Review Honda BR-V E CVT (other opinion)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Sun Jan 01, 2017 14:11
Review Honda BR-V E CVT (other opinion)
Hello SMers... Mungkin para viewers sudah bosan review tentang crossover mpv ini... tetapi masi belum ada yg ngereview-in apa rasanya setelah 8 bulan megang ni mobil.
I'LL LET U KNOW WHY I CHOOSE THIS
Sbnrnya gaada rencana sih pengen ni mobil. Gak pernah ditakdirkan utk pengganti RM 2.4L Prstg '13 yg ane pake cuma 9 bulan, itu semua gara2 kondisi mobil yg sdh capek (55rb km) dan setir liar dan sokbreker yg mulai lemah (too many problems) . Itu semua muncul berkat dari pemilik lamanya yg masang velg 20 inch dan jadi everyday car sepertinya (GE8 yg udh 5thn aja baru 48rb) ane pake CRV itu dari 45rb hingga 55rb km. Lalu masalah terakhirnya CRV itu bukannya menjadi mobil simpanan/weekend car , tetapi dipakai jadi everyday car (terpaksa karena gaada pnya mobil ber gc tinggi) dan satu kata yg menggambarkannya, BOROSSS BBM.
Lalu mulailah berpikir, mobil apa yaa yg bisa gantiin CRV RM ane? Sienta.. oh no belum keluar wktu juli lalu, Rush... a decade's car. Lalu pas ke Showroom yg terkenal di daerah ane, (so sadly karena habis lebaran mobilnya byk sold out). TERNYATA..! Ada sesosok mobil yg sebenarnya gk akan pernah demen...It's My Snowhite BRVey..! Gk pikir lama lgsg jadi milik ane...
1. First Month
Mulai garuk2 kepala liat BQ nya yg kurang begitu bagus, rada kagok sama CVTnya yg kurang responsif di 60-80kmh, Suspensinya too stiff for a family car tapi gk mental mentul.
-BQ : dibanding mobil 100jtan, cukup mudah diterima, tapi utk mobil 250jtan??? No way at all.
-Suspensi: Terasa keras kalau di jalan bergelombang dan jalan pelan. Tapi kalau diatas 30kmh udh gak kerasa banget kok. Thanks to ban yg cukup tebal.
- CVT: Mode sportnya = boong, cuma engine rev nya aja , utk nyelip masi enak mode D. Lama2 kaki kita akan terlatih dg karakter CVT itu.
2. Third Months
Mulai suka ama ni mobil, nurut kalau diajak ngebut dan cornering ala" sport sedan , gk berasa body rollnya. Terus tampilannya sdh enak diterima di mata ane. Tambah tweeter, roof spoiler ama shark fin antenna, jadi ganteng+++
- Pengendalian: a step better than CRVey, A lot better than Rush-ting. Nikung kecepatan berapapun mobil tetap stabil layaknya mpv wagon yg GC rendah dan Hatchback. Kecepatan 140kmh di jalan lintas provinsi pun masih sangat stabil (CRV RM di 120kmh aja sdh menunjukan gejala" limbung)
-Audio : sang pelipur lara , karena settingnya lengkap, BT ready - Phone mirroring - Phone Call funct. - Rear cam. Nice job Kenwood!
3. Sixth Months until now
Posisi duduknya cukup sporty karena posisi duduknya rendah bagaikan sedan walaupun blm ada height adj, lumbar support , dan telescopic steer. CUMA , berkat joknya yg tipis menjadikan perjalanan anda terganggu hahaha... dudukannya keras, sandaran punggungnya tekan dikit sdh tembus... tapi baru terasa kalau cruising 1-2 jam nonstop. Akselerasinya cukup bersaing ama Jazz. Cuma yg cukup disayangkan peredam kabinnya tak lebih dari low mpv utk mobil 250jt an
Gak ada salahnya utk sobat2 meminang BR-V karena sejatinya BR-V gk gantiin posisi mblio , tapi merupakan metamorfosa dari Mobilio. Dia lebih Gagah , handling lebih mantap dari mobilio , gc tinggi, kabin lapang++ , dashboard cukup mewah. Tapi masih banyak PR yg mesti dijalani BR-V
Kelebihan
- Pengendalian sigap utk SUV or MPV
- Tenaga sdh ngisi dari kecep rendah
- Desain dashboard n instrument bikin lupa kalau ini mobil 200jt an. Sangat rapi layaknya jaguar kekinian (ngayal dikit)
- Gk ngayun kalau di jalan bergelombang
- Posisi duduk gak berasa ky mobil tinggi dan gede
- Kabin dan Bagasi luasss
Kekurangan
- Built quality nya yaa, panel gap exteriornya mesti dirapatkan
- No Paddle Shift!
- Kenyamanan jok depan
- colokan seatbelt di baris kedua gabisa rapi. Keluar gaada dudukannya
- Fitur masih kurang lengkap
Jobs for Facelift
- Start Stop n Keyless entry
- Seat Height adjust
- Center console box
- Map lamp n Sunglass box
- HID front headlamp kyk Jazz GK5 + DRL
- Climate AC
- Better BQ
- Peredam kabin lebih bagus + improvement pd sound system
Terimakasih bagi para reader yg sdh baca artikel ini semoga semakin melengkapi review2 yg sdh ada dan semakin mudah milih mobil baru.
Sent from my SM-A520F using Seraya Motor mobile app
I'LL LET U KNOW WHY I CHOOSE THIS
Sbnrnya gaada rencana sih pengen ni mobil. Gak pernah ditakdirkan utk pengganti RM 2.4L Prstg '13 yg ane pake cuma 9 bulan, itu semua gara2 kondisi mobil yg sdh capek (55rb km) dan setir liar dan sokbreker yg mulai lemah (too many problems) . Itu semua muncul berkat dari pemilik lamanya yg masang velg 20 inch dan jadi everyday car sepertinya (GE8 yg udh 5thn aja baru 48rb) ane pake CRV itu dari 45rb hingga 55rb km. Lalu masalah terakhirnya CRV itu bukannya menjadi mobil simpanan/weekend car , tetapi dipakai jadi everyday car (terpaksa karena gaada pnya mobil ber gc tinggi) dan satu kata yg menggambarkannya, BOROSSS BBM.
Lalu mulailah berpikir, mobil apa yaa yg bisa gantiin CRV RM ane? Sienta.. oh no belum keluar wktu juli lalu, Rush... a decade's car. Lalu pas ke Showroom yg terkenal di daerah ane, (so sadly karena habis lebaran mobilnya byk sold out). TERNYATA..! Ada sesosok mobil yg sebenarnya gk akan pernah demen...It's My Snowhite BRVey..! Gk pikir lama lgsg jadi milik ane...
1. First Month
Mulai garuk2 kepala liat BQ nya yg kurang begitu bagus, rada kagok sama CVTnya yg kurang responsif di 60-80kmh, Suspensinya too stiff for a family car tapi gk mental mentul.
-BQ : dibanding mobil 100jtan, cukup mudah diterima, tapi utk mobil 250jtan??? No way at all.
-Suspensi: Terasa keras kalau di jalan bergelombang dan jalan pelan. Tapi kalau diatas 30kmh udh gak kerasa banget kok. Thanks to ban yg cukup tebal.
- CVT: Mode sportnya = boong, cuma engine rev nya aja , utk nyelip masi enak mode D. Lama2 kaki kita akan terlatih dg karakter CVT itu.
2. Third Months
Mulai suka ama ni mobil, nurut kalau diajak ngebut dan cornering ala" sport sedan , gk berasa body rollnya. Terus tampilannya sdh enak diterima di mata ane. Tambah tweeter, roof spoiler ama shark fin antenna, jadi ganteng+++
- Pengendalian: a step better than CRVey, A lot better than Rush-ting. Nikung kecepatan berapapun mobil tetap stabil layaknya mpv wagon yg GC rendah dan Hatchback. Kecepatan 140kmh di jalan lintas provinsi pun masih sangat stabil (CRV RM di 120kmh aja sdh menunjukan gejala" limbung)
-Audio : sang pelipur lara , karena settingnya lengkap, BT ready - Phone mirroring - Phone Call funct. - Rear cam. Nice job Kenwood!
3. Sixth Months until now
Posisi duduknya cukup sporty karena posisi duduknya rendah bagaikan sedan walaupun blm ada height adj, lumbar support , dan telescopic steer. CUMA , berkat joknya yg tipis menjadikan perjalanan anda terganggu hahaha... dudukannya keras, sandaran punggungnya tekan dikit sdh tembus... tapi baru terasa kalau cruising 1-2 jam nonstop. Akselerasinya cukup bersaing ama Jazz. Cuma yg cukup disayangkan peredam kabinnya tak lebih dari low mpv utk mobil 250jt an
Gak ada salahnya utk sobat2 meminang BR-V karena sejatinya BR-V gk gantiin posisi mblio , tapi merupakan metamorfosa dari Mobilio. Dia lebih Gagah , handling lebih mantap dari mobilio , gc tinggi, kabin lapang++ , dashboard cukup mewah. Tapi masih banyak PR yg mesti dijalani BR-V
Kelebihan
- Pengendalian sigap utk SUV or MPV
- Tenaga sdh ngisi dari kecep rendah
- Desain dashboard n instrument bikin lupa kalau ini mobil 200jt an. Sangat rapi layaknya jaguar kekinian (ngayal dikit)
- Gk ngayun kalau di jalan bergelombang
- Posisi duduk gak berasa ky mobil tinggi dan gede
- Kabin dan Bagasi luasss
Kekurangan
- Built quality nya yaa, panel gap exteriornya mesti dirapatkan
- No Paddle Shift!
- Kenyamanan jok depan
- colokan seatbelt di baris kedua gabisa rapi. Keluar gaada dudukannya
- Fitur masih kurang lengkap
Jobs for Facelift
- Start Stop n Keyless entry
- Seat Height adjust
- Center console box
- Map lamp n Sunglass box
- HID front headlamp kyk Jazz GK5 + DRL
- Climate AC
- Better BQ
- Peredam kabin lebih bagus + improvement pd sound system
Terimakasih bagi para reader yg sdh baca artikel ini semoga semakin melengkapi review2 yg sdh ada dan semakin mudah milih mobil baru.
Sent from my SM-A520F using Seraya Motor mobile app
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 271
- Joined: Sun Feb 21, 2016 10:43
- Location: Surabaya
Re: Review Honda BR-V E CVT (other opinion)
Nice review om..
Btw, yang bener nih.. masa lebih stabil dari CRV?
Btw, yang bener nih.. masa lebih stabil dari CRV?
DD4 CVT | GE8 5AT | K3-VE
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Tue Jan 31, 2017 14:25
Re: Review Honda BR-V E CVT (other opinion)
Berasa turun kelas banget donk om dari CRV ke BRV? Wkakakak
Apa bener torsinya sudah kerasa di bawah? karna pengalaman nyoba mobilio sepupu justru menurut ane torsi bawahnya agak kurang dan di atasnya berisi.. Apa mgkin beda ya rasio cvt lio dan brv? hehe
Apa bener torsinya sudah kerasa di bawah? karna pengalaman nyoba mobilio sepupu justru menurut ane torsi bawahnya agak kurang dan di atasnya berisi.. Apa mgkin beda ya rasio cvt lio dan brv? hehe
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 79
- Joined: Tue Feb 28, 2017 11:35
- Location: Bintaro - BSD - Tangerang Selatan
Re: Review Honda BR-V E CVT (other opinion)
Leh uga review nya om
Eniwei, CRV om yg dulu mungkin sudah terlampau parah kaki kakinya sepertinya. Soalnya saya pernah bawa mobil temen CRV juga 150kph tidak apa apa dan tergolong stabil. IMHO yaa om hehe
Eniwei, CRV om yg dulu mungkin sudah terlampau parah kaki kakinya sepertinya. Soalnya saya pernah bawa mobil temen CRV juga 150kph tidak apa apa dan tergolong stabil. IMHO yaa om hehe
Pajero Sport GLS M/T 2011 (4D56)
Accord VtiL 2.5 CVT 2012 (K24W)
Tiguan 1.4 TSI DSG 2016 (150 PS ; 110 KW)
Polo 1.2 TSI 2017 (105 HP ; 180 NM)
Accord VtiL 2.5 CVT 2012 (K24W)
Tiguan 1.4 TSI DSG 2016 (150 PS ; 110 KW)
Polo 1.2 TSI 2017 (105 HP ; 180 NM)
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Mon Nov 30, 2015 1:55
Re: Review Honda BR-V E CVT (other opinion)
wah bener tuh om brv musti ada paddle shift sm kursi height adjuster btw bs ga sih kursi jazz gk 5 dipasang di si BRVey hehe
-
- SM Specialist
- Posts: 15572
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review Honda BR-V E CVT (other opinion)
Kalo dengerin kondisi CR-V nya sangat mengenaskan kayaknya om... Bisa jadi kaki-kakinya bermasalah jadi lari 120 aja udah berasa goyang-goyang... Dari definisi setir terlalu liar itu ane bahkan sudah nangkep mobil ini spooringnya gak karuan... Spooring itu pengaruh ke pengendalian loh...
Setir liar ane ngalamin di Camry temen ane... Nyetir tuh mobil setirnya reaktif banget dan narik-narik gak jelas di jalan gelombang.
Mengenai BR-V... Apa cuma ane disini yang menganggap build quality itu minor issue... Wkwkwkw... Walaupun memang kalo mobil 500juta kualitas kayak angkot ya mengerikan sih... Tapi bisa dimaafkan kalo mesinnya V8... like muscle car.
Brio chassis secara drivability sangat baik untuk mobil yang dikembangkan sebagai mobil "mainan" - setidaknya itu yang dikatakan teman ane pengguna Ayla... wkwkwkwk... Malah paling gak berasa nyetir mobil murah... Secara drivability ya... Kalo kualitas ya begitulah...
Setir liar ane ngalamin di Camry temen ane... Nyetir tuh mobil setirnya reaktif banget dan narik-narik gak jelas di jalan gelombang.
Mengenai BR-V... Apa cuma ane disini yang menganggap build quality itu minor issue... Wkwkwkw... Walaupun memang kalo mobil 500juta kualitas kayak angkot ya mengerikan sih... Tapi bisa dimaafkan kalo mesinnya V8... like muscle car.
Brio chassis secara drivability sangat baik untuk mobil yang dikembangkan sebagai mobil "mainan" - setidaknya itu yang dikatakan teman ane pengguna Ayla... wkwkwkwk... Malah paling gak berasa nyetir mobil murah... Secara drivability ya... Kalo kualitas ya begitulah...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 473
- Joined: Sun Dec 27, 2015 6:41
- Location: Bekasi
Re: Review Honda BR-V E CVT (other opinion)
Saat ini ngeliat mobilio rs lebih worth dibanding brv. Gc lio rs juga udah cukup 189mm (cmiiw). Cuma yang bikin jelek itu approach angle nya bodykit bikin gasruk.
Sama halnya kayak yasir trd gc sama kayak jazz cuma bodykit trd bikin aproach angle jelek alhasil lecet lecet deh bumper bawah depan.
Sama halnya kayak yasir trd gc sama kayak jazz cuma bodykit trd bikin aproach angle jelek alhasil lecet lecet deh bumper bawah depan.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 916
- Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16
Re: Review Honda BR-V E CVT (other opinion)
Memang cara yg tepat buat nikmatin BRV adalah di gass poollll.. baru keluar semua kelebihannya..
Beda sm terios/rush yg baru enak pas lewatin light offroad + kecepatan maks 40 km/h, lebih dr itu ga enak sm sekali..
Sent from my Redmi 3 using Seraya Motor mobile app
Beda sm terios/rush yg baru enak pas lewatin light offroad + kecepatan maks 40 km/h, lebih dr itu ga enak sm sekali..
Sent from my Redmi 3 using Seraya Motor mobile app
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1047
- Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
- Location: Makassar
Re: Review Honda BR-V E CVT (other opinion)
Sepakat sama sebagian besar poinnya om TS, soalnya saya juga baru pegang BRV tapi yg E manual.
Rasanya memiliki BRV ini memang kayak istilah "acquired taste", lama dicoba baru ketahuan asiknya. Tapi itupun asiknya baru terasa setelah banyak PR diselesaikan. Ini yg paling bikin saya kesel; beli mobil baru tapi banyak PR rasanya nggak layak setelah ngabisin 1/4 miliar...
PR saya:
- Pasang peredam karet balon di frame pintu2 (harus pesan)
- Jok pengemudi saya tambah busa dan ganti jadi kulit genuine (tapi karena kere ya cuma jok ini aja yg dikasih kulit, sisanya disarungin doang )
- Mau ganti per pake punya mobilio kayak saran di forum sebelah, tapi batal krn bisa2 menghilangkan kestabilannya yg sudah oke banget buat nikung2 rada kenceng)
Saya ngambil yg MT karena hitung2an harga & biaya servis yg beda banget. Tapi kalo ada yg BARU MAU ambil BRV, rasanya best value itu tipe E-CVT. Pertimbangannya:
- Sekilas harga mobil & biaya servis memang lbh mahal, tp setelah belajar di SM sini ternyata komponen MT banyak yg perlu diganti rutin --> more cost
- Kota secara umum bakal tambah macet --> bagusnya hindari MT
- Fuel cost (pertamax) udah saya coba minimalin pake AC, sekolahin kaki kanan, tetep aja mentok di 1:12, padahal waktu test drive pake yg tipe CVT bisa 1:15.
Ujung2nya, yah sukurin aja apa yg ada,
masih banyak banget orang yg butuh mobil tapi nggak sanggup...
Rasanya memiliki BRV ini memang kayak istilah "acquired taste", lama dicoba baru ketahuan asiknya. Tapi itupun asiknya baru terasa setelah banyak PR diselesaikan. Ini yg paling bikin saya kesel; beli mobil baru tapi banyak PR rasanya nggak layak setelah ngabisin 1/4 miliar...
PR saya:
- Pasang peredam karet balon di frame pintu2 (harus pesan)
- Jok pengemudi saya tambah busa dan ganti jadi kulit genuine (tapi karena kere ya cuma jok ini aja yg dikasih kulit, sisanya disarungin doang )
- Mau ganti per pake punya mobilio kayak saran di forum sebelah, tapi batal krn bisa2 menghilangkan kestabilannya yg sudah oke banget buat nikung2 rada kenceng)
Saya ngambil yg MT karena hitung2an harga & biaya servis yg beda banget. Tapi kalo ada yg BARU MAU ambil BRV, rasanya best value itu tipe E-CVT. Pertimbangannya:
- Sekilas harga mobil & biaya servis memang lbh mahal, tp setelah belajar di SM sini ternyata komponen MT banyak yg perlu diganti rutin --> more cost
- Kota secara umum bakal tambah macet --> bagusnya hindari MT
- Fuel cost (pertamax) udah saya coba minimalin pake AC, sekolahin kaki kanan, tetep aja mentok di 1:12, padahal waktu test drive pake yg tipe CVT bisa 1:15.
Ujung2nya, yah sukurin aja apa yg ada,
masih banyak banget orang yg butuh mobil tapi nggak sanggup...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Sun Jan 01, 2017 14:11
Re: RE: Re: Review Honda BR-V E CVT (other opinion)
Karena sblm jual, ky nemu masalah gitu kayak pas AT nya dipindah ke mode S , gk lama ky ada bau2 gosong/bau asap gitu. Setelah di cross check ternyata dari AT nya dan mesti diganti (menurut ayah sy) dan 'mungkin' eks kecelakaan oleh nemu sambungan2 las. Lalu mobil ini terlalu mengayun pas dipacu di jalan bergelombang (rute luar kota), gk wajar. Avanza '12 aja gk segitunya mantul (rute sama)LiveInTheFastLane wrote:Leh uga review nya om
Eniwei, CRV om yg dulu mungkin sudah terlampau parah kaki kakinya sepertinya. Soalnya saya pernah bawa mobil temen CRV juga 150kph tidak apa apa dan tergolong stabil. IMHO yaa om hehe
Sent from my SM-A520F using Seraya Motor mobile app
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Sun Jan 01, 2017 14:11
Re: RE: Re: Review Honda BR-V E CVT (other opinion)
Bukan masalah besar di BQ interior nya , ane maafkan aja, sdh cukup bagus. Illuminasi Steer cont. Dan di Tuas transmisi disunat, 3 pt seatbelt n headrest jg disunat. Not much difference than mobilio. Cuma dibanding Jazz GE8 ane, gap sambungan body2nya mengganggu sekali, renggang gitu. Gak wajar utk mobil yg gk lama lagi 300jt. Gausah kasih fitur yg mubazir tapi kalau BQnya dibagusin. Jadi makin mantap!ChZ wrote:Kalo dengerin kondisi CR-V nya sangat mengenaskan kayaknya om... Bisa jadi kaki-kakinya bermasalah jadi lari 120 aja udah berasa goyang-goyang... Dari definisi setir terlalu liar itu ane bahkan sudah nangkep mobil ini spooringnya gak karuan... Spooring itu pengaruh ke pengendalian loh...
Setir liar ane ngalamin di Camry temen ane... Nyetir tuh mobil setirnya reaktif banget dan narik-narik gak jelas di jalan gelombang.
Mengenai BR-V... Apa cuma ane disini yang menganggap build quality itu minor issue... Wkwkwkw... Walaupun memang kalo mobil 500juta kualitas kayak angkot ya mengerikan sih... Tapi bisa dimaafkan kalo mesinnya V8... like muscle car.
Brio chassis secara drivability sangat baik untuk mobil yang dikembangkan sebagai mobil "mainan" - setidaknya itu yang dikatakan teman ane pengguna Ayla... wkwkwkwk... Malah paling gak berasa nyetir mobil murah... Secara drivability ya... Kalo kualitas ya begitulah...
Sama... Jazz GE8 ane, apalagi di front n side skirtnya sering sekali jadi korban ganasnya jalanan. Lewat lubang jg sampai2 membuat gugup drivernya..dimassn25 wrote:Saat ini ngeliat mobilio rs lebih worth dibanding brv. Gc lio rs juga udah cukup 189mm (cmiiw). Cuma yang bikin jelek itu approach angle nya bodykit bikin gasruk.
Sama halnya kayak yasir trd gc sama kayak jazz cuma bodykit trd bikin aproach angle jelek alhasil lecet lecet deh bumper bawah depan.
Sent from my SM-A520F using Seraya Motor mobile app
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Wed Mar 15, 2017 3:41
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: matic
Re: Review Honda BR-V E CVT (other opinion)
Nice review om. BRV pilihan yg cukup menarik karena gak ada saingan yg mumpuni di kelasnya, rushter udah 'kelewat', ekosport kaburr. Tapi saat ini dengan lahirnya Mobilio RS facelift, jadi merasa banyak yg harus diperbarui dari BRV ini. So, kalo mau ngambil BRV mending tunggu update-tannya dulu dari Ahond dah
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Sun Jan 01, 2017 14:11
Re: RE: Re: Review Honda BR-V E CVT (other opinion)
Menurut ane, kalau engine n drivetrainnya atau technical nya gausah di oprek2 , oleh sdh mantap... saran aja ya... mending kenyamanannya yg mesti di improvement, terutama di interiornya, apalagi joknya... mungkin khusus utk yg berbadan ramping aja deh... kurang lebarrr... busanya gk berasa... padahal posisi duduknya pas banget. Seakan2 mobil ini masih belum jadi mobil beneran alias kelinci percobaan honda utk mengetes pasar LSUV... Tapi oleh performa dan pengendaliannya sangat mantap (utk SUV) , ya mau gk mau ane appreciate aja... Kons bbmnya ane dapat 12 kml utk dlm kota agak padat, kombinasi 15 kml , lukot 18-19 kml.qushay20019 wrote:Sepakat sama sebagian besar poinnya om TS, soalnya saya juga baru pegang BRV tapi yg E manual.
Rasanya memiliki BRV ini memang kayak istilah "acquired taste", lama dicoba baru ketahuan asiknya. Tapi itupun asiknya baru terasa setelah banyak PR diselesaikan. Ini yg paling bikin saya kesel; beli mobil baru tapi banyak PR rasanya nggak layak setelah ngabisin 1/4 miliar...
PR saya:
- Pasang peredam karet balon di frame pintu2 (harus pesan)
- Jok pengemudi saya tambah busa dan ganti jadi kulit genuine (tapi karena kere ya cuma jok ini aja yg dikasih kulit, sisanya disarungin doang )
- Mau ganti per pake punya mobilio kayak saran di forum sebelah, tapi batal krn bisa2 menghilangkan kestabilannya yg sudah oke banget buat nikung2 rada kenceng)
Saya ngambil yg MT karena hitung2an harga & biaya servis yg beda banget. Tapi kalo ada yg BARU MAU ambil BRV, rasanya best value itu tipe E-CVT. Pertimbangannya:
- Sekilas harga mobil & biaya servis memang lbh mahal, tp setelah belajar di SM sini ternyata komponen MT banyak yg perlu diganti rutin --> more cost
- Kota secara umum bakal tambah macet --> bagusnya hindari MT
- Fuel cost (pertamax) udah saya coba minimalin pake AC, sekolahin kaki kanan, tetep aja mentok di 1:12, padahal waktu test drive pake yg tipe CVT bisa 1:15.
Ujung2nya, yah sukurin aja apa yg ada,
masih banyak banget orang yg butuh mobil tapi nggak sanggup...
Bener sekali, maaf , Rushter itu pengendaliannya kyk nyetir Landcruiser, rasanya gede banget n ga lincah. Apalagi pake gaspoll, jangan harap dpt nikmatnya, yg ada apes aja oleh limbungnya bikin gk pede ngebut, mesinnya berteriak seakan2 minta dielus supaya diajak santai.... kyk bawa perahu aja pengendaliannya, unpredictable... menurut ane yaa maaf kalau ada yg tersinggung...[emoji26]Bulgogi wrote:Memang cara yg tepat buat nikmatin BRV adalah di gass poollll.. baru keluar semua kelebihannya..
Beda sm terios/rush yg baru enak pas lewatin light offroad + kecepatan maks 40 km/h, lebih dr itu ga enak sm sekali..
Sent from my Redmi 3 using Seraya Motor mobile app
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Sun Jan 01, 2017 14:11
Re: RE: Re: Review Honda BR-V E CVT (other opinion)
Sy pernah coba lio punya sepupu, kalau lio karakter cvtnya mirip kyk AT 5 Spd GE8 ane, kurang menggigit torsinya di put bwh. Kalau di BR-V ada improvement dikit di CVT nya dan Kaki2nya.Renevoir wrote:Berasa turun kelas banget donk om dari CRV ke BRV? Wkakakak
Apa bener torsinya sudah kerasa di bawah? karna pengalaman nyoba mobilio sepupu justru menurut ane torsi bawahnya agak kurang dan di atasnya berisi.. Apa mgkin beda ya rasio cvt lio dan brv? hehe
Oleh faktor dimensi gk setinggi dan sebesar CRV , gk terlalu berasa sih bagi sebagian orang kalau BRV ini lebih stabil soalnya ane sering bw keluar kota yg jalannya bergelombang dan berkelok2 jadi bisa merasa bedanya. Body roll minim dibanding CRV RM. Nikungnya lebih pede kalau pake BRV...Yonatanw wrote:Nice review om..
Btw, yang bener nih.. masa lebih stabil dari CRV?
Sent from my SM-A520F using Seraya Motor mobile app
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 271
- Joined: Sun Feb 21, 2016 10:43
- Location: Surabaya
Re: Review Honda BR-V E CVT (other opinion)
Saya juga mod, yang penting enak disetirin..ChZ wrote: ↑Tue Mar 14, 2017 18:07 Kalo dengerin kondisi CR-V nya sangat mengenaskan kayaknya om... Bisa jadi kaki-kakinya bermasalah jadi lari 120 aja udah berasa goyang-goyang... Dari definisi setir terlalu liar itu ane bahkan sudah nangkep mobil ini spooringnya gak karuan... Spooring itu pengaruh ke pengendalian loh...
Setir liar ane ngalamin di Camry temen ane... Nyetir tuh mobil setirnya reaktif banget dan narik-narik gak jelas di jalan gelombang.
Mengenai BR-V... Apa cuma ane disini yang menganggap build quality itu minor issue... Wkwkwkw... Walaupun memang kalo mobil 500juta kualitas kayak angkot ya mengerikan sih... Tapi bisa dimaafkan kalo mesinnya V8... like muscle car.
Brio chassis secara drivability sangat baik untuk mobil yang dikembangkan sebagai mobil "mainan" - setidaknya itu yang dikatakan teman ane pengguna Ayla... wkwkwkwk... Malah paling gak berasa nyetir mobil murah... Secara drivability ya... Kalo kualitas ya begitulah...
Tapi dari sekian mobil yang BQ ga seberapa bagus, sepertinya punya Ahond yang paling sering dipermasalahkan..
DD4 CVT | GE8 5AT | K3-VE
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 609
- Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
- Daily Vehicle: 205系電車
Re: Review Honda BR-V E CVT (other opinion)
Nice review Om, berimbang dan gak lebay
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12275
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Review Honda BR-V E CVT (other opinion)
Nice review om... Selamat untuk mobil barunya...
CRV RM emang boros om, ortu pake 1 buat daily, so far so good, enak buat daily tapi konsumsi bbmnya sangat mengoyak kantong
Anyway, CRVnya ga diganti kembali ke velg standar?
CRV RM emang boros om, ortu pake 1 buat daily, so far so good, enak buat daily tapi konsumsi bbmnya sangat mengoyak kantong
Anyway, CRVnya ga diganti kembali ke velg standar?
2021 Fortuner VRZ
-
- SM Specialist
- Posts: 15572
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: RE: Re: Review Honda BR-V E CVT (other opinion)
Brio lineup ini paling miris kalo liat doortrimnya sih wkwkkw... Kurang berasa feel premium nya... secara equipment sebenernya BR-V udah oke oom... tipe tertingginya udah ada VSA dan HSA (comparing to Rush yang udah semahal itu fasilitas keamanan seadanya)...Endrico wrote: ↑Wed Mar 15, 2017 4:14
Bukan masalah besar di BQ interior nya , ane maafkan aja, sdh cukup bagus. Illuminasi Steer cont. Dan di Tuas transmisi disunat, 3 pt seatbelt n headrest jg disunat. Not much difference than mobilio. Cuma dibanding Jazz GE8 ane, gap sambungan body2nya mengganggu sekali, renggang gitu. Gak wajar utk mobil yg gk lama lagi 300jt. Gausah kasih fitur yg mubazir tapi kalau BQnya dibagusin. Jadi makin mantap!
Ane sering dituduh militan ahon gara-gara ini... wkwkwkwk... Krn ane bukan orang yang pusing dengan detailing interior atau gimmick...
Terkadang hujatan itu datang dari ekspektasi yang berlebihan... wkwkwkwk... Ekspektasi Honda ini merek premium, reliabel, dll...
Sampe ada bully-an salam satu dasbor... BMW Mercedes sampe lineup paling mahalnya juga salam satu dasbor semua... Semua lineup punya tata letak dasbor yang muuuuiiiiripppp....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 160
- Joined: Tue Dec 06, 2016 14:11
Re: RE: Re: Review Honda BR-V E CVT (other opinion)
jangan lupa om salam satu dasbor juga ada di chevrolet terutama trax aveo spark dan ada jg di suzuki macam ertiga swift celerioChZ wrote: ↑Wed Mar 15, 2017 6:51Brio lineup ini paling miris kalo liat doortrimnya sih wkwkkw... Kurang berasa feel premium nya... secara equipment sebenernya BR-V udah oke oom... tipe tertingginya udah ada VSA dan HSA (comparing to Rush yang udah semahal itu fasilitas keamanan seadanya)...Endrico wrote: ↑Wed Mar 15, 2017 4:14
Bukan masalah besar di BQ interior nya , ane maafkan aja, sdh cukup bagus. Illuminasi Steer cont. Dan di Tuas transmisi disunat, 3 pt seatbelt n headrest jg disunat. Not much difference than mobilio. Cuma dibanding Jazz GE8 ane, gap sambungan body2nya mengganggu sekali, renggang gitu. Gak wajar utk mobil yg gk lama lagi 300jt. Gausah kasih fitur yg mubazir tapi kalau BQnya dibagusin. Jadi makin mantap!
Ane sering dituduh militan ahon gara-gara ini... wkwkwkwk... Krn ane bukan orang yang pusing dengan detailing interior atau gimmick...
Terkadang hujatan itu datang dari ekspektasi yang berlebihan... wkwkwkwk... Ekspektasi Honda ini merek premium, reliabel, dll...
Sampe ada bully-an salam satu dasbor... BMW Mercedes sampe lineup paling mahalnya juga salam satu dasbor semua... Semua lineup punya tata letak dasbor yang muuuuiiiiripppp....
CMIIW
-
- SM Specialist
- Posts: 15572
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: RE: Re: Review Honda BR-V E CVT (other opinion)
Yeap... pake dasbor bentuk sama udah lumrah kok jaman skrg kenapa cuma ahon dipermasalahkan
Mungkin krn lebih banyak yang pake jadi yang ribut lebih banyak...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 160
- Joined: Tue Dec 06, 2016 14:11
Re: RE: Re: Review Honda BR-V E CVT (other opinion)
kalo menurut ane ahond di bully salam 1 dasbor soalnya dasbor yg sama juga di pakai di kelas LCGC nya coba kalo ga di pakai di LCGC itu bikin berberapa orang illfeel bilangnya mobil 200jt up dasbor LCGC
kalo dashbornya sijuki yang sama setidaknya ga di pakai persis di wagon R
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4585
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Review Honda BR-V E CVT (other opinion)
Nice review om
Sayang kalo downgrade dari CRV RM ke BRV, kerasa bgt turun kelasnya menurut saya, but anyway congrats untuk mobil barunya
BRV ini memang punya kelebihan disisi fitur & fun to drive dibanding rivalnya, serta tekologi yg lebih modern, sayang BQ & Peredamannya kurang baik untuk mobil 250jt,
Sayang kalo downgrade dari CRV RM ke BRV, kerasa bgt turun kelasnya menurut saya, but anyway congrats untuk mobil barunya
BRV ini memang punya kelebihan disisi fitur & fun to drive dibanding rivalnya, serta tekologi yg lebih modern, sayang BQ & Peredamannya kurang baik untuk mobil 250jt,
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 289
- Joined: Sat May 02, 2015 18:58
Re: Review Honda BR-V E CVT (other opinion)
lumayan jauh ya downgrade nya dr crv ke brv. apa bener ga sestabil itu kah crv nya? saya pernah coba hampir 160 masih stabil2 aja sih. diliat dr km dan taunnya blm bisa dikatakan workhorse juga.
anyway nice review om, tidak salah juga pilih brv di range budget segitu utk dijadiin mbl keluarga. chasis turunan brio yg bikin pengendaliannya tak akuin memang djempolan. coba kalo ada armrest / console box di baris depan, ugh pilihan yg tepat sekali utk range 250an hahaha.
Sent from my SM-N910H using Seraya Motor mobile app
anyway nice review om, tidak salah juga pilih brv di range budget segitu utk dijadiin mbl keluarga. chasis turunan brio yg bikin pengendaliannya tak akuin memang djempolan. coba kalo ada armrest / console box di baris depan, ugh pilihan yg tepat sekali utk range 250an hahaha.
Sent from my SM-N910H using Seraya Motor mobile app
[2AR-FE] [L15B7] [2ZR-FE] [R18Z1] [L15A7]
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1397
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: RE: Re: Review Honda BR-V E CVT (other opinion)
iya saya juga beranggapan seperti itu. maksud dari mereka2 yang mengatakan salam satu dashboard karena juga di pakai di lcgc. itu dari sisi dashboardmaxbilly wrote: ↑Wed Mar 15, 2017 7:10kalo menurut ane ahond di bully salam 1 dasbor soalnya dasbor yg sama juga di pakai di kelas LCGC nya coba kalo ga di pakai di LCGC itu bikin berberapa orang illfeel bilangnya mobil 200jt up dasbor LCGC
kalo dashbornya sijuki yang sama setidaknya ga di pakai persis di wagon R
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 286
- Joined: Sat May 10, 2014 13:56
- Location: Surabaya
Re: Review Honda BR-V E CVT (other opinion)
Nice review.
Sesama pengguna brv (prestige).
Secara umum ini mobil enak dipakai jarak jauh (minim perjalan 300km) drpd anf yang saya pakai sebelumnya. Kecil lincah dan irit. Handling dan kenyamanan menurut saya lebih baik drpd mobilio.
Tapi yang mengganggu adalah bq nya. Mobil begitu datang sudah rattle di dasbor dan pilar b. Pertama2 sangat menggangu tp lama2 sadar ini adalah honda. Solusi kencangkan volume radio.
Tapi semua itu terbayar dengan pengendalian dan konsumsi bbm yang baik.
So far saya puas pakai brv karena diskonnya banyak sekali(worthed net dibawah 240jt utk prestige)
Sesama pengguna brv (prestige).
Secara umum ini mobil enak dipakai jarak jauh (minim perjalan 300km) drpd anf yang saya pakai sebelumnya. Kecil lincah dan irit. Handling dan kenyamanan menurut saya lebih baik drpd mobilio.
Tapi yang mengganggu adalah bq nya. Mobil begitu datang sudah rattle di dasbor dan pilar b. Pertama2 sangat menggangu tp lama2 sadar ini adalah honda. Solusi kencangkan volume radio.
Tapi semua itu terbayar dengan pengendalian dan konsumsi bbm yang baik.
So far saya puas pakai brv karena diskonnya banyak sekali(worthed net dibawah 240jt utk prestige)