe V kalo bs, rapih jadinya
Bisa kok om...punya saya type V lama sunglass holdernya model gemuk, sudah ganti ke model yg V baru...potong plafon + tarik kabel...

Kalo climate rasanya agak susah sih...

Modif papanya niat juga ya...hahahahaha sekalian tuker type V harusnya hahaha


Sent from my iPhone using Tapatalk

Soul Red zoom zoom
User avatar
armann
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1091
Joined: Mon Dec 28, 2015 18:55
Location: JakartaBarat

Re: Review: Kijang Innova 2.0 E M/T 2012

Post by armann »

sintoni wrote:
armann wrote:Lampu baca tipe V + sunglass holder emg bisa dipasangin ke tipe E ya? Sekalian ganti climate control aja tuh ac nya kyk yg tipe V kalo bs, rapih jadinya
Emang bisa ya om pasang tombol digital AC yang tipe V?

Berapaan ya om?
Yg jual sih bnyk sekitar 2-3jt, buat yg anki aja udh ada kalo mau upgrade dari G ke V atau Q, ambient lighting aja bisa dibeli + auto ac, tp gk ngerti dej modulnya dpt darimana, kan kalo climate control + auto ac kan ada temp sensingnya
PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
User avatar
armann
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1091
Joined: Mon Dec 28, 2015 18:55
Location: JakartaBarat

Re: Review: Kijang Innova 2.0 E M/T 2012

Post by armann »

nyotnyet wrote:
armann wrote:Lampu baca tipe V + sunglass holder emg bisa dipasangin ke tipe E ya? Sekalian ganti climate control aja tuh ac nya kyk yg tipe V kalo bs, rapih jadinya
Bisa kok om...punya saya type V lama sunglass holdernya model gemuk, sudah ganti ke model yg V baru...potong plafon + tarik kabel...

Kalo climate rasanya agak susah sih...

Modif papanya niat juga ya...hahahahaha sekalian tuker type V harusnya hahaha

Ohhh bgs jg ya kalo bs, sekalian ganti ke yg versi luar aja, dpt auto lamp pas buka pintu (kalo yg buatan lokal gk ada)

Sent from my iPhone using Tapatalk
PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: Review: Kijang Innova 2.0 E M/T 2012

Post by nyotnyet »

armann wrote:
nyotnyet wrote:
armann wrote:Lampu baca tipe V + sunglass holder emg bisa dipasangin ke tipe E ya? Sekalian ganti climate control aja tuh ac nya kyk yg tipe V kalo bs, rapih jadinya
Bisa kok om...punya saya type V lama sunglass holdernya model gemuk, sudah ganti ke model yg V baru...potong plafon + tarik kabel...

Kalo climate rasanya agak susah sih...

Modif papanya niat juga ya...hahahahaha sekalian tuker type V harusnya hahaha

Ohhh bgs jg ya kalo bs, sekalian ganti ke yg versi luar aja, dpt auto lamp pas buka pintu (kalo yg buatan lokal gk ada)

Sent from my iPhone using Tapatalk
Kebetulan punya saya pake yg itu om...

Image

Ini ada yg nawarin modul cruise control...jujur tertarik, cuma lagi bandingkan fungsi x harga



Sent from my iPhone using Tapatalk

Soul Red zoom zoom
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Review: Kijang Innova 2.0 E M/T 2012

Post by NYoman »

Seri ini merupakan seri yang paling gagah desain nya dibanding yang sebelumnya terlihat lebih kalem. Tapi diseri ini ada sedikit turun kualitas terutama lampu rem belakang sering sekali mati 1 ataupun 22 nya, dasbor yang ada bunyi rattle dan ternyata bunyi asalnya dari kompartemen atas yang pintunya lebih longgar dibanding seri sebelumnya makanya kalau jalan agak keriting ada bunyi krrrrtt agak ganggu telinga.. Saya punya GNKI dan satu seri sebelumnya (facelift 1) dan tetap masih badak tanpa masalah kecuali minor2 di interior.. Termasuk sakit hati juga karena setelah seri 2012 muncul facelift terakhir thn 2013 dengan abs dan airbag untuk semua tipe..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
armann
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1091
Joined: Mon Dec 28, 2015 18:55
Location: JakartaBarat

Re: Review: Kijang Innova 2.0 E M/T 2012

Post by armann »

nyotnyet wrote:
armann wrote:
nyotnyet wrote:
Bisa kok om...punya saya type V lama sunglass holdernya model gemuk, sudah ganti ke model yg V baru...potong plafon + tarik kabel...

Kalo climate rasanya agak susah sih...

Modif papanya niat juga ya...hahahahaha sekalian tuker type V harusnya hahaha

Ohhh bgs jg ya kalo bs, sekalian ganti ke yg versi luar aja, dpt auto lamp pas buka pintu (kalo yg buatan lokal gk ada)

Sent from my iPhone using Tapatalk
Kebetulan punya saya pake yg itu om...

Image

Ini ada yg nawarin modul cruise control...jujur tertarik, cuma lagi bandingkan fungsi x harga



Sent from my iPhone using Tapatalk
Nice choice, untung gk salah beli, nanggung aja kalo beli yg lampu spek fortuner sini & kalo pake yg V punya keliatan murahan imho. Wah cruise control gk guna sih kalo di kota, di indo sih jg prakteknya jarang kepake, malah kalo bisa sih tambahin modul downhill assist control, mantep tuh, kalo fortuner sih bisa dipakein
PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: Review: Kijang Innova 2.0 E M/T 2012

Post by nyotnyet »

armann wrote:
nyotnyet wrote:
armann wrote:
Kebetulan punya saya pake yg itu om...

Image

Ini ada yg nawarin modul cruise control...jujur tertarik, cuma lagi bandingkan fungsi x harga



Sent from my iPhone using Tapatalk
Nice choice, untung gk salah beli, nanggung aja kalo beli yg lampu spek fortuner sini & kalo pake yg V punya keliatan murahan imho. Wah cruise control gk guna sih kalo di kota, di indo sih jg prakteknya jarang kepake, malah kalo bisa sih tambahin modul downhill assist control, mantep tuh, kalo fortuner sih bisa dipakein
Iya saya sendiri paham kalo cruise control itu ga guna di indo, cuma kalo bisa ditambahin sampe fullspec itu rasanya gimana gitu hahahaha...
Ini aja slot kanan sudah penuh alarm, manual leveling dan tombol atur mirror + retract

Image

Perkara tmpt kacamata emang dari awal saya pilih yg ada switch door/off om...simpel, harga sama, pilih yg fullspek donk...hehehehe


Sent from my iPhone using Tapatalk

Soul Red zoom zoom
User avatar
armann
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1091
Joined: Mon Dec 28, 2015 18:55
Location: JakartaBarat

Re: Review: Kijang Innova 2.0 E M/T 2012

Post by armann »

nyotnyet wrote:
armann wrote:
nyotnyet wrote:
Kebetulan punya saya pake yg itu om...

Image

Ini ada yg nawarin modul cruise control...jujur tertarik, cuma lagi bandingkan fungsi x harga



Sent from my iPhone using Tapatalk
Nice choice, untung gk salah beli, nanggung aja kalo beli yg lampu spek fortuner sini & kalo pake yg V punya keliatan murahan imho. Wah cruise control gk guna sih kalo di kota, di indo sih jg prakteknya jarang kepake, malah kalo bisa sih tambahin modul downhill assist control, mantep tuh, kalo fortuner sih bisa dipakein
Iya saya sendiri paham kalo cruise control itu ga guna di indo, cuma kalo bisa ditambahin sampe fullspec itu rasanya gimana gitu hahahaha...
Ini aja slot kanan sudah penuh alarm, manual leveling dan tombol atur mirror + retract

Image

Perkara tmpt kacamata emang dari awal saya pilih yg ada switch door/off om...simpel, harga sama, pilih yg fullspek donk...hehehehe


Sent from my iPhone using Tapatalk
Emg sy jg kalo di mobil yg bnyk dummy slotnya rasanya pengen penuhin smua, apalg di mobil2 toyota, kesel saking bnyk tombol dummynya & sunatan2. Btw beli ginian jg mesti jeli, kadang2 ditawarin cmn yg spek lokal aja pdhl kalo ada yg fitur lebih lengkap kan why not, dengan harga yg gk beda jauh apalg, detail2 kecil yg kadang2 gk kepikiran sm yg ganti, misalnya ada switch auto lamp kalo buka pintu yg gk ada di spek indo. Kalo dulu sih punya innova G kepikirannya ganti doff trim ke wood is a must, apalagi ganti ke stir tipe V yg terbaru, kalo bisa sih ambil stir eks atau pasangan camry V atau fortuner uae spec yg ada pengatur suhu ac lengkap di steering switchnya jg, bgs tuh, barangnya langka & gk sembarang bs pasang
PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: Review: Kijang Innova 2.0 E M/T 2012

Post by nyotnyet »

armann wrote:
nyotnyet wrote:
armann wrote:
Nice choice, untung gk salah beli, nanggung aja kalo beli yg lampu spek fortuner sini & kalo pake yg V punya keliatan murahan imho. Wah cruise control gk guna sih kalo di kota, di indo sih jg prakteknya jarang kepake, malah kalo bisa sih tambahin modul downhill assist control, mantep tuh, kalo fortuner sih bisa dipakein
Iya saya sendiri paham kalo cruise control itu ga guna di indo, cuma kalo bisa ditambahin sampe fullspec itu rasanya gimana gitu hahahaha...
Ini aja slot kanan sudah penuh alarm, manual leveling dan tombol atur mirror + retract

Image

Perkara tmpt kacamata emang dari awal saya pilih yg ada switch door/off om...simpel, harga sama, pilih yg fullspek donk...hehehehe


Sent from my iPhone using Tapatalk
Emg sy jg kalo di mobil yg bnyk dummy slotnya rasanya pengen penuhin smua, apalg di mobil2 toyota, kesel saking bnyk tombol dummynya & sunatan2. Btw beli ginian jg mesti jeli, kadang2 ditawarin cmn yg spek lokal aja pdhl kalo ada yg fitur lebih lengkap kan why not, dengan harga yg gk beda jauh apalg, detail2 kecil yg kadang2 gk kepikiran sm yg ganti, misalnya ada switch auto lamp kalo buka pintu yg gk ada di spek indo. Kalo dulu sih punya innova G kepikirannya ganti doff trim ke wood is a must, apalagi ganti ke stir tipe V yg terbaru, kalo bisa sih ambil stir eks atau pasangan camry V atau fortuner uae spec yg ada pengatur suhu ac lengkap di steering switchnya jg, bgs tuh, barangnya langka & gk sembarang bs pasang
Nahh ke depannya setir dipenuhin juga boleh tuh...ke depannya saya mau ganti motif kayu orangenya ke kayu hitam...sekalian bekleed, cuma maunya yg leather, karna semi leather abal2 bikin keringetan punggung

@TS : maaf dan terimakasih ya sudah "membajak threadnya" hehehe


Sent from my iPhone using Tapatalk

Soul Red zoom zoom
carl
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Tue Dec 31, 2013 14:57
Daily Vehicle: transjakarta

Re: Review: Kijang Innova 2.0 E M/T 2012

Post by carl »

Kebetulan saya dulu pake 2.0 E akhir Juli 2013 (Agustus baru keluar yg Dono). Yang E harganya 227 sedangkan tipe G 250jt. Saya rasa gak worth it kalo nambah 23 juta utk printil2an. Padahal safety sama2 kopong.

Seminggu pertama alarmnya rusak sehingga harus ganti, diganti Krn masih garansi dan menurut invoicenya harganya sekian jt. Dan di service 1000km, lampu rem harus diganti Krn putus. Namun tidak dicover garamsi.

Lalu, pads service 20k/30k salah satu shocknya mati. Sehingga harus ganti, untungnya masih garansi. Kemudian, glove box atas kalau dibuka kayak mau patah. Sebenarnya ini mau diclaim, tapi harus bongkar dashboard.

Oiya, dari (2013-2016) ini mobil ngelitik gak pernah hilang. Padahal saya ga pernah pake premium. Lebih sering Pertamax/pertalite

Untuk stir, sebenarnya berbeda dg Avanza. Cuma desainnya doang yg mirip. Kemudian, tongkat transmisinya terlalu panjang jadi gak enak untuk sering oper gigi.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4580
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Review: Kijang Innova 2.0 E M/T 2012

Post by Pboyz97 »

Nice review om

Emang nih mobil sangat practical serta nyaman untuk pemakaian dalkot & lukot, walaupun fitur safetynya tegolong minim , mesin bensinnya yg kurang bertenaga belom lagi citra boros BBM yang melekat pada innova bensin ini, btw modifannya boleh juga om, jadinya ga keliatan kaya tipe E lagi hehehe.

Oh iya mau berbagi pengalaman aja nih, kebetulan sodara bokap ada yang melihara GNKI 2.0 G A/T 2012, bedanya dengan tipe E hanya ada di foglamp, double din, sensor parkir & setir, jadinya saya setuju sama om TS kalo selisih 20 jt dengan tipe Gnya, kurang worth kalo menurut saya kecuali bedanya ada di safety featuresnya (airbag,abs) , mending ambil tipe E terus sisanya buat modif2 kaya om TS ini hehehe , apalagi dengan hadirnya tipe J sebagai tipe termurah membuat tipe E ini sedikit naik kelas dibanding versi PFLnya & FL-1 dimana tipe E merupakan varian termurah Innova
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
armann
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1091
Joined: Mon Dec 28, 2015 18:55
Location: JakartaBarat

Re: Review: Kijang Innova 2.0 E M/T 2012

Post by armann »

nyotnyet wrote:
armann wrote:
nyotnyet wrote:
Iya saya sendiri paham kalo cruise control itu ga guna di indo, cuma kalo bisa ditambahin sampe fullspec itu rasanya gimana gitu hahahaha...
Ini aja slot kanan sudah penuh alarm, manual leveling dan tombol atur mirror + retract

Image

Perkara tmpt kacamata emang dari awal saya pilih yg ada switch door/off om...simpel, harga sama, pilih yg fullspek donk...hehehehe


Sent from my iPhone using Tapatalk
Emg sy jg kalo di mobil yg bnyk dummy slotnya rasanya pengen penuhin smua, apalg di mobil2 toyota, kesel saking bnyk tombol dummynya & sunatan2. Btw beli ginian jg mesti jeli, kadang2 ditawarin cmn yg spek lokal aja pdhl kalo ada yg fitur lebih lengkap kan why not, dengan harga yg gk beda jauh apalg, detail2 kecil yg kadang2 gk kepikiran sm yg ganti, misalnya ada switch auto lamp kalo buka pintu yg gk ada di spek indo. Kalo dulu sih punya innova G kepikirannya ganti doff trim ke wood is a must, apalagi ganti ke stir tipe V yg terbaru, kalo bisa sih ambil stir eks atau pasangan camry V atau fortuner uae spec yg ada pengatur suhu ac lengkap di steering switchnya jg, bgs tuh, barangnya langka & gk sembarang bs pasang
Nahh ke depannya setir dipenuhin juga boleh tuh...ke depannya saya mau ganti motif kayu orangenya ke kayu hitam...sekalian bekleed, cuma maunya yg leather, karna semi leather abal2 bikin keringetan punggung

@TS : maaf dan terimakasih ya sudah "membajak threadnya" hehehe


Sent from my iPhone using Tapatalk
Sekalian ganti ke stir ini mksdnya, masukan bwt TS jg syp tau kepengen hehe...

Image
PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
Rundeer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Fri Jan 15, 2016 15:00
Location: Bandar Lampung, Lampung
Daily Vehicle: Innova

Re: Review: Kijang Innova 2.0 E M/T 2012

Post by Rundeer »

NYoman wrote:Seri ini merupakan seri yang paling gagah desain nya dibanding yang sebelumnya terlihat lebih kalem. Tapi diseri ini ada sedikit turun kualitas terutama lampu rem belakang sering sekali mati 1 ataupun 22 nya, dasbor yang ada bunyi rattle dan ternyata bunyi asalnya dari kompartemen atas yang pintunya lebih longgar dibanding seri sebelumnya makanya kalau jalan agak keriting ada bunyi krrrrtt agak ganggu telinga.. Saya punya GNKI dan satu seri sebelumnya (facelift 1) dan tetap masih badak tanpa masalah kecuali minor2 di interior.. Termasuk sakit hati juga karena setelah seri 2012 muncul facelift terakhir thn 2013 dengan abs dan airbag untuk semua tipe..
Setuju om..
Penurunan kualitas yang paling ganggu sih gap di dashboardnya itu :ungg: lampu rem mati jg pernah ngalamin yg sebelah kanan, kabel lampunya digoyang dikit idup lagi wkwkw. Kalo yg soal facelift itu emg rada bikin nyesek jg. Tapi setelah liat pricelistnya yang makin mengerikan, rasa nyeselnya ilang wkwkw. Thn 2012 innova E sekitar 225jt, pas 2014 harganya 255jt. Naek 30jetong cuma nambah airbag doang :big_slap:
nyotnyet wrote:
@TS : maaf dan terimakasih ya sudah "membajak threadnya" hehehe


Sent from my iPhone using Tapatalk
Gapapa kok om. Nyantai aja wkwkw :big_okay: malah seru om saling bahas modifan ipahnya :mrgreen:
Jangan nginjek gas dalam dalam, boros, mending nyantai aja :ngacir: