The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: 11 Nov 2005, 11:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by octafiantos »

Bagus mobilnya, mulus dan low mileage.
Ada beberapa poin yang menurut saya agak ganjel. Bukan mengkritik tapi lebih supaya naik kelas masuk ke item kolektor beneran. Ada sedikit gado gado di mobil ini.

Pertama tape. Lebih pas kalo dibalikin ke OEM, Becker Silverstone dengan CD Changer.
Karena kalo pake tape seperti ini dimmer lampu cluster, OBC dan lampu panel konsol tengah ngga sinkron dengan tape. Kalo lampu cluster diredupin, tape ngga ikut redup. Amber lightnya ngga kena jadinya. Mudah mudahan kabel aslinya ngga dipotong karena konektor ke Becker dengan konektor ke tape aftermarket itu beda. Kedua stiker, agak nyakitin mata. Ini sih soal gampang, tinggal dikelupas saja.

Kalo mau pake item tambahan yang ngga merusak nilai, ada banyak.
Kalo audio Becker dianggap kurang nendang, bisa pake Rover CD43 sudah single disc. Masih kurang puas bisa pakai amplifier dan set speaker Harman Kardon khusus untuk E36. Kalo mau kabin agak meriah seperti kokpit pesawat bisa pake cluster speedo M3 US (miles dengan penujuk ekonometer). Kalo UK beda, ga ada ekonometer, adanya oil pressure. Dipadukan OBC 18button dengan outside temp sensor dan gong. Jadi kalo kontak nggak dicabut dan pintu dibuka, bunyinya bukan teeet... teeeet seperti parkit kecekek, tapi elegan seperti gong kecil. Tung.. tung.. tung.. mirip alert seat belt sign di pesawat.

Masih banyak yang bisa diinstall: parking sensor OEM, setir dengan multi kontrol button, cruise control. Semua ada OEMnya.
Terakhir: jangan dijual. Yang sudah sudah sih dari satu tangan pindah ke tangan kedua akan mengalami degradasi kualitas.
Kavling kosong, bisa dikridit.
diidoot
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 302
Joined: 11 May 2016, 15:40

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by diidoot »

Dulu almarhum kakek gue punya 320i manual tahun 96 yang lampu seinnya kuning dari baru sampai dijual pas berumur 8 tahunan

Kalau kata bokap gue yang petrolhead, ini mobil yang paling asik yang pernah doi kemudikan. Dulu gue kalau duduk di belakang rasanya kayak dijambak aja kalau pas pedal gas dibejek sama bokap. Dan yang paling kewl itu doi ke bandung cuman 2 jam, jaman tol cuman sampe cikampek aja, dan itu pertama kalinya saya ngerasain jalan 220 km/jam :big_childish:

Yang bener bener ga terlupakan dari ini mobil ya itu baunya. Entah kenapa sampe sekarang masih kebayang terus :mky_03:

Oh iya itu kenapa HU Becker udah berubah jadi pioneer ala ala Senia om?

btw footrest di 323 elite gue juga ada om, bedanya pedal pedalnya bukan ke lantai kayak mobil europe :big_peace:
-
96bianca
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: 27 Nov 2015, 17:01

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by 96bianca »

Mulus banget, low km, pasti bener2 dirawat sm yg punya ya om. Ada bbrp tmn dikampus punya E36 sering ngebengkel mulu.

Btw E36 323i sama W202 C230 mahalan mana ngerawatnya om? Jajannya banyakan mana?
Calon sarjana hukum
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: 11 Nov 2005, 11:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by octafiantos »

Common sense sih banyakan jajan yang businya 6. Busi ekstra 2, dan olinya ekstra 2-2.5liter per interval ganti. Konsumsi idlenya pasti rakusan yang injektornya lebih banyak. Jangan hitung cruising deh, kota besar crusing paling 10-15 detik udah deselerasi. Konsumsi gede kan di idle sama di awal rolling.

Sent from my m2 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by ChZ »

octafiantos wrote:Bagus mobilnya, mulus dan low mileage.
Ada beberapa poin yang menurut saya agak ganjel. Bukan mengkritik tapi lebih supaya naik kelas masuk ke item kolektor beneran. Ada sedikit gado gado di mobil ini.

Pertama tape. Lebih pas kalo dibalikin ke OEM, Becker Silverstone dengan CD Changer.
Karena kalo pake tape seperti ini dimmer lampu cluster, OBC dan lampu panel konsol tengah ngga sinkron dengan tape. Kalo lampu cluster diredupin, tape ngga ikut redup. Amber lightnya ngga kena jadinya. Mudah mudahan kabel aslinya ngga dipotong karena konektor ke Becker dengan konektor ke tape aftermarket itu beda. Kedua stiker, agak nyakitin mata. Ini sih soal gampang, tinggal dikelupas saja.

Kalo mau pake item tambahan yang ngga merusak nilai, ada banyak.
Kalo audio Becker dianggap kurang nendang, bisa pake Rover CD43 sudah single disc. Masih kurang puas bisa pakai amplifier dan set speaker Harman Kardon khusus untuk E36. Kalo mau kabin agak meriah seperti kokpit pesawat bisa pake cluster speedo M3 US (miles dengan penujuk ekonometer). Kalo UK beda, ga ada ekonometer, adanya oil pressure. Dipadukan OBC 18button dengan outside temp sensor dan gong. Jadi kalo kontak nggak dicabut dan pintu dibuka, bunyinya bukan teeet... teeeet seperti parkit kecekek, tapi elegan seperti gong kecil. Tung.. tung.. tung.. mirip alert seat belt sign di pesawat.

Masih banyak yang bisa diinstall: parking sensor OEM, setir dengan multi kontrol button, cruise control. Semua ada OEMnya.
Terakhir: jangan dijual. Yang sudah sudah sih dari satu tangan pindah ke tangan kedua akan mengalami degradasi kualitas.
Nganuuu om CD changer ori nya masih nempel koq... masih berfungsi. Ane gak tahu itu HU bukan ori nya yah? :big_slap: Entahlah ane karena gak hapal dengan mobilnya jadi gak sempet tanya itu HU gantian apa enggak...

Pesan terakhirnya lumayan sulit... karena si owner bilang sudah waktunya dijual daripada menuh - menuhin garasi gak ada yang pake... :big_slap:
diidoot wrote:Dulu almarhum kakek gue punya 320i manual tahun 96 yang lampu seinnya kuning dari baru sampai dijual pas berumur 8 tahunan

Kalau kata bokap gue yang petrolhead, ini mobil yang paling asik yang pernah doi kemudikan. Dulu gue kalau duduk di belakang rasanya kayak dijambak aja kalau pas pedal gas dibejek sama bokap. Dan yang paling kewl itu doi ke bandung cuman 2 jam, jaman tol cuman sampe cikampek aja, dan itu pertama kalinya saya ngerasain jalan 220 km/jam :big_childish:

Yang bener bener ga terlupakan dari ini mobil ya itu baunya. Entah kenapa sampe sekarang masih kebayang terus :mky_03:

Oh iya itu kenapa HU Becker udah berubah jadi pioneer ala ala Senia om?

btw footrest di 323 elite gue juga ada om, bedanya pedal pedalnya bukan ke lantai kayak mobil europe :big_peace:
yep 320i basically same engine... M52 series. Beda stroke aja. konon ada stroker kit buat M52 ke 2800cc...

Nah soal HU... ane kurang tau juga :big_slap:

Yep baunya itu khas mobil Eropahan taun segitu sih.. hahaha...
96bianca wrote:Mulus banget, low km, pasti bener2 dirawat sm yg punya ya om. Ada bbrp tmn dikampus punya E36 sering ngebengkel mulu.

Btw E36 323i sama W202 C230 mahalan mana ngerawatnya om? Jajannya banyakan mana?
octafiantos wrote:Common sense sih banyakan jajan yang businya 6. Busi ekstra 2, dan olinya ekstra 2-2.5liter per interval ganti. Konsumsi idlenya pasti rakusan yang injektornya lebih banyak. Jangan hitung cruising deh, kota besar crusing paling 10-15 detik udah deselerasi. Konsumsi gede kan di idle sama di awal rolling.

Sent from my m2 using Tapatalk
Sudah dijawab hehe... C230 cuma 4-silinder. 323 6 Silinder. Yep 6 silinder kalo kebanyakan idle dan kaki kanan kalap injek gas ya kayak yang ane bilang... 5 km/l... :big_slap:

Rewel mana... kalo apple to apple lihat dari baru ya bisa lebih fair bandinginnya... tapi kalo sekarang.... sulit... sama-sama sudah berumur. Cari yang terawat kayak mobil ini susah sih... Kalo terawat terus ya bandel. Kalo gak terawat ya pasti rewel.

Konon W202 sih masalah di wiring harness terutama yang versi CIBO (C180)... tapi C230K punya ane gak masalah di wiring, malah matiknya jebol waktu dijual :big_slap:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: 11 Nov 2005, 11:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by octafiantos »

Iya bukan tape aslinya. Coba saja pas malam lampu cluster diredupkan, lampu tape tetap melotot ngga ikut redup. Becker aslinya mestinya masih disimpan, ada buku dan pinnya berupa kartu. Becker kalo aki dilepas minta pin angka 4 digit pas dihidupkan kembali.

Ada beberapa yang kelupaan. Senter masih ada kan? Posisinya di glove box bgian kiri warnnya putih. Bisa dilepas dari rumahnya yang sekaligus jadi chrger baterenya. Mestinya kalo km baru segitu senternya like brand new. Baterenya yang rusak biasanya, ga bisa dipake lama buat nyenterin. Toh ini udah masuk koleksi.

Terus tool kit bagasi. Mestinya masih lengkap, mereknya Heyco. Lalu kotak PPPK dan segitiga pengaman. Sama kunci dan buku manual. Kunci totalnya ada 4, diamond berlampu, diamond tanpa lampu, diamond tanpa lampu tanpa alur tengah buat valet (bisa hidupkan mobil tapi ga bisa buka glove box kalo dikunci) dan kunci plastik.

Kalo ada kesempatan foto siang, jangan terlewat foto detail di atas. Nilai kolektornya ada di situ.



Sent from my m2 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: 11 Nov 2005, 11:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by octafiantos »

Gua baru sadar setelah zoom gambar jok.
Ini joknya perforated. Ini masuk jok langka banget, lebih langka dari jok kain.

Karpet bagian penumpang kiri keliatan ga rapi, kaya ditutup karpet dasar tambahan.
Kalo dicopot lebih bagus, pasti masih bersih banget. Sayang banget ini jarang dipake pasti, dead pixel di obc dibiarin sama airbag nyala dibiarin.

Jangan jatuh ke tangan salah, tambah amburadul nanti.
:big_cry:
Kavling kosong, bisa dikridit.
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2968
Joined: 30 Nov 2013, 22:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by imingwahyudi »

a proper analogue BMW.

End of story

*good review as usual Chris :*
kerlinsia
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: 01 Feb 2017, 17:03

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by kerlinsia »

Keren banget Om mobilnya. 318i aja orang bilang udah enak banget, apalagi ini Om :D
Tapi sayangnya, ane gak berani punya mobil ini :( takutnya malah jadi mangkrak sama ane, karena mobilnya ane siksa dan perawatannya jauh lebih sulit dari besi tua jepang mainstream, apalagi ane tinggal dikota kecil yang Nissan Xtrail aja belum tentu selamat....
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: 19 May 2015, 11:08

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by egibaio »

Oalah baru sadar climate controlnya udah dual zone ya. E46 saya aja single wkwkwk
bepe
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: 07 Sep 2017, 10:56
Location: Jakarta Utara
Daily Vehicle: Hyundai_i20_crdi

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by bepe »

Bro, boleh minta no kontaknya ?
964
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 150
Joined: 24 Feb 2018, 16:31

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by 964 »

Seri mesin BMW yg suara mesin 6 sindernya salah satu yg terbaik. Warna suaranya mirip e36 M3. Dan bagi saya suara mesin e36 M3 adalah straight 6 paling merdu BMW. Ibarat album Metallica, e36 itu The Black Album. Suaranya sembab, gelap, padat, lantang.
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post