Review Honda HR-V E SE 2018
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Review Honda HR-V E SE 2018
Saya banding2 ternyata bukan cuma punya saya doang yg rem parkirnya ngiiikkkkk kaya cecurut kejepit pintu almost HR-V ngiiikkkkk smua
-
- SM Specialist
- Posts: 15572
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review Honda HR-V E SE 2018
Hahahaha iya EPB honda suara motornya kedengeran banget pas aktif. CRV dan Civic pun masih kedengeran biarpun gak sekenceng HRVipasha96 wrote:Dibawa santai aja om..makin dipikir mobilnya bakal banyak masalah, malah muncul masalah betulan biasanya
Saya pakai E CVT 2017, sampai sekarang baik-baik saja, KM 16.[cencored], udah dipakai mudik Jakarta-Malang pp pas lebaran. Perawatan standar beres Honda
Paling keluhan cuma bunyi EPB yg berdecit lumayan keras pas diaktifkan Sama ada panel samping kiri dashboard yg agak renggang (pas dicek di beres ternyata klipnya ada yg patah, lg order panel pengganti). Masalah road noise nggak terlalu peduli..mobil lama saya jauh lebih berisik soalnya
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 96
- Joined: Mon Feb 01, 2016 17:31
Re: Review Honda HR-V E SE 2018
kalo boleh pilih bunyi2 apa yg "include" dalam pembelian hrv, saya bakal pilih bunyi epb deh drpd driveshaft kyk sekarang
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 532
- Joined: Mon Jun 03, 2013 18:49
- Location: Jakarta-Bandung (via Tol)
- Daily Vehicle: 2009 Toyota Vellfire
Re: Review Honda HR-V E SE 2018
Buat saya suara ngiik epb nya HRV koq malah jadi keren ya... Hahahaha..saya pikir emang bawaan nya bgitu kalo mobil yang pake epb... pertama kali naik HRV punya adek ipar langsung komen keren bgt rem nya
For everything, there is a season, there is a reason...
2009 Toyota Vellfire
2010 Honda Jazz RS
2009 Toyota Vellfire
2010 Honda Jazz RS
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 332
- Joined: Sat Dec 28, 2013 23:45
Re: Review Honda HR-V E SE 2018
Hrv saya (type s cvt) jan 2019 nik 2018 dari baru sdh bunyi gluduk2 di shock depan, tp mau dibilang apa lagi bsk service mau sy complain lg. EPB jarang pakai seringnya pakai brakehold saja jd kurang ngeh kalau bunyi2, trus kalau di gas dan lepas gas seperti ada jeda. Road noise ya ada masuk, cukup banyak juga ya, tp mau dikata apalagi coba dinikmati saja
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 96
- Joined: Mon Feb 01, 2016 17:31
Re: Review Honda HR-V E SE 2018
jadi dicomplain kah gan mengenai gluduk2 shock depan? saya punya sebenernya dari baru juga berasa bunyi gluduk2 depan, cuma saya pikir biarin aja.. eh malah keterusan tuh mobil bunyinya jadi gluduk2 depan-belakang, dan driveshaft ngejedukhalooo wrote: ↑Fri Aug 30, 2019 5:48 Hrv saya (type s cvt) jan 2019 nik 2018 dari baru sdh bunyi gluduk2 di shock depan, tp mau dibilang apa lagi bsk service mau sy complain lg. EPB jarang pakai seringnya pakai brakehold saja jd kurang ngeh kalau bunyi2, trus kalau di gas dan lepas gas seperti ada jeda. Road noise ya ada masuk, cukup banyak juga ya, tp mau dikata apalagi coba dinikmati saja
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 739
- Joined: Wed May 03, 2017 9:39
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Karimun Wagon R
Re: Review Honda HR-V E SE 2018
Kayanya servis 20000KM mau komplain shockbreaker belakang lagi nih. Bunyi "kriut2" tapi masih lama ke 20000KM. Karena lagi seneng pakai Karimun
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 332
- Joined: Sat Dec 28, 2013 23:45
Re: Review Honda HR-V E SE 2018
Blom sempet complain skrg nambah bunyi kriet kriet dari shock belakang kalau lewat jalan keriting, kaya mobil jadul yg pernya bunyigar69 wrote: ↑Tue Sep 17, 2019 14:11jadi dicomplain kah gan mengenai gluduk2 shock depan? saya punya sebenernya dari baru juga berasa bunyi gluduk2 depan, cuma saya pikir biarin aja.. eh malah keterusan tuh mobil bunyinya jadi gluduk2 depan-belakang, dan driveshaft ngejedukhalooo wrote: ↑Fri Aug 30, 2019 5:48 Hrv saya (type s cvt) jan 2019 nik 2018 dari baru sdh bunyi gluduk2 di shock depan, tp mau dibilang apa lagi bsk service mau sy complain lg. EPB jarang pakai seringnya pakai brakehold saja jd kurang ngeh kalau bunyi2, trus kalau di gas dan lepas gas seperti ada jeda. Road noise ya ada masuk, cukup banyak juga ya, tp mau dikata apalagi coba dinikmati saja
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 96
- Joined: Mon Feb 01, 2016 17:31
Re: Review Honda HR-V E SE 2018
yahhh sama kyk punya saya hahaha, salam satu perbunyi2an ganhalooo wrote: ↑Thu Sep 19, 2019 1:02Blom sempet complain skrg nambah bunyi kriet kriet dari shock belakang kalau lewat jalan keriting, kaya mobil jadul yg pernya bunyigar69 wrote: ↑Tue Sep 17, 2019 14:11jadi dicomplain kah gan mengenai gluduk2 shock depan? saya punya sebenernya dari baru juga berasa bunyi gluduk2 depan, cuma saya pikir biarin aja.. eh malah keterusan tuh mobil bunyinya jadi gluduk2 depan-belakang, dan driveshaft ngejedukhalooo wrote: ↑Fri Aug 30, 2019 5:48 Hrv saya (type s cvt) jan 2019 nik 2018 dari baru sdh bunyi gluduk2 di shock depan, tp mau dibilang apa lagi bsk service mau sy complain lg. EPB jarang pakai seringnya pakai brakehold saja jd kurang ngeh kalau bunyi2, trus kalau di gas dan lepas gas seperti ada jeda. Road noise ya ada masuk, cukup banyak juga ya, tp mau dikata apalagi coba dinikmati saja
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 96
- Joined: Mon Feb 01, 2016 17:31
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 739
- Joined: Wed May 03, 2017 9:39
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Karimun Wagon R
Re: Review Honda HR-V E SE 2018
Iya bunyi lagi. Akan saya minta cek seluruhnya kaki belakangnya
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 126
- Joined: Fri Jun 07, 2019 4:42
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Honda HR-V
Re: Review Honda HR-V E SE 2018
Ada yang sudah pernah ganti balljoint HR-V?
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26923
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Review Honda HR-V E SE 2018
Hrv kl kaki2 blakang nya ad bunyi2, coba cek bagian knalpot, dl saya punya tiap kl isi 4 orang, lewat jalan jelek pasti bunyi gruduk2 kenceng
Ga tau nya batang stabilizer beradu ama pipa knalpot
Ga tau nya batang stabilizer beradu ama pipa knalpot
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11328
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Review Honda HR-V E SE 2018
kenapa balljoint nya om?
sekalian beli sm control armnya aja, dpt bushing baru. pasang tinggal plug n play.
sy minggu lalu bongpas inspeksi semua front sus gk5 sy nyari bunyi gluduk2. control arm sy lepas tp krn msh bagus ga jd ganti, gampang bgt ngerjainnya.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11328
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Review Honda HR-V E SE 2018
hah! beradu sm pipa knalpot? wah itu engineer2nya perlu dililit batang knalpot kayanya mbah.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26923
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Review Honda HR-V E SE 2018
Iya om,
Waktu itu saya claim k beres, entah d apain skrg sembuh, mau isi 5 orang jg ga perna beradu lg
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 126
- Joined: Fri Jun 07, 2019 4:42
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Honda HR-V
Re: Review Honda HR-V E SE 2018
Curiga balljoint-nya udah lemah..
Udah ganti link stabilizer, karet stabilizer baru dan disemprot silikon, karet support shock baru ori, jalan dalam kota udah senyap, ayunan suspensi bagus.
Pas main ke parung panjang, lewat2 jalan kasar, eh bunyi bunyi klek-klek di bag bawah roda kanan depan..
Ganti balljoint aja, apa sekaligus semua lower arm ya?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 126
- Joined: Fri Jun 07, 2019 4:42
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Honda HR-V
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26923
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Review Honda HR-V E SE 2018
Curiga saya sehh mounting knalpot nya ad d rubah, atau mungkin sblom nya kendor kl
numpang lewat aja....
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 270
- Joined: Tue May 26, 2009 13:52
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11328
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Review Honda HR-V E SE 2018
lepasin dulu aja balljoint dr knucklenya. trus dicek koclak ngga. udah gitu control arm dibetot ke arah depan belakang ada play ngga.agnisp wrote: ↑Sun Aug 09, 2020 7:21
Curiga balljoint-nya udah lemah..
Udah ganti link stabilizer, karet stabilizer baru dan disemprot silikon, karet support shock baru ori, jalan dalam kota udah senyap, ayunan suspensi bagus.
Pas main ke parung panjang, lewat2 jalan kasar, eh bunyi bunyi klek-klek di bag bawah roda kanan depan..
Ganti balljoint aja, apa sekaligus semua lower arm ya?
dibawah shock support ada bearing yg hrs digemukin ulang jg. kl gemuknya sdh tipis bisa bikin bunyi juga.
kemungkinan lain tie rod end, long tie rod, steering rack jg hrs diperiksa. minimal digrease ulang.
jalanan disini terlalu ganas kayanya.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 126
- Joined: Fri Jun 07, 2019 4:42
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Honda HR-V
Re: Review Honda HR-V E SE 2018
Iya nih, ke pasar dulu ah beli treker balljoint, terus coba ganti pakai 555 duluOmnibus wrote: ↑Sun Aug 09, 2020 8:57lepasin dulu aja balljoint dr knucklenya. trus dicek koclak ngga. udah gitu control arm dibetot ke arah depan belakang ada play ngga.agnisp wrote: ↑Sun Aug 09, 2020 7:21
Curiga balljoint-nya udah lemah..
Udah ganti link stabilizer, karet stabilizer baru dan disemprot silikon, karet support shock baru ori, jalan dalam kota udah senyap, ayunan suspensi bagus.
Pas main ke parung panjang, lewat2 jalan kasar, eh bunyi bunyi klek-klek di bag bawah roda kanan depan..
Ganti balljoint aja, apa sekaligus semua lower arm ya?
dibawah shock support ada bearing yg hrs digemukin ulang jg. kl gemuknya sdh tipis bisa bikin bunyi juga.
kemungkinan lain tie rod end, long tie rod, steering rack jg hrs diperiksa. minimal digrease ulang.
jalanan disini terlalu ganas kayanya.
Kalau bearing support shock sudah pernah digrease ulang, tapi pakai grease seadanya.. hmm moga2 bukan itu soalnya kalau stir dibelokin masih enak.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Thu Jan 26, 2017 15:10
Re: Review Honda HR-V E SE 2018
Om om semua.
Cobain deh kalau dari D ke S, tuh setir jadi berat sendiri karena EPS nya. Iya gak sih .. di semua speed.
Fitur aman spt kalau di setir hidrolis, diatas 60kpj berat sendiri.
Cobain deh kalau dari D ke S, tuh setir jadi berat sendiri karena EPS nya. Iya gak sih .. di semua speed.
Fitur aman spt kalau di setir hidrolis, diatas 60kpj berat sendiri.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 96
- Joined: Mon Feb 01, 2016 17:31
Re: Review Honda HR-V E SE 2018
UPDATE 10 Agustus 2020
Selamat malam semua... iseng-iseng buka SM, saya mau update owning experience mobil saya dengan usia pemakaian ~19 bulan ini. Selamat membaca
Saat ini jarak tempuh mencapai 24.5xx km. Pemakaian mobil jelas berkurang di tahun ini sejak COVID-19 pandemic dan saya WFH dari Maret hingga sekarang. Bagaimana kondisi mobil saya dibandingkan update terakhir sekitar 1 tahun yg lalu? For starters, ada 2 item yang saya ganti:
1. Ganti ban standard Bridgestone Turanza ER33 ke Michelin Primacy 4
Mungkin ada yg nanya, baru jalan segitu udah ganti ban? Jawaban saya adalah 50% iseng, 50% butuh. Jadi, mobil saya sejak baru gak pernah spooring/rotasi ban, karena saya cukup malas dengan pengalaman di mobil sblmnya (GK5) yaitu susah untuk cari setelan spooring yg setirnya 100% center; selalu ada aja miring ke kanan sedikit. Di mobil ini, sejak baru spooringnya enak dan setirnya pas lurus, jadi saya gak mau apa2in sampai ada keluhan aja. Menjelang di KM 20k an, saya merasa suara ban makin mendengung dan saya sempat gak sengaja hajar lubang sampai setirnya jadi miring. Kemudian saat dicek memang 2 ban belakang ternyata habis tidak rata dan 2 ban depan juga agak makan pinggir... jadi saya putuskan ganti ke Primacy 4, kebetulan ada rejeki lebih juga saat itu. Harga sekitar 1.7 jt an kalo gak salah, vs Turanza ER 33 yang 1.3 an.
Apakah worth the money? Definitely, ini upgrade yang saya bilang wajib dan harus dilakukan pertama kali saat kita mau "modif" mobil kita. Suara ban yang biasa masuk banget di mobil ini, sejak ganti ban suaranya bisa hilang total di kecepatan rendah (< 40 kmh), kemudian bantingan juga jauh lebih empuk (mungkin ini lebih karena bannya masih baru juga sih)
2. Ganti per standard ke lowering kit Eibach Prokit
Ini juga sebenernya iseng-iseng aja, gak ada kebutuhan khusus kenapa saya ganti. Bagaimana bedanya dgn standard? Secara looks gak signifikan, mungkin cuma turun 1-1.5 jari rata depan belakang, tapi tetep keliatan mobil jadi lebih manis fitmentnya. How about handling? Jelas lebih gak melayang, kalo selap-selip di tol itu berasa jauh lebih stabil. How about comfort? Tentu saja lebih keras daripada standard, untuk kondisi tertentu aja misal i) jalan yang gelombangnya kayak keriting kecil2 gitu, atau ii) kalo hajar polisi tidur/ gundukan dengan speed > 40kmh. Namun saat kita bawanya normal2 aja, bantingannya bisa dibilang hampir gak berubah vs. std. Buat saya sih ini setup yang lebih enak dari std, namun kalo bisa ganti shock yang lebih bagus dr std, bakalan jauh lebih enak lagi sih pastinya.
-photos to be updated later-
Kemudian, mengenai keluhan-keluhan yang saya alami sebelumnya (dan keluhan-keluhan baru) akan saya bahas dalam 5 poin di bawah:
1. Mengenai bunyi2 driveshaft, jelas lah terus ada, dan sepertinya ya makin sering intensitas bunyinya. Apakah masih pengen saya claim? Jujur udah males, dan sekarang cenderung udah gak ngeh ada bunyi2 kayak gitu. Selama mobil ini gak breakdown di jalan karena urusan driveshaft, saya cuek saja.
2. Mengenai mobil suka "ndut-ndutan" di speed rendah (20kmh) terutama habis kecepatan agak tinggi (misalnya setelah exit tol, kemudian mau injak gas lagi), nah ini saya ngerasa ada perbaikan setelah mobil masuk bengkel untuk pengerjaan recall fuel pump assy. Saya udh bawa mobil ini kira2 500km an sejak ganti fuel pump, dan keluhan ndut-ndutan ini bisa dibilang sembuh, walaupun gak 100%. Selain itu, berasa injekan gasnya lebih responsif dan sepertinya lebih irit juga. Harusnya ini bukan sugesti ya, since saya sendiri doang yg bawa mobil ini dari baru dan gak ada perbedaan perlakuan yg saya lakukan dari dulu ke sekarang (bensin pake super/v-power sejak baru, air filter udah ganti sejak thn lalu dengan K&N replacement dan saya selalu bersihin per 1.5 bulan)
3. Bunyi-bunyi suspensi belakang? Bunyi hilang dengan sendirinya, entah kenapa karena ga pernah saya complain lg saat servis atau saya ubah2 (Bunyi sudah hilang jauh sblm saya ganti lowering kit). Mungkin mobil ini juga punya perasaan segan juga ke ownernya kalo terlalu banyak masalah, wkwkwk... Kalo untuk bunyi gluduk2 depan sih masih ada ya, tapi cuek lah gedein suara audio aja hehehe
4. Sebulan terakhir kayaknya kalo start pertama kali itu ada bunyi2 aneh di ruang mesin. Saya baca di forum sebelah, ini kayaknya masalah lmyn umum yaitu auto tensioner mulai problem ya; saya curiga mobil saya juga mendapat masalah yg sama, tapi so far bunyi tsb masih jarang timbul dan blm ada gejala-gejala lain yg timbul.. jadi ya kita liatin dulu aja, sukur2 pas mau servis dia makin bunyi biar bisa sekalian diurusin.
5. Suara EPB sudah mulai berisik dan kadang mengganggu. Tapi seperti komen saya di postingan sebelumnya, kalo bisa pilih EPB bunyi atau driveshaft, I would definitely choose the former hahahaha.
Overall, seperti itulah update perjalanan saya bersama HRV tercinta dalam 1 tahun terakhir. Next mungkin saya rencana mau remap, harapannya sih biar lebih gesit akselerasinya dan kalo bisa biar ndut-ndutannya itu 100% hilang (ini berhubungan gak sih dengan mapping ECU? - saya kurang ngerti). Kemudian kalo ada user yg pernah ganti shock dengan kondisi pake lowering kit, mungkin boleh share pakai merk apa yg better vs shock std?
Seperti yang saya tulis di review awal, mobil ini buat daily companion beneran enak; dimensinya pas, tenaga cukup, bensin irit, tapi harus siap dengan resiko bunyi bunyi, entah itu drive shaft, kaki2, interior, atau apapun itu. Hope this serves as another useful review for others, thanks!
Selamat malam semua... iseng-iseng buka SM, saya mau update owning experience mobil saya dengan usia pemakaian ~19 bulan ini. Selamat membaca
Saat ini jarak tempuh mencapai 24.5xx km. Pemakaian mobil jelas berkurang di tahun ini sejak COVID-19 pandemic dan saya WFH dari Maret hingga sekarang. Bagaimana kondisi mobil saya dibandingkan update terakhir sekitar 1 tahun yg lalu? For starters, ada 2 item yang saya ganti:
1. Ganti ban standard Bridgestone Turanza ER33 ke Michelin Primacy 4
Mungkin ada yg nanya, baru jalan segitu udah ganti ban? Jawaban saya adalah 50% iseng, 50% butuh. Jadi, mobil saya sejak baru gak pernah spooring/rotasi ban, karena saya cukup malas dengan pengalaman di mobil sblmnya (GK5) yaitu susah untuk cari setelan spooring yg setirnya 100% center; selalu ada aja miring ke kanan sedikit. Di mobil ini, sejak baru spooringnya enak dan setirnya pas lurus, jadi saya gak mau apa2in sampai ada keluhan aja. Menjelang di KM 20k an, saya merasa suara ban makin mendengung dan saya sempat gak sengaja hajar lubang sampai setirnya jadi miring. Kemudian saat dicek memang 2 ban belakang ternyata habis tidak rata dan 2 ban depan juga agak makan pinggir... jadi saya putuskan ganti ke Primacy 4, kebetulan ada rejeki lebih juga saat itu. Harga sekitar 1.7 jt an kalo gak salah, vs Turanza ER 33 yang 1.3 an.
Apakah worth the money? Definitely, ini upgrade yang saya bilang wajib dan harus dilakukan pertama kali saat kita mau "modif" mobil kita. Suara ban yang biasa masuk banget di mobil ini, sejak ganti ban suaranya bisa hilang total di kecepatan rendah (< 40 kmh), kemudian bantingan juga jauh lebih empuk (mungkin ini lebih karena bannya masih baru juga sih)
2. Ganti per standard ke lowering kit Eibach Prokit
Ini juga sebenernya iseng-iseng aja, gak ada kebutuhan khusus kenapa saya ganti. Bagaimana bedanya dgn standard? Secara looks gak signifikan, mungkin cuma turun 1-1.5 jari rata depan belakang, tapi tetep keliatan mobil jadi lebih manis fitmentnya. How about handling? Jelas lebih gak melayang, kalo selap-selip di tol itu berasa jauh lebih stabil. How about comfort? Tentu saja lebih keras daripada standard, untuk kondisi tertentu aja misal i) jalan yang gelombangnya kayak keriting kecil2 gitu, atau ii) kalo hajar polisi tidur/ gundukan dengan speed > 40kmh. Namun saat kita bawanya normal2 aja, bantingannya bisa dibilang hampir gak berubah vs. std. Buat saya sih ini setup yang lebih enak dari std, namun kalo bisa ganti shock yang lebih bagus dr std, bakalan jauh lebih enak lagi sih pastinya.
-photos to be updated later-
Kemudian, mengenai keluhan-keluhan yang saya alami sebelumnya (dan keluhan-keluhan baru) akan saya bahas dalam 5 poin di bawah:
1. Mengenai bunyi2 driveshaft, jelas lah terus ada, dan sepertinya ya makin sering intensitas bunyinya. Apakah masih pengen saya claim? Jujur udah males, dan sekarang cenderung udah gak ngeh ada bunyi2 kayak gitu. Selama mobil ini gak breakdown di jalan karena urusan driveshaft, saya cuek saja.
2. Mengenai mobil suka "ndut-ndutan" di speed rendah (20kmh) terutama habis kecepatan agak tinggi (misalnya setelah exit tol, kemudian mau injak gas lagi), nah ini saya ngerasa ada perbaikan setelah mobil masuk bengkel untuk pengerjaan recall fuel pump assy. Saya udh bawa mobil ini kira2 500km an sejak ganti fuel pump, dan keluhan ndut-ndutan ini bisa dibilang sembuh, walaupun gak 100%. Selain itu, berasa injekan gasnya lebih responsif dan sepertinya lebih irit juga. Harusnya ini bukan sugesti ya, since saya sendiri doang yg bawa mobil ini dari baru dan gak ada perbedaan perlakuan yg saya lakukan dari dulu ke sekarang (bensin pake super/v-power sejak baru, air filter udah ganti sejak thn lalu dengan K&N replacement dan saya selalu bersihin per 1.5 bulan)
3. Bunyi-bunyi suspensi belakang? Bunyi hilang dengan sendirinya, entah kenapa karena ga pernah saya complain lg saat servis atau saya ubah2 (Bunyi sudah hilang jauh sblm saya ganti lowering kit). Mungkin mobil ini juga punya perasaan segan juga ke ownernya kalo terlalu banyak masalah, wkwkwk... Kalo untuk bunyi gluduk2 depan sih masih ada ya, tapi cuek lah gedein suara audio aja hehehe
4. Sebulan terakhir kayaknya kalo start pertama kali itu ada bunyi2 aneh di ruang mesin. Saya baca di forum sebelah, ini kayaknya masalah lmyn umum yaitu auto tensioner mulai problem ya; saya curiga mobil saya juga mendapat masalah yg sama, tapi so far bunyi tsb masih jarang timbul dan blm ada gejala-gejala lain yg timbul.. jadi ya kita liatin dulu aja, sukur2 pas mau servis dia makin bunyi biar bisa sekalian diurusin.
5. Suara EPB sudah mulai berisik dan kadang mengganggu. Tapi seperti komen saya di postingan sebelumnya, kalo bisa pilih EPB bunyi atau driveshaft, I would definitely choose the former hahahaha.
Overall, seperti itulah update perjalanan saya bersama HRV tercinta dalam 1 tahun terakhir. Next mungkin saya rencana mau remap, harapannya sih biar lebih gesit akselerasinya dan kalo bisa biar ndut-ndutannya itu 100% hilang (ini berhubungan gak sih dengan mapping ECU? - saya kurang ngerti). Kemudian kalo ada user yg pernah ganti shock dengan kondisi pake lowering kit, mungkin boleh share pakai merk apa yg better vs shock std?
Seperti yang saya tulis di review awal, mobil ini buat daily companion beneran enak; dimensinya pas, tenaga cukup, bensin irit, tapi harus siap dengan resiko bunyi bunyi, entah itu drive shaft, kaki2, interior, atau apapun itu. Hope this serves as another useful review for others, thanks!
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11328
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Review Honda HR-V E SE 2018
selamat malam juga om. wah seru ceritanya, kok beberapa ada yg sama ya ama GK5 2019 saya. wkwkwk. saya komen ya om, ada sebagian yg sy sdh countermeasure dan cukup berhasil. siapa tau om coba juga dan jd bahasan kita disini efektif atau engga nya buat om.
2. Mengenai mobil suka "ndut-ndutan" di speed rendah (20kmh) terutama habis kecepatan agak tinggi
*mobil saya waktu barunya gini dan skrg sdh ngga lagi. odo skrg 11k, dr dibawah 10k sdh sy lakuin. sy coba ganti busi ke ngk ZFR6F-GP (atau ZFR5F-GP sebab dlm kasus saya busi terlalu dingin dan berakibat premature fouling), bersihkan throttle body, bersihkan injector (sy off-board cabut dr mobil, bisa juga on-board pakai alat purging), reset ecm dan lakukan idle learning dr scanner.
3. Bunyi-bunyi suspensi belakang? Bunyi hilang dengan sendirinya, entah kenapa karena ga pernah saya complain lg saat servis atau saya ubah2 (Bunyi sudah hilang jauh sblm saya ganti lowering kit). Mungkin mobil ini juga punya perasaan segan juga ke ownernya kalo terlalu banyak masalah, wkwkwk... Kalo untuk bunyi gluduk2 depan sih masih ada ya, tapi cuek lah gedein suara audio aja hehehe
*bunyi dr suspensi belakang sy belum ngalamin tp baca2 di inet ada yg bushing torsion beam nya yg besar ngiket ke body itu pecah atau keras. mungkin bisa dicek juga selain dr shock dan rubber damper shocknya. apalagi kl mobil pernah ngehajar lubang besar.
untuk yg depan, karet damper part no 12 dan 13 harus diganti dgn yg asli beli di beres. meski belum gepeng hrs tetap ganti krn sdh kurang kenyal karetnya. bearing shock part no 11 hrs dikasih grease lagi meski odo msh kecil. bearing shock bukan cuma utk belok tp juga nahan benturan jd grease hrs pakai yg bagusan. sy barusan kerjakan di odo 11k dan senyap. dr 10x melintasi patahan/sambungan aspal hanya 1-2x yg ada suara itupun msh acceptable banget. FYI, sy ada 1 velg yg peyang dikit di 3 spot dan sampai beli velg baru hari ini di beres krn ga mau dipress. kemungkinan krn hajar lubang besar dan karet damper itu jd ikutan kena dampak. ban saya 2 buah sdh tdk bulat sempurna (run-out diluar spec). mau ganti semua ban ke primacy 4 tp ukuran gk5 ga ada
selain itu rack steering coba dibuka rubber bootnya dan check apakah grease kering. sy punya kering dan harus di regrease. sekalian pas rubber boot dibuka tambahkan grease di balljoint long tie-rodnya. ini jauh mengurangi efek getaran yg sampai ke setir ketika lewat jalan keriting atau sambungan aspal.
yg sy tandai merah kasih grease dalamnya. part no 11 yaitu klem utk boot kl pas dibuka patah bisa beli di beres, harganya 70 rban. sy baru beli 4 biji yg 2 utk ganti yg patah krn sdh beberapa kali dibuka dan akhirnya patah, dan 2 lg utk nyetok hehe.
4. Sebulan terakhir kayaknya kalo start pertama kali itu ada bunyi2 aneh di ruang mesin. Saya baca di forum sebelah, ini kayaknya masalah lmyn umum yaitu auto tensioner mulai problem ya; saya curiga mobil saya juga mendapat masalah yg sama, tapi so far bunyi tsb masih jarang timbul dan blm ada gejala-gejala lain yg timbul.. jadi ya kita liatin dulu aja, sukur2 pas mau servis dia makin bunyi biar bisa sekalian diurusin.
*sy termasuk org yg ga suka bunyi sekecil apapun. belt sy mulai bunyi krik-krik-krik kecil banget pas cuma baru start pagi. sy buka dan cek, belum getas, tdk ada crack, tp alur sdh agak longgar. biasanya autotensioner jadi bisa cepat rusak kl belt sdh melar sebab dia kerja lebih berat. belt ini cuma 1 dan pendek dan menggerakan semua pulley termasuk kompresor AC. tugasnya cukup berat apalagi mesinnya juga 120 hp, rasanya sering lah kita geber2. langsung saya ganti, harga 100 rban. barangnya buatan lokal jd jgn expect bisa tahan puluhan ribu km bahkan ratusan ribu km. kl sy cerita AC jd makin dingin setelah ganti belt, ah ga usah lah ya nanti kuatir dianggap berlebihan. just info aja.
ini faktur hari ini beli velg dan klem karet boot rack end. velg murah 1.7 jt, kata temen sy mahalan velg brompton wkwkwk
velgnya yg part no 2, velg ori GK om pasti inget hehe
kira2 begitu om yg bisa sy share ...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.