Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by qushay20019 »

lemonadelovers wrote: Thu May 09, 2019 12:39 Gampang om, liat aja mobil display d dealer lihat peneng/ plat yg dirivet d body mobil foto/catet beres dah
Bener juga ya om, thx sarannya :big_exellent:
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by Winz »

Iqbalnugraha wrote: Thu May 09, 2019 8:56
Winz wrote: Thu May 09, 2019 8:37

Pakai Sticker aja, om, minim Oracal 651 atau di atasnya
Udah coba pakai sticker yg motif carbon, bertahan hampir 1 tahun.. terus warna dan teksturnya mulai berubah.. skrg lagi saya pakai plastidip yang blackmatte. Tapi naksir juga sama grill yg baru mirip jazz GK5 ini. hehe
Oh, klo yang carbon2an gitu memang kurang awet

Model Black Gloss atau Black Doff biasa awet sekali

Ini saya pakai sticker grill uda setahunan masih bagus
Fertille
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Mon Dec 24, 2018 11:29

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by Fertille »

qushay20019 wrote: Wed Feb 27, 2019 3:52 Update lagi ah, 2 years & 2 months:

Sekarang BRV ane minumnya pertalite aja + racun Redline CFSC, dosis 50an cc (kira2 1 jari) tiap 1/2 atau full tangki. Ane itung2 cost total per km masih lebih murah daripada minum pertamax tok. Dengan kondisi demikian, FC 1:11 smp 1:12 rute campur.
Tekanan ban akhirnya ane samain dgn standar pabrik, 32 dpn 30 blk krn suspensi rasanya terlalu keras kalo ane isi angin lebih dari itu. Ada niat sih pengen ganti Mich Primacy 4ST ato Yoko Advan DB, tapi Dunlpop bawaan pabrik masih muda banget meski udah ada tambalan.

Switch pengatur sumber udara AC yang patah juga pengen ane ganti, tp setelah tanya di beres, harus pesen 1 set cover area AC seharga 3jutaan belum ongkos pasang. Jadinya mikir2 dulu deh. F8ED58B7-C3FC-4F3A-936C-C3E37914AF2E.jpeg

Ane juga rencana pasang peredam spakbor & firewall yg katanya dilipat2 itu trus diselipin di ruang2 kosong. Liat dari harga topednya sih lumayan terjangkau kayaknya, cuman ane harus nyari bengkel di area Makassar & skitarnya yg mau pasangin.

Mesin & transmisi sih masih lancar jaya, AlhamduliLlah, soalnya ane ganti oli selalu ikut bulan. Oli MT pun udah ganti. Tapi biarpun oli transmisi baru, rasa pindah giginya masih jauh lebih enak di City VTEC jadul ane, :mky_04:
Oli mesin sama transmisi pake apa om?
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by qushay20019 »

Fertille wrote: Fri May 10, 2019 15:03 Oli mesin sama transmisi pake apa om?
Bawaan Honda semua kok om, soalnya masih ikut paket cermat yg dibeli pas angkut mobilnya dulu. Oli mesinnya pake 5W-30 (e-pro blue) sama oli MT Honda
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by qushay20019 »

Update 3.5 years of owning experience:

Mo berbagi pelajaran dari kesalahan ane pasang peredam butyl rubber di pintu2. Kalo pasang beginian, JANGAN di pintu bagasi. Kalopun pasang, jangan di seluruh panel dalam sampe nutupin baut2, kabel, terminal2, dll. Dikit aja, di panel sisi luar yang betul2 polos. Soalnya di BRV ane, pintu bagasi ini jadi berat banget krn instalaturnya masang di seluruh outer panel (pelat yg jadi kulit pintu bagasi) DITAMBAH di inner panel pintu (persis di balik doortrim). Ujung2nya pintu bagasi jadi berat banget & hidrolik pintu bagasi jadi gak kuat ngangkat. Hampir aja ane menambah kesalahan bodoh dengan mengganti hidrolik bagasi yang gak salah apa2. Ini ane sadari waktu mau ganti lis krom di pintu bagasi.
lis krom cacat.jpg
Itu lis krom gak tau kena apa jadi codet gitu, mungkin pas mundur kena sesuatu.

Sekitar taun lalu ane minta dicat waktu beres tapi dibilangnya harus ganti lis sekalian. Mungkin krn gak ada stok cat krom ato mungkin beres mo cari cuan suruh ganti satu lis :big_dunno: . Ane males dong ditodong gitu, jadi pending dulu deh.

Tapi setelah berbulan2 kok mata gak enak mulu liatnya tiap kali ke arah situ, jadi akhirnya ane pesen lis yg orinya di trusted seller di toko ijo gara2 nganggur masa karantina. Ane iseng pasang sendiri tadi sore. Naah, pas pasang kan harus buka doortrim bagasi nih, eh posisi baut2 & lubang klipnya ketutupan sama butyl rubber 2 lapis. Jadi ane buang tuh semua yg di inner panel sama sebagian besar yg di outer panel. Ane timbang ada 2,5 kg hasil diet pintu bagasi. Alhasil, hidrolik bagasi jadi normal lagi deh, gak meleyot turun kayak sebelumnya. Lis kromnya juga udah mulus lagi kek K-pop artis :upss:

Satu lagi kesalahan bodoh ane gara2 urusan butyl rubber ini. Jadi sempet baca2 kalo mau BRV empukan, pasang per mobilio di 4 sisi, katanya plug and play. Jadi ane gantilah pernya 1 set full. MASALAHNYA, berat bodi mobil ane kan udah gak standar lagi akibat adanya butyl rubber itu. Nah kombinasi maut antara bodi berat + per mobilio bikin rebound suspensi jadi kacau. Ane mabok pas nyetir dengan per mobilio ini. Jadiiii, kalo mo pilih metode meng-empukkan BRV ente, pilih 1 aja, jangan campur acakadut macam ane :big_slap: Yang jadi korban adalah shock breakernya jadi mati. Akhirnya pasang per BRV lagi sama ganti shock depan. Ane minta ganti shock belakang sekalian tapi katanya belum bocor. Ya sukur dehh... :ungg:

Di sisi lain, ane udah ganti panel kontrol AC yang tuas penggesernya patah ketendang baby ane. Mahal & sulit nih pengerjaannya. Mahal krn harus ganti 1 panel (3.5 juta barang doang di luar jasa). Sulit krn harus buka dashboard, trus ane harus bolak balik beres gara2 kabel yang menghubungkan tuasnya & katup udaranya keselip mulu di dalam dashboard, jadi udara luar masuk mulu meskipun tuas udah digeser full ke arah resirkulasi. Setelah 3 kali ke beres, baru beres beneran :big_slap:

Update terakhir, paket cermat 3 taun ane abis pas Des 2019 kemarin, jadi skarang pake oli sendiri. Ane splurge pake Amsoil SS 5W-30, rencana buat setaun.

Udah segitu dulu deh. Nanti update lagi kalo ada ksotoyan ane lagi yg penting buat dihindari di BRV ente2 :big_peace: :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
joniver
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Wed Jan 08, 2020 4:28

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by joniver »

Brv skrg deker talang air nya masi netes ga klo buka kaca bis hujan?
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by qushay20019 »

joniver wrote: Wed May 27, 2020 15:42 Brv skrg deker talang air nya masi netes ga klo buka kaca bis hujan?
Masih kayaknya, soalnya di brv facelift gak ada perubahan desain roof rail
fikrebi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Mon Jun 13, 2016 14:47

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by fikrebi »

Om pasang peredam apa ada perubahan kekedapan kabin? Terutama road noise nya
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by qushay20019 »

fikrebi wrote: Sun May 31, 2020 7:16 Om pasang peredam apa ada perubahan kekedapan kabin? Terutama road noise nya
Road noise yg dari ban tetap ada om, kayaknya harus pasang peredam di dalam spakbor kalo masalah ini.

Tapi noise yg lain2, macam engine noise, ambient noise sangat jauh berkurang. Waktu dari dealer kesan ane nih mobil bunyi mesinnya kayak panter. Setelah pasan karet balon, butyl rubber, sama peredam kap mesin, udah gak ada kesan itu
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by evanbngdor »

qushay20019 wrote: Mon Jun 01, 2020 5:25
fikrebi wrote: Sun May 31, 2020 7:16 Om pasang peredam apa ada perubahan kekedapan kabin? Terutama road noise nya
Road noise yg dari ban tetap ada om, kayaknya harus pasang peredam di dalam spakbor kalo masalah ini.

Tapi noise yg lain2, macam engine noise, ambient noise sangat jauh berkurang. Waktu dari dealer kesan ane nih mobil bunyi mesinnya kayak panter. Setelah pasan karet balon, butyl rubber, sama peredam kap mesin, udah gak ada kesan itu
Memang butuh effort agak besar untuk bikin BRV ini senyap. Pernah ngeliat di workshop installer audio, ada BRV yg pasang peredam full body itu sampe 70 lembar peredam, mulai dr spakbor, lantai, rongga pintu, firewall, atap, dll.
:mky_05:

Itu pun juga tetep mesti dikombinasiin sama ban yg senyap juga sih. Dan hasilnya sih emang senyap, ya mirip-mirip sama CRV RM lah
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by qushay20019 »

evanbngdor wrote: Mon Jun 01, 2020 7:10 Memang butuh effort agak besar untuk bikin BRV ini senyap. Pernah ngeliat di workshop installer audio, ada BRV yg pasang peredam full body itu sampe 70 lembar peredam, mulai dr spakbor, lantai, rongga pintu, firewall, atap, dll.
:mky_05:

Itu pun juga tetep mesti dikombinasiin sama ban yg senyap juga sih. Dan hasilnya sih emang senyap, ya mirip-mirip sama CRV RM lah
Kalo ane gak di atap soalnya gak terlalu merasa terganggu sama rain noise. Cuman kayaknya emang perlu ganti ban yg senyap sama pasang peredam spakbor. Bannya masih tebel banget, maklum jarang dipake; umur 3,5 taun belum nyampe 21rb km :big_peace:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by evanbngdor »

qushay20019 wrote: Mon Jun 01, 2020 8:04
evanbngdor wrote: Mon Jun 01, 2020 7:10 Memang butuh effort agak besar untuk bikin BRV ini senyap. Pernah ngeliat di workshop installer audio, ada BRV yg pasang peredam full body itu sampe 70 lembar peredam, mulai dr spakbor, lantai, rongga pintu, firewall, atap, dll.
:mky_05:

Itu pun juga tetep mesti dikombinasiin sama ban yg senyap juga sih. Dan hasilnya sih emang senyap, ya mirip-mirip sama CRV RM lah
Kalo ane gak di atap soalnya gak terlalu merasa terganggu sama rain noise. Cuman kayaknya emang perlu ganti ban yg senyap sama pasang peredam spakbor. Bannya masih tebel banget, maklum jarang dipake; umur 3,5 taun belum nyampe 21rb km :big_peace:
Ban meskipun tebel tp kalo udah menginjak usia 5 tahun nanti sih alangkah baiknya diganti baru aja om, sekalian pake ban yg senyap
:big_grin:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by qushay20019 »

evanbngdor wrote: Mon Jun 01, 2020 9:39
Ban meskipun tebel tp kalo udah menginjak usia 5 tahun nanti sih alangkah baiknya diganti baru aja om, sekalian pake ban yg senyap
:big_grin:
Sip, thanks sarannya om. Nabung dulu :big_childish: