Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by Pboyz97 »

Selamat sore agan2 , master2 ,suhu2 SM & OOTers sekalian
ijinkan saya untuk menampilkan review pertama saya dimari, kali ini saya akan meriview mobil hatchback yang sudah menemani saya & keluarga saya selama 7 tahun lamanya(sejak baru)
Background:
Jazz GE8 ini dibeli sama bokap 7 tahun lalu, dimana saya masih ababil2nya (SMP) , untuk menggantikan yaris bakpao 2006 yang dirasa bokap terlalu sempit bagasinya. Kemudian pada tahun 2008 akhir keluarlah jazz GE8 ini untuk meneruskan kesuksesan GD3 di Indonesia. Bokap pun lihat2 & TD, setelah mempertimbangkan 1 dan lain hal, maka dibelilah jazz GE8 ini pada bulan November 2009 yang lalu dengan warna silverstone metalic, karena punya bagasi & ruang belakang yang jauh lebi luas dari yasir bakpao saya sebelumnya & ga jauh beda secara dimensi. Sebenernya sih pengennya warna biru, tapi karena takut RVnya jatuh karena milih warna aneh2 akhirnya dipilihlah warna silverstone, yang ga lain sama kaya CRV RD saya dulu warnanya. :big_biglaugh:

Jazz GE8 saya adalah type RS, batch awal PFL , A/T, dengan harga OTR jkt sekitar 220jt (kalo gasalah) saat itu , jaman dimana Honda lagi mengalami kriris jadinya harganya naik tajam dari tahun 2008 :big_chicken:
History:
Saya hanya bahas secara singkat aja ya

Tahun 2008 akhir, Honda merasa GD3 sudah terlalu uzur & diperlukan model baru untuk meneruskan kiprah GD3 di Indonesia, maka diluncurkanlah GE8 pada bulan Agustus 2008 lalu. GE8 versi Indonesia hadir dalam 4 varian yaitu S (MT & AT) & RS (MT&AT), dimana bedanya S & RS ada di :
- Bentuk bodi yang sedikit lebih kecil dari RS
- Velg
- Dual airbag untuk tipe RS, sedangkan S belum airbag
- Spion , kalo S sennya ada di fender, RS di spion
- Paddle shift, dimana S matic belom punya, sedangkan RS matic sudah
- Armrest untuk tipe RS , sedangkan tipe S gapunya.

Sama seperti GD3, GE8 sukses mengambil hati masyarakat sebagai compact hatchback paling pasaran,dibandingkan dengan lawannya yang saat itu hanya yaris & swift + Livina XR ,kemudian bertambah di tahun 2009 akhir dengan munculnya Hyundai I20 & Mazda 2
2011 akhir , Jazz GE mengalami FL dengan perubahan di bemper depan belakang , stoplamp & fitur2 lainnya
2013 Jazz GE mengalami FL ke2 sekaligus edisi terakhir...., sebelum digantikan oleh jazz gen-3 (GK), yang sudah diluncurkan di Indonesia sejak 2014 lalu.
Ok, let's go to the review
============================================
1.Exterior:
Jazz GE ini membesar secara dimensi daripada GD3
Exterior Jazz RS GE8 PFL ini cukup simpel, proporsional & ga banyak ornamen yang aneh2 kaya model FL 2011 &2013, serta membuat GD3 terlihat kuno :mky_07:
Image

Tampang depan, cukup simpel & ga ada lekukan aneh2 kaya versi FLnya, andai dilengkapi foglamp, pasti akan lebih menarik

Image
Tampak samping..., hmmm, cukup ganteng, dengan dimensi yang sedikit lebih melar dibanding GD3
Image
Tampak belakang looks good & simple,apalagi dikasih rear spoiler mugen / modula OEM Jazz RS 2013, lebih bagus daripada versi FL , even GK5 sekalipun hehehe.

Satu2nya hal yang mengganjal di tampak belakangnya hanyalah stoplampnya :off_no: keliatan banget jiplakan Mercedes A-Class lama & keliatan jelek menurut saya, mestinya dikasih Stoplamp Fit JDM aja biar ga merusak keseluruhan bagian belakangnya.

Exterior... 9 /10... - looks good, simple, better than FL model & even GK5 sekalipun, yang menganggu hanya stoplampnya saja, mungkin stoplamp OEM Jazz RS 2013 , OEM FIT JDM / Stoplamp LED AXIS bisa jadi pilihan buat yang suka modifikasi.
================================
2. Interior
Image
Image
Hal yang saya suka dari bagian depannya adalah setir & desain layout dashboardnya yang lebih baik dibanding yaris & swift yang terkesan plain & boring, hanya pengaturan kenop kompornya yang kaya jerigen sedikit merusak keindahan desain dashboardnya.
Image
Image
bangku baris ke2 sangat lega plus ultra seat , serta bagasi yang sangat luas (lebih luas dibanding yaris bakpao saya dulu), mungkin ini merupakan yang terlega & terluas dikelasnya :off_good_job:

The bad? Full hard-plastic everywhere, udah gitu finishingnya kurang rapih pula, tapi untungnya panel gapnya masih lebih konsisten &BQnya masih lebih baik dibanding GK5 2014 yang panelgapnya ga presisi dibeberapa bagian & kualitasnya malah downgrade
Image
Ada panelgap yang cukup kentara di mobil ini, lebih tepatnya dibagian gloveboxnya
Image
Lebih buruk daripada yaris bakpao saya sebelumnya , but much better than mobilnyong PFL yang panelgapnya segede gaban :wkkk: . + plastik yang udah baret2 juga, mungkin karena kemakan usia hahaha :mky_03:


Interior... 6,5/10... desainnya cukup keren, sayang material plastik murah & BQ yang kurang baik menjadi kekurangannya
3. Fitur
Image
Ada tombol pencetan di bagian paling kanan untuk menyalakan foglamp (opsional)

Tidak banyak yang bisa dibanggakan dari GE8 dari sisi fiturnya, hanya Paddleshift & armrest saja yang menjadi keunggulan GE8 dari lawan2 nya, selain itu ia kalah banyak dibanding lawan2 sekelasnya (misalnya tombol audio di setir, HU Touchscreen, dll) , bahkan paling minim fitur dikelasnya (ya iyalah, foglamp aja ga dikasih di tipe RS sekalipun, udah gitu joknya belom kulit lagi di semua tipenya hadehhh) :frm_bang_head: :big_slap: , tapi akhirnya bokap memutuskan untuk pasang foglamp walaupun harus mencoakkan bemper depannya & pasang jok kulit (lupa mereknya) untuk menutupi kekurangan tersebut.
Fitur... 5/10, paddleshift cukup membantu, sayang masih tertinggal dibanding rival2 sekelasnya.
4. Driving Impression
Enjin bay
Image
Image
Jazz GE8 memiliki enjin L15A i-VTEC 120PS, dimana merupakan yang terbesar di kelasnya, kemudian, mesin yang sama yang juga digunakan pada City GM2, Freed GB3, dan LMPV terbaru Ahond, Mobilio.

& dikawinkan dengan 5-speed AT konfensional ... dan paddleshift, it shoud be fun, hmmm :big_think:

Posisi duduk di Jazz cukup enak, kaca depan besar dan lebar bikin visibilitas luas, lebih baik daripada yaris bakpao saya dulu yang visibilitasnya agak sempit karena bentuk kaca depannya yang agak cekung sedikit (CMIW) :big_peace:

Mencoba jalan, gear 1 agak ketahan, masuk gear 2 agak enakan, tapi buat saya GE8 ini masih bisa buat stop n go ,serta sruntulan di dalam kota,walaupun tarikan RPM bawahnya agak belet, namun harus dibayar dengan konsumsi BBM yang lumayan boros untuk mobil 1.500CC. FCnya... 1 : 7- 8 dalkot jika kaki kanan ga disekolahin & 1:9 jika nyetirnya kalem, hmm.. mungkin cuma orang yang extra sabar aja yang bisa dapet 1:10 :big_slap: (mengutip pernyataan om CHZ ketika mereview GE8 miliknya dimari) :big_weee:
tapi waktu full throttle di jalan sepi, pindahkan tuas ke mode S & pakai paddle shift= WOOWWWW ... :big_slap: VTEC kicked in yooo..., raungan mesin vtecnya cukup gahar & memacu adrenalin untuk ngebut , meskipun suara VTECnya ga segahar honda jaman jebot (pernah miara civic ferio juga soalnya), but much better dibanding honda jaman sekarang yang suara mesinnya kaya perasan tebu & minim karakter (mengutip pernyataan salah satu review senior dimari), serta akselerasi yang diberikan cukup cepat, compared to yaris bakpao saya dulu... 80-120nya cepet banget menurut saya.

Soal steering feedback, GE8 menggunakan dengan EPS. Saya merasa feedbacknya masih jauh lebih baik dibanding honda-honda jaman sekarang yang terasa dull & minim feedback , serta kestabilan & handlingnya baik, mungkin yang terbaik dikelasnya compared with my old yaris.

Driving Impression 9/10 Hatchback paling fun to drive di kelasnya (pada jamannya), serta merupakan salah satu honda jazz yang masih mewarisi spirit merek honda yaitu handling superb , fun to drive & suara mesin vtec yang gahar & berkarakter.
=============================
5. Verdict
Jazz GE8... mobil yang cukup galau menurut saya , karena di satu sisi karakter mesinnya kurang cocok buat dalkot ,tapi di sisi lain dia punya ruang kargo & bangku baris ke2 yang lega sehingga cukup nyaman buat yang duduk di belakang. Namun, disinilah yang menjadi keunggulan jazz, karena walaupun lebih cocok buat orang yang suka nyetir sendiri ,tapi masih tetep nyaman untuk fungsionalitas sehari2 & berpergian jarak jauh. Serta mobil ini cukup reliable untuk sebuah Honda, selama 7 tahun pemakaian dengan odo 61rb, ga ada masalah berarti kaya glodakan kaki2 khas honda maupun ratlling interior, hanya servis rutin, ganti oli , serta ganti kampas rem aja hehehe (itupun bukan karena rusak, tapi buat jaga 2 aja karena mobil udah jarang dipake)

Dengan harga pasaran yang saat ini mendekati LCGC (duo calsig , duo agay alay / mbrio sotoy), mobil ini cocok dibeli oleh anda yang menginginkan hatchback kompak yang praktis , nyaman , tapi tetap enak untuk dikemudikan, serta masih gengsi sama LCGC.
Pros :
- Desain exterior & interior yang terbaik di kelasnya
- Keluasan bagasi & kelegaan kabin yang terbaik dikelasnya
- Best peformance & handling in it's class
- High RPM Torque
- Paddleshift
- RV paling baik dikelasnya
- Kepraktisan cukup baik
Cons :
- Fuel Consumtion
- Minim fitur
- Kualitas interior
- Kualitas audio
- Overprice (saat barunya)
- Agak loyo diputaran bawah

Sekian review saya kali ini, ditunggu masukan & sarannya ya, soalnya saya masih amatiran & masih harus banyak belajar dari master & suhu2 dimari & i hope you will enjoy my review guys hehehe :big_grin:
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15523
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by ChZ »

Good review...

Well, 2008 was Honda's golden year IMO. Mobil Honda yang dijual di rentang taun 2006-2012 selalu jadi yang terbaik di kelasnya... Yah jaman itu jaman susah kompetisinya blom ketat dan LCGC blom lahir.

Walaupun in fact, Honda di tahun 2008ish mengalami resesi ekonomi... Saat mereka lagi ngembangin next-generation Civic. Yang melatarbelakangi kenapa Civic FB lahir dengan kualitas yang... Ya begitu... Mempertahankan platform asli FD yang di-refine sedikit di bagian mekanikal dan downgrade di sisi interior :mky_05: mobil yang kasian... lahir di waktu induknya susah...

GE... ah good old days... Still my favourite compact car. Walaupun M2 yang terbaik (untuk saat ini)... GE still wins my heart. Blom lagi menjamurnya part modif dan mudahnya mesin L15 untuk dioprek... NA maupun Keong... Sayang design interiornya mudah sekali terlihat outdated apalagi compared to GK...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
fizrmen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1050
Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
Location: BSD (Bogor Sana Dikit)
Daily Vehicle: Civic FD2

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by fizrmen »

hmmm, akhirnya ada review lagi... dimana Ahond msh bener2 bagus....
2009 Honda Civic FD2
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by michaelgiri93 »

Nice review and nice car
Jadi inget dulu ada temen punya GE8 2008 (PFL)
Dan ada temen punya GE8 2013 akhir (fl2)
Enak mobilnya buat disetir hehe
By the way jazznya masih cakep banget om
Dan bentuk ge8 ntah kenapa bikin naksir banget
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3395
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by kendibocor »

Jazz, mobil yg bnyk kenangan. Mobil pribadi pertama (masih dibeliin ortu). Dlu kuliah bawa GD3 2006, mulai dr ngelancarin nyetir sampe bisa kmn2 ma pcr pake ni mbl.
Beli 150jt, pake sampe 2012 jual cuman turun 32,5jt (32,5:6 thn= depresiasi cuma 5,5 jt/thn). Duit Beli jazz skrng bisa dapet FD2 10thn yg lalu trus jazz skrng rugi setahun cuma 32,5jt aja uda bagus :frm_bang_head:

Sempet ga pake ahond lagi 2 thn (2012-2014), 2014 beli crv kerasa penurunan kualitasnya di beberapa tempat bahkan dibanding GD3 10thn yg lalu.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by Pboyz97 »

fizrmen wrote:hmmm, akhirnya ada review lagi... dimana Ahond msh bener2 bagus....
Memang oom, mobil 2honda tahun 2014 kebawah memang masih bagus2 menurut saya, masih mempertahankan spirit mereknya yaitu good quality, superb peformance & handling + akomodasi yang terbaik dikelasnya, serta menjadi mobil yang fun to drive dengan raungan mesin VTEC yang gahar , belom lagi di tahun itu belum muncul LCGC & LMPV macam Trio BBM , yang membuat ahond melakukan cost cutting pada segala aspek menurut saya & lebih parahnya lagi kebiasaan cost cutting & downgrade itu terjadi sampai line up termahalnya sekalipun yaitu oddys RC1 :frm_bang_head: .

michaelgiri93 wrote:Nice review and nice car
Jadi inget dulu ada temen punya GE8 2008 (PFL)
Dan ada temen punya GE8 2013 akhir (fl2)
Enak mobilnya buat disetir hehe
By the way jazznya masih cakep banget om
Dan bentuk ge8 ntah kenapa bikin naksir banget
Thankyou om michaelgiri93, ah ga cakep2 amat kok, cuma karena fotonya aja makanya keliatan cakep, aslinya mah buluk om hehehe, masih banyak GE8 diluar sana yang lebih cakep daripada punya saya. Memang mobil ini enak buat disetir om, compared to GK5 sekalipun yang menurut saya sudah berubah dari driver oriented ke comfort oriented, kalo GE8 2013 itu saya lumayan suka om, jadi pengen nyari bekasnya nih buat remajain GE8 tuwir saya hehehe, sekalian buat modif2.
kendibocor wrote:Jazz, mobil yg bnyk kenangan. Mobil pribadi pertama (masih dibeliin ortu). Dlu kuliah bawa GD3 2006, mulai dr ngelancarin nyetir sampe bisa kmn2 ma pcr pake ni mbl.
Beli 150jt, pake sampe 2012 jual cuman turun 32,5jt (32,5:6 thn= depresiasi cuma 5,5 jt/thn). Duit Beli jazz skrng bisa dapet FD2 10thn yg lalu trus jazz skrng rugi setahun cuma 32,5jt aja uda bagus :frm_bang_head:

Sempet ga pake ahond lagi 2 thn (2012-2014), 2014 beli crv kerasa penurunan kualitasnya di beberapa tempat bahkan dibanding GD3 10thn yg lalu.
Memang RVnya jazz paling bagus dikelasnya, saya juga lagi hunting kecil2an GE8 RS 2013 / GK5 RS CVT 2014 buat remajain GE8 tuwir saya , tapi harga bekasnya masih tinggi semua & ga masuk budget (soalnya harganya beda tipis kalo dibandingin sama harga baru)

Kalo downgrade memang terasa di honda2 jaman sekarang, compared to old hondas, tapi kalo soal CRV RM, memang parah itu downgradenya menurut saya (ex RD 2005 user & RE 2011 user) , terutama dibagian interiornya, entah kenapa interior RM ga kaya mobil 400jt, lebih seperti mobil 200jt menurut saya, apalagi kalo liat kualitas material interiornya, downgrade abis dari CRV RE , saya merasa kalo material interior CRV RE masih lebih baik & solid daripada RM ,yang keliatan murahan & ga kaya mobil 400jt.
ChZ wrote:Good review...

Well, 2008 was Honda's golden year IMO. Mobil Honda yang dijual di rentang taun 2006-2012 selalu jadi yang terbaik di kelasnya... Yah jaman itu jaman susah kompetisinya blom ketat dan LCGC blom lahir.

Walaupun in fact, Honda di tahun 2008ish mengalami resesi ekonomi... Saat mereka lagi ngembangin next-generation Civic. Yang melatarbelakangi kenapa Civic FB lahir dengan kualitas yang... Ya begitu... Mempertahankan platform asli FD yang di-refine sedikit di bagian mekanikal dan downgrade di sisi interior :mky_05: mobil yang kasian... lahir di waktu induknya susah...

GE... ah good old days... Still my favourite compact car. Walaupun M2 yang terbaik (untuk saat ini)... GE still wins my heart. Blom lagi menjamurnya part modif dan mudahnya mesin L15 untuk dioprek... NA maupun Keong... Sayang design interiornya mudah sekali terlihat outdated apalagi compared to GK...
Thanks om CHZ, memang honda yang dijual di tahun itu selalu jadi yang terbaik dikelasnya, seperti Civic FD, Jazz GD&GE , serta CRV RD&RE + Oddys RB & Accord CM5 & CP2) , ya memang LCGC secara ga langsung berpengaruh juga pada kualitas mobil2 ahond jaman sekarang kalo menurut saya oom.

Kalo civic FB memang downgrade dari FD, dari segala aspek (fitur, BQ, dll), tapi untungnya masih mewarisi resep tradisional honda yang terkenal fun to drive & raungan vtecnya yang menguggah adrenalin. Sama oom, agak sayang juga kalo mau lego GE ini, apalagi part modifya melimpah, sayang umur ga bisa boong, sudah saatnya diremajakan hahaha, tinggal nunggu waktu aja, btw M2 memang yang terbaik buat saya saat ini (compared to brand new hatchback) sayangnya bangku belakangnya sempit, andai saja bangku belakangnya selega jazz & lebih roomy , mungkin bokap sudah SPK M2 Skyactiv buat ganttin GE8 saya sejak 2 tahun yang lalu. :big_cry:
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26906
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by DOHC »

ahh jadi inget GE ane yg baru dilepas.... itu mobil bener2 ipah versi hatcback... dipake dr 2010, odo tembus 100rebu... nyaris ga ad masalah.. matic nya aj masi responsif pas dijual... mesin jg masi smoothhhh... dan uiriittt... dalkot masi dapet 1:9

kaki2 brisik gruduk2 tinggal kencengin baut2 chassis dan kaki2, lgs mantep lg...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Quorra
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 91
Joined: Tue Jan 11, 2011 5:39

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by Quorra »

Nice review bro, saya juga masih nyimpan GE8 RS AT FL March 2012 batch awal abis Thailand banjir. So far, puas banget sama mobil ini ga pernah ada masalah. Suka banget sama nih mobil sejak launch 2008, lihat interior nya berasa selangkah lebih maju dibanding kompetitornya pas jaman itu kesampean beli baru tahun 2012 :mky_01:

Perawatan cuman sekedarnya aja ganti oli mesin, oli matic, ganti aki. Odometer uda 47 ribu km ongoing dan masih mantab mesin + feel bawa nya. Cuman interior uda pada banyak bunyi glodakan terutama bagian doortrim pintu belakang + lampu lingkaran warna biru di sebelah tombol A/C deket defogger belakang, lampu blower A/C, lampu selector fan A/C somehow tewas ga bisa nyala sendiri. Cons BBM untuk dalkot Surabaya di mid cuman dapet 8.7 km/l.

Barusan angkat GK5 RS 2016 juga, dibanding GE8 feel nyetirnya masih enak bawa GE8 menurut saya (Setir GK5 berasa ringan banget dibanding GE8) cuman minim fitur aja dibanding GK5 + Cons BBM GK5 untuk rute yang sama lebih irit dibanding GE8, masih bisa dapet 9,sekian km/l di mid.
michmichael
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 95
Joined: Wed Mar 30, 2016 9:29

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by michmichael »

Mobil yang bikin naksir berat ini, dulu waktu baru"nya ge8 keluar masih pakai gd3 langsung kerasa kuno gd3. Dulu awal" juga harganya masih belum terlalu mahal. Sampe sekarang masih naksir yang ge8 yang stoplampnya bening. Dulu sempet mau dibeliin gk5 tapi kok rasanya bagusan ge8, minta second ge8 tp karena beli second gak di acc ya batal deh akhirnya gajadi minang jazz. :ungg:
carlzeiss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 620
Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
Daily Vehicle: Reborn Bensin

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by carlzeiss »

GE8 bener bener sebuah mobil perfect hatchback yang diptoduksi oleh honda dan tidak ada sisi buat mencela mobil ini selain gc nya yang mayan rendah apalati tipe RS .
Sempet miara rs 2012 sampe 2015 akhir terpaksa dijual karna butuh uang .
Sampe dijual pun ga ada rusak apa pun, dan bener bener mobil battle proven, dimuatin banyak jalan jauh oke , jalan rusak juga oke, pernah dipaksa naik kebun teh di bandung, biasa ditempuh fortie sama jero tapi nih mobil naik .
Sekarang miara RU1 dan ngerasa nih mobil rentan jadi pakenha hati hati :D
Now : Reborn Bensin Musuh SMers
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by Pboyz97 »

michmichael wrote:Mobil yang bikin naksir berat ini, dulu waktu baru"nya ge8 keluar masih pakai gd3 langsung kerasa kuno gd3. Dulu awal" juga harganya masih belum terlalu mahal. Sampe sekarang masih naksir yang ge8 yang stoplampnya bening. Dulu sempet mau dibeliin gk5 tapi kok rasanya bagusan ge8, minta second ge8 tp karena beli second gak di acc ya batal deh akhirnya gajadi minang jazz. :ungg:
Iya nih, perubahan GD ke GE8 cukup sukses membuat GD terasa kuno, tapi entah kenapa kalo dari GE &GK kaya ga ada yang spesial ya kalo menurut saya hehehe. Sama kaya saya om, ortu saya juga mau beliin saya GK5 2 tahun lalu pas pertama launching, tapi kok rasanya ga worth, karena perubahannya ga begitu kentara dari GE ke GK , udah sempet TD juga ,tapi masih lebih enak GE8 secara keseluruhan apalagi dari segi keasyikan mengemudinya. Sekarang2 ini lagi iseng2 buat hunting GE8 2013 2nd buat remajain GE8 tuwir saya ini, karena juga naksir sama bentuknya, sayang karena harganya masih ga manusiawi jadinya gak di ACC deh sama bokap, akhirnya lanjut hunting Jazz GK5 2014 batch awal 2nd/ M2 Skactiv baru buat gantiin GE8 saya yang udah uzur , kalo masih gagal juga ya mau ga mau beli LCGC / LMPV baru dehh keluaran atoyot , lumayan lah karena bisa diandalkan buat mobil perang sehari2 & bisa diduitin kalo lagi kepepet (taksi online / rental) hehehe, sebelumnya sempet ngincer CUV juga , tapi sepertinya hampir pupus karena ga sreg & ga di acc juga sama bokap :big_cry: , sorry kalo malah curcol. :big_peace:
DOHC wrote:ahh jadi inget GE ane yg baru dilepas.... itu mobil bener2 ipah versi hatcback... dipake dr 2010, odo tembus 100rebu... nyaris ga ad masalah.. matic nya aj masi responsif pas dijual... mesin jg masi smoothhhh... dan uiriittt... dalkot masi dapet 1:9

kaki2 brisik gruduk2 tinggal kencengin baut2 chassis dan kaki2, lgs mantep lg...
Wahh kalo boleh tau dilepas di harga berapa om?, soalnya saya juga pengen lego nih GE8 saya, soalnya udah jarang dipake hehehe, tapi masih nunggu acc dari ortu dulu sambil nyari peggantinya. Btw tinggi juga odonya udah 100rb, ini mobil emang reliable buat sebuah Honda, saya make selama 7 tahun juga ga pernah ada masalah yang aneh2 om, cuma servis rutin & ganti oli doang hahaha :big_biglaugh: . Btw gimana caranya om dalkotnya bisa 1:9, saya aja jarang banget bisa 1:9, paling tinggi juga 1:8 kalo nyetirnya kalem hehehe.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by Pboyz97 »

Quorra wrote:Nice review bro, saya juga masih nyimpan GE8 RS AT FL March 2012 batch awal abis Thailand banjir. So far, puas banget sama mobil ini ga pernah ada masalah. Suka banget sama nih mobil sejak launch 2008, lihat interior nya berasa selangkah lebih maju dibanding kompetitornya pas jaman itu kesampean beli baru tahun 2012 :mky_01:

Perawatan cuman sekedarnya aja ganti oli mesin, oli matic, ganti aki. Odometer uda 47 ribu km ongoing dan masih mantab mesin + feel bawa nya. Cuman interior uda pada banyak bunyi glodakan terutama bagian doortrim pintu belakang + lampu lingkaran warna biru di sebelah tombol A/C deket defogger belakang, lampu blower A/C, lampu selector fan A/C somehow tewas ga bisa nyala sendiri. Cons BBM untuk dalkot Surabaya di mid cuman dapet 8.7 km/l.

Barusan angkat GK5 RS 2016 juga, dibanding GE8 feel nyetirnya masih enak bawa GE8 menurut saya (Setir GK5 berasa ringan banget dibanding GE8) cuman minim fitur aja dibanding GK5 + Cons BBM GK5 untuk rute yang sama lebih irit dibanding GE8, masih bisa dapet 9,sekian km/l di mid.
Makasih bro, saya masih amatiran kok, belum sebagus master2 dimari kaya mod ad47, madcat , om chz & reviewer senior lainnya dimari, masih perlu banyak belajar lagi. Back to topic, salken juga bro, btw rendah juga odonya baru 47rb, memang mobil ini cukup relable untuk sebuah honda menurut saya, wahh kok bisa bunyi glodakan interiornya? punya saya yang lebih tua 3 tahun aja masih trouble free di bagian interiornya, ga ada bunyi2an aneh di interiornya, btw mending ke beres aja tapi yang rekomen di daerahnya om buat benerin glodakannya, bengkel luaran juga boleh asal kerjanya oke & ga nguras kantong. Emang sih fellnya enakan bawa GE8 (udah pernah TD GK5 juga soalnya), tapi secara teknikal memang GK5 lebih baik(exterior-interor, fitur, suspensi ,dsb)& setirnya lebih ringan dibanding GE8 saya, btw apakah BQ GK5 2016 lebih baik dari batch awal yang tahun 2014? & kalo dibandingin sama GE8 2012nya lebih baik mana kalo boleh tau?, soalnya saya mau ajuin proposal ke ortu nih buat masukkin GK5 2016 buat jadi pengganti GE8 saya yang udah uzur.
carlzeiss wrote:GE8 bener bener sebuah mobil perfect hatchback yang diptoduksi oleh honda dan tidak ada sisi buat mencela mobil ini selain gc nya yang mayan rendah apalati tipe RS .
Sempet miara rs 2012 sampe 2015 akhir terpaksa dijual karna butuh uang .
Sampe dijual pun ga ada rusak apa pun, dan bener bener mobil battle proven, dimuatin banyak jalan jauh oke , jalan rusak juga oke, pernah dipaksa naik kebun teh di bandung, biasa ditempuh fortie sama jero tapi nih mobil naik .
Sekarang miara RU1 dan ngerasa nih mobil rentan jadi pakenha hati hati :D
Memang perfect om buat sebuah hatchback, sampe2 saya dilema buat ngelego tuh GE /ga, soalnya di satu sisi mobilnya masih enak & battle-proven buat sebuah honda kaya yang om katakan diatas, tapi di sisi lain usia ga bisa bohong & udah jarang dipake, jadinya perlu peremajaan, saya sih condong buat lego tuh GE, tapi sayangnya agak susah cari pengganti yang sesuai , pengen AN M2 baru tapi kehalang di kelegaan baris ke2, padahal bokap udah nyaris SPK tuh mobil 1tahun lalu :big_cry: . Selain itu, saya juga lagi iseng2 hunting GE8 2013 Last FL / GK5 2014 First batch buat meremajakan GE tua saya, tapi kayanya bakal gatot karena ortu ga terlalu suka sama mobil 2nd. Sekarang2 ini saya lagi mempertimbangkan CUV buat jadi penggantinya, btw saya mau nanya nih RU1 nya glodakan kaki2nya ga kaya batch awal yang sempet booming kasusnya di thread sebelah & pake tipe apa kalo boleh tau om? saya soalnya naksir sama RU1 juga buat gantiin GE8 saya, tapi masih worry kalo dapet unit yang glodakan.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15523
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: RE: Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by ChZ »

Pboyz97 wrote: Thanks om CHZ, memang honda yang dijual di tahun itu selalu jadi yang terbaik dikelasnya, seperti Civic FD, Jazz GD&GE , serta CRV RD&RE + Oddys RB & Accord CM5 & CP2) , ya memang LCGC secara ga langsung berpengaruh juga pada kualitas mobil2 ahond jaman sekarang kalo menurut saya oom.

Kalo civic FB memang downgrade dari FD, dari segala aspek (fitur, BQ, dll), tapi untungnya masih mewarisi resep tradisional honda yang terkenal fun to drive & raungan vtecnya yang menguggah adrenalin. Sama oom, agak sayang juga kalo mau lego GE ini, apalagi part modifya melimpah, sayang umur ga bisa boong, sudah saatnya diremajakan hahaha, tinggal nunggu waktu aja, btw M2 memang yang terbaik buat saya saat ini (compared to brand new hatchback) sayangnya bangku belakangnya sempit, andai saja bangku belakangnya selega jazz & lebih roomy , mungkin bokap sudah SPK M2 Skyactiv buat ganttin GE8 saya sejak 2 tahun yang lalu. :big_cry:
Yah gmn lg tuntutan... Heheehe... Klw g keluarin lcgc mw jadi apa... Hrg mobil naik trs. Bernasib kek mazda ntar. Volume penjualannya terseok2 pdhl yg rame justru pasar under 200jt.

FB downgrade kualitas tp fitur masi lengkap FB si oom... Cuma yg sayang y downgrade mesin di trim 2.0 ...

Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
carlzeiss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 620
Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
Daily Vehicle: Reborn Bensin

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by carlzeiss »

Saya pakai tipe E CVT 2015 om yang banyak digosipin glodakan kakinya , saya belum ngalamin sih glodakannya sudah setahun pakai , paling waktu km 1000 saya pernah claim driveshaft dan digreassing ulang sampe skrg belom ada problem lg. RU1 oke lah buat dipakai, tp saya rasa ga se asik dan se battle proven Ge8 .
Now : Reborn Bensin Musuh SMers
Billyks
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Fri Jul 01, 2016 10:13

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by Billyks »

Nice review om. Saya juga ada ge8 2013 at km masih 11000 . So far sih lumayan puas dengan performa sama bentuknya yang cantik even compare to gk5. Yang paling ganggu sih cuman interior yang juelekk nya gak nahan, bikin males liat interiornya. Btw om om skalian mau nanya apa aman ge8 ini dikasih pertamax turbo?? Melihat kompresinya gak terlalu tinggi thx
Yonatanw
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 271
Joined: Sun Feb 21, 2016 10:43
Location: Surabaya

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by Yonatanw »

Very nice review om.. Saya juga masih pelihara nih njess, unit 2012 RS A/T, odo masih 20rb an..
Akhir² ini jarang dipake sejak ada lio di rumah.. Lagi demen2nya sama CVT soalnya.

All round car, buat lari enak, kabin lega, tanjakan juga libas aja, mobil juga stabil.. Yang asik buat lurkot, nyalip2 tinggal teken paddle pop minus 1 speed, liar dah larinya.. Minus-nya di FC dalkot, nyetir santai juga cmn 9.0 avg-nya (pertamax), beda jauh sama mobilio yang bisa sampe 1:12.5 (pertalite).

IMHO
DD4 CVT | GE8 5AT | K3-VE
Yonatanw
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 271
Joined: Sun Feb 21, 2016 10:43
Location: Surabaya

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by Yonatanw »

Billyks wrote:Nice review om. Saya juga ada ge8 2013 at km masih 11000 . So far sih lumayan puas dengan performa sama bentuknya yang cantik even compare to gk5. Yang paling ganggu sih cuman interior yang juelekk nya gak nahan, bikin males liat interiornya. Btw om om skalian mau nanya apa aman ge8 ini dikasih pertamax turbo?? Melihat kompresinya gak terlalu tinggi thx
Ga masalah om.. punya adik ipar saya, isi pertamax plus dr baru (sekarang diganti yang turbo sama dia). Malah larinya lbh enak dr GE saya yang isi cm pertamax 92.
DD4 CVT | GE8 5AT | K3-VE
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26906
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by DOHC »

Pboyz97 wrote:
DOHC wrote:ahh jadi inget GE ane yg baru dilepas.... itu mobil bener2 ipah versi hatcback... dipake dr 2010, odo tembus 100rebu... nyaris ga ad masalah.. matic nya aj masi responsif pas dijual... mesin jg masi smoothhhh... dan uiriittt... dalkot masi dapet 1:9

kaki2 brisik gruduk2 tinggal kencengin baut2 chassis dan kaki2, lgs mantep lg...
Wahh kalo boleh tau dilepas di harga berapa om?, soalnya saya juga pengen lego nih GE8 saya, soalnya udah jarang dipake hehehe, tapi masih nunggu acc dari ortu dulu sambil nyari peggantinya. Btw tinggi juga odonya udah 100rb, ini mobil emang reliable buat sebuah Honda, saya make selama 7 tahun juga ga pernah ada masalah yang aneh2 om, cuma servis rutin & ganti oli doang hahaha :big_biglaugh: . Btw gimana caranya om dalkotnya bisa 1:9, saya aja jarang banget bisa 1:9, paling tinggi juga 1:8 kalo nyetirnya kalem hehehe.
lepas d angka 90an gemuk... kondisi apa ada nya, baret2 dan bemper full baret depan blakang.. body masi ori.. ban baru

ini mobil mahh cuman fast moving doank yg ane ganti... trakir cuman shock depan blakang ama bearing blakang kiri kanan...

dalkot mahh biasa aj nyetir nya... kl macet di N, kl jalan di glosor aj... ntuh S nyaris ga perna dipake...

resepnya cuman pake oli encer ama tekanan ban dibkin rata 33 depan blakang.. filter udara ama TB rajin di bersihin / lap, oli matic d tap tiap 20 rebu...

btw, skali2 cekokin perta turbo tuh.... GE ane perna di cekokin itu, lgs nendang..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
setsuka09
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 559
Joined: Fri Jun 26, 2015 9:04

Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by setsuka09 »

Ahh GE8... sempat jadi salah satu kandidat wkt hunting dl, walau akhirnya yg dipinang sepupunya GM2 sampai skrg sy sendiri prefer model GE8 drpd GK5.

Usul u/ TS biar daleman agak segar dikit tinggal tambah audio control steer, cuma yg dijual kebanyakan ada tombol cruise control yg sering useless di indo belum lagi kl mo pasang harga modulnya kelewatan.

Next HU kl memang demen, minimal kenob AC di ganti biar ga terlalu gimana gitu.

Oya jgn lupa peredam om biar nyaman.

Sent from my iPhone using Tapatalk
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5686
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by sintoni »

Dulu sempet punya mobil ini selama setaunan.

Inden pas belom launching, jadi salah satu pembeli pertama di Surabaya.

Ini mobil emang enak sih, secara handling sama power. Luas juga apalg ada fitur ultra seat.

Kalo irit sih ga juga, tapi lumayan dapat 1:9 untuk dalam kota Surabaya padahal selalu isi 88.

Selain itu emang tenaga di RPM bawah emang agak lemes, tapi ya emang karateristik mesin Honda ya begitu.

Kemaren pas sempet nyari HB di januari 2015, kepikiran untuk ambil yang last batch, tapi akhirnya dikesampingkan secara mau coba brand lain. Akhirnya nyesel, mending GE8 jauh.
User avatar
indrasir
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Fri Jun 08, 2012 4:22
Location: South Jakarta

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by indrasir »

@ TS
Nice review, om, :big_smile]


Ane juga masih miara GE 8 RS thn 2012, warna merah, km jg masi dikit karena jarang sekali jalan jauh (baru 26 rb'an km).
Kecuali FCnya yg rada boros (rata2 cuma dpt 1:8,5 pake bensin V power buat dalkot, kalau lukot mentok 1:12 lah), i mobil memang nggak nyusahin miaranya. Belum pernah jajan yang aneh2 selain ganti oli rutin dan ganti aki doang. Ada keinginan sih pengen ganti, cuma liat line up honda sekarang kok fit dan finishingnya malah menurun ya ( ane suka liat GK5, tapi kecewa liat bawah kap mesin dan bagian tutup tangki cuma dikasi cat dasar abu2 doang). Trus kualitas plastik interiornya terlihat nggak sebaik GE8, walaupun panel instrumen nya menurut ane memang lebih menarik GK5. Yah mungkin nanti gantinya bukan line up honda lagi (lagi naksir ANPS Dakar soalnya, he,he,he).
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by nescafe »

DOHC wrote:ahh jadi inget GE ane yg baru dilepas.... itu mobil bener2 ipah versi hatcback...
ciyeee mentang-mentang punya ipah versi 2 door coupe :upss: :weekk: .... :ngacir:

@TS: nice review oom :D :D :D
saya pakai jazz GE dari tahun 2008-2010 dan 2010-2015, perawatan yang saya lakukan selama pemakaian hanya ganti fluida (minyak rem, radiator, oli, oli matic), ganti komponen fast moving (ban, kampas rem, shock absorber) plus tune up. Bukan hal yang merepotkan sih :D
kalau soal feedback steering, dari generasi jazz generasi GD pun sudah minim menurut saya namun jazz seri GE ini dari sisi overall handling rasanya yang paling rigid diantara generasi jazz yang lain (GD dan GK) dan punya tampilan interior yang paling impresif dibanding generasi sebelum atau sesudahnya :D
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by michaelgiri93 »

Pboyz97 wrote: Thankyou om michaelgiri93, ah ga cakep2 amat kok, cuma karena fotonya aja makanya keliatan cakep, aslinya mah buluk om hehehe, masih banyak GE8 diluar sana yang lebih cakep daripada punya saya. Memang mobil ini enak buat disetir om, compared to GK5 sekalipun yang menurut saya sudah berubah dari driver oriented ke comfort oriented, kalo GE8 2013 itu saya lumayan suka om, jadi pengen nyari bekasnya nih buat remajain GE8 tuwir saya hehehe, sekalian buat modif2.
iya sih om
yang fl 2 eksteriornya sedep banget di pandang
lampu depan dengan aksen smoke
lampu belakang juga dengan aksen smoke dan dengan led
kelihatan sangat ganteng
:big_love:
tapi GE8 2013 mengerikan om harga bekasnya
temen saya itu beli second pertengahan tahun ini, di harga 190++
low km 30k+
mobilnya masih sangat bagus imo
ah iya warnanya juga silverstone
persis punya om
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
User avatar
andyez86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 928
Joined: Sat May 21, 2016 12:08
Location: Solo
Daily Vehicle: Innova

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by andyez86 »

indrasir wrote:@ TS
Nice review, om, :big_smile]


Ane juga masih miara GE 8 RS thn 2012, warna merah, km jg masi dikit karena jarang sekali jalan jauh (baru 26 rb'an km).
Kecuali FCnya yg rada boros (rata2 cuma dpt 1:8,5 pake bensin V power buat dalkot, kalau lukot mentok 1:12 lah), i mobil memang nggak nyusahin miaranya. Belum pernah jajan yang aneh2 selain ganti oli rutin dan ganti aki doang. Ada keinginan sih pengen ganti, cuma liat line up honda sekarang kok fit dan finishingnya malah menurun ya ( ane suka liat GK5, tapi kecewa liat bawah kap mesin dan bagian tutup tangki cuma dikasi cat dasar abu2 doang). Trus kualitas plastik interiornya terlihat nggak sebaik GE8, walaupun panel instrumen nya menurut ane memang lebih menarik GK5. Yah mungkin nanti gantinya bukan line up honda lagi (lagi naksir ANPS Dakar soalnya, he,he,he).
btw itu bukan dikasi cat dasar abu2...tp emg ngga dicat om..hahhaha ngga cm honda sih...avanza baru jg gt koq
Shonen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 568
Joined: Sun Jan 27, 2013 13:34

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by Shonen »

uhui...kuda besi g buat ngantor nih..hehe..salah satu pemilik ge8 batch pertama di jkt...dl pas kuliah smester tengah ganti ni mobil si eye catcher plus magnet buat ciwi2.. ada perasaan bangga jd pemake pertama di kampus :mky_01: anyway flashback dikit dl angkut ke 182,5 tiga atau empat bulan kemudian krn banyak permintaan membludak buat jazz ini harga naik jadi 192,5 dan kemudian taun depannya naik lagi 10 jtan jadi 202,5 stelah fl di 2011an harga jadi 220... mblnya sama kaya punyak saya itu warnanya alabaster silver kalo dr foto..klo silverstone itu abu2 terang om...
Klo buat mesin sama jajanan ya namanya uda mau 9 thn nemenin saya pasti ada bbrp yg uda mulai usang dan kira2 mgkn pemilik ge8 laen juga ngalamin berikut :
1. spion elektrik ngadat uda ganti motor 2 biji...yg spionnya sering ketabrak motor pasti ngalamin...
2. kampas rem... ya iya lah tiap hr saya ngetol
3. shock absorber 4 biji saya ganti semua uda oblak kalo nikung geter2 ga jelas
4. rattling ada bbrp bagian biasa di bagasi tp tinggal dikencengin bautnya aja..ga gannggu setel aja musik yg kenceng :mky_03:
5. ac kurang freon waktu itu sempet ga dingin...tinggal tambah freon beres..
6. terakhir colokan usb buat ke hu g yg ori dr baru rusak dan blom dibenerin ampe skrg
7. sisanya ga ada.. :big_biglaugh:
This car truly amazing...wins my heart in every aspect...ga nyusahin enak buat sruntulan..minum 88 dr br sampe skrg aman... total g abis 2016 lalu g betulin abis 13jt termasuk ganti kf keliling semobil soalnya kf g dr br uda korosi..sisanya cuman kasi minum sama ganti oli aja..