Owning Experience : 5 months with AN CX5 2018

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

rakyatwkwkland
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 306
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Owning Experience : 5 months with AN CX5 2018

Post by rakyatwkwkland »

Pboyz97 wrote: 28 Jun 2021, 12:46
Venturtle wrote: 27 Jun 2021, 01:43
kalo disupirin dan mencari kenyamanan baris kedua ya alphard saja.. kalo mobil diesel apakah sudah siap dengan bau diesel yg menyengat? apalagi ane liat history om & keluarga uda terbiasa dengan mobil2 bensin kan..ane aja uda kapok dan ga akan beli lagi mobil diesel.. kelebihan diesel itu cukup irit (kalo isi biosolar) dan torsinya yg oke.. kalo ane sih pakainya minimal dexlite.. dari dulu selalu pakai mobil bensin , sekarang pakai ANKI diesel dan ANPS diesel ga terbiasa sama baunya.. ini rencananya mau dijual salah satu dulu.. wkwkwk.. sorry, malah curhat jadinya :mky_01:
iya sih, emg jauh lebih nyaman alphard dibanding innova karena kelas juga ga boong, cuma yg bikin saya kudu mikir 2x ada di harga sekennya yg lumayan nahan pake bgt buat ukuran mobil mewah + pajaknya yg bisa tembus belasan jt per tahun, blm maintenancenya. cuma ya semua kebayar sm kenyamanan, fitur, dan kelegaan kabinnya + image mewah mobilnya juga menurut saya hehehe

kalo soal bau diesel, buat saya pribadi ga ada masalah, kebetulan saya sering naik mobil diesel punya temen dan gaada masalah sama sekali sm bau diesel yg menyengat, jadi ya sudah siap dengan segala resikonya, dan saya punya keinginan miara mobil diesel karena pengen nyoba pengalaman baru, bosen puluhan tahun miara mobil bensin terus hehehe, pengen nyoba yg beda sekali kali hehehe :big_biglaugh:, jadi kalo mobil diesel itu bau nya menyengat atau tidak ya balik lg ke pendapat masing2 orang , dan buat saya pribadi gajadi masalah , yg penting saya enjoy sm mobilnya dan ga nyusahin selama saya pake hehehe

btw rencananya mau ganti mobil apa om emgnya? hehehe
Kalo alpat kemahalan, kenapa gak voxy serena aja oom? Sama2 enak juga buat disetirin dan gak kelewat jauh juga selisih nyamannya dgn alpat.

IMHO menurut ukuran pantad ane, alpat itu perbandingan harga dan kenyamanannya bener2 gak sesuai. Gak mencerminkan mobil harga 1M lah. Yg pernah ane naikin sih alpat gen 1 dan 2 yg msh torsion beam, jd kurang tahu ya kalo yg transformer ini gimana soalnya kan udah jadi double wishbone, denger2 sih jadi lebih nyaman tapi ya tetep masih kurang lah buat mobil 1 M. Alpat yang bener2 jadi nilai tambahnya adalah kabinnya yang lega dan interior yang mevvah.

Tags:
Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2985
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Owning Experience : 5 months with AN CX5 2018

Post by Pboyz97 »

Venturtle wrote: 28 Jun 2021, 14:48
dulu ane pernah naik mobil diesel punya sodara / teman ..ya ga masalah juga.. wong naiknya dalam mobil.. nah berasa ga tahan bau asapnya pas panasin mobil itu loh.. misalnya mobil uda nyala, dan masih mau sortir barang kedalam mobil atau tunggu orang.. kalo posisi lagi diluar mobil bau asapnya terasa banget, perih dimata juga..wkwkwk..

uda ada ANKI, ANPS, Mazda 2.. rencana mungkin mau dijual salah satu dulu.. lagi jarang keluar rumah soalnya..hehehe..
ohh, kalo pas diluar. itu sih balik lg ke selera ya, dan itu saya juga udh siap dengan resiko itu , jadi ga ada masalah hehehe, yg penting mobilnya durable, awet dan saya enjoy makenya. itu aja. kalo soal bau asap pas panasin mobil sih , itu sudah resiko dari memiliki mobil diesel which is saya sudah siap untuk itu, ga jadi masalah buat saya hehehe , yg penting mobil itu irit bbm, tarikannya lumayan kenceng dan durable (karena bakal dipake buat project car , daily car yg dipake hampir tiap hari, sama bakal dipake buat roadtrip juga kalo keadaan sudah membaik nantinya) .

wah, mazda 2 mantep itu, apalagi yg sky nya, bener2 terbaik dikelasnya dari segi fitur, driving feel, handling dan peforma . dulu sempet hampir bungkus , cuma karena sempit akhirnya batal SPK dan akhirnya ambil xpander dan yaris joker TRD CVT (yg sekarang dua duanya udh dijual dan dituker sm HRV 1.5 E CVT 2018 PFL) yg saya pake sampe sekarang
rakyatwkwkland wrote: 28 Jun 2021, 16:46
Kalo alpat kemahalan, kenapa gak voxy serena aja oom? Sama2 enak juga buat disetirin dan gak kelewat jauh juga selisih nyamannya dgn alpat.

IMHO menurut ukuran pantad ane, alpat itu perbandingan harga dan kenyamanannya bener2 gak sesuai. Gak mencerminkan mobil harga 1M lah. Yg pernah ane naikin sih alpat gen 1 dan 2 yg msh torsion beam, jd kurang tahu ya kalo yg transformer ini gimana soalnya kan udah jadi double wishbone, denger2 sih jadi lebih nyaman tapi ya tetep masih kurang lah buat mobil 1 M. Alpat yang bener2 jadi nilai tambahnya adalah kabinnya yang lega dan interior yang mevvah.
serena voxy skip om, nanggung. mending ke innova yg lebih murah atau naik kelas ke alphvell sekalian. dulu sempet mau SPK salah 1 dari 2 mobil itu pas 2019 lalu , cuma karena di serena bapak saya gasuka driving feelnya + kalo di voxy bantingannya kerasa agak keras buat ukuran MPV boxy sliding door jadinya ga jadi SPK dua duanya dan malahan SPK CRV Turbo Pres which is itu diluar rencana karena saat itu udh ada AN CX5 2018 dirumah , saya SPK CRV karena masih all rounder, nyetirnya emg ga seenak CX5 dan nyamannya ga senyaman serena tapi ada di tengah2 nya itu (karena mobil bakal dipake gantian buat ganjil genap, jadi bapak saya mau yg bisa disetir sendiri juga :big_biglaugh: ), makanya ambil CRV itu. Nah sekarang, pas aturan ganjil genap blm diterapin lg, ada rencana mau lepas salah 1 dari 2 medium SUV saya , karena gamau saya punya mobil yg jenisnya sama dirumah. sebenernya pengen bgt keep CX dan lepas CRV karena kecewa dengan road noise, interior quality dan BQ nya yg sangat kurang buat mobil 500jt pas barunya , cuma karena ibu saya udh terlanjur suka dengan kenyamanan, akomodasi dan storagenya yg banyak akhirnya mau ga mau CX5 yg harus dilego dengan berat hati

karena kalo saya ambil alphard, paling rencana buat daily ibu saya yg mayoritas disopirin aja, bakal jarang dipake juga . karena kalo daily udh ada HRV dan buat weekend udh ada CRV Turbo hehehe. dan kalo transformer emg blm pernah nyoba sih, dan bener yg om bilang. kalo yg gen 2 kenyamannya biasa aja buat mobil 1M (kebetulan pernah naik taksi SB nya dulu hehehe) , cuma yg saya suka dari alphard transformer ya selain durabilitynya ya, juga interiornya yg mewah + kabinnya yg lega + fiturnya yg cukup lengkap juga + pintu geser elektrik, jadi ibu saya lebih mudah kalo mau keluar masuk kaya yg om bilang
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT
rakyatwkwkland
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 306
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Owning Experience : 5 months with AN CX5 2018

Post by rakyatwkwkland »

Pboyz97 wrote: 29 Jun 2021, 14:32
Venturtle wrote: 28 Jun 2021, 14:48
dulu ane pernah naik mobil diesel punya sodara / teman ..ya ga masalah juga.. wong naiknya dalam mobil.. nah berasa ga tahan bau asapnya pas panasin mobil itu loh.. misalnya mobil uda nyala, dan masih mau sortir barang kedalam mobil atau tunggu orang.. kalo posisi lagi diluar mobil bau asapnya terasa banget, perih dimata juga..wkwkwk..

uda ada ANKI, ANPS, Mazda 2.. rencana mungkin mau dijual salah satu dulu.. lagi jarang keluar rumah soalnya..hehehe..
ohh, kalo pas diluar. itu sih balik lg ke selera ya, dan itu saya juga udh siap dengan resiko itu , jadi ga ada masalah hehehe, yg penting mobilnya durable, awet dan saya enjoy makenya. itu aja. kalo soal bau asap pas panasin mobil sih , itu sudah resiko dari memiliki mobil diesel which is saya sudah siap untuk itu, ga jadi masalah buat saya hehehe , yg penting mobil itu irit bbm, tarikannya lumayan kenceng dan durable (karena bakal dipake buat project car , daily car yg dipake hampir tiap hari, sama bakal dipake buat roadtrip juga kalo keadaan sudah membaik nantinya) .

wah, mazda 2 mantep itu, apalagi yg sky nya, bener2 terbaik dikelasnya dari segi fitur, driving feel, handling dan peforma . dulu sempet hampir bungkus , cuma karena sempit akhirnya batal SPK dan akhirnya ambil xpander dan yaris joker TRD CVT (yg sekarang dua duanya udh dijual dan dituker sm HRV 1.5 E CVT 2018 PFL) yg saya pake sampe sekarang
rakyatwkwkland wrote: 28 Jun 2021, 16:46
Kalo alpat kemahalan, kenapa gak voxy serena aja oom? Sama2 enak juga buat disetirin dan gak kelewat jauh juga selisih nyamannya dgn alpat.

IMHO menurut ukuran pantad ane, alpat itu perbandingan harga dan kenyamanannya bener2 gak sesuai. Gak mencerminkan mobil harga 1M lah. Yg pernah ane naikin sih alpat gen 1 dan 2 yg msh torsion beam, jd kurang tahu ya kalo yg transformer ini gimana soalnya kan udah jadi double wishbone, denger2 sih jadi lebih nyaman tapi ya tetep masih kurang lah buat mobil 1 M. Alpat yang bener2 jadi nilai tambahnya adalah kabinnya yang lega dan interior yang mevvah.
serena voxy skip om, nanggung. mending ke innova yg lebih murah atau naik kelas ke alphvell sekalian. dulu sempet mau SPK salah 1 dari 2 mobil itu pas 2019 lalu , cuma karena di serena bapak saya gasuka driving feelnya + kalo di voxy bantingannya kerasa agak keras buat ukuran MPV boxy sliding door jadinya ga jadi SPK dua duanya dan malahan SPK CRV Turbo Pres which is itu diluar rencana karena saat itu udh ada AN CX5 2018 dirumah , saya SPK CRV karena masih all rounder, nyetirnya emg ga seenak CX5 dan nyamannya ga senyaman serena tapi ada di tengah2 nya itu (karena mobil bakal dipake gantian buat ganjil genap, jadi bapak saya mau yg bisa disetir sendiri juga :big_biglaugh: ), makanya ambil CRV itu. Nah sekarang, pas aturan ganjil genap blm diterapin lg, ada rencana mau lepas salah 1 dari 2 medium SUV saya , karena gamau saya punya mobil yg jenisnya sama dirumah. sebenernya pengen bgt keep CX dan lepas CRV karena kecewa dengan road noise, interior quality dan BQ nya yg sangat kurang buat mobil 500jt pas barunya , cuma karena ibu saya udh terlanjur suka dengan kenyamanan, akomodasi dan storagenya yg banyak akhirnya mau ga mau CX5 yg harus dilego dengan berat hati

karena kalo saya ambil alphard, paling rencana buat daily ibu saya yg mayoritas disopirin aja, bakal jarang dipake juga . karena kalo daily udh ada HRV dan buat weekend udh ada CRV Turbo hehehe. dan kalo transformer emg blm pernah nyoba sih, dan bener yg om bilang. kalo yg gen 2 kenyamannya biasa aja buat mobil 1M (kebetulan pernah naik taksi SB nya dulu hehehe) , cuma yg saya suka dari alphard transformer ya selain durabilitynya ya, juga interiornya yg mewah + kabinnya yg lega + fiturnya yg cukup lengkap juga + pintu geser elektrik, jadi ibu saya lebih mudah kalo mau keluar masuk kaya yg om bilang
Wah selera orang memang beda2 ya

Kalo bagi ane justru alpat gak worth it oom, harga baik baru maupun bekas selisih buanyak dgn serena voxy tapi kenyamanannya beda tipis...

Kalo inopah vs serena voxy ya tentu dah beda aliran lah oom. Serena voxy pasti menang akomodasi penumpang kemana2 daripada inopah...

Happy hunting oom, semoga dapet yang cocok :big_okay:
Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2985
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Owning Experience : 5 months with AN CX5 2018

Post by Pboyz97 »

rakyatwkwkland wrote: 29 Jun 2021, 17:54

Wah selera orang memang beda2 ya

Kalo bagi ane justru alpat gak worth it oom, harga baik baru maupun bekas selisih buanyak dgn serena voxy tapi kenyamanannya beda tipis...

Kalo inopah vs serena voxy ya tentu dah beda aliran lah oom. Serena voxy pasti menang akomodasi penumpang kemana2 daripada inopah...

Happy hunting oom, semoga dapet yang cocok :big_okay:
iya om, memang balik lg ke selera dan kebutuhan masing2 orang sih. walaupun dua duanya, baik voxy serena maupun alphard termasuk mobil bagus menurut saya cuma entah kenapa lebih sreg ke alphard dibanding serena voxy walaupun kelasnya juga beda hehehe. Kalo lawan innova memang beda aliran sih, soal akomodasi + kenyamanan memang menang serena voxy daripada innova, cuma kalo driving feel, entah kenapa saya lebih suka nyetir ANKI (apalagi yg diesel) dibanding serena or voxy (kebetulan udh pernah test drive ketiganya)

Amin. Terimakasih om
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT
Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2985
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Owning Experience : 5 months with AN CX5 2018

Post by Pboyz97 »

UPDATE

Gak kerasa mobil ini sudah berumur 3 tahun sejak dibeli tahun 2018 lalu. Saat ini odometer ada di 40rban kilometer. So far masih aman2 aja, cuma ganti aki istop, servis rutin dan ganti oli saja. Interior masih solid dan no rattle, cuma blower AC nya aja yg saat ini udh mulai kena (gejalanya, ada bunyi "ngikk" dari bagian bawah laci dasbor kalo ac dinyalain, kalo ac nya mati, ga bunyi samsek, dan kalo ac nya dinyalain pun , kadang bunyi kadang tidak wkwk
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2085
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Owning Experience : 5 months with AN CX5 2018

Post by josomba »

Pboyz97 wrote: 27 Jul 2021, 13:05 UPDATE

Gak kerasa mobil ini sudah berumur 3 tahun sejak dibeli tahun 2018 lalu. Saat ini odometer ada di 40rban kilometer. So far masih aman2 aja, cuma ganti aki istop, servis rutin dan ganti oli saja. Interior masih solid dan no rattle, cuma blower AC nya aja yg saat ini udh mulai kena (gejalanya, ada bunyi "ngikk" dari bagian bawah laci dasbor kalo ac dinyalain, kalo ac nya mati, ga bunyi samsek, dan kalo ac nya dinyalain pun , kadang bunyi kadang tidak wkwk
Buka mur yg persis d tengah blower, semprot white lithium aja om. Ntar hilang selama setahun-an. Kalau dah bunyi, semprot lg.. penyakit lintas tipe... Cepet kering tuh bearing.
Image
dotti
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 89
Joined: 08 May 2012, 16:16

Re: Owning Experience : 5 months with AN CX5 2018

Post by dotti »

Pboyz97 wrote:UPDATE

Gak kerasa mobil ini sudah berumur 3 tahun sejak dibeli tahun 2018 lalu. Saat ini odometer ada di 40rban kilometer. So far masih aman2 aja, cuma ganti aki istop, servis rutin dan ganti oli saja. Interior masih solid dan no rattle, cuma blower AC nya aja yg saat ini udh mulai kena (gejalanya, ada bunyi "ngikk" dari bagian bawah laci dasbor kalo ac dinyalain, kalo ac nya mati, ga bunyi samsek, dan kalo ac nya dinyalain pun , kadang bunyi kadang tidak wkwk
Pernah coba aki istop yg amaron Om? Q85 jg kalo ga salah ya, Ok ga?

Mazda saya udah waktunya ganti aki, wkt google2 harga amaron jauh lebih murah jd berasa sayang mau ganti ke tokonya astra apalagi ke beres.
Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2985
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Owning Experience : 5 months with AN CX5 2018

Post by Pboyz97 »

dotti wrote: 27 Jul 2021, 22:52 Pernah coba aki istop yg amaron Om? Q85 jg kalo ga salah ya, Ok ga?

Mazda saya udah waktunya ganti aki, wkt google2 harga amaron jauh lebih murah jd berasa sayang mau ganti ke tokonya astra apalagi ke beres.
kalo yg amaron blm pernah nyoba om. cuma kalo katanya temen saya yg pernah make, cukup oke. dan kalo amaron sih emg denger2 lebih murah daripada yg ori di beres hehehe

josomba wrote: 27 Jul 2021, 13:25

Buka mur yg persis d tengah blower, semprot white lithium aja om. Ntar hilang selama setahun-an. Kalau dah bunyi, semprot lg.. penyakit lintas tipe... Cepet kering tuh bearing.
terimakasih masukannya om
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT
Post Reply