The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1344
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)
Jadi inget pertama kali bawa Biem, 318i E36 manual 1998 silver sama kyk yg om Chz repiew di Galaxi Bumi Permai Surabaya (punya om ane).
Duduk di jok driver lsg set kursi plg rendah sama tegak in. Gas poll gigi 2 red line nyentuh 90.
Tikungan bunderan (mau lurus) ambil racing line lepas gas doang apex 80an, OK.
Bawa 2 penumpang dewasa, 2 ABG (salah satuya ane yg nyetir) sama 2 anak kecil (dibawah 10 tahun) kira2 8 tahunan yg lalu
Duduk di jok driver lsg set kursi plg rendah sama tegak in. Gas poll gigi 2 red line nyentuh 90.
Tikungan bunderan (mau lurus) ambil racing line lepas gas doang apex 80an, OK.
Bawa 2 penumpang dewasa, 2 ABG (salah satuya ane yg nyetir) sama 2 anak kecil (dibawah 10 tahun) kira2 8 tahunan yg lalu
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 354
- Joined: Mon May 02, 2016 14:54
Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)
Baru tau ternyata e36 itu maksudnya kode body ya.
Emang bawa mobil manual menyenangkan sih, sesekali klo disuruh nyetirin tmn yg pake mobil manual enak bgt, sayangnya skrg pilihan mobil manual makin dikiiiiitttt
Emang bawa mobil manual menyenangkan sih, sesekali klo disuruh nyetirin tmn yg pake mobil manual enak bgt, sayangnya skrg pilihan mobil manual makin dikiiiiitttt
emansipasi perempuan....tapi jangan panggil saya "om"
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4585
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)
Iya nih sis, setuju banget, jaman skrg pilihan mobil manual (terutama mobil >300 jt) makin dikit, terutama buat top trimnya, biasanya kan pabrikan ngasih opsi MT & AT masing2 buat trim bawah & top trim, tapi kalo sekarang kebanyakan pabrikan justru malah ngasih pilihan manualnya di trim bawahnya aja , sedangkan buat top trimnya cuma disediain varian transmisi matic doang setau sayaalicevamps wrote:Baru tau ternyata e36 itu maksudnya kode body ya.
Emang bawa mobil manual menyenangkan sih, sesekali klo disuruh nyetirin tmn yg pake mobil manual enak bgt, sayangnya skrg pilihan mobil manual makin dikiiiiitttt
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- SM Specialist
- Posts: 15567
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)
Yep.. cuma dipanasin dan sesekali dibawa jalan doank...yisnawan wrote:Ane lebih kagum lagi selama 19 tahun km nya 17k..
Gimana ceritanya ya..
Jgn2 selama ini si Owner cuma manasin mesin, keluarin garasi trus masukin lagi ya.. hihihi..
Mantap bro review-nya..
Sent from my MI 5 using Tapatalk
Ehehehe entah kenapa E36 ini sangat fun di tikungan... Bodyrollnya terasa, tapi sangat controllable dan malah disitu fun nya...arfs wrote:Jadi inget pertama kali bawa Biem, 318i E36 manual 1998 silver sama kyk yg om Chz repiew di Galaxi Bumi Permai Surabaya (punya om ane).
Duduk di jok driver lsg set kursi plg rendah sama tegak in. Gas poll gigi 2 red line nyentuh 90.
Tikungan bunderan (mau lurus) ambil racing line lepas gas doang apex 80an, OK.
Bawa 2 penumpang dewasa, 2 ABG (salah satuya ane yg nyetir) sama 2 anak kecil (dibawah 10 tahun) kira2 8 tahunan yg lalu
Lho iya sis baru tau? Emang selama ini dikira apanya?alicevamps wrote:Baru tau ternyata e36 itu maksudnya kode body ya.
Emang bawa mobil manual menyenangkan sih, sesekali klo disuruh nyetirin tmn yg pake mobil manual enak bgt, sayangnya skrg pilihan mobil manual makin dikiiiiitttt
Yep... ane tiap minggu ditugasin bawa L300 gereja aja senengnya bukan main padahal tu mobil larinya gak ada... tapi karena manual dan serba mekanikal semua bikin sensasi tersendiri... Manual, gak ada P/S... jadi berat banget setirnya.
Ya oom... karena demand transmisi manual sekarang udah rendah... dan transmisi otomatik sudah banyak yang mengalahkan manual dalam hal shifting time. Saya nyetir Porsche betransmisi PDK itu pindah giginya lebih cepet daripada otak kita mikir...Pboyz97 wrote: Iya nih sis, setuju banget, jaman skrg pilihan mobil manual (terutama mobil >300 jt) makin dikit, terutama buat top trimnya, biasanya kan pabrikan ngasih opsi MT & AT masing2 buat trim bawah & top trim, tapi kalo sekarang kebanyakan pabrikan justru malah ngasih pilihan manualnya di trim bawahnya aja , sedangkan buat top trimnya cuma disediain varian transmisi matic doang setau saya
Cuma tetep sensasi nginjek kopling dan ngoper-ngoper gigi itu gak ada lawan...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1344
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)
Yes, setuju.ChZ wrote:Ehehehe entah kenapa E36 ini sangat fun di tikungan... Bodyrollnya terasa, tapi sangat controllable dan malah disitu fun nya...arfs wrote:Jadi inget pertama kali bawa Biem, 318i E36 manual 1998 silver sama kyk yg om Chz repiew di Galaxi Bumi Permai Surabaya (punya om ane).
Duduk di jok driver lsg set kursi plg rendah sama tegak in. Gas poll gigi 2 red line nyentuh 90.
Tikungan bunderan (mau lurus) ambil racing line lepas gas doang apex 80an, OK.
Bawa 2 penumpang dewasa, 2 ABG (salah satuya ane yg nyetir) sama 2 anak kecil (dibawah 10 tahun) kira2 8 tahunan yg lalu
Walau mungkin yg 4 cylinders lebih nurut hidung nya karena mungkin sedikit lebih bagus weight distribution nya.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 79
- Joined: Mon Jan 25, 2016 18:07
Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)
Jadi kangen mobil jaman kuliah
Persis kaya gini warnanya, m/t juga
Platnya b 323 uk
Semua std, except suspensi ganti bilstein pss, sama door moulding m3, velg 16 bmw style 5
Pertama kali masuk sentul ikut bmw klub gratisan, modal brake pad std baru sm servis tuneup aja +- 700rb rupiah
Ke bandung bertiga, kejar2an smp 200kpj di cipularang sm w220 s350 masih bisa nempel
Downhill 90-120kpj dari puncak kaya org gila jam stgah 6 pagi, unforgettable
Kalo malem2 sepi, pas uturn suka matiin asc sambil main kopling gas buat ngepot2 hahahahaha
Masih labil dulu
So easy to maintain, ga harus pplus, pake pertamax masih 1:7-8 dalkot
Paling suka derunya pas di range 3500-4500 rentang torsi maksimalnya
Ambil aja udah om, hahaha, kalau tabungan banyak udah saya tawar deh
Persis kaya gini warnanya, m/t juga
Platnya b 323 uk
Semua std, except suspensi ganti bilstein pss, sama door moulding m3, velg 16 bmw style 5
Pertama kali masuk sentul ikut bmw klub gratisan, modal brake pad std baru sm servis tuneup aja +- 700rb rupiah
Ke bandung bertiga, kejar2an smp 200kpj di cipularang sm w220 s350 masih bisa nempel
Downhill 90-120kpj dari puncak kaya org gila jam stgah 6 pagi, unforgettable
Kalo malem2 sepi, pas uturn suka matiin asc sambil main kopling gas buat ngepot2 hahahahaha
Masih labil dulu
So easy to maintain, ga harus pplus, pake pertamax masih 1:7-8 dalkot
Paling suka derunya pas di range 3500-4500 rentang torsi maksimalnya
Ambil aja udah om, hahaha, kalau tabungan banyak udah saya tawar deh
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 121
- Joined: Wed Oct 01, 2014 2:26
Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)
Ya ampuuun... ini top list weekend car saya. E36 323i M/T.. kalo lagi ada budget lebih pasti langsung saya bisikin oom Chz deh.. hahaha
mohon koreksi kalo saya salah, ini bmw 6 silinder N/A terakhir yang versi M/Tnya masih dijual resmi di indonesia. sependek yg saya tau e46 di indo ngga ada yang manual.
kalo saya punya e36 323 ini cita2nya pasang stroker kit sama coilover. upgrade rem.. bisa lah buat ikutan seneng2 track day di sentul.
someday baby..someday.....
mohon koreksi kalo saya salah, ini bmw 6 silinder N/A terakhir yang versi M/Tnya masih dijual resmi di indonesia. sependek yg saya tau e46 di indo ngga ada yang manual.
kalo saya punya e36 323 ini cita2nya pasang stroker kit sama coilover. upgrade rem.. bisa lah buat ikutan seneng2 track day di sentul.
someday baby..someday.....
IG: @inrandomthoughts
-
- SM Specialist
- Posts: 15567
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)
Hmmm tapi E36 ini RWD sih oom... jadi gak terlalu front-heavy. Dan mungkin di versi 6 silinder ada yang diubah buat ngejar distribusi bobot...arfs wrote: Yes, setuju.
Walau mungkin yg 4 cylinders lebih nurut hidung nya karena mungkin sedikit lebih bagus weight distribution nya.
Soalnya BMW kan selalu terkenal dengan distribusi bobot 50:50 nya
Hahahahaha wih sudah ganti suspensi gtu pasti manteb...Sparklinggraphite wrote:Jadi kangen mobil jaman kuliah
Persis kaya gini warnanya, m/t juga
Platnya b 323 uk
Semua std, except suspensi ganti bilstein pss, sama door moulding m3, velg 16 bmw style 5
Pertama kali masuk sentul ikut bmw klub gratisan, modal brake pad std baru sm servis tuneup aja +- 700rb rupiah
Ke bandung bertiga, kejar2an smp 200kpj di cipularang sm w220 s350 masih bisa nempel
Downhill 90-120kpj dari puncak kaya org gila jam stgah 6 pagi, unforgettable
Kalo malem2 sepi, pas uturn suka matiin asc sambil main kopling gas buat ngepot2 hahahahaha
Masih labil dulu
So easy to maintain, ga harus pplus, pake pertamax masih 1:7-8 dalkot
Paling suka derunya pas di range 3500-4500 rentang torsi maksimalnya
Ambil aja udah om, hahaha, kalau tabungan banyak udah saya tawar deh
Yep deru nya waktu 3500 - 4500 itu asik banget...
Duidnya yang kaga ada oom mau bungkus... ngiler sih liatnya
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Mon Jan 17, 2011 6:32
- Location: Paragon City
Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)
nice review bung chz
sy termasuk yg suka banget sama desain bmw e36, karena bentuk nya masih boxy tapi luwes sehingga ndak kaku sama skali dan aura terliat ganteng dan maskulin banget
dibanding e46 yg sudah lebih membulat desain nya sehingga terkesan metrosesksual, tapi jg tetap bagus lha
sayang banget kalo dijual, newbie thok kalo jadi yg punya akan pertahanin dulu. apalagi hampir 20 taon itu udah pencapaian luar biasa
karena bmw seri 3 sblom seri ini, newbie thok ndak tau seri kode bodi mobil nya
kalo ndak salah e32 ya?
nah skrg bmw kode bodi itu udah jadi buruan dan kolektor item dan harga nya gila gila an , apalagi yg versi sport M3 nya
konon itu versi m3 ndak kalah harga nya sama supercar model terbaru
nah bmw e36 ini menurut analisa pakar otomotiv yg sy baca, diyakini tinggal menunggu waktu utk menjadi kolektor item dan berharga gila gilaan sperti seri 3 sblomnya skrg ini
itu kalo di luar negeri trutama eropa dan amrik, entah kalo di indo bisa gitu ndak ya
sy termasuk yg suka banget sama desain bmw e36, karena bentuk nya masih boxy tapi luwes sehingga ndak kaku sama skali dan aura terliat ganteng dan maskulin banget
dibanding e46 yg sudah lebih membulat desain nya sehingga terkesan metrosesksual, tapi jg tetap bagus lha
sayang banget kalo dijual, newbie thok kalo jadi yg punya akan pertahanin dulu. apalagi hampir 20 taon itu udah pencapaian luar biasa
karena bmw seri 3 sblom seri ini, newbie thok ndak tau seri kode bodi mobil nya
kalo ndak salah e32 ya?
nah skrg bmw kode bodi itu udah jadi buruan dan kolektor item dan harga nya gila gila an , apalagi yg versi sport M3 nya
konon itu versi m3 ndak kalah harga nya sama supercar model terbaru
nah bmw e36 ini menurut analisa pakar otomotiv yg sy baca, diyakini tinggal menunggu waktu utk menjadi kolektor item dan berharga gila gilaan sperti seri 3 sblomnya skrg ini
itu kalo di luar negeri trutama eropa dan amrik, entah kalo di indo bisa gitu ndak ya
Don't ate
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 354
- Joined: Thu Dec 03, 2009 2:31
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Xpander exceed AT
Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)
Yup, boss ane bangga banget waktu itu, bilangnya "ini mobil 2000cc tp 6 silinder loh...beda dgn mobilmu yg cuma 4 silinder 1500cc..." Kebetulan dulu beli second & dapet barang yg terawat, sehari2 nyaris gak ada problem berat, walau rutenya AKAP, kemana-mana urusan proyek. Problem cuma di motor power window & central lock.ChZ wrote:320i E36 juga oom? Wah 6 silinder juga tuh.dream_theater wrote:Wah...review yg melankolis om....
Jadi inget saat pegang 320i di tol bandung, perasaan ane udah bejek kenceng di sisi kanan, di belakang ada mobil ngedim berkali-kali minta jalan...begitu ane mlipir ke tengah, sebuah 323i melesat dengan kencang....wusssss....
Betul om CHz, E46 ini cukup bersahabat dgn driver pemula, dulu ane pertama pegang langsung dr bandung pulang ke smg lewat sumedang - cadas pangeran, terasa betapa solid handlingnya di tikungan2...biasa pake mobil jepang 1.5 yg bodyrollnya segambreng, yg ini santai saja melahap tikungan... andai ane punya dana utk bawa pulang 323i 17km itu...
-
- SM Specialist
- Posts: 15567
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)
E36 ini mungkin BMW tua yang paling saya berani piara... hehehe... Spare part nya masih cukup affordable dan permasalahannya gak se kompleks E46 apalagi E90... Kemarin sempet baca - baca di forum - forum sih permasalahannya, saking penasaran.fabreguz wrote:nice review bung chz
sy termasuk yg suka banget sama desain bmw e36, karena bentuk nya masih boxy tapi luwes sehingga ndak kaku sama skali dan aura terliat ganteng dan maskulin banget
dibanding e46 yg sudah lebih membulat desain nya sehingga terkesan metrosesksual, tapi jg tetap bagus lha
sayang banget kalo dijual, newbie thok kalo jadi yg punya akan pertahanin dulu. apalagi hampir 20 taon itu udah pencapaian luar biasa
karena bmw seri 3 sblom seri ini, newbie thok ndak tau seri kode bodi mobil nya
kalo ndak salah e32 ya?
nah skrg bmw kode bodi itu udah jadi buruan dan kolektor item dan harga nya gila gila an , apalagi yg versi sport M3 nya
konon itu versi m3 ndak kalah harga nya sama supercar model terbaru
nah bmw e36 ini menurut analisa pakar otomotiv yg sy baca, diyakini tinggal menunggu waktu utk menjadi kolektor item dan berharga gila gilaan sperti seri 3 sblomnya skrg ini
itu kalo di luar negeri trutama eropa dan amrik, entah kalo di indo bisa gitu ndak ya
Belom pernah ada sih denger M52 engine di Indonesia kena masalah di nikasil blocknya... toh bensin skrg udah rendah sulfur (P92 dan PTurbo).In the USA the M52B used an iron block (except for the M52B28 in the Z3 which was an aluminum block), while the M52TU used an aluminium cylinder block. The aluminum M52 engine received criticism in some markets with high levels of sulfur in the petrol during the late 1990s. Sulfur has a corrosive effect on Nikasil and led to many early M52 engines having premature bore-liner wear, only the M60 and the European M52 engines were affected.[8][9][10]
Engines destined for high-sulfur gasoline markets, the United States among three others countries, had cast iron cylinder liners in the aluminum block to cope with this problem.[11] With the exception of the cylinder liners, the basic aluminum block of the M52 engine was the same for all markets.[12][13]
Sebelum E36? Oooh E30 ahhahaha saya juga suka itu oom... Ganteng skali modelnya.
Konon BMW 6-silinder itu cuma beda stroke aja ... sama-sama blocknya M52 (M52B20 dan M52B25) ...dream_theater wrote: Yup, boss ane bangga banget waktu itu, bilangnya "ini mobil 2000cc tp 6 silinder loh...beda dgn mobilmu yg cuma 4 silinder 1500cc..." Kebetulan dulu beli second & dapet barang yg terawat, sehari2 nyaris gak ada problem berat, walau rutenya AKAP, kemana-mana urusan proyek. Problem cuma di motor power window & central lock.
Betul om CHz, E46 ini cukup bersahabat dgn driver pemula, dulu ane pertama pegang langsung dr bandung pulang ke smg lewat sumedang - cadas pangeran, terasa betapa solid handlingnya di tikungan2...biasa pake mobil jepang 1.5 yg bodyrollnya segambreng, yg ini santai saja melahap tikungan... andai ane punya dana utk bawa pulang 323i 17km itu...
Ya oom... nyetir E36 ini rasanya kayak gerakin badan sendiri, saking nurutnya mobil sama kita. Entah kenapa setelah nyetir E36 present BMW rasanya too computerized... Nagih banget rasanya nyetir E36.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Sun Oct 09, 2016 8:17
Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)
kok saya blum bisa pm yaa,, bisa bantuin.?
-
- SM Specialist
- Posts: 15567
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: RE: Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)
Post nya masih kurang dari 10 oom...lockdown wrote:kok saya blum bisa pm yaa,, bisa bantuin.?
Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1611
- Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05
Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)
Seumur hidup belom pernah ngerasain inline 6...
Btw, kenapa ga di pelihara aja ya?
Hmm..
E36 kalo tak salah adalah line-up seri 3 terakhir yg ada mt nya toh?
I mean yg dimasukin scara resmi di indo..
Btul ya?
Pernah nyoba e46 punya temen.. Lupa yg 318 atau apa..
Enak sih.. Tapi ya kurang greget & terasa boyo..
Btw, kenapa ga di pelihara aja ya?
Hmm..
E36 kalo tak salah adalah line-up seri 3 terakhir yg ada mt nya toh?
I mean yg dimasukin scara resmi di indo..
Btul ya?
Pernah nyoba e46 punya temen.. Lupa yg 318 atau apa..
Enak sih.. Tapi ya kurang greget & terasa boyo..
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
Instagram : subaru.sales.id
-
- SM Specialist
- Posts: 15567
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)
Karena gak ada yang pake oom... daripada nganggur dilepas pelan-pelan sama yang punya.geofreyap wrote:Seumur hidup belom pernah ngerasain inline 6...
Btw, kenapa ga di pelihara aja ya?
Hmm..
E36 kalo tak salah adalah line-up seri 3 terakhir yg ada mt nya toh?
I mean yg dimasukin scara resmi di indo..
Btul ya?
Pernah nyoba e46 punya temen.. Lupa yg 318 atau apa..
Enak sih.. Tapi ya kurang greget & terasa boyo..
Iya E36 seri-3 terakhir yang officially punya trim Manual.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Fri Aug 31, 2007 16:58
Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)
this post really ring my bell..
kapan hari perjalanan pulang ke solo pas cruising di tol semarang bawen kecepatan 120kmh di salib e36 silver entah tipenya apa, soalnya semua emblem dilepas. curiganya sih 323 ini. coba saya kejar sampe 140-150 ga ketangkep, mana sini bawa vios udah mentul2 jadi ga berani lebih, sedangkan dia nambah terus dan tetep anteng. bahkan di tikungan mau exit bawen dia belok dengan kecepatan tinggi masih berani. sampai gerbang tol kita bersebelahan, saya lihat drivernya cowok muda sama ceweknya. dan ceweknya tidur anteng di jok kiri.
hebat bener suspensi ni mobil, terlihat sangat stabil di kecepatan tinggi. sedan rakyat jepangan 10 tahun lebih muda pun kedodoran melawannya...
kapan hari perjalanan pulang ke solo pas cruising di tol semarang bawen kecepatan 120kmh di salib e36 silver entah tipenya apa, soalnya semua emblem dilepas. curiganya sih 323 ini. coba saya kejar sampe 140-150 ga ketangkep, mana sini bawa vios udah mentul2 jadi ga berani lebih, sedangkan dia nambah terus dan tetep anteng. bahkan di tikungan mau exit bawen dia belok dengan kecepatan tinggi masih berani. sampai gerbang tol kita bersebelahan, saya lihat drivernya cowok muda sama ceweknya. dan ceweknya tidur anteng di jok kiri.
hebat bener suspensi ni mobil, terlihat sangat stabil di kecepatan tinggi. sedan rakyat jepangan 10 tahun lebih muda pun kedodoran melawannya...
-
- SM Specialist
- Posts: 15567
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)
Ehehehe same with me oom... ane selalu sangat kagum kalo lihat BMW ngebut... Rasanya mantep gtu... Beda sama liatin sedan jepangan apalagi MPV jepangan ngebut.new_shogun wrote:this post really ring my bell..
kapan hari perjalanan pulang ke solo pas cruising di tol semarang bawen kecepatan 120kmh di salib e36 silver entah tipenya apa, soalnya semua emblem dilepas. curiganya sih 323 ini. coba saya kejar sampe 140-150 ga ketangkep, mana sini bawa vios udah mentul2 jadi ga berani lebih, sedangkan dia nambah terus dan tetep anteng. bahkan di tikungan mau exit bawen dia belok dengan kecepatan tinggi masih berani. sampai gerbang tol kita bersebelahan, saya lihat drivernya cowok muda sama ceweknya. dan ceweknya tidur anteng di jok kiri.
hebat bener suspensi ni mobil, terlihat sangat stabil di kecepatan tinggi. sedan rakyat jepangan 10 tahun lebih muda pun kedodoran melawannya...
Speeding di 160 kph pun tetep keliatan anteng mobilnya... German engineering bener bener...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 37
- Joined: Mon May 12, 2014 2:45
Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)
Wuih..harta karun nih om! Termasuk mobil impian ane jaman SMA dulu. Thn lalu pas hunting sedan,sempet kepikiran ni mobil. Cm rada susah cari yg mint condition. Akhirnya ambil sedan jepangan yg 6 silinder juga, mitsu galant
-
- SM Specialist
- Posts: 15567
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)
Ehehehe sepertinya dulu mesin BMW 6-silinder dan Mitsu 6-silinder juga rival berat oom... sama-sama 6 silinder dan sama-sama 170hp. Entah kenapa 170hp di zaman itu berasa kencang sekali...rinoleks wrote:Wuih..harta karun nih om! Termasuk mobil impian ane jaman SMA dulu. Thn lalu pas hunting sedan,sempet kepikiran ni mobil. Cm rada susah cari yg mint condition. Akhirnya ambil sedan jepangan yg 6 silinder juga, mitsu galant
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 37
- Joined: Mon May 12, 2014 2:45
Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)
Sekarang jg masi berasa kencengnya kok om. Ban sering berdecit kalo sudden acceleration, 190kmh di rpm 4500an. Gak berani lebih lg krn inget anak istri dirumah..ChZ wrote:Ehehehe sepertinya dulu mesin BMW 6-silinder dan Mitsu 6-silinder juga rival berat oom... sama-sama 6 silinder dan sama-sama 170hp. Entah kenapa 170hp di zaman itu berasa kencang sekali...
-
- SM Specialist
- Posts: 15567
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)
Ahh yes oom... Kalo saya inget-inget sekarang mobil 2400cc jepangan juga masih 170an tenaganya Yang 6 silinder 180an (Nissan Teana J32).rinoleks wrote:Sekarang jg masi berasa kencengnya kok om. Ban sering berdecit kalo sudden acceleration, 190kmh di rpm 4500an. Gak berani lebih lg krn inget anak istri dirumah..ChZ wrote:Ehehehe sepertinya dulu mesin BMW 6-silinder dan Mitsu 6-silinder juga rival berat oom... sama-sama 6 silinder dan sama-sama 170hp. Entah kenapa 170hp di zaman itu berasa kencang sekali...
Kalo BMW 325i E90 terakhir si 218hp...
Yep zaman itu masih tali gas jadi gampang banget dibuat berdecit... response gasnya direct banget
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 680
- Joined: Thu Nov 03, 2016 17:51
Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)
Wow wow wow.. nice riviuw om.. aselik liat e36 323i M/T.. dan 323i termulus sepanjang saya liat bener2 NOS. Karena skrg ini pasaran 323i lebih jelek dibanding 320i atau 318i untuk e36 karena kebanyakan lebih ancur kondisinua di pasaran. Dan denger2 bahan material blok mesinnya apa gitu jd pada takut pake 323i. Saya pernah pake e30 m40, e34 520i m50 dan e34 530i m60 v8 M/T ya V8 BMW 3000cc manual... bedebaaah.. ah rindunyaaa cuma konsumsi bensinnya biadab walau sebanding dengan power tenaga dan enaknya cruising di tol tengah malem.. rasanya tengil aja walau abia redline nyesel harus ke pom bensin lagi...
Saya masih ngidam banget e36 nyang katanya handlingnya juaraaaa banget.. tapi rasa2nya klo mau miara bmw tua longlasting masih e30 m40 pilihan pertama.. klo barang cakep pisan bisa jadi investasi hahaha..
Sekali lagi nice riviuw om.. saya jadi kangen sama bmw2 lama yanh pernah nemenin saya.. skrg cuma ngebanci di belakag setir city car automatic yang ngejar 1:14 ke atas bengsingnya demi dompet ngebul hahahahhaa
Saya masih ngidam banget e36 nyang katanya handlingnya juaraaaa banget.. tapi rasa2nya klo mau miara bmw tua longlasting masih e30 m40 pilihan pertama.. klo barang cakep pisan bisa jadi investasi hahaha..
Sekali lagi nice riviuw om.. saya jadi kangen sama bmw2 lama yanh pernah nemenin saya.. skrg cuma ngebanci di belakag setir city car automatic yang ngejar 1:14 ke atas bengsingnya demi dompet ngebul hahahahhaa
-
- SM Specialist
- Posts: 15567
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)
Ya oom... ada problem di nikasil coating blocknya yang kalah kalo kena bensin sulfur tinggi... tapi problem ini kebanyakan di market Amerika dan dimana gtu... Indonesia gtw deh.cursQ wrote:Wow wow wow.. nice riviuw om.. aselik liat e36 323i M/T.. dan 323i termulus sepanjang saya liat bener2 NOS. Karena skrg ini pasaran 323i lebih jelek dibanding 320i atau 318i untuk e36 karena kebanyakan lebih ancur kondisinua di pasaran. Dan denger2 bahan material blok mesinnya apa gitu jd pada takut pake 323i. Saya pernah pake e30 m40, e34 520i m50 dan e34 530i m60 v8 M/T ya V8 BMW 3000cc manual... bedebaaah.. ah rindunyaaa cuma konsumsi bensinnya biadab walau sebanding dengan power tenaga dan enaknya cruising di tol tengah malem.. rasanya tengil aja walau abia redline nyesel harus ke pom bensin lagi...
Saya masih ngidam banget e36 nyang katanya handlingnya juaraaaa banget.. tapi rasa2nya klo mau miara bmw tua longlasting masih e30 m40 pilihan pertama.. klo barang cakep pisan bisa jadi investasi hahaha..
Sekali lagi nice riviuw om.. saya jadi kangen sama bmw2 lama yanh pernah nemenin saya.. skrg cuma ngebanci di belakag setir city car automatic yang ngejar 1:14 ke atas bengsingnya demi dompet ngebul hahahahhaa
Konsumsi bensinnya kalo kaki kalap yah 1 : 5 lah... menurut penuturan yang punya...
Bahkan sampe hari ini pun belum nemu mobil yang lebih sip handlingnya dari E36 ini... Feel nya sangat natural...
Hahahaha saya juga ngebanci di belakang sedan Honda 1800cc 4 silinder...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 680
- Joined: Thu Nov 03, 2016 17:51
Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)
Nah ya om nikasil nikasil itu.. masa bisa sampe 1:5 om? Oh klo kali kalap iyalah om.. itu 530i e34 saking bongsornya biar kata ude nyetir eco mode banget cuma bisa sampe 1:5-6.. klo kalap 1:3 x om wkwkwkwkwkwk
-
- SM Specialist
- Posts: 15567
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: RE: Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)
6 silinder biasa lebih boros dikit dibanding 4 silinder cc sama.. Dengan rute sama dan cara nyetir sama.cursQ wrote:Nah ya om nikasil nikasil itu.. masa bisa sampe 1:5 om? Oh klo kali kalap iyalah om.. itu 530i e34 saking bongsornya biar kata ude nyetir eco mode banget cuma bisa sampe 1:5-6.. klo kalap 1:3 x om wkwkwkwkwkwk
Masalahnya : sering kalapnya drpd engga nya wkwkwkwkw.
Siapa sih yang ga seneng dengerin raungan 6 silinder inline, di tol, malem malem. Pasti tergoda buat ngepush paling engga rev it to 4000-5000 wkwkwkwk.
Gw klw punya tu mbl pasti tiap wiken gw bawa ke tol waru-juanda buat lari lari kecil 120-140 kph.... Wkwkwkwk.
Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7