Review Toyota Agya 1.0 Trd 2013 a/t

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ferdiezzz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 76
Joined: Sat Jul 28, 2018 6:23
Location: palembang
Daily Vehicle: yaris s limited 2006

Review Toyota Agya 1.0 Trd 2013 a/t

Post by ferdiezzz »

akhirnya setelah kebanyakan mikir beli mobil di bawah 100 jt untuk harian[emoji846]

terpilihlah sebuah toyota agya 2013 matic gen 1 type trd, yang belum facelift + improvement ( perbedaan di jok belakang, wiper belakang, isofix)

mobil tersebut
menyingkirkan kadidat lain mitsubishi mirage, nissan march xs 1.5 , camry 2008 xv40( sedikit overbudget), camry xv 30 v6 2004

dan agya 1.2 trd a/t baru (kemahalan harganya bagi orang seperti saya, rencana beli terus facelift ke agya 1.2 )

dengan pertimbangan ibu saya yg termasuk fanatik fans atoyot dan tidak mau beli mobil selain itu [emoji28] daripada ibu saya tdk bisa tidur nyenyak.

sebelumnya saya terbiasa pake mobil tua yg memang kelasnya notabene diatas sebuah lcgc dan sbenerny saya kurang suka sm lcgc [emoji19] karena rata" user lcgc di jalan (ngga semuanya) terkadang suka sembarangan nyetirnya

oke mari kt mulai reviewnya
1.desain
sebenrarnya ngga ada yg salah sih, saya termasuk biasa aja dengan desainnya, sekilas kayak bukan lcgc fiturnya cukup lengkap "bagi orang awam"
ngga ada yg dikurangin, kayak karimun yg ngga ada power windows belakangnya, dan datsun go yg wipernya hanya 1, hehe tanpa perlu dijelaskan master" disini sudah tahu tentunya [emoji28]
dan kalau anda berhenti dipinggir jalan depan mall pasti dipikir grabcar atau gocar[emoji2][emoji2]

2.build quality
yah ngga bs maksa lah ya namanya lcgc build quality seadanya banget, di interior seakan kata murrahan udah nempel banget dengan mobil ini, doortrimnya bahkan suka bergetar ngga jelas kalau suara audio nya agak gede [emoji1][emoji1]. dashboradny loncat" kalau lewat speed bump/ jalanan jelek kecil, bahkan build quality eksterior ny plat bodnya juga begitu kurang solid rasanya, yah fortuner vrz aja bagian pintu tipis banget platnya
masak agya yg murah lcgc mau build quality yg baik hehe.

3. driving impression + handling
sebenernya bagi orang awam, sekali lagi ya ini mobil pada dasarnya ya begitu, tp saat berbelok kerasa banget body roll mobil ini, serumur hidup saya punya motor atau mobil blh pernah ketemu mobil dengan handlingnya separah ini
belok 50kph serasa belok 150 kph wkkwkw sepertinya mobil ini ngga punya stabilizer belakang (cmiiw), dikombinasikan dengan ban eco- eco an ngga ada abs bikin saya cukup takut kl bawa mobil ini di jalan licin dan saat rem mendadak.

4. kenyamanan
untuk kelasnya tentu sebenarny kt ngga bs harap dan ekspetasi yg tinggi, tp lumayan lah,
-peredaman suaranya menyedihkan sekali semua frekuensi bs masuk dengan mudahnya tanpa ada halangan sama sekali [emoji23]
- dikombinasikan dengan build quality interior yg rattle bergetar tentunya menyiksa kuping
- senderan jok belakang flat banget dan terlalu tegak ( untuk yg improvement udah lebih bagus dan ngga rata lg)
- mesinnya bergeter khas 3 silinder apalagi saat macet dan posisi tuas trasmisi di d, tp nissan march, mitsubishi mirage ngga separah ini getarannya
+mobil ini punya kabin yg luas terutama kabin belakang lebih dr 10 jari untuk syaa yg tinggi kurang lebih 165 cm, -
+ac mobil ini dingin untuk ukuran mobil 1000cc bahkan dibandingkan yaris bakpao saya, nissan march, serta ford fiesta

5. Posisi mengemudi
posisi duduk di agya sbnerny agak kaku, untuk ukuran mobil kecil posisi duduknya tinggi (cocok bagi yg baru belajar mobil), untuk ukurran badan saya yg kecil 165cm/55kg jok dan headrest yg fix mobil ini mampu menyangga dengan baik
*masalahnya kalau ukuran badan anda diatas 170cm dijamin kepala anda akan pegal berserta bahu untuk perjalanan jauh
* posisi duduknya parah saat kaki saya pas, kondisi setir terlalu dekat dan sebaliknya kaku banget dan ngga nyaman

6. peforma mesin dan konsumsi bbm
+untuk mesin 1000cc dikombinasikan dengan transmisi matic 4 percepatan tenangany lebih dr cukup untuk dalam kota ngga termasuk pelan untuk kelas 1000cc dengan mesin biasa tanpa turbo. Stop and go dengan mudah dilahap karena torsi besar tp diatas 3000 rpm seakan kehabisan nafas,
+ mungkin banyak yg judge mobil ini 1000cc fwd matic 4 speed jadul bakalan susah nanjak, tp kenyataannya mobil ini termasuk mudah nanjak ditanjakan yg tinggi, bahkan kondisi muatan penuh dan saat berhenti di tanjakan dan tancap gas lagi
- getaran mesin untuk 3 silinder, jika dibandingkan 3 silinder yg non lcgc, dan lcgc lainnya kayak karimun wagon r yg kerasa lebih tidak bergetar
- mesinnya hanya irit saat jalan lenggang saja, dalam kota yang stop and go saya dapar konsumsi bbm 7,3-10,7 km/lt
seringnya dapat diangka 9 km /lt
konsumsi bbmnya 11-12 dengan mesin 1500cc matic, sebaiknya jika incar irit beli saja yg transmisi manual

7. fitur safety
+ untungnya semua varian agya punya 2 buah airbag, kenapa atoyot ngga nambah abs di agya 1.0 bahkan hingga berganti model tahun 2017 sekalipun, hanya type 1.2 trd yg punya abs

kesimpulan dan overall
mobil ini cocok banget untuk first user car, walaupun mobilnya kelihatan ringkih tp bener" durabel dan teruji ngga ada isu dan masalah berat di agya ( hanya isu aki mendidih, isc kotor, dan bushing belakang saat km tinggi)

+ harga second relatif terjangkau 2013 matic trd dibandrol 85-90 jt, tahun nya ngga terlalu tua
+ cocok untuk first car, easy to drive bahkan bagi orang yg baru belajar sekalipun
+ sparepart emg murah, ganti oli hanya 2,7lt
+ pajaknya murah
+ peforma mesin yg baik
+ head unit standard udah ada usb
+ lumayan durable

- kenyamanan, peredaman kabin menyedihkan sekali
- build quality eksterior dan interior
- konsumsi bbm yg matic ngga terlalu irit
- posisi mengemudi yg kurang nyaman
- images mobil murah (grabcar dan gocar)
- handling dan body roll yg mengerikan kalau dibawa ngebut
Screenshot_2019-06-24-00-22-45-527_com.miui.gallery.jpeg
IMG_20190628_115729.jpeg
IMG_20190628_120046.jpeg
IMG_20190628_112002.jpeg
PhotoGrid_1558269019366.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: Review Toyota Agya 1.0 Trd 2013 a/t

Post by qushay20019 »

Makasih review nya om ferdiezzz,

Btw itu BBM nya pake apa ya pas dapet 9 km/L?
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08

Re: Review Toyota Agya 1.0 Trd 2013 a/t

Post by quyquy »

"mobil dengan handlingnya separah ini"
Ya memang yang generasi itu set suspensinya empuk. Beda yang baruan (facelift), lebih keras.


"+ sparepart emg murah, ganti oli hanya 2,7lt"

Waduw... Ganti Oli di beres yak?
Agya mah ganti oli nggak sampe segitu kalo di bengkel umum.. Paling cuman 1,5 juta itu udah pake oli mewah.

"- mesinnya hanya irit saat jalan lenggang saja, dalam kota yang stop and go saya dapar konsumsi bbm 7,3-10,7 km/lt"

Karakter mesin 3 silinder adalah torsi. Kuncinya: maen gas kayak mesin diesel.
Nggak boleh langsung ngegas.
Kalo udah pernah pake motor matic, nah ngegasnya kayak gitu.
Tekan gas gradual, tekan pedal dikit dan secara gradual biarkan si torsi yang bekerja.


Nanti kalau sudah menyatu (adaptasi) sama mobilnya, tu mobil enak gesit buat dalam kota. Bodi kompak banget.
Makanya banyak dipake buat sruntulan.
ferdiezzz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 76
Joined: Sat Jul 28, 2018 6:23
Location: palembang
Daily Vehicle: yaris s limited 2006

Re: Review Toyota Agya 1.0 Trd 2013 a/t

Post by ferdiezzz »

pertalite sih, kl pertamax jg ngga beda jauh sbenrny om hehe
qushay20019 wrote:Makasih review nya om ferdiezzz,

Btw itu BBM nya pake apa ya pas dapet 9 km/L?
ferdiezzz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 76
Joined: Sat Jul 28, 2018 6:23
Location: palembang
Daily Vehicle: yaris s limited 2006

Re: Review Toyota Agya 1.0 Trd 2013 a/t

Post by ferdiezzz »

quyquy wrote:"mobil dengan handlingnya separah ini"
Ya memang yang generasi itu set suspensinya empuk. Beda yang baruan (facelift), lebih keras.


"+ sparepart emg murah, ganti oli hanya 2,7lt"

Waduw... Ganti Oli di beres yak?
Agya mah ganti oli nggak sampe segitu kalo di bengkel umum.. Paling cuman 1,5 juta itu udah pake oli mewah.

"- mesinnya hanya irit saat jalan lenggang saja, dalam kota yang stop and go saya dapar konsumsi bbm 7,3-10,7 km/lt"

Karakter mesin 3 silinder adalah torsi. Kuncinya: maen gas kayak mesin diesel.
Nggak boleh langsung ngegas.
Kalo udah pernah pake motor matic, nah ngegasnya kayak gitu.
Tekan gas gradual, tekan pedal dikit dan secara gradual biarkan si torsi yang bekerja.


Nanti kalau sudah menyatu (adaptasi) sama mobilnya, tu mobil enak gesit buat dalam kota. Bodi kompak banget.
Makanya banyak dipake buat sruntulan.
ia om suspensinya empuk tp kena jalan lubang dikit aja kerasa, body roll ny itu loh hmm.
saya ganti oli di bengkel langganan sih, owner seblum saya yg selalu di beres ganti olinya
ia om saya udah pelajarin kok ijek gas gradual ehehe selalu mengikuti lampu eco
rute dalkot ttp segitu jg bedanya
bbm ron 90, kl pake ron 92 ngga beda jauh om
impactful
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 446
Joined: Tue Jan 09, 2018 1:09
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2023 27 kWh powerbank on a wheel

Re: Review Toyota Agya 1.0 Trd 2013 a/t

Post by impactful »

quyquy wrote: Fri Jul 05, 2019 11:04


"+ sparepart emg murah, ganti oli hanya 2,7lt"

Waduw... Ganti Oli di beres yak?
Agya mah ganti oli nggak sampe segitu kalo di bengkel umum.. Paling cuman 1,5 juta itu udah pake oli mewah.
itu 2,7 liter om, bukan 2,7 juta
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
ferdiezzz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 76
Joined: Sat Jul 28, 2018 6:23
Location: palembang
Daily Vehicle: yaris s limited 2006

Re: Review Toyota Agya 1.0 Trd 2013 a/t

Post by ferdiezzz »

benar om mksd saya begitu hhe
impactful wrote:
quyquy wrote: Fri Jul 05, 2019 11:04


"+ sparepart emg murah, ganti oli hanya 2,7lt"

Waduw... Ganti Oli di beres yak?
Agya mah ganti oli nggak sampe segitu kalo di bengkel umum.. Paling cuman 1,5 juta itu udah pake oli mewah.
itu 2,7 liter om, bukan 2,7 juta
zanira
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Sat Oct 01, 2016 11:33

Re: Review Toyota Agya 1.0 Trd 2013 a/t

Post by zanira »

ferdiezzz wrote: Fri Jul 05, 2019 11:07 pertalite sih, kl pertamax jg ngga beda jauh sbenrny om hehe
qushay20019 wrote:Makasih review nya om ferdiezzz,

Btw itu BBM nya pake apa ya pas dapet 9 km/L?
Ini seriusan, fc nya cuma dpt segitu ? :weekk:

Istri sy sj, yg kakiny ga sekolah, dalkot msh bisa 14 km/ ltr. Lukot msh bs 16 km/ltr.

Klo sy yg pakai, dalkot msh dpt 17 km/ltr (lancar) separah" nya msh bs 14 km/ ltr.
Klo lukot pst di atas 19 km/ltr.

#tp mobilny sotoy tipe E manual :big_slap:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Review Toyota Agya 1.0 Trd 2013 a/t

Post by Pboyz97 »

Nice review om, dibalik semua kekurangannya, mobil ini worth kok untuk dimiliki, karena buat ukuran LCGC akomodasinya lumayan, row 2 nya lega , dan bagasinya cukup luas
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
ferdiezzz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 76
Joined: Sat Jul 28, 2018 6:23
Location: palembang
Daily Vehicle: yaris s limited 2006

Re: Review Toyota Agya 1.0 Trd 2013 a/t

Post by ferdiezzz »

serius om heheh, bahkan 11-12 dengan bmw m2 yg dalkot kaki sekolah 7,5 km/lt
si agya rata" seringnya 8-9km/lt ehhe
zanira wrote:
ferdiezzz wrote: Fri Jul 05, 2019 11:07 pertalite sih, kl pertamax jg ngga beda jauh sbenrny om hehe
qushay20019 wrote:Makasih review nya om ferdiezzz,

Btw itu BBM nya pake apa ya pas dapet 9 km/L?
Ini seriusan, fc nya cuma dpt segitu ? :weekk:

Istri sy sj, yg kakiny ga sekolah, dalkot msh bisa 14 km/ ltr. Lukot msh bs 16 km/ltr.

Klo sy yg pakai, dalkot msh dpt 17 km/ltr (lancar) separah" nya msh bs 14 km/ ltr.
Klo lukot pst di atas 19 km/ltr.

#tp mobilny sotoy tipe E manual :big_slap:
ferdiezzz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 76
Joined: Sat Jul 28, 2018 6:23
Location: palembang
Daily Vehicle: yaris s limited 2006

Re: Review Toyota Agya 1.0 Trd 2013 a/t

Post by ferdiezzz »

ia worth banget om, tp kl orang ny freak otomotif banget
pasti banyak komplain, tp gpp dah kan ini lcgc
Pboyz97 wrote:Nice review om, dibalik semua kekurangannya, mobil ini worth kok untuk dimiliki, karena buat ukuran LCGC akomodasinya lumayan, row 2 nya lega , dan bagasinya cukup luas
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Review Toyota Agya 1.0 Trd 2013 a/t

Post by martinnn »

nice review.... memang ini kebutuhan dasar sekali econobox car
:big_biglaugh:
ferdiezzz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 76
Joined: Sat Jul 28, 2018 6:23
Location: palembang
Daily Vehicle: yaris s limited 2006

Re: Review Toyota Agya 1.0 Trd 2013 a/t

Post by ferdiezzz »

terima kasih banyak, ia om benar sekali mnurut saya minusnya cman di konsumsi bbm yg boros ngga sesuai cc dan harga
martinnn wrote:nice review.... memang ini kebutuhan dasar sekali econobox car
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08

Re: Review Toyota Agya 1.0 Trd 2013 a/t

Post by quyquy »

impactful wrote: Fri Jul 05, 2019 11:21
quyquy wrote: Fri Jul 05, 2019 11:04


"+ sparepart emg murah, ganti oli hanya 2,7lt"

Waduw... Ganti Oli di beres yak?
Agya mah ganti oli nggak sampe segitu kalo di bengkel umum.. Paling cuman 1,5 juta itu udah pake oli mewah.
itu 2,7 liter om, bukan 2,7 juta

Wkk iya salah saya sliwer bacanya..

Btw coba itu throtle body sama intake manifold dibersihkan.. Lalu filter bensin yg di ruang kap mesin dibersihkan juga.

Pengalaman bersihin itu lumayan jd kembali std pabrik konsumsi bbmnya.

Trs kalo filter udara udah kotor diganti.

Coba deh itu dulu..
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Review Toyota Agya 1.0 Trd 2013 a/t

Post by Jambangan »

Mobil yg paling aneh posisi mengemudinya
Jok tinggi, stir rendah
Ga cocok buat saya tinggi 189 cm
Kalo untuk LCGC saya masih lebih suka posisi mengemudi datsun go atau karimun wagon r
kevienwijaya
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 117
Joined: Thu Sep 13, 2018 4:28
Location: Unkown
Daily Vehicle: Panther pasti bener

Re: Review Toyota Agya 1.0 Trd 2013 a/t

Post by kevienwijaya »

ferdiezzz wrote: Fri Jul 05, 2019 10:12 akhirnya setelah kebanyakan mikir beli mobil di bawah 100 jt untuk harian[emoji846]

terpilihlah sebuah toyota agya 2013 matic gen 1 type trd, yang belum facelift + improvement ( perbedaan di jok belakang, wiper belakang, isofix)

mobil tersebut
menyingkirkan kadidat lain mitsubishi mirage, nissan march xs 1.5 , camry 2008 xv40( sedikit overbudget), camry xv 30 v6 2004

dan agya 1.2 trd a/t baru (kemahalan harganya bagi orang seperti saya, rencana beli terus facelift ke agya 1.2 )

dengan pertimbangan ibu saya yg termasuk fanatik fans atoyot dan tidak mau beli mobil selain itu [emoji28] daripada ibu saya tdk bisa tidur nyenyak.

sebelumnya saya terbiasa pake mobil tua yg memang kelasnya notabene diatas sebuah lcgc dan sbenerny saya kurang suka sm lcgc [emoji19] karena rata" user lcgc di jalan (ngga semuanya) terkadang suka sembarangan nyetirnya

oke mari kt mulai reviewnya
1.desain
sebenrarnya ngga ada yg salah sih, saya termasuk biasa aja dengan desainnya, sekilas kayak bukan lcgc fiturnya cukup lengkap "bagi orang awam"
ngga ada yg dikurangin, kayak karimun yg ngga ada power windows belakangnya, dan datsun go yg wipernya hanya 1, hehe tanpa perlu dijelaskan master" disini sudah tahu tentunya [emoji28]
dan kalau anda berhenti dipinggir jalan depan mall pasti dipikir grabcar atau gocar[emoji2][emoji2]

2.build quality
yah ngga bs maksa lah ya namanya lcgc build quality seadanya banget, di interior seakan kata murrahan udah nempel banget dengan mobil ini, doortrimnya bahkan suka bergetar ngga jelas kalau suara audio nya agak gede [emoji1][emoji1]. dashboradny loncat" kalau lewat speed bump/ jalanan jelek kecil, bahkan build quality eksterior ny plat bodnya juga begitu kurang solid rasanya, yah fortuner vrz aja bagian pintu tipis banget platnya
masak agya yg murah lcgc mau build quality yg baik hehe.

3. driving impression + handling
sebenernya bagi orang awam, sekali lagi ya ini mobil pada dasarnya ya begitu, tp saat berbelok kerasa banget body roll mobil ini, serumur hidup saya punya motor atau mobil blh pernah ketemu mobil dengan handlingnya separah ini
belok 50kph serasa belok 150 kph wkkwkw sepertinya mobil ini ngga punya stabilizer belakang (cmiiw), dikombinasikan dengan ban eco- eco an ngga ada abs bikin saya cukup takut kl bawa mobil ini di jalan licin dan saat rem mendadak.

4. kenyamanan
untuk kelasnya tentu sebenarny kt ngga bs harap dan ekspetasi yg tinggi, tp lumayan lah,
-peredaman suaranya menyedihkan sekali semua frekuensi bs masuk dengan mudahnya tanpa ada halangan sama sekali [emoji23]
- dikombinasikan dengan build quality interior yg rattle bergetar tentunya menyiksa kuping
- senderan jok belakang flat banget dan terlalu tegak ( untuk yg improvement udah lebih bagus dan ngga rata lg)
- mesinnya bergeter khas 3 silinder apalagi saat macet dan posisi tuas trasmisi di d, tp nissan march, mitsubishi mirage ngga separah ini getarannya
+mobil ini punya kabin yg luas terutama kabin belakang lebih dr 10 jari untuk syaa yg tinggi kurang lebih 165 cm, -
+ac mobil ini dingin untuk ukuran mobil 1000cc bahkan dibandingkan yaris bakpao saya, nissan march, serta ford fiesta

5. Posisi mengemudi
posisi duduk di agya sbnerny agak kaku, untuk ukuran mobil kecil posisi duduknya tinggi (cocok bagi yg baru belajar mobil), untuk ukurran badan saya yg kecil 165cm/55kg jok dan headrest yg fix mobil ini mampu menyangga dengan baik
*masalahnya kalau ukuran badan anda diatas 170cm dijamin kepala anda akan pegal berserta bahu untuk perjalanan jauh
* posisi duduknya parah saat kaki saya pas, kondisi setir terlalu dekat dan sebaliknya kaku banget dan ngga nyaman

6. peforma mesin dan konsumsi bbm
+untuk mesin 1000cc dikombinasikan dengan transmisi matic 4 percepatan tenangany lebih dr cukup untuk dalam kota ngga termasuk pelan untuk kelas 1000cc dengan mesin biasa tanpa turbo. Stop and go dengan mudah dilahap karena torsi besar tp diatas 3000 rpm seakan kehabisan nafas,
+ mungkin banyak yg judge mobil ini 1000cc fwd matic 4 speed jadul bakalan susah nanjak, tp kenyataannya mobil ini termasuk mudah nanjak ditanjakan yg tinggi, bahkan kondisi muatan penuh dan saat berhenti di tanjakan dan tancap gas lagi
- getaran mesin untuk 3 silinder, jika dibandingkan 3 silinder yg non lcgc, dan lcgc lainnya kayak karimun wagon r yg kerasa lebih tidak bergetar
- mesinnya hanya irit saat jalan lenggang saja, dalam kota yang stop and go saya dapar konsumsi bbm 7,3-10,7 km/lt
seringnya dapat diangka 9 km /lt
konsumsi bbmnya 11-12 dengan mesin 1500cc matic, sebaiknya jika incar irit beli saja yg transmisi manual

7. fitur safety
+ untungnya semua varian agya punya 2 buah airbag, kenapa atoyot ngga nambah abs di agya 1.0 bahkan hingga berganti model tahun 2017 sekalipun, hanya type 1.2 trd yg punya abs

kesimpulan dan overall
mobil ini cocok banget untuk first user car, walaupun mobilnya kelihatan ringkih tp bener" durabel dan teruji ngga ada isu dan masalah berat di agya ( hanya isu aki mendidih, isc kotor, dan bushing belakang saat km tinggi)

+ harga second relatif terjangkau 2013 matic trd dibandrol 85-90 jt, tahun nya ngga terlalu tua
+ cocok untuk first car, easy to drive bahkan bagi orang yg baru belajar sekalipun
+ sparepart emg murah, ganti oli hanya 2,7lt
+ pajaknya murah
+ peforma mesin yg baik
+ head unit standard udah ada usb
+ lumayan durable

- kenyamanan, peredaman kabin menyedihkan sekali
- build quality eksterior dan interior
- konsumsi bbm yg matic ngga terlalu irit
- posisi mengemudi yg kurang nyaman
- images mobil murah (grabcar dan gocar)
- handling dan body roll yg mengerikan kalau dibawa ngebutScreenshot_2019-06-24-00-22-45-527_com.miui.gallery.jpegIMG_20190628_115729.jpegIMG_20190628_120046.jpegIMG_20190628_112002.jpegPhotoGrid_1558269019366.jpeg
Kebetulan saya pernah menggunakan agya trd tahun 2014 matic. Kalau BBM sih dalkot tapi bukan di jakarta/bandung,1 liter dapet 15km.. Kalau luar kota dulu pernah dari jateng ke malang dapet 20/liter.
Dari segi kenyamanan ya not bad untuk harga segitu dan tidak capek2 amat.. Menurut saya sih begitu.. Ni mobil dari beli km 3000 sampe sekarang 77 ribu ga pernah ada masalah apapun. kaki2 enggak ada yang aneh2.. Recomend nih mobil.. #bukansalestoyota
aipiesblue
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 298
Joined: Mon Aug 10, 2009 3:01

Re: Review Toyota Agya 1.0 Trd 2013 a/t

Post by aipiesblue »

agya/ayla metic memang kurang irit sih, jauh dibanding sama yg manual. sepengalaman saya make ayla manual sejak 2015, FC untuk luar kota dalam tol bisa mencapai 1:25 terus berangsur-angsur turun hingga 1:20 jika sudah masuk kota lagi. kalo untuk dalam kota jakarta saja biasanya antara 1:12 hingga 1:14.

untuk peredaman kalo mau murah beli aja karpet peredam audio di toko peralatan meubel, saya pasang sampe 2 lapis, lumayan sekali mengusir suara-suara mengganggu dari bawah, kalo dirasa masih kurang tinggal gedein suara radio/tape :D
lalu kenapa tidak pasang peredam aspal sekeliling? mobil akan ketambahan berat 8 - 10an kilo, nanti malah jadi gak irit lagi.

jok belakang masih bisa direcline lagi, caranya copot aja penahan jok yg nempel ke dinding, nanti jok akan tertahan sama tonjolan dari chamber ban belakang. lumayan lah jadi posisi duduk gak terlalu rebah lagi.

sejak beli tahun 2015 hingga sekarang, gak ada masalah aneh-aneh, malah rata-rata untuk agya dan ayla yg sebaya umurnya, biasanya udah banyak minta ganti engine mounting, ayla saya ini malah ngga. spare part paling mahal sejauh ini yg pernah di ganti hanyalah aki, itu juga digantinya tahun ketiga, jadi udah umurnya lah.
ferdiezzz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 76
Joined: Sat Jul 28, 2018 6:23
Location: palembang
Daily Vehicle: yaris s limited 2006

Re: Review Toyota Agya 1.0 Trd 2013 a/t

Post by ferdiezzz »

tb udah disemprot" sih om hehehe tp ngga dicopot
filter udara, busi ganti baru
filter bensin skalian nanti pas carbon cleaner aja om,
sepertinya mmang konsumsi agya matic 1:10-11 di dalkot yg macet wajar di tmpt saya hehe
quyquy wrote:
impactful wrote: Fri Jul 05, 2019 11:21
quyquy wrote: Fri Jul 05, 2019 11:04


"+ sparepart emg murah, ganti oli hanya 2,7lt"

Waduw... Ganti Oli di beres yak?
Agya mah ganti oli nggak sampe segitu kalo di bengkel umum.. Paling cuman 1,5 juta itu udah pake oli mewah.
itu 2,7 liter om, bukan 2,7 juta

Wkk iya salah saya sliwer bacanya..

Btw coba itu throtle body sama intake manifold dibersihkan.. Lalu filter bensin yg di ruang kap mesin dibersihkan juga.

Pengalaman bersihin itu lumayan jd kembali std pabrik konsumsi bbmnya.

Trs kalo filter udara udah kotor diganti.

Coba deh itu dulu..
ferdiezzz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 76
Joined: Sat Jul 28, 2018 6:23
Location: palembang
Daily Vehicle: yaris s limited 2006

Re: Review Toyota Agya 1.0 Trd 2013 a/t

Post by ferdiezzz »

Jambangan wrote:Mobil yg paling aneh posisi mengemudinya
Jok tinggi, stir rendah
Ga cocok buat saya tinggi 189 cm
Kalo untuk LCGC saya masih lebih suka posisi mengemudi datsun go atau karimun wagon r
bener om jadinya kadang kalau kaki pas [emoji28], eh malah nyangkut ke setir dengkulnya
krn setir terlalu rendah
asli ngga nyaman om, om setinggi itu pake agya bakal mentok plafon kemungkinan + nyetir pake iman [emoji38]
ferdiezzz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 76
Joined: Sat Jul 28, 2018 6:23
Location: palembang
Daily Vehicle: yaris s limited 2006

Re: Review Toyota Agya 1.0 Trd 2013 a/t

Post by ferdiezzz »

kevienwijaya wrote:
ferdiezzz wrote: Fri Jul 05, 2019 10:12 akhirnya setelah kebanyakan mikir beli mobil di bawah 100 jt untuk harian[emoji846]

terpilihlah sebuah toyota agya 2013 matic gen 1 type trd, yang belum facelift + improvement ( perbedaan di jok belakang, wiper belakang, isofix)

mobil tersebut
menyingkirkan kadidat lain mitsubishi mirage, nissan march xs 1.5 , camry 2008 xv40( sedikit overbudget), camry xv 30 v6 2004

dan agya 1.2 trd a/t baru (kemahalan harganya bagi orang seperti saya, rencana beli terus facelift ke agya 1.2 )

dengan pertimbangan ibu saya yg termasuk fanatik fans atoyot dan tidak mau beli mobil selain itu [emoji28] daripada ibu saya tdk bisa tidur nyenyak.

sebelumnya saya terbiasa pake mobil tua yg memang kelasnya notabene diatas sebuah lcgc dan sbenerny saya kurang suka sm lcgc [emoji19] karena rata" user lcgc di jalan (ngga semuanya) terkadang suka sembarangan nyetirnya

oke mari kt mulai reviewnya
1.desain
sebenrarnya ngga ada yg salah sih, saya termasuk biasa aja dengan desainnya, sekilas kayak bukan lcgc fiturnya cukup lengkap "bagi orang awam"
ngga ada yg dikurangin, kayak karimun yg ngga ada power windows belakangnya, dan datsun go yg wipernya hanya 1, hehe tanpa perlu dijelaskan master" disini sudah tahu tentunya [emoji28]
dan kalau anda berhenti dipinggir jalan depan mall pasti dipikir grabcar atau gocar[emoji2][emoji2]

2.build quality
yah ngga bs maksa lah ya namanya lcgc build quality seadanya banget, di interior seakan kata murrahan udah nempel banget dengan mobil ini, doortrimnya bahkan suka bergetar ngga jelas kalau suara audio nya agak gede [emoji1][emoji1]. dashboradny loncat" kalau lewat speed bump/ jalanan jelek kecil, bahkan build quality eksterior ny plat bodnya juga begitu kurang solid rasanya, yah fortuner vrz aja bagian pintu tipis banget platnya
masak agya yg murah lcgc mau build quality yg baik hehe.

3. driving impression + handling
sebenernya bagi orang awam, sekali lagi ya ini mobil pada dasarnya ya begitu, tp saat berbelok kerasa banget body roll mobil ini, serumur hidup saya punya motor atau mobil blh pernah ketemu mobil dengan handlingnya separah ini
belok 50kph serasa belok 150 kph wkkwkw sepertinya mobil ini ngga punya stabilizer belakang (cmiiw), dikombinasikan dengan ban eco- eco an ngga ada abs bikin saya cukup takut kl bawa mobil ini di jalan licin dan saat rem mendadak.

4. kenyamanan
untuk kelasnya tentu sebenarny kt ngga bs harap dan ekspetasi yg tinggi, tp lumayan lah,
-peredaman suaranya menyedihkan sekali semua frekuensi bs masuk dengan mudahnya tanpa ada halangan sama sekali [emoji23]
- dikombinasikan dengan build quality interior yg rattle bergetar tentunya menyiksa kuping
- senderan jok belakang flat banget dan terlalu tegak ( untuk yg improvement udah lebih bagus dan ngga rata lg)
- mesinnya bergeter khas 3 silinder apalagi saat macet dan posisi tuas trasmisi di d, tp nissan march, mitsubishi mirage ngga separah ini getarannya
+mobil ini punya kabin yg luas terutama kabin belakang lebih dr 10 jari untuk syaa yg tinggi kurang lebih 165 cm, -
+ac mobil ini dingin untuk ukuran mobil 1000cc bahkan dibandingkan yaris bakpao saya, nissan march, serta ford fiesta

5. Posisi mengemudi
posisi duduk di agya sbnerny agak kaku, untuk ukuran mobil kecil posisi duduknya tinggi (cocok bagi yg baru belajar mobil), untuk ukurran badan saya yg kecil 165cm/55kg jok dan headrest yg fix mobil ini mampu menyangga dengan baik
*masalahnya kalau ukuran badan anda diatas 170cm dijamin kepala anda akan pegal berserta bahu untuk perjalanan jauh
* posisi duduknya parah saat kaki saya pas, kondisi setir terlalu dekat dan sebaliknya kaku banget dan ngga nyaman

6. peforma mesin dan konsumsi bbm
+untuk mesin 1000cc dikombinasikan dengan transmisi matic 4 percepatan tenangany lebih dr cukup untuk dalam kota ngga termasuk pelan untuk kelas 1000cc dengan mesin biasa tanpa turbo. Stop and go dengan mudah dilahap karena torsi besar tp diatas 3000 rpm seakan kehabisan nafas,
+ mungkin banyak yg judge mobil ini 1000cc fwd matic 4 speed jadul bakalan susah nanjak, tp kenyataannya mobil ini termasuk mudah nanjak ditanjakan yg tinggi, bahkan kondisi muatan penuh dan saat berhenti di tanjakan dan tancap gas lagi
- getaran mesin untuk 3 silinder, jika dibandingkan 3 silinder yg non lcgc, dan lcgc lainnya kayak karimun wagon r yg kerasa lebih tidak bergetar
- mesinnya hanya irit saat jalan lenggang saja, dalam kota yang stop and go saya dapar konsumsi bbm 7,3-10,7 km/lt
seringnya dapat diangka 9 km /lt
konsumsi bbmnya 11-12 dengan mesin 1500cc matic, sebaiknya jika incar irit beli saja yg transmisi manual

7. fitur safety
+ untungnya semua varian agya punya 2 buah airbag, kenapa atoyot ngga nambah abs di agya 1.0 bahkan hingga berganti model tahun 2017 sekalipun, hanya type 1.2 trd yg punya abs

kesimpulan dan overall
mobil ini cocok banget untuk first user car, walaupun mobilnya kelihatan ringkih tp bener" durabel dan teruji ngga ada isu dan masalah berat di agya ( hanya isu aki mendidih, isc kotor, dan bushing belakang saat km tinggi)

+ harga second relatif terjangkau 2013 matic trd dibandrol 85-90 jt, tahun nya ngga terlalu tua
+ cocok untuk first car, easy to drive bahkan bagi orang yg baru belajar sekalipun
+ sparepart emg murah, ganti oli hanya 2,7lt
+ pajaknya murah
+ peforma mesin yg baik
+ head unit standard udah ada usb
+ lumayan durable

- kenyamanan, peredaman kabin menyedihkan sekali
- build quality eksterior dan interior
- konsumsi bbm yg matic ngga terlalu irit
- posisi mengemudi yg kurang nyaman
- images mobil murah (grabcar dan gocar)
- handling dan body roll yg mengerikan kalau dibawa ngebutScreenshot_2019-06-24-00-22-45-527_com.miui.gallery.jpegIMG_20190628_115729.jpegIMG_20190628_120046.jpegIMG_20190628_112002.jpegPhotoGrid_1558269019366.jpeg
Kebetulan saya pernah menggunakan agya trd tahun 2014 matic. Kalau BBM sih dalkot tapi bukan di jakarta/bandung,1 liter dapet 15km.. Kalau luar kota dulu pernah dari jateng ke malang dapet 20/liter.
Dari segi kenyamanan ya not bad untuk harga segitu dan tidak capek2 amat.. Menurut saya sih begitu.. Ni mobil dari beli km 3000 sampe sekarang 77 ribu ga pernah ada masalah apapun. kaki2 enggak ada yang aneh2.. Recomend nih mobil.. #bukansalestoyota
kl rute lukot saya jg dapet segituan om
wajarkah konsumsi bbm saya pake pertalite hanya dapet paling bagus 1:10,7 dalkot? bahkan pernah nyentuh 7,4 dan 8,7 km/lt seringnnya average di 9km/ltpadahal sudah eco drivinng, apakah saya test metode fuel to fuel yg kurang akurat mobil baru jalan 25 km lihat spbu kosong iseng isi [emoji28]

mohon tipsnya om agar lebih irit lg
ferdiezzz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 76
Joined: Sat Jul 28, 2018 6:23
Location: palembang
Daily Vehicle: yaris s limited 2006

Re: Review Toyota Agya 1.0 Trd 2013 a/t

Post by ferdiezzz »

aipiesblue wrote:agya/ayla metic memang kurang irit sih, jauh dibanding sama yg manual. sepengalaman saya make ayla manual sejak 2015, FC untuk luar kota dalam tol bisa mencapai 1:25 terus berangsur-angsur turun hingga 1:20 jika sudah masuk kota lagi. kalo untuk dalam kota jakarta saja biasanya antara 1:12 hingga 1:14.

untuk peredaman kalo mau murah beli aja karpet peredam audio di toko peralatan meubel, saya pasang sampe 2 lapis, lumayan sekali mengusir suara-suara mengganggu dari bawah, kalo dirasa masih kurang tinggal gedein suara radio/tape :D
lalu kenapa tidak pasang peredam aspal sekeliling? mobil akan ketambahan berat 8 - 10an kilo, nanti malah jadi gak irit lagi.

jok belakang masih bisa direcline lagi, caranya copot aja penahan jok yg nempel ke dinding, nanti jok akan tertahan sama tonjolan dari chamber ban belakang. lumayan lah jadi posisi duduk gak terlalu rebah lagi.

sejak beli tahun 2015 hingga sekarang, gak ada masalah aneh-aneh, malah rata-rata untuk agya dan ayla yg sebaya umurnya, biasanya udah banyak minta ganti engine mounting, ayla saya ini malah ngga. spare part paling mahal sejauh ini yg pernah di ganti hanyalah aki, itu juga digantinya tahun ketiga, jadi udah umurnya lah.
kayaknya agya saya km nya 27 rb ini udah agak kena sih om emo ny
kalau di posisi d rada lumayan geternya
pas idle body ny begeter om
pernah ngalamin aki mendidih kah om? sebelumnya?
aipiesblue
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 298
Joined: Mon Aug 10, 2009 3:01

Re: Review Toyota Agya 1.0 Trd 2013 a/t

Post by aipiesblue »

ferdiezzz wrote: Sat Jul 06, 2019 3:11 kayaknya agya saya km nya 27 rb ini udah agak kena sih om emo ny
kalau di posisi d rada lumayan geternya
pas idle body ny begeter om
pernah ngalamin aki mendidih kah om? sebelumnya?
iya sebelum ganti aki, aki pernah mendidih sampai airnya habis.

itu kejadian dalam perjalanan pulang dari semarang menuju jakarta, ketahuan pas iseng buka kap ketika sedang istirahat di RA cipali. dari semua tutup aki keluar asap berbau telor busuk tapi untungnya pas sampe rumah, aki masih bekerja dengan baik hingga 2 mingguan setelahnya baru saya ganti aki baru.
Syauqi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 499
Joined: Sat May 09, 2015 8:55
Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
Daily Vehicle: Potato Car

Re: Review Toyota Agya 1.0 Trd 2013 a/t

Post by Syauqi »

Halo, saya pengguna agya juga, tahun 2014 manual skrg udah jalan 712xxkm. Dirumah juga ada ayla matic tahun 2015 last improvement. Untuk last improvement (2015 pertengahan keatas) udah lebih mendingan.

Agya/ayla manual emang irit banget, saya dalkot kec rata2 cuma 19km/h bisa dapet 15km/l full to full. Yg matic ga begitu, biasanya dapet 11-12km/l.

Sebenarnya, agya/ayla ini mobilnya ga terlalu enak disetir tapi enak banget dipake buat kehidupan sehari-hari. Kabin luas, bagasi luas, gc tinggi gabakal mentok, bensin irit, & masih bisa dipake naik gunung hehe. Saya beberapa kali ke jalur cangar full-load & mobilnya ga keteteran. Modelnya sebenarnya juga lumayan, masih bisa dimodif cakep tapi kebanyakan yg ngemodif mobil ini ya.. begitulah hehehe..

Untuk posisi nyetirnya emang kaku, tinggi setirnya udah pas menurut selera saya tapi setirnya terlalu jauh dari badan. Joknya juga ga enak, saya 178cm/80kg.

Tapi terlepas dari itu saya merasa beruntung sekali pake mobil ini untuk kuliah & kehidupan sehari2, ga pake ribet kalo mau kemana2
kevienwijaya
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 117
Joined: Thu Sep 13, 2018 4:28
Location: Unkown
Daily Vehicle: Panther pasti bener

Re: Review Toyota Agya 1.0 Trd 2013 a/t

Post by kevienwijaya »

ferdiezzz wrote: Sat Jul 06, 2019 3:10
kevienwijaya wrote:
ferdiezzz wrote: Fri Jul 05, 2019 10:12 akhirnya setelah kebanyakan mikir beli mobil di bawah 100 jt untuk harian[emoji846]

terpilihlah sebuah toyota agya 2013 matic gen 1 type trd, yang belum facelift + improvement ( perbedaan di jok belakang, wiper belakang, isofix)

mobil tersebut
menyingkirkan kadidat lain mitsubishi mirage, nissan march xs 1.5 , camry 2008 xv40( sedikit overbudget), camry xv 30 v6 2004

dan agya 1.2 trd a/t baru (kemahalan harganya bagi orang seperti saya, rencana beli terus facelift ke agya 1.2 )

dengan pertimbangan ibu saya yg termasuk fanatik fans atoyot dan tidak mau beli mobil selain itu [emoji28] daripada ibu saya tdk bisa tidur nyenyak.

sebelumnya saya terbiasa pake mobil tua yg memang kelasnya notabene diatas sebuah lcgc dan sbenerny saya kurang suka sm lcgc [emoji19] karena rata" user lcgc di jalan (ngga semuanya) terkadang suka sembarangan nyetirnya

oke mari kt mulai reviewnya
1.desain
sebenrarnya ngga ada yg salah sih, saya termasuk biasa aja dengan desainnya, sekilas kayak bukan lcgc fiturnya cukup lengkap "bagi orang awam"
ngga ada yg dikurangin, kayak karimun yg ngga ada power windows belakangnya, dan datsun go yg wipernya hanya 1, hehe tanpa perlu dijelaskan master" disini sudah tahu tentunya [emoji28]
dan kalau anda berhenti dipinggir jalan depan mall pasti dipikir grabcar atau gocar[emoji2][emoji2]

2.build quality
yah ngga bs maksa lah ya namanya lcgc build quality seadanya banget, di interior seakan kata murrahan udah nempel banget dengan mobil ini, doortrimnya bahkan suka bergetar ngga jelas kalau suara audio nya agak gede [emoji1][emoji1]. dashboradny loncat" kalau lewat speed bump/ jalanan jelek kecil, bahkan build quality eksterior ny plat bodnya juga begitu kurang solid rasanya, yah fortuner vrz aja bagian pintu tipis banget platnya
masak agya yg murah lcgc mau build quality yg baik hehe.

3. driving impression + handling
sebenernya bagi orang awam, sekali lagi ya ini mobil pada dasarnya ya begitu, tp saat berbelok kerasa banget body roll mobil ini, serumur hidup saya punya motor atau mobil blh pernah ketemu mobil dengan handlingnya separah ini
belok 50kph serasa belok 150 kph wkkwkw sepertinya mobil ini ngga punya stabilizer belakang (cmiiw), dikombinasikan dengan ban eco- eco an ngga ada abs bikin saya cukup takut kl bawa mobil ini di jalan licin dan saat rem mendadak.

4. kenyamanan
untuk kelasnya tentu sebenarny kt ngga bs harap dan ekspetasi yg tinggi, tp lumayan lah,
-peredaman suaranya menyedihkan sekali semua frekuensi bs masuk dengan mudahnya tanpa ada halangan sama sekali [emoji23]
- dikombinasikan dengan build quality interior yg rattle bergetar tentunya menyiksa kuping
- senderan jok belakang flat banget dan terlalu tegak ( untuk yg improvement udah lebih bagus dan ngga rata lg)
- mesinnya bergeter khas 3 silinder apalagi saat macet dan posisi tuas trasmisi di d, tp nissan march, mitsubishi mirage ngga separah ini getarannya
+mobil ini punya kabin yg luas terutama kabin belakang lebih dr 10 jari untuk syaa yg tinggi kurang lebih 165 cm, -
+ac mobil ini dingin untuk ukuran mobil 1000cc bahkan dibandingkan yaris bakpao saya, nissan march, serta ford fiesta

5. Posisi mengemudi
posisi duduk di agya sbnerny agak kaku, untuk ukuran mobil kecil posisi duduknya tinggi (cocok bagi yg baru belajar mobil), untuk ukurran badan saya yg kecil 165cm/55kg jok dan headrest yg fix mobil ini mampu menyangga dengan baik
*masalahnya kalau ukuran badan anda diatas 170cm dijamin kepala anda akan pegal berserta bahu untuk perjalanan jauh
* posisi duduknya parah saat kaki saya pas, kondisi setir terlalu dekat dan sebaliknya kaku banget dan ngga nyaman

6. peforma mesin dan konsumsi bbm
+untuk mesin 1000cc dikombinasikan dengan transmisi matic 4 percepatan tenangany lebih dr cukup untuk dalam kota ngga termasuk pelan untuk kelas 1000cc dengan mesin biasa tanpa turbo. Stop and go dengan mudah dilahap karena torsi besar tp diatas 3000 rpm seakan kehabisan nafas,
+ mungkin banyak yg judge mobil ini 1000cc fwd matic 4 speed jadul bakalan susah nanjak, tp kenyataannya mobil ini termasuk mudah nanjak ditanjakan yg tinggi, bahkan kondisi muatan penuh dan saat berhenti di tanjakan dan tancap gas lagi
- getaran mesin untuk 3 silinder, jika dibandingkan 3 silinder yg non lcgc, dan lcgc lainnya kayak karimun wagon r yg kerasa lebih tidak bergetar
- mesinnya hanya irit saat jalan lenggang saja, dalam kota yang stop and go saya dapar konsumsi bbm 7,3-10,7 km/lt
seringnya dapat diangka 9 km /lt
konsumsi bbmnya 11-12 dengan mesin 1500cc matic, sebaiknya jika incar irit beli saja yg transmisi manual

7. fitur safety
+ untungnya semua varian agya punya 2 buah airbag, kenapa atoyot ngga nambah abs di agya 1.0 bahkan hingga berganti model tahun 2017 sekalipun, hanya type 1.2 trd yg punya abs

kesimpulan dan overall
mobil ini cocok banget untuk first user car, walaupun mobilnya kelihatan ringkih tp bener" durabel dan teruji ngga ada isu dan masalah berat di agya ( hanya isu aki mendidih, isc kotor, dan bushing belakang saat km tinggi)

+ harga second relatif terjangkau 2013 matic trd dibandrol 85-90 jt, tahun nya ngga terlalu tua
+ cocok untuk first car, easy to drive bahkan bagi orang yg baru belajar sekalipun
+ sparepart emg murah, ganti oli hanya 2,7lt
+ pajaknya murah
+ peforma mesin yg baik
+ head unit standard udah ada usb
+ lumayan durable

- kenyamanan, peredaman kabin menyedihkan sekali
- build quality eksterior dan interior
- konsumsi bbm yg matic ngga terlalu irit
- posisi mengemudi yg kurang nyaman
- images mobil murah (grabcar dan gocar)
- handling dan body roll yg mengerikan kalau dibawa ngebutScreenshot_2019-06-24-00-22-45-527_com.miui.gallery.jpegIMG_20190628_115729.jpegIMG_20190628_120046.jpegIMG_20190628_112002.jpegPhotoGrid_1558269019366.jpeg
Kebetulan saya pernah menggunakan agya trd tahun 2014 matic. Kalau BBM sih dalkot tapi bukan di jakarta/bandung,1 liter dapet 15km.. Kalau luar kota dulu pernah dari jateng ke malang dapet 20/liter.
Dari segi kenyamanan ya not bad untuk harga segitu dan tidak capek2 amat.. Menurut saya sih begitu.. Ni mobil dari beli km 3000 sampe sekarang 77 ribu ga pernah ada masalah apapun. kaki2 enggak ada yang aneh2.. Recomend nih mobil.. #bukansalestoyota
kl rute lukot saya jg dapet segituan om
wajarkah konsumsi bbm saya pake pertalite hanya dapet paling bagus 1:10,7 dalkot? bahkan pernah nyentuh 7,4 dan 8,7 km/lt seringnnya average di 9km/ltpadahal sudah eco drivinng, apakah saya test metode fuel to fuel yg kurang akurat mobil baru jalan 25 km lihat spbu kosong iseng isi [emoji28]

mohon tipsnya om agar lebih irit lg
Kebetulan saya ga pernah tuh om dalkot 10,7/liter. apalagi 7,4km/liter. Mungkin ada baiknya di cek aja om ke beres.. kebetulan saya punya agya trd sebelum fl dan ayla tahun 2015 (semuanya matic) konsumsi bbm dalkot hampir sama. Kalau yang pernah saya pakai ke luar kota agya om. Untuk BBM sendiri saya menggunakan pertamax. Coba diganti ke pertamax om,dan kalau di dalkot kakinya jangan gatel. hahaha
Wistuwis
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 340
Joined: Mon Mar 06, 2017 10:39
Daily Vehicle: terios

Re: Review Toyota Agya 1.0 Trd 2013 a/t

Post by Wistuwis »

Kalau aki cepat soak itu beneran kah om?
Soalnya tetangga saya sudah tidak mau bawa agya 1.0nya ke luar kota kalau tidak kepepet banget (seminggu sekali rutin pulkam dia).
Katanya akinya pasti tekor dan cepet soak. Dan berpotensi tdk mau starter kalau habis rehat di perjalanan lukot.
Setahun terakhir katanya sdh 2x ganti aki.