The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by arfs »

Jadi inget pertama kali bawa Biem, 318i E36 manual 1998 silver sama kyk yg om Chz repiew di Galaxi Bumi Permai Surabaya (punya om ane).
Duduk di jok driver lsg set kursi plg rendah sama tegak in. Gas poll gigi 2 red line nyentuh 90.
Tikungan bunderan (mau lurus) ambil racing line lepas gas doang apex 80an, OK.
Bawa 2 penumpang dewasa, 2 ABG (salah satuya ane yg nyetir) sama 2 anak kecil (dibawah 10 tahun) kira2 8 tahunan yg lalu :big_slap:
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
alicevamps
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Mon May 02, 2016 14:54

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by alicevamps »

Baru tau ternyata e36 itu maksudnya kode body ya.
Emang bawa mobil manual menyenangkan sih, sesekali klo disuruh nyetirin tmn yg pake mobil manual enak bgt, sayangnya skrg pilihan mobil manual makin dikiiiiitttt
emansipasi perempuan....tapi jangan panggil saya "om"
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4580
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by Pboyz97 »

alicevamps wrote:Baru tau ternyata e36 itu maksudnya kode body ya.
Emang bawa mobil manual menyenangkan sih, sesekali klo disuruh nyetirin tmn yg pake mobil manual enak bgt, sayangnya skrg pilihan mobil manual makin dikiiiiitttt
Iya nih sis, setuju banget, jaman skrg pilihan mobil manual (terutama mobil >300 jt) makin dikit, terutama buat top trimnya, biasanya kan pabrikan ngasih opsi MT & AT masing2 buat trim bawah & top trim, tapi kalo sekarang kebanyakan pabrikan justru malah ngasih pilihan manualnya di trim bawahnya aja , sedangkan buat top trimnya cuma disediain varian transmisi matic doang setau saya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15551
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by ChZ »

yisnawan wrote:Ane lebih kagum lagi selama 19 tahun km nya 17k..
Gimana ceritanya ya..
Jgn2 selama ini si Owner cuma manasin mesin, keluarin garasi trus masukin lagi ya.. hihihi..
Mantap bro review-nya..

Sent from my MI 5 using Tapatalk
Yep.. cuma dipanasin dan sesekali dibawa jalan doank... :mky_01:
arfs wrote:Jadi inget pertama kali bawa Biem, 318i E36 manual 1998 silver sama kyk yg om Chz repiew di Galaxi Bumi Permai Surabaya (punya om ane).
Duduk di jok driver lsg set kursi plg rendah sama tegak in. Gas poll gigi 2 red line nyentuh 90.
Tikungan bunderan (mau lurus) ambil racing line lepas gas doang apex 80an, OK.
Bawa 2 penumpang dewasa, 2 ABG (salah satuya ane yg nyetir) sama 2 anak kecil (dibawah 10 tahun) kira2 8 tahunan yg lalu :big_slap:
Ehehehe entah kenapa E36 ini sangat fun di tikungan... Bodyrollnya terasa, tapi sangat controllable dan malah disitu fun nya...
alicevamps wrote:Baru tau ternyata e36 itu maksudnya kode body ya.
Emang bawa mobil manual menyenangkan sih, sesekali klo disuruh nyetirin tmn yg pake mobil manual enak bgt, sayangnya skrg pilihan mobil manual makin dikiiiiitttt
Lho iya sis baru tau? Emang selama ini dikira apanya? :mky_01:

Yep... ane tiap minggu ditugasin bawa L300 gereja aja senengnya bukan main padahal tu mobil larinya gak ada... tapi karena manual dan serba mekanikal semua bikin sensasi tersendiri... :mky_02: Manual, gak ada P/S... jadi berat banget setirnya.
Pboyz97 wrote: Iya nih sis, setuju banget, jaman skrg pilihan mobil manual (terutama mobil >300 jt) makin dikit, terutama buat top trimnya, biasanya kan pabrikan ngasih opsi MT & AT masing2 buat trim bawah & top trim, tapi kalo sekarang kebanyakan pabrikan justru malah ngasih pilihan manualnya di trim bawahnya aja , sedangkan buat top trimnya cuma disediain varian transmisi matic doang setau saya
Ya oom... karena demand transmisi manual sekarang udah rendah... dan transmisi otomatik sudah banyak yang mengalahkan manual dalam hal shifting time. Saya nyetir Porsche betransmisi PDK itu pindah giginya lebih cepet daripada otak kita mikir...

Cuma tetep sensasi nginjek kopling dan ngoper-ngoper gigi itu gak ada lawan...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by arfs »

ChZ wrote:
arfs wrote:Jadi inget pertama kali bawa Biem, 318i E36 manual 1998 silver sama kyk yg om Chz repiew di Galaxi Bumi Permai Surabaya (punya om ane).
Duduk di jok driver lsg set kursi plg rendah sama tegak in. Gas poll gigi 2 red line nyentuh 90.
Tikungan bunderan (mau lurus) ambil racing line lepas gas doang apex 80an, OK.
Bawa 2 penumpang dewasa, 2 ABG (salah satuya ane yg nyetir) sama 2 anak kecil (dibawah 10 tahun) kira2 8 tahunan yg lalu :big_slap:
Ehehehe entah kenapa E36 ini sangat fun di tikungan... Bodyrollnya terasa, tapi sangat controllable dan malah disitu fun nya...
Yes, setuju.
Walau mungkin yg 4 cylinders lebih nurut hidung nya karena mungkin sedikit lebih bagus weight distribution nya. :big_peace:
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
Sparklinggraphite
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Mon Jan 25, 2016 18:07

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by Sparklinggraphite »

Jadi kangen mobil jaman kuliah
Persis kaya gini warnanya, m/t juga
Platnya b 323 uk
Semua std, except suspensi ganti bilstein pss, sama door moulding m3, velg 16 bmw style 5
Pertama kali masuk sentul ikut bmw klub gratisan, modal brake pad std baru sm servis tuneup aja +- 700rb rupiah
Ke bandung bertiga, kejar2an smp 200kpj di cipularang sm w220 s350 masih bisa nempel
Downhill 90-120kpj dari puncak kaya org gila jam stgah 6 pagi, unforgettable
Kalo malem2 sepi, pas uturn suka matiin asc sambil main kopling gas buat ngepot2 hahahahaha
Masih labil dulu
So easy to maintain, ga harus pplus, pake pertamax masih 1:7-8 dalkot
Paling suka derunya pas di range 3500-4500 rentang torsi maksimalnya
Ambil aja udah om, hahaha, kalau tabungan banyak udah saya tawar deh
inrandomthoughts
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 121
Joined: Wed Oct 01, 2014 2:26

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by inrandomthoughts »

Ya ampuuun... ini top list weekend car saya. E36 323i M/T.. kalo lagi ada budget lebih pasti langsung saya bisikin oom Chz deh.. hahaha
mohon koreksi kalo saya salah, ini bmw 6 silinder N/A terakhir yang versi M/Tnya masih dijual resmi di indonesia. sependek yg saya tau e46 di indo ngga ada yang manual.

kalo saya punya e36 323 ini cita2nya pasang stroker kit sama coilover. upgrade rem.. bisa lah buat ikutan seneng2 track day di sentul.

someday baby..someday.....
IG: @inrandomthoughts
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15551
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by ChZ »

arfs wrote: Yes, setuju.
Walau mungkin yg 4 cylinders lebih nurut hidung nya karena mungkin sedikit lebih bagus weight distribution nya. :big_peace:
Hmmm tapi E36 ini RWD sih oom... jadi gak terlalu front-heavy. Dan mungkin di versi 6 silinder ada yang diubah buat ngejar distribusi bobot...

Soalnya BMW kan selalu terkenal dengan distribusi bobot 50:50 nya :mky_01:
Sparklinggraphite wrote:Jadi kangen mobil jaman kuliah
Persis kaya gini warnanya, m/t juga
Platnya b 323 uk
Semua std, except suspensi ganti bilstein pss, sama door moulding m3, velg 16 bmw style 5
Pertama kali masuk sentul ikut bmw klub gratisan, modal brake pad std baru sm servis tuneup aja +- 700rb rupiah
Ke bandung bertiga, kejar2an smp 200kpj di cipularang sm w220 s350 masih bisa nempel
Downhill 90-120kpj dari puncak kaya org gila jam stgah 6 pagi, unforgettable
Kalo malem2 sepi, pas uturn suka matiin asc sambil main kopling gas buat ngepot2 hahahahaha
Masih labil dulu
So easy to maintain, ga harus pplus, pake pertamax masih 1:7-8 dalkot
Paling suka derunya pas di range 3500-4500 rentang torsi maksimalnya
Ambil aja udah om, hahaha, kalau tabungan banyak udah saya tawar deh
Hahahahaha wih sudah ganti suspensi gtu pasti manteb...

Yep deru nya waktu 3500 - 4500 itu asik banget... :big_love:

Duidnya yang kaga ada oom mau bungkus... ngiler sih liatnya :big_cry:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
fabreguz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Mon Jan 17, 2011 6:32
Location: Paragon City

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by fabreguz »

nice review bung chz :big_exellent: :big_exellent:
sy termasuk yg suka banget sama desain bmw e36, karena bentuk nya masih boxy tapi luwes sehingga ndak kaku sama skali dan aura terliat ganteng dan maskulin banget :big_love: :big_cat:
dibanding e46 yg sudah lebih membulat desain nya sehingga terkesan metrosesksual, tapi jg tetap bagus lha :big_grin: :big_grin:
sayang banget kalo dijual, newbie thok kalo jadi yg punya akan pertahanin dulu. apalagi hampir 20 taon itu udah pencapaian luar biasa
karena bmw seri 3 sblom seri ini, newbie thok ndak tau seri kode bodi mobil nya
kalo ndak salah e32 ya? :big_think: :big_think:
nah skrg bmw kode bodi itu udah jadi buruan dan kolektor item dan harga nya gila gila an , apalagi yg versi sport M3 nya
konon itu versi m3 ndak kalah harga nya sama supercar model terbaru :big_chicken: :big_smoking:
nah bmw e36 ini menurut analisa pakar otomotiv yg sy baca, diyakini tinggal menunggu waktu utk menjadi kolektor item dan berharga gila gilaan sperti seri 3 sblomnya skrg ini
itu kalo di luar negeri trutama eropa dan amrik, entah kalo di indo bisa gitu ndak ya :big_grin: :big_think:
Don't Imageate
User avatar
dream_theater
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Thu Dec 03, 2009 2:31
Location: Semarang
Daily Vehicle: Xpander exceed AT

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by dream_theater »

ChZ wrote:
dream_theater wrote:Wah...review yg melankolis om.... :frm_tumbright:
Jadi inget saat pegang 320i di tol bandung, perasaan ane udah bejek kenceng di sisi kanan, di belakang ada mobil ngedim berkali-kali minta jalan...begitu ane mlipir ke tengah, sebuah 323i melesat dengan kencang....wusssss.... :e-clap:
320i E36 juga oom? Wah 6 silinder juga tuh. :mky_02:
Yup, boss ane bangga banget waktu itu, bilangnya "ini mobil 2000cc tp 6 silinder loh...beda dgn mobilmu yg cuma 4 silinder 1500cc..." :wkkk: Kebetulan dulu beli second & dapet barang yg terawat, sehari2 nyaris gak ada problem berat, walau rutenya AKAP, kemana-mana urusan proyek. Problem cuma di motor power window & central lock.

Betul om CHz, E46 ini cukup bersahabat dgn driver pemula, dulu ane pertama pegang langsung dr bandung pulang ke smg lewat sumedang - cadas pangeran, terasa betapa solid handlingnya di tikungan2...biasa pake mobil jepang 1.5 yg bodyrollnya segambreng, yg ini santai saja melahap tikungan... :big_exellent: andai ane punya dana utk bawa pulang 323i 17km itu... :big_comfort:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15551
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by ChZ »

fabreguz wrote:nice review bung chz :big_exellent: :big_exellent:
sy termasuk yg suka banget sama desain bmw e36, karena bentuk nya masih boxy tapi luwes sehingga ndak kaku sama skali dan aura terliat ganteng dan maskulin banget :big_love: :big_cat:
dibanding e46 yg sudah lebih membulat desain nya sehingga terkesan metrosesksual, tapi jg tetap bagus lha :big_grin: :big_grin:
sayang banget kalo dijual, newbie thok kalo jadi yg punya akan pertahanin dulu. apalagi hampir 20 taon itu udah pencapaian luar biasa
karena bmw seri 3 sblom seri ini, newbie thok ndak tau seri kode bodi mobil nya
kalo ndak salah e32 ya? :big_think: :big_think:
nah skrg bmw kode bodi itu udah jadi buruan dan kolektor item dan harga nya gila gila an , apalagi yg versi sport M3 nya
konon itu versi m3 ndak kalah harga nya sama supercar model terbaru :big_chicken: :big_smoking:
nah bmw e36 ini menurut analisa pakar otomotiv yg sy baca, diyakini tinggal menunggu waktu utk menjadi kolektor item dan berharga gila gilaan sperti seri 3 sblomnya skrg ini
itu kalo di luar negeri trutama eropa dan amrik, entah kalo di indo bisa gitu ndak ya :big_grin: :big_think:
E36 ini mungkin BMW tua yang paling saya berani piara... hehehe... Spare part nya masih cukup affordable dan permasalahannya gak se kompleks E46 apalagi E90... Kemarin sempet baca - baca di forum - forum sih permasalahannya, saking penasaran.
In the USA the M52B used an iron block (except for the M52B28 in the Z3 which was an aluminum block), while the M52TU used an aluminium cylinder block. The aluminum M52 engine received criticism in some markets with high levels of sulfur in the petrol during the late 1990s. Sulfur has a corrosive effect on Nikasil and led to many early M52 engines having premature bore-liner wear, only the M60 and the European M52 engines were affected.[8][9][10]

Engines destined for high-sulfur gasoline markets, the United States among three others countries, had cast iron cylinder liners in the aluminum block to cope with this problem.[11] With the exception of the cylinder liners, the basic aluminum block of the M52 engine was the same for all markets.[12][13]
Belom pernah ada sih denger M52 engine di Indonesia kena masalah di nikasil blocknya... :big_think: toh bensin skrg udah rendah sulfur (P92 dan PTurbo).

Sebelum E36? Oooh E30 ahhahaha saya juga suka itu oom... Ganteng skali modelnya.
dream_theater wrote: Yup, boss ane bangga banget waktu itu, bilangnya "ini mobil 2000cc tp 6 silinder loh...beda dgn mobilmu yg cuma 4 silinder 1500cc..." :wkkk: Kebetulan dulu beli second & dapet barang yg terawat, sehari2 nyaris gak ada problem berat, walau rutenya AKAP, kemana-mana urusan proyek. Problem cuma di motor power window & central lock.

Betul om CHz, E46 ini cukup bersahabat dgn driver pemula, dulu ane pertama pegang langsung dr bandung pulang ke smg lewat sumedang - cadas pangeran, terasa betapa solid handlingnya di tikungan2...biasa pake mobil jepang 1.5 yg bodyrollnya segambreng, yg ini santai saja melahap tikungan... :big_exellent: andai ane punya dana utk bawa pulang 323i 17km itu... :big_comfort:
Konon BMW 6-silinder itu cuma beda stroke aja ... sama-sama blocknya M52 (M52B20 dan M52B25) ...

Ya oom... nyetir E36 ini rasanya kayak gerakin badan sendiri, saking nurutnya mobil sama kita. Entah kenapa setelah nyetir E36 present BMW rasanya too computerized... Nagih banget rasanya nyetir E36.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
lockdown
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Sun Oct 09, 2016 8:17

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by lockdown »

kok saya blum bisa pm yaa,, bisa bantuin.?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15551
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: RE: Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by ChZ »

lockdown wrote:kok saya blum bisa pm yaa,, bisa bantuin.?
Post nya masih kurang dari 10 oom...

Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
geofreyap
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1611
Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by geofreyap »

Seumur hidup belom pernah ngerasain inline 6...
Btw, kenapa ga di pelihara aja ya?
Hmm..

E36 kalo tak salah adalah line-up seri 3 terakhir yg ada mt nya toh?
I mean yg dimasukin scara resmi di indo..
Btul ya?

Pernah nyoba e46 punya temen.. Lupa yg 318 atau apa..
Enak sih.. Tapi ya kurang greget & terasa boyo..
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15551
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by ChZ »

geofreyap wrote:Seumur hidup belom pernah ngerasain inline 6...
Btw, kenapa ga di pelihara aja ya?
Hmm..

E36 kalo tak salah adalah line-up seri 3 terakhir yg ada mt nya toh?
I mean yg dimasukin scara resmi di indo..
Btul ya?

Pernah nyoba e46 punya temen.. Lupa yg 318 atau apa..
Enak sih.. Tapi ya kurang greget & terasa boyo..
Karena gak ada yang pake oom... daripada nganggur dilepas pelan-pelan sama yang punya.

Iya E36 seri-3 terakhir yang officially punya trim Manual.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
new_shogun
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Fri Aug 31, 2007 16:58

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by new_shogun »

this post really ring my bell..
kapan hari perjalanan pulang ke solo pas cruising di tol semarang bawen kecepatan 120kmh di salib e36 silver entah tipenya apa, soalnya semua emblem dilepas. curiganya sih 323 ini. coba saya kejar sampe 140-150 ga ketangkep, mana sini bawa vios udah mentul2 jadi ga berani lebih, sedangkan dia nambah terus dan tetep anteng. bahkan di tikungan mau exit bawen dia belok dengan kecepatan tinggi masih berani. sampai gerbang tol kita bersebelahan, saya lihat drivernya cowok muda sama ceweknya. dan ceweknya tidur anteng di jok kiri.
hebat bener suspensi ni mobil, terlihat sangat stabil di kecepatan tinggi. sedan rakyat jepangan 10 tahun lebih muda pun kedodoran melawannya... :big_okay:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15551
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by ChZ »

new_shogun wrote:this post really ring my bell..
kapan hari perjalanan pulang ke solo pas cruising di tol semarang bawen kecepatan 120kmh di salib e36 silver entah tipenya apa, soalnya semua emblem dilepas. curiganya sih 323 ini. coba saya kejar sampe 140-150 ga ketangkep, mana sini bawa vios udah mentul2 jadi ga berani lebih, sedangkan dia nambah terus dan tetep anteng. bahkan di tikungan mau exit bawen dia belok dengan kecepatan tinggi masih berani. sampai gerbang tol kita bersebelahan, saya lihat drivernya cowok muda sama ceweknya. dan ceweknya tidur anteng di jok kiri.
hebat bener suspensi ni mobil, terlihat sangat stabil di kecepatan tinggi. sedan rakyat jepangan 10 tahun lebih muda pun kedodoran melawannya... :big_okay:
Ehehehe same with me oom... ane selalu sangat kagum kalo lihat BMW ngebut... Rasanya mantep gtu... Beda sama liatin sedan jepangan apalagi MPV jepangan ngebut.

Speeding di 160 kph pun tetep keliatan anteng mobilnya... German engineering bener bener... :big_exellent:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
rinoleks
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Mon May 12, 2014 2:45

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by rinoleks »

Wuih..harta karun nih om! Termasuk mobil impian ane jaman SMA dulu. Thn lalu pas hunting sedan,sempet kepikiran ni mobil. Cm rada susah cari yg mint condition. Akhirnya ambil sedan jepangan yg 6 silinder juga, mitsu galant :D
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15551
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by ChZ »

rinoleks wrote:Wuih..harta karun nih om! Termasuk mobil impian ane jaman SMA dulu. Thn lalu pas hunting sedan,sempet kepikiran ni mobil. Cm rada susah cari yg mint condition. Akhirnya ambil sedan jepangan yg 6 silinder juga, mitsu galant :D
Ehehehe sepertinya dulu mesin BMW 6-silinder dan Mitsu 6-silinder juga rival berat oom... sama-sama 6 silinder dan sama-sama 170hp. Entah kenapa 170hp di zaman itu berasa kencang sekali... :mky_01:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
rinoleks
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Mon May 12, 2014 2:45

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by rinoleks »

ChZ wrote:Ehehehe sepertinya dulu mesin BMW 6-silinder dan Mitsu 6-silinder juga rival berat oom... sama-sama 6 silinder dan sama-sama 170hp. Entah kenapa 170hp di zaman itu berasa kencang sekali... :mky_01:
Sekarang jg masi berasa kencengnya kok om. Ban sering berdecit kalo sudden acceleration, 190kmh di rpm 4500an. Gak berani lebih lg krn inget anak istri dirumah.. :mky_01:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15551
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by ChZ »

rinoleks wrote:
ChZ wrote:Ehehehe sepertinya dulu mesin BMW 6-silinder dan Mitsu 6-silinder juga rival berat oom... sama-sama 6 silinder dan sama-sama 170hp. Entah kenapa 170hp di zaman itu berasa kencang sekali... :mky_01:
Sekarang jg masi berasa kencengnya kok om. Ban sering berdecit kalo sudden acceleration, 190kmh di rpm 4500an. Gak berani lebih lg krn inget anak istri dirumah.. :mky_01:
Ahh yes oom... Kalo saya inget-inget sekarang mobil 2400cc jepangan juga masih 170an tenaganya :big_slap: Yang 6 silinder 180an (Nissan Teana J32).

Kalo BMW 325i E90 terakhir si 218hp...

Yep zaman itu masih tali gas jadi gampang banget dibuat berdecit... response gasnya direct banget :big_love:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
cursQ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 680
Joined: Thu Nov 03, 2016 17:51

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by cursQ »

Wow wow wow.. nice riviuw om.. aselik liat e36 323i M/T.. dan 323i termulus sepanjang saya liat bener2 NOS. Karena skrg ini pasaran 323i lebih jelek dibanding 320i atau 318i untuk e36 karena kebanyakan lebih ancur kondisinua di pasaran. Dan denger2 bahan material blok mesinnya apa gitu jd pada takut pake 323i. Saya pernah pake e30 m40, e34 520i m50 dan e34 530i m60 v8 M/T ya V8 BMW 3000cc manual... bedebaaah.. ah rindunyaaa cuma konsumsi bensinnya biadab walau sebanding dengan power tenaga dan enaknya cruising di tol tengah malem.. rasanya tengil aja walau abia redline nyesel harus ke pom bensin lagi...
Saya masih ngidam banget e36 nyang katanya handlingnya juaraaaa banget.. tapi rasa2nya klo mau miara bmw tua longlasting masih e30 m40 pilihan pertama.. klo barang cakep pisan bisa jadi investasi hahaha..

Sekali lagi nice riviuw om.. saya jadi kangen sama bmw2 lama yanh pernah nemenin saya.. skrg cuma ngebanci di belakag setir city car automatic yang ngejar 1:14 ke atas bengsingnya demi dompet ngebul hahahahhaa
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15551
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by ChZ »

cursQ wrote:Wow wow wow.. nice riviuw om.. aselik liat e36 323i M/T.. dan 323i termulus sepanjang saya liat bener2 NOS. Karena skrg ini pasaran 323i lebih jelek dibanding 320i atau 318i untuk e36 karena kebanyakan lebih ancur kondisinua di pasaran. Dan denger2 bahan material blok mesinnya apa gitu jd pada takut pake 323i. Saya pernah pake e30 m40, e34 520i m50 dan e34 530i m60 v8 M/T ya V8 BMW 3000cc manual... bedebaaah.. ah rindunyaaa cuma konsumsi bensinnya biadab walau sebanding dengan power tenaga dan enaknya cruising di tol tengah malem.. rasanya tengil aja walau abia redline nyesel harus ke pom bensin lagi...
Saya masih ngidam banget e36 nyang katanya handlingnya juaraaaa banget.. tapi rasa2nya klo mau miara bmw tua longlasting masih e30 m40 pilihan pertama.. klo barang cakep pisan bisa jadi investasi hahaha..

Sekali lagi nice riviuw om.. saya jadi kangen sama bmw2 lama yanh pernah nemenin saya.. skrg cuma ngebanci di belakag setir city car automatic yang ngejar 1:14 ke atas bengsingnya demi dompet ngebul hahahahhaa
Ya oom... ada problem di nikasil coating blocknya yang kalah kalo kena bensin sulfur tinggi... tapi problem ini kebanyakan di market Amerika dan dimana gtu... Indonesia gtw deh.

Konsumsi bensinnya kalo kaki kalap yah 1 : 5 lah... menurut penuturan yang punya... :big_biglaugh:

Bahkan sampe hari ini pun belum nemu mobil yang lebih sip handlingnya dari E36 ini... Feel nya sangat natural...

Hahahaha saya juga ngebanci di belakang sedan Honda 1800cc 4 silinder... :big_cry:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
cursQ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 680
Joined: Thu Nov 03, 2016 17:51

Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by cursQ »

Nah ya om nikasil nikasil itu.. masa bisa sampe 1:5 om? Oh klo kali kalap iyalah om.. itu 530i e34 saking bongsornya biar kata ude nyetir eco mode banget cuma bisa sampe 1:5-6.. klo kalap 1:3 x om wkwkwkwkwkwk
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15551
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: RE: Re: The Ultimate Driving Machine : '97 BMW 323i M/T (E36)

Post by ChZ »

cursQ wrote:Nah ya om nikasil nikasil itu.. masa bisa sampe 1:5 om? Oh klo kali kalap iyalah om.. itu 530i e34 saking bongsornya biar kata ude nyetir eco mode banget cuma bisa sampe 1:5-6.. klo kalap 1:3 x om wkwkwkwkwkwk
6 silinder biasa lebih boros dikit dibanding 4 silinder cc sama.. Dengan rute sama dan cara nyetir sama.

Masalahnya : sering kalapnya drpd engga nya wkwkwkwkw.

Siapa sih yang ga seneng dengerin raungan 6 silinder inline, di tol, malem malem. Pasti tergoda buat ngepush paling engga rev it to 4000-5000 wkwkwkwk.

Gw klw punya tu mbl pasti tiap wiken gw bawa ke tol waru-juanda buat lari lari kecil 120-140 kph.... Wkwkwkwk.

Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7