Mobilio S 2016 : Pengalaman User Newbie

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 632
Joined: 21 Mar 2007, 16:49

Mobilio S 2016 : Pengalaman User Newbie

Post by ZEXELGRIFONE »

Mohon ijin para momod dan suhu2 semua..
Perkenankan Newbie bin piyiks ini berkontribusi dan share pengalaman tentang gerobak Mobilio S Tahun 2016 ini (edisi setelah dashboard lift).

-Preambule-
Awalnya sebelum berjodoh dengan Mobilio S ini, kami sekeluarga menimbang kandidat2 MPV lainnya sesuai kebutuhan dan kriteria kami (ertiga, duo kembar avxen, duo kembar LCGC CalSig dan Mobilio).

Tak lupa kami cari2 referensi dari internet dan forum SM ini dalam hal review, pengalaman pengguna, dsb.. yg kadang tidak tercantum dalam brosur resmi masing2 merk.
Thanks forum SM! :big_exellent:

Singkat kata, ada 3 mobil yg cocok dengan spek/kebutuhan dan harga masuk radar budget kami yg terbatas. Setelah kami timbang lagi rata2 fiturnya 11-12 (ada lebih kurangnya juga), pusinglah kami :glodak:
Maka faktor subyektif kami ikutkan jadi pertimbangan:
-Di komplek kecil rumah kami blum ada yg punya Mobilio, it would be nice klo kami jadi yg beda sendiri :mky_03:
-Belum pernah punya mobil merk H tegak (maka ini jadi pengalaman pertama kami)
-Pengalaman selama ini naek mobil juga seringnya itu2 melulu.. Xenia Xi punya ortu klo pas pulang juga sering bawa, Tokisul kantor juga, New Avanza kakak dulu pernah, naek grab/uber juga sering dapet avxen baru/lama. Kami berpikir apa nantinya gak bosan klo ngerasain MPV yg itu2 melulu? Ga ada pengalaman lain donk? :big_comfort:
Akhirnya, dengan faktor2 subyektif itu kami memutuskan meminang Mobilio S untuk menemani Honda bersayap kami (Honda Motor) di carport.. :big_cat:

-About Mobilio S-
Rata2 pasti dah khatam, Mobilio S adalah kasta terendah dari ras Mobilio produksi HPM dengan transmisi manual saja.
Awal munculnya saya kurang suka, karena dashboard model bulet2 yg sedemikian rupa.. Namun awal 2016 setelah dashboard lift, apalagi trim terendah dapet AC Double Blower, saya pikir sekarang sudah lumayan oke..
Dan karena kasta terendah, maka kelengkapannya tidak selengkap mobilio E apalagi RS, namun fitur2 dasarnya sama: 7 seater, AC Doble Blower, Velg/ban 15", AC Digital, Mesin 1.5L, Tilt Steering, Immobilizer, SRS Airbag..

Sepandang jalan memandang, saat ini Mobilio juga sudah menjadi armada taxi burung biru dan Puskopau (Koperasi TNI AU) di bandara Halim PK JKT. :mrgreen:

-Eksterior-
Kesan dari depan kembaran dengan Brio, cuma di belakangnya saya suka meskipun ga ada spoiler diatasnya.. :frm_tumbright:
Image
Bagian belakang ga ada emblem S/E/RS..
Image
Chrome cuma di grill + emblem depan dan emblem belakang..

Mobilio S juga ga punya spion dengan sein, tapi warnanya tetap sewarna body dan pengaturan kaca spion tetap elektrik.
Fungsi sein di spion digantikan oleh satu sein kecil nempel di kiri-kanan body, di bawah spion, dekat spakbor depan.

Kemudian liat kebawah, Lio S ini masih pake velg kaleng hitam+dop abu2 ukuran 15" dengan balutan ban brigestone champiro eco.
Image
Cek lagi.. mudguard ga ada, fog lamp ga ada, side body strip/moulding ga ada, sensor parkir ga ada.. ya sesuai speknya di brosur. :mky_07:

-Interior-
Kebanyakan plastik keras di dashboard, door trim, handle pintu, dsb.. dengan warna paduan hitam dan krem.
Apa berasa murahan? Mengingat Xenia lawas ortu, kayaknya juga plastik2.. 11-12 lah.. :mky_01:
Ambil positifnya saja, kotoran sepertinya ga gampang nempel, kemudian bersihinnya sepertinya gampang.. :big_deal:

Kabin berasa lapang, dengan banyak tempat minum, untuk kekedapannya meskipun suara dari luar masih kedengeran masuk tapi saya masih anggap lumayan (lagi2 mengingat Xenia lawas ortu) :mky_01:

Dashboardnya bikin saya agak kaget karena lebarnya (dari setir ke winshield depan), tapi modelnya oke, lebih driver oriented, cuma ga ada finishing mengkilap apalagi wood panel.
Lubang2 penyimpanan ada dan tersedia port 12v socket di tengah bawah dengan tulisan maks 180 watt, cuma ga ada pematik rokoknya..

Meter clusternya ada 3 ornamen lingkaran biru (kayak lambang KB ya?) yg nyala (fade in) saat kunci kontak di masukkan dan akan mati (fade out) saat kunci kontak dicabut.
Ada pula LCD kecil dengan isi odometer km, trip km, average bensin (km/l) dan jam.
Indicator ECO juga ada dan akan menyala apabila kita berkendara dengan efisien.
Image

Untuk power window di sisi supir cuma auto down, ga ada auto up..
Saya kira awalnya ga terlalu masalah, tapi ternyata klo sering buka tutup agak repotin juga (butuh auto up) terlebih saat di gerbang tol hujan2 pula.. :big_slap:

Hal lainnya:
1.Kaca film dapet dari dealer/pabrikan memakai Huper Optik (entah apa tipenya) dengan tingkat kegelapan 20% (depan) dan 60% (kiri-kanan-belakang).
2.Sunvisor depan belum ada cerminnya.. Jadi mbak2/mbok2/tante2 klo mo dendong (baca: dandan) ya bawa kaca sendiri, atau pake spion :mky_07:
3.Kaca green glass. Katanya sih lebih bagus dari kaca biasa. Mampu mengurangi panas berlebihan, bener enggaknya perlu dibuktikan..

-Audio-
Mobilio S dapet HU dapet Pioneer FH-X36UI (sesuai di buku manualnya) double din, bisa Radio/USB/aux/cd, dengan output berupa sepasang speaker di depan saja (yg di belakang cuma lubang/dudukannya doank, ga ada speakernya) :big_biglaugh: .
Ada fitur Equalizer, Mixtrax (buat nge-mix/efek antar lagu), Bass Boost, radio (AM/FM/SW1*/SW2*), track info, jam dsb..
*SW1/SW2?? Yupp.. kayak gelombang radio jaman rikiplik :mky_03:
Cuma pas kemaren dicoba, SW1/SW2 ini blum ketemu stasiun radio manapun..
Image
Suaranya? Bagi saya yg bukan berkuping emas, sudah bagus.

-AC-
Mobilio S 2016 ini sudah punya AC doble blower dengan AC depan model digital pencet2an+LCD, berasa lebih modern dan canggih (meskipun fiturnya standar aja).
Yg bikin plus (meskipun dikit):
1.Ada blower ke bawah (kaki) biar kaki penumpang/supir di depan ga kepanasan..
Cuma kemaren pas jalan, apabila semburan ke kaki diaktifkan, maka angin dari lubang blower dashboard berasa berkurang, jadi kudu naekin kecepatan kipasnya lagi biar angin kerasa ke badan.
2.Tombol Max Cool, yg klo dipencet, AC+blower langsung naik ke tingkat maksimum. Cocok buat yg ga sabaran karena kepanasan habis berjemur atau terbakar emosinya.. :big_grin:

Yg bikin minus: filter AC belum ada.. Jadi harus dipasang sendiri :big_slap:
Image

AC belakang, standar aja dengan 3 level pengaturan hembusan.
Ga masalah sih, yg penting handai taulan pas naek di row-2 atau 3 ga ngeluh kepanasan :D

-Akomodasi penumpang-
Jok baris depan, meskipun headrest menyatu, menurut saya masih ga masalah karena saya pernah coba dulu sebelum meminang mobil ini (saya juga sempatkan maen ke showroom dan cobain Mobilio yg dipajang disana)
Ukuran dan ketebalan masih memadai untuk saya (168cm/90 kg). Bisa reclining full juga. Kenyamanan masih oke dengan kepala tetap kebagian headrest yg cukup :D

Baris ke-2, saat saya duduki, jarak dengkul saya dengan jok depan (posisi mengemudi saya), tersisa 7 jari dari posisi nyetir saya. :mky_02:
Oia jok Mobilio S ga bisa maju mundur, headrestnya terpisah, ketebalannya menurut saya masih cukup, reclining ga bisa banyak2 juga, dan mekanisme one tuch tumble nya oke punya. :big_exellent:

Baris ke-3 saya coba duduki masih cukup nyamannya (apa efek sarung jok ya?), tapi dengkul saya menyentuh jok baris ke-2. Mungkin klo baris ke-2 bisa dimajukan dikit (sliding kayak Mobilio E), maka baris ke-3 bisa lebih lega. Dan jok baris ke-3 ini lebih tipis daripada baris 1-2 dengan headrest kepisah dan ga bisa reclining. Mekanisme pelipatan butuh beberapa step, tapi tetep gampang juga..

-Bagasi-
Saat jok baris ke-3 tegak, yg pasti lebih luas daripada Xenia lawas ortu.. Kayaknya dibandingin Avxen baru juga masih lebih luas. :big_exellent:
Cuma ga ada karpet bludru nya (yg jadi bonus), dan tanpa jaring laba2 pengaman (cargo net).

-Security & Safety feature-
Sisi safety, mirip2 sama trim atasnya.. ada sepasang airbag di depan, sabuk pengaman row-1-2-3, side impact beam, dan body gcon+ace. Tapi mobilio S belum ada ABS dan sensor parkir.
Untuk sisi keamanan, kunci sudah menganut model wave key dan pake immobilizer, cuma sayang blum ada alarm :frm_bang_head: . So sebelum mobil dikirim, saya nambah/pasang sendiri alarm OEM dari dealernya.

-Built Qualty and Finishing-
Paling yg agak mengganggu itu sealant di firewall/enggine bay (CMIIW) masih aja keliatan dan kontras, karena tidak di cat kesannya kurang rapi :big_slap:
Kemudian plat body/tulang sasis deket radiatoritu ga di cat juga :big_dunno:
Owh well.. memang ga tiap hari liat engine bay sih, tapi klo pas buka kompartemen mesinnya rapi kan nyenengin juga :big_childish:
Image
Untuk bagian lain, saya belum liat secara detil, mungkin suhu2 disini lebih faham.. :D

-Driving Impression-
Sabtu-minggu jalan dengan komposisi 2 penumpang + 1 supir, baru coba jalan agak jauh (cuma sampe bogor aja sih, PP) :mky_07:

Untuk saya yg nyupirnya cuma xenia lawas ortu or kijang kapsul punya kantor, pertama kali nyetir Lio S ini berasa windshieldnya gede banget ya? :big_chicken:
Pandangan berasa luas, dashboard/mobil berasa lebar, ujung kap mesin ga keliatan (bisa jadi kelebihan/kekurangan).
Posisi duduk agak rendah berasa bukan minibus/MPV. Berasa GC nya rendah (padahal 189mm), pikiran agak worry klo lewat jalan rusak/poldur di deket rumah, Ya sudah, pelan2 deh.. Eh ternyata ga mentok.. :frm_tumbright:
Pas macet2 di tol, jejeran sama Avxen baru, sepertinya mereka memang lebih tinggi duduknya.

Hal lain yg bikin agak worry adalah papasan dengan mobil gede di gang sempit, coz Lio ini kesannya lebar, pdahal ukurannya beda2 tipis sama kompetitor. Tapi bisa jadi ini cuma faktor kebiasaan saya saja :mky_01:

Saat pertama nyetirnya kopling berasa enteng, stir juga enteng saat belok2 masuk gang, tarikan oke (bukan tipikal driver agresif sih), tuas persneling enteng dengan jarak main pendek bikin saya ga capek saat shifting :e-clap:

Untuk performa mesin, suhu2 sini pastinya lebih faham performa mesin L15.. Lagian saya blum berani bejek full. :mky_01:
Image
Tapi yg saya suka, cruising 80-100kmh di rute tol cibubur-bogor (jagorawi) raungan mesin seakan kalem dengan RPM sekitar 3100-an lebih dikit :big_comfort:. Malah suara ban yg lebih mendominasi :big_slap:
Beda dengan mobil2 yg pernah saya setir sebelumnya, di kecepatan segitu meskipun dengan gear tertinggi, mesinnya sudah agak meriang.. eh meraung :mky_07:

Oia, saya belum dengar bunyi peresan tebu seperti yg suhu2 sini sering omongin.. :big_blushing:

Untuk pengendalian, saya yg baru pertama ini coba Mobilio berasa enak aja,.. Berasa nyaman, di tikungan dengan jalan bergelombang juga tidak terlalu memantul2 dan minim gejala limbung..

-Fuel Efficiency-
Sejak datang dari dealer, jarum bbm di posisi 1/4. Beberapa hari cuma dipanasin sama cobain fitur2nya dibalik kemudi.
Kemudian pas berangkat ke bogor, mampir dulu ke SPBU Total, isi dengan Total Performance 92. Tapi Average di LCD lupa ga di reset :e-doh:
Sepanjang jalan juga bawanya biasa, dengan indikator ECO kadang nyala juga..
Rute variatif (tol/kota, macet/lancar), hujan juga.. Hasilnya dapet 14,1 km/liter.

Hari selanjutnya dengan komposisi penumpang+pengemudi yg sama.
Average di LCD di reset sebelum jalan.. Rute ke kantor bini di kuningan, ke arah senen, belanja di cempaka putih, ke jatiasih (Bekasi), malemnya mampir ke cucian mobil dulu sebelum pulang..
Dengan rute yg variatif (cenderung lebih macet) dan gaya nyetir normal, hasilnya 11,9 km/liter.

-Overall-
Mungkin kalo orang bilang, Mobilio S ini berasa kurang keren karena kelengkapan aksesorisnya tidak selengkap E ataupun RS. Tapi fitur2 dasar yg dibutuhkan (7 seater, performa yg baik, nyaman, pengendalian baik, irit bbm, AC double, akomodasi luas, safety feature) hampir semua ada di mobil ini dan jadi solusi untuk yg ingin mobil MPV 7 seater baru dengan harga yg lebih murah dari trim atasnya..

Dan yg utama untuk saya adalah:
1.Bersyukur karena tidak menyangka bisa beli mobil baru (awalnya ngincer cuma MPV sekend).
2.Peningkatan dari mobil2 yg pernah saya setirin itu, meskipun beberapa fiturnya masih kurang, tapi overall this is better.. Tinggal tunggu pembuktian seiring waktu untuk kehandalan dan keawetannya.

Jadi untuk yg punya dana pas-pasan, dan pengen MPV 7 seater baru yg nyaman, tapi tidak gengsi karena ambil trim terendah, atau mo buat disewain/taxi online, maka Mobilio S ini bisa jadi pertimbangan.. Atau mo buat bahan modif? Mobilio S pastinya jadi bahan yg menarik, mengingat banyak yg masih std di mobil ini..
Image

Dibandingkan dengan mobil2 yg sekelas/seharga...
Pros :
+Mesin 1.5L bertenaga besar
+Irit BBM
+Driving impression
+Akomodasi
+Minim limbung
+AC digital
+Bagasi gede
+Immobilizer

Cons :
-Built Quality and Finishing
-Peredaman kurang
-No ABS
-No Alarm
-No Parking Sensor

Dan karena Mobilio S ini adalah trim terendah, maka masih ada PR untuk menjadikannya lebih nyaman atau menjadi Mobilio E/RS KW Super :mky_07: :
-Pasang alarm. (done-OEM by dealer).
-Pasang silplate samping (biar kaki penumpang ga langsung injek ke body bawah pintu). (done-DIY)
-Pasang karpet karet untuk penumpang baris 1-2-3. (done-DIY)
-Pasang sensor parkir. (done-bengkel Acc)
-Pasang filter AC. (done-DIY)
-Pasang shark fin antenna. (done-DIY)
-Pasang modul auto up di sisi supir.
-Pasang klakson double (std Mobilio S masih klakson disc single).
-Pasang karet balon/peredam di pintu.
-Pasang velg OEM Mobilio E/RS atau Jazz yg 16" sekalian klo bisa masuk..
-Pasang foglamp
-Pasang speaker belakang
-Pasang spion yg pake sein

Sekian pengalaman tentang Mobilio S dari saya, mohon maaf klo ada kesalahan kata2 ataupun penilaian yg terasa ngawur ataupun subyektif :big_peace:
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 635
Joined: 30 Nov 2015, 08:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Mobilio S 2016 : Pengalaman User Newbie

Post by adityawei »

Nice review om..
Ini tipe S manual kan ya, itu bisa dapet 14.1 kan di tol tuh, kalo buat cruising dalkot dapet berapa om ?
Sama itu tipe S spiker 2 doang ya ? Sampe bikin PR pasang speaker belakang :mky_05:
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5
Rundeer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: 15 Jan 2016, 22:00
Location: Bandar Lampung, Lampung
Daily Vehicle: Innova

Re: Mobilio S 2016 : Pengalaman User Newbie

Post by Rundeer »

Nice ripiu om
.
.
.
.
.
Body g-con ace, kebanggaan luginar sepanjang masa :wkkk: :wkkk:
Jangan nginjek gas dalam dalam, boros, mending nyantai aja :ngacir:
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2810
Joined: 17 Aug 2015, 13:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Mobilio S 2016 : Pengalaman User Newbie

Post by martinnn »

aksesoris bisa nambah2 sendiri.... untuk safety gmana om ? abs airbag uda ad a?
Morv.co.id ( Brand marketing Agency & Production House )
Astha Jaya Indo ( Distributor of FMCG and LED Lamp Nanolite )

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 934
Joined: 03 Sep 2016, 20:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Mobilio S 2016 : Pengalaman User Newbie

Post by michaelgiri93 »

Rundeer wrote:Nice ripiu om
.
.
.
.
.
Body g-con ace, kebanggaan luginar sepanjang masa :wkkk: :wkkk:
njirr bener om begitu baca gcon ace langsung inget luginar
:wkkk:

anyway nice review om
dan congratz untuk mobilio barunya
:mky_02:
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'01 rx king green - 5 mt
User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1546
Joined: 26 Aug 2012, 19:36
Location: Riau
Contact:

Re: Mobilio S 2016 : Pengalaman User Newbie

Post by grandis_GT »

Menurut ane , Mobilio S ini udah cukuplah untuk kendaraan sehari" apalagi untuk keluarga muda yg butuh 7 seater tapi budget pas-pasan , nice review om :D
The Art of Luxury
ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 632
Joined: 21 Mar 2007, 16:49

Re: Mobilio S 2016 : Pengalaman User Newbie

Post by ZEXELGRIFONE »

adityawei wrote:Nice review om..
Ini tipe S manual kan ya, itu bisa dapet 14.1 kan di tol tuh, kalo buat cruising dalkot dapet berapa om ?
Sama itu tipe S spiker 2 doang ya ? Sampe bikin PR pasang speaker belakang :mky_05:
Dalkot asumsi macet2 ya..
Terakhir kemaren ke kantor, macet2 di pinang ranti, masuk tol tmii sampe di exit tol cempaka putih juga macet2an, trus macet lagi di underpass senen. Cuma dapet 10 km/liter dengan ordo masih belum ada 1000km.

Iya tipe S cuma dapet speaker 2 doank di depan :big_slap:
martinnn wrote:aksesoris bisa nambah2 sendiri.... untuk safety gmana om ? abs airbag uda ad a?
Yup betul.. aksesoris yg gampang2 pasangnya bisa nambah sendiri :D
Safety.. ABS belum, Airbag di sisi penumpang+driver sudah ada.
Rundeer wrote:Nice ripiu om
.
.
.
.
.
Body g-con ace, kebanggaan luginar sepanjang masa :wkkk: :wkkk:
Makasih om.. Wkwkkw, ntar orangnya dateng lho om.. :D
:ngacir:
michaelgiri93 wrote: njirr bener om begitu baca gcon ace langsung inget luginar
:wkkk:

anyway nice review om
dan congratz untuk mobilio barunya
:mky_02:
:frm_tumbright: Makasih om..
User avatar
iwidiyanto
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 617
Joined: 30 Oct 2011, 18:48
Location: Antar Kota Antar Propinsi

Re: Mobilio S 2016 : Pengalaman User Newbie

Post by iwidiyanto »

ada fitur ajaib.....radio SW........
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 568
Joined: 24 Aug 2015, 12:06

Re: Mobilio S 2016 : Pengalaman User Newbie

Post by kenop »

nice review om,, dan congrats buat mobil baru nya :big_smile]
Kynug
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: 11 Mar 2016, 16:25

Re: Mobilio S 2016 : Pengalaman User Newbie

Post by Kynug »

Selamat mobil barunya om
*padahal udah dipake ke bogor juga ya :big_slap:
Mobilio ini kalau menurut saya emang main aman, desain bagus, mesin lumayan, interior lumayan meski ga paling bagus di kelasnya, driving experience juga bagus. Paling ga selalu bisa jadi pertimbangan jika ada yg mau beli avxen baru.
Dulu pernah lihat di webnya honda, tipe terendah bukannya trim A ya? Apa saya yg salah lihat :e-think:
Trus soal pengereman gimana om, mobil yg trim tertingginya udah ada ABS, dengan mekanikal rem yg sama tanpa teknologi itu rasanya gimana ya?
satrialiar69
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 318
Joined: 16 Jun 2016, 10:44

Re: Mobilio S 2016 : Pengalaman User Newbie

Post by satrialiar69 »

Rundeer wrote:Nice ripiu om
.
.
.
.
.
Body g-con ace, kebanggaan luginar sepanjang masa :wkkk: :wkkk:
fitur Body g-con ace lebih identik dengan luginar ketimbang brand-nya
:mky_03:

congrats buat mubil barunya ya Om TS
:big_deal:
taufiqmjkerto
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: 24 Nov 2016, 16:23

Re: Mobilio S 2016 : Pengalaman User Newbie

Post by taufiqmjkerto »

Very nice review om....lengkap,panjang dan lebar x tingginya. Detail bangets.
Mantap.
doge
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 515
Joined: 18 Jan 2016, 21:54

Re: Mobilio S 2016 : Pengalaman User Newbie

Post by doge »

nice review om

btw.. klo vent bagian kaki dibuka (dan kec kipas tetep) pasti udara yg keluar dr vent dasbor bakal ngurang... (gampangannya -> 20/4 = 5 ; 20/6= 3.33)

oya.. dlu smpet baca ntah dimana... ada yg bilang blower baris2 lio S itu kyk calsig pny (kipas angin)
bner ato salah om?
:ngacir:
User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 909
Joined: 08 Mar 2016, 19:16

Re: Mobilio S 2016 : Pengalaman User Newbie

Post by Bulgogi »

Nice review om :off_good_job:

Hal pertama yg bakal saya upgrade kalo beli honda jaman skrng:
1. Pasang peredam 3 lapis di atap, pintu depan, pintu penumpang, kolong mobil, bagasi belakang, firewall, & kap mesin biar bener2 sunyi ..
2. Buang semua karet seal2 pintu, ganti yg tipe ballon, etc sampe bener2 kedap..
3. Buang HU, ganti yg support GPS & sound 3 way.
4. Buang speaker, ganti yg 3 way, minimal kualitas setara GL / R3
5. Bungkus jok, dashboard, doortrim (termasuk bagasi) & setir pk kulit sintesis..

Abis gitu baru enak dipake.. :ngacir:
Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2727
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Mobilio S 2016 : Pengalaman User Newbie

Post by Pboyz97 »

Nice review om & congrats atas mobil barunya :big_smile]

Saran saya kalo mobilio S itu yang paling penting upgrade peredam , jok kulit , ganti velgnya juga bisa ke OEMnya tipe E / RS + pasang foglamp juga, selain itu upgrade speaker & ganti Hu jadi 2 din touchscreen juga bisa dipertimbangkan
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 21636
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mobilio S 2016 : Pengalaman User Newbie

Post by DOHC »

Bulgogi wrote: 4. Buang speaker, ganti yg 3 way, minimal kualitas setara GL / R3
waduh... kl urusan speaker, apalagi HU.... justru GL punya ampun2 sampah nya.... ama standard apanja aj kalah tuh... speaker kertas koran dengan magnit super imut... boro2 bass... suara yg kluar kaya jeritan meonng doank...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 635
Joined: 30 Nov 2015, 08:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Mobilio S 2016 : Pengalaman User Newbie

Post by adityawei »

DOHC wrote:
Bulgogi wrote: 4. Buang speaker, ganti yg 3 way, minimal kualitas setara GL / R3
waduh... kl urusan speaker, apalagi HU.... justru GL punya ampun2 sampah nya.... ama standard apanja aj kalah tuh... speaker kertas koran dengan magnit super imut... boro2 bass... suara yg kluar kaya jeritan meonng doank...
Ati2 ntar meong pemakai ertelu kw8 dateng beneran :ngacir: :ngacir:
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5
User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 909
Joined: 08 Mar 2016, 19:16

Re: Mobilio S 2016 : Pengalaman User Newbie

Post by Bulgogi »

DOHC wrote:
Bulgogi wrote: 4. Buang speaker, ganti yg 3 way, minimal kualitas setara GL / R3
waduh... kl urusan speaker, apalagi HU.... justru GL punya ampun2 sampah nya.... ama standard apanja aj kalah tuh... speaker kertas koran dengan magnit super imut... boro2 bass... suara yg kluar kaya jeritan meonng doank...
Masa sih mod?
Mod seleranya ketinggian kali, bandingin sm bose, HK, B&O.. hehehe..
:big_peace:
Kok saya ngerasa GL itu speakernya bagus ya.. :e-think: tapi subyektif sih, saya cm pake GL bbrp kali aja.. lebih sering ertiga & rush.. entahlah.. :e-whistle:
yisnawan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: 06 Aug 2016, 12:02

Re: Mobilio S 2016 : Pengalaman User Newbie

Post by yisnawan »

Lengkap gan repiuwnya.. untuk yg nyari mobil bisa jadi literatur ni gan..

Sent from my MI 5 using Tapatalk
keong
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 538
Joined: 03 May 2015, 07:48

Re: Mobilio S 2016 : Pengalaman User Newbie

Post by keong »

Reviewnya bagus, bahasanya mudah dicerna

Mobil ini enak, sy pernah pakai yg e utk luar kota, dibanding ipah matic di rumah jauh lbh gak limbung, cuma peredamnya aja yg ancur yg buat ketika balik ke ipah matic jd serasa naik s400...
ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 632
Joined: 21 Mar 2007, 16:49

Re: Mobilio S 2016 : Pengalaman User Newbie

Post by ZEXELGRIFONE »

kenop wrote:nice review om,, dan congrats buat mobil baru nya :big_smile]
grandis_GT wrote:Menurut ane , Mobilio S ini udah cukuplah untuk kendaraan sehari" apalagi untuk keluarga muda yg butuh 7 seater tapi budget pas-pasan , nice review om :D


Thank U om2.. :frm_tumbright:
Kynug wrote:Selamat mobil barunya om
*padahal udah dipake ke bogor juga ya :big_slap:
Mobilio ini kalau menurut saya emang main aman, desain bagus, mesin lumayan, interior lumayan meski ga paling bagus di kelasnya, driving experience juga bagus. Paling ga selalu bisa jadi pertimbangan jika ada yg mau beli avxen baru.
Dulu pernah lihat di webnya honda, tipe terendah bukannya trim A ya? Apa saya yg salah lihat :e-think:
Trus soal pengereman gimana om, mobil yg trim tertingginya udah ada ABS, dengan mekanikal rem yg sama tanpa teknologi itu rasanya gimana ya?
Trim A? Itu Jazz kali om? :mky_01:
Sayangnya saya blum ada pembanding mobil serupa dengan rem ABS.. Mungkin suhu2 sini bisa mencerahkan :D
taufiqmjkerto wrote:Very nice review om....lengkap,panjang dan lebar x tingginya. Detail bangets.
Mantap.
Makasih om.. :frm_tumbright:
doge wrote:nice review om

btw.. klo vent bagian kaki dibuka (dan kec kipas tetep) pasti udara yg keluar dr vent dasbor bakal ngurang... (gampangannya -> 20/4 = 5 ; 20/6= 3.33)

oya.. dlu smpet baca ntah dimana... ada yg bilang blower baris2 lio S itu kyk calsig pny (kipas angin)
bner ato salah om?
Iya om, kirain vent kaki itu blower terpisah.. ternyata jadi satu dengan blower depan :D
Tapi gpp, yg penting kaki ga keringetan karena kepanasan.. :big_grin:

Untuk blower baris ke-2:
Saat saya nyalain blower baris 2 (dengan AC+blower depan off), keluar angin tapi saya rasakan ga dingin2 amat, dan suara kompresor di balik kap tidak kedengeran (mati kali ya?).
Tapi saat blower baris 2 saya nyalain (dengan AC+blower depan on, suara kompresor kedengeran), keluar angin dan saya rasakan lebih dingin..
Sayang saya ga punya termometer untuk ngukur suhu, jadi hanya dengan merasakan lewat tangan saja.

Semalam iseng saya foto dari cover air vent belakang AC baris ke-2 itu.. Tampak di dalamnya ada semacam kisi2 dari logam (berwarna aluminium kebiruan) membentang dari kiri ke kanan.. Apa itu evaporator?
Image
dan
Image
Mungkin ada suhu2 disini yg bisa menjelaskan.. Apakah itu real doble blower atau cuma kipas angin?
Mohon pencerahan.. :big_blushing:
Bulgogi wrote:Nice review om :off_good_job:

Hal pertama yg bakal saya upgrade kalo beli honda jaman skrng:
1. Pasang peredam 3 lapis di atap, pintu depan, pintu penumpang, kolong mobil, bagasi belakang, firewall, & kap mesin biar bener2 sunyi ..
2. Buang semua karet seal2 pintu, ganti yg tipe ballon, etc sampe bener2 kedap..
3. Buang HU, ganti yg support GPS & sound 3 way.
4. Buang speaker, ganti yg 3 way, minimal kualitas setara GL / R3
5. Bungkus jok, dashboard, doortrim (termasuk bagasi) & setir pk kulit sintesis..

Abis gitu baru enak dipake.. :ngacir:
Busyettt.. habis berapa tuh? Ini pasang alarm, silplate dkk aja sudah di sindir2 sama bini :mky_01:
Pboyz97 wrote:Nice review om & congrats atas mobil barunya :big_smile]

Saran saya kalo mobilio S itu yang paling penting upgrade peredam , jok kulit , ganti velgnya juga bisa ke OEMnya tipe E / RS + pasang foglamp juga, selain itu upgrade speaker & ganti Hu jadi 2 din touchscreen juga bisa dipertimbangkan
Thanks infonya gan.. Nanti jadi Mobilio E/RS Kw Super :big_peace:

yisnawan wrote:Lengkap gan repiuwnya.. untuk yg nyari mobil bisa jadi literatur ni gan..

Sent from my MI 5 using Tapatalk
Makasih gan.. :frm_tumbright:
Sengaja saya beranikan untuk nulis, biar yg lagi cari2 mobil tau klo ada alternatif lain selain pilihan2 yg ada..
keong wrote:Reviewnya bagus, bahasanya mudah dicerna

Mobil ini enak, sy pernah pakai yg e utk luar kota, dibanding ipah matic di rumah jauh lbh gak limbung, cuma peredamnya aja yg ancur yg buat ketika balik ke ipah matic jd serasa naik s400...
Makasih gan.. Peredaman sepertinya memang kurang, apalagi dibandingin sama ipah :frm_tumbright:
Profith83
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2313
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Mobilio S 2016 : Pengalaman User Newbie

Post by Profith83 »

ZEXELGRIFONE wrote: Iya om, kirain vent kaki itu blower terpisah.. ternyata jadi satu dengan blower depan :D
Tapi gpp, yg penting kaki ga keringetan karena kepanasan.. :big_grin:

Untuk blower baris ke-2:
Saat saya nyalain blower baris 2 (dengan AC+blower depan off), keluar angin tapi saya rasakan ga dingin2 amat, dan suara kompresor di balik kap tidak kedengeran (mati kali ya?).
Tapi saat blower baris 2 saya nyalain (dengan AC+blower depan on, suara kompresor kedengeran), keluar angin dan saya rasakan lebih dingin..
Sayang saya ga punya termometer untuk ngukur suhu, jadi hanya dengan merasakan lewat tangan saja.

Semalam iseng saya foto dari cover air vent belakang AC baris ke-2 itu.. Tampak di dalamnya ada semacam kisi2 dari logam (berwarna aluminium kebiruan) membentang dari kiri ke kanan.. Apa itu evaporator?
Image
dan
Image
Mungkin ada suhu2 disini yg bisa menjelaskan.. Apakah itu real doble blower atau cuma kipas angin?
Mohon pencerahan.. :big_blushing:

System dobel blower di Livina atau Panther atau Innova semua samam yaitu.
System AC harus di On kan dari depan/pusat. Satu kompresor AC akan mendinginkan evaporator depan dan evaporator dobel blower nya.
Kalau depan di on kan maka kompresor akan mendinginkan 2 evap. Begitu juga kalau depan dimatikan maka kompresor juga akan mati untuk 2 evap tersebut.

Sedangkan belakang kalau di on kan maka dia sebenarnya hanya menyalakan kipas saja.
ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 632
Joined: 21 Mar 2007, 16:49

Re: Mobilio S 2016 : Pengalaman User Newbie

Post by ZEXELGRIFONE »

Profith83 wrote:
ZEXELGRIFONE wrote: Iya om, kirain vent kaki itu blower terpisah.. ternyata jadi satu dengan blower depan :D
Tapi gpp, yg penting kaki ga keringetan karena kepanasan.. :big_grin:

Untuk blower baris ke-2:
Saat saya nyalain blower baris 2 (dengan AC+blower depan off), keluar angin tapi saya rasakan ga dingin2 amat, dan suara kompresor di balik kap tidak kedengeran (mati kali ya?).
Tapi saat blower baris 2 saya nyalain (dengan AC+blower depan on, suara kompresor kedengeran), keluar angin dan saya rasakan lebih dingin..
Sayang saya ga punya termometer untuk ngukur suhu, jadi hanya dengan merasakan lewat tangan saja.

Semalam iseng saya foto dari cover air vent belakang AC baris ke-2 itu.. Tampak di dalamnya ada semacam kisi2 dari logam (berwarna aluminium kebiruan) membentang dari kiri ke kanan.. Apa itu evaporator?
Image
dan
Image
Mungkin ada suhu2 disini yg bisa menjelaskan.. Apakah itu real doble blower atau cuma kipas angin?
Mohon pencerahan.. :big_blushing:
System dobel blower di Livina atau Panther atau Innova semua samam yaitu.
System AC harus di On kan dari depan/pusat. Satu kompresor AC akan mendinginkan evaporator depan dan evaporator dobel blower nya.
Kalau depan di on kan maka kompresor akan mendinginkan 2 evap. Begitu juga kalau depan dimatikan maka kompresor juga akan mati untuk 2 evap tersebut.

Sedangkan belakang kalau di on kan maka dia sebenarnya hanya menyalakan kipas saja.
Joss.. :big_peace:
Mohon infonya untuk gambar yg saya attach, yg kisi2/sirip2 logam itu.. Apa itu evaporator?

Kalo iya berarti blower baris ke-2 (belakang) itu AC doble blower beneran dunk ya.. Bukan sekedar kipas angin :mky_02:
User avatar
jarijarir
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: 30 Dec 2014, 12:48

Re: Mobilio S 2016 : Pengalaman User Newbie

Post by jarijarir »

review lengkap, om
selamat atas mobil barunya :big_deal:
rasanya untuk kebutuhan minimal mobil sebagai alat trasnportasi sudah bisa terpenuhi secara keseluruhan, dan dapat unit baru pula :off_good_job:
be patient, please.. i'm a beginner.. :big_comfort:
Profith83
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2313
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Mobilio S 2016 : Pengalaman User Newbie

Post by Profith83 »

Itu memang evaporator om. Paling gampang testnya kalau kompresor sedang nyala dia keluar angin yang lebih dingin dari udara di kabin. Kalau kompresor mati maka angin yg keluar tidak sedingin waktu kompresor nyala. Btw pertama kali kompresor nyala butuh waktu 2 s/d 4 detik untuk dingin. Demikian juga waktu kompresor mati butuh waktu 2 .. 4 detik supaya dinginnya habis
Post Reply