User Long Term Review and Yin-Yang Comparison: Duo 2GD-FTV: ANKI MT vs VRZ

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: User Long Term Review and Yin-Yang Comparison: Duo 2GD-FTV: ANKI MT vs VRZ

Post by ginting »

nyotsaeba wrote: Wed Oct 24, 2018 12:14
Rakean wrote:
nyotsaeba wrote: Mon Oct 22, 2018 5:51 Aman om, malah ada yg pernah share disini pake full bisol krn buat travel smp 200k km no problemo...
udah 200.000km udah jalan kemana aja itu om? :big_think:
Kt nya buat pake travel tuh om di sumatra...
di FB grup Motuba ada yg posting kapanhari, udah ada yg tembus odo 400 ribuan km buat 2GD MT , krn dipakai jd mobil travel Pkn Baru - Padang tiap hari..
faridrach
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Sat Jun 20, 2020 21:28

Re: User Long Term Review and Yin-Yang Comparison: Duo 2GD-FTV: ANKI MT vs VRZ

Post by faridrach »

Pboyz97 wrote: Thu Sep 24, 2020 2:10 Impresinya bagaimana selama pemakaian om? Kebetulan masih galau antara 2GD G MT 2017 atau 2GD G AT 2016
Menurut saya sesuaikan dengan kebutuhan. Rute yg dipakai seperti apa? Preferensi pribadi suka MT atau AT?

Kalau saya pertimbangannya: rute kerja saya harian 140km PP. Antar kota semarang-jepara, di mana melewati pantura dan banyak truk muatan besar. Bagi saya nyalip truk dan ketika jalan padat terutama motor itu lebih enak pakai MT, karena butuh akurasi nyalip yg bagus. Jalan juga relatif jarang macet makanya kaki gak pegel ngopling, walaupun pantura sekalinya macet bisa horor sekali misal truk kecelakaan.
Sebelumnya saya pakai fortie VNT 2013 MT juga.

Nah rute kerja om spt apa? Kalau pemakaian kota sering macet sih mungkin lebih enak ambil AT. Lebih gak capek dan praktis aja tinggal seruntulan injek gas, nah di sini mungkin sebabnya AT dalam kota lebih boros.

Sebagai gambaran ini konsumsi BBM saya setelah reset terakhir kurang lebih 2000km yg lalu. Bahan bakar bio solar tambah aditif PTT. Gaya berkendara santai, kalau jalan lagi lenggang paling sering jalan 80km/h kalau padat ya 50-60km/h dan rata2 shifting gear di range eco.
20200924_100233.jpg
Saya pun kaget kok bisa ya segitu iritnya. Dulu dengan gaya nyetir yg sama, pakai VNT MT 2013 paling dapatnya sekitar 12km/l. Walaupun byk faktor ya, fortie ukuran besar, ban besar, mesin juga beda.

Kalau liat issue2 kemarin, kalau mau ambil AT better ambil yg tahun setelah giias 2017 sdh byk improvement salah satunya di transmisinya. Kalau MT aman masalah transmisi dr tahun2 awal juga.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: User Long Term Review and Yin-Yang Comparison: Duo 2GD-FTV: ANKI MT vs VRZ

Post by nyotsaeba »

Pboyz97 wrote:
faridrach wrote: Thu Sep 24, 2020 0:16
nyotsaeba wrote: Sun Jul 22, 2018 15:17
Oke secara umum komparasi kedua mobil ini ini adalah:
Konsumsi BBM jauh lebih irit inop, VRZ dengan rute sama dapat di 10,6 km/l vs 13-14km/l

Tarikan AT Payahhhhh, karena saya kebiasaan urut gas dan main kopling halus, maka pake AT kok rasanya loyo banget, mau akselerasi harus kickdown rada dalam,
beda dengan MT yang downshift lebih penting dr injakan gas. Really, ada something yang ga bisa didapat dengan AT walaupun torsi badak.
Review yg bagus banget.

Hahaha agak kaget soal konsumsi BBMnya, jauh bener ya? Faktor bodi gambot, ban besar dan (mungkin) vrz beda setelan ECU yg diset beda utk dpt torsi yg 400nm.

Setuju... kalau dah luwes pakai manual begitu pakai matic pasti terasa payah. Mau nyalip pasti ada delay tenaga bbrp saat, beda sama manual yg sesuka kita mau downshift kapan dan narik kapan. Jadi salip menyalip lebih pede dan perhitungan nyalip jd lebih akurat.

Kebetulan saya jg pakai 2GD MT :big_grin: dalam kota lebih irit MT, tapi luar kota rute tol lebih irit AT secara dia running di rpm yg lebih rendah dengan kecepatan yg sama.
Impresinya bagaimana selama pemakaian om? Kebetulan masih galau antara 2GD G MT 2017 atau 2GD G AT 2016
pendapat pribadi saya AT 2006 itu sempat kena kasus jeduk, hati2 aja ambil yg AT 2016-2017.

MT kalau stop and go terus2 an, ya jelas kalah nyaman sm AT. Bisa pegel juga hehehe

Jadi balik aja keperluan:
Hobi sruntulan di tol ya go for MT (no speed limiter)
Nyetir kalem, sopan ya go for AT
Misal mobil ada dipake nyonya ya baiknya AT juga.

Konsumsi kalo sekarang psbb sepi gini, vrz dapat 12-13 koma sekian, inopah 14 koma sekian.
Jadi kalau jalan lancar dan bawa kalem konsumsi makin deket antara AT dan MT.

Update:
Inopah uda 60k running on bisol/akr kadang2
Ganti filsol 2x :
Odo 20k inisiatif sendiri - masih bersih.
Odo 45k muncul warning ganti fuel filter - kondisi yah coklat tua. Tp pas warning muncul, mobil masih bisa jalan kyk biasa aja.

Mending ganti filter pas nyala warning.

Vrz 23k, sama running full bisol/akr
belum ada warning filsol nyala. Ga pernah ada jeduk trans sih
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: User Long Term Review and Yin-Yang Comparison: Duo 2GD-FTV: ANKI MT vs VRZ

Post by maastricht889 »

faridrach wrote: Thu Sep 24, 2020 3:09
Pboyz97 wrote: Thu Sep 24, 2020 2:10 Impresinya bagaimana selama pemakaian om? Kebetulan masih galau antara 2GD G MT 2017 atau 2GD G AT 2016
Menurut saya sesuaikan dengan kebutuhan. Rute yg dipakai seperti apa? Preferensi pribadi suka MT atau AT?

Kalau saya pertimbangannya: rute kerja saya harian 140km PP. Antar kota semarang-jepara, di mana melewati pantura dan banyak truk muatan besar. Bagi saya nyalip truk dan ketika jalan padat terutama motor itu lebih enak pakai MT, karena butuh akurasi nyalip yg bagus. Jalan juga relatif jarang macet makanya kaki gak pegel ngopling, walaupun pantura sekalinya macet bisa horor sekali misal truk kecelakaan.
Sebelumnya saya pakai fortie VNT 2013 MT juga.

Nah rute kerja om spt apa? Kalau pemakaian kota sering macet sih mungkin lebih enak ambil AT. Lebih gak capek dan praktis aja tinggal seruntulan injek gas, nah di sini mungkin sebabnya AT dalam kota lebih boros.

Sebagai gambaran ini konsumsi BBM saya setelah reset terakhir kurang lebih 2000km yg lalu. Bahan bakar bio solar tambah aditif PTT. Gaya berkendara santai, kalau jalan lagi lenggang paling sering jalan 80km/h kalau padat ya 50-60km/h dan rata2 shifting gear di range eco.

20200924_100233.jpg

Saya pun kaget kok bisa ya segitu iritnya. Dulu dengan gaya nyetir yg sama, pakai VNT MT 2013 paling dapatnya sekitar 12km/l. Walaupun byk faktor ya, fortie ukuran besar, ban besar, mesin juga beda.

Kalau liat issue2 kemarin, kalau mau ambil AT better ambil yg tahun setelah giias 2017 sdh byk improvement salah satunya di transmisinya. Kalau MT aman masalah transmisi dr tahun2 awal juga.
Olinya pake spek dan merk apa om? Penasaran hehehehe. Pernah nyetir ANKI V AT dalkot semarang udah hampir 11km/l dexlite dah happy banget :big_biglaugh: . Pernah juga rental innova diesel MT dipake semarang-jepara PP+muter2 di jepara solarnya msh sisa 1/4an udah seneng banget
faridrach
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Sat Jun 20, 2020 21:28

Re: User Long Term Review and Yin-Yang Comparison: Duo 2GD-FTV: ANKI MT vs VRZ

Post by faridrach »

erwinign wrote: Thu Sep 24, 2020 3:39
faridrach wrote: Thu Sep 24, 2020 3:09
Pboyz97 wrote: Thu Sep 24, 2020 2:10 Impresinya bagaimana selama pemakaian om? Kebetulan masih galau antara 2GD G MT 2017 atau 2GD G AT 2016
Menurut saya sesuaikan dengan kebutuhan. Rute yg dipakai seperti apa? Preferensi pribadi suka MT atau AT?

Kalau saya pertimbangannya: rute kerja saya harian 140km PP. Antar kota semarang-jepara, di mana melewati pantura dan banyak truk muatan besar. Bagi saya nyalip truk dan ketika jalan padat terutama motor itu lebih enak pakai MT, karena butuh akurasi nyalip yg bagus. Jalan juga relatif jarang macet makanya kaki gak pegel ngopling, walaupun pantura sekalinya macet bisa horor sekali misal truk kecelakaan.
Sebelumnya saya pakai fortie VNT 2013 MT juga.

Nah rute kerja om spt apa? Kalau pemakaian kota sering macet sih mungkin lebih enak ambil AT. Lebih gak capek dan praktis aja tinggal seruntulan injek gas, nah di sini mungkin sebabnya AT dalam kota lebih boros.

Sebagai gambaran ini konsumsi BBM saya setelah reset terakhir kurang lebih 2000km yg lalu. Bahan bakar bio solar tambah aditif PTT. Gaya berkendara santai, kalau jalan lagi lenggang paling sering jalan 80km/h kalau padat ya 50-60km/h dan rata2 shifting gear di range eco.

20200924_100233.jpg

Saya pun kaget kok bisa ya segitu iritnya. Dulu dengan gaya nyetir yg sama, pakai VNT MT 2013 paling dapatnya sekitar 12km/l. Walaupun byk faktor ya, fortie ukuran besar, ban besar, mesin juga beda.

Kalau liat issue2 kemarin, kalau mau ambil AT better ambil yg tahun setelah giias 2017 sdh byk improvement salah satunya di transmisinya. Kalau MT aman masalah transmisi dr tahun2 awal juga.
Olinya pake spek dan merk apa om? Penasaran hehehehe. Pernah nyetir ANKI V AT dalkot semarang udah hampir 11km/l dexlite dah happy banget :big_biglaugh: . Pernah juga rental innova diesel MT dipake semarang-jepara PP+muter2 di jepara solarnya msh sisa 1/4an udah seneng banget
Orang semarang juga toh? Hahaha... kalo dalam kota segitu gak heran lah om.. semarang padat udah gitu dikit2 lampu merah :big_peace:

Semarang-jepara paling males kalo dah masuk Welahan, kontainer 40ft berjejer2 nyalipnya musti sabar dan akurat. Belom dump truck muatan tanah overload krikil tanahnya mencolot kemana2 :big_biglaugh:

Ini om spek oli dan aditifnya. PTT 10w30
20200924_104600.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: User Long Term Review and Yin-Yang Comparison: Duo 2GD-FTV: ANKI MT vs VRZ

Post by Pboyz97 »

nyotsaeba wrote: Thu Sep 24, 2020 3:14
Pboyz97 wrote:
faridrach wrote: Thu Sep 24, 2020 0:16

Review yg bagus banget.

Hahaha agak kaget soal konsumsi BBMnya, jauh bener ya? Faktor bodi gambot, ban besar dan (mungkin) vrz beda setelan ECU yg diset beda utk dpt torsi yg 400nm.

Setuju... kalau dah luwes pakai manual begitu pakai matic pasti terasa payah. Mau nyalip pasti ada delay tenaga bbrp saat, beda sama manual yg sesuka kita mau downshift kapan dan narik kapan. Jadi salip menyalip lebih pede dan perhitungan nyalip jd lebih akurat.

Kebetulan saya jg pakai 2GD MT :big_grin: dalam kota lebih irit MT, tapi luar kota rute tol lebih irit AT secara dia running di rpm yg lebih rendah dengan kecepatan yg sama.
Impresinya bagaimana selama pemakaian om? Kebetulan masih galau antara 2GD G MT 2017 atau 2GD G AT 2016
pendapat pribadi saya AT 2006 itu sempat kena kasus jeduk, hati2 aja ambil yg AT 2016-2017.

MT kalau stop and go terus2 an, ya jelas kalah nyaman sm AT. Bisa pegel juga hehehe

Jadi balik aja keperluan:
Hobi sruntulan di tol ya go for MT (no speed limiter)
Nyetir kalem, sopan ya go for AT
Misal mobil ada dipake nyonya ya baiknya AT juga.

Konsumsi kalo sekarang psbb sepi gini, vrz dapat 12-13 koma sekian, inopah 14 koma sekian.
Jadi kalau jalan lancar dan bawa kalem konsumsi makin deket antara AT dan MT.

Update:
Inopah uda 60k running on bisol/akr kadang2
Ganti filsol 2x :
Odo 20k inisiatif sendiri - masih bersih.
Odo 45k muncul warning ganti fuel filter - kondisi yah coklat tua. Tp pas warning muncul, mobil masih bisa jalan kyk biasa aja.

Mending ganti filter pas nyala warning.

Vrz 23k, sama running full bisol/akr
belum ada warning filsol nyala. Ga pernah ada jeduk trans sih
Makasih banyak infonya om. Jadi ada gambaran. Wah, ngeri jg ya, kalo ambil yg matic 2016-2017, jadinya mending manual aja dong. Secara lebih aman daripada putujedug, dan budget jg agak mepet, bisanya ambil yg tahun segitu. Maklum, pengennya yg gak nombok jauh dari xpander 2017 saya dulu hehehe. Kebetulan rute 60% tol dan 40% jalan biasa + kalopun ibu saya yg make, disopirin, dan bapak saya jg udh ada mobil lain dirumah, jadi otomatis bakal jadi pakean saya dan ibu saya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: User Long Term Review and Yin-Yang Comparison: Duo 2GD-FTV: ANKI MT vs VRZ

Post by maastricht889 »

faridrach wrote: Thu Sep 24, 2020 3:52
erwinign wrote: Thu Sep 24, 2020 3:39
faridrach wrote: Thu Sep 24, 2020 3:09

Menurut saya sesuaikan dengan kebutuhan. Rute yg dipakai seperti apa? Preferensi pribadi suka MT atau AT?

Kalau saya pertimbangannya: rute kerja saya harian 140km PP. Antar kota semarang-jepara, di mana melewati pantura dan banyak truk muatan besar. Bagi saya nyalip truk dan ketika jalan padat terutama motor itu lebih enak pakai MT, karena butuh akurasi nyalip yg bagus. Jalan juga relatif jarang macet makanya kaki gak pegel ngopling, walaupun pantura sekalinya macet bisa horor sekali misal truk kecelakaan.
Sebelumnya saya pakai fortie VNT 2013 MT juga.

Nah rute kerja om spt apa? Kalau pemakaian kota sering macet sih mungkin lebih enak ambil AT. Lebih gak capek dan praktis aja tinggal seruntulan injek gas, nah di sini mungkin sebabnya AT dalam kota lebih boros.

Sebagai gambaran ini konsumsi BBM saya setelah reset terakhir kurang lebih 2000km yg lalu. Bahan bakar bio solar tambah aditif PTT. Gaya berkendara santai, kalau jalan lagi lenggang paling sering jalan 80km/h kalau padat ya 50-60km/h dan rata2 shifting gear di range eco.

20200924_100233.jpg

Saya pun kaget kok bisa ya segitu iritnya. Dulu dengan gaya nyetir yg sama, pakai VNT MT 2013 paling dapatnya sekitar 12km/l. Walaupun byk faktor ya, fortie ukuran besar, ban besar, mesin juga beda.

Kalau liat issue2 kemarin, kalau mau ambil AT better ambil yg tahun setelah giias 2017 sdh byk improvement salah satunya di transmisinya. Kalau MT aman masalah transmisi dr tahun2 awal juga.
Olinya pake spek dan merk apa om? Penasaran hehehehe. Pernah nyetir ANKI V AT dalkot semarang udah hampir 11km/l dexlite dah happy banget :big_biglaugh: . Pernah juga rental innova diesel MT dipake semarang-jepara PP+muter2 di jepara solarnya msh sisa 1/4an udah seneng banget
Orang semarang juga toh? Hahaha... kalo dalam kota segitu gak heran lah om.. semarang padat udah gitu dikit2 lampu merah :big_peace:

Semarang-jepara paling males kalo dah masuk Welahan, kontainer 40ft berjejer2 nyalipnya musti sabar dan akurat. Belom dump truck muatan tanah overload krikil tanahnya mencolot kemana2 :big_biglaugh:

Ini om spek oli dan aditifnya. PTT 10w30
20200924_104600.jpg
Iya om smg juga. Apalg pas sayung/masuk kaligawe lg beton2an paling males om saya :big_biglaugh:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: User Long Term Review and Yin-Yang Comparison: Duo 2GD-FTV: ANKI MT vs VRZ

Post by maastricht889 »

Pboyz97 wrote: Thu Sep 24, 2020 3:55
nyotsaeba wrote: Thu Sep 24, 2020 3:14
Pboyz97 wrote: Impresinya bagaimana selama pemakaian om? Kebetulan masih galau antara 2GD G MT 2017 atau 2GD G AT 2016
pendapat pribadi saya AT 2006 itu sempat kena kasus jeduk, hati2 aja ambil yg AT 2016-2017.

MT kalau stop and go terus2 an, ya jelas kalah nyaman sm AT. Bisa pegel juga hehehe

Jadi balik aja keperluan:
Hobi sruntulan di tol ya go for MT (no speed limiter)
Nyetir kalem, sopan ya go for AT
Misal mobil ada dipake nyonya ya baiknya AT juga.

Konsumsi kalo sekarang psbb sepi gini, vrz dapat 12-13 koma sekian, inopah 14 koma sekian.
Jadi kalau jalan lancar dan bawa kalem konsumsi makin deket antara AT dan MT.

Update:
Inopah uda 60k running on bisol/akr kadang2
Ganti filsol 2x :
Odo 20k inisiatif sendiri - masih bersih.
Odo 45k muncul warning ganti fuel filter - kondisi yah coklat tua. Tp pas warning muncul, mobil masih bisa jalan kyk biasa aja.

Mending ganti filter pas nyala warning.

Vrz 23k, sama running full bisol/akr
belum ada warning filsol nyala. Ga pernah ada jeduk trans sih
Makasih banyak infonya om. Jadi ada gambaran. Wah, ngeri jg ya, kalo ambil yg matic 2016-2017, jadinya mending manual aja dong. Secara lebih aman daripada putujedug, dan budget jg agak mepet, bisanya ambil yg tahun segitu. Maklum, pengennya yg gak nombok jauh dari xpander 2017 saya dulu hehehe. Kebetulan rute 60% tol dan 40% jalan biasa + kalopun ibu saya yg make, disopirin, dan bapak saya jg udh ada mobil lain dirumah, jadi otomatis bakal jadi pakean saya dan ibu saya
Bukannya waktu kapan itu soal jedug matic udah ada solusi dibahas disini ya om? Seinget saya om turboman bilang kalo dr bawaan pabrik volum ATFnya memang kurang jd nyebabin jedug itu. Kl soal turbo cacat mungkin solusinya bisa liat recordnya (kl lengkap) mesti ada ketulis klaim turbonya (kalo diklaim ya). Cm yg saya temuin beberapa orang yg pake ANKI/ANF turbonya pd gitu jg bodo amat ttp jalan normal :big_biglaugh:
faridrach
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Sat Jun 20, 2020 21:28

Re: User Long Term Review and Yin-Yang Comparison: Duo 2GD-FTV: ANKI MT vs VRZ

Post by faridrach »

erwinign wrote: Thu Sep 24, 2020 3:56 Iya om smg juga. Apalg pas sayung/masuk kaligawe lg beton2an paling males om saya :big_biglaugh:
Betonisasi sayung sdh beres om... lancar jaya sekarang :big_exellent:
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: User Long Term Review and Yin-Yang Comparison: Duo 2GD-FTV: ANKI MT vs VRZ

Post by nyotsaeba »

Pboyz97 wrote:
nyotsaeba wrote: Thu Sep 24, 2020 3:14
Pboyz97 wrote: Impresinya bagaimana selama pemakaian om? Kebetulan masih galau antara 2GD G MT 2017 atau 2GD G AT 2016
pendapat pribadi saya AT 2006 itu sempat kena kasus jeduk, hati2 aja ambil yg AT 2016-2017.

MT kalau stop and go terus2 an, ya jelas kalah nyaman sm AT. Bisa pegel juga hehehe

Jadi balik aja keperluan:
Hobi sruntulan di tol ya go for MT (no speed limiter)
Nyetir kalem, sopan ya go for AT
Misal mobil ada dipake nyonya ya baiknya AT juga.

Konsumsi kalo sekarang psbb sepi gini, vrz dapat 12-13 koma sekian, inopah 14 koma sekian.
Jadi kalau jalan lancar dan bawa kalem konsumsi makin deket antara AT dan MT.

Update:
Inopah uda 60k running on bisol/akr kadang2
Ganti filsol 2x :
Odo 20k inisiatif sendiri - masih bersih.
Odo 45k muncul warning ganti fuel filter - kondisi yah coklat tua. Tp pas warning muncul, mobil masih bisa jalan kyk biasa aja.

Mending ganti filter pas nyala warning.

Vrz 23k, sama running full bisol/akr
belum ada warning filsol nyala. Ga pernah ada jeduk trans sih
Makasih banyak infonya om. Jadi ada gambaran. Wah, ngeri jg ya, kalo ambil yg matic 2016-2017, jadinya mending manual aja dong. Secara lebih aman daripada putujedug, dan budget jg agak mepet, bisanya ambil yg tahun segitu. Maklum, pengennya yg gak nombok jauh dari xpander 2017 saya dulu hehehe. Kebetulan rute 60% tol dan 40% jalan biasa + kalopun ibu saya yg make, disopirin, dan bapak saya jg udh ada mobil lain dirumah, jadi otomatis bakal jadi pakean saya dan ibu saya
Posisi jkt om? Kl cari manual diesel di jkt sulit ya, banyakan yang AT. Denger2 sih pedege paling demen cari innova MT buat jual ke daerah, buat travel juga.

kalaupun ada yg jual harga mirip aja MT sm AT, mungkin karena faktor jedug nya.
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: User Long Term Review and Yin-Yang Comparison: Duo 2GD-FTV: ANKI MT vs VRZ

Post by nyotsaeba »

erwinign wrote:
Pboyz97 wrote: Thu Sep 24, 2020 3:55
nyotsaeba wrote: Thu Sep 24, 2020 3:14 pendapat pribadi saya AT 2006 itu sempat kena kasus jeduk, hati2 aja ambil yg AT 2016-2017.

MT kalau stop and go terus2 an, ya jelas kalah nyaman sm AT. Bisa pegel juga hehehe

Jadi balik aja keperluan:
Hobi sruntulan di tol ya go for MT (no speed limiter)
Nyetir kalem, sopan ya go for AT
Misal mobil ada dipake nyonya ya baiknya AT juga.

Konsumsi kalo sekarang psbb sepi gini, vrz dapat 12-13 koma sekian, inopah 14 koma sekian.
Jadi kalau jalan lancar dan bawa kalem konsumsi makin deket antara AT dan MT.

Update:
Inopah uda 60k running on bisol/akr kadang2
Ganti filsol 2x :
Odo 20k inisiatif sendiri - masih bersih.
Odo 45k muncul warning ganti fuel filter - kondisi yah coklat tua. Tp pas warning muncul, mobil masih bisa jalan kyk biasa aja.

Mending ganti filter pas nyala warning.

Vrz 23k, sama running full bisol/akr
belum ada warning filsol nyala. Ga pernah ada jeduk trans sih
Makasih banyak infonya om. Jadi ada gambaran. Wah, ngeri jg ya, kalo ambil yg matic 2016-2017, jadinya mending manual aja dong. Secara lebih aman daripada putujedug, dan budget jg agak mepet, bisanya ambil yg tahun segitu. Maklum, pengennya yg gak nombok jauh dari xpander 2017 saya dulu hehehe. Kebetulan rute 60% tol dan 40% jalan biasa + kalopun ibu saya yg make, disopirin, dan bapak saya jg udh ada mobil lain dirumah, jadi otomatis bakal jadi pakean saya dan ibu saya
Bukannya waktu kapan itu soal jedug matic udah ada solusi dibahas disini ya om? Seinget saya om turboman bilang kalo dr bawaan pabrik volum ATFnya memang kurang jd nyebabin jedug itu. Kl soal turbo cacat mungkin solusinya bisa liat recordnya (kl lengkap) mesti ada ketulis klaim turbonya (kalo diklaim ya). Cm yg saya temuin beberapa orang yg pake ANKI/ANF turbonya pd gitu jg bodo amat ttp jalan normal :big_biglaugh:
Nah, masalah jeduk ini yang rancu, ada baca2 juga disini yang atf kurang, software update, atau sampe ganti transmisi segelondong, ada yg total solved, ada yg cuma berkurang gejala.

Mungkin penyebabnya ga sesimpel atf kurang, karena penyakit hanya ada di at diesel, logikanya kl gr2 atf kurang, mestinya di at bensin juga kena penyakit yg sama, tp nyatanya nggak ada.

Tp persepsi orang sudah kadung kl at diesel awal2 ada trouble, jd pengaruh resale value jg. Logis juga sih, kalo sempet ada jedak jeduk kenceng, walaupun kemudian diservis baik tambah atf atau remap, bisa jadi tu umur komponen AT ga akan sepanjang semestinya.
bsetiawan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 251
Joined: Mon Aug 01, 2016 15:44

Re: User Long Term Review and Yin-Yang Comparison: Duo 2GD-FTV: ANKI MT vs VRZ

Post by bsetiawan »

nyotsaeba wrote: Thu Sep 24, 2020 4:24
erwinign wrote:
Pboyz97 wrote: Thu Sep 24, 2020 3:55

Makasih banyak infonya om. Jadi ada gambaran. Wah, ngeri jg ya, kalo ambil yg matic 2016-2017, jadinya mending manual aja dong. Secara lebih aman daripada putujedug, dan budget jg agak mepet, bisanya ambil yg tahun segitu. Maklum, pengennya yg gak nombok jauh dari xpander 2017 saya dulu hehehe. Kebetulan rute 60% tol dan 40% jalan biasa + kalopun ibu saya yg make, disopirin, dan bapak saya jg udh ada mobil lain dirumah, jadi otomatis bakal jadi pakean saya dan ibu saya
Bukannya waktu kapan itu soal jedug matic udah ada solusi dibahas disini ya om? Seinget saya om turboman bilang kalo dr bawaan pabrik volum ATFnya memang kurang jd nyebabin jedug itu. Kl soal turbo cacat mungkin solusinya bisa liat recordnya (kl lengkap) mesti ada ketulis klaim turbonya (kalo diklaim ya). Cm yg saya temuin beberapa orang yg pake ANKI/ANF turbonya pd gitu jg bodo amat ttp jalan normal :big_biglaugh:
Nah, masalah jeduk ini yang rancu, ada baca2 juga disini yang atf kurang, software update, atau sampe ganti transmisi segelondong, ada yg total solved, ada yg cuma berkurang gejala.

Mungkin penyebabnya ga sesimpel atf kurang, karena penyakit hanya ada di at diesel, logikanya kl gr2 atf kurang, mestinya di at bensin juga kena penyakit yg sama, tp nyatanya nggak ada.

Tp persepsi orang sudah kadung kl at diesel awal2 ada trouble, jd pengaruh resale value jg. Logis juga sih, kalo sempet ada jedak jeduk kenceng, walaupun kemudian diservis baik tambah atf atau remap, bisa jadi tu umur komponen AT ga akan sepanjang semestinya.
Faktor utama yg menyebabkan transmisi jedug dikarenakan kualitas oli WS bawaan yg digunakan, memiliki titik didih yg rendah. Coba diganti dgn Aisin AFW+ atau kelas keraton, jedugnya pasti berkurang/beres. Transmisi ANKI/VRZ jg digunakan pada Tacoma di US; forum ini yg menemukan solusinya dan Om Turbo jg yg menemukan solusi di forum ini. CMIIW
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: User Long Term Review and Yin-Yang Comparison: Duo 2GD-FTV: ANKI MT vs VRZ

Post by Pboyz97 »

erwinign wrote: Thu Sep 24, 2020 3:58

Bukannya waktu kapan itu soal jedug matic udah ada solusi dibahas disini ya om? Seinget saya om turboman bilang kalo dr bawaan pabrik volum ATFnya memang kurang jd nyebabin jedug itu. Kl soal turbo cacat mungkin solusinya bisa liat recordnya (kl lengkap) mesti ada ketulis klaim turbonya (kalo diklaim ya). Cm yg saya temuin beberapa orang yg pake ANKI/ANF turbonya pd gitu jg bodo amat ttp jalan normal :big_biglaugh:
Waduh, kalo soal itu kurang tau om. Anyway thanks infonya om
nyotsaeba wrote: Thu Sep 24, 2020 4:13
Posisi jkt om? Kl cari manual diesel di jkt sulit ya, banyakan yang AT. Denger2 sih pedege paling demen cari innova MT buat jual ke daerah, buat travel juga.

kalaupun ada yg jual harga mirip aja MT sm AT, mungkin karena faktor jedug nya.
Iya om ,di jkt. Oalah, saya kurang tau om kalo soal masalah jedug. Cuma kalo di jkt lebih cepet jual matic apa manual ya? hehehe, karena pakenya paling lama jg 2 tahun saja
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: User Long Term Review and Yin-Yang Comparison: Duo 2GD-FTV: ANKI MT vs VRZ

Post by maastricht889 »

Pboyz97 wrote: Thu Sep 24, 2020 6:00
erwinign wrote: Thu Sep 24, 2020 3:58

Bukannya waktu kapan itu soal jedug matic udah ada solusi dibahas disini ya om? Seinget saya om turboman bilang kalo dr bawaan pabrik volum ATFnya memang kurang jd nyebabin jedug itu. Kl soal turbo cacat mungkin solusinya bisa liat recordnya (kl lengkap) mesti ada ketulis klaim turbonya (kalo diklaim ya). Cm yg saya temuin beberapa orang yg pake ANKI/ANF turbonya pd gitu jg bodo amat ttp jalan normal :big_biglaugh:
Waduh, kalo soal itu kurang tau om. Anyway thanks infonya om
nyotsaeba wrote: Thu Sep 24, 2020 4:13
Posisi jkt om? Kl cari manual diesel di jkt sulit ya, banyakan yang AT. Denger2 sih pedege paling demen cari innova MT buat jual ke daerah, buat travel juga.

kalaupun ada yg jual harga mirip aja MT sm AT, mungkin karena faktor jedug nya.
Iya om ,di jkt. Oalah, saya kurang tau om kalo soal masalah jedug. Cuma kalo di jkt lebih cepet jual matic apa manual ya? hehehe, karena pakenya paling lama jg 2 tahun saja
Kl soal dijual lbh cepet mana, udh ketebak lah om kl di jakarta wkwkwkkwwk
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: User Long Term Review and Yin-Yang Comparison: Duo 2GD-FTV: ANKI MT vs VRZ

Post by Pboyz97 »

erwinign wrote: Thu Sep 24, 2020 6:04
Pboyz97 wrote: Thu Sep 24, 2020 6:00
erwinign wrote: Thu Sep 24, 2020 3:58

Bukannya waktu kapan itu soal jedug matic udah ada solusi dibahas disini ya om? Seinget saya om turboman bilang kalo dr bawaan pabrik volum ATFnya memang kurang jd nyebabin jedug itu. Kl soal turbo cacat mungkin solusinya bisa liat recordnya (kl lengkap) mesti ada ketulis klaim turbonya (kalo diklaim ya). Cm yg saya temuin beberapa orang yg pake ANKI/ANF turbonya pd gitu jg bodo amat ttp jalan normal :big_biglaugh:
Waduh, kalo soal itu kurang tau om. Anyway thanks infonya om
nyotsaeba wrote: Thu Sep 24, 2020 4:13
Posisi jkt om? Kl cari manual diesel di jkt sulit ya, banyakan yang AT. Denger2 sih pedege paling demen cari innova MT buat jual ke daerah, buat travel juga.

kalaupun ada yg jual harga mirip aja MT sm AT, mungkin karena faktor jedug nya.
Iya om ,di jkt. Oalah, saya kurang tau om kalo soal masalah jedug. Cuma kalo di jkt lebih cepet jual matic apa manual ya? hehehe, karena pakenya paling lama jg 2 tahun saja
Kl soal dijual lbh cepet mana, udh ketebak lah om kl di jakarta wkwkwkkwwk
Matic sih feeling saya. Wkwkwwk. Cuma agak galau aja sih antara
- G diesel manual 2017 km 43 rb, tangan pertama, pajak tahun depan, atas nama pribadi, 245 jt
- G diesel matic 2016 km 30 rb, tangan pertama, pajak tahun depan, nama PT, 250 jt

Kondisi sama2 bagus
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: User Long Term Review and Yin-Yang Comparison: Duo 2GD-FTV: ANKI MT vs VRZ

Post by maastricht889 »

Pboyz97 wrote: Thu Sep 24, 2020 6:12
erwinign wrote: Thu Sep 24, 2020 6:04
Pboyz97 wrote: Thu Sep 24, 2020 6:00
Waduh, kalo soal itu kurang tau om. Anyway thanks infonya om


Iya om ,di jkt. Oalah, saya kurang tau om kalo soal masalah jedug. Cuma kalo di jkt lebih cepet jual matic apa manual ya? hehehe, karena pakenya paling lama jg 2 tahun saja
Kl soal dijual lbh cepet mana, udh ketebak lah om kl di jakarta wkwkwkkwwk
Matic sih feeling saya. Wkwkwwk. Cuma agak galau aja sih antara
- G diesel manual 2017 km 43 rb, tangan pertama, pajak tahun depan, atas nama pribadi, 245 jt
- G diesel matic 2016 km 30 rb, tangan pertama, pajak tahun depan, nama PT, 250 jt

Kondisi sama2 bagus
Lhaaaaa ini oom, saya sih merem opsi kedua ya yg 30rb. Asal dg catetan record jelas dan sebisa mgkn jangan lwt pedagang biar lbh enak cek barangnya
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: User Long Term Review and Yin-Yang Comparison: Duo 2GD-FTV: ANKI MT vs VRZ

Post by nyotsaeba »

erwinign wrote:
Pboyz97 wrote: Thu Sep 24, 2020 6:12
erwinign wrote: Thu Sep 24, 2020 6:04 Kl soal dijual lbh cepet mana, udh ketebak lah om kl di jakarta wkwkwkkwwk
Matic sih feeling saya. Wkwkwwk. Cuma agak galau aja sih antara
- G diesel manual 2017 km 43 rb, tangan pertama, pajak tahun depan, atas nama pribadi, 245 jt
- G diesel matic 2016 km 30 rb, tangan pertama, pajak tahun depan, nama PT, 250 jt

Kondisi sama2 bagus
Lhaaaaa ini oom, saya sih merem opsi kedua ya yg 30rb. Asal dg catetan record jelas dan sebisa mgkn jangan lwt pedagang biar lbh enak cek barangnya
Saya sih pilih opsi 1 lbh baru, murah dan worry free hehehe..

Tahun 2017 bulan agustus kl ga salah, Anki diesel ada improvement, di mesin, catalytic pindah dari downpipe ke center pipe, konon katanya buat turbo lbh awet krn mengurangi back pressure dr catalytic.

Di sisi lain interior malah downgrade, lampu power window yg tadinya semua tombol nyala, jadi cm 1 aja yg nyala. Plus printilan lain jg downgrade kyk kulit pembungkus tuas transmisi.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11282
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: User Long Term Review and Yin-Yang Comparison: Duo 2GD-FTV: ANKI MT vs VRZ

Post by Omnibus »

cukup nahan ya harga bekasnya ...
HaykelAdityawarman
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 260
Joined: Wed Mar 06, 2019 2:15
Location: Greater Jakarta
Daily Vehicle: 2015 Mitsubishi A03A 3A92 GLX MT

Re: User Long Term Review and Yin-Yang Comparison: Duo 2GD-FTV: ANKI MT vs VRZ

Post by HaykelAdityawarman »

Pboyz97 wrote: Thu Sep 24, 2020 6:12
Matic sih feeling saya. Wkwkwwk. Cuma agak galau aja sih antara
- G diesel manual 2017 km 43 rb, tangan pertama, pajak tahun depan, atas nama pribadi, 245 jt
- G diesel matic 2016 km 30 rb, tangan pertama, pajak tahun depan, nama PT, 250 jt

Kondisi sama2 bagus
cobain test drive om, gimana perbedaan feel manual sama maticnya terus report kesini yaa hehehe... ane juga rencana mau ganti ipah 2KD manual dirumah... dari dulu jaman kijang kapsul selalu ambil diesel manual, jaman sekarang masih worth ambil manual gak ya :big_think:
Current: 2008 Mitsubishi CY4A 4B11 CVT

Others:
2020 ANH140 2GD-FTV AT
2019 RU1 L15Z CVT
2019 PQ26-6C 1.2T DSG
2019 CMF-A 1.0 AMT
2013 GM2 L15A AT
2003 E46 M54B25 AT
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: User Long Term Review and Yin-Yang Comparison: Duo 2GD-FTV: ANKI MT vs VRZ

Post by Pboyz97 »

erwinign wrote: Thu Sep 24, 2020 6:23

Lhaaaaa ini oom, saya sih merem opsi kedua ya yg 30rb. Asal dg catetan record jelas dan sebisa mgkn jangan lwt pedagang biar lbh enak cek barangnya
Siap. Makasih masukannya om, saran ditampung
nyotsaeba wrote: Thu Sep 24, 2020 6:51

Saya sih pilih opsi 1 lbh baru, murah dan worry free hehehe..

Tahun 2017 bulan agustus kl ga salah, Anki diesel ada improvement, di mesin, catalytic pindah dari downpipe ke center pipe, konon katanya buat turbo lbh awet krn mengurangi back pressure dr catalytic.

Di sisi lain interior malah downgrade, lampu power window yg tadinya semua tombol nyala, jadi cm 1 aja yg nyala. Plus printilan lain jg downgrade kyk kulit pembungkus tuas transmisi.
Siap. Saran ditampung, btw manualnya 2gd sm innova lama enakkan mana driving feelnya om kalo di jkt?
HaykelAdityawarman wrote: Thu Sep 24, 2020 7:13

cobain test drive om, gimana perbedaan feel manual sama maticnya terus report kesini yaa hehehe... ane juga rencana mau ganti ipah 2KD manual dirumah... dari dulu jaman kijang kapsul selalu ambil diesel manual, jaman sekarang masih worth ambil manual gak ya :big_think:
Siap om. Nanti coba saya report kesini kalo jadi td dan ambil unitnya. Btw 2kd manualnya tahun berapa dan tipe apa ya? Saya kebetulan lg nyari innova 2kd jg buat alternatif. Bisa pm saya atau hubungi saya via WA ke nomor : 085216060601. Terima kasih

Kalo buat jaman sekarang sih, masih worth2 aja. Asal gak ngeluh pegel, apalagi jakarta macetnya tau sendiri lah kaya gmn hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: User Long Term Review and Yin-Yang Comparison: Duo 2GD-FTV: ANKI MT vs VRZ

Post by nyotsaeba »

Pboyz97 wrote:
erwinign wrote: Thu Sep 24, 2020 6:23

Lhaaaaa ini oom, saya sih merem opsi kedua ya yg 30rb. Asal dg catetan record jelas dan sebisa mgkn jangan lwt pedagang biar lbh enak cek barangnya
Siap. Makasih masukannya om, saran ditampung
nyotsaeba wrote: Thu Sep 24, 2020 6:51

Saya sih pilih opsi 1 lbh baru, murah dan worry free hehehe..

Tahun 2017 bulan agustus kl ga salah, Anki diesel ada improvement, di mesin, catalytic pindah dari downpipe ke center pipe, konon katanya buat turbo lbh awet krn mengurangi back pressure dr catalytic.

Di sisi lain interior malah downgrade, lampu power window yg tadinya semua tombol nyala, jadi cm 1 aja yg nyala. Plus printilan lain jg downgrade kyk kulit pembungkus tuas transmisi.
Siap. Saran ditampung, btw manualnya 2gd sm innova lama enakkan mana driving feelnya om kalo di jkt?
HaykelAdityawarman wrote: Thu Sep 24, 2020 7:13

cobain test drive om, gimana perbedaan feel manual sama maticnya terus report kesini yaa hehehe... ane juga rencana mau ganti ipah 2KD manual dirumah... dari dulu jaman kijang kapsul selalu ambil diesel manual, jaman sekarang masih worth ambil manual gak ya :big_think:
Siap om. Nanti coba saya report kesini kalo jadi td dan ambil unitnya. Btw 2kd manualnya tahun berapa dan tipe apa ya? Saya kebetulan lg nyari innova 2kd jg buat alternatif. Bisa pm saya atau hubungi saya via WA ke nomor : 085216060601. Terima kasih

Kalo buat jaman sekarang sih, masih worth2 aja. Asal gak ngeluh pegel, apalagi jakarta macetnya tau sendiri lah kaya gmn hehehe
Jauhhh enak 2gd la om, inova diesel mt lama gear ratio nya aneh, napas pendek banget, mesti sering ganti2 gigi.

100km/h keatas suara mesin dan rpm uda tinggi ga kira2, makanya mau dpt 10km/l dalkot aja susah.

Di 2gd uda beda gear ratio nya, gigi 3 jln 60 aja masih ok. 100an ke atas gigi 4 jg msh ok. Mungkin mirip kyk inova bensin lama lah ratio nya.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: User Long Term Review and Yin-Yang Comparison: Duo 2GD-FTV: ANKI MT vs VRZ

Post by Pboyz97 »

nyotsaeba wrote: Thu Sep 24, 2020 17:01

Jauhhh enak 2gd la om, inova diesel mt lama gear ratio nya aneh, napas pendek banget, mesti sering ganti2 gigi.

100km/h keatas suara mesin dan rpm uda tinggi ga kira2, makanya mau dpt 10km/l dalkot aja susah.

Di 2gd uda beda gear ratio nya, gigi 3 jln 60 aja masih ok. 100an ke atas gigi 4 jg msh ok. Mungkin mirip kyk inova bensin lama lah ratio nya.
Wah, ternyata jauh lebih enak reborn ya, saya kira gajauh beda impresi berkendaranya kalo reborn manual dibanding innova lama
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2107
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: User Long Term Review and Yin-Yang Comparison: Duo 2GD-FTV: ANKI MT vs VRZ

Post by Venturtle »

nice review, om.. enak baca reviewnya :off_good_job:
semoga awet mobilnya ya.. :big_smile]