Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

mrpaijo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Tue Jan 24, 2017 5:29

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by mrpaijo »

erwinign wrote: Sun Oct 27, 2019 6:27
mrpaijo wrote: Sun Oct 27, 2019 6:03
NestlePureLife wrote: Sat Oct 26, 2019 14:40

saya pribadi nyetir ge 2011 (M/T) dan gk5 2014 A/T
Banyak yg Underated sih gk5 pdhal kalau uda pegang 2 2 nya itu beda karakter
Untuk driving experince menang GE8 tapi keras ga karuan , stabil buat ngebut cuma perut kekocok cocok lah gw pas kuliah pake ini
Abis ganti gk5
CVT gak bohong lemot
Tapi kalau diajak ngebot tol gak malu"in kok , karakter rpm atas masi ok
Abis 1 thn pake gw malah kebih suka gk5 skrg , lebih dewasa karakternya
Saya penah punya GE 2008 S manual, GE 2013 RS matic, dan sekarang GK 2015 RS matic
Bahkan yg GE 2013 sama GK 2015 pernah bareng di garasi sekitar 1 th, lama2 keliatan jadulnya juga tuhh GE, apalagi kalau masuk ke kabin.. :big_grin:
Soal kenyamanan jelas unggul GK, apalagi di jalan kriting,untuk driving experience pakai GE paling banter 120 km/j, karena blm pernah bawa ke toll, kalau pakai GK maksimal 170 km/j di toll..itupun masih enteng aja kalau mau nambah..tapi saya sendiri dah keder.. :ngacir:
FC jelas menang GK, GE mentok di 1:9 km/l sedangkan GK 1:11km/l
GK ini parahnya di BQ, rattle, cat lebih tipis dibanding GE
Kl dari saya yang udah pernah coba GD idsi, GE, GK memang punya plus minus sendiri2 om. Cuma kalo preferences saya GE masih saya anggep honda yang masih niat dibuat. Jauh lebih solid, driving imp oke (di tol 120kmh enak ini mobil), cuma memang kesandung di tranny 5at honda yang begitulah jadi keitung boros buat dalkot. Kalo yg GK lebih buat long trip ini karakternya, walaupun feedback setirnya saya krg cocok dan BQnya jelek spt om bilang. Tapi GK menang di kehalusan sama iritnya mampus. Kalo GD pernah coba, ini paling ideal buat saya sih asal cvtnya sehat. Buat dalkot2 plg pas dr kehalusan, feedback setir, BQ, dan di angkatan awal cvtnya ngga ada bunyi "ngooong" kaya di GK yg ngebuat sy ilfeel.

Dan sekarang, saking pasarannya mobil ini saya jadi bosen lama2 terutama GE. GE di mata awam masih the best, jadi harga seken nya saya amatin 2th terakhir manteng terus di 170an. Gile memang yg GE ini walaupun interiornya mulai outdated
Iyaa om..setir ringan itu yg bikin keder, sekarang dah jarang pakai GK kalau luar kota
Untuk resale value GE emang mantap..setaon kemaren saya lepas di harga 170an juga, sore iklan di *LX malam2 ada yang mau liat dan test drive, tapi harga blm cocok. Ehh pagi2 mulai jam 7 serbuan WA dan telpon silih berganti,dan pada datang ke rumah untuk cek unit. Akhirnya jam 12 siang deal sama salah satu pembeli . :cupss:
NestlePureLife
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 106
Joined: Tue Sep 13, 2016 5:27

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by NestlePureLife »

mrpaijo wrote: Wed Oct 30, 2019 2:49
erwinign wrote: Sun Oct 27, 2019 6:27
mrpaijo wrote: Sun Oct 27, 2019 6:03

Saya penah punya GE 2008 S manual, GE 2013 RS matic, dan sekarang GK 2015 RS matic
Bahkan yg GE 2013 sama GK 2015 pernah bareng di garasi sekitar 1 th, lama2 keliatan jadulnya juga tuhh GE, apalagi kalau masuk ke kabin.. :big_grin:
Soal kenyamanan jelas unggul GK, apalagi di jalan kriting,untuk driving experience pakai GE paling banter 120 km/j, karena blm pernah bawa ke toll, kalau pakai GK maksimal 170 km/j di toll..itupun masih enteng aja kalau mau nambah..tapi saya sendiri dah keder.. :ngacir:
FC jelas menang GK, GE mentok di 1:9 km/l sedangkan GK 1:11km/l
GK ini parahnya di BQ, rattle, cat lebih tipis dibanding GE
Kl dari saya yang udah pernah coba GD idsi, GE, GK memang punya plus minus sendiri2 om. Cuma kalo preferences saya GE masih saya anggep honda yang masih niat dibuat. Jauh lebih solid, driving imp oke (di tol 120kmh enak ini mobil), cuma memang kesandung di tranny 5at honda yang begitulah jadi keitung boros buat dalkot. Kalo yg GK lebih buat long trip ini karakternya, walaupun feedback setirnya saya krg cocok dan BQnya jelek spt om bilang. Tapi GK menang di kehalusan sama iritnya mampus. Kalo GD pernah coba, ini paling ideal buat saya sih asal cvtnya sehat. Buat dalkot2 plg pas dr kehalusan, feedback setir, BQ, dan di angkatan awal cvtnya ngga ada bunyi "ngooong" kaya di GK yg ngebuat sy ilfeel.

Dan sekarang, saking pasarannya mobil ini saya jadi bosen lama2 terutama GE. GE di mata awam masih the best, jadi harga seken nya saya amatin 2th terakhir manteng terus di 170an. Gile memang yg GE ini walaupun interiornya mulai outdated
Iyaa om..setir ringan itu yg bikin keder, sekarang dah jarang pakai GK kalau luar kota
Untuk resale value GE emang mantap..setaon kemaren saya lepas di harga 170an juga, sore iklan di *LX malam2 ada yang mau liat dan test drive, tapi harga blm cocok. Ehh pagi2 mulai jam 7 serbuan WA dan telpon silih berganti,dan pada datang ke rumah untuk cek unit. Akhirnya jam 12 siang deal sama salah satu pembeli . :cupss:
Interior GE memang suck boring but realible , kondisi std audio gak bagus.. kaca turun naik sendiri
Cuma 8 tahun pake gak pernah rusak aneh"
Robust bgt pake harian gak kuatir
Harian pake rute tol campur dalam kota (pertalite)
Ge M/T 13.3 vs GK5 14.0 km/L

Gk5 2014 masi pakai , audio agak mendingan... kaki" blm ada masalah ... tarikan enteng
Cuma plat bodi tipis abis... di parkiran sempit ane keluar sisi sopir agak sandaran ke pintu blkg lsg nongol dent

Abis liat jazz 2020 , kyknya ni mobil resale value tetap bakal topcer :ngacir:
User avatar
grimjow
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 524
Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by grimjow »

Suhu-Suhu,
Untuk reliability Jazz GK5 apakah ok ? dalam artian tidak ada gluduk2 atau masalah kaki2 seperti Kakak nya HRV?
Karena Basis Jazz dan HRV kan sama ya?
NestlePureLife
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 106
Joined: Tue Sep 13, 2016 5:27

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by NestlePureLife »

grimjow wrote: Thu Nov 07, 2019 3:52 Suhu-Suhu,
Untuk reliability Jazz GK5 apakah ok ? dalam artian tidak ada gluduk2 atau masalah kaki2 seperti Kakak nya HRV?
Karena Basis Jazz dan HRV kan sama ya?
GK5 owe 5 years on running 40k KM , very very silent
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by Pboyz97 »

NestlePureLife wrote: Fri Nov 08, 2019 3:13
grimjow wrote: Thu Nov 07, 2019 3:52 Suhu-Suhu,
Untuk reliability Jazz GK5 apakah ok ? dalam artian tidak ada gluduk2 atau masalah kaki2 seperti Kakak nya HRV?
Karena Basis Jazz dan HRV kan sama ya?
GK5 owe 5 years on running 40k KM , very very silent
Adakah masalah rattling di bagian interior om? soalnya punya temen saya umur 2 tahun km baru 10 rb udah rattle interiornya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
whitehorse4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by whitehorse4 »

Kalo ada Ge8 biru tua saya selalu nengok.. Rata2 kondisinya terawat yg saya lihat.. Masih ok banget modelnya. Sayang sekennya mahal (dibanding yaris dkk)
catalyticR
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Thu Jan 10, 2019 11:51
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Car

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by catalyticR »

Pengalaman naik mobil ini RS AT 2009 , begitu masuk langsung takjub ama kaca depannya, gueedeee, ngga nyangka sebelumnya city car tapi kacanya depannya segede itu, viewnya luas .
Interiornya pun kalo diamatin ada mirip-miripnya ama crv rw (bagian lubang ac dashboard depan tengah),desain interiornya masih berasa futuristik , coba deh duduk di posisi penumpang depan , lekukan dashboardnya sepertinya dibuat untuk nyenengin penumpang depan :mky_01:

Ini mungkin last generasi yang transmisi maticnya konvensional pake kampas kopling, yang bikin perbaikan lebih murah dari cvt, memang sih cvt lebih halus perpindahan giginya, lebih nyaman kalo di dalam kota dan cvt juga lebih irit bbm. Tapi kalo ngomongin long term ,merk apapun Transmisi pasti ada masa pakainya, dibandingkan aja ganti kampas kopling matic dengan ganti segelondong transmisi cvt (Info Beres). Ujung-ujungnya ngirit bbm jadi percuma jika biaya servis jadi lebih mahal. Ini ngomongin sama-sama udah ngga garansi ya :big_peace:

Dulu pertama kali pake kondisi standard rasanya mesin ini berasa lumayan smooth, dan kalo di kickdown berasa malu-malu, karena penasaran mulailah nyoba ganti downpipe + filter udara + setting , langsung feel drive nya berubahhh, dibuat pelan ok, dibuat kickdown galak bener. :big_grin:
Bener-bener bandel deh mesinnya, pake bbm oktan rendahpun bisa bisa banget. Standardnya dari pabrikan kalo ga salah pake busi irridium , diganti pake platinum pun ga masalah.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by Pboyz97 »

catalyticR wrote: Tue Mar 24, 2020 18:49 Pengalaman naik mobil ini RS AT 2009 , begitu masuk langsung takjub ama kaca depannya, gueedeee, ngga nyangka sebelumnya city car tapi kacanya depannya segede itu, viewnya luas .
Interiornya pun kalo diamatin ada mirip-miripnya ama crv rw (bagian lubang ac dashboard depan tengah),desain interiornya masih berasa futuristik , coba deh duduk di posisi penumpang depan , lekukan dashboardnya sepertinya dibuat untuk nyenengin penumpang depan :mky_01:

Ini mungkin last generasi yang transmisi maticnya konvensional pake kampas kopling, yang bikin perbaikan lebih murah dari cvt, memang sih cvt lebih halus perpindahan giginya, lebih nyaman kalo di dalam kota dan cvt juga lebih irit bbm. Tapi kalo ngomongin long term ,merk apapun Transmisi pasti ada masa pakainya, dibandingkan aja ganti kampas kopling matic dengan ganti segelondong transmisi cvt (Info Beres). Ujung-ujungnya ngirit bbm jadi percuma jika biaya servis jadi lebih mahal. Ini ngomongin sama-sama udah ngga garansi ya :big_peace:

Dulu pertama kali pake kondisi standard rasanya mesin ini berasa lumayan smooth, dan kalo di kickdown berasa malu-malu, karena penasaran mulailah nyoba ganti downpipe + filter udara + setting , langsung feel drive nya berubahhh, dibuat pelan ok, dibuat kickdown galak bener. :big_grin:
Bener-bener bandel deh mesinnya, pake bbm oktan rendahpun bisa bisa banget. Standardnya dari pabrikan kalo ga salah pake busi irridium , diganti pake platinum pun ga masalah.
wah, sama om, kaya punya saya dulu, RS AT 2009, kaca depannya emg gede, jadi visibilitasnya termasuk luas dibanding yaris bakpao dan m2 gen lama. Tapi kalo menurut saya sih, interiornya udah jadul, apalagi dibanding gk5 hehehe. Yes, GE8 gen terakhir yg pake matic biasa, sekaligus satu2nya gen jazz di Indonesia yg pake AT conven, karena GD3 dan GK5 pake CVT. Soal CVT sm AT sih, balik lg sesuai kebutuhan dan cara ngerawatnya, kalo dirawat dengan baik, dua2nya pasti awet kok hehehe, walaupun iya sih, CVT emg lebih mahal perawatannya dibanding AT konvensional. Paragraf terakhir setuju om, tarikan bawahnya emg rada lemot , tapi perpindahan giginya cukup smooth dan putaran tengah - atasnya lumayan ngisi. + awet juga, pake dari 2009 ampe dijual awal 2019 lalu, gak ada masalah apa2, cuma rattling di dasbor disisi pengemudi + ganti freon AC doang , sisanya no complain/ Wah ganti downpipe + filter udara, lumayan enak sih feel drivingnya, daripada standar, pernah nyobain GE8 temen yg udah ganti downpipe + filter udaranya, rasa nyetirnya jadi lebih enak + tarikannya juga lebih kenceng dibanding punya saya yg std
whitehorse4 wrote: Mon Mar 16, 2020 13:41 Kalo ada Ge8 biru tua saya selalu nengok.. Rata2 kondisinya terawat yg saya lihat.. Masih ok banget modelnya. Sayang sekennya mahal (dibanding yaris dkk)
yes, biru tuanya emg enak dilihat, apalagi yg last gen, entah kenapa jadi pengen beli lg, tapi yg manual buat project car hehehe. seken masih mahal, karena jazz mobil yg all rounder, bentuknya juga masih enak dilihat ampe skrg, dibanding GK5 sekalipun, serta mobil ini cukup awet , partnya melimpah (baik kw maupun ori) + part aftermarket untuk modifnya juga melimpah, jadi mobil ini very easy to modified in every aspect, mau inteiror, exterior, mesin, kaki2 sama2 oke kalo dimodif hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV