Page 9 of 10

Re: Review Honda HR-V E SE 2018

Posted: Thu Apr 15, 2021 1:58
by KielConstantine
DOHC wrote: Thu Apr 15, 2021 1:14 Atau kl mau upgrade skalian ke amsoil cvt, tanya mbah omni tuh yg ud ngabisin belasan liter buat GK5 nya
Nah ini baru muantap.


Harusnya sih kalo rajin kuras-ganti oli cvt , bakal lebih awet ntuh girbok. Skalian pasang oil cooler buat cvtnya biar ademm... Jadi klo suka gaspol ala om kompre masih amanZzz

Re: Review Honda HR-V E SE 2018

Posted: Thu Apr 15, 2021 2:08
by DOHC
KielConstantine wrote: Thu Apr 15, 2021 1:58
DOHC wrote: Thu Apr 15, 2021 1:14 Atau kl mau upgrade skalian ke amsoil cvt, tanya mbah omni tuh yg ud ngabisin belasan liter buat GK5 nya
Nah ini baru muantap.


Harusnya sih kalo rajin kuras-ganti oli cvt , bakal lebih awet ntuh girbok. Skalian pasang oil cooler buat cvtnya biar ademm... Jadi klo suka gaspol ala om kompre masih amanZzz
Om kompre mah ga cocok pake cvt

Pas d pedal to kampret cumann nguuuuuuuu doank, cvt cocok nya utk pulse glide pulse glide, nginjek gas takut2.. aliran siksa diri irit ritt ritt seneng punya




# kaboer dl ahhh sblom d kejar ama CRV RW nya mod chz :ngacir: :ngacir: :ngacir:

Re: Review Honda HR-V E SE 2018

Posted: Thu Apr 15, 2021 2:22
by KielConstantine
DOHC wrote: Thu Apr 15, 2021 2:08
KielConstantine wrote: Thu Apr 15, 2021 1:58
DOHC wrote: Thu Apr 15, 2021 1:14 Atau kl mau upgrade skalian ke amsoil cvt, tanya mbah omni tuh yg ud ngabisin belasan liter buat GK5 nya
Nah ini baru muantap.


Harusnya sih kalo rajin kuras-ganti oli cvt , bakal lebih awet ntuh girbok. Skalian pasang oil cooler buat cvtnya biar ademm... Jadi klo suka gaspol ala om kompre masih amanZzz
Om kompre mah ga cocok pake cvt

Pas d pedal to kampret cumann nguuuuuuuu doank, cvt cocok nya utk pulse glide pulse glide, nginjek gas takut2.. aliran siksa diri irit ritt ritt seneng punya




# kaboer dl ahhh sblom d kejar ama CRV RW nya mod chz :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Kaya begini ya mbah ?





Kaboer juga ahhh sebelom ditimpuk sama downpipe turboback
:snipersmile: :ngacir:

Re: Review Honda HR-V E SE 2018

Posted: Thu Apr 15, 2021 2:22
by ChZ
DOHC wrote: Thu Apr 15, 2021 2:08
KielConstantine wrote: Thu Apr 15, 2021 1:58
DOHC wrote: Thu Apr 15, 2021 1:14 Atau kl mau upgrade skalian ke amsoil cvt, tanya mbah omni tuh yg ud ngabisin belasan liter buat GK5 nya
Nah ini baru muantap.


Harusnya sih kalo rajin kuras-ganti oli cvt , bakal lebih awet ntuh girbok. Skalian pasang oil cooler buat cvtnya biar ademm... Jadi klo suka gaspol ala om kompre masih amanZzz
Om kompre mah ga cocok pake cvt

Pas d pedal to kampret cumann nguuuuuuuu doank, cvt cocok nya utk pulse glide pulse glide, nginjek gas takut2.. aliran siksa diri irit ritt ritt seneng punya




# kaboer dl ahhh sblom d kejar ama CRV RW nya mod chz :ngacir: :ngacir: :ngacir:
nahh saya pake cipiti tapi hobi pedal to the kampret... mobil ud kena jampi jampi mbah bebonk susah mau kalem. liat orang bawa 40 km/h dalem kota aj gregetan pengen nyalip... itu nyetir apa bikin anyaman rotan...

:ngacir:

Re: Review Honda HR-V E SE 2018

Posted: Thu Apr 15, 2021 2:24
by DOHC
KielConstantine wrote: Thu Apr 15, 2021 2:22
DOHC wrote: Thu Apr 15, 2021 2:08
KielConstantine wrote: Thu Apr 15, 2021 1:58

Nah ini baru muantap.


Harusnya sih kalo rajin kuras-ganti oli cvt , bakal lebih awet ntuh girbok. Skalian pasang oil cooler buat cvtnya biar ademm... Jadi klo suka gaspol ala om kompre masih amanZzz
Om kompre mah ga cocok pake cvt

Pas d pedal to kampret cumann nguuuuuuuu doank, cvt cocok nya utk pulse glide pulse glide, nginjek gas takut2.. aliran siksa diri irit ritt ritt seneng punya




# kaboer dl ahhh sblom d kejar ama CRV RW nya mod chz :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Kaya begini ya mbah ?





Kaboer juga ahhh sebelom ditimpuk sama downpipe turboback
:snipersmile: :ngacir:
Njirrrr

Tjakep tu civic


Kaboer jg ahh.. orang nya ud nonggol tuh :big_weee:

Re: Review Honda HR-V E SE 2018

Posted: Thu Apr 15, 2021 2:26
by DOHC
ChZ wrote: Thu Apr 15, 2021 2:22
DOHC wrote: Thu Apr 15, 2021 2:08
KielConstantine wrote: Thu Apr 15, 2021 1:58

Nah ini baru muantap.


Harusnya sih kalo rajin kuras-ganti oli cvt , bakal lebih awet ntuh girbok. Skalian pasang oil cooler buat cvtnya biar ademm... Jadi klo suka gaspol ala om kompre masih amanZzz
Om kompre mah ga cocok pake cvt

Pas d pedal to kampret cumann nguuuuuuuu doank, cvt cocok nya utk pulse glide pulse glide, nginjek gas takut2.. aliran siksa diri irit ritt ritt seneng punya




# kaboer dl ahhh sblom d kejar ama CRV RW nya mod chz :ngacir: :ngacir: :ngacir:
nahh saya pake cipiti tapi hobi pedal to the kampret... mobil ud kena jampi jampi mbah bebonk susah mau kalem. liat orang bawa 40 km/h dalem kota aj gregetan pengen nyalip... itu nyetir apa bikin anyaman rotan...

:ngacir:
Ati2 mbah pake cvt d pedal to kampret

Nanti belt nya kena loh :big_weee:

Re: Review Honda HR-V E SE 2018

Posted: Thu Apr 15, 2021 2:29
by ChZ
DOHC wrote: Thu Apr 15, 2021 2:26
Ati2 mbah pake cvt d pedal to kampret

Nanti belt nya kena loh :big_weee:
gpp. biar ada alasan swap transmisi manual. apa upgrade ke type R sekalian... :big_weee: :ngacir:

Re: Review Honda HR-V E SE 2018

Posted: Thu Apr 15, 2021 3:52
by DOHC
ChZ wrote: Thu Apr 15, 2021 2:29
DOHC wrote: Thu Apr 15, 2021 2:26
Ati2 mbah pake cvt d pedal to kampret

Nanti belt nya kena loh :big_weee:
gpp. biar ada alasan swap transmisi manual. apa upgrade ke type R sekalian... :big_weee: :ngacir:
Nahh itu yg dtunggu2 mods

Crv rw turbo tp manual, pertama di indo

Re: Review Honda HR-V E SE 2018

Posted: Thu Apr 15, 2021 8:11
by Or4cle
Just sharing ...

Kemarin main ke PMK Kemayoran, boss bengkel cerita ada kasus HRV rontok pulley
Ceritanya HRV dgn 95.000 KM service di bengkel tsb, owner HRV minta flushing CVT tapi boss bengkel tidak menyarankan untuk flushing CVT.
Owner HRV tetap minta kuras dan akhirnya mobil tsb dibawah ke tempat lain (bengkel tsb tidak punya untuk flushing changer) ... setelah kuras di perjalanan pulang mobil mogok, ternyata HRV tsb pulley rontok.

Hati - hati dengan mesin flushing, karena mobil matik tidak perlu dikuras SELAMA pergantian oli matik tepat waktu, CMIIW.
Flushing matik memang masih kontroversi, mslh ini pernah dibahas di channel youtube Worner Matic.

Re: Review Honda HR-V E SE 2018

Posted: Thu Apr 15, 2021 10:40
by sintoni
Or4cle wrote: Thu Apr 15, 2021 8:11 Just sharing ...

Kemarin main ke PMK Kemayoran, boss bengkel cerita ada kasus HRV rontok pulley
Ceritanya HRV dgn 95.000 KM service di bengkel tsb, owner HRV minta flushing CVT tapi boss bengkel tidak menyarankan untuk flushing CVT.
Owner HRV tetap minta kuras dan akhirnya mobil tsb dibawah ke tempat lain (bengkel tsb tidak punya untuk flushing changer) ... setelah kuras di perjalanan pulang mobil mogok, ternyata HRV tsb pulley rontok.

Hati - hati dengan mesin flushing, karena mobil matik tidak perlu dikuras SELAMA pergantian oli matik tepat waktu, CMIIW.
Flushing matik memang masih kontroversi, mslh ini pernah dibahas di channel youtube Worner Matic.
CVT apa metic om? Soalnya HRV kan pk CVT bukan AT biasa.

Itu yg ga punya mesin yg dimana? Yang tempat si HRV flushing ini? Dulu pernah baca di SM bukannya CVT HRV ini emang ga bs diflush ya?

Re: Review Honda HR-V E SE 2018

Posted: Thu Apr 15, 2021 10:46
by DOHC
Or4cle wrote: Thu Apr 15, 2021 8:11 Just sharing ...

Kemarin main ke PMK Kemayoran, boss bengkel cerita ada kasus HRV rontok pulley
Ceritanya HRV dgn 95.000 KM service di bengkel tsb, owner HRV minta flushing CVT tapi boss bengkel tidak menyarankan untuk flushing CVT.
Owner HRV tetap minta kuras dan akhirnya mobil tsb dibawah ke tempat lain (bengkel tsb tidak punya untuk flushing changer) ... setelah kuras di perjalanan pulang mobil mogok, ternyata HRV tsb pulley rontok.

Hati - hati dengan mesin flushing, karena mobil matik tidak perlu dikuras SELAMA pergantian oli matik tepat waktu, CMIIW.
Flushing matik memang masih kontroversi, mslh ini pernah dibahas di channel youtube Worner Matic.
pertanyaan nya adalah

ntuh mesin flushing colok kemana ??

jangan2 ntuh yg bkin mogok bukan masalah pulley nya, tp ada kesalahan prosedur yg ga kliatan

Re: Review Honda HR-V E SE 2018

Posted: Thu Apr 15, 2021 11:13
by Or4cle
sintoni wrote: Thu Apr 15, 2021 10:40
Or4cle wrote: Thu Apr 15, 2021 8:11 Just sharing ...

Kemarin main ke PMK Kemayoran, boss bengkel cerita ada kasus HRV rontok pulley
Ceritanya HRV dgn 95.000 KM service di bengkel tsb, owner HRV minta flushing CVT tapi boss bengkel tidak menyarankan untuk flushing CVT.
Owner HRV tetap minta kuras dan akhirnya mobil tsb dibawah ke tempat lain (bengkel tsb tidak punya untuk flushing changer) ... setelah kuras di perjalanan pulang mobil mogok, ternyata HRV tsb pulley rontok.

Hati - hati dengan mesin flushing, karena mobil matik tidak perlu dikuras SELAMA pergantian oli matik tepat waktu, CMIIW.
Flushing matik memang masih kontroversi, mslh ini pernah dibahas di channel youtube Worner Matic.
CVT apa metic om? Soalnya HRV kan pk CVT bukan AT biasa.

Itu yg ga punya mesin yg dimana? Yang tempat si HRV flushing ini? Dulu pernah baca di SM bukannya CVT HRV ini emang ga bs diflush ya?
CVT mbah ... Intinya mesin metik (CVT/AT biasa) lebih baik atur pengantian oli yang teratur daripada di flushing.
Konsep kerja flushing kan di vacuum, kebayang kan internal jeroan matic disedot apalagi kalau mobil sdh tuwir :big_dunno:

Re: Review Honda HR-V E SE 2018

Posted: Thu Apr 15, 2021 11:16
by Or4cle
DOHC wrote: Thu Apr 15, 2021 10:46
Or4cle wrote: Thu Apr 15, 2021 8:11 Just sharing ...

Kemarin main ke PMK Kemayoran, boss bengkel cerita ada kasus HRV rontok pulley
Ceritanya HRV dgn 95.000 KM service di bengkel tsb, owner HRV minta flushing CVT tapi boss bengkel tidak menyarankan untuk flushing CVT.
Owner HRV tetap minta kuras dan akhirnya mobil tsb dibawah ke tempat lain (bengkel tsb tidak punya untuk flushing changer) ... setelah kuras di perjalanan pulang mobil mogok, ternyata HRV tsb pulley rontok.

Hati - hati dengan mesin flushing, karena mobil matik tidak perlu dikuras SELAMA pergantian oli matik tepat waktu, CMIIW.
Flushing matik memang masih kontroversi, mslh ini pernah dibahas di channel youtube Worner Matic.
pertanyaan nya adalah

ntuh mesin flushing colok kemana ??

jangan2 ntuh yg bkin mogok bukan masalah pulley nya, tp ada kesalahan prosedur yg ga kliatan
Mestinya mesin flushing sih sama semua mbah klep.
Kata orang bengkel sistem vacuum dari flushing charger itu bahaya buat internal jeroan matic, terutama CVT lebih bahaya lagi.

Re: Review Honda HR-V E SE 2018

Posted: Thu Apr 15, 2021 11:37
by DOHC
Or4cle wrote: Thu Apr 15, 2021 11:16
DOHC wrote: Thu Apr 15, 2021 10:46
Or4cle wrote: Thu Apr 15, 2021 8:11 Just sharing ...

Kemarin main ke PMK Kemayoran, boss bengkel cerita ada kasus HRV rontok pulley
Ceritanya HRV dgn 95.000 KM service di bengkel tsb, owner HRV minta flushing CVT tapi boss bengkel tidak menyarankan untuk flushing CVT.
Owner HRV tetap minta kuras dan akhirnya mobil tsb dibawah ke tempat lain (bengkel tsb tidak punya untuk flushing changer) ... setelah kuras di perjalanan pulang mobil mogok, ternyata HRV tsb pulley rontok.

Hati - hati dengan mesin flushing, karena mobil matik tidak perlu dikuras SELAMA pergantian oli matik tepat waktu, CMIIW.
Flushing matik memang masih kontroversi, mslh ini pernah dibahas di channel youtube Worner Matic.
pertanyaan nya adalah

ntuh mesin flushing colok kemana ??

jangan2 ntuh yg bkin mogok bukan masalah pulley nya, tp ada kesalahan prosedur yg ga kliatan
Mestinya mesin flushing sih sama semua mbah klep.
Kata orang bengkel sistem vacuum dari flushing charger itu bahaya buat internal jeroan matic, terutama CVT lebih bahaya lagi.
Kl mesin flushing mmg pasti sama smua om

Cuman kan perlu line utk ditancep selang mesin flushing nya, nah itu biasa d tancep ke selang return atf yg dr radiator

Skrg masalahnya, metik2 cvt honda itu ud ga pake selang atf yg ke radiator.. yg ad justru aer radiator dialirin ke dalem cvt warmer yg nempel ke girbok

Makanya itu yg saya binggung, ntuh mesin flush ditancep kmana

Re: Review Honda HR-V E SE 2018

Posted: Thu Apr 15, 2021 14:22
by Profith83
DOHC wrote: Thu Apr 15, 2021 11:37
Or4cle wrote: Thu Apr 15, 2021 11:16
DOHC wrote: Thu Apr 15, 2021 10:46

pertanyaan nya adalah

ntuh mesin flushing colok kemana ??

jangan2 ntuh yg bkin mogok bukan masalah pulley nya, tp ada kesalahan prosedur yg ga kliatan
Mestinya mesin flushing sih sama semua mbah klep.
Kata orang bengkel sistem vacuum dari flushing charger itu bahaya buat internal jeroan matic, terutama CVT lebih bahaya lagi.
Kl mesin flushing mmg pasti sama smua om

Cuman kan perlu line utk ditancep selang mesin flushing nya, nah itu biasa d tancep ke selang return atf yg dr radiator

Skrg masalahnya, metik2 cvt honda itu ud ga pake selang atf yg ke radiator.. yg ad justru aer radiator dialirin ke dalem cvt warmer yg nempel ke girbok

Makanya itu yg saya binggung, ntuh mesin flush ditancep kmana
Iya, saya curiga itu puley rontok secepat itu bagaimana caranya yah? Bahkan CVT yang gak ganti oli 2 thn atau 20rb KM aja masih selamat.
Curiga saya ada oli campur air di dalamnya karena kesalahan proses tancep tuh tadi, jadinya sluge akhirnya rontok

Re: Review Honda HR-V E SE 2018

Posted: Thu Apr 15, 2021 15:51
by Omnibus
sy malah ngebayangin bengkelnya pasti disalahin. pdhl mungkin penyebabnya bukan krn flushing tp memang komponen pulley nya sdh cekung/gentong akibat excessive wear krn telat ganti oli rutin.

metal shaving dr cvt no play2 itu tajam n bisa menambah tingkat keausan kl oli ga pernah diganti pas gramnya udah jenuh dlm oli. makanya amsoil dlm penjelasannya minim slip supaya metal shaving ga banyak jd dlm jangka panjang akan less wear. yg sy rasain emang betul pakai amsoil cvt itu minim slip.

*pendapat nubie sotoy

Re: Review Honda HR-V E SE 2018

Posted: Thu Apr 15, 2021 16:26
by Profith83
Omnibus wrote: Thu Apr 15, 2021 15:51 sy malah ngebayangin bengkelnya pasti disalahin. pdhl mungkin penyebabnya bukan krn flushing tp memang komponen pulley nya sdh cekung/gentong akibat excessive wear krn telat ganti oli rutin.

metal shaving dr cvt no play2 itu tajam n bisa menambah tingkat keausan kl oli ga pernah diganti pas gramnya udah jenuh dlm oli. makanya amsoil dlm penjelasannya minim slip supaya metal shaving ga banyak jd dlm jangka panjang akan less wear. yg sy rasain emang betul pakai amsoil cvt itu minim slip.

*pendapat nubie sotoy
Kalau CVT mulai selip karena puley rusak berapa tuh biaya perawatannya

Re: Review Honda HR-V E SE 2018

Posted: Fri Apr 16, 2021 0:57
by Omnibus
Profith83 wrote: Thu Apr 15, 2021 16:26
Kalau CVT mulai selip karena puley rusak berapa tuh biaya perawatannya
12-18 jt pakai parts copotan. pernah diulas di YT.

Re: Review Honda HR-V E SE 2018

Posted: Fri Apr 16, 2021 1:51
by Profith83
Omnibus wrote: Fri Apr 16, 2021 0:57
Profith83 wrote: Thu Apr 15, 2021 16:26
Kalau CVT mulai selip karena puley rusak berapa tuh biaya perawatannya
12-18 jt pakai parts copotan. pernah diulas di YT.
Mending 1 thn sekali ganti 400rb x 20 thn = 8 jt.
Perawatan 1 thn atau max 20rb KM selama 20 thn cuma 8 jt. Daripada keluar 12-18 jt yah

Re: Review Honda HR-V E SE 2018

Posted: Fri Apr 16, 2021 1:59
by Omnibus
Profith83 wrote: Fri Apr 16, 2021 1:51
Omnibus wrote: Fri Apr 16, 2021 0:57
Profith83 wrote: Thu Apr 15, 2021 16:26
Kalau CVT mulai selip karena puley rusak berapa tuh biaya perawatannya
12-18 jt pakai parts copotan. pernah diulas di YT.
Mending 1 thn sekali ganti 400rb x 20 thn = 8 jt.
Perawatan 1 thn atau max 20rb KM selama 20 thn cuma 8 jt. Daripada keluar 12-18 jt yah
memang oli lebih murah drpd repair cost.

Re: Review Honda HR-V E SE 2018

Posted: Fri Apr 16, 2021 2:11
by Poporing
tapi kan mbah omnibus kan pake cvtf amsoil... 230rb x 4 tiap tahun... hahhaha

pake cvtf amsoil lebih adem di kuping sih menurut saya.. pas di mode S, enak bgt.. ga berisik kyk pake hcf2

di plug cvt pan kan ada magnet ya mbah.. itu perlu dtambah magnet lg ga?
biar gram2nya kaga beredar lagi?

Re: Review Honda HR-V E SE 2018

Posted: Fri Apr 16, 2021 3:00
by Or4cle
DOHC wrote: Thu Apr 15, 2021 11:37
Or4cle wrote: Thu Apr 15, 2021 11:16
DOHC wrote: Thu Apr 15, 2021 10:46

pertanyaan nya adalah

ntuh mesin flushing colok kemana ??

jangan2 ntuh yg bkin mogok bukan masalah pulley nya, tp ada kesalahan prosedur yg ga kliatan
Mestinya mesin flushing sih sama semua mbah klep.
Kata orang bengkel sistem vacuum dari flushing charger itu bahaya buat internal jeroan matic, terutama CVT lebih bahaya lagi.
Kl mesin flushing mmg pasti sama smua om

Cuman kan perlu line utk ditancep selang mesin flushing nya, nah itu biasa d tancep ke selang return atf yg dr radiator

Skrg masalahnya, metik2 cvt honda itu ud ga pake selang atf yg ke radiator.. yg ad justru aer radiator dialirin ke dalem cvt warmer yg nempel ke girbok

Makanya itu yg saya binggung, ntuh mesin flush ditancep kmana
Wahh kalo tancap kmana kurang tau mbah.
Aku sependapat sm mbah Omni kayaknya komponen pulley sdh fatique krna excessive wear, mungkin krna jadwal ganti oli kelamaan / dibejek mulu pakainya / kombinasi dua2 nya. Owner bengkel bilang akhirnya ganti satu gelondong copotan.

Re: Review Honda HR-V E SE 2018

Posted: Fri Apr 16, 2021 3:04
by Or4cle
Profith83 wrote: Thu Apr 15, 2021 14:22
DOHC wrote: Thu Apr 15, 2021 11:37
Or4cle wrote: Thu Apr 15, 2021 11:16

Mestinya mesin flushing sih sama semua mbah klep.
Kata orang bengkel sistem vacuum dari flushing charger itu bahaya buat internal jeroan matic, terutama CVT lebih bahaya lagi.
Kl mesin flushing mmg pasti sama smua om

Cuman kan perlu line utk ditancep selang mesin flushing nya, nah itu biasa d tancep ke selang return atf yg dr radiator

Skrg masalahnya, metik2 cvt honda itu ud ga pake selang atf yg ke radiator.. yg ad justru aer radiator dialirin ke dalem cvt warmer yg nempel ke girbok

Makanya itu yg saya binggung, ntuh mesin flush ditancep kmana
Iya, saya curiga itu puley rontok secepat itu bagaimana caranya yah? Bahkan CVT yang gak ganti oli 2 thn atau 20rb KM aja masih selamat.
Curiga saya ada oli campur air di dalamnya karena kesalahan proses tancep tuh tadi, jadinya sluge akhirnya rontok
Waahhh kalau CVT ini no play - play lah mbah, gank ganti oli 2 taon dah brpa KM itu .... At least 20 ribu, kalau workhorse bisa lebih apabila kalau di abuse bejek mulu bawanya

Re: Review Honda HR-V E SE 2018

Posted: Fri Apr 16, 2021 3:13
by ChZ
Poporing wrote: Fri Apr 16, 2021 2:11 tapi kan mbah omnibus kan pake cvtf amsoil... 230rb x 4 tiap tahun... hahhaha

pake cvtf amsoil lebih adem di kuping sih menurut saya.. pas di mode S, enak bgt.. ga berisik kyk pake hcf2

di plug cvt pan kan ada magnet ya mbah.. itu perlu dtambah magnet lg ga?
biar gram2nya kaga beredar lagi?
nah menarik nanti abis ini ganti ah ke amsoil cvt... :big_grin: udah remap pake HCF2 agak kurang gigit.

Re: Review Honda HR-V E SE 2018

Posted: Fri Apr 16, 2021 3:33
by Omnibus
Poporing wrote: Fri Apr 16, 2021 2:11 tapi kan mbah omnibus kan pake cvtf amsoil... 230rb x 4 tiap tahun... hahhaha

pake cvtf amsoil lebih adem di kuping sih menurut saya.. pas di mode S, enak bgt.. ga berisik kyk pake hcf2

di plug cvt pan kan ada magnet ya mbah.. itu perlu dtambah magnet lg ga?
biar gram2nya kaga beredar lagi?
xixixixi tp kan pake amsoil dpt bonus senyum2 sendiri kl ngebuts

tambah magnet? ga usah lah ntar lepas ngikut muter bareng pulley n belt malah bikin ancur.