Long Term Review Camry Hybrid HV XV50 (0-64000km on going, 6 years)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

arfs
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1287
Joined: 25 Jan 2016, 18:40
Location: Jakarta

Re: Long Term Review Camry Hybrid HV XV50 (0-64000km on going, 6 years)

Post by arfs »

kunaskun wrote: 06 Dec 2020, 20:54
tools chargernya *maaf* level hobbyist . imax itu kan aslinya untuk charger batere RC.
apakah akurasinya bisa dipertanggung jawabkan? karena ini bicara soal safety dari benda yg kecil2 bisa bahaya juga karena "energy dense".
KielConstantine wrote: 06 Dec 2020, 20:37 Info yang bagus nih. Memang sakti2 ya montir kita. Disaat pabrikan suruh ganti segelondong, ini bisa di repair/rekondisi per part/cells wkwkwkwkwkwkwk.
karena pabrikan sejak dulu kan memang jual part per assy. apalagi baterai lithium pack untuk EV.
untuk laptop saja paling tidak butuh 3 cell, bahkan beberapa ponsel saja pakai 2 cell. untuk ev? ribuan cell.
terlebih lagi ini urusan safety.

sebetulnya yang "bener" itu seperti disini:


dari 3rd party provider setiap cell dicek dan "load balanced" satu per satu, dan disusun per pack yang tiap pack di "load balance" jadi lebih aman dan lebih awet. tapi ya namanya saja negara berflower ada aja kadal2annya, truk gandeng 40 ton aja rem sengaja dilepas biar irit:big_slap:
Wah begitu yah om, thanks info lebih detail dan koreksinya. :frm_salut:
Sepertinya lebih baik beli satu assy utuh saja daripada "dikali" karena di indo belum ada 3rd party battery provider yg kyk di video chrisfix
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3206
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Long Term Review Camry Hybrid HV XV50 (0-64000km on going, 6 years)

Post by kunaskun »

arfs wrote: 06 Dec 2020, 21:45 Wah begitu yah om, thanks info lebih detail dan koreksinya. :frm_salut:
Sepertinya lebih baik beli satu assy utuh saja daripada "dikali" karena di indo <b> belum ada 3rd party battery provider </b> yg kyk di video chrisfix
mungkin belum ada atau belum tahu saja Om, karena kalau zaman dulu saja sudah ada kan jasa "Refill" baterai laptop, nah sepertinya untuk ukuran EV seperti ini belum ada tapi nampaknya ada yang untuk corporate atau business, karena BTS, peralatan telekomunikasi atau IT atau banking atau Health Industries atau lab atau factory atau power grid di remote area yg zero downtime kan sudah banyak yg ga pakai batere aki basah atau aki kering lagi, tapi sudah geser ke Ni-MH atau Li-ion based.
Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2975
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Long Term Review Camry Hybrid HV XV50 (0-64000km on going, 6 years)

Post by Pboyz97 »

Ijin up thread lama. Kebetulan blm lama ini ditawarin camry XV50 Hybrid 2012 PFL km 190 rb punya temen bokap(tapi service record beres toyota), buku manual, buku servis, gantungan oli lengkap semua. Tampilan full ori luar dalem, kebetulan udh liat unitnya. Minusnya ada di lampu foglamp depan kanan yg mati, batre yg kayanya blm ganti , sm setirnya bunyi "grek grek" sm "klotok2" kalo dipake buat nikung sm dipake mundur sm body baret2 wajar pemakaian dan sistem auto di power window sisi driver mati, jadi bisanya manual doang wkkw. Kebetulan udh liat unitnya, dan lg kalkulasi dulu, apakah budget beli + biaya perbaikannya masuk apa ga. Nah, menurut om 2 sekalian, worth ga ya? Kebetulan pakenya gabakal lama karena saya orangnya bosenan (kemungkinan buat dijual lagi) + buat mobil keempat juga, karena dirumah udh ada HRV, CRV Turbo pres dan AN CX5 Elite hehehe + harga batre sm rack steering xv50 berapa ya? Kisarannya aja di Spesialis atau beres bebas. Dan spare budget 30-40 apakah cukup buat beresin si XV50 ini? Terimakasih
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT
impz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: 18 Jul 2014, 12:05
Location: West Batavia
Daily Vehicle: daHon

Re: Long Term Review Camry Hybrid HV XV50 (0-64000km on going, 6 years)

Post by impz »

membangunkan thread lama....

saya lagi seru melihat dan membandingkan mobil hybrid nih om,... mau bertanya nih om, kalau batre nya rusak apakah harus ganti di beres? di Indonesia (terutama jakarta) apakah ada bengkel spesialis untuk batre nya? lalu untuk cmary ini ada hal2 yang harus diperhatikan (penyakit nya) kalau saya mau angkat unit sekond? mungkin tahun 2012-2014an gitu, mengingat berarti sudah berumur 7-9 tahunan kira2...
be responsible and be considerate on the road, folks!
:big_smoking:
Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2975
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Long Term Review Camry Hybrid HV XV50 (0-64000km on going, 6 years)

Post by Pboyz97 »

impz wrote: 26 Jun 2021, 10:47 membangunkan thread lama....

saya lagi seru melihat dan membandingkan mobil hybrid nih om,... mau bertanya nih om, kalau batre nya rusak apakah harus ganti di beres? di Indonesia (terutama jakarta) apakah ada bengkel spesialis untuk batre nya? lalu untuk cmary ini ada hal2 yang harus diperhatikan (penyakit nya) kalau saya mau angkat unit sekond? mungkin tahun 2012-2014an gitu, mengingat berarti sudah berumur 7-9 tahunan kira2...
saya coba bantu jawab ya. kalo batre, kayanya harus ganti di beres. kalo soal spesialis buat batrenya, saya kurang tau. dan kalo camry xv50 pfl ini, apalagi yg tahun 2012-2014 , yg perlu dicek adalah:
- saran saya cari yg V aja (kalo G agak nanggung soalnya, fitur beda jauh tapi harga sekennya beda tipis kok hehehe), kalo emg mau yg hybrid lebih bagus, cuma nyarinya harus lebih sabar lagi secara populasinya ga sebanyak yg tipe G atau V
- usahakan dari pemakai langsung
- kaki2 dan rack steeringnya
- elektrikalnya, karena camry ini elektrikalnya cukup canggih buat mobil jepang
- khusus yg hybrid, cek batrenya (kalo bisa cari yg batrenya udh ganti + lebih bagus lg ada nota bon penggantian batrenya karena sekali gantinya ini batre cukup mahal (sekitar 40-50 jt kalo gasalah)
- maticnya, pastikan owner sblmnya telaten dan rutin ganti oli CVT nya
- buku servis, buku manual dan faktur wajib ada (lebih bagus ada bon servis entah beres or spesialsi atau gantungan oli, jadi kita tau apa aja yg harus diganti buat pemakaian berikutnya)
- hati2 sm odo puteran, karena mobil ini banyak yg jadi workhorse ownernya, serta dijadiin armada PT dan rental, sehingga yg kondisinya cape dan ga karuan juga banyak, apalagi di jakarta (ajak kenalan yg ngerti mobil dan kalo bisa beli di pemakai langsung) jadi potensi dapet unit jelek bisa diminimalkan
- jangan cuma 1 unit aja yg di survei, minimal 2, jadi ada pembanding, dari segi harga dan kondisi, lebih cocok yg mana . dan jangan tergiur harga murah, lebih baik beli dengan harga yg lebih mahal sedikit tapi minim PR daripada asal murah tapi banyak PR nya , serta lebih baik km tinggi tapi history servicenya jelas dan terawat daripada odo rendah tapi history servicenya gajelas dan ga terawat
- sering2 deh main ke spesialis atau komunitasnya , siapatau bisa dapet ilmu dan refrensi bengkel spesialis yg harganya terjangkau tapi pelayanannya oke hehehe atau bisa dapet ilmu baru tentang mobil ini (entah fitur atau yg lainnya)

itu aja kalo dari saya, semoga bermanfaat. happy hunting dan semoga dapet unit yg sesuai expektasi ya hehehe
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT
tanuuuaja
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 10 Aug 2021, 15:11
Location: Indonesia

Re: Long Term Review Camry Hybrid HV XV50 (0-64000km on going, 6 years)

Post by tanuuuaja »

Hallo suhu2 semua.. saya ad rencana ambil mobil ini nih tahun depan. Mau tanya kan secara anggap mobil 2012, ud 10 tahun. Selain part2 crusial spt rack steer, battery, kaki2 dll. Apakah bagian2 seperti per kabelan atau material2 yg berbahan plastik atau karet diganti semua? Ada yg punya pengalaman? Kena abis berapa ya?

Sama 1 lg, saya kalau rencana mau ditmbhin full body peredam, apakah ada yg punya pengalaman? Harga, tingkat kesulitan atau bengkel yg bisa? Secara kelistrikan mobil ini ribet ya.

Makasih in advance ya suhu2 :big_deal:
Post Reply