The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 15549
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)
Halooo pembaca SM...
Hari ini saya mau ulas sebuah mobil yang.... cukup legendaris.
Dan sedan ini mungkin salah satu yang kondisinya terbaik dibanding mobil-mobil serupa di jalanan... Layak menyandang gelar "The Ultimate Driving Machine".
BMW 323i E36..... MANUAL.
=========================
Prologue
Gak perlu cerita soal 3-series lah ya.... Jadi ini berawal sekitar 2 minggu lalu ketika seorang kawan silent reader ngepost sebuah gambar di WAKuSeM... sebuah BMW E36.
Awalnya gak terlalu interest karena gak tau kondisinya... setelah kawan ini cerita kondisi mobilnya....
"323i"
"Manual"
"odometer 12ribu"
"bodi masih kinclong namanya gores aja gak pernah"
"rawatan banget"
lalu nunjukin foto-foto interiornya.... meh... ORISINIL BANGET. Tombol-tombol masih pada tempatnya dan gak ada yang ngelupas. Kulit joknya masih ori banget.... makanya ane bilang mobil ini spesial...
Langsung ane sepik si kawan ini....
"Bro kalo ane nyoba mobilnya boleh? Tombo penasaran aja... Pengen liat euy jarang ada E36 kinclong gini"
"Boleh bro... TD aja bawa puter-puter gak masalah..."
Setelah dapet restu dari si kawan ini... Kita janjian di sebuah tempat di Surabaya Barat... which is ane menempuh perjalanan cukup panjang dan melelahkan... 1.5jam dari Manyar... macet bo'... Tapi demi liat sebuah BMW kinclong...
Muncullah si kawan ini dengan BMW kinclong yang terlihat sangat outstanding di antara mobil - mobil baru... Mobil baru pun kalah kinclong banding nih BMW...
"Mau langsung bro? Nih bawa aja" Sambil kawan ane pindah ke belakang dan off we go....
===================================
1. Exterior
Selayaknya umur mobil yang sudah menginjak 19 tahun... Mobil ini desain ext nya mulai terlihat tua. Desain mengotak ala sedan tahun 90an. Bukan seri-3 terganteng yang pernah ada, tapi karena sangat dirawat oleh pemiliknya... mobil ini tetep aja ganteng... dan tentu saja obat ganteng kalo jemput meme meme cantik... karena logo baling-baling
Mungkin bisa jadi senjata buat gombali meme-meme.... "mobil 20thn aja aku rawat apalagi kamu"
Dibilang mobil ini gak ada goresan secuil pun... YES... I PROVE IT REAL. Mobil bener bener mulus catnya, gak ada tanda-tanda repaint, goresan secuil bener-bener gak ada. Kondisi paling proper untuk sebuah sedan berusia hampir 20 tahun.
Sticker nya pun masih orisinil semua, termasuk sticker dealer yang sekarang udah raib (Tunas BMW)... hayo kapan terakhir Tunas BMW ada di Surabaya ? Wkwkwkwkw.
I was not a fan of E36... Ane paling suka generasi E46 kalau seri-3... tapi kalau E36 nya sebagus ini sih ya naksir juga. Soalnya jangan kan E46, nyari E90 yang kondisi bener-bener bagus pun susah... ini E36 bok.
2. Interior
Masuk ke bagian interior... entah kenapa ane merasakan aroma yang sama ketika berada di dalam cabin Mercedes C230K '98 ane terdahulu... Khas banget aroma kulit mobil Eropa tahun lawasnya. Jujur dari semua aspek, ane paling kagum dengan kondisi interiornya.
Rapi. Sangat rapi. Semua full orisinil dan pada tempatnya. Biasanya ketika pakai sebuah mobil kita paling sulit jaga kondisi interior... Karena interior adalah aspek yang kita selalu jamah ketika mengemudi. Dan yang paling sulit adalah menyembunyikan kondisi interior terutama kerutan kerutan di jok akibat didudukin setiap hari pake celana jins.
Setir, jok, shifter, head unit, dasbor... sangat rawan baret / kotor... bahkan penyakit mobil tahun lawas adalah kadang tombol - tombol mulai mengelupas. Di mobil ini? Gak sama sekali. Kondisinya ya sama seperti mobil baru keluar showroom.
Yang ane suka... Layout dasbor nya sangat simpel, warna amber yang jadi signature sebuah BMW... cluster yang bentuknya masih ada miripnya dengan BMW BMW model baru... suddenly this car doesn't feel too old. Meteran konsumsi bensin yang masih analog... before MID was cool...
17 ribu. Orisinil. Awalnya bilang 12ribu karena saking jarang dipakenya si pemilik lupa odo nya
3. Driving
Ane gak perlu bahas fitur lah ya. Ini BMW jaman susah gak ada fitur menariknya, ya mobil ini sudah ada ABS dan airbag aja.
Jujur ane gak akan tertarik kalau ini sebuah BMW 318i. Yang membuat ane tertarik adalah ini sebuah 323i bermesin inline-six yang merupakan trim tertinggi seri-3 yang dijual ATPM di jaman itu, populasinya jarang, dan bertransmisi manual.
BMW. 6 silinder. Manual. What could possibly go wrong?
Karena penasaran ane memohon ijin ke pemilik untuk buka kap mesin.... Dan oh well... kapan lagi liat mesin se kinclong ini untuk mobil tahun 97... Suara dan getaran mesin masih sangat halus... Memang betul bahwa 6-silinder inline adalah layout mesin yang paling balance dan paling halus...
Sebuah unit M52B25 bertenaga 168HP @5500 RPM dan 245 Nm @3950 RPM dan Naturally Aspirated.
Dan ane sangat yakin sang pemilik tidak mengisikan bahan bakar subsidi ke mobil ini.
Duduk di driver seat... Sangat mudah mendapatkan posisi duduk yang enak di mobil ini. Rendah dan ergonomis, terasa sangat dekat dengan center of gravity. Blindspot pun minim dan mudah memantau keadaan sekitar. Setir pas di genggaman.
Yang menurut saya agak lucu adalah bagian ruang kaki.... khas mobil Eropa bertransmisi manual, ada footrest nya. Jadi footrest-kopling-rem-gas. Jadi posisi kaki harus agak menyamping ke kanan. Mungkin ini karena rata-rata jalan di Eropa panjang - panjang jadi mereka tinggal gas konstan dan biarkan kaki kiri istirahat di footrest. Karena enggak terbiasa, footrest ini agak mengganggu ketika injek kopling.
Kopling sangat enak injekannya, gak terlalu ringan kayak mobil LCGC modern, tapi juga gak terlalu bikin pegel. Beratnya pas, meskipun kopling agak berat tapi gak bikin pegel di perjalanan IMO... lepas kopling pun feel nya sangat mudah dapet, nyetir mobil ini gak ada stall sama sekali karena feel koplingnya mudah dirasakan dan sangat mudah ngepasin dengan input pedal gas.
Saya tau si owner sangat menyayangi mobil ini jadi saya tau diri lah.... Gak main abuse mobil orang sembarangan. But still... for me this is the ultimate driving machine. Here's some proof.
Saya jalankan mobil ini ke arah Citraland - Unesa... Kawan ane ini sudah bilang "hati-hati mobil ini GCnya pendek banget" .... eh beneran lewat poldur terkutuk di Unesa... "Duk" pelan... padahal udah berusaha hati-hati ane... Dan semua penduduk Surabaya tau betapa menyedihkannya lewat poldur Unesa... Saya harus atraksi belak belokin stir buat lewat itu poldur sialan.
Setelah lolos dari poldur yang menyedihkan itu... Saya jalan terus sampe ketemu spot agak kosong dan dengan hasrat menggebu kepengen dengerin raungan 6-silindernya.... masuk gear 1 dan flatout.... WOW....
"BRUUUUUUMMMMM....."
Ini raungan mesin 6 silinder legendaris yang sangat diagung - agungkan oleh semua petrolheads! Seakan-akan status petrolhead ane sudah official setelah "dibaptis" oleh raungan mesin 6 silinder BMW Suara deruman yang padat dan ngebass disertai luapan tenaga yang terus bertambah setiap saya tambahkan injakan di pedal gas... This is every petrolhead's dream....
Bukan cuma deruman 6-silindernya saja... Setirnya juga sangat kaya akan feedback. Kalo kemarin saya bilang Honda Accord CM5 setirnya sudah rich, mungkin di BMW ini "conglomerate"... i mean, seriously... Like being one with the machine. Setiap kontur jalanan sangat terasa di setirnya, bobotnya pas, terasa mantab dibawa kecepatan tinggi.
Ketika saya sengaja gak injek rem di tikungan dan belokin setir.... Bodyroll mobil ini agak terasa... Tapi justru bodyroll nya ini yang bikin fun. Bukan bodyroll yang seakan-akan mau keguling.... Tapi saking balanced nya mobil ini, seakan mobil ini mau ngajak kita berdansa dengan adanya bodyroll itu... Dan bokong yang punya kecenderungan membuang ketika gas ditahan di rev tinggi... Aaaaah.... I'm not inside a dream isn't it?
Shifter terasa accurate dan short-shift... Rasanya mobil ini sangat nurut dengan segala input yang diberikan oleh driver... Dari shifting, steering, engine, clutch... Seakan semua gerakan sangat mudah diprediksi. This car won't even go wild. Bahkan seorang driver newbie pun akan sangat mudah menguasai karakter mobil ini. Jika diibaratkan sebuah anjing, E36 323i adalah seekor Golden Retriever. Anjing pintar yang nurut sama pemiliknya dan sesekali ngajak bermain.
Kalo diibaratkan saya seperti sedang first date dengan seorang wanita di sebuah cafe yang dimana rasanya waktu berlalu begitu cepat... Sedang obrolan kita masih belum selesai dan rasanya berharap momen ini akan selamanya... Seorang wanita yang matang, punya pemikiran luas dan dewasa, dan bisa mengikuti flow pembicaraan sehingga kita selalu menemukan topic yang pas... Itu jika saya menggambarkan E36 sebagai seorang wanita. Rasanya saya gak mau kembali ke kenyataan... I want to drive this thing forever.
And suddenly i don't even care about any gimmicks or tech in this car... Because this car is all about driving... This car had something in the past that a new BMW doesn't have.
4. Conclusion
First date yang sangat berkesan.
Sebuah sedan legendaris, 6 silinder khas BMW, manual. No nonsense. Just grab the steering wheel and drive. Suddenly i remembered my W202 C230K which is her on-head competitor. Mobil sezaman yang merupakan rival berat. Punya karakter yang 180 derajat berbeda. Khas Mercedes dan BMW jaman dulu.
Bagi sebagian kalangan mobil ini cuma sebuah BMW tua, gak ada spesialnya. Tapi di mata enthusiast, BMW ini adalah barang yang sangat spesial. Apalagi menilik kondisinya yang juga sangat terawat oleh pemiliknya. Not even a scratch.
I'm out of words to describe this car. Merupakan pleasure tersendiri untuk "berkenalan" dengan "wanita" ini.
Sayangnya "wanita" ini terlalu baik buat saya... She's too perfect.
Harus kembali ke kenyataan dengan "gadis muda yang agak kekanakan"... which is the way i describe my Honda Civic.
And sadly this car is for sale by the owner... Buat yang berminat bisa via PM ke saya nanti saya sampaikan... Barang super spesial... Saya harap pembelinya adalah seorang kolektor/enthusiast yang mengerti nilai sebuah BMW klasik...
Saya gak beli mobil ini bukan karena mahal, bukan. Mobil ini harganya sangat bersahabat untuk sebuah barang koleksi. Tapi karena gak mungkin dapet restu dari bos besar buat miara BMW setua ini.
In the end... a car that represents BMW's slogan :
The (Genuine) Ultimate Driving Machine.
====================================
Sekian review saya... Hope you enjoy...
Maaf review kali ini terkesan baper ane bisa baper karena mobil
Hari ini saya mau ulas sebuah mobil yang.... cukup legendaris.
Dan sedan ini mungkin salah satu yang kondisinya terbaik dibanding mobil-mobil serupa di jalanan... Layak menyandang gelar "The Ultimate Driving Machine".
BMW 323i E36..... MANUAL.
=========================
Prologue
Gak perlu cerita soal 3-series lah ya.... Jadi ini berawal sekitar 2 minggu lalu ketika seorang kawan silent reader ngepost sebuah gambar di WAKuSeM... sebuah BMW E36.
Awalnya gak terlalu interest karena gak tau kondisinya... setelah kawan ini cerita kondisi mobilnya....
"323i"
"Manual"
"odometer 12ribu"
"bodi masih kinclong namanya gores aja gak pernah"
"rawatan banget"
lalu nunjukin foto-foto interiornya.... meh... ORISINIL BANGET. Tombol-tombol masih pada tempatnya dan gak ada yang ngelupas. Kulit joknya masih ori banget.... makanya ane bilang mobil ini spesial...
Langsung ane sepik si kawan ini....
"Bro kalo ane nyoba mobilnya boleh? Tombo penasaran aja... Pengen liat euy jarang ada E36 kinclong gini"
"Boleh bro... TD aja bawa puter-puter gak masalah..."
Setelah dapet restu dari si kawan ini... Kita janjian di sebuah tempat di Surabaya Barat... which is ane menempuh perjalanan cukup panjang dan melelahkan... 1.5jam dari Manyar... macet bo'... Tapi demi liat sebuah BMW kinclong...
Muncullah si kawan ini dengan BMW kinclong yang terlihat sangat outstanding di antara mobil - mobil baru... Mobil baru pun kalah kinclong banding nih BMW...
"Mau langsung bro? Nih bawa aja" Sambil kawan ane pindah ke belakang dan off we go....
===================================
1. Exterior
Selayaknya umur mobil yang sudah menginjak 19 tahun... Mobil ini desain ext nya mulai terlihat tua. Desain mengotak ala sedan tahun 90an. Bukan seri-3 terganteng yang pernah ada, tapi karena sangat dirawat oleh pemiliknya... mobil ini tetep aja ganteng... dan tentu saja obat ganteng kalo jemput meme meme cantik... karena logo baling-baling
Mungkin bisa jadi senjata buat gombali meme-meme.... "mobil 20thn aja aku rawat apalagi kamu"
Dibilang mobil ini gak ada goresan secuil pun... YES... I PROVE IT REAL. Mobil bener bener mulus catnya, gak ada tanda-tanda repaint, goresan secuil bener-bener gak ada. Kondisi paling proper untuk sebuah sedan berusia hampir 20 tahun.
Sticker nya pun masih orisinil semua, termasuk sticker dealer yang sekarang udah raib (Tunas BMW)... hayo kapan terakhir Tunas BMW ada di Surabaya ? Wkwkwkwkw.
I was not a fan of E36... Ane paling suka generasi E46 kalau seri-3... tapi kalau E36 nya sebagus ini sih ya naksir juga. Soalnya jangan kan E46, nyari E90 yang kondisi bener-bener bagus pun susah... ini E36 bok.
2. Interior
Masuk ke bagian interior... entah kenapa ane merasakan aroma yang sama ketika berada di dalam cabin Mercedes C230K '98 ane terdahulu... Khas banget aroma kulit mobil Eropa tahun lawasnya. Jujur dari semua aspek, ane paling kagum dengan kondisi interiornya.
Rapi. Sangat rapi. Semua full orisinil dan pada tempatnya. Biasanya ketika pakai sebuah mobil kita paling sulit jaga kondisi interior... Karena interior adalah aspek yang kita selalu jamah ketika mengemudi. Dan yang paling sulit adalah menyembunyikan kondisi interior terutama kerutan kerutan di jok akibat didudukin setiap hari pake celana jins.
Setir, jok, shifter, head unit, dasbor... sangat rawan baret / kotor... bahkan penyakit mobil tahun lawas adalah kadang tombol - tombol mulai mengelupas. Di mobil ini? Gak sama sekali. Kondisinya ya sama seperti mobil baru keluar showroom.
Yang ane suka... Layout dasbor nya sangat simpel, warna amber yang jadi signature sebuah BMW... cluster yang bentuknya masih ada miripnya dengan BMW BMW model baru... suddenly this car doesn't feel too old. Meteran konsumsi bensin yang masih analog... before MID was cool...
17 ribu. Orisinil. Awalnya bilang 12ribu karena saking jarang dipakenya si pemilik lupa odo nya
3. Driving
Ane gak perlu bahas fitur lah ya. Ini BMW jaman susah gak ada fitur menariknya, ya mobil ini sudah ada ABS dan airbag aja.
Jujur ane gak akan tertarik kalau ini sebuah BMW 318i. Yang membuat ane tertarik adalah ini sebuah 323i bermesin inline-six yang merupakan trim tertinggi seri-3 yang dijual ATPM di jaman itu, populasinya jarang, dan bertransmisi manual.
BMW. 6 silinder. Manual. What could possibly go wrong?
Karena penasaran ane memohon ijin ke pemilik untuk buka kap mesin.... Dan oh well... kapan lagi liat mesin se kinclong ini untuk mobil tahun 97... Suara dan getaran mesin masih sangat halus... Memang betul bahwa 6-silinder inline adalah layout mesin yang paling balance dan paling halus...
Sebuah unit M52B25 bertenaga 168HP @5500 RPM dan 245 Nm @3950 RPM dan Naturally Aspirated.
Dan ane sangat yakin sang pemilik tidak mengisikan bahan bakar subsidi ke mobil ini.
Duduk di driver seat... Sangat mudah mendapatkan posisi duduk yang enak di mobil ini. Rendah dan ergonomis, terasa sangat dekat dengan center of gravity. Blindspot pun minim dan mudah memantau keadaan sekitar. Setir pas di genggaman.
Yang menurut saya agak lucu adalah bagian ruang kaki.... khas mobil Eropa bertransmisi manual, ada footrest nya. Jadi footrest-kopling-rem-gas. Jadi posisi kaki harus agak menyamping ke kanan. Mungkin ini karena rata-rata jalan di Eropa panjang - panjang jadi mereka tinggal gas konstan dan biarkan kaki kiri istirahat di footrest. Karena enggak terbiasa, footrest ini agak mengganggu ketika injek kopling.
Kopling sangat enak injekannya, gak terlalu ringan kayak mobil LCGC modern, tapi juga gak terlalu bikin pegel. Beratnya pas, meskipun kopling agak berat tapi gak bikin pegel di perjalanan IMO... lepas kopling pun feel nya sangat mudah dapet, nyetir mobil ini gak ada stall sama sekali karena feel koplingnya mudah dirasakan dan sangat mudah ngepasin dengan input pedal gas.
Saya tau si owner sangat menyayangi mobil ini jadi saya tau diri lah.... Gak main abuse mobil orang sembarangan. But still... for me this is the ultimate driving machine. Here's some proof.
Saya jalankan mobil ini ke arah Citraland - Unesa... Kawan ane ini sudah bilang "hati-hati mobil ini GCnya pendek banget" .... eh beneran lewat poldur terkutuk di Unesa... "Duk" pelan... padahal udah berusaha hati-hati ane... Dan semua penduduk Surabaya tau betapa menyedihkannya lewat poldur Unesa... Saya harus atraksi belak belokin stir buat lewat itu poldur sialan.
Setelah lolos dari poldur yang menyedihkan itu... Saya jalan terus sampe ketemu spot agak kosong dan dengan hasrat menggebu kepengen dengerin raungan 6-silindernya.... masuk gear 1 dan flatout.... WOW....
"BRUUUUUUMMMMM....."
Ini raungan mesin 6 silinder legendaris yang sangat diagung - agungkan oleh semua petrolheads! Seakan-akan status petrolhead ane sudah official setelah "dibaptis" oleh raungan mesin 6 silinder BMW Suara deruman yang padat dan ngebass disertai luapan tenaga yang terus bertambah setiap saya tambahkan injakan di pedal gas... This is every petrolhead's dream....
Bukan cuma deruman 6-silindernya saja... Setirnya juga sangat kaya akan feedback. Kalo kemarin saya bilang Honda Accord CM5 setirnya sudah rich, mungkin di BMW ini "conglomerate"... i mean, seriously... Like being one with the machine. Setiap kontur jalanan sangat terasa di setirnya, bobotnya pas, terasa mantab dibawa kecepatan tinggi.
Ketika saya sengaja gak injek rem di tikungan dan belokin setir.... Bodyroll mobil ini agak terasa... Tapi justru bodyroll nya ini yang bikin fun. Bukan bodyroll yang seakan-akan mau keguling.... Tapi saking balanced nya mobil ini, seakan mobil ini mau ngajak kita berdansa dengan adanya bodyroll itu... Dan bokong yang punya kecenderungan membuang ketika gas ditahan di rev tinggi... Aaaaah.... I'm not inside a dream isn't it?
Shifter terasa accurate dan short-shift... Rasanya mobil ini sangat nurut dengan segala input yang diberikan oleh driver... Dari shifting, steering, engine, clutch... Seakan semua gerakan sangat mudah diprediksi. This car won't even go wild. Bahkan seorang driver newbie pun akan sangat mudah menguasai karakter mobil ini. Jika diibaratkan sebuah anjing, E36 323i adalah seekor Golden Retriever. Anjing pintar yang nurut sama pemiliknya dan sesekali ngajak bermain.
Kalo diibaratkan saya seperti sedang first date dengan seorang wanita di sebuah cafe yang dimana rasanya waktu berlalu begitu cepat... Sedang obrolan kita masih belum selesai dan rasanya berharap momen ini akan selamanya... Seorang wanita yang matang, punya pemikiran luas dan dewasa, dan bisa mengikuti flow pembicaraan sehingga kita selalu menemukan topic yang pas... Itu jika saya menggambarkan E36 sebagai seorang wanita. Rasanya saya gak mau kembali ke kenyataan... I want to drive this thing forever.
And suddenly i don't even care about any gimmicks or tech in this car... Because this car is all about driving... This car had something in the past that a new BMW doesn't have.
4. Conclusion
First date yang sangat berkesan.
Sebuah sedan legendaris, 6 silinder khas BMW, manual. No nonsense. Just grab the steering wheel and drive. Suddenly i remembered my W202 C230K which is her on-head competitor. Mobil sezaman yang merupakan rival berat. Punya karakter yang 180 derajat berbeda. Khas Mercedes dan BMW jaman dulu.
Bagi sebagian kalangan mobil ini cuma sebuah BMW tua, gak ada spesialnya. Tapi di mata enthusiast, BMW ini adalah barang yang sangat spesial. Apalagi menilik kondisinya yang juga sangat terawat oleh pemiliknya. Not even a scratch.
I'm out of words to describe this car. Merupakan pleasure tersendiri untuk "berkenalan" dengan "wanita" ini.
Sayangnya "wanita" ini terlalu baik buat saya... She's too perfect.
Harus kembali ke kenyataan dengan "gadis muda yang agak kekanakan"... which is the way i describe my Honda Civic.
And sadly this car is for sale by the owner... Buat yang berminat bisa via PM ke saya nanti saya sampaikan... Barang super spesial... Saya harap pembelinya adalah seorang kolektor/enthusiast yang mengerti nilai sebuah BMW klasik...
Saya gak beli mobil ini bukan karena mahal, bukan. Mobil ini harganya sangat bersahabat untuk sebuah barang koleksi. Tapi karena gak mungkin dapet restu dari bos besar buat miara BMW setua ini.
In the end... a car that represents BMW's slogan :
The (Genuine) Ultimate Driving Machine.
====================================
Sekian review saya... Hope you enjoy...
Maaf review kali ini terkesan baper ane bisa baper karena mobil
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 504
- Joined: Thu Jul 21, 2011 5:44
Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)
Sebuah cerita pendek yang sangat menarik dari Chz...
Sebuah pengalaman indah dan tdk terlupakan bs mengendarai mahkluk indah ini.
E36 323 Manual... 3 kata tersebut sdh bisa mnggambarkan kesenangan luar biasa..
Btw ini e36 superb sekali ya kondisinya.. Speechless liatnya.
Sebuah pengalaman indah dan tdk terlupakan bs mengendarai mahkluk indah ini.
E36 323 Manual... 3 kata tersebut sdh bisa mnggambarkan kesenangan luar biasa..
Btw ini e36 superb sekali ya kondisinya.. Speechless liatnya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1550
- Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
- Location: Riau
Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)
Wuuihh , bersih bmw nya , kulitnya juga gak ada retak udah 19 tahun , superlangka inimah , mustahil dapat barang kek gini kalo nyari E36 ke sentra'' mobkas , apa alasan owner ngejual bmwnya om ? koleksi aja
nice review
nice review
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5694
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)
Legendaris ini E36.
Sampe sekarang masih simpen mimpi pelihara E46, tapi yang M3 atau minimal 330ci/i.
Sampe sekarang masih simpen mimpi pelihara E46, tapi yang M3 atau minimal 330ci/i.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1602
- Joined: Thu May 28, 2015 0:12
Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)
widiih gila 17rb km
e34 aja udah 50rb km odo masih terasa low mileage banget
inline six bmw emang paling merdu lengkinganya
e34 aja udah 50rb km odo masih terasa low mileage banget
inline six bmw emang paling merdu lengkinganya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 457
- Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
- Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE
Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)
My first post in SM.
Salut sama nih mobil. Keren bgt.
Btw, untuk foot rest, rasanya enggak hanya di E36 aja deh.
Ferio MT '98 nyokap, dan Altis MT '03 bokap ada footrestnya semua.
Salut sama nih mobil. Keren bgt.
Btw, untuk foot rest, rasanya enggak hanya di E36 aja deh.
Ferio MT '98 nyokap, dan Altis MT '03 bokap ada footrestnya semua.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 359
- Joined: Sat Nov 14, 2015 14:13
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: nmax
Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)
Oh my.. oh my... Oh my...
Udah kayak new old stock aja e36 nya
Btt, nice review om
Udah kayak new old stock aja e36 nya
Btt, nice review om
-
- SM Specialist
- Posts: 15549
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)
Wkwkwkw yep... kalo ini 318i mungkin ane gak se-excited itu buat tau mobilnya karena 4 silinder. Saking ini versi 6 silinder bertransmisi manual yaaa.... gimana gak kepengen wkwkwkkw. Nyetir BMW transmisi manual aja gak pernah apalagi ini manual + 6 silinder.glendotan wrote:Sebuah cerita pendek yang sangat menarik dari Chz...
Sebuah pengalaman indah dan tdk terlupakan bs mengendarai mahkluk indah ini.
E36 323 Manual... 3 kata tersebut sdh bisa mnggambarkan kesenangan luar biasa..
Btw ini e36 superb sekali ya kondisinya.. Speechless liatnya.
Super mint mobilnya oom... persis kayak keluar dari showroom.
Hahaha iya oom... showroom mobkas barangnya rata-rata sulapan. Susah banget cari yang sebagus ini.grandis_GT wrote:Wuuihh , bersih bmw nya , kulitnya juga gak ada retak udah 19 tahun , superlangka inimah , mustahil dapat barang kek gini kalo nyari E36 ke sentra'' mobkas , apa alasan owner ngejual bmwnya om ? koleksi aja
nice review
Dijual karena gak ada yang pake oom... Sayang dianggurin jadi dijual santai sama pemiliknya. Dan ane berharap yang beli juga bukan orang yang sembarangan. Harus yang ngerti banget sama BMW yang bisa appreciate mobil ini.
Untuk sebuah E36 tahun segini cukup tinggi harganya, tapi sebanding sama kondisinya yang super antik.
Impian ane juga E46 bro Toni... tapi liat E36 kayak gini siapa gak ngilersintoni wrote:Legendaris ini E36.
Sampe sekarang masih simpen mimpi pelihara E46, tapi yang M3 atau minimal 330ci/i.
Mau E46 cukup 325i aja yang penting kondisinya bagus...
Hahahaha dulu Mercedes C230K saya di tahun 2009 odo nya masih 40ribu juga berasa rendah banget. E ada yang lebih rendahdsign1990 wrote:widiih gila 17rb km
e34 aja udah 50rb km odo masih terasa low mileage banget
inline six bmw emang paling merdu lengkinganya
Iya oom suaranya cakep banget... Nggak melengking sih, ngebass berat gtu enak... Kalo melengking teriak sih VTEC wkwkwkwk.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 15549
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)
Wkwkwkwkwk bisa dibilang begitu lah... semacem E36 NOS...nimoo wrote:Oh my.. oh my... Oh my...
Udah kayak new old stock aja e36 nya
Btt, nice review om
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4580
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)
Nice review bro
E36 ini merupakan salah satu mobil BMW Favorit saya selain E46, E39, F30 & E60, btw barang langka juga nihh odonya masih 17rb + exteiror & interiornya masih kinyis2 kaya mobil baru keluar showroom , Btw kenapa dijual om BMWnya? , apakah yang punyanya udah bosen? hehehe, kalo saya sih cuma bisa berharap mobilnya cepet laku & dibeli oleh orang yang tepat (Maksudnya BMW Hobbyst / enthusiast , kolektor / orang yang mengerti nilai dari sebuah Mobil eropa klasik terutama BMW / minimal orang yang udah berpengalaman merawat mobil eropa klasik lah (terutama BMW)) hehehe.
Terus mobil ini merupakan mobil eropa yang paling fun to drive di jamannya (apalagi transmisinya manual ) belom lagi mesin 6 silindernya BMW yang suaranya paling gahar di jamannya kalo menurut saya
E36 ini merupakan salah satu mobil BMW Favorit saya selain E46, E39, F30 & E60, btw barang langka juga nihh odonya masih 17rb + exteiror & interiornya masih kinyis2 kaya mobil baru keluar showroom , Btw kenapa dijual om BMWnya? , apakah yang punyanya udah bosen? hehehe, kalo saya sih cuma bisa berharap mobilnya cepet laku & dibeli oleh orang yang tepat (Maksudnya BMW Hobbyst / enthusiast , kolektor / orang yang mengerti nilai dari sebuah Mobil eropa klasik terutama BMW / minimal orang yang udah berpengalaman merawat mobil eropa klasik lah (terutama BMW)) hehehe.
Terus mobil ini merupakan mobil eropa yang paling fun to drive di jamannya (apalagi transmisinya manual ) belom lagi mesin 6 silindernya BMW yang suaranya paling gahar di jamannya kalo menurut saya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 620
- Joined: Wed Dec 09, 2015 16:12
- Location: Laptop dan Rumah
- Daily Vehicle: Disetirin
Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)
Wih E36 323i di Surabaya, tak kira punya sodara ane. Tp bukan soalnya beda warna...
Pernah numpang, ni mobil emang, For an 'classic' car, ridenya still better IMO drpd ama mobil hatchback jaman sekarang, bahkan lebih enak naik ini drpd let's say, limo (taxi), baru tau juga ternyata ini 6 silinder, tak kira cuma 4.... Pantesan suaranya menurut ane 'aneh'...
Pernah numpang, ni mobil emang, For an 'classic' car, ridenya still better IMO drpd ama mobil hatchback jaman sekarang, bahkan lebih enak naik ini drpd let's say, limo (taxi), baru tau juga ternyata ini 6 silinder, tak kira cuma 4.... Pantesan suaranya menurut ane 'aneh'...
Hanya sekedar netizen yang numpang lewat
L15Z6, 4N15
L15Z6, 4N15
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 73
- Joined: Wed Mar 30, 2016 6:25
- Location: Everywhere
Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)
wah mantap om ChZ reviewnya, dulu waktu kuliah di jogja pernah test 323 manual juga rute Magelang-jogja sore sore gerimis gitu, jalannya ga terlalu luas ataupun sempit pas lah hehe...enak buat selap selip si 323 ini torsinya jg galak.
pernah sekali di blkg bus, ngintip ke kanan sedikit buat liat depan, begitu ada kesempatan bejek lsg wuuzzzz enyak enyak enyak
pernah sekali di blkg bus, ngintip ke kanan sedikit buat liat depan, begitu ada kesempatan bejek lsg wuuzzzz enyak enyak enyak
"The important thing in Life is not the Triumph but the Struggle"
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 729
- Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
- Location: Semarang
Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)
Mantap.... sayangnya manual. Kalau matic, menarik hati udahan
Sent from my K016 using Seraya Motor mobile app
Sent from my K016 using Seraya Motor mobile app
-
- SM Specialist
- Posts: 15549
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)
Dijual karena yang gak ada yang pake di rumah oom... Jual santai aja barangkali ada yang berminat hahahaha.Pboyz97 wrote:Nice review bro
E36 ini merupakan salah satu mobil BMW Favorit saya selain E46, E39, F30 & E60, btw barang langka juga nihh odonya masih 17rb + exteiror & interiornya masih kinyis2 kaya mobil baru keluar showroom , Btw kenapa dijual om BMWnya? , apakah yang punyanya udah bosen? hehehe, kalo saya sih cuma bisa berharap mobilnya cepet laku & dibeli oleh orang yang tepat (Maksudnya BMW Hobbyst / enthusiast , kolektor / orang yang mengerti nilai dari sebuah Mobil eropa klasik terutama BMW / minimal orang yang udah berpengalaman merawat mobil eropa klasik lah (terutama BMW)) hehehe.
Terus mobil ini merupakan mobil eropa yang paling fun to drive di jamannya (apalagi transmisinya manual ) belom lagi mesin 6 silindernya BMW yang suaranya paling gahar di jamannya kalo menurut saya
Setuju... Saya sayang banget mobil ini kalo laku ke orang yang gak ngerti mobil. Dari mobil yang top condition jadi hancur... itu sayang banget... Harus penggemar yang beli. Ini bukan mobil sembarangan soalnya.
Kalo saya punya F30 dan E36 ini di rumah mungkin yang saya simpenin E36 nya... E36 nya keluar di akhir minggu aja
Betul oom... definisi fun to drive sangat kentara sekali di mobil ini... Manual, front engine, rear wheel drive, 6 silinder inline which is the best layout for an engine (no need for balancer shaft because naturally balance itself)... Steering full of feedback (mungkin setara MX-5 Miata NC yang pernah ane bawa)... Gear shifter yang sangat presisi... Untuk mesin N/A tahun 97 mobil ini termasuk garang... sebagai perbandingan figur horsepowernya setara dengan Honda CR-V RE 2.4L ... dan figur torsinya setara dengan Mazda CX-5 GT 2.5L... Dengan bodi sedan yang lebih ringan dan lebih aerodynamic... Bayangin tuh mobil-mobil modern aja bisa kekejar sama mobil ini...
Yes betul sekali... Naikannya jauh banget sama Jepangan even today's jepangan... New Honda Accord pun kalah enak sama mobil ini menurut saya...anrico17 wrote:Wih E36 323i di Surabaya, tak kira punya sodara ane. Tp bukan soalnya beda warna...
Pernah numpang, ni mobil emang, For an 'classic' car, ridenya still better IMO drpd ama mobil hatchback jaman sekarang, bahkan lebih enak naik ini drpd let's say, limo (taxi), baru tau juga ternyata ini 6 silinder, tak kira cuma 4.... Pantesan suaranya menurut ane 'aneh'...
Keras... tapi dampernya Eropa sekali... mantab.
Hehehe yup E36 320i dan 323i ini 6 silinder inline BMW yang sangat legendaris... Makanya kenapa ane ngebet sekali nyoba mobil ini...
Mobil ini seriously gak terasa kenceng kalo dari dalem.... tapi speedonya naik terus dan tenaganya selalu ada setiap kita butuh. Karakter mobil sangat mudah dikuasai, easy to drive. Enak banget buat selap selip maupun jalan santai. Pemula pun gak akan kagok bawa mobil ini.W124benz wrote:wah mantap om ChZ reviewnya, dulu waktu kuliah di jogja pernah test 323 manual juga rute Magelang-jogja sore sore gerimis gitu, jalannya ga terlalu luas ataupun sempit pas lah hehe...enak buat selap selip si 323 ini torsinya jg galak.
pernah sekali di blkg bus, ngintip ke kanan sedikit buat liat depan, begitu ada kesempatan bejek lsg wuuzzzz enyak enyak enyak
Dibanding Accord CM5 MT, Accord terasa lebih agresif tapi ane yakin 0-100 figure nya masih kenceng BMW by about half a second... Top speed jangan ditanya dah... BMW 318 aja top speed bisa 200+ walaupun lama...
Lho justru saya tertarik coba mobil ini karena manual, oom...Koddy wrote:Mantap.... sayangnya manual. Kalau matic, menarik hati udahan
Sent from my K016 using Seraya Motor mobile app
Kapan lagi setir BMW manual... varian 6 silinder lagi... kalo jodoh ya pasti ane tebus mobil ini...
Kapan lagi punya barang langka begini
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1801
- Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
- Location: Malang
- Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31
Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)
kenapa harus wanita yg dijadikan gambaran dari sebuah karakter mobil?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1297
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)
FRD wrote:kenapa harus wanita yg dijadikan gambaran dari sebuah karakter mobil?
Mungkin karena wanita itu kompleks, seperti mobil yang penuh complexity. Women ... can't live without them, can't live with them
-
- SM Specialist
- Posts: 15549
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)
Karena....FRD wrote:kenapa harus wanita yg dijadikan gambaran dari sebuah karakter mobil?
What's the best way to describe a car rather than a woman, ndut?
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1050
- Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
- Location: BSD (Bogor Sana Dikit)
- Daily Vehicle: Civic FD2
Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)
DRIVE IT LIKE YOU STEAL IT BWAAAAAHHHHHH *inline6 roars*
2009 Honda Civic FD2
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Mon Sep 28, 2009 0:50
Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)
Ommm....., mobilnya mau dijual yaa? Boleh bisikin harga dan contact nya via: 0813 1800 1919.
Kebetulan anak saya maniac Biem.
Thanks Ommm.....
Kebetulan anak saya maniac Biem.
Thanks Ommm.....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1602
- Joined: Thu May 28, 2015 0:12
Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)
iya sih om bukan melengking macam honda cuma ke arah menjerit gitu ya kalau mid - high rev mulai 2000 rpm ke atas beda sama inline 6 mercedes yg kedengeran menggeram atau v8 nya bmw yg menggemuruh saat mid high revChZ wrote:Wkwkwkw yep... kalo ini 318i mungkin ane gak se-excited itu buat tau mobilnya karena 4 silinder. Saking ini versi 6 silinder bertransmisi manual yaaa.... gimana gak kepengen wkwkwkkw. Nyetir BMW transmisi manual aja gak pernah apalagi ini manual + 6 silinder.glendotan wrote:Sebuah cerita pendek yang sangat menarik dari Chz...
Sebuah pengalaman indah dan tdk terlupakan bs mengendarai mahkluk indah ini.
E36 323 Manual... 3 kata tersebut sdh bisa mnggambarkan kesenangan luar biasa..
Btw ini e36 superb sekali ya kondisinya.. Speechless liatnya.
Super mint mobilnya oom... persis kayak keluar dari showroom.
Hahaha iya oom... showroom mobkas barangnya rata-rata sulapan. Susah banget cari yang sebagus ini.grandis_GT wrote:Wuuihh , bersih bmw nya , kulitnya juga gak ada retak udah 19 tahun , superlangka inimah , mustahil dapat barang kek gini kalo nyari E36 ke sentra'' mobkas , apa alasan owner ngejual bmwnya om ? koleksi aja
nice review
Dijual karena gak ada yang pake oom... Sayang dianggurin jadi dijual santai sama pemiliknya. Dan ane berharap yang beli juga bukan orang yang sembarangan. Harus yang ngerti banget sama BMW yang bisa appreciate mobil ini.
Untuk sebuah E36 tahun segini cukup tinggi harganya, tapi sebanding sama kondisinya yang super antik.
Impian ane juga E46 bro Toni... tapi liat E36 kayak gini siapa gak ngilersintoni wrote:Legendaris ini E36.
Sampe sekarang masih simpen mimpi pelihara E46, tapi yang M3 atau minimal 330ci/i.
Mau E46 cukup 325i aja yang penting kondisinya bagus...
Hahahaha dulu Mercedes C230K saya di tahun 2009 odo nya masih 40ribu juga berasa rendah banget. E ada yang lebih rendahdsign1990 wrote:widiih gila 17rb km
e34 aja udah 50rb km odo masih terasa low mileage banget
inline six bmw emang paling merdu lengkinganya
Iya oom suaranya cakep banget... Nggak melengking sih, ngebass berat gtu enak... Kalo melengking teriak sih VTEC wkwkwkwk.
BTW itu superchargernya w202 230 gimana enak om dengernya ? torsi nendang bgt kali ya ? mercy 4 cylinder cuma pernah main e220 aja hehehehe
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 339
- Joined: Fri Jul 01, 2016 10:16
Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)
Nice review bro.. ane jg pernah kena "duk.." waktu lewat poldur, di bawah jok penumpang depan kalo gasalah ada cover sasis ato cover warna hitam gitu yang kena. Kaget juga waktu itu karena bawa sedan lain ga kena, ini kok kena
Btw sekarang udah hampir mustahil cari 323i dgn kondisi spt ini ya
Btw sekarang udah hampir mustahil cari 323i dgn kondisi spt ini ya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 742
- Joined: Thu Nov 29, 2012 5:58
- Location: Malang city
Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)
nice repiu chris
sukses meningkatkan hasrat ane untuk miara e36 suatu saat
btw, si owner cerita nggak ni mobil pernah trouble apa aja? denger2 kan boil kyk gini makin ga dipake makin penyakitan..ya ibarat orang lama ga olahraga jadi sakit semua badan
e46 lebih cakep sih..tp sayangnya ga ada manual ya
sukses meningkatkan hasrat ane untuk miara e36 suatu saat
btw, si owner cerita nggak ni mobil pernah trouble apa aja? denger2 kan boil kyk gini makin ga dipake makin penyakitan..ya ibarat orang lama ga olahraga jadi sakit semua badan
e46 lebih cakep sih..tp sayangnya ga ada manual ya
4A91 4at - Slow Driver
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 354
- Joined: Thu Dec 03, 2009 2:31
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Xpander exceed AT
Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)
Wah...review yg melankolis om....
Jadi inget saat pegang 320i di tol bandung, perasaan ane udah bejek kenceng di sisi kanan, di belakang ada mobil ngedim berkali-kali minta jalan...begitu ane mlipir ke tengah, sebuah 323i melesat dengan kencang....wusssss....
Jadi inget saat pegang 320i di tol bandung, perasaan ane udah bejek kenceng di sisi kanan, di belakang ada mobil ngedim berkali-kali minta jalan...begitu ane mlipir ke tengah, sebuah 323i melesat dengan kencang....wusssss....
-
- SM Specialist
- Posts: 15549
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)
inline six rulezfizrmen wrote:DRIVE IT LIKE YOU STEAL IT BWAAAAAHHHHHH *inline6 roars*
Haluuus sekali pokoknya ini inline-six. Hahahahaha.dsign1990 wrote:
iya sih om bukan melengking macam honda cuma ke arah menjerit gitu ya kalau mid - high rev mulai 2000 rpm ke atas beda sama inline 6 mercedes yg kedengeran menggeram atau v8 nya bmw yg menggemuruh saat mid high rev
BTW itu superchargernya w202 230 gimana enak om dengernya ? torsi nendang bgt kali ya ? mercy 4 cylinder cuma pernah main e220 aja hehehehe
Supercharger nya C230 Kompressor gak terlalu berasa nendang oom... tipikal mobil Eropa... senyap gak berasa nendang tapi jarum speedo naiknya cepet... Punya saya dulu Automatic. Jelas gak on-par sama 323i ini hahaha.
Iya khas banget mobil Eropa ada underbod protectornya. Buat mengurangi turbulensi di kolong mobil.idlamahilang wrote:Nice review bro.. ane jg pernah kena "duk.." waktu lewat poldur, di bawah jok penumpang depan kalo gasalah ada cover sasis ato cover warna hitam gitu yang kena. Kaget juga waktu itu karena bawa sedan lain ga kena, ini kok kena
Btw sekarang udah hampir mustahil cari 323i dgn kondisi spt ini ya
Iya susah.... banget. Kebanyakan udah jadi besi tua berjalan...
Si owner gak cerita sih mobil ini ada trouble aneh - aneh... dipake ya normal - normal aja. Setau saya E36 memang BMW yang cukup jarang trobel karena elektroniknya masih dikit. Paling cuma hidrolik kap mesin sebelah kanan aja yang udah somplak. Tinggal diganti.jar-jit-no wrote:nice repiu chris
sukses meningkatkan hasrat ane untuk miara e36 suatu saat
btw, si owner cerita nggak ni mobil pernah trouble apa aja? denger2 kan boil kyk gini makin ga dipake makin penyakitan..ya ibarat orang lama ga olahraga jadi sakit semua badan
e46 lebih cakep sih..tp sayangnya ga ada manual ya
Sisanya pretty well... kaki kaki pun saya coba masih senyap.
320i E36 juga oom? Wah 6 silinder juga tuh.dream_theater wrote:Wah...review yg melankolis om....
Jadi inget saat pegang 320i di tol bandung, perasaan ane udah bejek kenceng di sisi kanan, di belakang ada mobil ngedim berkali-kali minta jalan...begitu ane mlipir ke tengah, sebuah 323i melesat dengan kencang....wusssss....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 34
- Joined: Sat Aug 06, 2016 5:02
Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)
Ane lebih kagum lagi selama 19 tahun km nya 17k..
Gimana ceritanya ya..
Jgn2 selama ini si Owner cuma manasin mesin, keluarin garasi trus masukin lagi ya.. hihihi..
Mantap bro review-nya..
Sent from my MI 5 using Tapatalk
Gimana ceritanya ya..
Jgn2 selama ini si Owner cuma manasin mesin, keluarin garasi trus masukin lagi ya.. hihihi..
Mantap bro review-nya..
Sent from my MI 5 using Tapatalk