2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by paidjho »

Fyi, banyak jg yg bisa di upgrade...

Maklum seri V... Nan kopong... [emoji24][emoji24][emoji24]
IMG_20211010_092539~2.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
jsatriani
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: Thu Oct 15, 2020 0:50
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by jsatriani »

lawyerone wrote: Tue Oct 05, 2021 2:29
josomba wrote: Mon Oct 04, 2021 9:33
lawyerone wrote: Mon Oct 04, 2021 6:54 Sudah solve nih, masalahnya dari aki. Setelah ganti aku semua normal.

Tp skrg ac berisik dan kalo siang ga dingin. Harus bawa ke bengkel ac nih...

Ada rekomendasi selain Rotary Bintaro?
Wah karena aki toh. Berarti kasus om dah jenis ketiga nih.

1. Mobil temen saya dulu setirnya jadi berat seolah2 EPS rusak dan ga lama indicator di MID semua nyala kelap kelip.
2. Lihat di kuskus ada yg flasher/sein jadi cepet banget

Kedua kasus ini diganti akinya, beres

:ungg:

bengkel ac ya? saya pernah baca ada yg bilang victory ac yang di meruya termasuk bonafide. Kalau di bekasi paling bisa kontak si om Kemuning Auto kalau di SM.
Iya aki. Pake amaron kan, kayaknya memang amaron kalo ud tua suka bikin problem deh. Harus kudu diganti cepet2. Om pake aki apa? Saya ganti ke amaron lg mengingat biaya hahahhaa.

BTW om, rotary bintaro itu cukup oke ga sih? Om ad pengalaman ganti kondensor atau kompresor ac? Atau servis ac overall?
Mhn maaf izin berbagi, sy blm lama ini ganti aki dan ganti kondensor (all diy).
Aki sy pakai bosch 100d23L silver ams (karena Q85 mehong).
Kalau ganti aki d toko kepercayaan, pastikan setelah ganti yang paling penting reset counter battery management system nya, kontak on (tanpa engine on), masukan gigi N, injak gas dan rem sampai indicator baterai blinking, tetap hold pedal rem dan kocok pedal gas 3x sampai indicator stop blinking. Kalau sudah success kalu om coba ulangin proses itu, battery indicator gak akan blinking lg krn counter nya sdh nol. Atau kalau ada obd yg sdh ada fitur reset bms lbh enak.

Kalau kondensor sejauh yg sy hunting sih ori nya susah, mau cari brand bagus cem koyoair pun gak ada di indo. Sy dapet merk pokka.
Kalau bengkel ac sy pun blank ketika plan buat ganti kondensor, kurleb si sama aja, yg bedain cuma dr sisi teknis pengerjaan ada yg pake lax ada yg cuma d vacuum aja. Klo for the best result nya sebetul nya si turunin semua pipa dan evap buat bener2 bersihin sisa oli kompre nya atau bsa juga d dorong dengan r11 (sy sendiri gak sampai ke proses ini om krn concern waktu).

Kalau om pingin cost efficient dr sisi part bsa cari part nya sndiri termasuk oli2 an dan refrigerant nya.
Oli compre zlx200pg setara denga denso nd9 ato sanden sp20 yg semua nya pag visco grade 100.
Refrigerant bsa ambil bailian, naekan dikit cparts (yg kata nya si dupont dan de sisi fisik kaleng si mirip) atau kalau mau beli dupont beneran nya bsa ambil yg tabung besar (krn sdh ga ada lg kaleng kecil 300gr an kayak yg lain).
Seal2 ori kalau masi baik bsa d pakai lagi, krn d luar sy hampir ga nemu si seal yg memang real khusus untuk r134a. Yg ada d pasaran warna hijau ungu dsb nya itu masi standar nbr (good di r12 tp punya potensi larut di r134a).

Teori nya sih begitu mnrt yg sy baca, kalau untuk impresi pengerjaan nya tergolong medium job, sulit banget gak, mudah banget jg gak.

Trims dan lebih kurang dr sy mhn maaf 🙏
jsatriani
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: Thu Oct 15, 2020 0:50
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by jsatriani »

josomba wrote: Sun Aug 01, 2021 12:14
Momotaro wrote: Sun Aug 01, 2021 8:31 Om..
Udh ganti atf pake aisin IV?
Gimana kesan? Banyak selip?
Saya masih pk q8 automv om.

Mobil skarang lg jarang jalan, keknya bakalan ketunda tahun depan ganti atf jd aisin vi.
Om jo, pernah liat review atf valvoline maxlife d transmisi skyactiv ga?
Kalau sy liat di atas kertas sih paling ideal dr sisi teknis nya untuk V dan VI nya nyaris mirip dengan FZ (komparasi dengan kertas fz nya ravenol krn fz nya mazda secara spesifik gak ada dokumen publikasi nya).
Pengen buang fz nih om biar gak ketergantungan sm barang susah di cari n price nya udah gak cocok skrg ini buat sy.

Mhn share kalau ada yg tau 🙏
jsatriani
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: Thu Oct 15, 2020 0:50
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by jsatriani »

paidjho wrote: Sun Oct 10, 2021 13:40 Sudah pada update ecu belum?

Hari ini check up ama Mbah Bebonk @b8099ok , eh update an banyak juga, di beres kagak pernah diupdat.

Versi H shifting nya lebih enak, gak boyo lagi.
M2 tahun 2015.IMG_20211010_093237~2.jpg
Mhn izin om boleh bisikin budget firmware update nya dan apakah itu stock firmware official om?
Apakah semahal budget remap (asumsi sy proses nya sama di re flash hanya beda nya remap ada tuning parameter nya)
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by josomba »

jsatriani wrote: Tue Oct 19, 2021 19:14
josomba wrote: Sun Aug 01, 2021 12:14
Momotaro wrote: Sun Aug 01, 2021 8:31 Om..
Udh ganti atf pake aisin IV?
Gimana kesan? Banyak selip?
Saya masih pk q8 automv om.

Mobil skarang lg jarang jalan, keknya bakalan ketunda tahun depan ganti atf jd aisin vi.
Om jo, pernah liat review atf valvoline maxlife d transmisi skyactiv ga?
Kalau sy liat di atas kertas sih paling ideal dr sisi teknis nya untuk V dan VI nya nyaris mirip dengan FZ (komparasi dengan kertas fz nya ravenol krn fz nya mazda secara spesifik gak ada dokumen publikasi nya).
Pengen buang fz nih om biar gak ketergantungan sm barang susah di cari n price nya udah gak cocok skrg ini buat sy.

Mhn share kalau ada yg tau 🙏
Hehe ada kok yg ngetes VOA Mazda FZ

Image
Source: Oilclub.ru

Visc 100C : 5.8
VI 179

Artikel asli:
https://www.oil-club.ru/forum/topic/404 ... %B5%D0%B5/

Karena Visc 100C FZ minta 5.8, berarti yang cucok adalah Q8 Auto MV (5.8), Unil Opal DX VI (Visc 100C di 5.4)

Valvoline Dexron VI visc 100C-nya di 6.0, PTT LV1 di 6.3, Aisin AFW VI 6.1 --> ketiga ini compatible ama FZ juga seh, tp VISC 100C di atas spek yang seharusnya.
Image
jsatriani
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: Thu Oct 15, 2020 0:50
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by jsatriani »

josomba wrote: Thu Oct 21, 2021 4:59
jsatriani wrote: Tue Oct 19, 2021 19:14
josomba wrote: Sun Aug 01, 2021 12:14

Saya masih pk q8 automv om.

Mobil skarang lg jarang jalan, keknya bakalan ketunda tahun depan ganti atf jd aisin vi.
Om jo, pernah liat review atf valvoline maxlife d transmisi skyactiv ga?
Kalau sy liat di atas kertas sih paling ideal dr sisi teknis nya untuk V dan VI nya nyaris mirip dengan FZ (komparasi dengan kertas fz nya ravenol krn fz nya mazda secara spesifik gak ada dokumen publikasi nya).
Pengen buang fz nih om biar gak ketergantungan sm barang susah di cari n price nya udah gak cocok skrg ini buat sy.

Mhn share kalau ada yg tau 🙏
Hehe ada kok yg ngetes VOA Mazda FZ

Image
Source: Oilclub.ru

Visc 100C : 5.8
VI 179

Artikel asli:
https://www.oil-club.ru/forum/topic/404 ... %B5%D0%B5/

Karena Visc 100C FZ minta 5.8, berarti yang cucok adalah Q8 Auto MV (5.8), Unil Opal DX VI (Visc 100C di 5.4)

Valvoline Dexron VI visc 100C-nya di 6.0, PTT LV1 di 6.3, Aisin AFW VI 6.1 --> ketiga ini compatible ama FZ juga seh, tp VISC 100C di atas spek yang seharusnya.
Nemu fz nya ini
89ADA800-656B-45D7-8DAE-7B2B691D40D6.png
Hukum cari atf ideal itu liat k visco nya d 40 dan 100 aja atau Visco index nya juga perlu om?
Unyil punya kayak nya oke jg tu om. Atau gulf lv mirip2 jg.
Kalau org indo ada yg pernah review itu barang unyil sm valvoline ga om d sky drive untuk impresi nya speri apakah gt.
Kalu Q8 ogut cukup tau klo om jo user sejati nya dan si PTT pernah baca info dr tulisan om jo jg klo impresi nya cukup oke.

Fz aftermarket sbnr nya banyak juga om yg bikin, cuma gada 1 pun yg masuk sini entah kenapa. Aisin pun bikin mfz tp khusus untuk market usa doank 😭
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by josomba »

jsatriani wrote: Thu Oct 21, 2021 17:14

Nemu fz nya ini

89ADA800-656B-45D7-8DAE-7B2B691D40D6.png

Hukum cari atf ideal itu liat k visco nya d 40 dan 100 aja atau Visco index nya juga perlu om?
Unyil punya kayak nya oke jg tu om. Atau gulf lv mirip2 jg.
Kalau org indo ada yg pernah review itu barang unyil sm valvoline ga om d sky drive untuk impresi nya speri apakah gt.
Kalu Q8 ogut cukup tau klo om jo user sejati nya dan si PTT pernah baca info dr tulisan om jo jg klo impresi nya cukup oke.

Fz aftermarket sbnr nya banyak juga om yg bikin, cuma gada 1 pun yg masuk sini entah kenapa. Aisin pun bikin mfz tp khusus untuk market usa doank 😭
Nah merk aftermarket tp claim FZ, v100 juga d bawah angka 6.0. Sebenernya sih saya lihatnya seperti oli mobil saja. V40 kalau bisa serendah mgkn biar flow fluida cepet pas cold start, lalu v100 sesuai spek bawaan aja karena v100 menunjukkan pas kondisi operating temp. Ni murni pendapat pribadi aja ya. Haha.

Belum liat repiu unyil n valvo, pernah liat review orang mengenai aisin afw vi d mazda seh ok2 aja.

Cmn berdasarkan melipir d beberapa forum aja, rata2:
1. Stay d atf oem
2. Ptt/aisin/q8
3. Bangga ga pernah ganti sampe suatu ketika rusak n melihat mazda 2 sky jogrog d salah satu sepuh bengkel.

:ungg:
Image
jsatriani
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: Thu Oct 15, 2020 0:50
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by jsatriani »

josomba wrote: Fri Oct 22, 2021 0:08
jsatriani wrote: Thu Oct 21, 2021 17:14

Nemu fz nya ini

89ADA800-656B-45D7-8DAE-7B2B691D40D6.png

Hukum cari atf ideal itu liat k visco nya d 40 dan 100 aja atau Visco index nya juga perlu om?
Unyil punya kayak nya oke jg tu om. Atau gulf lv mirip2 jg.
Kalau org indo ada yg pernah review itu barang unyil sm valvoline ga om d sky drive untuk impresi nya speri apakah gt.
Kalu Q8 ogut cukup tau klo om jo user sejati nya dan si PTT pernah baca info dr tulisan om jo jg klo impresi nya cukup oke.

Fz aftermarket sbnr nya banyak juga om yg bikin, cuma gada 1 pun yg masuk sini entah kenapa. Aisin pun bikin mfz tp khusus untuk market usa doank 😭
Nah merk aftermarket tp claim FZ, v100 juga d bawah angka 6.0. Sebenernya sih saya lihatnya seperti oli mobil saja. V40 kalau bisa serendah mgkn biar flow fluida cepet pas cold start, lalu v100 sesuai spek bawaan aja karena v100 menunjukkan pas kondisi operating temp. Ni murni pendapat pribadi aja ya. Haha.

Belum liat repiu unyil n valvo, pernah liat review orang mengenai aisin afw vi d mazda seh ok2 aja.

Cmn berdasarkan melipir d beberapa forum aja, rata2:
1. Stay d atf oem
2. Ptt/aisin/q8
3. Bangga ga pernah ganti sampe suatu ketika rusak n melihat mazda 2 sky jogrog d salah satu sepuh bengkel.

:ungg:
Siap om joe, pendapat nya di terima dengan baik krn om joe sy lihat lebih pengalaman miara mobil ini.

No 1 si oke om kalau harga nya masih kayak jaman mmi dulu, kalau sy ndak salah baca d forum lama salah satu senior pernah mentioned hrga masih under 100k/L.

No 2 kalau untuk ptt masih ada sedikit keraguan si om, kalau Q8 baik d olmes sm oltran masuk kasta oli keraton jdi sedikit ada concern d masalah price 🤣
Aisin patut d coba sih, toh oem nya pun minta bikin sm idemitsu meskipun bukan sm idemitsu sini.

No 3 itu ke konyolan yg kudu kita minimalisir si om, repot klo tunggu masalah dateng baru action, iya klo masalah nya dateng pas mobil masi d kandang, klo pas lagi d luar ya repot sendiri kita nya harus derek dsb nya.
Thanks for sharing n advice nya om joe 🙏

Btw urusan lower arm beres om? Sy lom sempet bongkar pasang nih om masi repot sm orok soale
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by josomba »

jsatriani wrote: Fri Oct 22, 2021 8:42
josomba wrote: Fri Oct 22, 2021 0:08
jsatriani wrote: Thu Oct 21, 2021 17:14

Nemu fz nya ini

89ADA800-656B-45D7-8DAE-7B2B691D40D6.png

Hukum cari atf ideal itu liat k visco nya d 40 dan 100 aja atau Visco index nya juga perlu om?
Unyil punya kayak nya oke jg tu om. Atau gulf lv mirip2 jg.
Kalau org indo ada yg pernah review itu barang unyil sm valvoline ga om d sky drive untuk impresi nya speri apakah gt.
Kalu Q8 ogut cukup tau klo om jo user sejati nya dan si PTT pernah baca info dr tulisan om jo jg klo impresi nya cukup oke.

Fz aftermarket sbnr nya banyak juga om yg bikin, cuma gada 1 pun yg masuk sini entah kenapa. Aisin pun bikin mfz tp khusus untuk market usa doank 😭
Nah merk aftermarket tp claim FZ, v100 juga d bawah angka 6.0. Sebenernya sih saya lihatnya seperti oli mobil saja. V40 kalau bisa serendah mgkn biar flow fluida cepet pas cold start, lalu v100 sesuai spek bawaan aja karena v100 menunjukkan pas kondisi operating temp. Ni murni pendapat pribadi aja ya. Haha.

Belum liat repiu unyil n valvo, pernah liat review orang mengenai aisin afw vi d mazda seh ok2 aja.

Cmn berdasarkan melipir d beberapa forum aja, rata2:
1. Stay d atf oem
2. Ptt/aisin/q8
3. Bangga ga pernah ganti sampe suatu ketika rusak n melihat mazda 2 sky jogrog d salah satu sepuh bengkel.

:ungg:
Siap om joe, pendapat nya di terima dengan baik krn om joe sy lihat lebih pengalaman miara mobil ini.

No 1 si oke om kalau harga nya masih kayak jaman mmi dulu, kalau sy ndak salah baca d forum lama salah satu senior pernah mentioned hrga masih under 100k/L.

No 2 kalau untuk ptt masih ada sedikit keraguan si om, kalau Q8 baik d olmes sm oltran masuk kasta oli keraton jdi sedikit ada concern d masalah price 🤣
Aisin patut d coba sih, toh oem nya pun minta bikin sm idemitsu meskipun bukan sm idemitsu sini.

No 3 itu ke konyolan yg kudu kita minimalisir si om, repot klo tunggu masalah dateng baru action, iya klo masalah nya dateng pas mobil masi d kandang, klo pas lagi d luar ya repot sendiri kita nya harus derek dsb nya.
Thanks for sharing n advice nya om joe 🙏

Btw urusan lower arm beres om? Sy lom sempet bongkar pasang nih om masi repot sm orok soale

Lower arm dah beres om, sekarang lg ada masalah ama blowe resistor. Kalau setel angin ac selain paling kenceng, speed naik turun ga jelas.
20211022_192903.jpg
Ada 1 pin ga ada resistance-nya nih. Lg mikir2 mau indent d beres (bakalan bulanan baru dateng), atau beli d ebay aja. Wkwk.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Image
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by maastricht889 »

jsatriani wrote: Fri Oct 22, 2021 8:42
josomba wrote: Fri Oct 22, 2021 0:08
jsatriani wrote: Thu Oct 21, 2021 17:14

Nemu fz nya ini

89ADA800-656B-45D7-8DAE-7B2B691D40D6.png

Hukum cari atf ideal itu liat k visco nya d 40 dan 100 aja atau Visco index nya juga perlu om?
Unyil punya kayak nya oke jg tu om. Atau gulf lv mirip2 jg.
Kalau org indo ada yg pernah review itu barang unyil sm valvoline ga om d sky drive untuk impresi nya speri apakah gt.
Kalu Q8 ogut cukup tau klo om jo user sejati nya dan si PTT pernah baca info dr tulisan om jo jg klo impresi nya cukup oke.

Fz aftermarket sbnr nya banyak juga om yg bikin, cuma gada 1 pun yg masuk sini entah kenapa. Aisin pun bikin mfz tp khusus untuk market usa doank 😭
Nah merk aftermarket tp claim FZ, v100 juga d bawah angka 6.0. Sebenernya sih saya lihatnya seperti oli mobil saja. V40 kalau bisa serendah mgkn biar flow fluida cepet pas cold start, lalu v100 sesuai spek bawaan aja karena v100 menunjukkan pas kondisi operating temp. Ni murni pendapat pribadi aja ya. Haha.

Belum liat repiu unyil n valvo, pernah liat review orang mengenai aisin afw vi d mazda seh ok2 aja.

Cmn berdasarkan melipir d beberapa forum aja, rata2:
1. Stay d atf oem
2. Ptt/aisin/q8
3. Bangga ga pernah ganti sampe suatu ketika rusak n melihat mazda 2 sky jogrog d salah satu sepuh bengkel.

:ungg:
Siap om joe, pendapat nya di terima dengan baik krn om joe sy lihat lebih pengalaman miara mobil ini.

No 1 si oke om kalau harga nya masih kayak jaman mmi dulu, kalau sy ndak salah baca d forum lama salah satu senior pernah mentioned hrga masih under 100k/L.

No 2 kalau untuk ptt masih ada sedikit keraguan si om, kalau Q8 baik d olmes sm oltran masuk kasta oli keraton jdi sedikit ada concern d masalah price 🤣
Aisin patut d coba sih, toh oem nya pun minta bikin sm idemitsu meskipun bukan sm idemitsu sini.

No 3 itu ke konyolan yg kudu kita minimalisir si om, repot klo tunggu masalah dateng baru action, iya klo masalah nya dateng pas mobil masi d kandang, klo pas lagi d luar ya repot sendiri kita nya harus derek dsb nya.
Thanks for sharing n advice nya om joe 🙏

Btw urusan lower arm beres om? Sy lom sempet bongkar pasang nih om masi repot sm orok soale
PTT kl oli atf dan beli di official store oke kok om, saya pake automat 1A di mazda 2 lama enak banget. Yg ga cocok tuh oli mesin PTTnya kl di mazda, berat banget tarikannya di awal. Padahal saya di honda K24 itu pake ptt 0w20 SP top grade enak banget
jakanjc
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 394
Joined: Tue May 20, 2014 11:41

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by jakanjc »

Btw krn lagi bahas matic, untuk mazda model skyactiv ini apa betul kalo di kuras hanya butuh max 5 liter?.. kemarin pas ganti oli mesin di cakra mekaniknya bilang kl udah mazda model udah skyactiv gini cuman butuh 5 L.. Ada rekomendasi bengkel yg oke buat kuras matic daerah jaksel/bsd ngga ya?
'You can go fast, But I can go anywhere'
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by josomba »

jakanjc wrote: Sun Oct 24, 2021 5:12 Btw krn lagi bahas matic, untuk mazda model skyactiv ini apa betul kalo di kuras hanya butuh max 5 liter?.. kemarin pas ganti oli mesin di cakra mekaniknya bilang kl udah mazda model udah skyactiv gini cuman butuh 5 L.. Ada rekomendasi bengkel yg oke buat kuras matic daerah jaksel/bsd ngga ya?
Kalau pake sekitar 4-5L, itu cmn kuras biasa alias yg keganti setengahnya doang.

Kalau mau lebih oke:
1. Pake alat flushing kek d toda
2. Gerlong, bisa ke si mbah auto cartrix
2. Pake metode si cakra, tahan di tiap gigi yg ada, terus drain-n-refill lg
Image
jsatriani
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: Thu Oct 15, 2020 0:50
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by jsatriani »

josomba wrote: Sun Oct 24, 2021 3:26
jsatriani wrote: Fri Oct 22, 2021 8:42
josomba wrote: Fri Oct 22, 2021 0:08

Nah merk aftermarket tp claim FZ, v100 juga d bawah angka 6.0. Sebenernya sih saya lihatnya seperti oli mobil saja. V40 kalau bisa serendah mgkn biar flow fluida cepet pas cold start, lalu v100 sesuai spek bawaan aja karena v100 menunjukkan pas kondisi operating temp. Ni murni pendapat pribadi aja ya. Haha.

Belum liat repiu unyil n valvo, pernah liat review orang mengenai aisin afw vi d mazda seh ok2 aja.

Cmn berdasarkan melipir d beberapa forum aja, rata2:
1. Stay d atf oem
2. Ptt/aisin/q8
3. Bangga ga pernah ganti sampe suatu ketika rusak n melihat mazda 2 sky jogrog d salah satu sepuh bengkel.

:ungg:
Siap om joe, pendapat nya di terima dengan baik krn om joe sy lihat lebih pengalaman miara mobil ini.

No 1 si oke om kalau harga nya masih kayak jaman mmi dulu, kalau sy ndak salah baca d forum lama salah satu senior pernah mentioned hrga masih under 100k/L.

No 2 kalau untuk ptt masih ada sedikit keraguan si om, kalau Q8 baik d olmes sm oltran masuk kasta oli keraton jdi sedikit ada concern d masalah price 🤣
Aisin patut d coba sih, toh oem nya pun minta bikin sm idemitsu meskipun bukan sm idemitsu sini.

No 3 itu ke konyolan yg kudu kita minimalisir si om, repot klo tunggu masalah dateng baru action, iya klo masalah nya dateng pas mobil masi d kandang, klo pas lagi d luar ya repot sendiri kita nya harus derek dsb nya.
Thanks for sharing n advice nya om joe 🙏

Btw urusan lower arm beres om? Sy lom sempet bongkar pasang nih om masi repot sm orok soale

Lower arm dah beres om, sekarang lg ada masalah ama blowe resistor. Kalau setel angin ac selain paling kenceng, speed naik turun ga jelas.

20211022_192903.jpg

Ada 1 pin ga ada resistance-nya nih. Lg mikir2 mau indent d beres (bakalan bulanan baru dateng), atau beli d ebay aja. Wkwk.
Gak nemu part kanibal dr mobil laen om? Ebay tu sampe ny cepet ga si om?
Atau ga coba liat bagian dalam nya om, biasa tukang elektronik indo jago dandanin ginian. Komponen nya om bsa cari yg high grade.
jsatriani
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: Thu Oct 15, 2020 0:50
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by jsatriani »

erwinign wrote: Sun Oct 24, 2021 4:30
jsatriani wrote: Fri Oct 22, 2021 8:42
josomba wrote: Fri Oct 22, 2021 0:08

Nah merk aftermarket tp claim FZ, v100 juga d bawah angka 6.0. Sebenernya sih saya lihatnya seperti oli mobil saja. V40 kalau bisa serendah mgkn biar flow fluida cepet pas cold start, lalu v100 sesuai spek bawaan aja karena v100 menunjukkan pas kondisi operating temp. Ni murni pendapat pribadi aja ya. Haha.

Belum liat repiu unyil n valvo, pernah liat review orang mengenai aisin afw vi d mazda seh ok2 aja.

Cmn berdasarkan melipir d beberapa forum aja, rata2:
1. Stay d atf oem
2. Ptt/aisin/q8
3. Bangga ga pernah ganti sampe suatu ketika rusak n melihat mazda 2 sky jogrog d salah satu sepuh bengkel.

:ungg:
Siap om joe, pendapat nya di terima dengan baik krn om joe sy lihat lebih pengalaman miara mobil ini.

No 1 si oke om kalau harga nya masih kayak jaman mmi dulu, kalau sy ndak salah baca d forum lama salah satu senior pernah mentioned hrga masih under 100k/L.

No 2 kalau untuk ptt masih ada sedikit keraguan si om, kalau Q8 baik d olmes sm oltran masuk kasta oli keraton jdi sedikit ada concern d masalah price 🤣
Aisin patut d coba sih, toh oem nya pun minta bikin sm idemitsu meskipun bukan sm idemitsu sini.

No 3 itu ke konyolan yg kudu kita minimalisir si om, repot klo tunggu masalah dateng baru action, iya klo masalah nya dateng pas mobil masi d kandang, klo pas lagi d luar ya repot sendiri kita nya harus derek dsb nya.
Thanks for sharing n advice nya om joe 🙏

Btw urusan lower arm beres om? Sy lom sempet bongkar pasang nih om masi repot sm orok soale
PTT kl oli atf dan beli di official store oke kok om, saya pake automat 1A di mazda 2 lama enak banget. Yg ga cocok tuh oli mesin PTTnya kl di mazda, berat banget tarikannya di awal. Padahal saya di honda K24 itu pake ptt 0w20 SP top grade enak banget
Sip om erwin trims atas masukan nya. Sy mau cobain d luar ptt dan Q8 yg biasa d pke master joe. Biar ada input alternativ jg nanti nya buat temen2 sesama user.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by maastricht889 »

jsatriani wrote: Sun Oct 24, 2021 6:03
erwinign wrote: Sun Oct 24, 2021 4:30
jsatriani wrote: Fri Oct 22, 2021 8:42

Siap om joe, pendapat nya di terima dengan baik krn om joe sy lihat lebih pengalaman miara mobil ini.

No 1 si oke om kalau harga nya masih kayak jaman mmi dulu, kalau sy ndak salah baca d forum lama salah satu senior pernah mentioned hrga masih under 100k/L.

No 2 kalau untuk ptt masih ada sedikit keraguan si om, kalau Q8 baik d olmes sm oltran masuk kasta oli keraton jdi sedikit ada concern d masalah price 🤣
Aisin patut d coba sih, toh oem nya pun minta bikin sm idemitsu meskipun bukan sm idemitsu sini.

No 3 itu ke konyolan yg kudu kita minimalisir si om, repot klo tunggu masalah dateng baru action, iya klo masalah nya dateng pas mobil masi d kandang, klo pas lagi d luar ya repot sendiri kita nya harus derek dsb nya.
Thanks for sharing n advice nya om joe 🙏

Btw urusan lower arm beres om? Sy lom sempet bongkar pasang nih om masi repot sm orok soale
PTT kl oli atf dan beli di official store oke kok om, saya pake automat 1A di mazda 2 lama enak banget. Yg ga cocok tuh oli mesin PTTnya kl di mazda, berat banget tarikannya di awal. Padahal saya di honda K24 itu pake ptt 0w20 SP top grade enak banget
Sip om erwin trims atas masukan nya. Sy mau cobain d luar ptt dan Q8 yg biasa d pke master joe. Biar ada input alternativ jg nanti nya buat temen2 sesama user.
Coba ke merk "77" deh om buat atf/oli mesinnya. Sy lihat bbrp bengkel kaya rmoda sama spesialis merk eropa pd pake cap "77" itu. Dg catetan kl oli atf harus comply ke ATF FZ aja sih, repot kalo sampe salah spek atf
jsatriani
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: Thu Oct 15, 2020 0:50
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by jsatriani »

erwinign wrote: Sun Oct 24, 2021 6:18
jsatriani wrote: Sun Oct 24, 2021 6:03
erwinign wrote: Sun Oct 24, 2021 4:30

PTT kl oli atf dan beli di official store oke kok om, saya pake automat 1A di mazda 2 lama enak banget. Yg ga cocok tuh oli mesin PTTnya kl di mazda, berat banget tarikannya di awal. Padahal saya di honda K24 itu pake ptt 0w20 SP top grade enak banget
Sip om erwin trims atas masukan nya. Sy mau cobain d luar ptt dan Q8 yg biasa d pke master joe. Biar ada input alternativ jg nanti nya buat temen2 sesama user.
Coba ke merk "77" deh om buat atf/oli mesinnya. Sy lihat bbrp bengkel kaya rmoda sama spesialis merk eropa pd pake cap "77" itu. Dg catetan kl oli atf harus comply ke ATF FZ aja sih, repot kalo sampe salah spek atf
Nah kmrn sempet lirik esteler 77 om, cuma klo liat price range nya uda masuk kelas keraton. Buat atf mahal buat coba2 agak kurang sreg sih, kalau mau make atf keraton klo sy pribadi mending ikut kiblat si om joe make Q8 automat mv. Kecuali dapet promo beli 5 gratis 5 ya leh uga om 🤣
triport13
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: Thu Apr 26, 2018 7:08
Location: Jakarta
Daily Vehicle: AVS

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by triport13 »

erwinign wrote:
josomba wrote: Fri Oct 08, 2021 6:03 Boil sebulan lg berumur 6 tahun, sempet ngobrol2 ama kang mbah Marmut perihal radiator cap. Singkat cerita, mulai was2 juga mending replace walau belum ada bocor di sekitaran leher radiator. Terima kasih kang mbah marmut dah explore liatin padanan-nya buat mubil ogut.

20211008_090612.jpg
Baru kemarin saya jg ganti tutup radiator di ertiga om, terus juga mau cari cap radiator buat crv lama saya ke dealer resmi. Di honda tetep harus pesen buat barang kaya gitu :big_weee:
Beli radiator di tokoijo ada yg trusted ga ya om2? Kepikiran juga nih mau ganti, udh 130 rb km blm pernah ganti [emoji28]
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by josomba »

jsatriani wrote: Sun Oct 24, 2021 5:59
josomba wrote: Sun Oct 24, 2021 3:26
jsatriani wrote: Fri Oct 22, 2021 8:42

Siap om joe, pendapat nya di terima dengan baik krn om joe sy lihat lebih pengalaman miara mobil ini.

No 1 si oke om kalau harga nya masih kayak jaman mmi dulu, kalau sy ndak salah baca d forum lama salah satu senior pernah mentioned hrga masih under 100k/L.

No 2 kalau untuk ptt masih ada sedikit keraguan si om, kalau Q8 baik d olmes sm oltran masuk kasta oli keraton jdi sedikit ada concern d masalah price 🤣
Aisin patut d coba sih, toh oem nya pun minta bikin sm idemitsu meskipun bukan sm idemitsu sini.

No 3 itu ke konyolan yg kudu kita minimalisir si om, repot klo tunggu masalah dateng baru action, iya klo masalah nya dateng pas mobil masi d kandang, klo pas lagi d luar ya repot sendiri kita nya harus derek dsb nya.
Thanks for sharing n advice nya om joe 🙏

Btw urusan lower arm beres om? Sy lom sempet bongkar pasang nih om masi repot sm orok soale

Lower arm dah beres om, sekarang lg ada masalah ama blowe resistor. Kalau setel angin ac selain paling kenceng, speed naik turun ga jelas.

20211022_192903.jpg

Ada 1 pin ga ada resistance-nya nih. Lg mikir2 mau indent d beres (bakalan bulanan baru dateng), atau beli d ebay aja. Wkwk.
Gak nemu part kanibal dr mobil laen om? Ebay tu sampe ny cepet ga si om?
Atau ga coba liat bagian dalam nya om, biasa tukang elektronik indo jago dandanin ginian. Komponen nya om bsa cari yg high grade.
Partnya sama dengan cx5, 3, dan 6 seh om. Saya cek partsouq/ebay harganya USD122. Weekend mingdep mgkn mau cek beres dulu berapa.

Ebay kalau pake lowest shipping price biasa 1 bulan. Kalau expedite, bisa 2 minggu aja
Image
jsatriani
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: Thu Oct 15, 2020 0:50
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by jsatriani »

josomba wrote: Sun Oct 24, 2021 13:05
jsatriani wrote: Sun Oct 24, 2021 5:59
josomba wrote: Sun Oct 24, 2021 3:26


Lower arm dah beres om, sekarang lg ada masalah ama blowe resistor. Kalau setel angin ac selain paling kenceng, speed naik turun ga jelas.

20211022_192903.jpg

Ada 1 pin ga ada resistance-nya nih. Lg mikir2 mau indent d beres (bakalan bulanan baru dateng), atau beli d ebay aja. Wkwk.
Gak nemu part kanibal dr mobil laen om? Ebay tu sampe ny cepet ga si om?
Atau ga coba liat bagian dalam nya om, biasa tukang elektronik indo jago dandanin ginian. Komponen nya om bsa cari yg high grade.
Partnya sama dengan cx5, 3, dan 6 seh om. Saya cek partsouq/ebay harganya USD122. Weekend mingdep mgkn mau cek beres dulu berapa.

Ebay kalau pake lowest shipping price biasa 1 bulan. Kalau expedite, bisa 2 minggu aja
Transaksi ebay itu uda include custom fee semua ya om? Ongkir nya mahal2 kagak kayak di AliTopan.
Klo d alitopan tebak2 buah manggis, klo lagi kena apes d getok bea masuk nya suka lbh tinggi dr hrga real nya.

Om joe, olmes opal premium 0w pernah make di m2? Enak dan kuat brp lama maximal om?
Klo web luar opal ada produk opaljet fs yg claim nya si cocok buat skyactiv yg kata nya kompresi nya tinggi.
Coba cari di seller oli lokal kaga ada yg jual tp.
0EC87812-7896-4EBD-943A-EA63FB9D9416.png
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Mz175
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 200
Joined: Wed Jan 25, 2017 16:43

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by Mz175 »

https://www.team-bhp.com/news/why-you-s ... fluid-time
Mumpung lg bahas oli matic. Ada artikel bagus nih.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by josomba »

jsatriani wrote: Mon Oct 25, 2021 20:48
Transaksi ebay itu uda include custom fee semua ya om? Ongkir nya mahal2 kagak kayak di AliTopan.
Klo d alitopan tebak2 buah manggis, klo lagi kena apes d getok bea masuk nya suka lbh tinggi dr hrga real nya.

Om joe, olmes opal premium 0w pernah make di m2? Enak dan kuat brp lama maximal om?
Klo web luar opal ada produk opaljet fs yg claim nya si cocok buat skyactiv yg kata nya kompresi nya tinggi.
Coba cari di seller oli lokal kaga ada yg jual tp.

0EC87812-7896-4EBD-943A-EA63FB9D9416.png
ongkir tergantung dr lokasi penjualnya sih um. Kalau dr yurop/US rata2 >200 ribu per kilo-nya.

unil opal 0w20? pernah om, ada 6-7x pake. Saya pernah bahas + ada fotp2 jeroan di thread oli, tp entah page berapa. Kinclong clonggg jeroan mesin. Interval ganti antara 5-9 ribuan KM / 4-5 bulan. Sekarang lagi dominan WFH, saya malah pake oli eco2 aja cem aisin 0w-20, toh tiap 6 bulan juga pasti akan saya ganti. wkwk
Mz175 wrote: Tue Oct 26, 2021 0:18 https://www.team-bhp.com/news/why-you-s ... fluid-time
Mumpung lg bahas oli matic. Ada artikel bagus nih.
:big_exellent: :big_exellent:

Thank you buat bahan bacaannya um. Ogut baca2 dulu ah.
Image
jsatriani
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: Thu Oct 15, 2020 0:50
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by jsatriani »

josomba wrote: Tue Oct 26, 2021 2:12
jsatriani wrote: Mon Oct 25, 2021 20:48
Transaksi ebay itu uda include custom fee semua ya om? Ongkir nya mahal2 kagak kayak di AliTopan.
Klo d alitopan tebak2 buah manggis, klo lagi kena apes d getok bea masuk nya suka lbh tinggi dr hrga real nya.

Om joe, olmes opal premium 0w pernah make di m2? Enak dan kuat brp lama maximal om?
Klo web luar opal ada produk opaljet fs yg claim nya si cocok buat skyactiv yg kata nya kompresi nya tinggi.
Coba cari di seller oli lokal kaga ada yg jual tp.

0EC87812-7896-4EBD-943A-EA63FB9D9416.png
ongkir tergantung dr lokasi penjualnya sih um. Kalau dr yurop/US rata2 >200 ribu per kilo-nya.

unil opal 0w20? pernah om, ada 6-7x pake. Saya pernah bahas + ada fotp2 jeroan di thread oli, tp entah page berapa. Kinclong clonggg jeroan mesin. Interval ganti antara 5-9 ribuan KM / 4-5 bulan. Sekarang lagi dominan WFH, saya malah pake oli eco2 aja cem aisin 0w-20, toh tiap 6 bulan juga pasti akan saya ganti. wkwk
Mz175 wrote: Tue Oct 26, 2021 0:18 https://www.team-bhp.com/news/why-you-s ... fluid-time
Mumpung lg bahas oli matic. Ada artikel bagus nih.
:big_exellent: :big_exellent:

Thank you buat bahan bacaannya um. Ogut baca2 dulu ah.
Bener juga si om, klo lg banyak mangkrak mending make oli eko. Toh 6 bulan d drain jg meskipun km blm tercapai. Nice sharing nih.
Buat oli eco cem aisin, ptt n kerang eco which one the best nya om? Sy 6 bln terakhr ini jg cuma tercapai 2700km trus udah drain lg aja 🤦🏻
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by josomba »

jsatriani wrote: Wed Oct 27, 2021 6:07
josomba wrote: Tue Oct 26, 2021 2:12
jsatriani wrote: Mon Oct 25, 2021 20:48
Transaksi ebay itu uda include custom fee semua ya om? Ongkir nya mahal2 kagak kayak di AliTopan.
Klo d alitopan tebak2 buah manggis, klo lagi kena apes d getok bea masuk nya suka lbh tinggi dr hrga real nya.

Om joe, olmes opal premium 0w pernah make di m2? Enak dan kuat brp lama maximal om?
Klo web luar opal ada produk opaljet fs yg claim nya si cocok buat skyactiv yg kata nya kompresi nya tinggi.
Coba cari di seller oli lokal kaga ada yg jual tp.

0EC87812-7896-4EBD-943A-EA63FB9D9416.png
ongkir tergantung dr lokasi penjualnya sih um. Kalau dr yurop/US rata2 >200 ribu per kilo-nya.

unil opal 0w20? pernah om, ada 6-7x pake. Saya pernah bahas + ada fotp2 jeroan di thread oli, tp entah page berapa. Kinclong clonggg jeroan mesin. Interval ganti antara 5-9 ribuan KM / 4-5 bulan. Sekarang lagi dominan WFH, saya malah pake oli eco2 aja cem aisin 0w-20, toh tiap 6 bulan juga pasti akan saya ganti. wkwk
Mz175 wrote: Tue Oct 26, 2021 0:18 https://www.team-bhp.com/news/why-you-s ... fluid-time
Mumpung lg bahas oli matic. Ada artikel bagus nih.
:big_exellent: :big_exellent:

Thank you buat bahan bacaannya um. Ogut baca2 dulu ah.
Bener juga si om, klo lg banyak mangkrak mending make oli eko. Toh 6 bulan d drain jg meskipun km blm tercapai. Nice sharing nih.
Buat oli eco cem aisin, ptt n kerang eco which one the best nya om? Sy 6 bln terakhr ini jg cuma tercapai 2700km trus udah drain lg aja 🤦🏻
Kelas eco sih mana aja yg paling diskon sih om. Saya pake aisin 0-20 karena pas cmn 4L 260rb + 1L 70rb

:big_biglaugh:
Image
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by paidjho »

jsatriani wrote:
paidjho wrote: Sun Oct 10, 2021 13:40 Sudah pada update ecu belum?

Hari ini check up ama Mbah Bebonk @b8099ok , eh update an banyak juga, di beres kagak pernah diupdat.

Versi H shifting nya lebih enak, gak boyo lagi.
M2 tahun 2015.IMG_20211010_093237~2.jpg
Mhn izin om boleh bisikin budget firmware update nya dan apakah itu stock firmware official om?
Apakah semahal budget remap (asumsi sy proses nya sama di re flash hanya beda nya remap ada tuning parameter nya)
Langsung dm yg bersangkutan saja Om... yg pasti gak semahal remap..

Kalau update biasanya cuman update hanya penyempurnaan versi oem baik map ecu, bcm atau tranny, nggak di push seperti remap.

User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by darrelund »

paidjho wrote: Sun Oct 10, 2021 13:40 Sudah pada update ecu belum?

Hari ini check up ama Mbah Bebonk @b8099ok , eh update an banyak juga, di beres kagak pernah diupdat.

Versi H shifting nya lebih enak, gak boyo lagi.
M2 tahun 2015.IMG_20211010_093237~2.jpg
kalo mau update beginian kita bisa request di beres ga ya om?