Yakin om kona suspensinya full independent? Liat review di carmudi dan baca di web otomotif pada bilang suspensi belakangnya kona indonesia torsion beam. Beda sama kona versi luar negeri, baru pake full indenpendent depan belakang.vp920b wrote: β11 May 2019, 23:30Ride and handling cukup beda mengingat cx3 masih torsion beam ya. Kalau kona sudah full independent all 4 wheels.evolution21 wrote: β11 May 2019, 11:19 di kelas ini saya baru pernah cobain cx3, kira2 comparism ride handling dan renspon mesinnya n transmisinya bagaimana ya?
Kalau mesin mungkin galakan cx3, tapi kona ga beda jauh sih. Sama sama mesin 2L. Masukin sport mode sih galak juga..
Review-Spending a Night with Hyundai Kona 2019
Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 394
- Joined: 20 May 2014, 18:41
Re: Review-Spending a Night with Hyundai Kona 2019
'You can go fast, But I can go anywhere'
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: 20 Aug 2013, 15:41
Re: Review-Spending a Night with Hyundai Kona 2019
Seharusnya ga di pinjemin unit sih. Kebetulan kenal bosnya. Hehehe..zzzprince wrote: β12 May 2019, 01:41 Reviewnya mantap om, mudah dipahami lah bahasanya
Rada oot nih, itu fotonya pake kamera apa om? Hasilnya bisa tajem gitu. Oh ya btw kalo di beres H miring, pas servisk nginep itu mmg SOP nya dapet mobil pengganti apa minta sendiri dgn additional charge om? Thanks
Fotonya pakai Huawei Mate 20 Leica.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: 20 Aug 2013, 15:41
Re: Review-Spending a Night with Hyundai Kona 2019
Setau saya sih independent ya. Tapi lihat foto carmudi koq torsion beam ya? Hehehe jd penasaran mau ngolong..jakanjc wrote: β12 May 2019, 04:34Yakin om kona suspensinya full independent? Liat review di carmudi dan baca di web otomotif pada bilang suspensi belakangnya kona indonesia torsion beam. Beda sama kona versi luar negeri, baru pake full indenpendent depan belakang.vp920b wrote: β11 May 2019, 23:30Ride and handling cukup beda mengingat cx3 masih torsion beam ya. Kalau kona sudah full independent all 4 wheels.evolution21 wrote: β11 May 2019, 11:19 di kelas ini saya baru pernah cobain cx3, kira2 comparism ride handling dan renspon mesinnya n transmisinya bagaimana ya?
Kalau mesin mungkin galakan cx3, tapi kona ga beda jauh sih. Sama sama mesin 2L. Masukin sport mode sih galak juga..
Ini CBU korea sih, seharusnya full independent.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: 21 Feb 2011, 17:11
Re: Review-Spending a Night with Hyundai Kona 2019
Saya penasaran dengan mobil ini pas pre launch dan ramai di yutup,
dan terutama garansinya yg 5th tanpa batasan kilometer
maka udah ngincer pas launching di iims
begitu liat langsung, kok kecil yah
pendapat saya subyektif dan cuman pake feeling sotoy aja sih
kok keliatan lebih kecil dr CX3, bahkan even dari trax
lalu coba duduk
memang berasa sempit sih,
mirip2 cx 3 atau trax
tapi ini berasa lebih sempit lagi
terutama begitu cek ke baris keduanya
tinggi saya hampir 180cm
dan sisa baris kedua sangat2 minim
bahkan menurut saya,
masih lebih legaan trax di baris keduanya.
saya ada foto baris keduanya tapi gth cara uploadnya,
maapkeun
dan terutama garansinya yg 5th tanpa batasan kilometer
maka udah ngincer pas launching di iims
begitu liat langsung, kok kecil yah
pendapat saya subyektif dan cuman pake feeling sotoy aja sih
kok keliatan lebih kecil dr CX3, bahkan even dari trax
lalu coba duduk
memang berasa sempit sih,
mirip2 cx 3 atau trax
tapi ini berasa lebih sempit lagi
terutama begitu cek ke baris keduanya
tinggi saya hampir 180cm
dan sisa baris kedua sangat2 minim
bahkan menurut saya,
masih lebih legaan trax di baris keduanya.
saya ada foto baris keduanya tapi gth cara uploadnya,
maapkeun
-
- SM Moderator
- Posts: 1254
- Joined: 18 Jan 2019, 17:39
Re: Review-Spending a Night with Hyundai Kona 2019
Jadi kalo saya ada rencana mau ambil Hyundai bisa minta diskon lebih donk om?vp920b wrote: β13 May 2019, 11:23Seharusnya ga di pinjemin unit sih. Kebetulan kenal bosnya. Hehehe..zzzprince wrote: β12 May 2019, 01:41 Reviewnya mantap om, mudah dipahami lah bahasanya
Rada oot nih, itu fotonya pake kamera apa om? Hasilnya bisa tajem gitu. Oh ya btw kalo di beres H miring, pas servisk nginep itu mmg SOP nya dapet mobil pengganti apa minta sendiri dgn additional charge om? Thanks
Fotonya pakai Huawei Mate 20 Leica.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: 20 Aug 2013, 15:41
Re: Review-Spending a Night with Hyundai Kona 2019
Sama aja sih. Yang bisa nentuin bukan bosnya tapi KaCab.. wkwkwkwkwksh00t wrote: β13 May 2019, 16:32Jadi kalo saya ada rencana mau ambil Hyundai bisa minta diskon lebih donk om?vp920b wrote: β13 May 2019, 11:23Seharusnya ga di pinjemin unit sih. Kebetulan kenal bosnya. Hehehe..zzzprince wrote: β12 May 2019, 01:41 Reviewnya mantap om, mudah dipahami lah bahasanya
Rada oot nih, itu fotonya pake kamera apa om? Hasilnya bisa tajem gitu. Oh ya btw kalo di beres H miring, pas servisk nginep itu mmg SOP nya dapet mobil pengganti apa minta sendiri dgn additional charge om? Thanks
Fotonya pakai Huawei Mate 20 Leica.
-
- SM Moderator
- Posts: 1254
- Joined: 18 Jan 2019, 17:39
Re: Review-Spending a Night with Hyundai Kona 2019
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3964
- Joined: 26 Mar 2007, 15:16
Re: Review-Spending a Night with Hyundai Kona 2019
mobil non eropa yang tampangnya paling eropa yang beredar di Indonesia... merek Tiongkok pun ga ada yang bisa sebagus ini. kerennya lagi sampe ke dalem2 bener2 rasa eropa ya.
sayangnya (dan seperti biasanya korean brand pasti ada aja) di soal mesin, 2000cc itu oke, medium SUV monokok juga pake mesin diatas itu malahan, performa pasti oke, tapi jadinya blunder di harga jual karena faktor pajak mesin. apalagi serangan harga agresif dari merek Tiongkok (apalagi wuling, dimana2 rajin bener buka 3S biarpun tidak wow tapi ada niat, sedangkan korean ya gitu d) bikin kelas mobil makin saturated, udah ga sederhana kaya dulu, duit sekian mencerminkan ukuran mobil sekian.
padahal ada mesin keren 1000cc turbo, okelah mesin 1600cc bensin pajaknya sama dengan 2000cc tapi dimensinya mirip dari HRV, memang harga lebih murah dari HRV prestige (dan pas bener ngisi celah antara HRV 1500 cc dan 1800cc), tapi varian prestige kan bukan volume maker, yang paling kenceng dijual varian 1500cc, karena ini Indonesia sensi urusan kapasitas mesin. nah kalau 1000cc turbo kan menarik karena harga bisa ditekan karena pajak ngikut kelas 1500cc kebawah, performa mungkin ga sedashyat 2000cc NA tapi lumayankan harga bisa ditekan setara HRV 1500cc.
atau sekalian masukin mesin diesel 1600 cc. unique selling point. lah kalau sekarang? yang beli memang tahu banget mobil tentunya, atau seneng banget dengan tampangnya.
sayangnya (dan seperti biasanya korean brand pasti ada aja) di soal mesin, 2000cc itu oke, medium SUV monokok juga pake mesin diatas itu malahan, performa pasti oke, tapi jadinya blunder di harga jual karena faktor pajak mesin. apalagi serangan harga agresif dari merek Tiongkok (apalagi wuling, dimana2 rajin bener buka 3S biarpun tidak wow tapi ada niat, sedangkan korean ya gitu d) bikin kelas mobil makin saturated, udah ga sederhana kaya dulu, duit sekian mencerminkan ukuran mobil sekian.
padahal ada mesin keren 1000cc turbo, okelah mesin 1600cc bensin pajaknya sama dengan 2000cc tapi dimensinya mirip dari HRV, memang harga lebih murah dari HRV prestige (dan pas bener ngisi celah antara HRV 1500 cc dan 1800cc), tapi varian prestige kan bukan volume maker, yang paling kenceng dijual varian 1500cc, karena ini Indonesia sensi urusan kapasitas mesin. nah kalau 1000cc turbo kan menarik karena harga bisa ditekan karena pajak ngikut kelas 1500cc kebawah, performa mungkin ga sedashyat 2000cc NA tapi lumayankan harga bisa ditekan setara HRV 1500cc.
atau sekalian masukin mesin diesel 1600 cc. unique selling point. lah kalau sekarang? yang beli memang tahu banget mobil tentunya, atau seneng banget dengan tampangnya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: 20 Aug 2013, 15:41
Re: Review-Spending a Night with Hyundai Kona 2019
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: 20 Aug 2013, 15:41
Re: Review-Spending a Night with Hyundai Kona 2019
Betul om, perlu pricing lebih menarik lagi.kunaskun wrote: β14 May 2019, 21:05 mobil non eropa yang tampangnya paling eropa yang beredar di Indonesia... merek Tiongkok pun ga ada yang bisa sebagus ini. kerennya lagi sampe ke dalem2 bener2 rasa eropa ya.
sayangnya (dan seperti biasanya korean brand pasti ada aja) di soal mesin, 2000cc itu oke, medium SUV monokok juga pake mesin diatas itu malahan, performa pasti oke, tapi jadinya blunder di harga jual karena faktor pajak mesin. apalagi serangan harga agresif dari merek Tiongkok (apalagi wuling, dimana2 rajin bener buka 3S biarpun tidak wow tapi ada niat, sedangkan korean ya gitu d) bikin kelas mobil makin saturated, udah ga sederhana kaya dulu, duit sekian mencerminkan ukuran mobil sekian.
padahal ada mesin keren 1000cc turbo, okelah mesin 1600cc bensin pajaknya sama dengan 2000cc tapi dimensinya mirip dari HRV, memang harga lebih murah dari HRV prestige (dan pas bener ngisi celah antara HRV 1500 cc dan 1800cc), tapi varian prestige kan bukan volume maker, yang paling kenceng dijual varian 1500cc, karena ini Indonesia sensi urusan kapasitas mesin. nah kalau 1000cc turbo kan menarik karena harga bisa ditekan karena pajak ngikut kelas 1500cc kebawah, performa mungkin ga sedashyat 2000cc NA tapi lumayankan harga bisa ditekan setara HRV 1500cc.
atau sekalian masukin mesin diesel 1600 cc. unique selling point. lah kalau sekarang? yang beli memang tahu banget mobil tentunya, atau seneng banget dengan tampangnya.
Tunggu sudah produksi di indonesia, kona akan pakai mesin 1600cc.. Semoga under 300jt ya..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 394
- Joined: 20 May 2014, 18:41
Re: Review-Spending a Night with Hyundai Kona 2019
abis liat price list OS, bikin persepsi harga kona di Indonesia masih βmasuk akalβ.Sama2 2000cc, kona 6 speed, os cvt. Fitur OS minim ( menang panoramic aja) dibanding Kona. Body OS keliatan lebih gede, tapi gatau kenapa pas masuk kedalam berasa sempitnya sama aja, row kedua menurut sy malah masih lega kona.Tapi tetep brand image mitsu lebih diterima di indonesia dibanding h miring.
'You can go fast, But I can go anywhere'
-
- SM Moderator
- Posts: 1254
- Joined: 18 Jan 2019, 17:39
Re: Review-Spending a Night with Hyundai Kona 2019
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: 20 Aug 2013, 15:41
Re: Review-Spending a Night with Hyundai Kona 2019
-
- SM Moderator
- Posts: 1254
- Joined: 18 Jan 2019, 17:39
Re: Review-Spending a Night with Hyundai Kona 2019
- brintanizer
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 874
- Joined: 09 Jul 2014, 15:21
- Location: Surakarta
- Daily Vehicle: Honda CRV
Re: Review-Spending a Night with Hyundai Kona 2019
foto pake kamera apa diedit dimana >.< ngiler
- apple, banana, & grape -
- Pugman
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1435
- Joined: 16 Aug 2014, 11:39
Re: Review-Spending a Night with Hyundai Kona 2019
Or4cle wrote: β11 May 2019, 11:33 Pembakaran dlm combustion chamber dlm siklus Otto terjadi dalam 4 langkah :
1. Piston turun, menghisap campuran bbm & udara dlm bentuk gas (TMB)
2. Piston naik mendorong / mengkompresikan campuran bbm & udara (gas bakar) untuk siap diledakkan percikan api busi
3. Busi memercikan api & membakar gas campuran bbm & udara (TMA), terjadi ledakan pembakaran yg menghasilkan tenaga & mendorong piston ke posisi bawah
4. Piston kembali bergerak ke atas, membuang sisa pembakaran keluar lewat knalpot
Dlm mesin 4 langkah tersebut pembakaran terjadi tiap kruk as (crankshaft) berputar 2 kali. Perbedaan siklus Otto dgn siklus Atkinson adalah dlm siklus Atkinson setang piston (conn.rod) tidak langsung terhubung dengan kruk as, dimana ada sambungan mekanikal yang membuat piston bergerak 2 kali agak cepat sehingga pembakaran terjadi dlm 1 kali putaran kruk as.
Memang agak sulit dibayangkan sistem kerja siklus Atkinson, kalau siklus Otto rata2 motor 4tak & mobil memakai siklus tersebut
Actually urutan langkah sama persis dengan Otto, yang membedakan adalah adanya tambahan koneksi kruk As atau conrode ke Piston, sehingga setiap fase langkah hisap dan kompresinya jauh lebih pendek dari langkah kerja dan buang.ginting wrote: β11 May 2019, 10:10perbedaan utama siklus atkinson dan otto itu apa sih oom ?vp920b wrote:Lebih galak yang mesin 2L lama. Yang baru ini lebih kalem walaupun tetep bagus tarikannya.satria120s wrote: β10 May 2019, 14:39 Penasaran sama mesinnya yang pake siklus atkinson..
ada bedanya kah sama siklus otto?
Atkinson biar ngirit bensin..
urutan piston utk naik turun ya ?
Maksudnya begini, kalau mesin punya stroke 80mm. Maka saat langkah hisap, piston hanya akan mencapai Titik mati bawah (TMB) kurang dari 80mm, bisa jadi hanya sekitar 50-60mm dari langkah stroke total untuk selanjutnya ke langkah kompresi, namun saat melakukan langkah kerja, piston akan bergerak full stroke sampai 80mm.
Jadi kenapa bisa irit? Ya gampangnya begini, kalau kita punya mesin 1 silindernya 500cc, maka kalau mesin otto itu akan hisap campuran bahan bakar sejumlah 500cc tapi kalau atkinson hanya akan menghisap 400cc. Namun saat kerja akan ekspansi ke 500cc
- Pugman
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1435
- Joined: 16 Aug 2014, 11:39
Re: Review-Spending a Night with Hyundai Kona 2019
Langkah hisap lebih pendek dari langkah kerja makanya irit tapi ya tenaga berkurang karena bahan bakar yang dihisap juga lebih sedikit.satria120s wrote: β10 May 2019, 14:39 Penasaran sama mesinnya yang pake siklus atkinson..
ada bedanya kah sama siklus otto?
- satria120s
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 138
- Joined: 04 Oct 2013, 11:17
Re: Review-Spending a Night with Hyundai Kona 2019
Hmmm i see..Pugman wrote: β03 Jun 2019, 22:07Langkah hisap lebih pendek dari langkah kerja makanya irit tapi ya tenaga berkurang karena bahan bakar yang dihisap juga lebih sedikit.satria120s wrote: β10 May 2019, 14:39 Penasaran sama mesinnya yang pake siklus atkinson..
ada bedanya kah sama siklus otto?
Wondering why it's not popular..
Kenapa ga banyak yg pake teknologi ini ya Om?
- Pugman
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1435
- Joined: 16 Aug 2014, 11:39
Re: Review-Spending a Night with Hyundai Kona 2019
Karena Cycle ini sedikit lebih rumit dalam hal konstruksi dan maintenance. Sebenarnya prinsip Atkinson ini mirip dengan aplikasi Variabel Valve.satria120s wrote: β04 Jun 2019, 09:22Hmmm i see..Pugman wrote: β03 Jun 2019, 22:07Langkah hisap lebih pendek dari langkah kerja makanya irit tapi ya tenaga berkurang karena bahan bakar yang dihisap juga lebih sedikit.satria120s wrote: β10 May 2019, 14:39 Penasaran sama mesinnya yang pake siklus atkinson..
ada bedanya kah sama siklus otto?
Wondering why it's not popular..
Kenapa ga banyak yg pake teknologi ini ya Om?
Kalau variabel valve kan di low rpm itu durasi dipersingkat dan lift valve lebih pendek dan akan berubah saat high rpm, kalau ada trouble dengan variabel Valve nya tinggal bongkar bagian head saja.
Kebanyakan Cycle ini dikembangkan untuk mobil Hybrid seperti Prius.
- satria120s
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 138
- Joined: 04 Oct 2013, 11:17
Re: Review-Spending a Night with Hyundai Kona 2019
Whoaa.. nice explanation..Pugman wrote: β04 Jun 2019, 20:29Karena Cycle ini sedikit lebih rumit dalam hal konstruksi dan maintenance. Sebenarnya prinsip Atkinson ini mirip dengan aplikasi Variabel Valve.satria120s wrote: β04 Jun 2019, 09:22Hmmm i see..
Wondering why it's not popular..
Kenapa ga banyak yg pake teknologi ini ya Om?
Kalau variabel valve kan di low rpm itu durasi dipersingkat dan lift valve lebih pendek dan akan berubah saat high rpm, kalau ada trouble dengan variabel Valve nya tinggal bongkar bagian head saja.
Kebanyakan Cycle ini dikembangkan untuk mobil Hybrid seperti Prius.
But then, artinya sudah ada teknologi yg lebih simple dan easy maintained dibanding si atkinson ini kan?
So menurut Om Pug, why does hyundai using this unpopular tech in their newest car?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 84
- Joined: 12 Feb 2017, 12:19
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Innova Diesel AT 2018
- Contact:
Re: Review-Spending a Night with Hyundai Kona 2019
Karena itu juga mesin ini di combine dgn motor listrik?satria120s wrote: β04 Jun 2019, 09:22Hmmm i see..Pugman wrote: β03 Jun 2019, 22:07Langkah hisap lebih pendek dari langkah kerja makanya irit tapi ya tenaga berkurang karena bahan bakar yang dihisap juga lebih sedikit.satria120s wrote: β10 May 2019, 14:39 Penasaran sama mesinnya yang pake siklus atkinson..
ada bedanya kah sama siklus otto?
Wondering why it's not popular..
Kenapa ga banyak yg pake teknologi ini ya Om?
Mobil hybrid mksdnya
- satria120s
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 138
- Joined: 04 Oct 2013, 11:17
Re: Review-Spending a Night with Hyundai Kona 2019
Di kona bukannya pure combustion engine ya om?arinugroho14 wrote: β09 Jun 2019, 07:54Karena itu juga mesin ini di combine dgn motor listrik?satria120s wrote: β04 Jun 2019, 09:22Hmmm i see..
Wondering why it's not popular..
Kenapa ga banyak yg pake teknologi ini ya Om?
Mobil hybrid mksdnya
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 84
- Joined: 12 Feb 2017, 12:19
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Innova Diesel AT 2018
- Contact:
Re: Review-Spending a Night with Hyundai Kona 2019
Maafsatria120s wrote: β09 Jun 2019, 11:30Di kona bukannya pure combustion engine ya om?arinugroho14 wrote: β09 Jun 2019, 07:54Karena itu juga mesin ini di combine dgn motor listrik?satria120s wrote: β04 Jun 2019, 09:22
Hmmm i see..
Wondering why it's not popular..
Kenapa ga banyak yg pake teknologi ini ya Om?
Mobil hybrid mksdnya
Maksdnya mobil2 hybrid lain spt Prius, CHR, camry hybrid?
- Pugman
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1435
- Joined: 16 Aug 2014, 11:39
Re: Review-Spending a Night with Hyundai Kona 2019
Karena pertanyaan Om Satria ini, saya jadi mempelajari sedikit lebih jauh Atkinson Engine si Hyundai ini. Karena saya juga baru tahu kalau Hyundai punya Atkinson Engine.satria120s wrote: β09 Jun 2019, 02:29Whoaa.. nice explanation..Pugman wrote: β04 Jun 2019, 20:29Karena Cycle ini sedikit lebih rumit dalam hal konstruksi dan maintenance. Sebenarnya prinsip Atkinson ini mirip dengan aplikasi Variabel Valve.satria120s wrote: β04 Jun 2019, 09:22
Hmmm i see..
Wondering why it's not popular..
Kenapa ga banyak yg pake teknologi ini ya Om?
Kalau variabel valve kan di low rpm itu durasi dipersingkat dan lift valve lebih pendek dan akan berubah saat high rpm, kalau ada trouble dengan variabel Valve nya tinggal bongkar bagian head saja.
Kebanyakan Cycle ini dikembangkan untuk mobil Hybrid seperti Prius.
But then, artinya sudah ada teknologi yg lebih simple dan easy maintained dibanding si atkinson ini kan?
So menurut Om Pug, why does hyundai using this unpopular tech in their newest car?
Ternyata Hyundai tidak menggunakan multi link cranck shaft yang jadi basic Atkinson engine seperti yang saya jelaskan di atas, melainkan seperti yang saya sebutkan sebelumnya juga, mereka menggunakan Variabel valve dengan close delay intake valve.
Jadi gini, kalau mesin punya stroke 80mm, langkah hisap tetap 80mm, tetapi saat langkah kompresi,
Kalau otto cycle, maka intake valve akan segera close setelah TMB. di Atkinson, intake ditahan tetap terbuka sampai 20-30mm setelah TMB, artinya sebagian mixture gas yang terhisap tadi, sebagian akan terdorong balik ke intake manifold sehingga tidak ikut terbakar saat langkah kerja atau seperti menjadi tabungan untuk next cycle dan otomatis rasio kompresi juga berkurang.
Hyundai NU Atkinson juga menganut Asimetrik Engine karena Cranck shaft di buat offset sekitar 5Β° supaya piston less friction.
Menurut saya, pengembangan ini lebih karena tuntutan CO2 dan kehematan bahan bakar berdasarkan Euro regulation.
Sebenarnya Mazda lebih banyak effort dalam hal ini, Skyactive engine itu secara konsep juga menganut atkinson cycle, hanya saja melakukan secara lebih kompleks dengan dynamic compress ratio, pembedaan mixture ratio antara engine start dan idle, bahkan direct injection untuk memberikan perbedaan supply fuel saat langkah hisap dan kerja, Mazda lebih suka menyebut mesin mereka dengan "Miller Cycle".
Menurut saya mungkin Skyactiv adalah Tagline paling sukses untuk modern NA Atkinson Cycle. Less fuel tapi power bisa setara normal Otto Cycle.
- satria120s
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 138
- Joined: 04 Oct 2013, 11:17
Re: Review-Spending a Night with Hyundai Kona 2019
Well, it means atkinson yg dikembangkan lagi yah.. nice..Pugman wrote: β11 Jun 2019, 02:02Karena pertanyaan Om Satria ini, saya jadi mempelajari sedikit lebih jauh Atkinson Engine si Hyundai ini. Karena saya juga baru tahu kalau Hyundai punya Atkinson Engine.satria120s wrote: β09 Jun 2019, 02:29Whoaa.. nice explanation..Pugman wrote: β04 Jun 2019, 20:29
Karena Cycle ini sedikit lebih rumit dalam hal konstruksi dan maintenance. Sebenarnya prinsip Atkinson ini mirip dengan aplikasi Variabel Valve.
Kalau variabel valve kan di low rpm itu durasi dipersingkat dan lift valve lebih pendek dan akan berubah saat high rpm, kalau ada trouble dengan variabel Valve nya tinggal bongkar bagian head saja.
Kebanyakan Cycle ini dikembangkan untuk mobil Hybrid seperti Prius.
But then, artinya sudah ada teknologi yg lebih simple dan easy maintained dibanding si atkinson ini kan?
So menurut Om Pug, why does hyundai using this unpopular tech in their newest car?
Ternyata Hyundai tidak menggunakan multi link cranck shaft yang jadi basic Atkinson engine seperti yang saya jelaskan di atas, melainkan seperti yang saya sebutkan sebelumnya juga, mereka menggunakan Variabel valve dengan close delay intake valve.
Jadi gini, kalau mesin punya stroke 80mm, langkah hisap tetap 80mm, tetapi saat langkah kompresi,
Kalau otto cycle, maka intake valve akan segera close setelah TMB. di Atkinson, intake ditahan tetap terbuka sampai 20-30mm setelah TMB, artinya sebagian mixture gas yang terhisap tadi, sebagian akan terdorong balik ke intake manifold sehingga tidak ikut terbakar saat langkah kerja atau seperti menjadi tabungan untuk next cycle dan otomatis rasio kompresi juga berkurang.
Hyundai NU Atkinson juga menganut Asimetrik Engine karena Cranck shaft di buat offset sekitar 5Β° supaya piston less friction.
Menurut saya, pengembangan ini lebih karena tuntutan CO2 dan kehematan bahan bakar berdasarkan Euro regulation.
Sebenarnya Mazda lebih banyak effort dalam hal ini, Skyactive engine itu secara konsep juga menganut atkinson cycle, hanya saja melakukan secara lebih kompleks dengan dynamic compress ratio, pembedaan mixture ratio antara engine start dan idle, bahkan direct injection untuk memberikan perbedaan supply fuel saat langkah hisap dan kerja, Mazda lebih suka menyebut mesin mereka dengan "Miller Cycle".
Menurut saya mungkin Skyactiv adalah Tagline paling sukses untuk modern NA Atkinson Cycle. Less fuel tapi power bisa setara normal Otto Cycle.
Klo ga salah inget bbrp hari lalu di salah satu review disini, si lexus juga pake atkinson cycle..
Btw thanks a lot pencerahannya Om
-
- Similar Topics
- Replies
- Views
- Last post
-
- 15 Replies
- 3052 Views
-
Last post by MINI2023
-
- 4 Replies
- 889 Views
-
Last post by Evolution2890
-
- 15 Replies
- 1423 Views
-
Last post by Crankshaft
-
- 52 Replies
- 1980 Views
-
Last post by Pboyz97
-
- 50 Replies
- 6216 Views
-
Last post by noire
-
- 53 Replies
- 10739 Views
-
Last post by nicklaud
-
- 2 Replies
- 1221 Views
-
Last post by serendipity
-
- 16 Replies
- 1407 Views
-
Last post by McLaren
-
- 9 Replies
- 713 Views
-
Last post by Greenhunter
-
- 9 Replies
- 1016 Views
-
Last post by kurniakerten