Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by nescafe »

DOHC wrote: Wed Mar 01, 2017 11:35
nugroho bagor wrote: Sun Feb 26, 2017 12:22
RV emang bagus,mobilnya nyaman,sampai 2 x ane pelihara jazz,tapi kalau di jazz gw kurang nyaman karena perut macam ke ganjal :e-whistle: ,suka emosi kalau mobil belakang yang lebih tinggi mainin lampu,juga suka nggasruk mobilnya :frm_bang_head:
yagapapa... :upss: :upss:
ohh gitu thoo.., Ya gapapa.. :upss: :upss: :upss:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by nescafe »

Satya21 wrote: Thu Mar 02, 2017 5:30 Om butuh pencerahannya dong,
udah 2hari ini ge saya kalo kecepatan 40 ke atas ada suara gemuruh/dengung dari ban belakang.
Kira2 apa nya yg bermasalah om??
kalau jalannya makin cepat, suaranya makin kencang ya oom? :big_think:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
Satya21
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 317
Joined: Tue Apr 07, 2015 10:34

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by Satya21 »

#Om Pboyz
Tekanan angin sesuai std nya 30psi om.

#Om nescafe
Iya om, jalannya makin cepat suaranya makin kencang.
Kemarin sebelum sporbal agak gemuruh/dengung juga tp pas kecepatan 80kpj, lalu saya sporbal udah sebulanan agak mendingan walau masih ada suaranya kalo bener2 didengerin.
Nah, 2hari ini suaranya bener2 jelas mulai kecepatan 40kpj ke atas.
Jadi di dalam mobil berasa gemuruh/dengung. Berisik jadinya om.
Dan satu lagi, kalo pas ngelewatin sambungan jalan yg ketinggiannya beda ada suara "cetrak" dari roda bagian belakang.
Kira2 part apa yg kena ya om???
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by nescafe »

Satya21 wrote: Thu Mar 02, 2017 9:06#Om nescafe
Iya om, jalannya makin cepat suaranya makin kencang.
Kemarin sebelum sporbal agak gemuruh/dengung juga tp pas kecepatan 80kpj, lalu saya sporbal udah sebulanan agak mendingan walau masih ada suaranya kalo bener2 didengerin.
Nah, 2hari ini suaranya bener2 jelas mulai kecepatan 40kpj ke atas.
Jadi di dalam mobil berasa gemuruh/dengung. Berisik jadinya om.
Dan satu lagi, kalo pas ngelewatin sambungan jalan yg ketinggiannya beda ada suara "cetrak" dari roda bagian belakang.
Kira2 part apa yg kena ya om???
kalau yang pernah saya alami, bunyi gemuruh / dengung tersebut munculnya dari ban, karena ternyata banyak benjolan-benjolan kecil di ban saya. mungkin dipastikan dulu bannya dalam keadaan sehat (tak ada benjol di tapak ban).Selain itu periksa juga kondisi Shock absorbernya oom, karena kalau ga sehat bisa berdampak kepada ban.
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
Satya21
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 317
Joined: Tue Apr 07, 2015 10:34

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by Satya21 »

Siap om nes, nanti coba saya cek lg kondisi ban.
Kalo shock spt nya masih bagus krn belum ada rembesan oli atau tanda2 shock udah lemah.
Makasih om nes.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by DOHC »

kl jalan tambah kenceng, bunyi dengung atau gemuruh tambah kenceng... bsa jg dari bearing (dan ini jg umum penyakit di mobil2 ahond nehh..) ane punya ge8 aj dulu ud sempet ganti bearing belakang... kayanya bearing bawaanya bukan buatan bagus...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Satya21
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 317
Joined: Tue Apr 07, 2015 10:34

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by Satya21 »

Trims pencerahannya om Dohc.
Td saya udah cek tapak ban yg spt om nescafe sarankan, tapaknya aman gak ada masalah.

Kena brp ganti bearing om?

Nah yg bunyi "cetrak" kalo lewat sambungan jalan yg beda ketinggian itu kira2 knp ya om?
Perkiraan saya asal suaranya dari per belakang, tp saya juga ragu.
Di dudukan per belakang saya liat spt ada karetnya, apa kira2 karetnya yg mesti diganti om? Karet apa itu om?
toms22
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Mon Jul 15, 2019 2:30
Location: Purwokerto
Daily Vehicle: Jazz ge8

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by toms22 »

Barusan ane lepas ge8 fl ane di 8thn pemakaian 110rb km :big_cry:
Mobilnya masih enak, dari perawan ane beli ga pernah masalah kaki2, padahal ane juga kadang suka terjang jalan gak rata :big_childish:
Mobil cuma ganti oli+filter tiap 5000km, isi pertamax di awal2 lama2 ganti pertalite. Pernah ganti kampas rem sekali krn manua jadi irit, ini mobil bandel bgt si, dipakaiin dastek+ganti dp/fp+open filter, buat geber2an habis itu distandarin lagi masih enak bgt.

Akhirnya dilego buat ganti jadi crv rm demi keluarga.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by Pboyz97 »

toms22 wrote: Mon Jul 29, 2019 15:34 Barusan ane lepas ge8 fl ane di 8thn pemakaian 110rb km :big_cry:
Mobilnya masih enak, dari perawan ane beli ga pernah masalah kaki2, padahal ane juga kadang suka terjang jalan gak rata :big_childish:
Mobil cuma ganti oli+filter tiap 5000km, isi pertamax di awal2 lama2 ganti pertalite. Pernah ganti kampas rem sekali krn manua jadi irit, ini mobil bandel bgt si, dipakaiin dastek+ganti dp/fp+open filter, buat geber2an habis itu distandarin lagi masih enak bgt.

Akhirnya dilego buat ganti jadi crv rm demi keluarga.
Wah sama kek ane nih, lepas di usia 8 tahun, tapi pemakaian baru 65 rb doang. Iya sih, mobilnya enak, fun to drive, sm putaran atasnya nendang bgt, & perawatan jg sm kek om punya, ganti oli sm filter & isi bbm pertamax sm pertalite aja, sm digeber jg masih enak bgt waktu itu walaupun usia dah 8 tahun. Karena udah mulai banyak jajan dan dashboard udah rattling + umur yg udh tua juga makanya ane lepas. Akhirnya ganti xpander, karena butuh mobil 7 seater buat bawa keluarga
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
fizarpunya
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Tue Jan 05, 2016 16:06

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by fizarpunya »

ini sempat jadi mobil impian apalagi yg warnanya silverstone kaya punya TS, istri pun suka juga cuma karena kebutuhan jadi miara ertelu..
:ungg:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by evanbngdor »

toms22 wrote: Mon Jul 29, 2019 15:34 Barusan ane lepas ge8 fl ane di 8thn pemakaian 110rb km :big_cry:
Mobilnya masih enak, dari perawan ane beli ga pernah masalah kaki2, padahal ane juga kadang suka terjang jalan gak rata :big_childish:
Mobil cuma ganti oli+filter tiap 5000km, isi pertamax di awal2 lama2 ganti pertalite. Pernah ganti kampas rem sekali krn manua jadi irit, ini mobil bandel bgt si, dipakaiin dastek+ganti dp/fp+open filter, buat geber2an habis itu distandarin lagi masih enak bgt.

Akhirnya dilego buat ganti jadi crv rm demi keluarga.
Ya terhitung upgrade sih Om.

Temen saya waktu itu ada yg punya jazz GE8 tahun 2011, karena usia udah 5 tahun memutuskan untuk tuker tambah sama jazz baru karena dia puas sama honda jazz nya.

Pas itu jazz GK5 udah dateng&dipake, semakin hari semakin nyesel kenapa GE8 nya dijual. Tp untungnya skg udah bisa move on, ada rencana mau ngejual GK5 nya tuker HRV

:mky_01: :mky_07:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by Pboyz97 »

fizarpunya wrote: Wed Aug 07, 2019 4:25 ini sempat jadi mobil impian apalagi yg warnanya silverstone kaya punya TS, istri pun suka juga cuma karena kebutuhan jadi miara ertelu..
:ungg:
Iya om, silverstone emg bagus warnanya, tapi entah kenapa saya lebih suka warna putih, mau di pasangin sm warna apapun cocok hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by Pboyz97 »

evanbngdor wrote: Wed Aug 07, 2019 10:21
toms22 wrote: Mon Jul 29, 2019 15:34 Barusan ane lepas ge8 fl ane di 8thn pemakaian 110rb km :big_cry:
Mobilnya masih enak, dari perawan ane beli ga pernah masalah kaki2, padahal ane juga kadang suka terjang jalan gak rata :big_childish:
Mobil cuma ganti oli+filter tiap 5000km, isi pertamax di awal2 lama2 ganti pertalite. Pernah ganti kampas rem sekali krn manua jadi irit, ini mobil bandel bgt si, dipakaiin dastek+ganti dp/fp+open filter, buat geber2an habis itu distandarin lagi masih enak bgt.

Akhirnya dilego buat ganti jadi crv rm demi keluarga.
Ya terhitung upgrade sih Om.

Temen saya waktu itu ada yg punya jazz GE8 tahun 2011, karena usia udah 5 tahun memutuskan untuk tuker tambah sama jazz baru karena dia puas sama honda jazz nya.

Pas itu jazz GK5 udah dateng&dipake, semakin hari semakin nyesel kenapa GE8 nya dijual. Tp untungnya skg udah bisa move on, ada rencana mau ngejual GK5 nya tuker HRV

:mky_01: :mky_07:
Mending saranin temennya om TS itu buat upgrade mazda aja om , karena kepuasan honda jaman dulu itu ada di mazda sekarang menurut saya. Kalau HRV keknya kurang recommended , gak jauh beda sm GK5 feelnya, tapi kalau gak mentingin fun to drive dan no matter with it's bad BQ just go for it, rasanya emg gak lebih dari GK5 ditinggiin, tapi upgrade secara fitur dan kelas + GC nya lebih tinggi juga dari jazz. Mending tuker ke M2 atau CX3 dah, more worth it & dijamin gak bakal nyesel , apalagi temennya om TS itu udh puas pake GE8. Saya sendiri juga ex user GE8 2009, waktu itu sempet hampir SPK M2 GT tahun 2015 lalu, buat upgrade si GE8 karena dah 5 tahun, namun apadaya batal karena row 2nya sempit, akhirnya di keep lah itu mobil sampe pada tahun ke 8 dan penyakit khas honda tua mulai bermunculan (rattling, AC mokat sendiri gara2 kompresornya jebol , kaki2 udh jajan) . FInally itu GE8 diganti sm xpander pas awal 2018 kemarin , walaupun hati tetep M2 sky, tapi saya puas sm xpander karena gede, lega, 4atnya lumayan sigap & fun to drive buat lmpv + bqnya + roadnoise also better than my previous GE8
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
mrpaijo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Tue Jan 24, 2017 5:29

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by mrpaijo »

evanbngdor wrote: Wed Aug 07, 2019 10:21

Ya terhitung upgrade sih Om.

Temen saya waktu itu ada yg punya jazz GE8 tahun 2011, karena usia udah 5 tahun memutuskan untuk tuker tambah sama jazz baru karena dia puas sama honda jazz nya.

Pas itu jazz GK5 udah dateng&dipake, semakin hari semakin nyesel kenapa GE8 nya dijual. Tp untungnya skg udah bisa move on, ada rencana mau ngejual GK5 nya tuker HRV

:mky_01: :mky_07:
Mirip saya nih gan
Pernah punya GE8 tipe S 2008, akhirnya 2015 tukar tambah ke GK5 RS
2 taon kemudian tiba2 kangen sama GE8 ..terutama yg RS th 2013 warna putih
Akhirnya ngelego swift punya bini..jadinya di garasi ada 2 jazz kakak adik.
Bagaimanapun juga kalau masuk ke kabin..GE8 keliatan jadul drpd GK5
2018 akhir kemaren GE8 saya jual ganti HRV
Jual di OL* banyak banget yg datang ke rumah..emang sangat mudah kalau ngejual jazz
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by Pboyz97 »

mrpaijo wrote: Sat Aug 10, 2019 7:56
evanbngdor wrote: Wed Aug 07, 2019 10:21

Ya terhitung upgrade sih Om.

Temen saya waktu itu ada yg punya jazz GE8 tahun 2011, karena usia udah 5 tahun memutuskan untuk tuker tambah sama jazz baru karena dia puas sama honda jazz nya.

Pas itu jazz GK5 udah dateng&dipake, semakin hari semakin nyesel kenapa GE8 nya dijual. Tp untungnya skg udah bisa move on, ada rencana mau ngejual GK5 nya tuker HRV

:mky_01: :mky_07:
Mirip saya nih gan
Pernah punya GE8 tipe S 2008, akhirnya 2015 tukar tambah ke GK5 RS
2 taon kemudian tiba2 kangen sama GE8 ..terutama yg RS th 2013 warna putih
Akhirnya ngelego swift punya bini..jadinya di garasi ada 2 jazz kakak adik.
Bagaimanapun juga kalau masuk ke kabin..GE8 keliatan jadul drpd GK5
2018 akhir kemaren GE8 saya jual ganti HRV
Jual di OL* banyak banget yg datang ke rumah..emang sangat mudah kalau ngejual jazz
Iya om, kalau jazz , apalagi GE8 yg last FL 2013 emg gampang banget jualnya, RV juga masih nahan di kisaran 150-170 an hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
donoseraya
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Fri Nov 21, 2014 2:35

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by donoseraya »

Pboyz97 wrote: Tue Jan 03, 2017 8:53 Selamat sore agan2 , master2 ,suhu2 SM & OOTers sekalian
ijinkan saya untuk menampilkan review pertama saya dimari, kali ini saya akan meriview mobil hatchback yang sudah menemani saya & keluarga saya selama 7 tahun lamanya(sejak baru)
Background:
Jazz GE8 ini dibeli sama bokap 7 tahun lalu, dimana saya masih ababil2nya (SMP) , untuk menggantikan yaris bakpao 2006 yang dirasa bokap terlalu sempit bagasinya. Kemudian pada tahun 2008 akhir keluarlah jazz GE8 ini untuk meneruskan kesuksesan GD3 di Indonesia. Bokap pun lihat2 & TD, setelah mempertimbangkan 1 dan lain hal, maka dibelilah jazz GE8 ini pada bulan November 2009 yang lalu dengan warna silverstone metalic, karena punya bagasi & ruang belakang yang jauh lebi luas dari yasir bakpao saya sebelumnya & ga jauh beda secara dimensi. Sebenernya sih pengennya warna biru, tapi karena takut RVnya jatuh karena milih warna aneh2 akhirnya dipilihlah warna silverstone, yang ga lain sama kaya CRV RD saya dulu warnanya. :big_biglaugh:

Jazz GE8 saya adalah type RS, batch awal PFL , A/T, dengan harga OTR jkt sekitar 220jt (kalo gasalah) saat itu , jaman dimana Honda lagi mengalami kriris jadinya harganya naik tajam dari tahun 2008 :big_chicken:
History:
Saya hanya bahas secara singkat aja ya

Tahun 2008 akhir, Honda merasa GD3 sudah terlalu uzur & diperlukan model baru untuk meneruskan kiprah GD3 di Indonesia, maka diluncurkanlah GE8 pada bulan Agustus 2008 lalu. GE8 versi Indonesia hadir dalam 4 varian yaitu S (MT & AT) & RS (MT&AT), dimana bedanya S & RS ada di :
- Bentuk bodi yang sedikit lebih kecil dari RS
- Velg
- Dual airbag untuk tipe RS, sedangkan S belum airbag
- Spion , kalo S sennya ada di fender, RS di spion
- Paddle shift, dimana S matic belom punya, sedangkan RS matic sudah
- Armrest untuk tipe RS , sedangkan tipe S gapunya.

Sama seperti GD3, GE8 sukses mengambil hati masyarakat sebagai compact hatchback paling pasaran,dibandingkan dengan lawannya yang saat itu hanya yaris & swift + Livina XR ,kemudian bertambah di tahun 2009 akhir dengan munculnya Hyundai I20 & Mazda 2
2011 akhir , Jazz GE mengalami FL dengan perubahan di bemper depan belakang , stoplamp & fitur2 lainnya
2013 Jazz GE mengalami FL ke2 sekaligus edisi terakhir...., sebelum digantikan oleh jazz gen-3 (GK), yang sudah diluncurkan di Indonesia sejak 2014 lalu.
Ok, let's go to the review
============================================
1.Exterior:
Jazz GE ini membesar secara dimensi daripada GD3
Exterior Jazz RS GE8 PFL ini cukup simpel, proporsional & ga banyak ornamen yang aneh2 kaya model FL 2011 &2013, serta membuat GD3 terlihat kuno :mky_07:
Image

Tampang depan, cukup simpel & ga ada lekukan aneh2 kaya versi FLnya, andai dilengkapi foglamp, pasti akan lebih menarik

Image
Tampak samping..., hmmm, cukup ganteng, dengan dimensi yang sedikit lebih melar dibanding GD3
Image
Tampak belakang looks good & simple,apalagi dikasih rear spoiler mugen / modula OEM Jazz RS 2013, lebih bagus daripada versi FL , even GK5 sekalipun hehehe.

Satu2nya hal yang mengganjal di tampak belakangnya hanyalah stoplampnya :off_no: keliatan banget jiplakan Mercedes A-Class lama & keliatan jelek menurut saya, mestinya dikasih Stoplamp Fit JDM aja biar ga merusak keseluruhan bagian belakangnya.

Exterior... 9 /10... - looks good, simple, better than FL model & even GK5 sekalipun, yang menganggu hanya stoplampnya saja, mungkin stoplamp OEM Jazz RS 2013 , OEM FIT JDM / Stoplamp LED AXIS bisa jadi pilihan buat yang suka modifikasi.
================================
2. Interior
Image
Image
Hal yang saya suka dari bagian depannya adalah setir & desain layout dashboardnya yang lebih baik dibanding yaris & swift yang terkesan plain & boring, hanya pengaturan kenop kompornya yang kaya jerigen sedikit merusak keindahan desain dashboardnya.
Image
Image
bangku baris ke2 sangat lega plus ultra seat , serta bagasi yang sangat luas (lebih luas dibanding yaris bakpao saya dulu), mungkin ini merupakan yang terlega & terluas dikelasnya :off_good_job:

The bad? Full hard-plastic everywhere, udah gitu finishingnya kurang rapih pula, tapi untungnya panel gapnya masih lebih konsisten &BQnya masih lebih baik dibanding GK5 2014 yang panelgapnya ga presisi dibeberapa bagian & kualitasnya malah downgrade
Image
Ada panelgap yang cukup kentara di mobil ini, lebih tepatnya dibagian gloveboxnya
Image
Lebih buruk daripada yaris bakpao saya sebelumnya , but much better than mobilnyong PFL yang panelgapnya segede gaban :wkkk: . + plastik yang udah baret2 juga, mungkin karena kemakan usia hahaha :mky_03:


Interior... 6,5/10... desainnya cukup keren, sayang material plastik murah & BQ yang kurang baik menjadi kekurangannya
3. Fitur
Image
Ada tombol pencetan di bagian paling kanan untuk menyalakan foglamp (opsional)

Tidak banyak yang bisa dibanggakan dari GE8 dari sisi fiturnya, hanya Paddleshift & armrest saja yang menjadi keunggulan GE8 dari lawan2 nya, selain itu ia kalah banyak dibanding lawan2 sekelasnya (misalnya tombol audio di setir, HU Touchscreen, dll) , bahkan paling minim fitur dikelasnya (ya iyalah, foglamp aja ga dikasih di tipe RS sekalipun, udah gitu joknya belom kulit lagi di semua tipenya hadehhh) :frm_bang_head: :big_slap: , tapi akhirnya bokap memutuskan untuk pasang foglamp walaupun harus mencoakkan bemper depannya & pasang jok kulit (lupa mereknya) untuk menutupi kekurangan tersebut.
Fitur... 5/10, paddleshift cukup membantu, sayang masih tertinggal dibanding rival2 sekelasnya.
4. Driving Impression
Enjin bay
Image
Image
Jazz GE8 memiliki enjin L15A i-VTEC 120PS, dimana merupakan yang terbesar di kelasnya, kemudian, mesin yang sama yang juga digunakan pada City GM2, Freed GB3, dan LMPV terbaru Ahond, Mobilio.

& dikawinkan dengan 5-speed AT konfensional ... dan paddleshift, it shoud be fun, hmmm :big_think:

Posisi duduk di Jazz cukup enak, kaca depan besar dan lebar bikin visibilitas luas, lebih baik daripada yaris bakpao saya dulu yang visibilitasnya agak sempit karena bentuk kaca depannya yang agak cekung sedikit (CMIW) :big_peace:

Mencoba jalan, gear 1 agak ketahan, masuk gear 2 agak enakan, tapi buat saya GE8 ini masih bisa buat stop n go ,serta sruntulan di dalam kota,walaupun tarikan RPM bawahnya agak belet, namun harus dibayar dengan konsumsi BBM yang lumayan boros untuk mobil 1.500CC. FCnya... 1 : 7- 8 dalkot jika kaki kanan ga disekolahin & 1:9 jika nyetirnya kalem, hmm.. mungkin cuma orang yang extra sabar aja yang bisa dapet 1:10 :big_slap: (mengutip pernyataan om CHZ ketika mereview GE8 miliknya dimari) :big_weee:
tapi waktu full throttle di jalan sepi, pindahkan tuas ke mode S & pakai paddle shift= WOOWWWW ... :big_slap: VTEC kicked in yooo..., raungan mesin vtecnya cukup gahar & memacu adrenalin untuk ngebut , meskipun suara VTECnya ga segahar honda jaman jebot (pernah miara civic ferio juga soalnya), but much better dibanding honda jaman sekarang yang suara mesinnya kaya perasan tebu & minim karakter (mengutip pernyataan salah satu review senior dimari), serta akselerasi yang diberikan cukup cepat, compared to yaris bakpao saya dulu... 80-120nya cepet banget menurut saya.

Soal steering feedback, GE8 menggunakan dengan EPS. Saya merasa feedbacknya masih jauh lebih baik dibanding honda-honda jaman sekarang yang terasa dull & minim feedback , serta kestabilan & handlingnya baik, mungkin yang terbaik dikelasnya compared with my old yaris.

Driving Impression 9/10 Hatchback paling fun to drive di kelasnya (pada jamannya), serta merupakan salah satu honda jazz yang masih mewarisi spirit merek honda yaitu handling superb , fun to drive & suara mesin vtec yang gahar & berkarakter.
=============================
5. Verdict
Jazz GE8... mobil yang cukup galau menurut saya , karena di satu sisi karakter mesinnya kurang cocok buat dalkot ,tapi di sisi lain dia punya ruang kargo & bangku baris ke2 yang lega sehingga cukup nyaman buat yang duduk di belakang. Namun, disinilah yang menjadi keunggulan jazz, karena walaupun lebih cocok buat orang yang suka nyetir sendiri ,tapi masih tetep nyaman untuk fungsionalitas sehari2 & berpergian jarak jauh. Serta mobil ini cukup reliable untuk sebuah Honda, selama 7 tahun pemakaian dengan odo 61rb, ga ada masalah berarti kaya glodakan kaki2 khas honda maupun ratlling interior, hanya servis rutin, ganti oli , serta ganti kampas rem aja hehehe (itupun bukan karena rusak, tapi buat jaga 2 aja karena mobil udah jarang dipake)

Dengan harga pasaran yang saat ini mendekati LCGC (duo calsig , duo agay alay / mbrio sotoy), mobil ini cocok dibeli oleh anda yang menginginkan hatchback kompak yang praktis , nyaman , tapi tetap enak untuk dikemudikan, serta masih gengsi sama LCGC.
Pros :
- Desain exterior & interior yang terbaik di kelasnya
- Keluasan bagasi & kelegaan kabin yang terbaik dikelasnya
- Best peformance & handling in it's class
- High RPM Torque
- Paddleshift
- RV paling baik dikelasnya
- Kepraktisan cukup baik
Cons :
- Fuel Consumtion
- Minim fitur
- Kualitas interior
- Kualitas audio
- Overprice (saat barunya)
- Agak loyo diputaran bawah

Sekian review saya kali ini, ditunggu masukan & sarannya ya, soalnya saya masih amatiran & masih harus banyak belajar dari master & suhu2 dimari & i hope you will enjoy my review guys hehehe :big_grin:


Reviewnya mantap om, salam sesama pengguna GE8, kebetulan saya pakai type S manual 2011, fitur minim tapi akomodasi amat sangat maksimal, mesin dan handling ajib, sayang kurang satu gigi, di gigi 5 rpmnya tinggi banget. Kalo udah turun gigi ngejar torsi, rasanya gimana gitu. Biarkan original apa adanya Om, mobil ga nyusahin, cuma saya merasa ACnya agak kurang dingin ya, padahal rajin servis, apakah punya Om speerti ini juga. Old honda never die they just got faster.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by Pboyz97 »

donoseraya wrote: Thu Sep 05, 2019 5:37


Reviewnya mantap om, salam sesama pengguna GE8, kebetulan saya pakai type S manual 2011, fitur minim tapi akomodasi amat sangat maksimal, mesin dan handling ajib, sayang kurang satu gigi, di gigi 5 rpmnya tinggi banget. Kalo udah turun gigi ngejar torsi, rasanya gimana gitu. Biarkan original apa adanya Om, mobil ga nyusahin, cuma saya merasa ACnya agak kurang dingin ya, padahal rajin servis, apakah punya Om speerti ini juga. Old honda never die they just got faster.
Salken jg om, manualnya emg lebih enak lagi om, kalau yg matic agak bengek putaran bawahnya. Kalau AC kurang dingin, coba cek di luaran aja om, takutnya kena di freon atau kompresornya. Pernah , pas di puncak AC tiba2 mati sendiri, tapi untungnya bisa hidup lagi walaupun gak sedingin sebelumnya, kalau yg masalah AC nya aja mending ganti diluaran aja, kalau diberes pasti bakal mahal banget jasanya, AC saya juga sembuh di luaran abis dikuras ulang freon sm kompresornya diganti baru. Harganya sih jauh lebih murah dibanding beres yg pasti
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
donoseraya
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Fri Nov 21, 2014 2:35

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by donoseraya »

Salken jg om, manualnya emg lebih enak lagi om, kalau yg matic agak bengek putaran bawahnya. Kalau AC kurang dingin, coba cek di luaran aja om, takutnya kena di freon atau kompresornya. Pernah , pas di puncak AC tiba2 mati sendiri, tapi untungnya bisa hidup lagi walaupun gak sedingin sebelumnya, kalau yg masalah AC nya aja mending ganti diluaran aja, kalau diberes pasti bakal mahal banget jasanya, AC saya juga sembuh di luaran abis dikuras ulang freon sm kompresornya diganti baru. Harganya sih jauh lebih murah dibanding beres yg pasti
[/quote]

Well noted om, nanti coba cek di bengkel AC langganan, sukses selalu.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by Pboyz97 »

donoseraya wrote: Thu Oct 10, 2019 7:43 Salken jg om, manualnya emg lebih enak lagi om, kalau yg matic agak bengek putaran bawahnya. Kalau AC kurang dingin, coba cek di luaran aja om, takutnya kena di freon atau kompresornya. Pernah , pas di puncak AC tiba2 mati sendiri, tapi untungnya bisa hidup lagi walaupun gak sedingin sebelumnya, kalau yg masalah AC nya aja mending ganti diluaran aja, kalau diberes pasti bakal mahal banget jasanya, AC saya juga sembuh di luaran abis dikuras ulang freon sm kompresornya diganti baru. Harganya sih jauh lebih murah dibanding beres yg pasti
Well noted om, nanti coba cek di bengkel AC langganan, sukses selalu.
[/quote]

Amin. Terimakasih om
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
mchfi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: Wed Mar 27, 2019 6:11

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by mchfi »

Banyak yg nyesel sama GK5,
emang sejelek itu ya owning experience nya?
saya ada niat mau ngambil yang taun 2016
NestlePureLife
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: Tue Sep 13, 2016 5:27

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by NestlePureLife »

mchfi wrote: Thu Oct 24, 2019 4:08 Banyak yg nyesel sama GK5,
emang sejelek itu ya owning experience nya?
saya ada niat mau ngambil yang taun 2016
saya pribadi nyetir ge 2011 (M/T) dan gk5 2014 A/T
Banyak yg Underated sih gk5 pdhal kalau uda pegang 2 2 nya itu beda karakter
Untuk driving experince menang GE8 tapi keras ga karuan , stabil buat ngebut cuma perut kekocok cocok lah gw pas kuliah pake ini
Abis ganti gk5
CVT gak bohong lemot
Tapi kalau diajak ngebot tol gak malu"in kok , karakter rpm atas masi ok
Abis 1 thn pake gw malah kebih suka gk5 skrg , lebih dewasa karakternya
mrpaijo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Tue Jan 24, 2017 5:29

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by mrpaijo »

NestlePureLife wrote: Sat Oct 26, 2019 14:40
mchfi wrote: Thu Oct 24, 2019 4:08 Banyak yg nyesel sama GK5,
emang sejelek itu ya owning experience nya?
saya ada niat mau ngambil yang taun 2016
saya pribadi nyetir ge 2011 (M/T) dan gk5 2014 A/T
Banyak yg Underated sih gk5 pdhal kalau uda pegang 2 2 nya itu beda karakter
Untuk driving experince menang GE8 tapi keras ga karuan , stabil buat ngebut cuma perut kekocok cocok lah gw pas kuliah pake ini
Abis ganti gk5
CVT gak bohong lemot
Tapi kalau diajak ngebot tol gak malu"in kok , karakter rpm atas masi ok
Abis 1 thn pake gw malah kebih suka gk5 skrg , lebih dewasa karakternya
Saya penah punya GE 2008 S manual, GE 2013 RS matic, dan sekarang GK 2015 RS matic
Bahkan yg GE 2013 sama GK 2015 pernah bareng di garasi sekitar 1 th, lama2 keliatan jadulnya juga tuhh GE, apalagi kalau masuk ke kabin.. :big_grin:
Soal kenyamanan jelas unggul GK, apalagi di jalan kriting,untuk driving experience pakai GE paling banter 120 km/j, karena blm pernah bawa ke toll, kalau pakai GK maksimal 170 km/j di toll..itupun masih enteng aja kalau mau nambah..tapi saya sendiri dah keder.. :ngacir:
FC jelas menang GK, GE mentok di 1:9 km/l sedangkan GK 1:11km/l
GK ini parahnya di BQ, rattle, cat lebih tipis dibanding GE
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by maastricht889 »

mrpaijo wrote: Sun Oct 27, 2019 6:03
NestlePureLife wrote: Sat Oct 26, 2019 14:40
mchfi wrote: Thu Oct 24, 2019 4:08 Banyak yg nyesel sama GK5,
emang sejelek itu ya owning experience nya?
saya ada niat mau ngambil yang taun 2016
saya pribadi nyetir ge 2011 (M/T) dan gk5 2014 A/T
Banyak yg Underated sih gk5 pdhal kalau uda pegang 2 2 nya itu beda karakter
Untuk driving experince menang GE8 tapi keras ga karuan , stabil buat ngebut cuma perut kekocok cocok lah gw pas kuliah pake ini
Abis ganti gk5
CVT gak bohong lemot
Tapi kalau diajak ngebot tol gak malu"in kok , karakter rpm atas masi ok
Abis 1 thn pake gw malah kebih suka gk5 skrg , lebih dewasa karakternya
Saya penah punya GE 2008 S manual, GE 2013 RS matic, dan sekarang GK 2015 RS matic
Bahkan yg GE 2013 sama GK 2015 pernah bareng di garasi sekitar 1 th, lama2 keliatan jadulnya juga tuhh GE, apalagi kalau masuk ke kabin.. :big_grin:
Soal kenyamanan jelas unggul GK, apalagi di jalan kriting,untuk driving experience pakai GE paling banter 120 km/j, karena blm pernah bawa ke toll, kalau pakai GK maksimal 170 km/j di toll..itupun masih enteng aja kalau mau nambah..tapi saya sendiri dah keder.. :ngacir:
FC jelas menang GK, GE mentok di 1:9 km/l sedangkan GK 1:11km/l
GK ini parahnya di BQ, rattle, cat lebih tipis dibanding GE
Kl dari saya yang udah pernah coba GD idsi, GE, GK memang punya plus minus sendiri2 om. Cuma kalo preferences saya GE masih saya anggep honda yang masih niat dibuat. Jauh lebih solid, driving imp oke (di tol 120kmh enak ini mobil), cuma memang kesandung di tranny 5at honda yang begitulah jadi keitung boros buat dalkot. Kalo yg GK lebih buat long trip ini karakternya, walaupun feedback setirnya saya krg cocok dan BQnya jelek spt om bilang. Tapi GK menang di kehalusan sama iritnya mampus. Kalo GD pernah coba, ini paling ideal buat saya sih asal cvtnya sehat. Buat dalkot2 plg pas dr kehalusan, feedback setir, BQ, dan di angkatan awal cvtnya ngga ada bunyi "ngooong" kaya di GK yg ngebuat sy ilfeel.

Dan sekarang, saking pasarannya mobil ini saya jadi bosen lama2 terutama GE. GE di mata awam masih the best, jadi harga seken nya saya amatin 2th terakhir manteng terus di 170an. Gile memang yg GE ini walaupun interiornya mulai outdated
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1295
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by Or4cle »

erwinign wrote: Sun Oct 27, 2019 6:27
mrpaijo wrote: Sun Oct 27, 2019 6:03
NestlePureLife wrote: Sat Oct 26, 2019 14:40

saya pribadi nyetir ge 2011 (M/T) dan gk5 2014 A/T
Banyak yg Underated sih gk5 pdhal kalau uda pegang 2 2 nya itu beda karakter
Untuk driving experince menang GE8 tapi keras ga karuan , stabil buat ngebut cuma perut kekocok cocok lah gw pas kuliah pake ini
Abis ganti gk5
CVT gak bohong lemot
Tapi kalau diajak ngebot tol gak malu"in kok , karakter rpm atas masi ok
Abis 1 thn pake gw malah kebih suka gk5 skrg , lebih dewasa karakternya
Saya penah punya GE 2008 S manual, GE 2013 RS matic, dan sekarang GK 2015 RS matic
Bahkan yg GE 2013 sama GK 2015 pernah bareng di garasi sekitar 1 th, lama2 keliatan jadulnya juga tuhh GE, apalagi kalau masuk ke kabin.. :big_grin:
Soal kenyamanan jelas unggul GK, apalagi di jalan kriting,untuk driving experience pakai GE paling banter 120 km/j, karena blm pernah bawa ke toll, kalau pakai GK maksimal 170 km/j di toll..itupun masih enteng aja kalau mau nambah..tapi saya sendiri dah keder.. :ngacir:
FC jelas menang GK, GE mentok di 1:9 km/l sedangkan GK 1:11km/l
GK ini parahnya di BQ, rattle, cat lebih tipis dibanding GE
Kl dari saya yang udah pernah coba GD idsi, GE, GK memang punya plus minus sendiri2 om. Cuma kalo preferences saya GE masih saya anggep honda yang masih niat dibuat. Jauh lebih solid, driving imp oke (di tol 120kmh enak ini mobil), cuma memang kesandung di tranny 5at honda yang begitulah jadi keitung boros buat dalkot. Kalo yg GK lebih buat long trip ini karakternya, walaupun feedback setirnya saya krg cocok dan BQnya jelek spt om bilang. Tapi GK menang di kehalusan sama iritnya mampus. Kalo GD pernah coba, ini paling ideal buat saya sih asal cvtnya sehat. Buat dalkot2 plg pas dr kehalusan, feedback setir, BQ, dan di angkatan awal cvtnya ngga ada bunyi "ngooong" kaya di GK yg ngebuat sy ilfeel.

Dan sekarang, saking pasarannya mobil ini saya jadi bosen lama2 terutama GE. GE di mata awam masih the best, jadi harga seken nya saya amatin 2th terakhir manteng terus di 170an. Gile memang yg GE ini walaupun interiornya mulai outdated
Untuk driving experience, feedback & BQ memang GD3 cukup solid. Sangat cocok buat stop & go pemakaian dalam kota. Cuma sayang banget, untuk jok kurang suportif & keras bikin badan pegel kalau dipakai lama
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by Pboyz97 »

mchfi wrote: Thu Oct 24, 2019 4:08 Banyak yg nyesel sama GK5,
emang sejelek itu ya owning experience nya?
saya ada niat mau ngambil yang taun 2016
Kalau buat cari kenyamanan sm keiritan BBM , GK5 worth it. Tapi kalau nyari fun to drive, bq bagus, sm fitur mending mazda 2 sky aja om, walaupun bagasi sm row 2nya gak selega GK
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV