User Experience: VW Polo 1.2 TSI 2016 (Polo 6R/MK5)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Post Reply
azraaveiro
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: 05 Jul 2017, 11:26
Location: Jakarta

Re: User Experience: VW Polo 1.2 TSI 2016 (Polo 6R/MK5)

Post by azraaveiro »

Monarq wrote: 10 Aug 2017, 11:46
Selama garansi lebih baik ke beres aja om

Btw sebelum pergi ke bromo, sy sempat ketemu sama TSnya siempunya polo, katanya servis vw mahal itu mitos

Katanya :ngacir:

Tapi sy sempat baca2 di nuvolks, paling yg mahal hanya slowmoving, servisnya seperti ke bengkel pada umumnya ,lebih enak lagi kalau domisili oom didekat beres vw terdekat, dr yg saya baca pemilik mk6 gti udh ada yg sampai 80ribuan kilometer masih bagus2aja, tp dia memang dsgnya pakai wetclutch (6speed) kalau yg defect itu yg dry clutch (7speed code: Dq200) sy sebisa mungkin menghindari yg pakai dsg seri ini seperti golf mk6 tsi, mungkin di new polo ini sudah ada perubahan

Setahu saya vw wet clutch diindonesia ada di tiguan, scirocco, golf gti dan touran 2009 (2010 dia ganti jd dry clutch ciri2nya ganti spion)
Makasih om pencerahannya..
Untuk maintenance sebenarnya concern ke 10.000km itu sih, karena rencana mobil bakal dipake daily Jakarta-Serpong (maybe sehari bisa lebih dari 60km), dengan kombinasi rute dalkot Jakarta yang macet2an + jalan tol. Alasan tertarik Polo karena memang pengen cari mobil baru city car (karena kebetulan saya baru merit & blom punya anak), pengen mobil kecil buat ngelancarin driving (sekalian bisa dipake istri), dan faktor keselamatan + kenyamanan yang utama (faktor lain memang budget max 250jutaan, tapi mencoba menghindari merk H+T hehe no offense).
Maybe ada suggestion mobil alternatif dengan kondisi spt saya?
User avatar
omenRoo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 733
Joined: 26 Apr 2009, 23:30

Re: User Experience: VW Polo 1.2 TSI 2016 (Polo 6R/MK5)

Post by omenRoo »

azraaveiro wrote: 10 Aug 2017, 10:35 Kebetulan taun ini rencana mau beli mobil as first car saya yg baru bisa nyetir & blom tau banyak ttg dunia per-mobilan. Lumayan interested dgn Polo ini cm yang masih kepikiran untuk maintenance nya. Kira-kira recommended kah utk saya yg masih nubi bgt ini? Ada temen yg punya, dia bilang kalau gamau mahal ke bengkel non resmi aja.
Lalu utk free service nya hanya sampai 10.000 km saja kah?
Mohon pencerahannya.. sorry kalo agak OOT
nah sudah dijelaskan oleh om iwansiagian, termasuk service 20rb juga, hehe..

biaya maintenance dibanding merk lain memang lebih mahal, tapi worth it lah.

bengkel non resmi/spesialis VW dimana ya?
adhika
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 168
Joined: 15 Feb 2016, 22:48

Re: User Experience: VW Polo 1.2 TSI 2016 (Polo 6R/MK5)

Post by adhika »

Kalo VW Polo 2011 ke atas sampai sebelum facelift masih worthed ga diangkut? Harganya OK nih kayaknya
azraaveiro
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: 05 Jul 2017, 11:26
Location: Jakarta

Re: User Experience: VW Polo 1.2 TSI 2016 (Polo 6R/MK5)

Post by azraaveiro »

1704MX wrote: 10 Aug 2017, 13:02
nah sudah dijelaskan oleh om iwansiagian, termasuk service 20rb juga, hehe..

biaya maintenance dibanding merk lain memang lebih mahal, tapi worth it lah.

bengkel non resmi/spesialis VW dimana ya?
Makasih om2 semua atas infonya...

Iya sih, pengalaman temen-temen yang pake merk VW, Ford, selalu bilang kalo maintenance memang relatif lebih mahal, tapi memang worth it karena ga sesering merk lain.
Sekarang jadi galau ant.Polo, Mazda2, atau ambil Suzuki yang harganya sedikit lebih murah (Baleno hatchback baru atau Swift). Kayanya faktor penentu tinggal nanti pengalaman test drive + seberapa gede diskon yang ditawarkan :big_think:

Bengkel non resmi coba ntar ane tanyain temen ya om, kalo ga salah di Jkt selatan..cuman lupa dimananya.
iwansiagian
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 344
Joined: 12 Jan 2008, 19:45
Location: Bekasi
Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019

Re: User Experience: VW Polo 1.2 TSI 2016 (Polo 6R/MK5)

Post by iwansiagian »

adhika wrote:Kalo VW Polo 2011 ke atas sampai sebelum facelift masih worthed ga diangkut? Harganya OK nih kayaknya
Vw polo sebelum 1.2 tsi, natural aspirated (non turbo).
Padahal ini mobil sensasi nya combination turbo dan dsg nya ya.
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1212
Joined: 15 Nov 2016, 12:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: User Experience: VW Polo 1.2 TSI 2016 (Polo 6R/MK5)

Post by adrevolution »

iwansiagian wrote: 10 Aug 2017, 15:38
adhika wrote:Kalo VW Polo 2011 ke atas sampai sebelum facelift masih worthed ga diangkut? Harganya OK nih kayaknya
Vw polo sebelum 1.2 tsi, natural aspirated (non turbo).
Padahal ini mobil sensasi nya combination turbo dan dsg nya ya.
Temen kuliah saya ada yg punya polo 1.4 NA. Udah DSG sih. Hebat juga larinya cukup utk ngimbangin mazda 2 non-skyactiv saya despite power output yg lebih rendah.
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD
sugarpot
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 98
Joined: 03 Dec 2014, 14:35

Re: User Experience: VW Polo 1.2 TSI 2016 (Polo 6R/MK5)

Post by sugarpot »

karena TS dan ane juga punya mobil yang sama dan ane akuin memang mobil ini asik banget larinya dan bahkan ane berani bilang diatas 1500 N/A yang beredar saat ini hehehe
Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: 27 Jan 2017, 21:35

Re: User Experience: VW Polo 1.2 TSI 2016 (Polo 6R/MK5)

Post by Kuroboy »

1704MX wrote: 20 Apr 2017, 16:39 hallo rekan2 SM-ers, gw mau sharing experience dengan kendaraan satu2nya di garasi gw, VW Polo 1.2 TSI. kebeneran bulan ini pas banget 1 tahun sejak dianter ke rumah. tapi, berhubung gw gak ngerti2 amat istilah2 engineering ataupun permobilan dan skill nyetir gw basic banget, sehingga thread ini gak kayak review suhu2 dan master2 SM.. thread ini murni subjektifitas dari gw sebagai orang awam.

ada beberapa thread yg sudah membahas Polo TSI sebelumnya;
thread awal 2015 viewtopic.php?f=6&t=22514&hilit=vw+polo+tsi
review by egibaio feb 2016 viewtopic.php?f=19&t=23380&hilit=vw+polo+tsi
video review by tim dapur SM viewtopic.php?f=19&t=25321&p=928030&hil ... si#p928030
Wikipedia VW Polo Mk5 https://en.wikipedia.org/wiki/Volkswagen_Polo_Mk5

dan beberapa link review Polo TSI indonesia
ot*driver https://youtu.be/ZVcVkMnUGEc
aut*netmagz https://youtu.be/LSBrrU8HM5I

Why VW Polo 1.2 TSI?
fyi.. sebelumnya gw pake Yaris '09 M/T. udah 6 tahun gw pake, gak rusak2 hahaha.. juga sering pake captiva vcdi '10 punya ortu.. ini sebagai benchmark gw terhadap Polo.
ceritanya.. sejak tinggal di jakarta, gak kuat deh macet2an pake manual. kasian juga sama istri yang waktu itu lagi hamil anak pertama gw. trus, bagasi yaris juga sempit banget.. gw butuh yang lebih luas, tapi.. garasi di rumah orang tua istri (tempat transit hari kerja) gak luas2 amat. jadilah Polo TSI ini sebgai pilihan utama gw.. gambling sih mengingat brand dan ASS nya yang.. gitu deh.. dengan rayuan maut ke istri.. alhamdulillah dapet lampu ijo :emo-flowerforyou: .. :cupss:

Image
mobil dianter ke rumah pake mobil towing. kilometernya masih 2 digit. gw pake muter2 komplek aja karena blom ada platnya..
Image
jalan2 ke cirebon

Performa
well.. sejauh ini sudah jalan 15rb kilometer. jujur aja gw gak ngerti mesin sama sekali.. cuma taunya nih mobil 1200cc pake turbo wkwkwkwk… teknisnya baca2 di thread sebelumnya/wikipedia aja ya. poin2 pengalaman gw sejauh ini:
pros:
- nih mobil enak dibawa gaspol. upshift gak kerasa pindahnya. akselerasinya terasa cepat dan bertenaga.
- ketika deselerasi, bisa dibantu engine break, pake mode D di manual, dan kalo di S bisa nahan di rpm tinggi. kalo maen engine brake, bisa lebih irit konsumsi bbm
- fuel cons, metode full to full di 10rb km pertama 1:12. terakhir isi full minggu lalu, dapet 1:14. full tank 55liter. rute gw kombinasi tol-non toll.. 70% lancar banget, 30% macet merayap. deviasi dengan mid sekitar 1l/km lebih boros realnya. minimum ron 95. biasa gw isi ron 98 (pertabo).. tapi kadang campur ron 92 (Total)
Image
rekor mid, bdg-jkt.. jalan menurun, santai dan maen engine brake
cons:
- remnya kayak ngegelosor aja gitu.. serasa kurang gigit. pernah saya ngebut trus hard braking.. horor banget ampir nyundul mobil depan.
- engine breaknya kalo lagi jalan pelan (mode D), kerasa banget.. jadi badan kayak kelempar kedepan. paling kerasa kalo dari 2-1. jadi kalo merayap nih mobil gak enak. mending main manual aja, atau di mode S.

Handling & steering
pros:
- bicara fun to drive, jauh lebih fun dibanding 2 mobil yg pernah gw pake tsb. nyetir zigzag lebih pede dan rasanya nempel di aspal.
- limbung.. masih kerasa, tapi jauh mending lah kalo dibandingin mobil gw sebelumnya.
- lebih gampang buat disetirin istri, krn ada seat adjuster dan telescopic steering.

cons:
- setirnya lebih berat dibanding yaris bapao. tapi gak seberat captiva
- gak ada cruise control. wkwkwkkw.. mobil kutu begini emang gak ada cc nya ya?

Interior & Kenyamanan
nah dari 15rb kilometer yg udah ditempuh, nih mobil udah gw bawa nyebrang ke Palembang, trus jalan2 ke Jogja via pantura, pulang lewat jalur selatan. kalo daily route, dari ciputat-jakpus lewat JORR-pondok indah, pulang lewat tomang-JORR.

pros:
- dalem kabin lumayan senyap. tapi kalo lewat JORR, itu kebanyakan beton, kasar pula. tetep aja berisik ya.
- jok kursi baris depan cukup panjang, jadi paha tertopang semua. tinggi gw 171cm. ada height adjuster juga. jalan jauh gak capek.
- cruising 80-100kmh.. enak banget, ga ada suara mesin meraung2. rpm <2000
- joknya fabric. lebih adem di punggung.
- bagasi luas dibanding yaris bapao dulu. muat koper 22” tiga biji kalo disusun rapih, plus masih masuk stroller kecil.
- isofix.

cons:
- baris kedua sempit… buat yg tingginya >170cm. nah, baris kedua ini posisi paha gak datar karena bentuk joknya agak turun di bagian bokong, dan gak sepanjang jok baris depan. berhubung gak pernah duduk di belakang, gatau kalo duduk lama pegel atau nggak. istri gak pernah komplen sih, tapi memang lebih betah duduk di depan
- ada suara angin gemuruh, suspect gw dari spionnya. kalo jalan >100kmh jadi berisik
- jok fabric kena cairan langsung berbentuk pulau.. beberapa kali kena muntah anak bayi gw hahaha..
- bantingan… ada yang bilang “firm” yaa menurut gw, keras, stiff. tapi bukan glodakan. yang paling kerasa kalo nginjek speedbump kecil2 baris. kalo yg sering lewat ciater raya atau sekitar aeon mall tau deh, kalo dilibas >40kmh, jedar jeder dasbornya.

banyak orang yg gak suka mobil ini karena interior plastiknya. tapi kalo gw sih gak masalah, berhubung gw yg nyetir, jadi gw fokusnya ke jalan dan terlalu asik dengan setirnya..
ground clearance juga cukup sih, gw pake mobil ini gak pernah nyangkut2 gesrot di ramp manapun.

sebagai bonus informasi.. mobil ini pajaknya 3,5jt (tangsel). servis per 10rb km. untuk 10rb km pertama, gratis.. tapi nanya ke SA nya, utk servis 20rb km, sekitar 2,8jt. buset deh.. macem SUV aja.

mobil gw ini standaran aja, cuma gw tambahin arm rest, supaya santai waktu cruising. belinya di al*express, nyampenya sebulan :mky_05:
selain itu, gw pake roof rail dan roof box buat perjalanan jauh. berhubung mobil ini masih jarang yg pake, susah nyari barang yg khusus buat mobil ini. roof rail pake merk lokalan, dimodif dikit biar pas buat atapnya. efek sampingnya cuma gemuruh di atap mobil kalo jalan >100kmh. menurut manual, max kecepatan 130 kmh kalo lagi pake roof box.
Image
install arm rest
Image
install roof rail+box di de Breeze

soo.. sejauh ini gw sangat menikmati mobil ini sebagai kendaraan utama gw.. menurut gw, it’s totally worth it.
tapi belakangan ini mulai keracunan roadtrip SM.. jadi ngidam SUV hahahaa..

beberapa foto roadtrip gw.. maap seadanya aja ya
Image
blusukan di tegal
Image
otw ketep
Image
pemandangan menyejukkan mata..

sekian dulu dari gw.. lebih kurangnya mohon maaf ya.. kalo ada pertanyaan seputar mobil ini, silakan tanya aja ya di thread ini.. sebisanya gw jawab.. thanks for reading! :thanks:
Halo om, nama ane Kuroboy, salken om


Review nya mantap om, cukup menggambarkan suasana di dalam mobil saat perjalanan lama & jauh. Bokap ane ada rencana ganti mobil hariannya, Nissan Joke. Berhubung uda berumur 4 tahun, ada rencana ganti mobil cilik buat dalkot. Yang pasti mobil bakalan sering pake baik ngebut (Bandung masih bisa rada geber dikit kalo pagi hari biasa hehehe) maupun macet2an (weekend di Bandung macetnya 11 12 kaya di Jekardah, maklum isinya plat B semua disini :big_cry: ) bisa diisi 4 orang (5 orang paling banyak) ato dipake buat bawa barang proyek (kabel gulung, lampu, dll). Kebetulan sekeluarga pada naksir VaWe Polo setelah ane racunin. :upss: Yang mau ane tanyain:

1. Apa mobil ini termasuk badak alias tahan banting buat dipake harian di jalanan Indo ini? *fyi di beberapa daerah pasti bakal lewat jalan offroad batu ato berlubang. Gimana kaki2nya? Plus gimana soal mesinnya kalo dipake macet2an panas2an plus bawa barang, apa tahan banting?

2. Gimana FC dalkot buat dipake macet2an kecepatan rata2 10 Km/h ato mungkin bisa idle selama 5 menit terus merayap sejauh 100m selama 30 menit.

3. Apakah mobil ini "oprek" able? Khususnya soal audio. Kalo bisa rencana mau pasang soundsystem variasi yang ada di Juke (pasang subwoofer, tweeter, mid bass, power, capacitor bank, yang penting head unit ganti pake single din yang ada)

Itu dulu om. Maaf banyak banget pertanyaannya :big_slap: kalo ada yang kurang tambahin aja om :big_okay:
:frm_snipper: :snipersmile:
User avatar
BrianK3
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 169
Joined: 28 Sep 2015, 23:10

Re: User Experience: VW Polo 1.2 TSI 2016 (Polo 6R/MK5)

Post by BrianK3 »

Paling DCT-nya aja yg agak rentan cause dia dry clutch, apalagi di iklim tropis dan sering macet2-an. Kalau sudah out of warranty ganti seglondongan sih lumayan juga DC-nya.
User avatar
omenRoo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 733
Joined: 26 Apr 2009, 23:30

Re: User Experience: VW Polo 1.2 TSI 2016 (Polo 6R/MK5)

Post by omenRoo »

Kuroboy wrote: 14 Aug 2017, 20:01 Halo om, nama ane Kuroboy, salken om


Review nya mantap om, cukup menggambarkan suasana di dalam mobil saat perjalanan lama & jauh. Bokap ane ada rencana ganti mobil hariannya, Nissan Joke. Berhubung uda berumur 4 tahun, ada rencana ganti mobil cilik buat dalkot. Yang pasti mobil bakalan sering pake baik ngebut (Bandung masih bisa rada geber dikit kalo pagi hari biasa hehehe) maupun macet2an (weekend di Bandung macetnya 11 12 kaya di Jekardah, maklum isinya plat B semua disini :big_cry: ) bisa diisi 4 orang (5 orang paling banyak) ato dipake buat bawa barang proyek (kabel gulung, lampu, dll). Kebetulan sekeluarga pada naksir VaWe Polo setelah ane racunin. :upss: Yang mau ane tanyain:

1. Apa mobil ini termasuk badak alias tahan banting buat dipake harian di jalanan Indo ini? *fyi di beberapa daerah pasti bakal lewat jalan offroad batu ato berlubang. Gimana kaki2nya? Plus gimana soal mesinnya kalo dipake macet2an panas2an plus bawa barang, apa tahan banting?

2. Gimana FC dalkot buat dipake macet2an kecepatan rata2 10 Km/h ato mungkin bisa idle selama 5 menit terus merayap sejauh 100m selama 30 menit.

3. Apakah mobil ini "oprek" able? Khususnya soal audio. Kalo bisa rencana mau pasang soundsystem variasi yang ada di Juke (pasang subwoofer, tweeter, mid bass, power, capacitor bank, yang penting head unit ganti pake single din yang ada)

Itu dulu om. Maaf banyak banget pertanyaannya :big_slap: kalo ada yang kurang tambahin aja om :big_okay:

salken om Kuroboy.. saya coba jawab berdasarkan pengalaman saya pake aja ya...

1&2 gabung aja ya..
sejauh ini odo udah 20rb kilometer. sudah pernah macem2 medan dilewatin, jalan mulus, berlubang, batu2 juga pernah. offroad ringan di lumpur juga pernah. sampe sekarang kaki2 gak ada keluhan apa2. gak bunyi2, gak ada rattle. masih enak aja dipakenya. kejebak macet pernah di lembang, 800m ditempuh dalam waktu satu jam lebih... parah banget.. waktu itu MID nunjukin 1L/4KM. pemakaian gw sejauh ini paling boros 1:10 dgn gaya bejek2 (full to full). kebetulan gw gak suka macet2an dan selalu menghindari macet. tapi yg buat beda dari mobil jepang yg pernah gw pake, ini mobil kalo dalam kondisi idle, AC otomatis, masih enak, gak panas-dingin. pokoknya konsisten deh suhu kabin dan hembusan anginnya. bawa barang sampe bagasi full pernah, penumpang full pernah. dalam kondisi tersebut gak bikin susah buat nyalip2 karena bantuan turbonya. tahan banting atau nggak? gak tau... silakan dinilai sendiri

3. gak ngerti otak atik mobil.. krn gw aliran mobil standar aja. udah cukup buat kuping gw.. hehe
Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: 27 Jan 2017, 21:35

Re: User Experience: VW Polo 1.2 TSI 2016 (Polo 6R/MK5)

Post by Kuroboy »

1704MX wrote: 15 Aug 2017, 12:18
Kuroboy wrote: 14 Aug 2017, 20:01 Halo om, nama ane Kuroboy, salken om


Review nya mantap om, cukup menggambarkan suasana di dalam mobil saat perjalanan lama & jauh. Bokap ane ada rencana ganti mobil hariannya, Nissan Joke. Berhubung uda berumur 4 tahun, ada rencana ganti mobil cilik buat dalkot. Yang pasti mobil bakalan sering pake baik ngebut (Bandung masih bisa rada geber dikit kalo pagi hari biasa hehehe) maupun macet2an (weekend di Bandung macetnya 11 12 kaya di Jekardah, maklum isinya plat B semua disini :big_cry: ) bisa diisi 4 orang (5 orang paling banyak) ato dipake buat bawa barang proyek (kabel gulung, lampu, dll). Kebetulan sekeluarga pada naksir VaWe Polo setelah ane racunin. :upss: Yang mau ane tanyain:

1. Apa mobil ini termasuk badak alias tahan banting buat dipake harian di jalanan Indo ini? *fyi di beberapa daerah pasti bakal lewat jalan offroad batu ato berlubang. Gimana kaki2nya? Plus gimana soal mesinnya kalo dipake macet2an panas2an plus bawa barang, apa tahan banting?

2. Gimana FC dalkot buat dipake macet2an kecepatan rata2 10 Km/h ato mungkin bisa idle selama 5 menit terus merayap sejauh 100m selama 30 menit.

3. Apakah mobil ini "oprek" able? Khususnya soal audio. Kalo bisa rencana mau pasang soundsystem variasi yang ada di Juke (pasang subwoofer, tweeter, mid bass, power, capacitor bank, yang penting head unit ganti pake single din yang ada)

Itu dulu om. Maaf banyak banget pertanyaannya :big_slap: kalo ada yang kurang tambahin aja om :big_okay:

salken om Kuroboy.. saya coba jawab berdasarkan pengalaman saya pake aja ya...

1&2 gabung aja ya..
sejauh ini odo udah 20rb kilometer. sudah pernah macem2 medan dilewatin, jalan mulus, berlubang, batu2 juga pernah. offroad ringan di lumpur juga pernah. sampe sekarang kaki2 gak ada keluhan apa2. gak bunyi2, gak ada rattle. masih enak aja dipakenya. kejebak macet pernah di lembang, 800m ditempuh dalam waktu satu jam lebih... parah banget.. waktu itu MID nunjukin 1L/4KM. pemakaian gw sejauh ini paling boros 1:10 dgn gaya bejek2 (full to full). kebetulan gw gak suka macet2an dan selalu menghindari macet. tapi yg buat beda dari mobil jepang yg pernah gw pake, ini mobil kalo dalam kondisi idle, AC otomatis, masih enak, gak panas-dingin. pokoknya konsisten deh suhu kabin dan hembusan anginnya. bawa barang sampe bagasi full pernah, penumpang full pernah. dalam kondisi tersebut gak bikin susah buat nyalip2 karena bantuan turbonya. tahan banting atau nggak? gak tau... silakan dinilai sendiri

3. gak ngerti otak atik mobil.. krn gw aliran mobil standar aja. udah cukup buat kuping gw.. hehe

Kalo DSG nya (banyak isyu tentang barang yg 1 ini) nya pernah ada gangguan ga om? Pengen tau sih apa Polo terbaru masih gini ato ngga


Kalo kualitas audionya sndiri kalo dirasa2in, enak mana sama mobil2 sejenis?
:frm_snipper: :snipersmile:
User avatar
omenRoo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 733
Joined: 26 Apr 2009, 23:30

Re: User Experience: VW Polo 1.2 TSI 2016 (Polo 6R/MK5)

Post by omenRoo »

Kuroboy wrote: 15 Aug 2017, 12:56

Kalo DSG nya (banyak isyu tentang barang yg 1 ini) nya pernah ada gangguan ga om? Pengen tau sih apa Polo terbaru masih gini ato ngga


Kalo kualitas audionya sndiri kalo dirasa2in, enak mana sama mobil2 sejenis?
sejauh ini gak pernah bermasalah dgn DSG. cukup servis rutin aja per 10rb km.
dibanding yaris gw dulu sih jauh lebih enak audionya Polo.
Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: 27 Jan 2017, 21:35

Re: User Experience: VW Polo 1.2 TSI 2016 (Polo 6R/MK5)

Post by Kuroboy »

1704MX wrote: 15 Aug 2017, 13:17
Kuroboy wrote: 15 Aug 2017, 12:56

Kalo DSG nya (banyak isyu tentang barang yg 1 ini) nya pernah ada gangguan ga om? Pengen tau sih apa Polo terbaru masih gini ato ngga


Kalo kualitas audionya sndiri kalo dirasa2in, enak mana sama mobil2 sejenis?
sejauh ini gak pernah bermasalah dgn DSG. cukup servis rutin aja per 10rb km.
dibanding yaris gw dulu sih jauh lebih enak audionya Polo.
Noted. Segera meluncur ke dealer VaWe terdekat di kota Bandung. Makasi bwt infonya om :big_deal:
:frm_snipper: :snipersmile:
User avatar
r12qiSonH4ji
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 755
Joined: 17 Jul 2014, 12:10
Location: Mampang Prapatan
Daily Vehicle: Gerobak sayur

Re: User Experience: VW Polo 1.2 TSI 2016 (Polo 6R/MK5)

Post by r12qiSonH4ji »

Kuroboy wrote: 15 Aug 2017, 13:27

Noted. Segera meluncur ke dealer VaWe terdekat di kota Bandung. Makasi bwt infonya om :big_deal:
Om Kuro, newbie mau kasih saran aja. klo masalah DSG jangan takut rusak, itu cuman adaptasi doang di Single cluth dan Double Clutch. nanti pas udh nyetir sehari2 pasti ngerti triknya.
mengenai DSG bermasalah pun jangan takut om, soalnya VW bisa menggaransi selama 5 tahun dengan cara "Good Will VW" dgn syarat harus sering ke beres dan tidak di Chip Up.

Silahkan dicoba, anda akan ketagihan
:mky_01:
---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------
Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: 27 Jan 2017, 21:35

Re: User Experience: VW Polo 1.2 TSI 2016 (Polo 6R/MK5)

Post by Kuroboy »

r12qiSonH4ji wrote: 15 Aug 2017, 13:51
Kuroboy wrote: 15 Aug 2017, 13:27

Noted. Segera meluncur ke dealer VaWe terdekat di kota Bandung. Makasi bwt infonya om :big_deal:
Om Kuro, newbie mau kasih saran aja. klo masalah DSG jangan takut rusak, itu cuman adaptasi doang di Single cluth dan Double Clutch. nanti pas udh nyetir sehari2 pasti ngerti triknya.
mengenai DSG bermasalah pun jangan takut om, soalnya VW bisa menggaransi selama 5 tahun dengan cara "Good Will VW" dgn syarat harus sering ke beres dan tidak di Chip Up.

Silahkan dicoba, anda akan ketagihan
:mky_01:
Kalo uda lewat garansi gitu gimana om? Secara mobil inia bakal dipiara selama bertahun2 :ungg: kalo harga kopling gandanya di berapa ya?
:frm_snipper: :snipersmile:
Herdy999
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: 19 May 2017, 21:39
Location: jakarta utara
Daily Vehicle: Avanza

Re: User Experience: VW Polo 1.2 TSI 2016 (Polo 6R/MK5)

Post by Herdy999 »

imo, 5 thn lumayan puas om pakainya, asal jgn jadi garage queen aja.


Sent from my SM-G610F

User avatar
r12qiSonH4ji
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 755
Joined: 17 Jul 2014, 12:10
Location: Mampang Prapatan
Daily Vehicle: Gerobak sayur

Re: User Experience: VW Polo 1.2 TSI 2016 (Polo 6R/MK5)

Post by r12qiSonH4ji »

Kuroboy wrote: 15 Aug 2017, 15:24
Kalo uda lewat garansi gitu gimana om? Secara mobil inia bakal dipiara selama bertahun2 :ungg: kalo harga kopling gandanya di berapa ya?
Itu ada Program Good Will om, asal sering servis di beres aja aman koq. Bisa gratis penggantiannya,,,,
yg penting sering2 main kesini aja, banyak juga pengguna VW Polo atau Golf disini, jadi bisa berbagi info

:big_okay: :big_okay: :big_okay:
---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------
Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: 27 Jan 2017, 21:35

Re: User Experience: VW Polo 1.2 TSI 2016 (Polo 6R/MK5)

Post by Kuroboy »

r12qiSonH4ji wrote: 15 Aug 2017, 15:36
Kuroboy wrote: 15 Aug 2017, 15:24
Kalo uda lewat garansi gitu gimana om? Secara mobil inia bakal dipiara selama bertahun2 :ungg: kalo harga kopling gandanya di berapa ya?
Itu ada Program Good Will om, asal sering servis di beres aja aman koq. Bisa gratis penggantiannya,,,,
yg penting sering2 main kesini aja, banyak juga pengguna VW Polo atau Golf disini, jadi bisa berbagi info

:big_okay: :big_okay: :big_okay:
Sip om Rizki, kalo kayak oli dlsb nya pake dari bengkel ato beli diluar?
:frm_snipper: :snipersmile:
User avatar
r12qiSonH4ji
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 755
Joined: 17 Jul 2014, 12:10
Location: Mampang Prapatan
Daily Vehicle: Gerobak sayur

Re: User Experience: VW Polo 1.2 TSI 2016 (Polo 6R/MK5)

Post by r12qiSonH4ji »

Kuroboy wrote: 15 Aug 2017, 15:40
Sip om Rizki, kalo kayak oli dlsb nya pake dari bengkel ato beli diluar?
Klo oli bawa dari luar jg gpp, tp klo beli di beres jg menurut ane harga hampir sama aja om, gak terlalu beda jauh. Klo kita beli di beres ya, kesempatan untuk mendapatkan Good Will itu lebih besar.

:big_okay:
---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------
Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: 27 Jan 2017, 21:35

Re: User Experience: VW Polo 1.2 TSI 2016 (Polo 6R/MK5)

Post by Kuroboy »

17Herdy wrote: 15 Aug 2017, 15:32 imo, 5 thn lumayan puas om pakainya, asal jgn jadi garage queen aja.


Sent from my SM-G610F
Intinya ini mobil harus perang tiap hari ya? Punya om Herdy uda berapa Km? :big_think:
:frm_snipper: :snipersmile:
Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: 27 Jan 2017, 21:35

Re: User Experience: VW Polo 1.2 TSI 2016 (Polo 6R/MK5)

Post by Kuroboy »

r12qiSonH4ji wrote: 15 Aug 2017, 16:03
Kuroboy wrote: 15 Aug 2017, 15:40
Sip om Rizki, kalo kayak oli dlsb nya pake dari bengkel ato beli diluar?
Klo oli bawa dari luar jg gpp, tp klo beli di beres jg menurut ane harga hampir sama aja om, gak terlalu beda jauh. Klo kita beli di beres ya, kesempatan untuk mendapatkan Good Will itu lebih besar.

:big_okay:
Servis 1 sama 10 rb dikasi oli gretong ngga om? OEM VW ya? Di kisaran brp hrganya?
:frm_snipper: :snipersmile:
Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: 27 Jan 2017, 21:35

Re: User Experience: VW Polo 1.2 TSI 2016 (Polo 6R/MK5)

Post by Kuroboy »

Halo suhu suhu semua disini. Ane izin lapor tes kendara tadi siang ya. Siapa tau bisa nambah referensi akan mobil ini.

*maaf ga ada gambar/ foto karena ukuran gambar yang terlalu besar. :big_sorry:

Hari ini, 17 Agustus 2017 adalah tanggal merah di kalender karena bertepatan dengan hari Kemerdekaan RI ke 72. Selamat ultah buat RI. Poin yang ingin ane sampaikan disini adalah ternyata ada juga sales/ marketing yang rela waktunya diambil buat nemenin ane tes kendara mobil ini. Ya, sebuah VW Polo 1.2 TSI tahun 2016. Dan yang lebih mengejutkan lagi, sang sales menawarkan diri untuk ane bisa menguji mobil tersebut langsung di rumah ane dengan jalur semau ane sepuasnya. Wow, hari libur gini, ada sales yang mau jatah liburnya dipotong demi ane bisa tes kendara mobil ini hari ini, dan ini bukan sebuah mobil kebanyakan yang laku di pasaran. It's a VolksWagen, which is a prestige and a giant automobile brand in the world yang tadinya saya kira, sales mobil ini pasti sama jual mahalnya bahkan mungkin lebih jutek melihat perawakan ane yang ga begitu necis (celana pendek, kaos doang, sendal jepit, keliatan dari foto profil WA ane). Eh ternyata ane di HUT RI ke 72 ini dihadiahi tes kendara VW Polo 1.2 TSI 2016 langsung dianter kerumah ane. Oke let's cekidot


Desain

Ya, desain adalah pendapat subyektif yang dimiliki tiap orang. Mayoritas orang dirumah termasuk ane, bilang mobil ini cakep banget, manis rupawan depannya, tapi belakangnya cenderung kalem, kurang menggairahkan. Tapi ga papa, belum masuk ke tataran jelek. Dan 1 kalimat yang muncul kompak waktu liat mobil ini pertama kali: KECIL BANGET MOBILNYA, PENDEK LAGI :big_chicken: mana ban juga cuma ring 15 ban 185 :big_chicken: jadi kecil banget kurang nampang dan model peleknya kurang menarik, murahan, ban nya juga pake merk Apollo. Jadi iri sama Chevrolet Trax yang pake ban Conti Premium :mky_05: sales nya bilang bisa dikasi pelek 16 dari dealer. Pake pelek apa ya kira2 :big_think:

FYI, kalo nanti ane jadi minang mobil ini, unit yang didapet bukan lagi seri 1.2 TSI namun menjadi 180 TSI. Angka 180 merupakan penanda bahwa Polo tersebut merupakan seri ber torsi 180Nm (di brosur2 saat ini tertulis maks. torsi diangka 175). Kebetulan unit yang ane tes adalah Polo seri 1.2 TSI. Bedanya apa aja? Antara lain head unit pakai yang touchscreen milik Golf Mk.7, tambahan arm rest depan, rear blower yang diletakan dibawah seperti milik Nissan Grand Livina, tambahan aero body kit & striping ala ala Yaris TiArDi Sportivo, sisanya SAMA).


Kita semua langsung masuk ke mobil. Ane posisi di belakang jadi penumpang, sengaja ane biarkan bokap ane yang nyetir buat jadi ratjoen biar jadi ngambil mobil ini. FYI, tinggi ane 184 cm duduk di belakang, dengkul ane mentok mesra sama jok depan, nempelll banget. Sementara nyokap ane dengan tinggi 160an krg, masi ada sisa. Gimana dengan head room? Secara mengejutkan, ternyata masih ada sisa kurleb 15 cm an buat kepala ane. Buat nyokap ane headroom masi nyisa banyak. Bisa gitu karena kontur kursi belakamg yang rada menurun tapi ga buat kita berasa jongkok. Mengejutkan karena secara desain mobil ini mungil tapi dalemnya ternyata ga sesempit itu kalo uda masuk, beda sama Juke ane, keliatan gede dari luar tapi ternyata sempit di dalemnya. :big_exellent:

Emang bener. Dalemnya beneran kayak mobil awal taun 2000an, semuanya plastik kulit jeruk mulai dari dasbor depan sampe plastik ruang belakang. Keliatan jadul banget, berasa naik Polo akhir taun 90an :big_chicken: ada semacam krom dan lis black piano di bagian transmisinya. Setirnya juga mewah berkualitas, ada lis black piano plus soft touch di bagian klaksonnya. Jomplang banget sama kualitas bagian lainnya. Biar keliatan murah, bosenin & jelek, tapi plastik2 ini ternyata solid, kokoh & sambungannya rapi :big_exellent: meter cluster nya juga rapi, mudah terbaca dan khas Eropa, hitam, plain, membosankan, secara full analog, jarumnya berwarna merah. MID nya lumayan komplit, info yang tersaji antara lain suhu temperatur mesin, temperatur luar, konsumsi BBM rata2 (disitu tercatat 9km/l) dan teririt yang pernah dihasilkan (tercatat 10.9 km/l), lama berkendara, top speed yang pernah dicapai (tercatat 239 Km/h :big_chicken: ), voltase aki, jarak tempuh berdasarkan sisa BBM. Cukup lengkap :big_okay:

Kenyamanan

Rute yang diambil saat tes kendara kali ini adalah sekitaran rumah ane di jalan Sariwangi Asri daerah Cihanjuang, Bandung - Gumil - Setraduta - tol Pasteur keluar Baros - masuk Cimahi - lewat Cibaligo - blok C - langsung ke HokBen Setiabudhi karena pas makan siang - balik ke rumah. FYI, jalan daerah rumah ane itu jalannya off road, cocok buat tes keempukan, bantingan suspensi sampe buat dengerin bunyi2an aneh karena pasti mobil ini bergoyang & bergoncang. Bisa cek google map jalan Sariwangi Asri, Cihanjuang, Bandung.

Mobil ini ternyata punya peredaman guncangan yang baik, bahkan cenderung sangat baik, karena ane sekeluarga ga mantul2 apalagi kebanting lewat jalan komplek. Tapi ada 1 keanehan: di semua lis pintu depan belakang kompak bunyi krrtt krrttt macem gesekan karet gitu. Sales bilang itu karena chassis nya rigid ditambah shock breaker nya yang keras. Okelah..... tapi, ga ada bunyi getar berisik di plastik2nya padahal mobil ini uda 7500km on Odometer dan uda jalan setaun setengah. Ini mobil cape, sering dibanting pas uji kendara, tapi plastiknya masih kokoh. Salut :big_exellent: sayang jok mobil ini masih berbahan beludru yang rawan kotor dan belel kalo uda lama :big_bored: kalo uda dikasi kulit, pasti ok.

Nyalakan mesin dan grenggg.... suara garing pun terdengar khas mesin 3 silinder. Tapi, ini 4 silinder loh. Sayang suaranya ga bisa lebih halus lg :mky_05: Saat jalan, kekedapan mobil ini cukup baik, meskipun beberapa kali suara motor knalpot brong bisa masuk ke kabin dan suara hembusan angin saat jalan di kecepatan 140 Km/h. Suara mesin pun terdengar merdu, bulat, adem, ga ngegerung, enak banget dengernya khas insinyur Jerman. Sayang ga ada suara turbonya. :big_bored: saat lewat jalan bergelombang pun maupun speed trap sebelum lewat perlintasan kereta, ga geter hebat apalagi mantul2, kerasanya cuma trepp trrepp, bener2 diredam dengan baik sama shock breaker nya. :big_exellent: duduk di belakang selama kurleb 2 setengah jam nonstop dalem mobil, ga kerasa pegel ato jemu di bangku belakang yang keliatannya sempit ini (mungkin, ini adalah uji kendara terlama yang pernah ane lakuin. Biasanya maksimal setengah jam, ini sampe 2 jam dari jam 11 sampe jam 3 kurang seperempat sampe rumah. Puas banget dahh :mky_02: )

Suara audionya pun dirasa cukup, bass nya dapet, vocal nya juga jelas sayangnya kurang jernih, clear vocal nya ketutup sama bass nya. Mungkin kalau dipasang tweeter bisa ngebantu mid vocal sama mid bass nya biar makin mantep :big_bored: sejauh ini cukup lah.

Oh iya, head unit mobil ini uda bisa terhubung bluetooth, jadi pas ada telfon masuk, bisa langsung dijawab via tombol di setir. Ga sengaja hape sales nya ternyata masih kehubung bluetooth jadi sempet kedengeran obrolan antara bos dengan sang sales :wkkk:

AC mobil ini dingin sangat, rasanya ga perlu double blower karena mobil ini kecil dan AC nya uda dingin, posisi di setel di suhu 22°C fan di kecepatan 2 :ngacir: :ngacir: :ngacir: :glodak:

Performa, handling & konsumsi BBM


Ane sengaja biarin bokap ane yang nyetir biar keratjoenan Das Auto aus Deutschland ini :upss: impresi 100 meter pertama: ENAK BANGET, GAK AJRUT2AN NI MOBIL. Pas dipake nanjak di daerah Ciwaruga sana, kita sekeluarga kompak bilang: KENCENG BANGET. Jujur, mobil ini tarikannya nampol jiwa, mantap soul kali mobil ini tarikannya :mky_04: handling pengendaraan mantap, minim blindspot meskipun ni spion kecil banget kayak pegangan wajan, rada nyusahin pas parkir :mky_05: Sisanya :big_okay:

Mobil ini gesit, sesuai ukurannya, mungil jadi bisa selap selip macem di film Italian Jobs yang pada pake Mini Cooper, tapi ini lebih mini lagi (dari segi ukuran maupun harga) :big_grin: saat di tol, mobil ini gampang banget sampe angka 160 Km/h dan itu ada di RPM 2000an. Waw, pantes mesinnya kalem banget padahal uda digeber di kecepatan segitu. Dan itu masi banyak nafasnya buat sampe peak power nya hingga red line di angka 6000an. Oh iya, itu posisi persneling di D, bukan manual maupun di S. Kestabilan mobil ini di kecepatan tinggi juga uda lebih dari cukup untuk mobil seharga 250an juta ini. Very precision & perfectly engineered yet affordable to be owned. Rasanya kayak nyetir mobil yang jauhhh lebih mahal harganya di kelas hatchback ini. :big_exellent:


Gitu masuk kemacetan Cimahi pas RS Dustira sampe daerah alun-alun Cimahi, ga ada kerasa ndut-ndutan khas DCT tranny, perpindahan tetap halus di rentang RPM 2000. Engine brake nya cukup terasa, jadi lumayan aman lah :big_okay: masuk lagi ke daerah blok C yang sempit, mobil ini bisa selap selip dengan mudah (tanpa bahayain orang tentunya :big_grin: ) hingga akhirnya meluncurlah kita ke Hokben Setiabudhi. Sisanya ane yang nyetir dan ane nyetir santai :big_grin: feeling steer nya mantep, gesit dan sangat bertenaga untuk mesin & mobil seukuran LCGC :mky_02: FYI, mobil ini pake oli Castrol (kemungkinan Edge) dan tersedia di BeRes dan bensin rekomendasi RON 95 or higher.

Pengereman mobil ini baik, bahkan sangat baik padahal rem belakang masih tromol. Cukup untuk harian, tapi kurang oke kalo buat speed freak :big_bored: andai aja dikasi rem cakram, pasti :big_okay:


Kesimpulan



Bokap ane tanpa ba bi bu langsung bilang: UDAH AMBIL MOBIL INI AJA. ENAK BANGET MOBILNYA BUAT DALEM KOTA :big_deal: Kalimat tersebut dirasa cukup menggambarkan hasil akhir uji kendara mobil ini :mky_08: Mission accomplished, ane berhasil ratjoenin bokap ane buat ambil mobil ini buat gantiin Juke dirumah :mky_07:

FYI, selama GIIAS berlangsung, VW Indonesia kasi harga spesial diangka 251 jt OTR Bandung. Dimanapun anda beli unit VW ini, akan dikasi harga spesial layaknya di event GIIAS. Jadi ga perlu jauh2 ke BSD :mky_02: Unit yang nanti diterima adalah 180 TSI. Harga tersebut sudah termasuk aero body kit ori VW seharga 5 juta selama persediaan masih ada, kaca film huper optik (kalo mau ganti VKool clear 40% nambah 5 jutaan), gratis servis + oli untuk 10k Km (tidak ada batasan bulan, hanya dipatok Km), biaya BBN, ompang selama sebulan, garansi mesin 2 taun, garansi DSG 5 taun dan anti karat selama 12 taun. Bisa sekalian dipesankan jok kulit asli merk Alcantara yang nambah biaya senilai 16 juta. Harga diatas masih bisa di nego. Tersedia warna putih, hitam, grey, merah. Untuk warna lainnya bisa pesan tapi nunggu 4 bulan :mky_04:


Sekian laporan uji kendara ane, maaf kalau ada kata2 yang kurang pas ato mungkin kepanjangan. Ini semua murni dari hati ane dan dijabarkan sekomprehensif mungkin :big_blushing: big thanks to VW New Champion Motor Bandung. Uda kasih waktu buat uji kendara kali ini :big_deal:
:frm_snipper: :snipersmile:
iwansiagian
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 344
Joined: 12 Jan 2008, 19:45
Location: Bekasi
Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019

Re: User Experience: VW Polo 1.2 TSI 2016 (Polo 6R/MK5)

Post by iwansiagian »

Sales vw di jakarta juga memang pada mau kok antar mobil Test drive ke rumah. Dan mereka kayak nya memang tau sih orang harus cobain dulu mobil nya, sesudah ngerasain baru appreciate dsg+turbo nya
Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: 27 Jan 2017, 21:35

Re: User Experience: VW Polo 1.2 TSI 2016 (Polo 6R/MK5)

Post by Kuroboy »

iwansiagian wrote: 17 Aug 2017, 21:27 Sales vw di jakarta juga memang pada mau kok antar mobil Test drive ke rumah. Dan mereka kayak nya memang tau sih orang harus cobain dulu mobil nya, sesudah ngerasain baru appreciate dsg+turbo nya ImageImage
Ngga biasanya om, kemaren ane TD Chevy TB juga harus dateng ke dealer. Mungkin karena jauh juga sambil bawa mobil segede gaban :mky_07: tapi, dealer VW itu juga kebetulan masih satu jalan kepisah 1 lampu merah dan orangnya mau nganterin. Pertama kali dapet pengalaman kaya gt :mky_03: emang, pas di telpon dibilang cba tes di tol, hahahaha :big_love:
:frm_snipper: :snipersmile:
User avatar
omenRoo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 733
Joined: 26 Apr 2009, 23:30

Re: User Experience: VW Polo 1.2 TSI 2016 (Polo 6R/MK5)

Post by omenRoo »

OTR 251jt? lah kok turun harga nih mobil... wkwkwkwk.. mana dia udah ganti HU dan ada armrest.. jadi bikin sakit ati..

imho pake add on malah keliatan norak dan bikin gondrong gak jelas. soal bahan jok, di iklim kita lebih cocok pake fabric kalo soal kenyamanan. lebih adem buat punggung
Post Reply