Nyobain Road Trip Pake Xpander

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
GasGus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 127
Joined: 18 Jan 2018, 07:12
Location: Bintaro
Contact:

Nyobain Road Trip Pake Xpander

Post by GasGus »

Happy Weekend SMers..

Kali ini saya akan review pengganti mobil yang telah saya review pada link dibawah ini..

viewtopic.php?f=19&t=28485

PRAKATA

Tidak ada kriteria khusus yang ditentukan ketika mencari pengganti sebelumnya, yang penting nyaman dipakai harian, mau bensin atau solar tidak masalah.. Saat ini saya pengguna kendaraan diesel common rail, saya sudah merasakan nikmatnya mengendarai kendaraan diesel jaman now.. Sehingga wajar ketika mengusulkan opsi, pasti diesel commonrail lah yang pertama disebut..

GNKI diesel jadi opsi utama, diikuti ertiga diesel dan xpander.. Seluruhnya dalam kondisi bekas..
  • Pada saat hunting, ternyata ga banyak GNKI diesel yang kondisinya sesuai dengan ekspektasi kami, dan kebanyakan versi manual yang tersedia di pasaran, jikapun ada kami rasa harganya agak over prize, akhirnya kami pun ga “ngoyo” nyari mobil ini.. Ga perlu terst drive untuk mobil ini karena saya sebelumnya sudah cukup lama pakai dan sedikit banyak tau karakternya..
  • Opsi kedua adalah ertiga diesel, mobil ini ada yang terpantau kondisi cukup baik tapi posisi di surabaya, dan hanya ada versi manual saja.. Saya pernah test drive mobil ini, kopling cukup enteng, menurut saya ga masalah untuk kota-kota, cuma memang agak boyo, tapi sekitar 2000an RPM tenaganya lumayan, dan sepertinya saat ini bisa solved dengan remap.. Dan konon katanya untuk BBM direkomendasikan untuk mengkonsumsi minimal dexlite..
  • Opsi ketiga adalah xpander.. Menurut beberapa review, mobil ini punya kenyamanan paling baik diantara MPV lain, meskipun baru meluncur tahun 2017, mobil mendapat animo yang cukup baik di masyarakat, terbukti dari beberapa kali mobil ini mencatatkan penjualan terbanyak dalam beberapa bulan..
Sambil hunting di OLX dan beberapa media online lain, saya sempatkan lihat beberapa review beberapa mobil di youtube, ada 2 review yang menyita perhatian saya, yaitu mengenai review ertiga diesel dan expander oleh salah satu pembalap nasional.. Sedikit banyak review tersebut mempengaruhi opsi kendaraan..

Top of mind saya sebelumnya untuk MPV itu ya avanza dan innova, sempat terbersit ertiga juga karena versi diesel dan ternyata kedap banget itu mobil, suspensi juga nyaman.. Dan akhirnya cari tau tentang xpander, buanyak banget reviewnya, baik artikel maupun video di youtube..

Singkat kata, xpander kami pilih sebagai pengganti mobil sebelumnya, karena sudah mepet lebaran dan tidak mungkin dikirim sebelum lebaran jika pembelian unit baru, maka tetap nyari unit bekas.. Sebenarnya lebih tertarik tipe sport karena interior warna hitam, namun ga banyak opsi untuk unit bekasnya, sehingga didapatlah unit tipe ultimate dengan kondisi hampir 1 tahun pemakaian dengan harga lebih murah hampir 15% dari harga dealer.. Tidak cukup waktu untuk test drive, maka akan langsung dicoba mudik ke jember yang berjarak lebih dari 1000 km dari jakarta.. Semoga sesuai ekspektasi dan sesuai dengan review-review yang ada..


Image


Image


FIRST THING TO DO
Nothing.. Hahaha... Lha wong usia mobil baru 1 tahun pada agustus nanti (KTP boleh pinjam pula untuk perpanjang pajak, lumayan irit biaya BN), KM baru 5000 lebih dikit, awal mei sudah servis ganti oli dan perawatan sesuai buku servis, ban pastinya masih gondrong, ada asuransi meski tersisa 3 bulan.. Tapi yang namanya mobil bekas pasti ada aja PR nya, mulai dari ada sedikit cat terkelupas di pintu penumpang bagian kiri, kaca film yang di dobel pemasangannya (gelap abis), kaca film bagian supir yang digrafir logo mitsubishi, dan talang air.. Sorry jika sebuah aksesories saya masukkan sebagai salah satu PR dari mobil ini, karena entah kenapa agak gimana gitu dengan aksesories yang satu itu, sedikit mengganggu pemandangan di mata.. IMHO.. Ya sudahlah nanti abis mudik dicopot semua talang airnya..


Image


DRIVING EXPERIENCE
Berhubung sudah sangat banyak review mengenai mesin, eksterior dan interior mobil ini, berikut dengan segudang aksesories yang perlu dan tidak perlu dipasang, saya ga akan terlalau bahas detail untuk bagian tersebut.. Saya akan bahas apa yang menjadi concern saya selama mengemudikan mobil ini dan akan lebih banyak membandingkan dengan avanza tahun 2012 yang saya pakai lebih dari 5 tahun..

Untuk dipakai dalam kota, tenaga mobil ini sebenarnya lebih dari cukup, namun terasa agak lemot diputaran bawah, seperti ada delay.. Ketika berada di jalan arteri luar kota dan harus berakselerasi, agak ngos-ngosan, terutama ketika harus mendahului rangkaian kendaraan yang ada di depan, meskipun sudah di gear 2, mungkin saya belum terbiasa dengan karakter mobil ini karena biasa pakai diesel common rail..

Mungkin ada rekan-rekan yang pernah membandingkan dengan versi manualnya, apakah lebih instan responnya? Karena klo avanza, yang manual dengan matic jauh banget responnya, jauh lebih galak dan instan yang versi manual.. IMHO

Tapi ketika di tol dan mulai berkendara sekitar 80 kpj, untuk naik ke 140 kpj cukup cepat, fitur over drive nya menyenangkan, sudah lama saya ga dengar mesin bensin digeber hingga RPM tinggi.. Cukup dapat beriringan dengan anggota keluarga yang menggunakan kendaraan diesel common rail.. Ntah juga ya, mungkin gas nya agak ditahan sedikit sehingga xpander bisa iring-iringan.. hehehe..

Ada 1 dokumentasi dimana MID menunjukkan 15,6 KM/liter sementara full to full 13,5 KM/liter, BBM full menggunakan pertalite, rute yang ditempuh adalah jakarta-semarang full tol kemudian lanjut ke arah jepara.. Dengan cara mengemudi yang berupaya untuk iring-iringan dengan gajah diesel, cukup surprise ketika mendapati FC xpander bisa sampe angka tersebut, saya jadi penasaran untuk melakukan komparasi penggunaan bio solar di gajah diesel dengan pertalite di xpander.. Nanti saya buat topiknya jika sempat..


Image


Image


Ada momen dimana ketika nyobain pakai pertamax dengan harapan performa lebih baik, namun ternyata mobil jadi berasa lebih lemot dibandingkan ketika isi pertalite.. Ntah karena dapat SPBU yang kualitas BBM nya kurang baik atau ECU nya lagi learning karena perbedaan RON.. Sehingga hingga saat ini diputuskan cukup pakai pertalite..

Selanjutnya adalah kenyamanan, dengan mayoritas jalur yang dilalui adalah tol, kekedapan kabin cukup baik, mirip-mirip ertiga dan lebih baik dari avanza, untuk suspensi juga lebih empuk dibanding avanza, terutama ketika melewati jembatan di tol dengan kecepatan, terasa banget lebih empuk dari avanza, namun efeknya menjadi sedikit limbung.. Sedikit saja, ga terlalu terasa.. Tentunya akan lebih nyaman jika digunakan di perkotaan.. Oiya, pada saat di test mobil membawa 2 dewasa 2 anak dan koper pakaian untuk 7 hari perjalanan..

Joknya cukup empuk, terasa terlalu empuk buat saya, material jok yang berwarna krem agak mudah kotor, bisa sih dipakein sarung jok atau diganti lapis permanen, cuma saya ga begitu suka, ya akhirnya pilihan, bertahan ga pakai sarung jok dengan resiko mudah kotor atau pakai sarung jok namun ga begitu nyaman.. Ada 1 opsi lagi sebenarnya, ganti bahan kain yang tipe sport.. Boleh japri saya klo ada yang punya infonya..


Image


Image


COMMON ISSUE
Jika kita baca forum atau lihat review pemakaian mobil ini di youtube, ada beberapa isu yang mengemuka pada batch awal mobil ini, seperti idle up yang naik turun tidak normal, AC bau terutama dari double blower, shock belakang bocor, warna bemper yang terlihat sedikit berbeda dengan di bagian fender.. Dari yang disebutkan diatas, pada unit yang dimiliki mengalami hal yang pertama disebut, yaitu mengenai idle up..

Pada posisi idle, RPM naik turun dengan loncatan yang lebih tinggi dari mobil pada umumnya, tp menurut saya itu ga terlalu mengganggu seperti yang dikeluhkan banyak orang.. IMHO.. Klo tidak karena banyak diperbincangkan orang, mungkin saya ga terlalu memperhatikan hal ini dan mengabaikan hal tsb, karena memang ga terlalu terasa mengganggu.. Masalah ini umumnya selesai dengan update software yang telah disediakan oleh pabrikan, saya dan pemilik sebelumnya juga belum melakukan update software tersebut..

IMPROVEMENT
Ada beberapa fitur yang dapat meningkatkan kenyamanan mobil ini, dan hal tersebut hanya perlu diaktivasi saja, seperti cruise control, autolock by speed dll.. Untuk cruise control perlu penambahan switch di bagian setir, sementara fitur lainnya tidak diperlukan penambahan alat apapun, kenapa ga diaktivasi langsung sejak serah terima ya? Padahal beberapa fiturnya bisa menambah safety bagi pengguna mobil ini.. Oleh pemilik sebelumnya, beberapa fitur telah diaktivasi seperti autolock by speed, auto unlock ketika engine off atau gear di P, setting autofold mirror, dan welcoming home light..

OVERALL
Setelah menempuh perjalanan jakarta-jember PP, melalui lebih dari 2000 KM dengan mayoritas menggunakan tol, mobil ini cukup nyaman untuk digunakan untuk menjelajah pulau jawa yang mayoritas sudah terhubung tol, untuk menjelajah jalur non tol pun cukup mumpuni, tenaga cukup, suspensi dan kekedapan kabin sangat baik.. Bagi rekan-rekan SM yang berencana untuk mencari LMPV yang mungkin agak berbeda dengan LMPV yang lebih dahulu beredar, xpander sangat layak untuk dipertimbangkan..

Sedikit kondisi terkini, sudah dicopot talang airnya... :emo-big_love:

Image

Demikian test drive terhadap mobil ini, terima kasih sudah menyimak review singkat dari newbie..
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: Nyobain Road Trip Pake Xpander

Post by pengendiesel »

Lebih enak mana om roadtrip pake pajero ato xpander?

Emang diesel sama bensin ada enaknya sendiri2. Lama pake diesel, kena raungan mesin bensin rasanya sesuatu banget hehehe

Btw, asli jember om?
User avatar
lonely1999
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 260
Joined: 18 Jun 2014, 10:07
Location: kolong langit
Daily Vehicle: supra fit

Re: Nyobain Road Trip Pake Xpander

Post by lonely1999 »

Nice. review om.

Kok talang air dibuka? [emoji16]
Kalo bagi saya itu fungsi pada saat parkir di siang hari yg panas.
Sy buka sedikit kaca jendela
Krn ada talang air jd kaga keliatan kaca terbuka.
Maksud kaca buka dikit supaya kabin tdk panas.

Tapi mobil sy sekarang blm ada talang airnya. Udah nyari blm ketemu [emoji22]
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: Nyobain Road Trip Pake Xpander

Post by ginting »

GasGus wrote:Happy Weekend SMers..

Kali ini saya akan review pengganti mobil yang telah saya review pada link dibawah ini..

viewtopic.php?f=19&t=28485

PRAKATA

Tidak ada kriteria khusus yang ditentukan ketika mencari pengganti sebelumnya, yang penting nyaman dipakai harian, mau bensin atau solar tidak masalah.. Saat ini saya pengguna kendaraan diesel common rail, saya sudah merasakan nikmatnya mengendarai kendaraan diesel jaman now.. Sehingga wajar ketika mengusulkan opsi, pasti diesel commonrail lah yang pertama disebut..

GNKI diesel jadi opsi utama, diikuti ertiga diesel dan xpander.. Seluruhnya dalam kondisi bekas..
  • Pada saat hunting, ternyata ga banyak GNKI diesel yang kondisinya sesuai dengan ekspektasi kami, dan kebanyakan versi manual yang tersedia di pasaran, jikapun ada kami rasa harganya agak over prize, akhirnya kami pun ga “ngoyo” nyari mobil ini.. Ga perlu terst drive untuk mobil ini karena saya sebelumnya sudah cukup lama pakai dan sedikit banyak tau karakternya..
  • Opsi kedua adalah ertiga diesel, mobil ini ada yang terpantau kondisi cukup baik tapi posisi di surabaya, dan hanya ada versi manual saja.. Saya pernah test drive mobil ini, kopling cukup enteng, menurut saya ga masalah untuk kota-kota, cuma memang agak boyo, tapi sekitar 2000an RPM tenaganya lumayan, dan sepertinya saat ini bisa solved dengan remap.. Dan konon katanya untuk BBM direkomendasikan untuk mengkonsumsi minimal dexlite..
  • Opsi ketiga adalah xpander.. Menurut beberapa review, mobil ini punya kenyamanan paling baik diantara MPV lain, meskipun baru meluncur tahun 2017, mobil mendapat animo yang cukup baik di masyarakat, terbukti dari beberapa kali mobil ini mencatatkan penjualan terbanyak dalam beberapa bulan..
Sambil hunting di OLX dan beberapa media online lain, saya sempatkan lihat beberapa review beberapa mobil di youtube, ada 2 review yang menyita perhatian saya, yaitu mengenai review ertiga diesel dan expander oleh salah satu pembalap nasional.. Sedikit banyak review tersebut mempengaruhi opsi kendaraan..

Top of mind saya sebelumnya untuk MPV itu ya avanza dan innova, sempat terbersit ertiga juga karena versi diesel dan ternyata kedap banget itu mobil, suspensi juga nyaman.. Dan akhirnya cari tau tentang xpander, buanyak banget reviewnya, baik artikel maupun video di youtube..

Singkat kata, xpander kami pilih sebagai pengganti mobil sebelumnya, karena sudah mepet lebaran dan tidak mungkin dikirim sebelum lebaran jika pembelian unit baru, maka tetap nyari unit bekas.. Sebenarnya lebih tertarik tipe sport karena interior warna hitam, namun ga banyak opsi untuk unit bekasnya, sehingga didapatlah unit tipe ultimate dengan kondisi hampir 1 tahun pemakaian dengan harga lebih murah hampir 15% dari harga dealer.. Tidak cukup waktu untuk test drive, maka akan langsung dicoba mudik ke jember yang berjarak lebih dari 1000 km dari jakarta.. Semoga sesuai ekspektasi dan sesuai dengan review-review yang ada..


Image


Image


FIRST THING TO DO
Nothing.. Hahaha... Lha wong usia mobil baru 1 tahun pada agustus nanti (KTP boleh pinjam pula untuk perpanjang pajak, lumayan irit biaya BN), KM baru 5000 lebih dikit, awal mei sudah servis ganti oli dan perawatan sesuai buku servis, ban pastinya masih gondrong, ada asuransi meski tersisa 3 bulan.. Tapi yang namanya mobil bekas pasti ada aja PR nya, mulai dari ada sedikit cat terkelupas di pintu penumpang bagian kiri, kaca film yang di dobel pemasangannya (gelap abis), kaca film bagian supir yang digrafir logo mitsubishi, dan talang air.. Sorry jika sebuah aksesories saya masukkan sebagai salah satu PR dari mobil ini, karena entah kenapa agak gimana gitu dengan aksesories yang satu itu, sedikit mengganggu pemandangan di mata.. IMHO.. Ya sudahlah nanti abis mudik dicopot semua talang airnya..


Image


DRIVING EXPERIENCE
Berhubung sudah sangat banyak review mengenai mesin, eksterior dan interior mobil ini, berikut dengan segudang aksesories yang perlu dan tidak perlu dipasang, saya ga akan terlalau bahas detail untuk bagian tersebut.. Saya akan bahas apa yang menjadi concern saya selama mengemudikan mobil ini dan akan lebih banyak membandingkan dengan avanza tahun 2012 yang saya pakai lebih dari 5 tahun..

Untuk dipakai dalam kota, tenaga mobil ini sebenarnya lebih dari cukup, namun terasa agak lemot diputaran bawah, seperti ada delay.. Ketika berada di jalan arteri luar kota dan harus berakselerasi, agak ngos-ngosan, terutama ketika harus mendahului rangkaian kendaraan yang ada di depan, meskipun sudah di gear 2, mungkin saya belum terbiasa dengan karakter mobil ini karena biasa pakai diesel common rail..

Mungkin ada rekan-rekan yang pernah membandingkan dengan versi manualnya, apakah lebih instan responnya? Karena klo avanza, yang manual dengan matic jauh banget responnya, jauh lebih galak dan instan yang versi manual.. IMHO

Tapi ketika di tol dan mulai berkendara sekitar 80 kpj, untuk naik ke 140 kpj cukup cepat, fitur over drive nya menyenangkan, sudah lama saya ga dengar mesin bensin digeber hingga RPM tinggi.. Cukup dapat beriringan dengan anggota keluarga yang menggunakan kendaraan diesel common rail.. Ntah juga ya, mungkin gas nya agak ditahan sedikit sehingga xpander bisa iring-iringan.. hehehe..

Ada 1 dokumentasi dimana MID menunjukkan 15,6 KM/liter sementara full to full 13,5 KM/liter, BBM full menggunakan pertalite, rute yang ditempuh adalah jakarta-semarang full tol kemudian lanjut ke arah jepara.. Dengan cara mengemudi yang berupaya untuk iring-iringan dengan gajah diesel, cukup surprise ketika mendapati FC xpander bisa sampe angka tersebut, saya jadi penasaran untuk melakukan komparasi penggunaan bio solar di gajah diesel dengan pertalite di xpander.. Nanti saya buat topiknya jika sempat..


Image


Image


Ada momen dimana ketika nyobain pakai pertamax dengan harapan performa lebih baik, namun ternyata mobil jadi berasa lebih lemot dibandingkan ketika isi pertalite.. Ntah karena dapat SPBU yang kualitas BBM nya kurang baik atau ECU nya lagi learning karena perbedaan RON.. Sehingga hingga saat ini diputuskan cukup pakai pertalite..

Selanjutnya adalah kenyamanan, dengan mayoritas jalur yang dilalui adalah tol, kekedapan kabin cukup baik, mirip-mirip ertiga dan lebih baik dari avanza, untuk suspensi juga lebih empuk dibanding avanza, terutama ketika melewati jembatan di tol dengan kecepatan, terasa banget lebih empuk dari avanza, namun efeknya menjadi sedikit limbung.. Sedikit saja, ga terlalu terasa.. Tentunya akan lebih nyaman jika digunakan di perkotaan.. Oiya, pada saat di test mobil membawa 2 dewasa 2 anak dan koper pakaian untuk 7 hari perjalanan..

Joknya cukup empuk, terasa terlalu empuk buat saya, material jok yang berwarna krem agak mudah kotor, bisa sih dipakein sarung jok atau diganti lapis permanen, cuma saya ga begitu suka, ya akhirnya pilihan, bertahan ga pakai sarung jok dengan resiko mudah kotor atau pakai sarung jok namun ga begitu nyaman.. Ada 1 opsi lagi sebenarnya, ganti bahan kain yang tipe sport.. Boleh japri saya klo ada yang punya infonya..


Image


Image


COMMON ISSUE
Jika kita baca forum atau lihat review pemakaian mobil ini di youtube, ada beberapa isu yang mengemuka pada batch awal mobil ini, seperti idle up yang naik turun tidak normal, AC bau terutama dari double blower, shock belakang bocor, warna bemper yang terlihat sedikit berbeda dengan di bagian fender.. Dari yang disebutkan diatas, pada unit yang dimiliki mengalami hal yang pertama disebut, yaitu mengenai idle up..

Pada posisi idle, RPM naik turun dengan loncatan yang lebih tinggi dari mobil pada umumnya, tp menurut saya itu ga terlalu mengganggu seperti yang dikeluhkan banyak orang.. IMHO.. Klo tidak karena banyak diperbincangkan orang, mungkin saya ga terlalu memperhatikan hal ini dan mengabaikan hal tsb, karena memang ga terlalu terasa mengganggu.. Masalah ini umumnya selesai dengan update software yang telah disediakan oleh pabrikan, saya dan pemilik sebelumnya juga belum melakukan update software tersebut..

IMPROVEMENT
Ada beberapa fitur yang dapat meningkatkan kenyamanan mobil ini, dan hal tersebut hanya perlu diaktivasi saja, seperti cruise control, autolock by speed dll.. Untuk cruise control perlu penambahan switch di bagian setir, sementara fitur lainnya tidak diperlukan penambahan alat apapun, kenapa ga diaktivasi langsung sejak serah terima ya? Padahal beberapa fiturnya bisa menambah safety bagi pengguna mobil ini.. Oleh pemilik sebelumnya, beberapa fitur telah diaktivasi seperti autolock by speed, auto unlock ketika engine off atau gear di P, setting autofold mirror, dan welcoming home light..

OVERALL
Setelah menempuh perjalanan jakarta-jember PP, melalui lebih dari 2000 KM dengan mayoritas menggunakan tol, mobil ini cukup nyaman untuk digunakan untuk menjelajah pulau jawa yang mayoritas sudah terhubung tol, untuk menjelajah jalur non tol pun cukup mumpuni, tenaga cukup, suspensi dan kekedapan kabin sangat baik.. Bagi rekan-rekan SM yang berencana untuk mencari LMPV yang mungkin agak berbeda dengan LMPV yang lebih dahulu beredar, xpander sangat layak untuk dipertimbangkan..

Sedikit kondisi terkini, sudah dicopot talang airnya... :emo-big_love:

Image

Demikian test drive terhadap mobil ini, terima kasih sudah menyimak review singkat dari newbie..
mantap oom..
pasti kalau sdh rasakan gajah diesel maka pas tanjakan toll semarang arah ke Salatiga berasa banget torsi kendaraan kecil gini gak akan biaa ngejar OPJS wkwkw
User avatar
GasGus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 127
Joined: 18 Jan 2018, 07:12
Location: Bintaro
Contact:

Re: Nyobain Road Trip Pake Xpander

Post by GasGus »

pengendiesel wrote: 14 Jul 2019, 10:40 Lebih enak mana om roadtrip pake pajero ato xpander?

Emang diesel sama bensin ada enaknya sendiri2. Lama pake diesel, kena raungan mesin bensin rasanya sesuatu banget hehehe

Btw, asli jember om?
Enak pajero om, pandangan dari kabin lebih jelas, posisi duduk juga lebih pas buat postur badan saya, dan torsi yang melimpah pastinya..

Eyang saya dulu tinggal di jember om, dan saat ini masih ada saudara di sana.. Jadi klo mudik, salah satu tujuannya ya ke jember..
lonely1999 wrote: 14 Jul 2019, 10:41 Nice. review om.

Kok talang air dibuka? [emoji16]
Kalo bagi saya itu fungsi pada saat parkir di siang hari yg panas.
Sy buka sedikit kaca jendela
Krn ada talang air jd kaga keliatan kaca terbuka.
Maksud kaca buka dikit supaya kabin tdk panas.

Tapi mobil sy sekarang blm ada talang airnya. Udah nyari blm ketemu [emoji22]
Klo talang air sih soal selera aja om hehehe..

Dulu waktu masih tinggal di sumatera, saya sering tuh buka kaca dikit supaya kabin ga panas, awal-awal pindah ke jakarta masih kebawa kebiasaan, terus dikasih tau saudara klo sebenarnya agak rawan secara keamanan.. IMHO
ginting wrote: 14 Jul 2019, 10:44 pasti kalau sdh rasakan gajah diesel maka pas tanjakan toll semarang arah ke Salatiga berasa banget torsi kendaraan kecil gini gak akan biaa ngejar OPJS wkwkw
Yes betul sekali om ginting, lebih menyenangkan pakai gajah diesel..
aladin999
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 82
Joined: 31 Jul 2008, 14:06

Re: Nyobain Road Trip Pake Xpander

Post by aladin999 »

GasGus wrote:Happy Weekend SMers..

Kali ini saya akan review pengganti mobil yang telah saya review pada link dibawah ini..

viewtopic.php?f=19&t=28485

PRAKATA

Tidak ada kriteria khusus yang ditentukan ketika mencari pengganti sebelumnya, yang penting nyaman dipakai harian, mau bensin atau solar tidak masalah.. Saat ini saya pengguna kendaraan diesel common rail, saya sudah merasakan nikmatnya mengendarai kendaraan diesel jaman now.. Sehingga wajar ketika mengusulkan opsi, pasti diesel commonrail lah yang pertama disebut..

GNKI diesel jadi opsi utama, diikuti ertiga diesel dan xpander.. Seluruhnya dalam kondisi bekas..
  • Pada saat hunting, ternyata ga banyak GNKI diesel yang kondisinya sesuai dengan ekspektasi kami, dan kebanyakan versi manual yang tersedia di pasaran, jikapun ada kami rasa harganya agak over prize, akhirnya kami pun ga “ngoyo” nyari mobil ini.. Ga perlu terst drive untuk mobil ini karena saya sebelumnya sudah cukup lama pakai dan sedikit banyak tau karakternya..
  • Opsi kedua adalah ertiga diesel, mobil ini ada yang terpantau kondisi cukup baik tapi posisi di surabaya, dan hanya ada versi manual saja.. Saya pernah test drive mobil ini, kopling cukup enteng, menurut saya ga masalah untuk kota-kota, cuma memang agak boyo, tapi sekitar 2000an RPM tenaganya lumayan, dan sepertinya saat ini bisa solved dengan remap.. Dan konon katanya untuk BBM direkomendasikan untuk mengkonsumsi minimal dexlite..
  • Opsi ketiga adalah xpander.. Menurut beberapa review, mobil ini punya kenyamanan paling baik diantara MPV lain, meskipun baru meluncur tahun 2017, mobil mendapat animo yang cukup baik di masyarakat, terbukti dari beberapa kali mobil ini mencatatkan penjualan terbanyak dalam beberapa bulan..
Sambil hunting di OLX dan beberapa media online lain, saya sempatkan lihat beberapa review beberapa mobil di youtube, ada 2 review yang menyita perhatian saya, yaitu mengenai review ertiga diesel dan expander oleh salah satu pembalap nasional.. Sedikit banyak review tersebut mempengaruhi opsi kendaraan..

Top of mind saya sebelumnya untuk MPV itu ya avanza dan innova, sempat terbersit ertiga juga karena versi diesel dan ternyata kedap banget itu mobil, suspensi juga nyaman.. Dan akhirnya cari tau tentang xpander, buanyak banget reviewnya, baik artikel maupun video di youtube..

Singkat kata, xpander kami pilih sebagai pengganti mobil sebelumnya, karena sudah mepet lebaran dan tidak mungkin dikirim sebelum lebaran jika pembelian unit baru, maka tetap nyari unit bekas.. Sebenarnya lebih tertarik tipe sport karena interior warna hitam, namun ga banyak opsi untuk unit bekasnya, sehingga didapatlah unit tipe ultimate dengan kondisi hampir 1 tahun pemakaian dengan harga lebih murah hampir 15% dari harga dealer.. Tidak cukup waktu untuk test drive, maka akan langsung dicoba mudik ke jember yang berjarak lebih dari 1000 km dari jakarta.. Semoga sesuai ekspektasi dan sesuai dengan review-review yang ada..


Image


Image


FIRST THING TO DO
Nothing.. Hahaha... Lha wong usia mobil baru 1 tahun pada agustus nanti (KTP boleh pinjam pula untuk perpanjang pajak, lumayan irit biaya BN), KM baru 5000 lebih dikit, awal mei sudah servis ganti oli dan perawatan sesuai buku servis, ban pastinya masih gondrong, ada asuransi meski tersisa 3 bulan.. Tapi yang namanya mobil bekas pasti ada aja PR nya, mulai dari ada sedikit cat terkelupas di pintu penumpang bagian kiri, kaca film yang di dobel pemasangannya (gelap abis), kaca film bagian supir yang digrafir logo mitsubishi, dan talang air.. Sorry jika sebuah aksesories saya masukkan sebagai salah satu PR dari mobil ini, karena entah kenapa agak gimana gitu dengan aksesories yang satu itu, sedikit mengganggu pemandangan di mata.. IMHO.. Ya sudahlah nanti abis mudik dicopot semua talang airnya..


Image


DRIVING EXPERIENCE
Berhubung sudah sangat banyak review mengenai mesin, eksterior dan interior mobil ini, berikut dengan segudang aksesories yang perlu dan tidak perlu dipasang, saya ga akan terlalau bahas detail untuk bagian tersebut.. Saya akan bahas apa yang menjadi concern saya selama mengemudikan mobil ini dan akan lebih banyak membandingkan dengan avanza tahun 2012 yang saya pakai lebih dari 5 tahun..

Untuk dipakai dalam kota, tenaga mobil ini sebenarnya lebih dari cukup, namun terasa agak lemot diputaran bawah, seperti ada delay.. Ketika berada di jalan arteri luar kota dan harus berakselerasi, agak ngos-ngosan, terutama ketika harus mendahului rangkaian kendaraan yang ada di depan, meskipun sudah di gear 2, mungkin saya belum terbiasa dengan karakter mobil ini karena biasa pakai diesel common rail..

Mungkin ada rekan-rekan yang pernah membandingkan dengan versi manualnya, apakah lebih instan responnya? Karena klo avanza, yang manual dengan matic jauh banget responnya, jauh lebih galak dan instan yang versi manual.. IMHO

Tapi ketika di tol dan mulai berkendara sekitar 80 kpj, untuk naik ke 140 kpj cukup cepat, fitur over drive nya menyenangkan, sudah lama saya ga dengar mesin bensin digeber hingga RPM tinggi.. Cukup dapat beriringan dengan anggota keluarga yang menggunakan kendaraan diesel common rail.. Ntah juga ya, mungkin gas nya agak ditahan sedikit sehingga xpander bisa iring-iringan.. hehehe..

Ada 1 dokumentasi dimana MID menunjukkan 15,6 KM/liter sementara full to full 13,5 KM/liter, BBM full menggunakan pertalite, rute yang ditempuh adalah jakarta-semarang full tol kemudian lanjut ke arah jepara.. Dengan cara mengemudi yang berupaya untuk iring-iringan dengan gajah diesel, cukup surprise ketika mendapati FC xpander bisa sampe angka tersebut, saya jadi penasaran untuk melakukan komparasi penggunaan bio solar di gajah diesel dengan pertalite di xpander.. Nanti saya buat topiknya jika sempat..


Image


Image


Ada momen dimana ketika nyobain pakai pertamax dengan harapan performa lebih baik, namun ternyata mobil jadi berasa lebih lemot dibandingkan ketika isi pertalite.. Ntah karena dapat SPBU yang kualitas BBM nya kurang baik atau ECU nya lagi learning karena perbedaan RON.. Sehingga hingga saat ini diputuskan cukup pakai pertalite..

Selanjutnya adalah kenyamanan, dengan mayoritas jalur yang dilalui adalah tol, kekedapan kabin cukup baik, mirip-mirip ertiga dan lebih baik dari avanza, untuk suspensi juga lebih empuk dibanding avanza, terutama ketika melewati jembatan di tol dengan kecepatan, terasa banget lebih empuk dari avanza, namun efeknya menjadi sedikit limbung.. Sedikit saja, ga terlalu terasa.. Tentunya akan lebih nyaman jika digunakan di perkotaan.. Oiya, pada saat di test mobil membawa 2 dewasa 2 anak dan koper pakaian untuk 7 hari perjalanan..

Joknya cukup empuk, terasa terlalu empuk buat saya, material jok yang berwarna krem agak mudah kotor, bisa sih dipakein sarung jok atau diganti lapis permanen, cuma saya ga begitu suka, ya akhirnya pilihan, bertahan ga pakai sarung jok dengan resiko mudah kotor atau pakai sarung jok namun ga begitu nyaman.. Ada 1 opsi lagi sebenarnya, ganti bahan kain yang tipe sport.. Boleh japri saya klo ada yang punya infonya..


Image


Image


COMMON ISSUE
Jika kita baca forum atau lihat review pemakaian mobil ini di youtube, ada beberapa isu yang mengemuka pada batch awal mobil ini, seperti idle up yang naik turun tidak normal, AC bau terutama dari double blower, shock belakang bocor, warna bemper yang terlihat sedikit berbeda dengan di bagian fender.. Dari yang disebutkan diatas, pada unit yang dimiliki mengalami hal yang pertama disebut, yaitu mengenai idle up..

Pada posisi idle, RPM naik turun dengan loncatan yang lebih tinggi dari mobil pada umumnya, tp menurut saya itu ga terlalu mengganggu seperti yang dikeluhkan banyak orang.. IMHO.. Klo tidak karena banyak diperbincangkan orang, mungkin saya ga terlalu memperhatikan hal ini dan mengabaikan hal tsb, karena memang ga terlalu terasa mengganggu.. Masalah ini umumnya selesai dengan update software yang telah disediakan oleh pabrikan, saya dan pemilik sebelumnya juga belum melakukan update software tersebut..

IMPROVEMENT
Ada beberapa fitur yang dapat meningkatkan kenyamanan mobil ini, dan hal tersebut hanya perlu diaktivasi saja, seperti cruise control, autolock by speed dll.. Untuk cruise control perlu penambahan switch di bagian setir, sementara fitur lainnya tidak diperlukan penambahan alat apapun, kenapa ga diaktivasi langsung sejak serah terima ya? Padahal beberapa fiturnya bisa menambah safety bagi pengguna mobil ini.. Oleh pemilik sebelumnya, beberapa fitur telah diaktivasi seperti autolock by speed, auto unlock ketika engine off atau gear di P, setting autofold mirror, dan welcoming home light..

OVERALL
Setelah menempuh perjalanan jakarta-jember PP, melalui lebih dari 2000 KM dengan mayoritas menggunakan tol, mobil ini cukup nyaman untuk digunakan untuk menjelajah pulau jawa yang mayoritas sudah terhubung tol, untuk menjelajah jalur non tol pun cukup mumpuni, tenaga cukup, suspensi dan kekedapan kabin sangat baik.. Bagi rekan-rekan SM yang berencana untuk mencari LMPV yang mungkin agak berbeda dengan LMPV yang lebih dahulu beredar, xpander sangat layak untuk dipertimbangkan..

Sedikit kondisi terkini, sudah dicopot talang airnya... :emo-big_love:

Image

Demikian test drive terhadap mobil ini, terima kasih sudah menyimak review singkat dari newbie..
Nice review om!

Ane juga pake mobil sewaan punya temen xpander Exceed ke Bondowoso Jawa Timur (30 menit dr jember) dengan total jarak tempuh 2500KM 15 hari krn mampir Malang habis lebaran kemarin. Emang mobil ini enak banget suspensinya, tenaganya juga merata dan yg plg ane seneng storage nya gede, banyak dan bisa dimana aja taro barang, the best lah!

Kekurangannya menurut ane ada di limbung nya yang cukup berasa di high speed. Ane compare dgn mobil ane yg dulu honda BR-V yg pernah ane bawa ke Bondowoso juga dgn jumlah org yg sama, 2 dewasa dan 3 anak2 full loaded barang.

Lagi penasaran pengen tau rasanya naik R3 rute jauh seperti ini secara diskonnya menggiurkan... Hehe

Mudah2an ada rezeki buat beli xpander sport soon.
elraedrew
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 365
Joined: 21 Mar 2014, 09:13

Re: Nyobain Road Trip Pake Xpander

Post by elraedrew »

mantap reviewnya om gasgus. terima kasih juga sudah menyempatkan utk mereview disini
dwigkf25
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: 27 Oct 2007, 08:37

Re: Nyobain Road Trip Pake Xpander

Post by dwigkf25 »

Ke wisata jg gak om? Daerah2 jatim? Pengen jg RT ke sana. Mau test esblander sy yg msh 200km neh.
User avatar
GasGus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 127
Joined: 18 Jan 2018, 07:12
Location: Bintaro
Contact:

Re: Nyobain Road Trip Pake Xpander

Post by GasGus »

aladin999 wrote: 14 Jul 2019, 11:50 Ane juga pake mobil sewaan punya temen xpander Exceed ke Bondowoso Jawa Timur (30 menit dr jember) dengan total jarak tempuh 2500KM 15 hari krn mampir Malang habis lebaran kemarin. Emang mobil ini enak banget suspensinya, tenaganya juga merata dan yg plg ane seneng storage nya gede, banyak dan bisa dimana aja taro barang, the best lah!

Kekurangannya menurut ane ada di limbung nya yang cukup berasa di high speed. Ane compare dgn mobil ane yg dulu honda BR-V yg pernah ane bawa ke Bondowoso juga dgn jumlah org yg sama, 2 dewasa dan 3 anak2 full loaded barang.

Lagi penasaran pengen tau rasanya naik R3 rute jauh seperti ini secara diskonnya menggiurkan... Hehe

Mudah2an ada rezeki buat beli xpander sport soon.
Aamiin... :frm_tumbright:

Saking meratanya tenaga mobil ini, terasa flat aja ya om tarikannya? hahaha...

Klo yang saya rasakan, tarikan awal memang lemot, tapi pas cruising 80 kpj ++ sih sudah agak galak, apalagi pencet O/D.. Lumayan ngacir..
elraedrew wrote: 14 Jul 2019, 21:25 mantap reviewnya om gasgus. terima kasih juga sudah menyempatkan utk mereview disini
Masama om.. Semoga berguna... :emo-big_love:
dwigkf25 wrote: 14 Jul 2019, 22:21 Ke wisata jg gak om? Daerah2 jatim? Pengen jg RT ke sana. Mau test esblander sy yg msh 200km neh.
Mudik kemarin beneran cuma berkunjung ke sanak saudara aja om, ga sempat jalan-jalan ke daerah wisata.. Next diulang deh, saya report di sub-forum roadtrip yak... :frm_tumbright:
FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 462
Joined: 26 Jul 2017, 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: Nyobain Road Trip Pake Xpander

Post by FR6 »

Nice Om! ane biasa bawa hatchback oval biru trs pindah ke Xpander, gak ngerasa downgrade untuk kekedapannya. Paling peredam atap aja yg jadi PR buat Xpander. Yg paling enak, jalanan rusak jadi lebih gak berasa di Xpander
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Nyobain Road Trip Pake Xpander

Post by kunaskun »

GasGus wrote: 15 Jul 2019, 14:40

Aamiin... :frm_tumbright:

Saking meratanya tenaga mobil ini, terasa flat aja ya om tarikannya? hahaha...

Klo yang saya rasakan, tarikan awal memang lemot, tapi pas cruising 80 kpj ++ sih sudah agak galak, apalagi pencet O/D.. Lumayan ngacir..
setelah remap berubah banget, saya cobain temen punya, enak dipake untuk dalkot, toel dikit rpm cepet naik + torque delivery instant. Agak sedikit mengingatkan hatchback kelas 1500cc rata2 atau Avanza 1.5S AT generasi awal = power to weight ratio gede karena GVW kecil + rasio final gear besar + 4AT kuno jadi enak untuk dalkot apalagi ketambahan sensasi slip kopling tiap kali pindah gigi. bedanya xpander jauh lebih berasa nyetir mobil + plain = EPS + DBW + etc...
andrejunior
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 119
Joined: 25 Nov 2018, 23:03

Re: Nyobain Road Trip Pake Xpander

Post by andrejunior »

saya & istri jg awalnya naksir banget ama xpander ini, namun karena banyak isu shock bocor, akhirnya batal & jadinya ambil All New Terios.
bagaimana dgn unit om? mudah2an ga kena masalah ini
kalo isu ini udah tertangani dgn baik oleh Mitsubishi, mungkin saya akan masukkan kembali Xpander/Livina ke option 4 tahun lagi hehehe
User avatar
GasGus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 127
Joined: 18 Jan 2018, 07:12
Location: Bintaro
Contact:

Re: Nyobain Road Trip Pake Xpander

Post by GasGus »

FR6 wrote: 15 Jul 2019, 16:28 Nice Om! ane biasa bawa hatchback oval biru trs pindah ke Xpander, gak ngerasa downgrade untuk kekedapannya. Paling peredam atap aja yg jadi PR buat Xpander. Yg paling enak, jalanan rusak jadi lebih gak berasa di Xpander
Yup betul om, suspensinya nyaman banget untuk MPV di kelas ini.. Cuma agak berasa sedikit terlalu empuk, terutama untuk shock belakang.. :frm_tumbright:
kunaskun wrote: 15 Jul 2019, 20:28 setelah remap berubah banget, saya cobain temen punya, enak dipake untuk dalkot, toel dikit rpm cepet naik + torque delivery instant. Agak sedikit mengingatkan hatchback kelas 1500cc rata2 atau Avanza 1.5S AT generasi awal = power to weight ratio gede karena GVW kecil + rasio final gear besar + 4AT kuno jadi enak untuk dalkot apalagi ketambahan sensasi slip kopling tiap kali pindah gigi. bedanya xpander jauh lebih berasa nyetir mobil + plain = EPS + DBW + etc...
Pasca remap apakah FC berubah om?
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Nyobain Road Trip Pake Xpander

Post by kunaskun »

GasGus wrote: 17 Jul 2019, 21:20
Pasca remap apakah FC berubah om?
ngga beda kata yang punya. cuma katanya kayanya si lebih irit kalau kakinya sekolah lagi.
Julian1992
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 18 Jul 2019, 00:49

Re: Nyobain Road Trip Pake Xpander

Post by Julian1992 »

Mantap reviewnya om
Di GIIAS 2019 ada ga ya xpander ini? Pengen test drive langsung kalo ada. Siapa tau cocok, lgsg bisa kredit mobil baru pake bca finance
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Nyobain Road Trip Pake Xpander

Post by Pboyz97 »

Nice review om dan salken sesama xpander user , mobil ini memang salah satu LMPV terenak yg pernah saya coba, terlepas dari bantingan suspensinya yg gak seenak ertiga dan livina, tapi overall mobil ini tetap the best LMPV kok, karena desain, fitur , fun to drive, dan desainnya. Kalau soal improvement saya setuju sm yg dikatakan sm om diatas, knp gak dijadiin standar aja dari awal beli, kaya cruise control , autodoorlock, walaupun cruise control udah jadi fitur standar bawaan di xpander ultimate produksi 2019 keatas.

Soal owning experince, pengalaman saya mirip2 nih sm om, tarikan bawah emg agak belet , kerasa banget pas di tanjakan puncak dan bandung, mesti dioper ke gigi 2 dulu baru kerasa tarikannya , tapi pas di tol tarikan tengah dan atasnya cukup enak buat ukuran LMPV, 80 - 120 cepet bgt dapetnya , even digeber sampe 190 KPJ pun masih stabil mobil ini, which is cukup baik buat ukuran LMPV , dan perpindahan 4 AT nya cukup sigap dan smooth dikelas ini. Soal trouble, sejauh ini blm ada masalah aneh, cuma idle up aja, itupun dah solve dengan pemrograman ulang ECU nya di bengkel resmi. Overall, dengan segala kelebihan dan kekurangannya, Xpander ini salah 1 of the best LMPV menurut saya, dan dengan berat hati xpander ini harus lengser tahun depan dikarenakan sudah ada mobil 7 seater lain dirumah, jadinya mubazir buat keluarga saya untuk punya mobil 7 seater 2 biji dirumah, jadinya pengen ganti yg 5 seater aja dan dimensinya lebih kecil, karena to be honest xpander ini agak kegedean buat saya yg tiap hari nyetir sendiri (rumah - kampus) dengan parkiran di kampus saya yg kurang bersahabat buat mobil gede
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Nyobain Road Trip Pake Xpander

Post by Pboyz97 »

Julian1992 wrote: 18 Jul 2019, 21:27 Mantap reviewnya om
Di GIIAS 2019 ada ga ya xpander ini? Pengen test drive langsung kalo ada. Siapa tau cocok, lgsg bisa kredit mobil baru pake bca finance
Ada kok om
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: 11 Apr 2008, 10:18
Location: jakarta

Re: Nyobain Road Trip Pake Xpander

Post by nescafe »

GasGus wrote: 17 Jul 2019, 21:20 Yup betul om, suspensinya nyaman banget untuk MPV di kelas ini.. Cuma agak berasa sedikit terlalu empuk, terutama untuk shock belakang.. :frm_tumbright:
oom gasgus, idle-nya xpander terkadang terasa kurang stabil kah? terutama untuk kondisi stop and go
dari pengalaman saya terkadang idlenya suka naik-turun di rpm 500-800-1000-800-500, ndak sampai getar2 sih karena ketika menyentuh rpm 500 langsung recovery ke 800
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
aladin999
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 82
Joined: 31 Jul 2008, 14:06

Re: Nyobain Road Trip Pake Xpander

Post by aladin999 »

Yup. Ane juga ngerasain begitu tp ga separah rpm untuk mundurnya
User avatar
GasGus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 127
Joined: 18 Jan 2018, 07:12
Location: Bintaro
Contact:

Re: Nyobain Road Trip Pake Xpander

Post by GasGus »

kunaskun wrote: 18 Jul 2019, 19:44
ngga beda kata yang punya. cuma katanya kayanya si lebih irit kalau kakinya sekolah lagi.
Nah ini yang mungkin agak berat, abis remap mestinya performa membaik, ga tahan deh tuh bejek-bejek gas.. Hahaha...
Pboyz97 wrote: 21 Jul 2019, 00:43 Nice review om dan salken sesama xpander user , mobil ini memang salah satu LMPV terenak yg pernah saya coba, terlepas dari bantingan suspensinya yg gak seenak ertiga dan livina, tapi overall mobil ini tetap the best LMPV kok, karena desain, fitur , fun to drive, dan desainnya. Kalau soal improvement saya setuju sm yg dikatakan sm om diatas, knp gak dijadiin standar aja dari awal beli, kaya cruise control , autodoorlock, walaupun cruise control udah jadi fitur standar bawaan di xpander ultimate produksi 2019 keatas.

Soal owning experince, pengalaman saya mirip2 nih sm om, tarikan bawah emg agak belet , kerasa banget pas di tanjakan puncak dan bandung, mesti dioper ke gigi 2 dulu baru kerasa tarikannya , tapi pas di tol tarikan tengah dan atasnya cukup enak buat ukuran LMPV, 80 - 120 cepet bgt dapetnya , even digeber sampe 190 KPJ pun masih stabil mobil ini, which is cukup baik buat ukuran LMPV , dan perpindahan 4 AT nya cukup sigap dan smooth dikelas ini. Soal trouble, sejauh ini blm ada masalah aneh, cuma idle up aja, itupun dah solve dengan pemrograman ulang ECU nya di bengkel resmi. Overall, dengan segala kelebihan dan kekurangannya, Xpander ini salah 1 of the best LMPV menurut saya, dan dengan berat hati xpander ini harus lengser tahun depan dikarenakan sudah ada mobil 7 seater lain dirumah, jadinya mubazir buat keluarga saya untuk punya mobil 7 seater 2 biji dirumah, jadinya pengen ganti yg 5 seater aja dan dimensinya lebih kecil, karena to be honest xpander ini agak kegedean buat saya yg tiap hari nyetir sendiri (rumah - kampus) dengan parkiran di kampus saya yg kurang bersahabat buat mobil gede
Mirip-mirip nih experience nya.. :frm_tumbright:
nescafe wrote: 21 Jul 2019, 08:52 oom gasgus, idle-nya xpander terkadang terasa kurang stabil kah? terutama untuk kondisi stop and go
dari pengalaman saya terkadang idlenya suka naik-turun di rpm 500-800-1000-800-500, ndak sampai getar2 sih karena ketika menyentuh rpm 500 langsung recovery ke 800
Yup betul om nes, naik turun nya di kisaran segitu dan betul mesin ga sampe geter, tapi kadang agak loncat diatas RPM 1000, klo ga perhatikan RPM sih ga berasa klo RPM naik turun..
aladin999 wrote: 21 Jul 2019, 10:52 Yup. Ane juga ngerasain begitu tp ga separah rpm untuk mundurnya
Sudah sempat ke BeRes untuk setting ulang ECU ga om?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Nyobain Road Trip Pake Xpander

Post by ChZ »

Wah oom gasgus ambil bulan apa ? Saya ambil sebelum lebaran dapet harga yang lumayan bagus promo dari dipo star finance oom... makanya waktu itu bokap rencana ambil seken tp karena promo ini harganya mepet baru... mending baru deh akhirnya. Tipe sport AT.

saya yang agak kesel sama mobil ini itu kalo dari jalan datar ke nanjak rasanya loyo banget, giliran diinjek agak dalem tiba-tiba nurunin giginya gak aturan.

Tapi emang karena settingan final gear matic kayak gitu mobil ini jadi irit... dalem kota masih dapet 10-11 km/l pake pertalit.

klo kata mbah bebonk vin 2019 ecu nya beda...

Mubil sudah jalan 5k KM dan ntah kenapa jadi favorit disundul motor... pake sekitar 3 bulan pantatnya udah penyok sana sini :mky_05:

ngomong-ngomong sama sama pengguna harrier juga ya um :mky_01:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: 16 Aug 2017, 15:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Nyobain Road Trip Pake Xpander

Post by Winz »

ChZ wrote: 26 Aug 2019, 15:43 Wah oom gasgus ambil bulan apa ? Saya ambil sebelum lebaran dapet harga yang lumayan bagus promo dari dipo star finance oom... makanya waktu itu bokap rencana ambil seken tp karena promo ini harganya mepet baru... mending baru deh akhirnya. Tipe sport AT.

saya yang agak kesel sama mobil ini itu kalo dari jalan datar ke nanjak rasanya loyo banget, giliran diinjek agak dalem tiba-tiba nurunin giginya gak aturan.

Tapi emang karena settingan final gear matic kayak gitu mobil ini jadi irit... dalem kota masih dapet 10-11 km/l pake pertalit.

klo kata mbah bebonk vin 2019 ecu nya beda...

Mubil sudah jalan 5k KM dan ntah kenapa jadi favorit disundul motor... pake sekitar 3 bulan pantatnya udah penyok sana sini :mky_05:

ngomong-ngomong sama sama pengguna harrier juga ya um :mky_01:
Pertalite ngelitik ga, om? 2019 uda euro 4 kan?

Rencana ambil Kembaran'nya, nunggu disc akhir tahun
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Nyobain Road Trip Pake Xpander

Post by ChZ »

Winz wrote:
ChZ wrote: 26 Aug 2019, 15:43 Wah oom gasgus ambil bulan apa ? Saya ambil sebelum lebaran dapet harga yang lumayan bagus promo dari dipo star finance oom... makanya waktu itu bokap rencana ambil seken tp karena promo ini harganya mepet baru... mending baru deh akhirnya. Tipe sport AT.

saya yang agak kesel sama mobil ini itu kalo dari jalan datar ke nanjak rasanya loyo banget, giliran diinjek agak dalem tiba-tiba nurunin giginya gak aturan.

Tapi emang karena settingan final gear matic kayak gitu mobil ini jadi irit... dalem kota masih dapet 10-11 km/l pake pertalit.

klo kata mbah bebonk vin 2019 ecu nya beda...

Mubil sudah jalan 5k KM dan ntah kenapa jadi favorit disundul motor... pake sekitar 3 bulan pantatnya udah penyok sana sini :mky_05:

ngomong-ngomong sama sama pengguna harrier juga ya um :mky_01:
Pertalite ngelitik ga, om? 2019 uda euro 4 kan?

Rencana ambil Kembaran'nya, nunggu disc akhir tahun
Ngelitik sih gak, tenaga gak tau sih beda apa nggak, tapi di mesin NA pake 90 dan 92 apalagi di mesin yang tergolong low spec macem xpander harusnya gak beda jauh.

Ngomong euro 4 sih udah lama bgt kita dikasi mesin euro 4... Dari zaman innova KD itu udah euro4 compliance. Mesin K20 dan K24 honda jg euro4.

Xpander ni kan mesinnya gak baru baru amat, kayak mitsu bingung mau kasih mesin dan transmisi apa terus ya masukin aja mesin 4a91 jadul punya Colt se transmisinya. Muka modern, mekanikal jadul.

Tp ibarat orang badan sixpack tapi makannya indomie terus ya kualitas beraknya tetep gak bagus. Dari dulu indonesia kan masalahnya di kualitas bbm.

Pake pertalit karena alasan mobil operasional harian aja... 3 bln udah 5.5k jalannya.


1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
GasGus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 127
Joined: 18 Jan 2018, 07:12
Location: Bintaro
Contact:

Re: Nyobain Road Trip Pake Xpander

Post by GasGus »

ChZ wrote: 26 Aug 2019, 15:43 Wah oom gasgus ambil bulan apa ? Saya ambil sebelum lebaran dapet harga yang lumayan bagus promo dari dipo star finance oom... makanya waktu itu bokap rencana ambil seken tp karena promo ini harganya mepet baru... mending baru deh akhirnya. Tipe sport AT.

saya yang agak kesel sama mobil ini itu kalo dari jalan datar ke nanjak rasanya loyo banget, giliran diinjek agak dalem tiba-tiba nurunin giginya gak aturan.

Tapi emang karena settingan final gear matic kayak gitu mobil ini jadi irit... dalem kota masih dapet 10-11 km/l pake pertalit.

klo kata mbah bebonk vin 2019 ecu nya beda...

Mubil sudah jalan 5k KM dan ntah kenapa jadi favorit disundul motor... pake sekitar 3 bulan pantatnya udah penyok sana sini :mky_05:

ngomong-ngomong sama sama pengguna harrier juga ya um :mky_01:
Waduh ada yang terlewat untuk saya respon, sorry om... :mrgreen:

Saya beli bekas om, dapat harga cukup worthed, beda sekitar 15% dari harga baru, plus saat itu klo mau beli baru ga bisa kirim mobil sebelum lebaran, pdhal mobil mau diajak mudik hehehe...

Beberapa waktu lalu sempat saya ajak mobil ini ke gunung luhur citorek om, saat jalan nanjak memang akhirnya kudu sering shifting dari D ke 2 bahkan sampe L, tapi ya lumayan lah bisa naik... :mrgreen:

So far untuk FC dalam kota dapat dikisaran yang sama om, 1:10-11 km/liter pake pertalite.. Cuma begitu kena tol sekitar 50 km aja, bisa naik 0,5-1 km/liter, mungkin faktor final gear tadi... Wuih seru nih ECU 2019 beda, bedanya di apanya ya om? Mapping mesinnya mungkin? Tapi sementara ini cukup puas sudah ga begitu naik turun idle up nya...

Ini mobil apa memang agak pendek ya, itu pintu bagasi sudah ada penyok dikit, suspect kena spakbor motor yang agak tinggi sepertinya...

Cuma belakangan agak ngelitik, KM jalan 12rban, nanti pas waktu servis sekalian cek deh...

Yes om, sempat pake harrier, cuma ya memang jarang dipake, sekalinya dipake jarak jauh terus, ke semarang, jogja, jember... Mobil enak sih, cuma ya sudah agak tua (meskipun desain exterior ga jadul2 amat), mulai sering jajan slow moving parts, suka bikin kaget klo pas minta jajan... :e-doh:
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: 14 Feb 2003, 16:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Nyobain Road Trip Pake Xpander

Post by y_anjasrana »

manteb nih nih review roadtripnya. jadi ga sabar roadtrip kedua pake pander lagi nih. jadi inget pas rt ke anyer kemarin, ada yg nyariin mobil merah kecil. eh yg nongol adiknya yg udah dikasih makan banyak..... :ngacir:
Accurate V5 Accounting System Consultant
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post