Update lagi setelah 5 bulan:
Jadi selama pandemi ini City banyakan nganggur di garasi bokap. Akhirnya suatu saat ane memberanikan diri bawa tuh City. Eh bener aja, banyak masalah...
Dimulai dari coolant yang udah jadwalnya buat dikuras. Ane bawa ke bengkel umum, ternyata AC jadi panas setelah pengurasan selesai. Cek per cek, motor fan AC mati.
Ya udah ane cariin di toko2 sekitar, gak ada yg pas sama bilah kipasnya. Terpaksa nyari di toped. Pas mo pasang kiriman dari toped, baut motor fan lama kekencengan pasangnya di rumah fannya, sampe2 slek 2 baut dari 3. Ane kesel banget ama bengkel umum itu padahal langganan ane...
Jadinya harus mesen rumah fannya lagi. Ya udah skip.... barang datang, ganti rumah fan, motor fan, ama kipasnya skalian. DC gak usah nanya. Masih kesel.
Positifnya ane belajar masang sendiri rumah fan sama motor fan ke dudukannya, soalnya udah ngintip caranya pas tuh motor fan dibuka
O ya, sambil kuras2 radiator, full tune up juga mulai dari intake sampe catconv, soalnya mesin geter kuat, kalo injek gas agak dalem dia ndut2an, sama rem geter kalo pas mo bayar e-tol.
Naah pas cek pasca tune up ini ketahuan kalo 2 dari 4 mounting robek, rem udah mulai gak pakem, koil2 busi udah mulai KO, sama ada bocor oli di sekitaran mesin. Jadinya ane melipir lagi ke beres biar dapet barang asli. Urusan mounting ane gak mau gambling. Ternyata rembes oli dari seal VTEC yg udah harus ganti. Gantilah di beres. Urusan ganti2 seal gini ngeri, soalnya harga seal gak seberapa tapi jasa bongpasnya yg mahal banget. Koil busi nomor 1&2 juga ganti. Kenapa gak skalian empat2nya? Mihullll om...soalnya ane gak mo gambling jadi pake koil BERES.
Urusan rem ane nyerah di beres. Ane bawa ke bengkel ban langganan yg punya mesin bubut cakram. Pas diukur, yg depan ternyata emang udah tipis: 6 mm. Dibubutlah 1 mm, soalnya ane baca ketebalan minimal cakram itu 5 mm. Kurang dari itu harus ganti. Kampas rem depan juga udah tipis. Cakram & kampas belakang masih ok. Jadi setelah bubut, gejala geter2 rem di tol udah ilang.
At this point, total cost to restore this old lady is almost the same as the current value of the car. Mulai gak masuk akal nih....
Tapi yg namanya candu itu bahaya kawan; dan ane relaps lagi gara2 dikasih kupon diskon mulu ama tokoijo...
Jadinya ane kalap lagi deh mesen karet2 pintu, bodi, karet kaca depan & blakang, karet bagasi, karet2 shock 4 sisi, sama shock belakang yg emang gak pernah ganti sejak mobil keluar showroom...
Karet2 shock udah kepasang. Ada ceritanya juga itu. Setelah pasang di BERES (lagi2), ada bunyi kriyet2 dari arah shock depan tiap kali stir diputar saat kecepatan sangat rendah, misalnya pas mo parkir ato mo keluar dari parkir. Ane cuekin seminggu, gak ilang2. Balik lagi ke beres; ternyata bunyi dari per depan yg gak pas waktu dipasang ulang. This is the last straw. Ane udah kapooooooook banget sama orang di beres H tegak ini.
Masalahnya masih ada cakram rem depan, kampas rem depan, karet2 pintu, bodi & kaca yg belum kepasang krn masih dlm proses inden di toped. Mo bawa ke bengkel luar langganan, eh penuh mulu. Ya udah liat ntarlah.... Nasib tinggal di luar Jawa; pilihan bengkel ok tapi murah nyaris gak ada sama skali....
Buat menghibur diri, ane ke bengkel variasi aja. Pecahin celengan babi lagi buat ganti headunit bawaan yg udah kek kesetanan; nyala sendiri kalo nginjek lobang, ato mati sendiri pas lagi asik2 denger musik.
Ane splurge beli Pioneer touchscreen yg bisa apple carplay. Skalian pasang USB charger juga di slot kosong dekat pintu sopir. Ahh, telinga adem ngerasain nikmatnya punya headunit moderen. Tiap masuk mobil, bluetooth udah kesambung jadi bisa langsung denger spotify. Kalo lowbat, apple carplay nya langsung connect pas hape colok ke USB laci. Manteep.
Trus saatnya manjain mata. Windshield yg baret2 & nyisa air kalo nyalain wiper saatnya ditangani. Ane tanya2 bengkel poles yg berani poles windshield, eh rata2 gak mau. Akhirnya ada 1 yg rada nekat, itupun setelah ane “yakinkan” bahwa ane gak nyari baret ilang total, yg penting air gak nyisa pas wiper nyala. Dipoleslah disitu, skalian ilangin jamur kaca 1 bodi. Sapuan wiper sih jadi bersih emang, tapi perlu nyapu 5-6 kali baru kering kacanya. Baretnya malah hampir gak ada perubahan samsek, sampe2 cicinya gemes minta ane balik lagi setelah wiken. Pas ane bilang wiper silikonnya udah ampir 3 taun, cicinya bilang ganti wiper aja dulu. Jadinya ane melipir ke ACE deket rumah deh, beli wiper silikon 1 set, pasang sendiri di parkiran ACE, & voila ! Bersih dalam sekali sapuan! Ane gak tau apa emang masalah di wiper doang, ato karena terbantu kaca yg udah kena poles seharian, yg jelas ane seneng banget
Kalo ane rekap, sejak Des 2017 sampe Okt 2020, biaya restorasi+rawat rutin City ini udah lebih mahal dari rerata harga jualnya untuk saat ini. Bini ane juga udah gendek liatin ane bolak balik bengkel mulu tiap hari smentara doi di rumah terjebak ngurus bocah yg skolah zoom dua-duanya. Mana bocah ane pecicilan lagi...
Bini sih maunya tuh City dijual aja. Tapi ane, bokap ane yg namanya nempel di STNK, adek ane, sama nyokap, semuanya masih seneng liat tuh mobil di garasi (mereka seneng liat doang,... urusan rawat sih jatuh ke ane mulu....)
Alasan bini, udah cukup ilmu & pengalaman selama ini ane dapet. Saatnya “mikirin diri sendiri”. Iya juga sih. Lagian duitnya kalo laku juga bisa dipake nambah modal usaha; ane coba2 buka toko oli onlen di kota ane...
Kalo diitung2, dari 2016 akhir sampe skarang, ane udah abis kira2 seharga 1 Ignis baru buat ngerawat BRV, City, Fiesta 1.4, SX4 X over, Mazda 2 lama, HRV 1.5, Escudo 1.6, Avanza gen 1... sama sesekali ikut ngerawat Dakar 4x4 mertua sama Trooper 3 pintu 4x4 kesayangan dia (saking sayangnya, STNK tuh Trooper ditempelin ke nama ane biar doi kagak kena progresip, padahal duit mertua tuh gak pake seri lagi...
)
Ya sudahlah. Saatnya CIty masuk OLX....
Thanks for reading this far (sedih nih)