Review Honda HR-V E SE 2018

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Post Reply
gar69
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: 02 Feb 2016, 00:31

Re: Review Honda HR-V E SE 2018

Post by gar69 »

-deleted due to double posting-
Last edited by gar69 on 11 Aug 2020, 19:22, edited 1 time in total.
gar69
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: 02 Feb 2016, 00:31

Re: Review Honda HR-V E SE 2018

Post by gar69 »

Omnibus wrote: 10 Aug 2020, 22:33
gar69 wrote: 10 Aug 2020, 20:32 UPDATE 10 Agustus 2020

Selamat malam semua... iseng-iseng buka SM, saya mau update owning experience mobil saya dengan usia pemakaian ~19 bulan ini. Selamat membaca

Saat ini jarak tempuh mencapai 24.5xx km. -------
selamat malam juga om. wah seru ceritanya, kok beberapa ada yg sama ya ama GK5 2019 saya. wkwkwk. saya komen ya om, ada sebagian yg sy sdh countermeasure dan cukup berhasil. siapa tau om coba juga dan jd bahasan kita disini efektif atau engga nya buat om.

2. Mengenai mobil suka "ndut-ndutan" di speed rendah (20kmh) terutama habis kecepatan agak tinggi
*mobil saya waktu barunya gini dan skrg sdh ngga lagi. odo skrg 11k, dr dibawah 10k sdh sy lakuin. sy coba ganti busi ke ngk ZFR6F-GP (atau ZFR5F-GP sebab dlm kasus saya busi terlalu dingin dan berakibat premature fouling), bersihkan throttle body, bersihkan injector (sy off-board cabut dr mobil, bisa juga on-board pakai alat purging), reset ecm dan lakukan idle learning dr scanner.

3. Bunyi-bunyi suspensi belakang? Bunyi hilang dengan sendirinya, entah kenapa karena ga pernah saya complain lg saat servis atau saya ubah2 (Bunyi sudah hilang jauh sblm saya ganti lowering kit). Mungkin mobil ini juga punya perasaan segan juga ke ownernya kalo terlalu banyak masalah, wkwkwk... Kalo untuk bunyi gluduk2 depan sih masih ada ya, tapi cuek lah gedein suara audio aja hehehe
*bunyi dr suspensi belakang sy belum ngalamin tp baca2 di inet ada yg bushing torsion beam nya yg besar ngiket ke body itu pecah atau keras. mungkin bisa dicek juga selain dr shock dan rubber damper shocknya. apalagi kl mobil pernah ngehajar lubang besar.
untuk yg depan, karet damper part no 12 dan 13 harus diganti dgn yg asli beli di beres. meski belum gepeng hrs tetap ganti krn sdh kurang kenyal karetnya. bearing shock part no 11 hrs dikasih grease lagi meski odo msh kecil. bearing shock bukan cuma utk belok tp juga nahan benturan jd grease hrs pakai yg bagusan. sy barusan kerjakan di odo 11k dan senyap. dr 10x melintasi patahan/sambungan aspal hanya 1-2x yg ada suara itupun msh acceptable banget. FYI, sy ada 1 velg yg peyang dikit di 3 spot dan sampai beli velg baru hari ini di beres krn ga mau dipress. kemungkinan krn hajar lubang besar dan karet damper itu jd ikutan kena dampak. ban saya 2 buah sdh tdk bulat sempurna (run-out diluar spec). mau ganti semua ban ke primacy 4 tp ukuran gk5 ga ada :big_dunno:

4. Sebulan terakhir kayaknya kalo start pertama kali itu ada bunyi2 aneh di ruang mesin. Saya baca di forum sebelah, ini kayaknya masalah lmyn umum yaitu auto tensioner mulai problem ya; saya curiga mobil saya juga mendapat masalah yg sama, tapi so far bunyi tsb masih jarang timbul dan blm ada gejala-gejala lain yg timbul.. jadi ya kita liatin dulu aja, sukur2 pas mau servis dia makin bunyi biar bisa sekalian diurusin.
*sy termasuk org yg ga suka bunyi sekecil apapun. belt sy mulai bunyi krik-krik-krik kecil banget pas cuma baru start pagi. sy buka dan cek, belum getas, tdk ada crack, tp alur sdh agak longgar. biasanya autotensioner jadi bisa cepat rusak kl belt sdh melar sebab dia kerja lebih berat. belt ini cuma 1 dan pendek dan menggerakan semua pulley termasuk kompresor AC. tugasnya cukup berat apalagi mesinnya juga 120 hp, rasanya sering lah kita geber2. langsung saya ganti, harga 100 rban. barangnya buatan lokal jd jgn expect bisa tahan puluhan ribu km bahkan ratusan ribu km. kl sy cerita AC jd makin dingin setelah ganti belt, ah ga usah lah ya nanti kuatir dianggap berlebihan. just info aja.

kira2 begitu om yg bisa sy share ... :mky_03:
Halo om salam kenal.. Thanks for sharing, really appreciate it! Sebelumnya kalo boleh tanya, ini semua troubleshooting kerjain sendiri, bawa ke beres, atau gmn?

Saya suka nih liat jalan cerita om, I believe you are much more knowledgeable on cars, not to mention your greater attention to details / lebih OCD juga daripada saya wkwkwkwk..

Hmm saya jadi pengen coba dlm waktu dekat, terutama untuk problem no.2 mengenai ndut2 and no.4 mengenai bunyi belt nya ini... actually di mobil saya sejak 2-3 bulan terakhir berasa ac gak sedingin pas baru sih. However the main problem is skill saya gak cukup untuk DIY,fix bisa bongkar gak bisa pasang :big_peace: ; mau suruh beres troubleshoot yg gini2 males nanggepin SA/ foreman yang suka ngmg mobil nya normal, karakternya emg seperti itu, etc etc; kalo bawa ke bengkel umum saya blm ada tempat rekomen.
User avatar
Omnibus
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5022
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Review Honda HR-V E SE 2018

Post by Omnibus »

gar69 wrote: 11 Aug 2020, 19:20
Halo om salam kenal.. Thanks for sharing, really appreciate it! Sebelumnya kalo boleh tanya, ini semua troubleshooting kerjain sendiri, bawa ke beres, atau gmn?

Saya suka nih liat jalan cerita om, I believe you are much more knowledgeable on cars, not to mention your greater attention to details / lebih OCD juga daripada saya wkwkwkwk..

Hmm saya jadi pengen coba dlm waktu dekat, terutama untuk problem no.2 mengenai ndut2 and no.4 mengenai bunyi belt nya ini... actually di mobil saya sejak 2-3 bulan terakhir berasa ac gak sedingin pas baru sih. However the main problem is skill saya gak cukup untuk DIY,fix bisa bongkar gak bisa pasang :big_peace: ; mau suruh beres troubleshoot yg gini2 males nanggepin SA/ foreman yang suka ngmg mobil nya normal, karakternya emg seperti itu, etc etc; kalo bawa ke bengkel umum saya blm ada tempat rekomen.
salam kenal juga om ...

well, I'm just a noob DIYer. yg sy sharing di atas sy kerjakan sendiri om. yg om ceritain ttg SA/foreman yg suka vonis normal itu juga pernah sy alamin sendiri di yota, nisin, dan ahond ketika claim warranty yg mana mereka harus ada prosedur periksa sama2 dan judgment dulu. dikarenakan judgment juga beda2 (terutama urusan noise related matters dan intermittent failures) makanya sy skrg coba upayakan sendiri aja cari2 info di SM atau inet. less hassle, less stress, and most importantly I got it done. btw kl mau start DIYing selain skill juga perlu koleksi tools om, selain juga waktu dan tempat utk ngopreknya.

kl om mau repair dan ga kenal bengkel spesialis ya lebih baik ke beres tapi tinggal arahkan mereka check parts tertentu dan kalau perlu diganti ya ganti. yg penting siap bayar. meskipun ada juga kasus temen2 yg terutama ganti oli cvt harus otot2an dulu krn pihak beres bilang belum waktunya :mky_03: . kl mau ganti v-belt itu part numbernya 31110-55A-Z02 BELT ACG harga 115k+ppn. gantinya mudah cuma 15 menit buat yg biasa, awal2 ya agak lama dikit. kl di beres sambil service rutin minta aja diganti. kl sy krn diy bisa sambil cek pulley ada yg oblak atau bunyi ga ketika diputar tangan. enaknya itu. ga enaknya abis itu punggung encok pegel linu kebanyakan bungkuk ngelonin engine bay.

untuk AC kl ga bocor coba ganti dulu filter di dalam cabinnya barangkali kotor, posisi di belakang laci glove box. part number 80291-T5R-P01 harga 163k+ppn. Kl mau yg ada charcoal nya part number 80292-TG0-T02 harga 199k+ppn. Rasanya biasa aja, ga lebih fresh kaya pakai ionizer, netralin bau juga ya ga kerasa.
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 725
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: Review Honda HR-V E SE 2018

Post by Or4cle »

Omnibus wrote: 10 Aug 2020, 22:33
gar69 wrote: 10 Aug 2020, 20:32 UPDATE 10 Agustus 2020

Selamat malam semua... iseng-iseng buka SM, saya mau update owning experience mobil saya dengan usia pemakaian ~19 bulan ini. Selamat membaca

Saat ini jarak tempuh mencapai 24.5xx km. -------
selamat malam juga om. wah seru ceritanya, kok beberapa ada yg sama ya ama GK5 2019 saya. wkwkwk. saya komen ya om, ada sebagian yg sy sdh countermeasure dan cukup berhasil. siapa tau om coba juga dan jd bahasan kita disini efektif atau engga nya buat om.

2. Mengenai mobil suka "ndut-ndutan" di speed rendah (20kmh) terutama habis kecepatan agak tinggi
*mobil saya waktu barunya gini dan skrg sdh ngga lagi. odo skrg 11k, dr dibawah 10k sdh sy lakuin. sy coba ganti busi ke ngk ZFR6F-GP (atau ZFR5F-GP sebab dlm kasus saya busi terlalu dingin dan berakibat premature fouling), bersihkan throttle body, bersihkan injector (sy off-board cabut dr mobil, bisa juga on-board pakai alat purging), reset ecm dan lakukan idle learning dr scanner.

3. Bunyi-bunyi suspensi belakang? Bunyi hilang dengan sendirinya, entah kenapa karena ga pernah saya complain lg saat servis atau saya ubah2 (Bunyi sudah hilang jauh sblm saya ganti lowering kit). Mungkin mobil ini juga punya perasaan segan juga ke ownernya kalo terlalu banyak masalah, wkwkwk... Kalo untuk bunyi gluduk2 depan sih masih ada ya, tapi cuek lah gedein suara audio aja hehehe
*bunyi dr suspensi belakang sy belum ngalamin tp baca2 di inet ada yg bushing torsion beam nya yg besar ngiket ke body itu pecah atau keras. mungkin bisa dicek juga selain dr shock dan rubber damper shocknya. apalagi kl mobil pernah ngehajar lubang besar.
untuk yg depan, karet damper part no 12 dan 13 harus diganti dgn yg asli beli di beres. meski belum gepeng hrs tetap ganti krn sdh kurang kenyal karetnya. bearing shock part no 11 hrs dikasih grease lagi meski odo msh kecil. bearing shock bukan cuma utk belok tp juga nahan benturan jd grease hrs pakai yg bagusan. sy barusan kerjakan di odo 11k dan senyap. dr 10x melintasi patahan/sambungan aspal hanya 1-2x yg ada suara itupun msh acceptable banget. FYI, sy ada 1 velg yg peyang dikit di 3 spot dan sampai beli velg baru hari ini di beres krn ga mau dipress. kemungkinan krn hajar lubang besar dan karet damper itu jd ikutan kena dampak. ban saya 2 buah sdh tdk bulat sempurna (run-out diluar spec). mau ganti semua ban ke primacy 4 tp ukuran gk5 ga ada :big_dunno:

Image

selain itu rack steering coba dibuka rubber bootnya dan check apakah grease kering. sy punya kering dan harus di regrease. sekalian pas rubber boot dibuka tambahkan grease di balljoint long tie-rodnya. ini jauh mengurangi efek getaran yg sampai ke setir ketika lewat jalan keriting atau sambungan aspal.

yg sy tandai merah kasih grease dalamnya. part no 11 yaitu klem utk boot kl pas dibuka patah bisa beli di beres, harganya 70 rban. sy baru beli 4 biji yg 2 utk ganti yg patah krn sdh beberapa kali dibuka dan akhirnya patah, dan 2 lg utk nyetok hehe.

df4172ce-df80-474b-a2fc-ae5912adef13.jpg


4. Sebulan terakhir kayaknya kalo start pertama kali itu ada bunyi2 aneh di ruang mesin. Saya baca di forum sebelah, ini kayaknya masalah lmyn umum yaitu auto tensioner mulai problem ya; saya curiga mobil saya juga mendapat masalah yg sama, tapi so far bunyi tsb masih jarang timbul dan blm ada gejala-gejala lain yg timbul.. jadi ya kita liatin dulu aja, sukur2 pas mau servis dia makin bunyi biar bisa sekalian diurusin.
*sy termasuk org yg ga suka bunyi sekecil apapun. belt sy mulai bunyi krik-krik-krik kecil banget pas cuma baru start pagi. sy buka dan cek, belum getas, tdk ada crack, tp alur sdh agak longgar. biasanya autotensioner jadi bisa cepat rusak kl belt sdh melar sebab dia kerja lebih berat. belt ini cuma 1 dan pendek dan menggerakan semua pulley termasuk kompresor AC. tugasnya cukup berat apalagi mesinnya juga 120 hp, rasanya sering lah kita geber2. langsung saya ganti, harga 100 rban. barangnya buatan lokal jd jgn expect bisa tahan puluhan ribu km bahkan ratusan ribu km. kl sy cerita AC jd makin dingin setelah ganti belt, ah ga usah lah ya nanti kuatir dianggap berlebihan. just info aja.

ini faktur hari ini beli velg dan klem karet boot rack end. velg murah 1.7 jt, kata temen sy mahalan velg brompton wkwkwk

faktur ahond.jpg


velgnya yg part no 2, velg ori GK om pasti inget hehe

0ff48a0e-889f-4fd8-b61f-91b4f26524b4.jpg


kira2 begitu om yg bisa sy share ... :mky_03:
Terima kasih Om buat tips DIY-nya , mantap banget ilmunya :big_exellent:
Walaupun gak bisa terjun DIY kayak Om, at least bisa supervisi montir kalau ada perbaikan di area tsb.

Ooo ya untuk service di rack steer, saya jamin 90% biasanya gak aware butuh maintain di part tsb
Dulu saat service rack steer di B*tak S*ng pun saya lupa liat kondisi grease-nya dan gak tau di grease ulang gak bagian-bagian itu.
User avatar
Omnibus
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5022
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Review Honda HR-V E SE 2018

Post by Omnibus »

Or4cle wrote: 12 Aug 2020, 12:32
Terima kasih Om buat tips DIY-nya , mantap banget ilmunya :big_exellent:
Walaupun gak bisa terjun DIY kayak Om, at least bisa supervisi montir kalau ada perbaikan di area tsb.

Ooo ya untuk service di rack steer, saya jamin 90% biasanya gak aware butuh maintain di part tsb
Dulu saat service rack steer di B*tak S*ng pun saya lupa liat kondisi grease-nya dan gak tau di grease ulang gak bagian-bagian itu.
sama2 om, saling sharing aja. :big_deal:

kl di beres atau owners manual sih sy pernah baca item pekerjaan "ganti grease" tp ga jelas dikerjain apa ngga nya. mungkin krn customer jg suka komplen ttg mahalnya harga brake cleaner, engine flush, atau injector cleaner maka regreasing itu kemungkinan di skip juga. contohnya sy yg diy kerasa betul kl supplies yg spt itu harus dibeli juga selain cuma oli2an. apalagi kl dlm pelaksanaannya klem patah dsb, hrs dibeli juga. padahal dikerjakan sendiri beli sendiri, kemungkinan "dikerjain" bengkel kan nihil. tp terasa juga biaya perawatan itu ga murah kl mau hasilnya optimal.

nah beda sama di spesialis, di youtube sy lihat semua diregrease ulang bahkan ada yg rack steer sampai dimasukin campuran oli dan grease, supaya sedikitnya dlm 3 bulan customer ga komplen lagi. justru sy sama om dohc lg diskusi juga periode regrease yg bagus brp km/waktu sekali. krn kl di ahond grease nya cepet kering pdhl sy sdh pake grease keraton.
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 753
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Review Honda HR-V E SE 2018

Post by iamwewe »

gar69 wrote: 10 Aug 2020, 20:32
Kemudian, mengenai keluhan-keluhan yang saya alami sebelumnya (dan keluhan-keluhan baru) akan saya bahas dalam 5 poin di bawah:
1. Mengenai bunyi2 driveshaft, jelas lah terus ada, dan sepertinya ya makin sering intensitas bunyinya. Apakah masih pengen saya claim? Jujur udah males, dan sekarang cenderung udah gak ngeh ada bunyi2 kayak gitu. Selama mobil ini gak breakdown di jalan karena urusan driveshaft, saya cuek saja.

2. Mengenai mobil suka "ndut-ndutan" di speed rendah (20kmh) terutama habis kecepatan agak tinggi (misalnya setelah exit tol, kemudian mau injak gas lagi), nah ini saya ngerasa ada perbaikan setelah mobil masuk bengkel untuk pengerjaan recall fuel pump assy. Saya udh bawa mobil ini kira2 500km an sejak ganti fuel pump, dan keluhan ndut-ndutan ini bisa dibilang sembuh, walaupun gak 100%. Selain itu, berasa injekan gasnya lebih responsif dan sepertinya lebih irit juga. Harusnya ini bukan sugesti ya, since saya sendiri doang yg bawa mobil ini dari baru dan gak ada perbedaan perlakuan yg saya lakukan dari dulu ke sekarang (bensin pake super/v-power sejak baru, air filter udah ganti sejak thn lalu dengan K&N replacement dan saya selalu bersihin per 1.5 bulan)

ikut komen nomor 1 dan 2 aja nih

saya mulai nomor 2 dulu deh ya. kalo nomor 2, saya juga kena recall. dan bener kok, setelah saya ganti fuel pump bener lebih responsif dan lebih irit. kirain saya doang yg ngerasa gini kekeke.

untuk nomor 1, nah karena skalian recall kemarin saya laporan juga kaki2 kanan dpn bunyi gluduk2. gk tau diapain sih udh beres nggak ada suara nya lagi

FYI saya ke bengkel honda pluit. km mobil 13.500 skian, pembelian 01.2019 hrv se
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 21701
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Review Honda HR-V E SE 2018

Post by DOHC »

Omnibus wrote: 12 Aug 2020, 12:57
Or4cle wrote: 12 Aug 2020, 12:32
Terima kasih Om buat tips DIY-nya , mantap banget ilmunya :big_exellent:
Walaupun gak bisa terjun DIY kayak Om, at least bisa supervisi montir kalau ada perbaikan di area tsb.

Ooo ya untuk service di rack steer, saya jamin 90% biasanya gak aware butuh maintain di part tsb
Dulu saat service rack steer di B*tak S*ng pun saya lupa liat kondisi grease-nya dan gak tau di grease ulang gak bagian-bagian itu.
sama2 om, saling sharing aja. :big_deal:

kl di beres atau owners manual sih sy pernah baca item pekerjaan "ganti grease" tp ga jelas dikerjain apa ngga nya. mungkin krn customer jg suka komplen ttg mahalnya harga brake cleaner, engine flush, atau injector cleaner maka regreasing itu kemungkinan di skip juga. contohnya sy yg diy kerasa betul kl supplies yg spt itu harus dibeli juga selain cuma oli2an. apalagi kl dlm pelaksanaannya klem patah dsb, hrs dibeli juga. padahal dikerjakan sendiri beli sendiri, kemungkinan "dikerjain" bengkel kan nihil. tp terasa juga biaya perawatan itu ga murah kl mau hasilnya optimal.

nah beda sama di spesialis, di youtube sy lihat semua diregrease ulang bahkan ada yg rack steer sampai dimasukin campuran oli dan grease, supaya sedikitnya dlm 3 bulan customer ga komplen lagi. justru sy sama om dohc lg diskusi juga periode regrease yg bagus brp km/waktu sekali. krn kl di ahond grease nya cepet kering pdhl sy sdh pake grease keraton.
Lah itu d buku servis ipah aj ad point utk tembak vet ke joint as kopel tiap kl servis.. saya ud coba 2 beres berbeda, ga ad tuh yg tembak vet ke joint nya, apalagi buka boot steering

Btw kyanya sya stuju ama mbah omni, utk mobil2 yg ruang mesin nya gede, ga tralu panas, dan ga nerabas banjir, tembak vet steering bot kayanya bsa tiap 40rebu km kl yah.. saya ad ipah tuwir dr 2006 ampe 2020 aj pas dbuka masi ad sisa vet nya

Kl mobil2 yg ruang mesin panas, nerabas banjir, kayanya tiap 20 rebu atau tiap taon musti buka boot tembak vet deh


*Eh tapi si mbah marmut pas buka boot steering masda 2 skyaktip item wangi mengkilat itu, kayanya masi ad sisa2 vet seh, padahal odo blom tinggi2 amat..


Demikian jg utk mobil ber as kopel kayanya tiap 20 rebu wajip tembak vet jg deh. Ini sya ud pake jalan 15 rebu dr trakir tembak vet aj, pas sya tembak lg bsa masuk banyak (ud banyak leleran vet jg d joint nya)
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5022
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Review Honda HR-V E SE 2018

Post by Omnibus »

ehh pesenan velg sama kleman ane udah dateng... siap2 otw ah

Screenshot_20200812_134459_com.whatsapp~3.jpg
Screenshot_20200812_134459_com.whatsapp~3.jpg (131.78 KiB) Viewed 247 times
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 725
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: Review Honda HR-V E SE 2018

Post by Or4cle »

DOHC wrote: 12 Aug 2020, 13:17
Omnibus wrote: 12 Aug 2020, 12:57
Or4cle wrote: 12 Aug 2020, 12:32
Terima kasih Om buat tips DIY-nya , mantap banget ilmunya :big_exellent:
Walaupun gak bisa terjun DIY kayak Om, at least bisa supervisi montir kalau ada perbaikan di area tsb.

Ooo ya untuk service di rack steer, saya jamin 90% biasanya gak aware butuh maintain di part tsb
Dulu saat service rack steer di B*tak S*ng pun saya lupa liat kondisi grease-nya dan gak tau di grease ulang gak bagian-bagian itu.
sama2 om, saling sharing aja. :big_deal:

kl di beres atau owners manual sih sy pernah baca item pekerjaan "ganti grease" tp ga jelas dikerjain apa ngga nya. mungkin krn customer jg suka komplen ttg mahalnya harga brake cleaner, engine flush, atau injector cleaner maka regreasing itu kemungkinan di skip juga. contohnya sy yg diy kerasa betul kl supplies yg spt itu harus dibeli juga selain cuma oli2an. apalagi kl dlm pelaksanaannya klem patah dsb, hrs dibeli juga. padahal dikerjakan sendiri beli sendiri, kemungkinan "dikerjain" bengkel kan nihil. tp terasa juga biaya perawatan itu ga murah kl mau hasilnya optimal.

nah beda sama di spesialis, di youtube sy lihat semua diregrease ulang bahkan ada yg rack steer sampai dimasukin campuran oli dan grease, supaya sedikitnya dlm 3 bulan customer ga komplen lagi. justru sy sama om dohc lg diskusi juga periode regrease yg bagus brp km/waktu sekali. krn kl di ahond grease nya cepet kering pdhl sy sdh pake grease keraton.
Lah itu d buku servis ipah aj ad point utk tembak vet ke joint as kopel tiap kl servis.. saya ud coba 2 beres berbeda, ga ad tuh yg tembak vet ke joint nya, apalagi buka boot steering

Btw kyanya sya stuju ama mbah omni, utk mobil2 yg ruang mesin nya gede, ga tralu panas, dan ga nerabas banjir, tembak vet steering bot kayanya bsa tiap 40rebu km kl yah.. saya ad ipah tuwir dr 2006 ampe 2020 aj pas dbuka masi ad sisa vet nya

Kl mobil2 yg ruang mesin panas, nerabas banjir, kayanya tiap 20 rebu atau tiap taon musti buka boot tembak vet deh


*Eh tapi si mbah marmut pas buka boot steering masda 2 skyaktip item wangi mengkilat itu, kayanya masi ad sisa2 vet seh, padahal odo blom tinggi2 amat..


Demikian jg utk mobil ber as kopel kayanya tiap 20 rebu wajip tembak vet jg deh. Ini sya ud pake jalan 15 rebu dr trakir tembak vet aj, pas sya tembak lg bsa masuk banyak (ud banyak leleran vet jg d joint nya)
@ om Omnibus
@ om Klep

Montir Beres tau lah kerjaan yang gampang & cepat, gak buang waktu banyak, dan gak bikin capek pinggang. Padahal sebenarnya regreasing itu penting sekali biar awet komponen itu. Aku malah gak gitu percaya sama produk2 engine flush dan injector cleaner. Kalau kerak di mesin / injector sudah setebal lumpur lapindo dimasukin satu tangki juga gak bakalan rontok, CMIIW.

Kalau copot injector, pakai getaran ultrasonic yg celup cairan khusus itu efektif gak ya ?
User avatar
Omnibus
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5022
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Review Honda HR-V E SE 2018

Post by Omnibus »

Or4cle wrote: 12 Aug 2020, 14:07
@ om Omnibus
@ om Klep

Montir Beres tau lah kerjaan yang gampang & cepat, gak buang waktu banyak, dan gak bikin capek pinggang. Padahal sebenarnya regreasing itu penting sekali biar awet komponen itu. Aku malah gak gitu percaya sama produk2 engine flush dan injector cleaner. Kalau kerak di mesin / injector sudah setebal lumpur lapindo dimasukin satu tangki juga gak bakalan rontok, CMIIW.

Kalau copot injector, pakai getaran ultrasonic yg celup cairan khusus itu efektif gak ya ?
montir beres pakai lift n saya pernah punya lift dulu sekali waktu coba2 punya bengkel kecil2an. pakai itu aja udah sangat mengurangi sakit pinggang krn posisi tubuh berdiri tegak. ini jg lagi lihat2 ravaglioli portable lift yg bisa dilipat kl ga dipakai.

masalahnya di beres mungkin waktunya yg ga ada kl cuma periodic maintenance. kl datang kesitu spesifik booking utk urusan greasing rasanya bisa.

yg ultrasonic sy belum pernah coba. sy punyanya alat manual adaptor yg utk semprot dr kaleng injector cleaner. pernah sy posting di trit koleksi tools juga.
Poporing
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 323
Joined: 14 Jun 2020, 13:46
Location: Jkt
Daily Vehicle: honda

Re: Review Honda HR-V E SE 2018

Post by Poporing »

buat om Omnibus ada buku Service Manual Hrv 1.5 ga?
cari2 tp ga ketemu2...

kemarin2 ganti headlamp E SE tapi otodidak dari yutub... alhasil selesai hampir seharian...
tapi alhamdulillah selesai dengan tidak ada klip/mur/baut yang berlebih. HAHA
gar69
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: 02 Feb 2016, 00:31

Re: Review Honda HR-V E SE 2018

Post by gar69 »

Omnibus wrote: 11 Aug 2020, 21:49
salam kenal juga om ...

well, I'm just a noob DIYer. yg sy sharing di atas sy kerjakan sendiri om. yg om ceritain ttg SA/foreman yg suka vonis normal itu juga pernah sy alamin sendiri di yota, nisin, dan ahond ketika claim warranty yg mana mereka harus ada prosedur periksa sama2 dan judgment dulu. dikarenakan judgment juga beda2 (terutama urusan noise related matters dan intermittent failures) makanya sy skrg coba upayakan sendiri aja cari2 info di SM atau inet. less hassle, less stress, and most importantly I got it done. btw kl mau start DIYing selain skill juga perlu koleksi tools om, selain juga waktu dan tempat utk ngopreknya.

kl om mau repair dan ga kenal bengkel spesialis ya lebih baik ke beres tapi tinggal arahkan mereka check parts tertentu dan kalau perlu diganti ya ganti. yg penting siap bayar. meskipun ada juga kasus temen2 yg terutama ganti oli cvt harus otot2an dulu krn pihak beres bilang belum waktunya :mky_03: . kl mau ganti v-belt itu part numbernya 31110-55A-Z02 BELT ACG harga 115k+ppn. gantinya mudah cuma 15 menit buat yg biasa, awal2 ya agak lama dikit. kl di beres sambil service rutin minta aja diganti. kl sy krn diy bisa sambil cek pulley ada yg oblak atau bunyi ga ketika diputar tangan. enaknya itu. ga enaknya abis itu punggung encok pegel linu kebanyakan bungkuk ngelonin engine bay.

untuk AC kl ga bocor coba ganti dulu filter di dalam cabinnya barangkali kotor, posisi di belakang laci glove box. part number 80291-T5R-P01 harga 163k+ppn. Kl mau yg ada charcoal nya part number 80292-TG0-T02 harga 199k+ppn. Rasanya biasa aja, ga lebih fresh kaya pakai ionizer, netralin bau juga ya ga kerasa.
Well noted om.. iya saya jg prefer ke beres dulu aja, yg penting skrg udh ada tambahan bekal knowledge dari sharing2nya om, thanks for that, jadi kalo pas ke beres saya bisa lebih mengarahkan mereka.. anyway saya mau kasih kerjaan yg diluar scope regular maintenance, masa nggak mau dapet duit lebih wkwkwkwk. Rencana dalam bbrp minggu ke depan mau service rutin ke 30k (yes odo nya blm sampe, baru 24.5xx; Saya lebih sering ikutin interval bulan drpd jarak tempuh).

Untuk AC kalo kotor sih nggak om, saya gak ngerokok di mobil, trus ganti filter jg rutin dan pake sharp plasmacluster jg di mobil (gak tau ngaruh gak, iseng belinya dulu).. ini baru ganti filter, semprot2 hazecool sampe 2 botol, ttp masih berasa kurang greget.. Gejala bocor sepertinya nggak ya, karena bukan jadi panas acnya.. mungkin kah karena belt mulai kurang prima kondisinya atau kurang kenceng tensionnya ya? Sejak PSBB jalanan lancar emg suka geber2 mentok redline sih :big_childish:
Last edited by gar69 on 12 Aug 2020, 15:59, edited 1 time in total.
gar69
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: 02 Feb 2016, 00:31

Re: Review Honda HR-V E SE 2018

Post by gar69 »

iamwewe wrote: 12 Aug 2020, 13:11
ikut komen nomor 1 dan 2 aja nih

saya mulai nomor 2 dulu deh ya. kalo nomor 2, saya juga kena recall. dan bener kok, setelah saya ganti fuel pump bener lebih responsif dan lebih irit. kirain saya doang yg ngerasa gini kekeke.

untuk nomor 1, nah karena skalian recall kemarin saya laporan juga kaki2 kanan dpn bunyi gluduk2. gk tau diapain sih udh beres nggak ada suara nya lagi

FYI saya ke bengkel honda pluit. km mobil 13.500 skian, pembelian 01.2019 hrv se
thx for sharing om... untuk nomor 2 well thats a very good news, lega saya dengernya ada yg ngerasa gini jg, positive bukan cuma sugesti hahaha. Cuma mo menambahkan saja mengenai nomer 1, ini agak beda dgn yg om maksud. kalo bunyi gluduk2 yg om mksd itu sepengetahuan saya munculnya dari kaki2. kalo bunyi yg saya mksd di poin yg ini adalah bunyi "dug" driveshaft setiap lg injek gas. videonya ada di post saya di bbrp page ke blkg. Tapi, yes punya saya juga gludug2 hahaha.. ini yg saya bahas di nomer 3 :big_dunno:
User avatar
Omnibus
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5022
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Review Honda HR-V E SE 2018

Post by Omnibus »

Poporing wrote: 12 Aug 2020, 14:43 buat om Omnibus ada buku Service Manual Hrv 1.5 ga?
cari2 tp ga ketemu2...

kemarin2 ganti headlamp E SE tapi otodidak dari yutub... alhasil selesai hampir seharian...
tapi alhamdulillah selesai dengan tidak ada klip/mur/baut yang berlebih. HAHA
ga punya om ... mobilnya jg ane ga punya hehe. punya nya GK5
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: 23 Nov 2018, 16:27
Location: Depok

Re: Review Honda HR-V E SE 2018

Post by indeskey »

Omnibus wrote:ehh pesenan velg sama kleman ane udah dateng... siap2 otw ah

Screenshot_20200812_134459_com.whatsapp~3.jpg
Ini beli di beres mana suhu?
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 21701
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Review Honda HR-V E SE 2018

Post by DOHC »

Or4cle wrote: 12 Aug 2020, 14:07
DOHC wrote: 12 Aug 2020, 13:17
Omnibus wrote: 12 Aug 2020, 12:57

sama2 om, saling sharing aja. :big_deal:

kl di beres atau owners manual sih sy pernah baca item pekerjaan "ganti grease" tp ga jelas dikerjain apa ngga nya. mungkin krn customer jg suka komplen ttg mahalnya harga brake cleaner, engine flush, atau injector cleaner maka regreasing itu kemungkinan di skip juga. contohnya sy yg diy kerasa betul kl supplies yg spt itu harus dibeli juga selain cuma oli2an. apalagi kl dlm pelaksanaannya klem patah dsb, hrs dibeli juga. padahal dikerjakan sendiri beli sendiri, kemungkinan "dikerjain" bengkel kan nihil. tp terasa juga biaya perawatan itu ga murah kl mau hasilnya optimal.

nah beda sama di spesialis, di youtube sy lihat semua diregrease ulang bahkan ada yg rack steer sampai dimasukin campuran oli dan grease, supaya sedikitnya dlm 3 bulan customer ga komplen lagi. justru sy sama om dohc lg diskusi juga periode regrease yg bagus brp km/waktu sekali. krn kl di ahond grease nya cepet kering pdhl sy sdh pake grease keraton.
Lah itu d buku servis ipah aj ad point utk tembak vet ke joint as kopel tiap kl servis.. saya ud coba 2 beres berbeda, ga ad tuh yg tembak vet ke joint nya, apalagi buka boot steering

Btw kyanya sya stuju ama mbah omni, utk mobil2 yg ruang mesin nya gede, ga tralu panas, dan ga nerabas banjir, tembak vet steering bot kayanya bsa tiap 40rebu km kl yah.. saya ad ipah tuwir dr 2006 ampe 2020 aj pas dbuka masi ad sisa vet nya

Kl mobil2 yg ruang mesin panas, nerabas banjir, kayanya tiap 20 rebu atau tiap taon musti buka boot tembak vet deh


*Eh tapi si mbah marmut pas buka boot steering masda 2 skyaktip item wangi mengkilat itu, kayanya masi ad sisa2 vet seh, padahal odo blom tinggi2 amat..


Demikian jg utk mobil ber as kopel kayanya tiap 20 rebu wajip tembak vet jg deh. Ini sya ud pake jalan 15 rebu dr trakir tembak vet aj, pas sya tembak lg bsa masuk banyak (ud banyak leleran vet jg d joint nya)
@ om Omnibus
@ om Klep

Montir Beres tau lah kerjaan yang gampang & cepat, gak buang waktu banyak, dan gak bikin capek pinggang. Padahal sebenarnya regreasing itu penting sekali biar awet komponen itu. Aku malah gak gitu percaya sama produk2 engine flush dan injector cleaner. Kalau kerak di mesin / injector sudah setebal lumpur lapindo dimasukin satu tangki juga gak bakalan rontok, CMIIW.

Kalau copot injector, pakai getaran ultrasonic yg celup cairan khusus itu efektif gak ya ?
Lah justru enjin flush itu diantara smua cairan, paling sesuai dgn kegunaan nya loh, mau kerak stebel yellow pages jg bakal rontok kena enjin flush

Tp kl saya sehh ud mengharamkan cairan itu, despite merk atau jargon apapun

Bersihin injector setau saya mmg paling bagus dcopotin, either pake sonic2an, atau cara om omnibus (saya jg ud beli adapter nya waktu itu dracunin om omni), atau cara lebi unik lg versi mbah marmut (saksi idup nya si mbah josomba)

Tp kl masi ga terlalu kotor, pake yg tuang ke tangki bensin jg gapapa
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5022
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Review Honda HR-V E SE 2018

Post by Omnibus »

indeskey wrote: 12 Aug 2020, 17:41
Omnibus wrote:ehh pesenan velg sama kleman ane udah dateng... siap2 otw ah


Screenshot_20200812_134459_com.whatsapp~3.jpg
Ini beli di beres mana suhu?
bukan suhu.... newbie begini dibilang suhu

beli di beres soekarno hatta bdg. di beres mana aja bisa. tp kl disini ane dpt diskon dan cukup order via WA. bayar tetap dimuka, transfer :big_blushing:
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: 23 Nov 2018, 16:27
Location: Depok

Re: Review Honda HR-V E SE 2018

Post by indeskey »

Omnibus wrote:
indeskey wrote: 12 Aug 2020, 17:41
Omnibus wrote:ehh pesenan velg sama kleman ane udah dateng... siap2 otw ah


Screenshot_20200812_134459_com.whatsapp~3.jpg
Ini beli di beres mana suhu?
bukan suhu.... newbie begini dibilang suhu

beli di beres soekarno hatta bdg. di beres mana aja bisa. tp kl disini ane dpt diskon dan cukup order via WA. bayar tetap dimuka, transfer :big_blushing:
Kalau order ke beres udah pake WA itu bukan newbie lagi udah level suhu/mbah haha.

Om, clamp yg dibeli khusus buat boot tertentu ya, kemaren temen beli set boot inner drive shaft dapet clamp nya dari alum yg susah bener masangnya. Emang bisa ya beli clamp nya aja? Thanks
agnisp
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 99
Joined: 07 Jun 2019, 11:42
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Honda HR-V

Re: Review Honda HR-V E SE 2018

Post by agnisp »

Poporing wrote: 12 Aug 2020, 14:43 buat om Omnibus ada buku Service Manual Hrv 1.5 ga?
cari2 tp ga ketemu2...

kemarin2 ganti headlamp E SE tapi otodidak dari yutub... alhasil selesai hampir seharian...
tapi alhamdulillah selesai dengan tidak ada klip/mur/baut yang berlebih. HAHA
Untuk Service Manual HR-V bisa download di sini, tapi beda engine nya ya sepertinya. Untuk suspensi, chasis, lampu2, dan brake masih sama, juga wheel alignment.
Engine yang sama mungkin bisa ganti tipe mobilnya ke Honda Fit?

Ini linknya:
https://cardiagn.com/honda/honda-hr-v/

Kalau mau bongkar pasang paling bagus lihat service manual dan tutorial serupa di youtube. Paling penting kekencangan baut sesuai tabel dan bila perlu pakai thread locker / loctite biru, biar ga kalah sama assembly pabrikan sononya, hee
User avatar
Omnibus
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5022
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Review Honda HR-V E SE 2018

Post by Omnibus »

indeskey wrote: 12 Aug 2020, 17:57
Om, clamp yg dibeli khusus buat boot tertentu ya, kemaren temen beli set boot inner drive shaft dapet clamp nya dari alum yg susah bener masangnya. Emang bisa ya beli clamp nya aja? Thanks
iya betul khusus buat boot tertentu. ya bisa ada mobil yg ukurannya sama berarti interchangeable. ukuran diameter dan lebar clamp.

susah apanya sih, tinggal jepit doang. ada triknya utk masukin. dr as yg diameternya kecil spy itu clamp ga melar, sesudah masuk ke as digeser ke posisi yg mau dipasang. kl langsung dimelarin utk masuk ke tempatnya bisa jebew banget. tau jebew kan om wkwkwk?


ini bisa beli oetiker clamp nya doang utk rack end boot. made in japan bro ...
posisi hook nya sebelum dijepit hrs spt itu ya, pas mau masukin ke as bisa dilepas, masukin dr as yg diameternya paling kecil spy ga jebew.

IMG-20200812-WA0009~2.jpg
IMG-20200812-WA0009~2.jpg (94.73 KiB) Viewed 155 times

cara jepit clamp


indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: 23 Nov 2018, 16:27
Location: Depok

Re: Review Honda HR-V E SE 2018

Post by indeskey »

Omnibus wrote:
indeskey wrote: 12 Aug 2020, 17:57
Om, clamp yg dibeli khusus buat boot tertentu ya, kemaren temen beli set boot inner drive shaft dapet clamp nya dari alum yg susah bener masangnya. Emang bisa ya beli clamp nya aja? Thanks
iya betul khusus buat boot tertentu. ya bisa ada mobil yg ukurannya sama berarti interchangeable. ukuran diameter dan lebar clamp.

susah apanya sih, tinggal jepit doang. ada triknya utk masukin. dr as yg diameternya kecil spy itu clamp ga melar, sesudah masuk ke as digeser ke posisi yg mau dipasang. kl langsung dimelarin utk masuk ke tempatnya bisa jebew banget. tau jebew kan om wkwkwk?


ini bisa beli oetiker clamp nya doang utk rack end boot. made in japan bro ...
posisi hook nya sebelum dijepit hrs spt itu ya, pas mau masukin ke as bisa dilepas, masukin dr as yg diameternya paling kecil spy ga jebew.

IMG-20200812-WA0009~2.jpg

cara jepit clamp


Apaan om kok jebew wkwkwkw...

Nah ini nih yg kemaren bengkel yg ngerjain bootnya mobil temen sampe termehek, sampe matahin tang yg lancip wkwkw...

Dicopy tipsnya pasang di dia lbh kecil baru disorong Image
User avatar
Omnibus
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5022
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Review Honda HR-V E SE 2018

Post by Omnibus »

indeskey wrote: 12 Aug 2020, 20:28 Apaan om kok jebew wkwkwkw...

Nah ini nih yg kemaren bengkel yg ngerjain bootnya mobil temen sampe termehek, sampe matahin tang yg lancip wkwkw...

Dicopy tipsnya pasang di dia lbh kecil baru disorong Image
ga bisa pake tang lancip. always use the right tool for the right job. :mky_03:
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 725
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: Review Honda HR-V E SE 2018

Post by Or4cle »

DOHC wrote: 12 Aug 2020, 17:44
Or4cle wrote: 12 Aug 2020, 14:07
DOHC wrote: 12 Aug 2020, 13:17

Lah itu d buku servis ipah aj ad point utk tembak vet ke joint as kopel tiap kl servis.. saya ud coba 2 beres berbeda, ga ad tuh yg tembak vet ke joint nya, apalagi buka boot steering

Btw kyanya sya stuju ama mbah omni, utk mobil2 yg ruang mesin nya gede, ga tralu panas, dan ga nerabas banjir, tembak vet steering bot kayanya bsa tiap 40rebu km kl yah.. saya ad ipah tuwir dr 2006 ampe 2020 aj pas dbuka masi ad sisa vet nya

Kl mobil2 yg ruang mesin panas, nerabas banjir, kayanya tiap 20 rebu atau tiap taon musti buka boot tembak vet deh


*Eh tapi si mbah marmut pas buka boot steering masda 2 skyaktip item wangi mengkilat itu, kayanya masi ad sisa2 vet seh, padahal odo blom tinggi2 amat..


Demikian jg utk mobil ber as kopel kayanya tiap 20 rebu wajip tembak vet jg deh. Ini sya ud pake jalan 15 rebu dr trakir tembak vet aj, pas sya tembak lg bsa masuk banyak (ud banyak leleran vet jg d joint nya)
@ om Omnibus
@ om Klep

Montir Beres tau lah kerjaan yang gampang & cepat, gak buang waktu banyak, dan gak bikin capek pinggang. Padahal sebenarnya regreasing itu penting sekali biar awet komponen itu. Aku malah gak gitu percaya sama produk2 engine flush dan injector cleaner. Kalau kerak di mesin / injector sudah setebal lumpur lapindo dimasukin satu tangki juga gak bakalan rontok, CMIIW.

Kalau copot injector, pakai getaran ultrasonic yg celup cairan khusus itu efektif gak ya ?
Lah justru enjin flush itu diantara smua cairan, paling sesuai dgn kegunaan nya loh, mau kerak stebel yellow pages jg bakal rontok kena enjin flush

Tp kl saya sehh ud mengharamkan cairan itu, despite merk atau jargon apapun

Bersihin injector setau saya mmg paling bagus dcopotin, either pake sonic2an, atau cara om omnibus (saya jg ud beli adapter nya waktu itu dracunin om omni), atau cara lebi unik lg versi mbah marmut (saksi idup nya si mbah josomba)

Tp kl masi ga terlalu kotor, pake yg tuang ke tangki bensin jg gapapa
Hahaha ... om Klep kalau bahasa sarkas paling pinter deh :big_biglaugh:
Coba cek tuh kandungan product engine flush ... kerosene, Naphtha, Naphthalene itu zat gampang terbakar.
Fungsi engine flush cuma mengencerkan oli, tapi oli tercampur sama bensin aja dah gak bagus.

Engine flush tuh produk tipu-tipu buat yang gak ngerti. Mending kelebihan duit disimpan buat beli oli sultan & maintain schedule ganti oli secara berkala.
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 21701
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Review Honda HR-V E SE 2018

Post by DOHC »

Or4cle wrote: 14 Aug 2020, 17:29
DOHC wrote: 12 Aug 2020, 17:44
Or4cle wrote: 12 Aug 2020, 14:07

@ om Omnibus
@ om Klep

Montir Beres tau lah kerjaan yang gampang & cepat, gak buang waktu banyak, dan gak bikin capek pinggang. Padahal sebenarnya regreasing itu penting sekali biar awet komponen itu. Aku malah gak gitu percaya sama produk2 engine flush dan injector cleaner. Kalau kerak di mesin / injector sudah setebal lumpur lapindo dimasukin satu tangki juga gak bakalan rontok, CMIIW.

Kalau copot injector, pakai getaran ultrasonic yg celup cairan khusus itu efektif gak ya ?
Lah justru enjin flush itu diantara smua cairan, paling sesuai dgn kegunaan nya loh, mau kerak stebel yellow pages jg bakal rontok kena enjin flush

Tp kl saya sehh ud mengharamkan cairan itu, despite merk atau jargon apapun

Bersihin injector setau saya mmg paling bagus dcopotin, either pake sonic2an, atau cara om omnibus (saya jg ud beli adapter nya waktu itu dracunin om omni), atau cara lebi unik lg versi mbah marmut (saksi idup nya si mbah josomba)

Tp kl masi ga terlalu kotor, pake yg tuang ke tangki bensin jg gapapa
Hahaha ... om Klep kalau bahasa sarkas paling pinter deh :big_biglaugh:
Coba cek tuh kandungan product engine flush ... kerosene, Naphtha, Naphthalene itu zat gampang terbakar.
Fungsi engine flush cuma mengencerkan oli, tapi oli tercampur sama bensin aja dah gak bagus.

Engine flush tuh produk tipu-tipu buat yang gak ngerti. Mending kelebihan duit disimpan buat beli oli sultan & maintain schedule ganti oli secara berkala.
Lah beneran om

D antara smua cairan2 gtuan, justru enjin flush yg plg mendekati claim nya... justru krn kandungan nya gtuan makanya beneran rontokin smuanya... yeahh, smuanya (literally)..

Tp kl saya sehh, biasa saranin bagi yg ngeyel tetep doyan enjin flush, saya kasi resep kere hore tp sama efektifnya

Masukin aj seliter dex campur 200 cc atf ke lobang oli, idle stengah jem
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Poporing
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 323
Joined: 14 Jun 2020, 13:46
Location: Jkt
Daily Vehicle: honda

Re: Review Honda HR-V E SE 2018

Post by Poporing »

Om DOHC ada panduan buat nyopot/benerin jok hrv ga?
Jok pengemudi e SE sy ga bs recline...
Jadinya agak rebah skrg. Haha
Efek abis dibongkar pasca bencana awal tahun...
Post Reply