Suka Duka Merawat Ford Fiesta Trend MT 2011

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Suka Duka Merawat Ford Fiesta Trend MT 2011

Post by qushay20019 »

Ane mulai ngerawat Ford Fiesta Trend (FFT) punya adek ipar sejak mobil itu ganti pelat nomor untuk pertamakalinya. FFT nya rada kurang terawat karena adek ipar ane sama suaminya bukan orang yang seneng ngerawat mobil. Jadi pas di usia mobil menginjak tahun ke-6, FFT nya mulai menunjukkan gejala penuaan dini akibat kurangnya perawatan tersebut. Catnya mulai gompal kecil-kecil bemper mulai retak, antena radio pecah di pangkal, emblem "Fiesta" patah di bagian F, pokoknya gitu2 deh. Tapi itu baru masalah yang keciiil banget dibanding seluruh masalah yang ane temukan berikutnya. [emo-yesno]

Jadi kita mulai di Agustus 2017, ketika ane menemukan bahwa tuh FFT udah 12 bulan penuh gak ganti oli mesin, padahal udah ane ingetin berkali-kali. Selama ini dikasihnya Castrol Magnatec 5W-30 yg diganti ngikut kilometer sama ipar ane. Masalahnya, mobil ini jaraaang banget keluar garasi. Rerata pemakaian cuma 4500-5000 km setaun. Jadinya ya gak nyampe2lah tuh km. Akhirnya ane nekat bawa tuh FFT ke bengkel yang ane tau. Waktu itu ane masih bloon soal mobil, jadi dikibulin abislah ane sama orang bengkel itu. Dari yang niatnya cuma ganti oli mesin, ane ditawarin ini itu segala macam. Cek total komponen rem 4 roda? Iya deh cek aja. Scan OBD? Iya deh scan aja. Flush air radiator? Bongkar rumah lampu kiri yg lembab dari dalam? Semprot foam AC? Tuneup? Ganti semua wiper? Ganti oli tranmisi MT pake oli DCT? Ganti busi? Kuras minyak rem? Semuaaa ane iyain. Dasar :n00b: culun.... :big_chicken:

Ujung-ujungnya, bon 8jeti lebih keluar. Mampus ane. :shocked!: Pas sampe rumah, ane disemprot sama mertua yg bayarin tuh bon. :off_good:
Selain itu, ternyata shock depan udah mulai keok prematur. Ane curiga gara-garanya adalah velg 17x7.5 inch ET42 sama ban 215-45-R17 yang diupgrade dari standarnya, velg 15x6 inch ET45 ban 185-55-R15. Mertua ganti velg & ban itu dengan alasan jalanan sekitar rumah banyak bolongnya jadi perlu ninggiin ban. Pedulinya cuma sama ground clearance, tapi beban tambahan ke sistem suspensi & velg gak dipikirin sama sekali. Yaah, namanya juga awam; ane awam, mertua awam, apalagi ipar ane yg cuma tau isi bensin. Jadinya dibawalah ke bengkel lain kepercayaan mertua ane dengan diagnosis perlu ganti shock depan 1 pasang. Abis lagi 3.2 jeti.

Eehh, dasar sial, berikutnya ane nemuin masalah utama FFT yg sebenarnya paling urgent: cacat produksi pada steering rack. Kalo setir dibelokin full patah, dia bunyi-bunyi. Harusnya sih diganti gratis sama diler SELAMA MASA GARANSI alias di bawah 5 taun. Nah ini mobil udah 6 taun, mana diler Ford udah lenyap pula dari kota ane, ya udah harus tanggung sendiri. :big_cry: Mertua udah gendek banget sama ane & udah males bayarin tuh FFT, jadinya ane nekat bayarin sendiri buat ganti steering rack. Total abis 5,2 jeti buat beli yg ori + ongkir + jasa pasang. Tapi yang namanya silver lining selalu ada dibalik awan kelabu: ane akhirnya belajar banyaaak banget tentang FFT ini, baik dari browsing maupun dari ngobrol sama mantan mekanik Ford yang belakangan jadi langganan ane. Mantan mekanik Ford ini dulu kerja di diler di kota ane, tapi sejak diler itu tutup, mereka buka bengkel sendiri di lorong depan rumah mereka. Ane dapet nomor mereka dari salah satu anggota klub Fiesta (INFINITY) Makassar yang nomornya ane dapet dari blog INFINITY pusat. INFINITY Makassar kabarnya udah gak ngumpul lagi, tapi untungnya masih ada yg nyimpen nomornya. :big_deal: :thanks: :mky_02:

Untuk masalah berikutnya, masih ada hubungan sama velg & ban kegedean. Karena ipar ane & suaminya make mobil serampangan, tuh ban mulai boncel-boncel di dinding ban. Padahal bannya Bridgestone yg terkenal awet. Ane curiga bannya gampang boncel samping karena bannya jauh lebih lebar dari ukuran standar sama velg yang rada keluar akibat ET kerendahan. Emang sih, kalo diliat tuh ban rata bodi, tapi ya itu tadi yg nyetir kan gak liat ban kiri selama di lagi bawa mobil.... :mky_04:

Jadinya sekitar awal 2018, ban depannya diganti pake BS Techno Sport. Ukuran masih sama karena mertua ane, meskipun gendeknya udah reda, gak mau ganti 4 ban. Beliau cuma mau ganti 2 ban, ya udah ane iyain. Terpaksa ukurannya masih ngikut yg lama. Di tahap ini ane udah mulai ngerti dikit2 ngerawat mobil. Ane pesenin Amsoil Sig. Series 5W-30 dari Jakarta buat diganti sama mekanik kenalan baru ane ini yang lebih jujur & transparan. Kalo cuma kerjaan ringan di bawah 1 jam, mereka malah bingung sendiri jawabnya kalo ditanya biaya jasa mereka. Akhirnya ane yang kira-kira aja. Kalo kerjaan 30an menit sampe 1 jam, ane kasih 2 Soekarno. Kalo di atas 2 jam, ya udah dikali aja 2 Soekarno per jamnya. Kalo ada yg bilang kemahalan, ane bisa jawab bahwa pengalaman & kejujuran itu mahal. Lagian, mekanik kenalan baru ini "orang kecil" yang baru merintis usaha kecil-kecilan, beda banget sama bengkel gede tukang peres yg sebelumnya. :frm_snipper: :frm_snipper: :frm_snipper:

Selama kira-kira satu taun, mobil itu udah sedikit terawat. Duit pribadi ane udah abis 5.2jeti buat benerin mobil "orang lain". Tapi tetep aja, yang namanya tinggal serumah sama ipar & mertua, kadang anak ane dianter sekolah pake FFT ini. Kadang bini ane kesana kemari bawa FFT juga. Jadinya ane ikhlasin aja 5.2 jeti itu. Toh yang aman & nyaman di jalan juga darah daging ane. :big_childish:

Tapi cerita belum selesai sodara-sodara. Sekitar 2 bulan lalu, ipar ane pindah kota ngikut suaminya tugas setahun ke kota kabupaten sekitar 5 jam perjalanan dari kota ane. Anak-anaknya dibawa juga tapi FFT ditinggal di rumah. Potensi masalah dateng lagi nih. Kalo tuh FFT dibiarin nganggur setaun di garasi, alamat ancur lagi tuh mobil. Jadi ane minta ijin sama ipar buat make tuh FFT sehari-hari. Ane ngegali kuburan sendiri dengan ke"bodoh"an ini. :big_slap: :big_peace:

Kenapa begitu? Karena makin sering ane bawa nih mobil, makin banyak ketidaksempurnaan yang ane temuin. Ini sangat mengganggu jiwa ane yg emang rada perfeksionis kalo soal mobil. Mulai dari kacafilm depan yg udah bergelombang, knob tuas transmisi yang ngeletek (ane sampe bingung gimanaaaa caranya itu pindah giginya sampe ngeletek...), bunyi-bunyi dari roda depan, tarikan yang berat, rem yang mulai berdenging, kabin yg penuh sampah, macem-macem dah pokoknya. Tapi terus terang, ini FFT sangat fun to drive. Steering yang udah enak dari sononya makin presisi lagi dengan dikasih velg R17x7.5. Kalo ketemu jalan mulus, beeuhh, seneng banget ane nyelap-nyelip dengan FFT ini. Makanya ane bertekad buat restorasi total nih FFT, biar makin mendekati kondisi barunya. :big_exellent: :big_exellent: :big_exellent:

Jadi ane mulai proyek ini dengan printilan yang kecil-kecil: ganti KF depan (1.1jt), gear knob tuas transmisi (400rb), sama antena (250rb).
IMG_0764.JPG
Setelah tabungan terisi lagi, ane melangkah ke proyek kaki-kaki: ban lama yg udah bener-bener aus diganti 1 pasang sekalian balancing & spooring (2jt). Eeh ternyata 1 velg peyang dengan deviasi balance sampe 70 gram. Spooring juga harus ditunda krn ban kiri depan oblak. Diagnosis: harus ganti long tie rod kiri. Ane ke bengkel supplier Ford "resmi" di kota ane, eh malah disuruh indent 1-3 bulan. Malesssszzzz gilllaaaa! Ane nekat ke Mazda, beli long tie rod punya Mazda2 lama, terus pasang deh. Plug N play gak pake lama. Tapi mahal abiees: 1.4jt cuma buat 1 biji long tie rod ori Mazda + 1 Soekarno buat pasang. Aiiihhhhh bangkrut ane. :off_no:

Balik lagi deh nunggu celengan babi terisi. Ane cek printilan lain yang bisa dikerjain dikit2. Emblem "Fiesta" yg patah di huruf "F" nya ane pesenin yg non ori di toped (75rb).
IMG_0965.JPG
Tutup towing blakang yg lenyap dari kapan tau ane pesenin juga di toped yg orinya (185rb), takutnya kalo non ori malah longgar & lenyap lagi.
IMG_0967.JPG
Naaah, pas duit dah cukupan, ane pesen kopling set ori (3.4jt) & saringan udara ori (165rb) buat dikirim sama printilan yg kecil-kecil tadi. Ongkirnya kena 240rb dari Jakarta ke Makassar. Tapi, ane ngerasa ada yang masih ngeganjal, literally & figuratively.

Apa itu? Velg aftermarket yg peyang. Emang sih, posisinya yg peyang sekarang ada di kanan belakang, tapi ane ngerasa semua masalah kaki-kaki FFT ini berawal dari velg & ban yang terlalu berat. Masalah itu juga diperparah dengan kebodohan ane yang memompa ban itu sampe 33 psi depan belakang dari standarnya 31 psi dengan ban 185 itu. Padahal, kalo merujuk ke tabel load index ban vs tekanan ban, harusnya tekanannya cuma 28-30 psi aja. Jadinya makin keraslah tuh suspensi dan makin cepatlah ausnya semua komponen kaki-kaki. :big_slap: [emo-mark-F]

Ya udah, akhirnya kuatin niat balik ke velg OEM Fiesta. Ane ketemu velg R16 4x100 punya Fiesta di OLX Denpasar. Katanya sih semua oke & gak peyang, plus ane dikirim foto + video sekilas juga. Ane gambling lah, transfer 3jt buat 4 velg + ongkir. Pas dikirim pake Da*ot* Cargo dari Denpasar, dijanjiin 1 minggu nyampe malah jadi 2 minggu, itupun ane harus inisiatif ambil sendiri di kantor kargo itu di Makassar. Kapook pake Dakocan.... :frm_snipper:

Abis itu, ane pesen ban dari Langkah Jaya Ban, salah satu toko Hankook di Surabaya. Ane mesen 4 biji Hankook Ventus Concept2 ukuran 205-50-R16 (74orb/ ban) biar gak pendek2 amat tapi gak seekstrim sebelumnya juga . Kalo pake ban 205 ini, ane itung2 paling turun 1 jari dari posisi skarang dengan perkiraan GC jadi 176 mm. Cukupanlah. Toh GC SX4 X-Over punya bini juga cuma 175 mm. Jadinya ane putusin buat beli tuh ban & dikirim pake kargo lain yang mudah2an lebih terpercaya. Ane coba kontaklah Se*t*al Cargo Surabaya & ane dikasih harga 4 biji ban x 8 kg/ban x Rp.6000/kg = Rp.192 ribu. Ane udah bilang tuh bakal kirim ban, & petugasnya bilang iya harganya segitu pas ditelepon. Jadi bannya udah dibungkus rapi2, diambil sama orang kargo, dan beberapa jam kemudian ane ditelepon sama orang kargo kalo bayarnya kurang, soalnya harus itungan volume jadi kena 19kg/ ban alias naik 2 kali lipat lebih. Ane mencak2 lah di telepon. Mereka cuma minta maap, itu juga bukan ke ane tapi ke staf toko ban yg ber-WA terus sama ane. Di Wa ane sama orang toko ban ane cuma bilang, "Mbak, saya gak mau bicara lagi sama orang kargo itu, tolong cariin kargo lain aja". Ane bingung juga sama Se*t*al Cargo Surabaya itu, soalnya langganan toko Amsoil ane di Jakarta selalu pake Se*t*al Cargo kalo ngirim ke oli ane ke Makassar. :mky_04:

Untungnya staf Langkah Jaya itu baek2 jadi mau ngurusin segala keribertan pesenan ane dengan catatan kirimannya ketunda. Ane bilang gapapa ketunda yang penting sampe di tempat ane dengan biaya yg transparan & rasional. Mereka akhirnya dapet Mak*ar*a cargo & biayanya Rp240rb sampe Makassar. Kekurangan biaya ongkirnya toko ban yg nanggung. Baek kan? Moga2 benaran nyampe deh tuh ban. Kalo sampe ada masalah lagi, ane kapok dah beli2 sparepart online selain di toped. :big_dunno:

Sambil nungguin Hankook Ventus ane tiba, ane ke mekanik langganan buat masangin kopling set, laher roda depan 1 pasang, saringan udara, emblem Fiesta belakang, sama tutup towing belakang yang udah nyampe semingguan. Ane beliin dulu minyak rem DOT4 merek Mobil, sama oli transmisi GL4 75W-90 yg speknya mirip dengan oli transmisi Motorcraft bawaan di FFT. Ane dapet info dari om Turbo kalo Suzuki, Wuling & Toyota punya oli transmisi yang punya spek sperti itu. Jadinya ane cek Suzuki, eh Suzuki gak jual oli MT botolan. Untungnya Wuling punya, itupun dua jenis: oli MT 1.5 literan gak ada kode GL, sama 1 literan yg ada kode GL4. Ya udah ane beli 2 botol oli MT Wuling GL4 75w-90 seharga 99rb/ botol. :mky_02:

FFT masuk jam 11 kelar jam 5 sore dengan biaya jasa Rp.1,2 juta. Akuurr. Yang penting ane puas karena FFT ipar ini sekarang tarikannya & injakan koplingnya jadi enteng lagi kayak waktu baru. Kalo mau sempurna macam mobil baru keluar dealer sih masih jauh ya, tapi seenggaknya secara mekanikal & elektrikal nih mobil udah oke semua. Paling yang nyisa urusan ganti ban+ velg+balancing+spooring, sama PR kosmetik macam mika lampu utama yang kadang lembab dari dalam, sama cat yang udah mulai banyak baret2 & boncel2 kecil. Kalo duit ane gak pake seri sih ane mau pake Michelin Primacy 4 (5 jutaan), cat bodi total pake oven (16 jutaan), bongkar & bersihin mika lampu depan dari dalam (???jt), pasang fog lamp ((???jt), pake V-Kool satu bodi (7jt), ganti jok pake genuine Nappa leather 2 baris (15-20 jutaan), apalagi yah??? (*ngimpi aja trusssss.....) :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Total biaya perawatan (fast moving + slow moving) mulai Agustus 2017 sampe Maret 2019 udah 37 juta lebih. Kalo dibandingin dengan City VTEC GD8 '07 yg udah ane cerita juga di SM ini, ya mirip2lah ongkos restorasinya. Total biaya ini memperkuat teori ane bahwa biaya restorasi gede sebuah mobil lama (di atas 7 taun) itu kira2 30-50% dari nilai jual mobil tersebut saat itu. Restorasi gede City ane kerjain di mobil umur 10-11 tahun sementara di FFT ini sekarang umurnya 7-8 tahun, dengan catatan gaya pemakaian emang beda sih. City itu awalnya dipake bokap nyokap ane & mereka cukup alus bawanya (meskipun rada blank soal perawatan).

Terlepas dari semua itu, ane puaslah, soalnya nih FFT emang nyaman & nikmat banget dipake dibanding semua mobil di garasi bokap & mertua ane. Paling saingannya cuma Mazda2 lama punya nyokap ane, itupun karena basis kedua mobil sama yg terbukti dengan banyaknya komponen kaki2 yg bisa plug'n'play antara kedua mobil tersebut. Sekian suka duka ane bersama FFT punya orang. Berhubung mobilnya mau dibawa ke kabupaten, mungkin gak lama lagi ane bisa bersenang2 sama nih Ford. Until then, I need to ask you, dear reader a question, "Have you ever driven a Ford, lately?" :big_smile]
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
aipiesblue
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 298
Joined: Mon Aug 10, 2009 3:01

Re: Suka Duka Merawat Ford Fiesta Trend MT 2011

Post by aipiesblue »

ceritanya mantap jiwa om, saya ampe bisa merasakan perjuangan om dalam merestorasi mobil ford fiestanya.
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: Suka Duka Merawat Ford Fiesta Trend MT 2011

Post by qushay20019 »

aipiesblue wrote: Thu Mar 21, 2019 4:17 ceritanya mantap jiwa om, saya ampe bisa merasakan perjuangan om dalam merestorasi mobil ford fiestanya.
makasih om aipies, cuman sekedar sharing biar dada rasa plong dikit... :big_peace:
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Suka Duka Merawat Ford Fiesta Trend MT 2011

Post by jivos »

mantabs um perjuangannya.. :big_exellent:

memang akan sll gatel bawaan kita ..sblm mobil bs berdiri tegak kembali. mn gatel nya ini pk cost (waktu+uang) yg lumayan :big_grin:
plus pointnya...dsadari/tdk..skrg jd melek mbl

percaya..handling n nimbleness nih mbl jempol punya d kelasnya.

racun utk next poject....
*find n hunt ..a more desireable euro/jdm hothatch b'mslh under tiny budget...build dg maximum spent money spt diatas.

goalsnya...beaten both look n performance new mzd3/civic turbo d brecket hrg 400ish jt an. dg budget around 125jt, can you? yes w all can. :big_grin:
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
Siapgerak
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Wed May 03, 2017 17:01
Location: Jakarta
Daily Vehicle: MOS

Re: Suka Duka Merawat Ford Fiesta Trend MT 2011

Post by Siapgerak »

Halo para suhu, sekalian ijin buat tanya ya. Fiesta trend 2013 AT FL kl utk mobil pertama buat yg baru dapat sim cocok ga ya? Pemakaian di kota Tangerang dsktrnya.
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2898
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Suka Duka Merawat Ford Fiesta Trend MT 2011

Post by martinnn »

petrol head sejati nih :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02:
Morv.co.id ( Audio Visual Production )
Astha Jaya Indo ( Distributor LED Lamp and PJU Solar panel , interior and Lighting Designer )

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145
Bean06
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 280
Joined: Wed Feb 08, 2017 3:33
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Thunder

Re: Suka Duka Merawat Ford Fiesta Trend MT 2011

Post by Bean06 »

FF ini salah 1 produk minor brand yang paling laku bahkan masih banyak di jalanan saat ini. Eh menyerah 4 tahun lalu
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Suka Duka Merawat Ford Fiesta Trend MT 2011

Post by sintoni »

Mantap ceritanya om.

Ini mah bersusah2 dulu bersenang2 kemudian, tapi nanti siapa yg dapet enaknya. Hahahahaha.
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Suka Duka Merawat Ford Fiesta Trend MT 2011

Post by KielConstantine »

Dari baca smua paragraf... Anda sudah layak ngerawat old european om qushayy. Time to move to another baby!

Btw soal mprot fiesta. Akhirnya trans DCT Fiesta 1.6 sedan punya adek gw kena jg tuh, check engine nyala, ganti gigi lemot , mesin ngegerung high rpm tapi speed kg naek2, setelah tahun ke 6 pemakaian.

Hebatnya bengkel resmi ford masih kasih goodwill buat replace TCM nya. Cuman bayar jasa aja jadinya (terhindar dari salam 16jt ala ford owner). Salut lah
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: Suka Duka Merawat Ford Fiesta Trend MT 2011

Post by qushay20019 »

jivos wrote: Thu Mar 21, 2019 5:00 mantabs um perjuangannya.. :big_exellent:
-------------------------cut---------------------------------------
goalsnya...beaten both look n performance new mzd3/civic turbo d brecket hrg 400ish jt an. dg budget around 125jt, can you? yes w all can. :big_grin:
Makasih om jivos, kok om tau sih ane demeeeen gila sama mzd3, apalgi miata rf kalo dikasih yg soulred :emo-big_love:
martinnn wrote: Thu Mar 21, 2019 5:08 petrol head sejati nih :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02:
hahaha bisa aja om martinnn, cuma penikmat aja kok om. Cuman ane keseringan kena racun dari para petrolhead beneran di SM ini :wkkk:
Bean06 wrote: Thu Mar 21, 2019 5:14 FF ini salah 1 produk minor brand yang paling laku bahkan masih banyak di jalanan saat ini. Eh menyerah 4 tahun lalu
iya bener om, di kota ane masih banyak aja Ranger, Everest, bahkan Focus ngider2. Mungkin krn skarang ane bawa FFT jadi lebih notice ama mobil2 Ford di jalan
sintoni wrote: Thu Mar 21, 2019 7:36 Mantap ceritanya om.
Ini mah bersusah2 dulu bersenang2 kemudian, tapi nanti siapa yg dapet enaknya. Hahahahaha.

:wkkk: bener banget om. GD8 yg udah ane capek2 restorasi kemaren skarang dibawa adek ane, eeeh dijadiin gudang berjalan ama dia :big_dunno:
terserah deh, yg penting ane udah beresin kemarin. Kalo ntar ancur lagi paling ane suruh ngbengkel sendiri.
Trus ini juga adek ipar ane sekeluarga sempat pulang ke rumah 3 harian & dipakelah tuh FFT ama mereka. Eh mereka kaget sendiri mobilnya kok udah enakan. Trus adek ipar ane WA ane, nanya total biaya restonya. Ane udah kasih detail semua barang, tanggal & alasan & lokasi perbaikan/ penggantian, nomor kontak tiap bengkel yg ngerjain dll, dalam bentuk file Excel, eh doi cuman nanya total biaya aja. Ane sengaja gak cantumin total, suruh dia baca & ngitung sendiri, biar dia belajar :big_think:
KielConstantine wrote: Thu Mar 21, 2019 7:56 Dari baca smua paragraf... Anda sudah layak ngerawat old european om qushayy. Time to move to another baby!
Btw soal mprot fiesta. Akhirnya trans DCT Fiesta 1.6 sedan punya adek gw kena jg tuh, check engine nyala, ganti gigi lemot , mesin ngegerung high rpm tapi speed kg naek2, setelah tahun ke 6 pemakaian.
Hebatnya bengkel resmi ford masih kasih goodwill buat replace TCM nya. Cuman bayar jasa aja jadinya (terhindar dari salam 16jt ala ford owner). Salut lah
Old European? Hmm, ane sih demen banget ama 406 D9 warna silver om, cuman katanya rada rewel kayak tuan putri prancis gitu harus diikutin semua maunya :big_biglaugh: Ato kalo yg lain sih ane demen banget siluet bohay nya XC90, tapi kayaknya dalam kondisi sangat sehat pun tetep tukang minum dia :drinking:
Waah, ikut berduka om atas rusaknya FFS adek om. Salut deh kalo di kota om bengkelnya masih nunjukin good will gitu.
Mamen009
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: Wed Jan 24, 2018 5:01
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2000 Mitsubishi Galant ST MT

Re: Suka Duka Merawat Ford Fiesta Trend MT 2011

Post by Mamen009 »

Mantap nih ceritanya, dulu juga sempet ngiler dengan fiesta, tapi ngincer yg MT karena isu TCM & DCT-nya :mky_01: .

Fiesta idaman bagi saya: Fiesta S MT facelift warna biru muda yg khas itu :mky_02:

Semoga terus awet om FFTnya, ngerasain juga ngeluarin biaya maintenance tembus 30% dari harga mobil yang dibeli :big_biglaugh: .
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Suka Duka Merawat Ford Fiesta Trend MT 2011

Post by kunaskun »

keren.. berasa dompet perih bener... itu biaya keluar udah bisa DP mobil lagi... :mky_02: :mky_02: :mky_02:
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Suka Duka Merawat Ford Fiesta Trend MT 2011

Post by PRBS »

Mantap om suka dukanya..

Btw ada yg mengganjal om, maaf kalau agak sensitif (kalau tersinggung, ga usah dijawab juga gpp)

Ford fiestanya punya adek ipar om kan ya? Kok jadi om yg tanggung jawab pelihara? Saya cuma kasihan kalau dari cerita om, malah jadi om yg kena semprot mertua sendiri..

Btt, pengalaman keluarga saya pelihara mobil eropa (peugeot 505gti, 605sri, 206xs) dan blazer (ini mobil australie sih.. karena mesinnya holden).. paling rewel dulu 605sri.. ada aja masalahnya yg kecil2 tapi menjalar kemana2 hahaha.. untung spareparts masih banyak.. sampai ibu saya jaman dulu kapok punya mobil non jepang.. (dan ini ngaruh ke pasangan saya yg ga mau beli mobil non jepang) sedih sih.. soalnya mobil eropa bantingan dan rasanya betul2 beda (kalau sehat ya)

Cheers buat perjuangan om. Salute!
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Suka Duka Merawat Ford Fiesta Trend MT 2011

Post by marmut »

bagi yang pola pikirnya nggak sejalan, pasti komentarnya "kenapa nggak tuker aja sama mobil lain yang nggak rewel dan perawatannya murah?"
saya akui nilai untuk perbaikan diatas nggak bisa dibilang sedikit, tapi namanya kepuasan batin nggak akan bisa terganti dengan uang berapapun jumlahnya.

satu hal saat memutuskan untuk merawat kendaraan pilihan, jangan pernah berpikir duka. anggap saja itu pengalaman dan pelajaran.

maju terus pantang mundur.....!!!

:off_team:
tremonti
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Tue Feb 21, 2017 3:56
Location: Jakarta

Re: Suka Duka Merawat Ford Fiesta Trend MT 2011

Post by tremonti »

Dahsyat cerita nya om... 37 juta ongkos sekolah mobil ya... Tapi Benar2 blessing in disguise ya...
"Straight roads are for fast cars, turns are for fast drivers"
Colin McRae
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Suka Duka Merawat Ford Fiesta Trend MT 2011

Post by ricz »

Wahahaha salute om denger ceritanya. Itu Fiesta kalo ada rejeki lebih mending diambil alih aja deh om, asa rada "nganu" gitu habisin duit buat mobil "orang"...

Just my simple opinion :mky_01:
2021 Fortuner VRZ
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: Suka Duka Merawat Ford Fiesta Trend MT 2011

Post by qushay20019 »

Mamen009 wrote: Thu Mar 21, 2019 11:56 Mantap nih ceritanya, dulu juga sempet ngiler dengan fiesta, tapi ngincer yg MT karena isu TCM & DCT-nya :mky_01: .
Fiesta idaman bagi saya: Fiesta S MT facelift warna biru muda yg khas itu :mky_02:
Semoga terus awet om FFTnya, ngerasain juga ngeluarin biaya maintenance tembus 30% dari harga mobil yang dibeli :big_biglaugh: .
Iya om, ane juga demen Fiesta sejak nonton Top Gear & liat kalo Jeremy Clarkson demen banget naik Fiesta ST. Tapi ane gak ngerti Fiesta ST di Indo jadi tipe apa ya? :big_think:
kunaskun wrote: Thu Mar 21, 2019 12:52 keren.. berasa dompet perih bener... itu biaya keluar udah bisa DP mobil lagi... :mky_02: :mky_02: :mky_02:
Bukan DP lagi om, kalo ditotal mah udah bisa dapet Volvo jadul yg rapi ini mah :big_blushing:
PRBS wrote: Thu Mar 21, 2019 13:16 Mantap om suka dukanya..
Btw ada yg mengganjal om, maaf kalau agak sensitif (kalau tersinggung, ga usah dijawab juga gpp)
Ford fiestanya punya adek ipar om kan ya? Kok jadi om yg tanggung jawab pelihara? Saya cuma kasihan kalau dari cerita om, malah jadi om yg kena semprot mertua sendiri..
--------------------cut--------------------
Cheers buat perjuangan om. Salute!
Wah panjang nih kalo mo diceritakan om. Jadi karakter mertua ane tuh maunya yg pake yang miara. Tapi ipar ane dari kecil sering membantah ke mertua ane, jadi sama2 saling males bicara, apalagi kalo urusan biaya perawatan mobil. Mertua ane mau2 aja bayarin tapi harus ke bengkel temen dia & harus yg make sendiri yg ngomong, maksudnya biar yg punya barang tau ngerawat. Di sisi lain, ipar ane gak kerja & suaminya sampe 2 bln lalu masih kuliah, otomatis perawatan mobil mereka juga ya gitu deh.
Suatu saat, mobil dipake ama ipar & bini ane jalan2. Eeeh, tau2 ada ban bocor, ditamballah di pinggir jalan. Di velg aftermarket nya, lubang baut roda itu rada kecil jadi harus pake mata baut roda yg tipis. Nah, tukang tambal pinggir jalan aja gak ngerti yg beginian, apalagi bini & ipar ane. Habis itu, mereka jalan dikit, eeeh roda depan lepas. Gilllaaak!! Untung gak ada yg celaka. Pas mereka sampe rumah & cerita ke ane, mo mleduk kepala ane saking setresnya ngeliat ignorance mereka. Yah sejak saat itu ane mutusin kalo urusan garasi itu jadi tanggungjawab ane semua. Lagian tuh FFT sering juga dipake gantian sama ipar & bini buat nganterin anak2 kami ke sekolah, belanja, dll.
marmut wrote: Thu Mar 21, 2019 13:18 untuk merawat kendaraan pilihan, jangan pernah berpikir duka. anggap saja itu pengalaman dan pelajaran.

makasih om marmut, kata2 om di atas bisa banget tuh jadi kaos merchandise SM :big_peace:
tremonti wrote: Thu Mar 21, 2019 16:43 Dahsyat cerita nya om... 37 juta ongkos sekolah mobil ya... Tapi Benar2 blessing in disguise ya...
ricz wrote: Thu Mar 21, 2019 16:55 Wahahaha salute om denger ceritanya. Itu Fiesta kalo ada rejeki lebih mending diambil alih aja deh om, asa rada "nganu" gitu habisin duit buat mobil "orang"...

Just my simple opinion :mky_01:
makasih om termonti & om ricz, iya ini udah sama kayak biaya S2 :wkkk: Sring sih ane kepikiran mau ane beli aja tuh FFT dari ipar, minus biaya perbaikan yg udah ane cover, tentunya. Tapi nanti deh pikir2 dulu :big_smile]
gogon344
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Wed Dec 30, 2015 3:53

Re: Suka Duka Merawat Ford Fiesta Trend MT 2011

Post by gogon344 »

Mantap om!!! salam dari pengguna fft at 2012 eheh ahamdulilah punya ane blm separah punya si om. walaupun at sudah mulai locatloncat. tinggal body mobil yg kurang kerawat. mobil tempur -_-. n blm pernah mogok alhamdulilah
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Suka Duka Merawat Ford Fiesta Trend MT 2011

Post by b8099ok »

MT knp pake oli DCT? Kebanyakan duid?
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Suka Duka Merawat Ford Fiesta Trend MT 2011

Post by PRBS »

qushay20019 wrote: Fri Mar 22, 2019 0:00
PRBS wrote: Thu Mar 21, 2019 13:16 Mantap om suka dukanya..
Btw ada yg mengganjal om, maaf kalau agak sensitif (kalau tersinggung, ga usah dijawab juga gpp)
Ford fiestanya punya adek ipar om kan ya? Kok jadi om yg tanggung jawab pelihara? Saya cuma kasihan kalau dari cerita om, malah jadi om yg kena semprot mertua sendiri..
--------------------cut--------------------
Cheers buat perjuangan om. Salute!
Wah panjang nih kalo mo diceritakan om. Jadi karakter mertua ane tuh maunya yg pake yang miara. Tapi ipar ane dari kecil sering membantah ke mertua ane, jadi sama2 saling males bicara, apalagi kalo urusan biaya perawatan mobil. Mertua ane mau2 aja bayarin tapi harus ke bengkel temen dia & harus yg make sendiri yg ngomong, maksudnya biar yg punya barang tau ngerawat. Di sisi lain, ipar ane gak kerja & suaminya sampe 2 bln lalu masih kuliah, otomatis perawatan mobil mereka juga ya gitu deh.
Suatu saat, mobil dipake ama ipar & bini ane jalan2. Eeeh, tau2 ada ban bocor, ditamballah di pinggir jalan. Di velg aftermarket nya, lubang baut roda itu rada kecil jadi harus pake mata baut roda yg tipis. Nah, tukang tambal pinggir jalan aja gak ngerti yg beginian, apalagi bini & ipar ane. Habis itu, mereka jalan dikit, eeeh roda depan lepas. Gilllaaak!! Untung gak ada yg celaka. Pas mereka sampe rumah & cerita ke ane, mo mleduk kepala ane saking setresnya ngeliat ignorance mereka. Yah sejak saat itu ane mutusin kalo urusan garasi itu jadi tanggungjawab ane semua. Lagian tuh FFT sering juga dipake gantian sama ipar & bini buat nganterin anak2 kami ke sekolah, belanja, dll.
Wah nicee... jarang ada orang seperti om sih. Nice 👍🏼

Tapi betul, pelihara mobil tua eropa secara ga langsung jadi kayak belajar mengerti mobil.. belajar teknis mobil.. belajar hunting bengkel yg bagus (yg ga tipu2).. jadi kenal sama beberapa rekan sesama user, dan jadi tahu montir yg bagus yg mana.. dan yg pasti belajar sabar juga. Hehe

Ga cuma mobil eropa sih, mobil tua jepang juga sama aja prinsipnya..

Salute, dan lanjutkan ceritanya om 👍🏼 (Oiya, kalau ga repot, tambahin foto2 fiestanya om.. hehe)
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: Suka Duka Merawat Ford Fiesta Trend MT 2011

Post by qushay20019 »

PRBS wrote: Fri Mar 22, 2019 1:29 Wah nicee... jarang ada orang seperti om sih. Nice 👍🏼

Tapi betul, pelihara mobil tua eropa secara ga langsung jadi kayak belajar mengerti mobil.. belajar teknis mobil.. belajar hunting bengkel yg bagus (yg ga tipu2).. jadi kenal sama beberapa rekan sesama user, dan jadi tahu montir yg bagus yg mana.. dan yg pasti belajar sabar juga. Hehe

Ga cuma mobil eropa sih, mobil tua jepang juga sama aja prinsipnya..

Salute, dan lanjutkan ceritanya om 👍🏼 (Oiya, kalau ga repot, tambahin foto2 fiestanya om.. hehe)
Siip, thanks support nya om PRBS. Iya nanti ane poto2 lagi Fiesta nya kalo ane udah pulang gawe :big_smile]
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: Suka Duka Merawat Ford Fiesta Trend MT 2011

Post by qushay20019 »

gogon344 wrote: Fri Mar 22, 2019 0:42 Mantap om!!! salam dari pengguna fft at 2012 eheh ahamdulilah punya ane blm separah punya si om. walaupun at sudah mulai locatloncat. tinggal body mobil yg kurang kerawat. mobil tempur -_-. n blm pernah mogok alhamdulilah
salam kenal om, hehehe. Syukur deh kalo masih awet FFT AT nya. Kalo ane kena macet pas lagi make FFT ya kadang ngimpi juga punya mobil matic, hehehe
b8099ok wrote: Fri Mar 22, 2019 1:22 MT knp pake oli DCT? Kebanyakan duid?


nah itu dia om, ane pan :n00b: asli dulu, kena deh digetokin :big_childish: :wkkk:
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Suka Duka Merawat Ford Fiesta Trend MT 2011

Post by b8099ok »

Gamparin aja bengkelnya :ngacir:
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
nimoo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 359
Joined: Sat Nov 14, 2015 14:13
Location: Jakarta
Daily Vehicle: nmax

Re: Suka Duka Merawat Ford Fiesta Trend MT 2011

Post by nimoo »

Nice story om, kalo bisa tambahin foto fiestanya :big_exellent:

Itu girbok mt emang engga rusak ya dipakein oli dct ? :big_think:

Kebetulan saya (ortu) pemakai mport juga meski cuma everest tua, kira kira udah habis 20% dari biaya beli th 2013 lalu
manshoezz
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Tue Jan 24, 2017 15:29

Re: Suka Duka Merawat Ford Fiesta Trend MT 2011

Post by manshoezz »

keren,
gw miara FFT dr tahun 2012, dan sampai sekarang masih bisa di katakan baik.(sekarang kalo g salah 80-90rb km)
udah nelen banyak part jg karena gw juga model yg lebih baik mencegah dr pada mengobati.
2 set shock (kyb trus fomocoo)
water pump
pully
timing belt
extra fan
heater pipe
steering rack
aki, rem, oli g usah d hitung, hahaha.

as long as ganti oli tiap 5rb/uang bensin 5jt, masih aman tentram damai hingga saat ini.
plus coolant tiap 20rb(kalo iseng 10rb, hahaha)