[Review] KIA Sedona mengulang legenda

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
vim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2079
Joined: Fri Jul 25, 2008 8:04
Location: Jakarta Barat

[Review] KIA Sedona mengulang legenda

Post by vim »

Dear All SM-ers,

Menjawab beberapa permintaan, saya yang bukan reviewer mobil ini mencoba untuk me-review mobil di atas ya. Mohon maaf kalo ada banyak kekurangan [emo-yesno] Apabila memungkinkan saya rencana akan membuatkan video review (saat ini baru janji ya om tante hehe). Review ini merupakan pengalaman pribadi saya saja, mungkin teman-teman yang lain bisa memiliki pendapat yang berbeda.

Saya adalah salah satu pecinta KIA Sedona, saat ini saya memiliki 2004 Kia Sedona LS dan 2018 Kia Grand Sedona Ultimate. Saya sengaja menggabungkan review kedua mobil ini menjadi satu topic agar mudah dibandingkan :big_bored: Semoga bermanfaat

KIA Sedona LS 2004 (1st Gen)
  • Mesin Bensin: Petrol Rover KV6 24-Valve Quadcam V6 2500cc, FWD
  • Body/Chassis Structure: Monocoque, Body Color: Royal Blue
  • Performace: 150HP/224Nm @ 4000rpm
  • BBM: Pertamax Turbo, dalkot: 1:9, tank: 75L
  • Comfort: Driver electric seat & lumbar, Captain seat, Ban: Michelin XM2
  • Mileage saat ini: 200rb-an KM. Rawatan Beres: KIA Sunter, KIA BSD & KIA Bintaro
  • Sudah full Overhaul, Shockbreaker semuanya telah ganti baru
Image

Saya merupakan pemilik urutan ketiga, dan saat hunting mobil ini kebetulan saya coba menimba ilmu dan informasi dari para suhu di CSOC, forum internet dsb tentang masalah-masalah yang ada. Waktu yang dibutuhkan sampai dapat unit yang pas di hati kurang lebih 6 bulanan. Saya memilih Sedona dibanding Carnival dengan beberapa pertimbangan berikut:

- Rem tromol belakang sudah menggunakan drum yang besar
- Blok mesin sudah upgrade guna menghindari penyakit blok mesin retak di generasi sebelumnya
- Mesin sudah Euro 3 kalo tidak salah. Konsumsi BBM lebih irit dari generasi sebelumnya
- Kosmetik : warna exterior sudah two-tone

Saat mendapatkan mobil ini saya sudah inspect terdapat masalah di solenoid matic, as roda dan extra van, namun sebelumnya saya sudah check ke Beres KIA Sunter biayanya. Saat ambil mobil langsung masuk ke beres KIA Sunter.

Selama mobil ini menemani keluarga kami, banyak suka duka yang kami alami dari masalah overheat, kompressor AC, Mounting, MAF/IAC dan masalah minor lainnya. Semua saya percayakan perbaikan ke bengkel resmi karena harga sparepart juga menurut saya tidak mahal dan semua terbayar dengan kenyamanan dan ketangguhan mobil ini. Untuk performa di jalan tol, TOP Speed yang pernah saya coba sampai 170-an Km/h, suara Kick Down cukup garang. Salah satu yang membuat saya surprise adalah AC-nya yang 6PK sangat dingin bahkan diterik siang hari, selain itu konsumsi BBM yang irit untuk mesin sebesar itu. Suspensi mobil ini juga sangat nyaman bahkan menurut saya lebih dari MPV mewah di atasnya. Untuk handling, gejala body roll dan bouncing sangat minim, peredaman suara juga baik. Banyak detail di mobil ini yang mungkin tidak terdapat di mobil sekelasnya, seperti adanya chiller udara ke arah kaca samping untuk menghilangkan embun dan adanya push-out cup holder di kursi penumpang tengah.

Untuk interior, jok sudah saya ganti dengan jok kulit Danilo, dan pernah di-detailing oleh Master Poles om Gio. Berikut penampakannya:

Image

Image

Image

Image

Image

Overall, menurut saya mobil ini memiliki impresi yang berbeda dengan kompetitornya dari Jepang dan walaupun banyak caci-maki dan cemooh yang pernah saya terima tentang mobil ini, tidak pernah melunturkan rasa cinta kami sekeluarga terhadap gajah tua ini hehee. Berikut kira-kira besarnya si gajah:

Image

Beberapa kekurangan mobil ini selain brand image:
- Mekanik beres yang menurut saya perlu diimprove skillnya
- Dashboard sedikit rattling setelah mobil terjemur panas terik matahari (windshield menggunakan VKool70)
- Pintu sliding seringkali berat dan kurang presisi (akibat umur)
- Handle pintu sliding yang mudah patah apabila salah teknik membuka pintu


KIA Grand Sedona Ultimate 2018 (3rd Gen)
  • Mesin Bensin: Lambda II MPI 3.3L V6
  • Body/Chassis Structure: AHSS, Body Color: Titanium Brown
  • Performace: 270HP/317Nm @ 5200rpm
  • BBM: Pertamax Turbo, dalkot: 1:9 (belum test full), tank: 80L
  • Comfort: Standard Ultimate feature, Ban: Kumho
Image

Sejak mobil ini launching perdana diluar saya sudah seringkali bertanya ke KIA Motor Indonesia, kapan mobil ini akan masuk ke Indonesia. Informasi yang saya dapat tidak ada yang pasti bahkan saya dapat juga informasi kalo masuk pun akan masuk yang Diesel. Karena Sedona 2nd Gen juga tidak masuk Indonesia, saya anggap versi ini pun mungkin tidak akan hadir di Indonesia, oleh sebab itu saya memutuskan ambil Alphard G tahun 2015. Saat hadir di GIIAS 2016 sudah ada titik terang namun memang harga yang diprediksi agak tinggi, tapi di luar memang harganya juga tergolong tinggi bedanya full feature.

Saat saya memutuskan membeli mobil ini, indent memang tidak lama namun order sudah lumayan bertambah dibanding saat keluar di 2016. Beberapa missing point yang saya rasakan di versi Indonesia ini:
  • Exterior: Grill bukan menggunakan Diamond Grill seperti versi luar
  • Camera hanya reverse Camera, padahal dari tahun lalu versi luar sudah menggunakan Camera 360
  • Layout kursi yang dimasukkan adalah 4 baris bukan 3 baris dengan captain seat+foot rest yang kursi baris ketiga bisa dilipat masuk kedalam rata lantai
  • Tidak ada parking sensor
Satu hal yang menjadi impresi awal mobil ini adalah: EFFORTLESS DRIVING. Saya sudah membawa mobil ini menanjak ke puncak, cruising di tol dan berbagai jalanan rusak, harus saya akui bahwa mengendarai mobil ini sangat-sangat effotless tidak membutuhkan usaha extra. Mau menambah kecepatan, tanpa kick down tinggal injak gas lebih dalam, mau nanjak di tanjakan ular puncak dengan 6 penumpang dewasa & anak2 cukup menyesuaikan pedal gas tanpa ada raungan, mau melewati jalanan rusak juga smooth aja dan suspensi sangat nyaman. Gejala bodyroll di kecepatan tinggi menurut saya minim bahkan lebih terasa rigid, oversteer & understeer jg tidak terasa.

Beberapa kekurangan/unik yang saya rasakan di mobil ini adalah sebagai berikut:
  • Tidak ada sensor parkir depan belakang sehingga kadang menyulitkan pada saat parkir dan jalanan padat
  • Spion tengah tidak dilengkapi Auto-dimming, hanya day/night view saja sehingga terkesan jadul
  • Steering wheel yang agak ringan mungkin pada setting electric power steeringnya ya.
  • Fungsi smart tailgate yang memungkinkan kita membuka tailgate secara otomatis hanya dengan berdiri dibelakang mobil kadang membuat kuatir saat kita tanpa sengaja membawa kunci dan sedang stay di belakang mobil dan otomatis pintu akan terbuka setelah beep warning panjang. Untungnya fungsi ini dapat di nonaktifkan.
Menurut saya, apabila feature kamera 360, auto-dimming rearview mirror, captain seat+footrest, surround parking sensor disematkan kedalam mobil ini maka saya yakin banyak orang akan mempertimbangkan untuk memiliki mobil ini dibanding MPV mewah di atasnya. Diluar malah sudah ada blind spot assist, distronic plus (istilah Merc) bahkan yang versi facelift sudah electronic parking brake.

Berikut foto-foto perbandingan ukuran dan model antara si tua dan penerusnya ya heheh, semoga berkenan:

Image

Image

Image

Image

Secara dimensi, KIA Grand Sedona lebih panjang dan lebar dari Alphard Gen-3 dan Sedona LS. Berikut perbandingannya kira-kira:

Image

Image

Image

Image

Image

Demikian dulu review singkatnya, semoga bermanfaat dan dapat menjadi informasi tambahan bagi teman-teman sekalian hehe.. :big_slap:

:ungg:
User avatar
katumiri
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 226
Joined: Sun Dec 25, 2016 2:18
Location: Jakarta

Re: [Review] KIA Sedona mengulang legenda

Post by katumiri »

Wah sedapnya. Sedona full opt kinyis²
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: [Review] KIA Sedona mengulang legenda

Post by maastricht889 »

Nice review om, plg suka ada komparasi sama sedona gen sebelumnya yg masi dipake om. Itu sedona ls udah jln 200k km masi kaya baru om, bener2 terawat sama sehattttt walafiat :big_okay: . Road presence nya dibanding alphard juga ngga kalah ya om, apalagi kalo orang yang udah bosen liat alphard di jalan.
carl
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Tue Dec 31, 2013 14:57
Daily Vehicle: transjakarta

Re: [Review] KIA Sedona mengulang legenda

Post by carl »

mantap reviewnya om, saya demen nih mobil yang diatas 10 tahun tapi masi kinclong apalagi kalau masih ada stiker-stiker bawaannya...
Dulu pas 2005/2006an pas cari mobil seken saya inget nih Carnival 2000 awal harganya jatoh ke 60/70 jutaan, gara-gara "lemon"nya...

BTW kok Grand Sedona belom ada ac digital + climate control ya? Di deket rumah saya (Tangerang), ada 2 orang pakai Grand Sedona ini, 22 nya WN Korea.. terus di Solo juga ada 1 buah masih plat putih, tapi ya sudah dimodif acak2an (ricer) dg velg bling2, body kit custom.
Demibacareply
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Fri Mar 31, 2017 9:57

Re: [Review] KIA Sedona mengulang legenda

Post by Demibacareply »

Mantap banget penghuni garasinya om
ddyta27
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Sat Dec 28, 2013 14:26

Re: [Review] KIA Sedona mengulang legenda

Post by ddyta27 »

sedonanya maknyus.. disaat yg lain sudah banyak yg masuk junkyard.. yg ini masih mulus kinyis kinyis.. tapi saya kok malah salah fokus ke mobil B1.... buatan amerika itu yah :D

btw itu mesin v6 2500cc sama persis dengan mesin freelander v6. k series by rover..
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: [Review] KIA Sedona mengulang legenda

Post by PRBS »

Kia sedona ls yg terapih dan mint yg pernah saya lihat

:big_exellent: :big_exellent:

Interiornya terlihat masih kencang sekali.. tidak ada unsur pletat pletot.. plus kaca semi-bening yg bikin mobil ini terlihat fresh..

Diluar sana banyak carnival or sedona yg udah diutak atik (kaca film terlalu gelap, stiker2in, velg digedein, non OEM parts) yg udah melipir ke junkyard or penghuni bengkel..

Topnotch om!

(Kok saya malah lebih suka liat sedona ls dibanding versi barunya hehe :mky_01: )
User avatar
bero89
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 196
Joined: Sat Oct 15, 2016 12:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Motor

Re: [Review] KIA Sedona mengulang legenda

Post by bero89 »

Baru aja kemarin nyetirin carnival LS (kelapadua-bogor-jatijajar-ciluengsi-cariu-cibarusa-cibitung-bogor-kelapadua), dimensi & spek mesin g jauh beda kan ya dg sedona ini om?

Impresi yg saya rasain (subjektif, beda kendaraan & beda kondisi langit dan bumi dg sedona ts):
-kagum dg powernya utk menggerakan body segajah
-ac nya dingin
-duduk berjam2 nyaman bgt
-irit, ini heran juga saya, untuk rute yg bermacam2 & lumayan macet2an serta sempat berhenti sekitar 1 jam tanpa mesin mati, total habis bensin 1/2 tengki [emoji7]
-gc lumayan tinggi ternyata, padahal byk lubang meteor cileungsi-jonggol
-sebagai penumpang masih terasa kendaraan melaju kencang, mengurangi kenyamanan
-pintu glodakan

Tapi yah memang nyamannya juara yah bawa mobil segede gitu, yg nyetir jg enak apalagi sudah dihabitatnya (baca: tol)

*maap oot
Tats
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Sun Oct 01, 2017 5:36

Re: [Review] KIA Sedona mengulang legenda

Post by Tats »

Beberapa kali liat new sedona di pameran (ga pernah liat di jalan) jadi ingat van di US
Apalagi liat spec mesinnya makin kerasa usdm van hahaha

Btw si new sedona sebesar itu buat nyetir sendiri ga repot om?
Sy aja gamau lagi nyetir alphard karena terlalu besar buat jalanan indo
Apalagi sekarang cari parkiran makin susah
Lah ternyata ini mobil ternyata lebih besar lagi dari alphard...
aipiesblue
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 298
Joined: Mon Aug 10, 2009 3:01

Re: [Review] KIA Sedona mengulang legenda

Post by aipiesblue »

KIA Sedona LS 2004 malah lbh menarik, kelihatan fresh banget walau udah 14 tahun umurnya dan odo udah 200k.

Lihat sedona baru malah biasa aja, interiornya juga... yah mobil zaman now lah, banyak pencetannya, hahaha.

emang saya lbh suka liat mobil lama, minimalis dan mekanikal.
D03ng90
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Mon Jul 03, 2017 5:47

Re: [Review] KIA Sedona mengulang legenda

Post by D03ng90 »

Nice review.... Penghuni garasi ya mantap semua.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5687
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: [Review] KIA Sedona mengulang legenda

Post by sintoni »

Mantap om komparasinya.

Dulu ortu sempet punya Carnival jg, sering banget mogok pasti ada aja masalahnya kayak elektrikal lah overheat lah terus akhirnya pernah mogok soalnya airnya nyampur masuk ke oli.

Akhirnya dibenerin lgsg dijual.

Abis itu ortu lgsg trauma sama mobil Korea lg.
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1965
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: [Review] KIA Sedona mengulang legenda

Post by alvin23 »

Grand sedona desainnya USDM banget. Seneng juga akhir2 ini mobil di indo banyak yg desainnya ala2 amriki, CRV turbo juga dr depan desainnya amerika banget. mobil apalagi ya yg desainnya mirip usdm.

Gatau napa, nuansa desain amriki menurut saya lbh gagah, kayak Captiva FL saya skrg juga, seneng liatnya. kalo captiva nfl, desainnya bulet2 korea banget wkwk

Sedona LS dulu krg laku karena org banyak trauma di carnival. padahal udah jauh membaik dibanding carnival yg lemon
Rocky R ADS CVT 2021
Satya21
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 317
Joined: Tue Apr 07, 2015 10:34

Re: [Review] KIA Sedona mengulang legenda

Post by Satya21 »

Wuiih bersih banget mobilnya om, seperti mobil baru. MANTAP.
Dari dulu seneng ngeliat mobil lama tapi resik.

Pernah iseng main ke dealer kia, ngeliat grand sedona ini, dalam hati langsung ngucap "ini mobil gede banget kayak elf" hahahaha.
Dipikiran sy, pasti keluarga nyaman sekali kalau naik mobil ini.

Tapi kalau kursi baris ke 4 nya di pakai, cukup utk anak2 aja dan bagasinya jadi sempit ya om?
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: [Review] KIA Sedona mengulang legenda

Post by liemivan86 »

Wah, lihat foto nya jadi kangen sm carnival diesel dulu. Itu mobil enak banget, terlepas dari semua masalah ini itu.

Soal layout tempat duduk Sedona 2018 nya, kalo tidak salah, 2 kursi di belakang itu sengaja ditambahkan supaya bisa masuk klasifikasi commercial vehicle, jadi pajak nya bisa murah. Terus terang saya juga kaget, ada mobil 3.3L V6 harga segitu, ternyata diakali dengan klasifikasi pajak yang lebih murah..

Good strategy Kia!
User avatar
Joehard30
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 315
Joined: Sun Feb 28, 2016 1:28

Re: [Review] KIA Sedona mengulang legenda

Post by Joehard30 »

Sedona jadul nya mantep banget om, kl onderdilnya d beres selalu ready stock masih om, ato kl rusak harus mesen n nunggu beberapa minggu baru sampe?
Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: [Review] KIA Sedona mengulang legenda

Post by martinnn »

Sering liat Sedona mangkrak...yang ini masih maknyus
:big_biglaugh:
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08

Re: [Review] KIA Sedona mengulang legenda

Post by quyquy »

Om, grand sedona yg di indo itu ada brp trim levelnya ya?

versi diesel kok nggak ada ya??

kalo bensin dalkot atau kombinasi gitu apa nggak boros ya?
alicevamps
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Mon May 02, 2016 14:54

Re: [Review] KIA Sedona mengulang legenda

Post by alicevamps »

Dulu waktu awal2 kia masuk, di rumah ada carens dipake mama pake supir. Ga lama papa beli rexton, awal2 masuk jg. Nah karena pertama kali punya mobil korea carens + rexton, ga ada pengalaman mobil rewel yg bikin trauma. Mungkin klo waktu itu belinya carnival atau trajet 2.7 jadi beda ceritanya. Sorry oot.
Karena punya carens jg maka di jalan/tv klo nemu kia atau mobil sejenis jd perhatiin. Nah yg keinget waktu itu jaman sinetron ramadhan doa membawa berkah 2, yg main tamara bleszynski n sepeetinya dia brand ambassador kia karena iklan carnival dibintangi dia, trys mobil2 di sinetron itu yg dia pakai jg kia (selain mercedes n bmw khas sinetron indo). Sempet liat adegan dia pakai carnival versi panjang, karena antara pintu depan n pintu tengah ada jendela lagi. Ga tau itu varian resmi atau ada tipenya.
Belakangan tau jg ada sedona limousine yg antara ruang supir n ruang penumpang ada kaca /sekat yg bisa dubuka tutup, trys kursi belakang cuman 2 n sangat mewah, tapi secara ukuran fisik dilihat dari luar sama aja dengan sedona regular. Masih penasaran aja dengan carnival/sedona panjang yg dipakai tamara di film tadi. Mungkin yg ikut komunitas busa kasih info lebih lanjut
emansipasi perempuan....tapi jangan panggil saya "om"
Angelpesek
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Fri Jan 19, 2018 4:05
Location: Medan
Daily Vehicle: Kia_rio

Re: [Review] KIA Sedona mengulang legenda

Post by Angelpesek »

Top banget rawatannya om :big_smile]
Itu om saya ikut grup rio klo soal steering bisa distel lewat ecu buat bikin tambah beratnya..
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: [Review] KIA Sedona mengulang legenda

Post by maastricht889 »

quyquy wrote: Sun Apr 01, 2018 8:55 Om, grand sedona yg di indo itu ada brp trim levelnya ya?

versi diesel kok nggak ada ya??

kalo bensin dalkot atau kombinasi gitu apa nggak boros ya?
Kmrn saya ngobrol sama org kia ktnya sedona diesel coming soon th ini om, bareng sama sportage diesel.
Wistuwis
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 340
Joined: Mon Mar 06, 2017 10:39
Daily Vehicle: terios

Re: [Review] KIA Sedona mengulang legenda

Post by Wistuwis »

Nice review om. Senang sekali melihat mobil lama tapi masih sangat terawat.
Sayangnya ukuran mobil ini gak masuk di garasi saya yang imut :)
User avatar
B064RT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: Fri Nov 06, 2015 1:53
Location: Bandung
Daily Vehicle: Escape

Re: [Review] KIA Sedona mengulang legenda

Post by B064RT »

wow, menarik review nya oom... kalo sudah cinta.. peduli amat kata orang ttg RV jatoh lah.. merk korea lah...


salam untuk ford escape yang 'teronggok' di garasi oom....
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 759
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: [Review] KIA Sedona mengulang legenda

Post by silentIm2 »

Wah sama ini sama bapak saya. Bapak masih pelihara Sedona 2002 diesel 2.9, beli dari baru, upgrade dari panther hi grade. Sampe sekarang masih dipake turing keluarga. Koper2 masih muat di belakang biarpun ga lipat kursi. Kalo kurang gede bisa taruh roofrack di atas. Waktu itu blom ada/tren mobil pake roof rail.

bener ACnya adem banget biar sudah tuir, cuma pernah ganti evap aja.

Selebihnya tape jvc ori sudah tewas (ganti aftermarket), dan fast moving & kaki2. Mesin cuma ganti seal cover saja.

Kalo yang solar dalkot 1:9, lukot 1:13, bisa pake solar dan oli cukup meditran sx saja[emoji1].

Btw di sedona lawas kontrol ACnya ada heater tapi ga fungsi ya?
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
gaspol
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Sun Nov 25, 2012 16:19

Re: [Review] KIA Sedona mengulang legenda

Post by gaspol »

B064RT wrote: Sun Apr 01, 2018 10:49 wow, menarik review nya oom... kalo sudah cinta.. peduli amat kata orang ttg RV jatoh lah.. merk korea lah...


salam untuk ford escape yang 'teronggok' di garasi oom....
Setuju om..toh brand korea sekarang sudah jauh lebih baik terutama dari sisi reliability nya. Minus nya biasanya harga nya tinggi tapi fitur nya spekdown #sambilmenatapsantafedigarasi