2018 Datsun Cross CVT - Sang Citycar Ideal

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15525
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

2018 Datsun Cross CVT - Sang Citycar Ideal

Post by ChZ »

Permasalahan apa yang sering kita hadapi ketika memutuskan untuk membeli citycar ?

Suka tidak suka kebanyakan mobil citycar didesain idealnya hanya untuk memuat 4 orang dan barang yang sangat sedikit. Akibatnya meskipun punya mobil, tapi fleksibilitas kita tetap terbatas karena budget pun terbatas mau upgrade dananya tidak cukup.

Belum lagi permasalahan ground clearance, citycar umumnya hanya memiliki ground clearance pendek karena hanya didesain untuk jalan perkotaan.

Tapi bagaimana jika ada yang bisa menyediakan semua itu ? Citycar dengan bagasi yang luas, dan ground clearance tinggi.

Saya rasa itu yang mau coba dijawab oleh Datsun - Nissan Indonesia dengan munculnya Datsun Cross.

--------------------------------------------------------------------------
Datsun : Salah Strategi ?

Datsun merupakan subsidiary brand di bawah Nissan Motors Indonesia, merek ini dibangkitkan kembali oleh Nissan untuk membedakan produk lini utamanya dengan produk - produk entry level. Kurang lebihnya, mirip dengan Toyota dan Daihatsu, dan di Indonesia sendiri Datsun digunakan oleh NMI untuk melancarkan "serangan" di segmen LCGC.

Image

Satu sisi, strategi ini berbuah manis karena produk Datsun dianggap "berbeda" dengan Nissan, yang akhirnya juga melindungi gengsi pemilik Nissan. Tapi di sisi lain, justru kompromi kualitas yang terjadi. Seperti yang kita ketahui bersama, Datsun Go dan Go+ keluaran awal memiliki kualitas buatan yang bukan lagi jelek... tapi memprihatinkan. Interior isinya plastik murah semua, handbrake model tarik kayak L300 jadul, nggak dilengkapi dengan tachometer dan getaran mesin 3 silinder yang nggak lebih baik dari Panther taun '90an... plus nggak ada opsi Automatic. Saya sendiri pernah test drive Datsun Go dan itu pengalaman paling nggak menyenangkan ...

Dan karena ini merek "baru lahir", akhirnya stigma mobil kualitas rendah membuat penjualan Datsun tidak pernah menggembirakan. Ya secara konsep Datsun Go+ memang berbeda dengan LCGC lain, tapi sejak munculnya Calya-Sigra, tak ada lagi yang menoleh ke arah Datsun Go+.

Nah, di tahun 2018 seperti Datsun mendapatkan inspirasi untuk memperbaiki citra produknya selama ini dengan Datsun Cross. Mobil ini sebenarnya sudah pernah dipamerkan versi konsepnya dengan Go-Cross concept, tetapi di versi produksinya nama "Go" sengaja dihilangkan karena mobil ini tidak masuk skema LCGC.

Image

Meski begitu, Datsun tak bisa mengelak bahwa ini tetap berbasis Datsun Go+ yang ditinggikan. 80% desainnya masih mengambil fascia dari Datsun Go+.

Tapi mobil ini juga bisa dibilang Datsun Go versi improvement sama seperti Honda BR-V yang merupakan Honda Brio/Mobilio versi "improvement". Secara skema dan timing peluncuran sama persis, tepat setelah munculnya Cross, Datsun Go improvement juga diluncurkan, atau Datsun Go "dash-lift" - Datsun Go ganti dasbor.

Image

Styling

I'm not a fan of mobil hatchback/MPV dipopokin, tapi setidaknya, harus diakui muka depan Cross ini keren banget. Foglights nya mengikuti versi konsepnya sehingga memberi kesan mobil petualang dibanding sekedar ngasih popok dan ditinggiin seperti saudara kandungnya, Livina X-Gear.

Image

Postur tubuhnya lucu, cungkring akibat ground clearance nya, dan mobil ini tidak lebar.

Image

Image

Proporsi badannya sendiri bukan selera saya, tapi I must admit beberapa variasinya keliatan "niat" dibanding sekadar ngasih tempelan kayak Yaris Heykers, karena desain bumper semua berubah total.

FYI, Datsun Cross punya ground clearance 200 mm, which is hanya beda 5 mm dibanding Mitsubishi Xpander (205 mm), dan hanya 1 mm lebih rendah dibanding Honda BR-V (201 mm).

Image

Velgnya tidak lagi kaleng, tapi alloy 15 inch dengan motif tegas, mungkin dengan diberi ban lebar sedikit Cross ini bisa nampak lebih gagah dibanding ban standarnya.

Image

Interior

Surprise, sekarang interiornya didominasi warna hitam, desainnya jelas terlihat jauh lebih niat bahkan diberi beberapa sentuhan kemewahan. Salah satu contohnya, di panel tengah head unit dan transmisi diberi warna piano black.

Image

Image

Mobil ini juga (akhirnya) dilengkapi tachometer, dengan indiglo biru di sekitar angka - angkanya, walau keliatan tempelan, tapi good job. Keliatan niat.

Image

Handbrake nya juga tidak lagi model pikap, tapi konsekuensinya jok jadi tidak tersambung lagi seperti dulu. Ya gakpapa lah, setidaknya nggak berasa nyetir mobil pikap. Jok sambung dan handbrake tarik...

Image

Plus, mobil ini sudah dilengkapi stability control. Dengan kata lain ini adalah satu - satunya mobil di bawah 200 juta dengan stability control.

Image

Sisanya, nggak terlalu banyak. Space dan akomodasi cukup decent untuk sebuah citycar, meskipun ya baris ketiga nyaris tak berguna. Bahkan waktu baris ketiga ditegakkan justru kita nggak punya space sama sekali untuk bagasi...

Image

Image

Karena itu saya setuju dengan om Fitra Eri soal bahwa Datsun Cross ini bukan lawannya duo astra Sigra-Calya, Cross ini konsepnya lebih ke Station Wagon cross-country.

Ya simpelnya, mobil citycar tinggi yang punya bagasi luas. Pihak Datsun sendiri berkata bahwa mereka tidak menyasar pasar Sigra/Calya, tapi lebih menyasar Suzuki Ignis.

Drive

Secara teknis, Cross dibekali mesin yang serupa dengan Datsun Go/Go+, HR12DE non-CVTC, tetapi kali ini dan yang menarik, Cross diberi opsi transmisi matic CVT. Ya, setelah 4 tahun akhirnya Datsun sadar bahwa mobil ini butuh transmisi matic.

Image

Untuk versi transmisi CVT mendapat ulikan sedikit di mesin sehingga mempunyai tenaga 78 PS dan torsi 104 Nm, sedangkan versi transmisi Manual hanya 68 PS dan torsi sama.

Pertama masuk ke Cross, yang terasa adalah jok pengemudi yang mudah "ambles", khas jok citycar, dan konsekuensi dengan tidak adanya jok model sambung seperti pada Go+, bagi orang yang gizinya kebanyakan seperti FRD, pasti akan merasa kayak duduk di kursi warteg : gak bisa menopang tubuh dengan baik. Visibilitas cukup baik, meskipun posisi mengemudi ya standar LCGC, nggak terlalu berkesan tapi okelah, posisinya cenderung tinggi mirip SUV karena ground clearance mobil ini yang tinggi juga.

Kesan awal, setirnya lebih berat ketimbang Go+, mungkin ukuran ban pengaruh. Lalu pertama toel pedal gas, dan mobil ini langsung merespon dengan cepat. Khas karakter mesin 3 silinder yang nendang di bawah, bahkan saya yang terbiasa dengan jambakan torsi Hyundai SantaFe pun cukup kaget ngeliat responnya begitu galak di awal. Tidak terasa sedang membawa mobil "murah" bertransmisi CVT. Getaran mesin pun berhasil direduksi dengan baik dibanding produk sebelumnya.

CVT pada mobil ini didesain dengan cukup baik, basisnya sama dengan CVT Jatco milik Grand Livina. Sayangnya ya mobil ini sekali lagi, only good for city usage. Karena ketika gas diinjak dalam yang ada justru mesin dan CVT meraung keras tanpa ada jambakan berarti. Tipikal 3 silinder. Phew.

Peredaman kabin secara mengejutkan cukup baik, meskipun waktu berakselerasi tetap ada suara angin bocor dari pilar A... lebih baik dari Datsun Go/Go+, tapi masih di bawah Ignis walaupun tidak terlalu jauh.

Soal kenyamanan, Datsun mesti berkompromi dengan tingginya ground clearance sehingga akhirnya di Cross justru diberi suspensi yang cukup keras, cukup terasa di jalan jerawatan, meskipun ya rivalnya, Suzuki Ignis, juga cenderung keras. Tapi benefit lainnya, justru suspensi keras ini membuat bodyroll Cross justru tidak separah Go+ maupun Go.

Image

Image

Conclusion

Kecil, tinggi, dengan extra bagasi.

Mungkin banyak yang "alergi" dengan merek Datsun karena kesannya "murah" akibat Go dan Go+ dulu. Mungkin ada yang bilang mending beli Calya/Sigra, atau bahkan #mendingwuling. Ya wajar, karena harga mobil ini tidak bisa dibilang murah, mobil ini harganya 183 juta OTR Surabaya yang artinya masih lebih mahal dibanding Wuling Confero S tipe tertinggi dan sekitar 10 juta lebih mahal dari Suzuki Ignis GX AGS.

Tapi kenapa apresiasi saya begitu tinggi terhadap mobil ini ?

Inilah kritik saya kepada Wuling, mereka mungkin berhasil bikin mobil MPV murah dengan spek bagus, tapi segala fitur di Wuling Confero hanya bersifat gimmick saja. Ya mungkin betul ada rem cakram belakang, tapi saya sangat menyayangkan Wuling tidak berpikir untuk memberi stability control. Sedangkan Datsun yang katanya kemahalan lah, mobil murahan lah, justru lebih jauh memikirkan apa fitur yang esensial untuk sebuah mobil. Plus, transmisi CVT, sesuai dengan apa yang dibutuhkan konsumen kelas ini : irit bahan bakar.

Besides, tidak semua orang butuh MPV besar bukan ?

Datsun Cross menurut saya adalah citycar paling ideal saat ini, di samping harganya yang agak tinggi. Pasar mobil ini adalah orang - orang yang punya mobilitas tinggi tapi belum berkeluarga, hanya butuh bagasi extra untuk membawa beberapa barang, tapi nggak terlalu perlu space segede MPV.

Dan bagi yang tinggal di kota kecil, rumah di jalan kecil dan garasi terbatas, saya rasa size does matter, dan Datsun adalah yang paling memenuhi kriteria.

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Joehard30
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 315
Joined: Sun Feb 28, 2016 1:28

Re: 2018 Datsun Cross CVT - Sang Citycar Ideal

Post by Joehard30 »

Sayang seribu sayang mod, facia yg keren, esp yg esensial, g diimbangi dg perbaikan kursi pocong, plus side looks yg menyedihkan πŸ˜…
Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang
SPH
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: Sun Apr 02, 2017 8:35
Location: Bandung

Re: 2018 Datsun Cross CVT - Sang Citycar Ideal

Post by SPH »

Sayang sekali ya transmisinya masih import thailand, kalau bisa masuk skema lcgc menarik sekali ini paketannya sebenarnya
User avatar
pradit_d
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 805
Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37

Re: 2018 Datsun Cross CVT - Sang Citycar Ideal

Post by pradit_d »

Baca review ini karena judulnya. Dr awal muncul sama sekali ga tertarik tahu lbih jauh mengenai mobil ini mungkin karena image akibat go/go+ versi awal. Setelah baca ternyata banyak improvement berarti jg.
Oh iya, dibanding proton iriz stability control punya datsun cross lebih baik kah?
:big_peace:
Wistuwis
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 340
Joined: Mon Mar 06, 2017 10:39
Daily Vehicle: terios

Re: 2018 Datsun Cross CVT - Sang Citycar Ideal

Post by Wistuwis »

Membaca review si om tanpa berkedip :frm_tumbright: :frm_tumbleft:
Setuju sekali, secara teoritis memang cross masuk kandidat citycar ideal. Tinggal masalah psikologis imej kelas lcgc yg masih terstigma di turunan datgo.
ngalih
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 533
Joined: Wed Jan 25, 2017 0:29
Location: lenteng agung jakarta
Daily Vehicle: Trooper

Re: 2018 Datsun Cross CVT - Sang Citycar Ideal

Post by ngalih »

Video review santafe dong :mky_08:
Bean06
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: Wed Feb 08, 2017 3:33
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Thunder

Re: 2018 Datsun Cross CVT - Sang Citycar Ideal

Post by Bean06 »

Ganti desain seat 1 & 2 proper, tail lamp led & digital AC jadilah March killer saudara sendiri Hahaha
Coltbiru
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: Sat Feb 04, 2017 9:07

Re: 2018 Datsun Cross CVT - Sang Citycar Ideal

Post by Coltbiru »

Nice review Om, Datsun cross CVT ini kalo dibandingin sama Calya matic nyaman yg mana yah dipakenya?
User avatar
Harchi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 760
Joined: Sat Dec 08, 2012 10:14

Re: 2018 Datsun Cross CVT - Sang Citycar Ideal

Post by Harchi »

Seandainya kita punya mobnas dgn kualitas setara cross ini aja....hmmmm ah sudahlah
If you can't stop thinking about it...buy it!!!
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 774
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: 2018 Datsun Cross CVT - Sang Citycar Ideal

Post by Kaleng »

kursi baris kedua ada improvement tidak om chz dibanding datsun go awal?
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1295
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: 2018 Datsun Cross CVT - Sang Citycar Ideal

Post by Or4cle »

ChZ wrote: ↑Thu May 24, 2018 15:09
CVT pada mobil ini didesain dengan cukup baik, basisnya sama dengan CVT Jatco milik Grand Livina. Sayangnya ya mobil ini sekali lagi, only good for city usage. Karena ketika gas diinjak dalam yang ada justru mesin dan CVT meraung keras tanpa ada jambakan berarti. Tipikal 3 silinder. Phew.
Sangat setuju ... mobil ini hanya cocok untuk city driving, dalkot.
Bila dibandingkan dengan Ignis, walaupun AMT/AGS laknat terkutuk masih jauuhhh lebih nyaman Ignis

Point plus Datsun cross adalah body eksterior + front facia yang gagah. Andai Datsun Cross diimplan dengan mesin dan interior Ignis tentu kombinasi yang hampir sempurna.
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: 2018 Datsun Cross CVT - Sang Citycar Ideal

Post by IGedeAmat »

Or4cle wrote: ↑Fri May 25, 2018 3:49
Sangat setuju ... mobil ini hanya cocok untuk city driving, dalkot.
Bila dibandingkan dengan Ignis, walaupun AMT/AGS laknat terkutuk masih jauuhhh lebih nyaman Ignis

Point plus Datsun cross adalah body eksterior + front facia yang gagah. Andai Datsun Cross diimplan dengan mesin dan interior Ignis tentu kombinasi yang hampir sempurna.
Baca judul threadnya, kirain thread hit and run dari sales or fanboy, udah males aja bacanya.
begitu check nama TS nya, langsung jadi pengen baca..
:off_good_job:

yg di bold, ini nyaman dlm hal perpindahan gigi apa suspensi om ?
saya blum pernah pake Ignis or Datsun, tapi dirumah ortu ada livina CVT yg sering saya pake,
menurut saya cvt nya nyaman kok, halus..
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1295
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: 2018 Datsun Cross CVT - Sang Citycar Ideal

Post by Or4cle »

IGedeAmat wrote: ↑Fri May 25, 2018 4:07
Or4cle wrote: ↑Fri May 25, 2018 3:49
Sangat setuju ... mobil ini hanya cocok untuk city driving, dalkot.
Bila dibandingkan dengan Ignis, walaupun AMT/AGS laknat terkutuk masih jauuhhh lebih nyaman Ignis

Point plus Datsun cross adalah body eksterior + front facia yang gagah. Andai Datsun Cross diimplan dengan mesin dan interior Ignis tentu kombinasi yang hampir sempurna.
Baca judul threadnya, kirain thread hit and run dari sales or fanboy, udah males aja bacanya.
begitu check nama TS nya, langsung jadi pengen baca..
:off_good_job:

yg di bold, ini nyaman dlm hal perpindahan gigi apa suspensi om ?
saya blum pernah pake Ignis or Datsun, tapi dirumah ortu ada livina CVT yg sering saya pake,
menurut saya cvt nya nyaman kok, halus..

Mksdnya karena karakter mesin 3 cylinder, untuk driving di tol/lukot Datsun Cross kurang cocok dibandingkan dengan Ignis terlepas dari segala kontroversi transmisi AMT/AGS nya.

Intinya Cross habitnya lebih cocok dan sangat ideal sebagai city car.
User avatar
geofreyap
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1611
Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05

Re: 2018 Datsun Cross CVT - Sang Citycar Ideal

Post by geofreyap »

Jadi bantingan suspensinya ini stiff atau harsh ?
Naksir sih buat armada taxol.
Tapi kalau mikir ke depresiasinya nanti, sepertinya oe tidak dapet untung apaΒ². Cuma duit muter aja.
CMIIW.

:big_think:
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
SPH
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: Sun Apr 02, 2017 8:35
Location: Bandung

Re: 2018 Datsun Cross CVT - Sang Citycar Ideal

Post by SPH »

geofreyap wrote: ↑Fri May 25, 2018 5:23 Jadi bantingan suspensinya ini stiff atau harsh ?
Naksir sih buat armada taxol.
Tapi kalau mikir ke depresiasinya nanti, sepertinya oe tidak dapet untung apaΒ². Cuma duit muter aja.
CMIIW.

:big_think:
Kalau buat taxi online jangan deh om, masalahnya entah kenapa udah ada stigma kalau dapatnya mobil datsun orang suka cancel. Beberapa teman dan keluarga ada yang begitu soalnya, mereka lebih milih calya dan sigra kalau lcgc
merkapa
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 476
Joined: Tue Oct 30, 2012 8:48

Re: 2018 Datsun Cross CVT - Sang Citycar Ideal

Post by merkapa »

Kelemahannya interiornya ga mau diperbaiki mobil 180"kursi kayak tikar ya gimana sih
Leonhart
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 527
Joined: Wed Sep 26, 2012 21:17
Location: South Sumatera
Daily Vehicle: Honda_HR-V_1,8

Re: 2018 Datsun Cross CVT - Sang Citycar Ideal

Post by Leonhart »

Sorry oot
Mau ngomentarin brand ini

Setau ane denger dari kk ane dulu
Pas doi msh smp - sma gt taon 80an

Datsun itu brand mewahnya nissan (kyk lexusnya toyota)
Pentolannya dulu itu datsun 240z (generasi skrg jadi nissan fairlady)

Dan kata bokap ane jg datsun dl banyak ngeluarin mobil2 sport


Kok bisa ya merk yg di kategorikan "sakral" di proyeksikan untuk mobil kelas begini ?

Sama aja kayak lexus bikin cayla ? Terus dikasih nama lexus cs 200

Aneh rasanya
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: 2018 Datsun Cross CVT - Sang Citycar Ideal

Post by Jambangan »

udah nyoba mobil ini
impresinya posisi mengemudi pas bgt buat ane tinggi 189 CM persis datsun go lah kembarannya
cuma kemaren bulan maret itu minim diskon jadi ga menarik
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15525
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2018 Datsun Cross CVT - Sang Citycar Ideal

Post by ChZ »

Joehard30 wrote: ↑Thu May 24, 2018 15:18 Sayang seribu sayang mod, facia yg keren, esp yg esensial, g diimbangi dg perbaikan kursi pocong, plus side looks yg menyedihkan πŸ˜…
Jok pocong... sebenernya kalo lawannya sesama LCGC sih ga masalah krn semua juga jok pocong... masalahnya kan udah nyasar citycar berarti lawannya Ignis yang udah gak jok pocong... jadi rasa LCGCnya masih kuat... sayang banget sih...
SPH wrote: ↑Thu May 24, 2018 15:31 Sayang sekali ya transmisinya masih import thailand, kalau bisa masuk skema lcgc menarik sekali ini paketannya sebenarnya
Nah Datsun Go yang CVT pun ga kena LCGC karena CVTnya juga kan... ini yang disayangkan sih. Kalo dia bisa punya transmisi CVT dan punya VSC bakal jadi LCGC full spek pertama di indonesia...

Cross ya sayangnya itu gak bisa jadi LCGC apalagi statusnya CBU India.
pradit_d wrote: ↑Thu May 24, 2018 15:51 Baca review ini karena judulnya. Dr awal muncul sama sekali ga tertarik tahu lbih jauh mengenai mobil ini mungkin karena image akibat go/go+ versi awal. Setelah baca ternyata banyak improvement berarti jg.
Oh iya, dibanding proton iriz stability control punya datsun cross lebih baik kah?
Waktu rilis saya juga skeptical sama mobil ini... tapi giliran denger transmisi maticnya ada dan pake CVT langsung penasarannya muncul hahahaha... Karena pricelist mahal jadi mesti bersikeras cari tau apa yang bakal dipikirkan orang buat beli mobil ini...

Proton Iriz sayangnya gak pernah coba, jadi gak ngerti... hehehe... dan saya rasa stability control di mobil seperti ini hanya bersifat antisipasi saja waktu jalan licin karena nggak ada threat berarti untuk mobil dengan power pas-pasan begini... dibawa belok kenceng pun paling nyali udah abis duluan sebelum kontrol stabilitas ambil alih.
Wistuwis wrote: ↑Thu May 24, 2018 21:01 Membaca review si om tanpa berkedip :frm_tumbright: :frm_tumbleft:
Setuju sekali, secara teoritis memang cross masuk kandidat citycar ideal. Tinggal masalah psikologis imej kelas lcgc yg masih terstigma di turunan datgo.
Sayang sekali ya oom... Nurut saya salah strategi aja NMI Datsun terlalu underestimate lawan - lawannya sehingga Datsun produknya terkenal jelek, itu yang bikin namanya hancur sampe sekarang.

Plus model yang masih ada miripnya dengan Go+ jadi orang gak berasa unique naik mobil ini... beda dengan Ignis yang modelnya unik.
ngalih wrote: ↑Thu May 24, 2018 21:36 Video review santafe dong :mky_08:
on progress.... :big_grin:
Bean06 wrote: ↑Thu May 24, 2018 22:41 Ganti desain seat 1 & 2 proper, tail lamp led & digital AC jadilah March killer saudara sendiri Hahaha
Nah ini dia oom menurut saya March udah waktunya di update... which is kayaknya Datsun Nissan main aman ga mau hajar lineup sendiri karena harga juga mepet (March setelah diskon bisa seharga Cross). Padahal ya perfectly fine karena orang udah ngerti, dan March aslinya kan lawan Honda Jazz. March klo keluar barunya disini pasti menarik karena modelnya udah up to date untuk lawan GK5 dan Yaris.
Coltbiru wrote: ↑Thu May 24, 2018 23:02 Nice review Om, Datsun cross CVT ini kalo dibandingin sama Calya matic nyaman yg mana yah dipakenya?
Klo cari yang responsif dan enak disetir sendiri Cross... tapi kalau ngomong empuk dan family oriented Calya pastinya. Cross maksimal buat orang yang masih pacaran deh. Buat keluarga gak terlalu rekomen mending ke Calya-Sigra.
Harchi wrote: ↑Fri May 25, 2018 3:23 Seandainya kita punya mobnas dgn kualitas setara cross ini aja....hmmmm ah sudahlah
Ah sudahlah klo mobnas disini ujungnya jadi alat politik... #eh... :ngacir:
Kaleng wrote: ↑Fri May 25, 2018 3:26 kursi baris kedua ada improvement tidak om chz dibanding datsun go awal?
Sama plek. :big_grin:
IGedeAmat wrote: ↑Fri May 25, 2018 4:07
Or4cle wrote: ↑Fri May 25, 2018 3:49
Sangat setuju ... mobil ini hanya cocok untuk city driving, dalkot.
Bila dibandingkan dengan Ignis, walaupun AMT/AGS laknat terkutuk masih jauuhhh lebih nyaman Ignis

Point plus Datsun cross adalah body eksterior + front facia yang gagah. Andai Datsun Cross diimplan dengan mesin dan interior Ignis tentu kombinasi yang hampir sempurna.
Baca judul threadnya, kirain thread hit and run dari sales or fanboy, udah males aja bacanya.
begitu check nama TS nya, langsung jadi pengen baca..
:off_good_job:

yg di bold, ini nyaman dlm hal perpindahan gigi apa suspensi om ?
saya blum pernah pake Ignis or Datsun, tapi dirumah ortu ada livina CVT yg sering saya pake,
menurut saya cvt nya nyaman kok, halus..
Judulnya muncul waktu saya nyetir mobil ini dan lihat review bung Fitra Eri, oom... dan setelah diskusi dengan sales Datsun bener tebakan saya sasarannya citycar tinggi which is Suzuki Ignis.

Hooh... kalo ngomong jumlah silinder, makin dikit karakternya makin enak buat perkotaan. Itu kalahnya Cross dibanding Ignis atau Brio Satya yang 4 silinder. Cross tetep gak bisa menyembunyikan karakter khas 3 silindernya, tapi sisi positifnya justru mobil ini jadi enak banget di kota dan jelas irit karena CVT.
geofreyap wrote: ↑Fri May 25, 2018 5:23 Jadi bantingan suspensinya ini stiff atau harsh ?
Naksir sih buat armada taxol.
Tapi kalau mikir ke depresiasinya nanti, sepertinya oe tidak dapet untung apaΒ². Cuma duit muter aja.
CMIIW.

:big_think:
Lebih ke stiff sih... gak sampe harsh gak layak dinaikin sih enggak... Cuma ya lebih keras dari Go biasa tapi malah jatohnya pas. Gak terlalu limbung juga.

Jangan klo taxol sih mending Calya/Sigra aja... datsun stigma nya di mata masyarakat udah jelek bahkan di mata awam sekalipun.
merkapa wrote: ↑Fri May 25, 2018 10:33 Kelemahannya interiornya ga mau diperbaiki mobil 180"kursi kayak tikar ya gimana sih
Yang saya sayangin itu... jomplang antara kursi dan dasbornya. Udah bagus dasbor ada piano finish lah kok kursinya tetep sama... Didudukin FRD juga ambles... gilak.
Leonhart wrote: ↑Fri May 25, 2018 21:13 Sorry oot
Mau ngomentarin brand ini

Setau ane denger dari kk ane dulu
Pas doi msh smp - sma gt taon 80an

Datsun itu brand mewahnya nissan (kyk lexusnya toyota)
Pentolannya dulu itu datsun 240z (generasi skrg jadi nissan fairlady)

Dan kata bokap ane jg datsun dl banyak ngeluarin mobil2 sport


Kok bisa ya merk yg di kategorikan "sakral" di proyeksikan untuk mobil kelas begini ?

Sama aja kayak lexus bikin cayla ? Terus dikasih nama lexus cs 200

Aneh rasanya
Wrong. Datsun never meant to be luxury brand.

Datsun dari dulu adalah brand subsidiary Nissan, digunakan untuk model - model export Nissan sampe tahun 1980-an... Orang tua yang lahir dan besar pada zaman itu pasti lebih kenal merek Datsun daripada Nissan. Semisal Datsun "Fairlady" 240Z kalo di Jepang ya namanya tetep Nissan Fairlady 240Z.

1980an baru semua model export juga pakai brand Nissan.

Luxury brand nya Nissan itu Infiniti, bukan Datsun. Ada beberapa model Infiniti yang sempet pake nama Nissan juga misal Nissan Skyline sedan di rebranding jadi Infiniti G series (CMIIW).
Jambangan wrote: ↑Fri May 25, 2018 21:45 udah nyoba mobil ini
impresinya posisi mengemudi pas bgt buat ane tinggi 189 CM persis datsun go lah kembarannya
cuma kemaren bulan maret itu minim diskon jadi ga menarik
wuih kk koala nyoba datsoon... :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Indra97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 906
Joined: Tue Jan 10, 2017 8:38

Re: 2018 Datsun Cross CVT - Sang Citycar Ideal

Post by Indra97 »

ChZ wrote: ↑Sun May 27, 2018 17:21
SPH wrote: ↑Thu May 24, 2018 15:31 Sayang sekali ya transmisinya masih import thailand, kalau bisa masuk skema lcgc menarik sekali ini paketannya sebenarnya
Nah Datsun Go yang CVT pun ga kena LCGC karena CVTnya juga kan... ini yang disayangkan sih. Kalo dia bisa punya transmisi CVT dan punya VSC bakal jadi LCGC full spek pertama di indonesia...

Cross ya sayangnya itu gak bisa jadi LCGC apalagi statusnya CBU India.
CBU India? Bukannya bikinan Purwakarta ya?
Syauqi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 499
Joined: Sat May 09, 2015 8:55
Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
Daily Vehicle: Potato Car

Re: 2018 Datsun Cross CVT - Sang Citycar Ideal

Post by Syauqi »

Wah, saya setuju 100% sama reviewnya.. Mobil ini mobil yang ideal kok, cuma sayang aja pricelistnya konyol & ditambah ada datgo fl yg kelengkapannya hampir sama persis tapi puluhan juta lebih murah drpd go cross..
Tapi menurut pribadi saya ya, lebih value for money versi buntut pendeknya, yg secara overall package ga begitu beda jauh dan feel interior sama. Kalo bicara soal worth the money sebenarnya datgo (bukan cross) ini cukup worth kok, alternatif buat yg lagi nyari lcgc selain agya-ayla & brio satya
sammyjimun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 207
Joined: Tue Jul 12, 2016 0:38

Re: 2018 Datsun Cross CVT - Sang Citycar Ideal

Post by sammyjimun »

OOT dikit, spertinya batumakam cs terlalu berhati-hati dengan pasar Indonesia, padahal udh punya pabrik sendiri di Purwakarta, brarti sudah brani invest dengan modal besar, tapi dari sisi marketing dalam penyiapkan produk2nya kok ga imbang, ntah strategi apa yg d gunakan
yg pasti klo diliat model2 terbaru di luar sih sharusnya bs "negelawan" ayatoyot ato H tegak
BTT, DatgoCross, yg digadang2 jadi produk penyelamat muka sundat tetapi spertinya masih salah langkah, bisa dari sisi model/design, fitur2 ato pricing strategy nya
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: 2018 Datsun Cross CVT - Sang Citycar Ideal

Post by martinnn »

stop trying , its already dead
:big_biglaugh:
User avatar
dizco
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Thu Sep 29, 2016 11:10
Location: Sleman

Re: 2018 Datsun Cross CVT - Sang Citycar Ideal

Post by dizco »

martinnn wrote: ↑Mon May 28, 2018 2:06 stop trying , its already dead
datsun (NMI) is still beating a dead horse, to the point of no return
Si ego certiorem faciam, mihi tu delendus eris
User avatar
andyez86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 928
Joined: Sat May 21, 2016 12:08
Location: Solo
Daily Vehicle: Innova

Re: 2018 Datsun Cross CVT - Sang Citycar Ideal

Post by andyez86 »

sy ud coba datgo yg cvt...lmyan enak koq ini cvt nya...ga ngelag lah....buat sruntulan masih bisa...hhehehhe