2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Post Reply
fajarrian
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 268
Joined: 23 Dec 2020, 03:35
Daily Vehicle: xpander cross - suzuki splash

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by fajarrian »

applecart wrote: 26 May 2021, 18:47 Mazda 2 saya kemarin juga Skyactiv tapi R 2017. Confirmed isu yang dibahas TS juga saya alami tapi ga sampe ketemu solusinya seperti TS (setir krek-krek ketika diputar, pantat bisa ngebuang kalo lagi nyelip, AC saya ga bunyi nging tapi bau asem).
Ac bau asem biasanya gara2 pake parfum cair, nguap terus bikin lendir di evap
jsatriani
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: 15 Oct 2020, 07:50
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by jsatriani »

marmut wrote: 24 May 2021, 14:08
Volk wrote: 24 May 2021, 11:42 Ok saya coba ya bro liat2 dulu si busi nya..trus ganti sendiri apakah bisa?

gampang banget.

busi yang baru diperiksa dulu gap-nya pakai feeler blade/feeler gauge 1,1mm.

setelah busi lama dilepas semua, pasang satu per satu busi yang baru dan dikencangkan 17,5 n.m.
untuk baut c.o.p antara 8-9 n.m saja.

saat mengencangkan busi dan baut c.o.p, mesin harus dalam keadaan dingin.

semoga berhasil.
Maaf mbah marmut, boleh tau ga kalau kita liat di service atau workshop manual itu penjelasan soal torsi pengencangan baut tidak d tuliskan angka mutlak melainkan torsi range (cth : 15-20nm), nah oleh karena itu baik nya kita ambil nilai tengah nya atau maksimum? Mhn izin kalau berkenan sharing.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7584
Joined: 16 Oct 2013, 13:27

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by marmut »

jsatriani wrote: 12 Jun 2021, 00:36
Maaf mbah marmut, boleh tau ga kalau kita liat di service atau workshop manual itu penjelasan soal torsi pengencangan baut tidak d tuliskan angka mutlak melainkan torsi range (cth : 15-20nm), nah oleh karena itu baik nya kita ambil nilai tengah nya atau maksimum? Mhn izin kalau berkenan sharing.

bebas. yang penting nggak kurang dari angka minimum dan nggak lebih dari angka maksimum.
dan yang paling utama, ngencengin kondisi mesin dingin.
jsatriani
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: 15 Oct 2020, 07:50
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by jsatriani »

josomba wrote: 14 Aug 2019, 22:21
tesna wrote: 14 Aug 2019, 17:55 thanks sharingnya, itu bbm nya irit banget ya 1:14+ :O rute nya lewat tol ngga tuh?
Rute ada lewat tol...tp tolnya sendiri tau aja pagi-sore juga berasa kek jalanan biasa macet. Rute saya alam sutera-tanah abang (pas di foto atas itu), belakangan kantornya pindah ke area deket2 monas malah lebih irit lg karena ga kena macet tanah abang kalau malam harinya.

Ini per isi bensin hari ini
20190814_111043.jpg

20190814_222657.jpg

arinugroho14 wrote: 14 Aug 2019, 20:16 Terimakasih atas sharing nya
Kebetulan saya jga baru ganti shock blkg Mazda2 2010 ke KYB Excel-G. Dan engine mounting kanan (ganti ke 2kalinya sejak 2010, interval 4thn. Harga 600ribu)

Untuk shockbreaker depan apakah bisa di pasang juga di Mazda2 non sky?
Shock depan mzd2 sky dan non-sky bentuknya beda om. Untuk mzd2 lama apa ga coba pake Bilstein untuk bagian depan?
gaspol wrote: 14 Aug 2019, 21:25 Nganu om..shock depan mazda cx9 itu plug n play di mazda2 sky? Apa bunyi glodakannya hilang om? Karena saya pernah punya cx9 2013..jalan keriting glodak2 juga :big_think:
Yupp plug n play, dimensi n bentuk sama....saya taunya cx-9 juga karena search part numbernya aja. Kalau dr web ini malah buat cx-7 non-AWD https://www.tascaparts.com/oem-parts/ma ... -eh4434700

Abis ganti shock sih glodakan hilang....siang ini baru ganti tie rod pake merk CTR (buatan Korea) makin senyap lg, bunyi "jegluk" juga ilang.

20190813_060938.jpg
:big_smoking:
Bang jo, bgmn kondisi rack end n tie rod ctr dr 2019 sd skrg?
Sy sdh mau peremajaan kaki2 ni om, untuk ctr sy baca2 dy oem(maker) part nya produk vehicle nya GM, sprti nya si good n bonapit.
Oh ya om, kalau boleh sharing untuk bushing arem2 ada part interchangeable ga om dr mobik laen, sy kepingin coba make punya mobil laen yg bahan PU kalu ada yg ukuran nya pas.
Punya m2 lama klau nda salah ada deh bushing arem yg uda bahan PU, cuma belom tau dimensi nya sama atau gak.
Trims dan mohon pencerahan 🙏
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2085
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by josomba »

jsatriani wrote: 12 Jun 2021, 14:38
Bang jo, bgmn kondisi rack end n tie rod ctr dr 2019 sd skrg?
Sy sdh mau peremajaan kaki2 ni om, untuk ctr sy baca2 dy oem(maker) part nya produk vehicle nya GM, sprti nya si good n bonapit.
Oh ya om, kalau boleh sharing untuk bushing arem2 ada part interchangeable ga om dr mobik laen, sy kepingin coba make punya mobil laen yg bahan PU kalu ada yg ukuran nya pas.
Punya m2 lama klau nda salah ada deh bushing arem yg uda bahan PU, cuma belom tau dimensi nya sama atau gak.
Trims dan mohon pencerahan 🙏
Saya ctr pake bentar, bukan karena rusak terus diganti. :big_biglaugh:

Memang pgn coba full 555 aja. Jadi sekarang si ctr ngejogrog di lemari.

Kalau mau pake PU kenapa ga bikin aja om? Jantra/Uban Jaya atau sebangsanya harusnya bisa (CMIIW mbah marmut). Kalau mau ganti bushing arm sekalian ball joint-nya juga tuh. Sekalian tuh om link stabil ama bushing2nya juga bikin dr PU. Tp mgkn mobil kek gerobak kali ya lewat jalan jelek :ungg:

Bisa mirip gini ya, saya juga bulan depan memang mau ganti bushing arm sih nih, pake karet juga tp merk RBI. Dah 105rb KM rasanya gatel pgn ganti bushing arm, padahal sih belum ada retak gede :big_weee:
Image
jsatriani
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: 15 Oct 2020, 07:50
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by jsatriani »

josomba wrote: 12 Jun 2021, 19:34
jsatriani wrote: 12 Jun 2021, 14:38
Bang jo, bgmn kondisi rack end n tie rod ctr dr 2019 sd skrg?
Sy sdh mau peremajaan kaki2 ni om, untuk ctr sy baca2 dy oem(maker) part nya produk vehicle nya GM, sprti nya si good n bonapit.
Oh ya om, kalau boleh sharing untuk bushing arem2 ada part interchangeable ga om dr mobik laen, sy kepingin coba make punya mobil laen yg bahan PU kalu ada yg ukuran nya pas.
Punya m2 lama klau nda salah ada deh bushing arem yg uda bahan PU, cuma belom tau dimensi nya sama atau gak.
Trims dan mohon pencerahan 🙏
Saya ctr pake bentar, bukan karena rusak terus diganti. :big_biglaugh:

Memang pgn coba full 555 aja. Jadi sekarang si ctr ngejogrog di lemari.

Kalau mau pake PU kenapa ga bikin aja om? Jantra/Uban Jaya atau sebangsanya harusnya bisa (CMIIW mbah marmut). Kalau mau ganti bushing arm sekalian ball joint-nya juga tuh. Sekalian tuh om link stabil ama bushing2nya juga bikin dr PU. Tp mgkn mobil kek gerobak kali ya lewat jalan jelek :ungg:

Bisa mirip gini ya, saya juga bulan depan memang mau ganti bushing arm sih nih, pake karet juga tp merk RBI. Dah 105rb KM rasanya gatel pgn ganti bushing arm, padahal sih belum ada retak gede :big_weee:
Baru tau om klo bsa minta bikin, uban jaya pernah liat d yutup. Klo d domisili ane info nya bsa ke sinarmas akiong, cuma rada mahal sih kata nya.

Hehe bsa aja om jo nih, yakali link stabil make PU om. Kalau karet stabil iya sy uda coba om make PU yg warna merah d toko ijo. Memang body roll berkurang signifikan, sblm ganti sy memang udah ada keluhan om kalo kenceng itu limbung, setelah ganti so far aman. Termasuk link stabil kmrn jg ganti make merk trw nya mazda 2 lama/fiesta, kalau cek d data spek teknis nya si ctr si (sbg referensi) ukuran semua sama dr panjang stud ke stud kemudian diameter stud nya, hanya beda di pitch saja kalu merk ctr yg memang buat m2 dl/dj itu sama dengan ori nya pake pitch 1.25 sedangkan trw untuk fiesta itu pitch 1,5 tetapi untung nya baut sudah include dlm paket penjualan.

Klo si om ganti bushing arem2 sih wajar jalan uda ratusan km begitu, sy km baru 41rb om. Naek seceng aja lama om, krn jarang keluar. Jadi bushing2 an nya itu bukan getas krn di pake tp krn banyak diem n kena perubahan cuaca.
Btw untuk bushing arem2 sy kepikiran make PU krn terinspirasi aja si om felix yutuber cx5 abis ganti smua bushing arem make PU, pikir sy lebih rigid ngurangin glodakan krn ban sy jg standar, kurang angin aja godek ban nya.
Nah kalau rbi gmn om selama pakai awet n senyap om? Sy ada lihat merk dmr taiwan sprti nya si bagus tp hrga lumayan d bawah rbi.
Trims om sharing nya. 🙏
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7584
Joined: 16 Oct 2013, 13:27

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by marmut »

jsatriani wrote: 12 Jun 2021, 14:38 sy kepingin coba make punya mobil laen yg bahan PU kalu ada yg ukuran nya pas.
Punya m2 lama klau nda salah ada deh bushing arem yg uda bahan PU, cuma belom tau dimensi nya sama atau gak.
Trims dan mohon pencerahan 🙏

pake bushing PU buat tunggangan harian? yakin?
saya belum lama ini nyoba mobil yang bushingnya PU, jalan datar mulus plus sedikit paving blok dengan jarak nggak sampe 200 meter, sukses bikin cross joint saya gringgingen....
jsatriani
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: 15 Oct 2020, 07:50
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by jsatriani »

marmut wrote: 12 Jun 2021, 22:04
jsatriani wrote: 12 Jun 2021, 14:38 sy kepingin coba make punya mobil laen yg bahan PU kalu ada yg ukuran nya pas.
Punya m2 lama klau nda salah ada deh bushing arem yg uda bahan PU, cuma belom tau dimensi nya sama atau gak.
Trims dan mohon pencerahan 🙏

pake bushing PU buat tunggangan harian? yakin?
saya belum lama ini nyoba mobil yang bushingnya PU, jalan datar mulus plus sedikit paving blok dengan jarak nggak sampe 200 meter, sukses bikin cross joint saya gringgingen....
Penasaran mawon mbah pingin tau rasa nya.
Cuma klo menurut mbah sbg pakar kurang nyaman ya paling tak lari ke karet lagi aja mbah sesuai asal nya.
Suwun mbah 🙏
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2085
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by josomba »

jsatriani wrote: 12 Jun 2021, 20:02
Baru tau om klo bsa minta bikin, uban jaya pernah liat d yutup. Klo d domisili ane info nya bsa ke sinarmas akiong, cuma rada mahal sih kata nya.

Hehe bsa aja om jo nih, yakali link stabil make PU om. Kalau karet stabil iya sy uda coba om make PU yg warna merah d toko ijo. Memang body roll berkurang signifikan, sblm ganti sy memang udah ada keluhan om kalo kenceng itu limbung, setelah ganti so far aman. Termasuk link stabil kmrn jg ganti make merk trw nya mazda 2 lama/fiesta, kalau cek d data spek teknis nya si ctr si (sbg referensi) ukuran semua sama dr panjang stud ke stud kemudian diameter stud nya, hanya beda di pitch saja kalu merk ctr yg memang buat m2 dl/dj itu sama dengan ori nya pake pitch 1.25 sedangkan trw untuk fiesta itu pitch 1,5 tetapi untung nya baut sudah include dlm paket penjualan.

Klo si om ganti bushing arem2 sih wajar jalan uda ratusan km begitu, sy km baru 41rb om. Naek seceng aja lama om, krn jarang keluar. Jadi bushing2 an nya itu bukan getas krn di pake tp krn banyak diem n kena perubahan cuaca.
Btw untuk bushing arem2 sy kepikiran make PU krn terinspirasi aja si om felix yutuber cx5 abis ganti smua bushing arem make PU, pikir sy lebih rigid ngurangin glodakan krn ban sy jg standar, kurang angin aja godek ban nya.
Nah kalau rbi gmn om selama pakai awet n senyap om? Sy ada lihat merk dmr taiwan sprti nya si bagus tp hrga lumayan d bawah rbi.
Trims om sharing nya. 🙏
Wah pake trw. Beli dr amazon/ebay om?

Kalau glodakan, keknya bakal makin parah deh kalau pake PU. Kan getaran dr jalan jd ga diserap sama bushing2 hahaha.

Saya belum pake om si bushing rbi ini, akhir bulan baru mau beli n press. Paling bulan depan paling baru mau bawa ke mbah marmut buat pasang :ungg:
Image
User avatar
Omnibus
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7106
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by Omnibus »

josomba wrote: 13 Jun 2021, 09:54
......

Saya belum pake om si bushing rbi ini, akhir bulan baru mau beli n press. Paling bulan depan paling baru mau bawa ke mbah marmut buat pasang :ungg:
mbah, mobil ngana kayanya ganti2 bushing udah bbrp kali ya? rusak terus atau iseng belum puas2?
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2085
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by josomba »

Omnibus wrote: 13 Jun 2021, 11:27
josomba wrote: 13 Jun 2021, 09:54
......

Saya belum pake om si bushing rbi ini, akhir bulan baru mau beli n press. Paling bulan depan paling baru mau bawa ke mbah marmut buat pasang :ungg:
mbah, mobil ngana kayanya ganti2 bushing udah bbrp kali ya? rusak terus atau iseng belum puas2?
Kita orang belum eksekusi mbah buat bushing lower arm dr bulan lalu. Ini perdana mbah. :big_biglaugh:
Image
User avatar
Omnibus
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7106
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by Omnibus »

josomba wrote: 13 Jun 2021, 11:38
Omnibus wrote: 13 Jun 2021, 11:27
josomba wrote: 13 Jun 2021, 09:54
......

Saya belum pake om si bushing rbi ini, akhir bulan baru mau beli n press. Paling bulan depan paling baru mau bawa ke mbah marmut buat pasang :ungg:
mbah, mobil ngana kayanya ganti2 bushing udah bbrp kali ya? rusak terus atau iseng belum puas2?
Kita orang belum eksekusi mbah buat bushing lower arm dr bulan lalu. Ini perdana mbah. :big_biglaugh:
wohohoho salah ingatan sy nih. mungkin krn baca di forum bushing melulu akhir2 ini. :big_blushing:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7584
Joined: 16 Oct 2013, 13:27

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by marmut »

Omnibus wrote: 13 Jun 2021, 11:52
wohohoho salah ingatan sy nih. mungkin krn baca di forum bushing melulu akhir2 ini. :big_blushing:

yang sudah pernah ganti bol yoin.
sudah saya ajarin mbah untuk beli trekker husus bushing dan bol yoin, tapi ybs enggan sepertinya.
bisa jadi masih dalam suasana pengantin baru, jadi lebih konsentrasi untuk balancing dan centering as kopel...


:ngacir:
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2085
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by josomba »

marmut wrote: 13 Jun 2021, 13:57
Omnibus wrote: 13 Jun 2021, 11:52
wohohoho salah ingatan sy nih. mungkin krn baca di forum bushing melulu akhir2 ini. :big_blushing:

yang sudah pernah ganti bol yoin.
sudah saya ajarin mbah untuk beli trekker husus bushing dan bol yoin, tapi ybs enggan sepertinya.
bisa jadi masih dalam suasana pengantin baru, jadi lebih konsentrasi untuk balancing dan centering as kopel...


:ngacir:
:snipersmile: :frm_snipper:
Image
jsatriani
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: 15 Oct 2020, 07:50
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by jsatriani »

josomba wrote: 13 Jun 2021, 09:54
jsatriani wrote: 12 Jun 2021, 20:02
Baru tau om klo bsa minta bikin, uban jaya pernah liat d yutup. Klo d domisili ane info nya bsa ke sinarmas akiong, cuma rada mahal sih kata nya.

Hehe bsa aja om jo nih, yakali link stabil make PU om. Kalau karet stabil iya sy uda coba om make PU yg warna merah d toko ijo. Memang body roll berkurang signifikan, sblm ganti sy memang udah ada keluhan om kalo kenceng itu limbung, setelah ganti so far aman. Termasuk link stabil kmrn jg ganti make merk trw nya mazda 2 lama/fiesta, kalau cek d data spek teknis nya si ctr si (sbg referensi) ukuran semua sama dr panjang stud ke stud kemudian diameter stud nya, hanya beda di pitch saja kalu merk ctr yg memang buat m2 dl/dj itu sama dengan ori nya pake pitch 1.25 sedangkan trw untuk fiesta itu pitch 1,5 tetapi untung nya baut sudah include dlm paket penjualan.

Klo si om ganti bushing arem2 sih wajar jalan uda ratusan km begitu, sy km baru 41rb om. Naek seceng aja lama om, krn jarang keluar. Jadi bushing2 an nya itu bukan getas krn di pake tp krn banyak diem n kena perubahan cuaca.
Btw untuk bushing arem2 sy kepikiran make PU krn terinspirasi aja si om felix yutuber cx5 abis ganti smua bushing arem make PU, pikir sy lebih rigid ngurangin glodakan krn ban sy jg standar, kurang angin aja godek ban nya.
Nah kalau rbi gmn om selama pakai awet n senyap om? Sy ada lihat merk dmr taiwan sprti nya si bagus tp hrga lumayan d bawah rbi.
Trims om sharing nya. 🙏
Wah pake trw. Beli dr amazon/ebay om?

Kalau glodakan, keknya bakal makin parah deh kalau pake PU. Kan getaran dr jalan jd ga diserap sama bushing2 hahaha.

Saya belum pake om si bushing rbi ini, akhir bulan baru mau beli n press. Paling bulan depan paling baru mau bawa ke mbah marmut buat pasang :ungg:
Nemu di toko ijo om jo trw, tadi nya smpt ragu jg tkt gaberes, pas terima barang sy video unbox memanf betul ori n daleman masi plastikan trw bner2.
Coba om jo intip di rotiku_co_id nama toko d toko ijo.
Om jo bsa make punya belakang nya si tribute 323 jg.
Ogut uda cek d web trw nya jg spek sama plek, malah pitch ulir nya dy sama ama ori mazda pake 1.25.

Oh ya om klo cari drive belt gates yg lengkap dmn ya?
Drive belt kecil sy masi make punya nya cx3 ni yg panjang 798 atau kode part nya gates 3pk798sf. Harus nya punya m2 make 790. So far si lom ada masalah meskipun lbh panjan 8mm.
Kalo drive belt besar sy make gates uda ukuran yg bener di 6pk950 (dapet d toko merah cm 1 org yg jual).
Mayan saving cost jauh om d banding make ori yg uda made in prc juga.

Apa mau bareng om ngurus arem2 nya? Kita satronin dah mbah marmut. Om jo make rbi sy make dmr taiwan, nanti tinggal head to head mana yg ancur dluan. Hehe :big_biglaugh:
Sy sklian cobain bol yoin nya si trw pas ganti bushing arem.
Trw m2 lama/fiesta
Trw m2 lama/fiesta
F1CF6E5B-67F6-49C2-ACCF-00A6C67D9354.jpeg (1.13 MiB) Viewed 210 times
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2085
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by josomba »

jsatriani wrote: 14 Jun 2021, 01:50
Nemu di toko ijo om jo trw, tadi nya smpt ragu jg tkt gaberes, pas terima barang sy video unbox memanf betul ori n daleman masi plastikan trw bner2.
Coba om jo intip di rotiku_co_id nama toko d toko ijo.
Om jo bsa make punya belakang nya si tribute 323 jg.
Ogut uda cek d web trw nya jg spek sama plek, malah pitch ulir nya dy sama ama ori mazda pake 1.25.

Oh ya om klo cari drive belt gates yg lengkap dmn ya?
Drive belt kecil sy masi make punya nya cx3 ni yg panjang 798 atau kode part nya gates 3pk798sf. Harus nya punya m2 make 790. So far si lom ada masalah meskipun lbh panjan 8mm.
Kalo drive belt besar sy make gates uda ukuran yg bener di 6pk950 (dapet d toko merah cm 1 org yg jual).
Mayan saving cost jauh om d banding make ori yg uda made in prc juga.

Apa mau bareng om ngurus arem2 nya? Kita satronin dah mbah marmut. Om jo make rbi sy make dmr taiwan, nanti tinggal head to head mana yg ancur dluan. Hehe :big_biglaugh:
Sy sklian cobain bol yoin nya si trw pas ganti bushing arem.

F1CF6E5B-67F6-49C2-ACCF-00A6C67D9354.jpeg
Mantap, thank you infonya om. Om bahkan sampe ubek2 liat interchangeable part ke 323 segala ya hahaha. Saya palingan cmn bandingin ke gen sebelum ajah.

Saya terakhir ganti belt beli di "indonesia jaya" d tokped sih om. Harganya tuh toko ga beda jauh2 amat sih ama BeRes. Cuman pas ke salah satu BeRes d tangsel kudu indent2 dulu, ah sudah lah beli onlen + promo, melipir ke mbah marmut deh.

Begh ball joint pun mau pake trw. Kalau di kasus saya, balljoint pake 555, pas dah jalan 40k coba dicek bersama mbah marmut sih masih "cukup" sulit digerak2in pake tangan.

Jadi owe tidak berpindah lain hati deh kalau ball joint.

Beda halnya link stabil, nah si 555 ini ga ada bedanya ama bawaan oem. 30ribuan dah otek2. Sekarang pake mazda 2 lama punya, masih baru jalan 20 ribuan km seh...
Image
User avatar
Omnibus
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7106
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by Omnibus »

josomba wrote: 14 Jun 2021, 11:19
Beda halnya link stabil, nah si 555 ini ga ada bedanya ama bawaan oem. 30ribuan dah otek2. Sekarang pake mazda 2 lama punya, masih baru jalan 20 ribuan km seh...
ane link stabil part baru langsung pencet keluar grease nya trus ganti sm grease merk nganu. dia kayanya bawaan pake silicone grease krn biar rubber friendly. tp silicone grease ga punya EP additive (extreme pressure) yg fungsinya tetep tacky kl nahan benturan. makanya umur ga panjang tuh link stabil. mungkin kl grease nya yg ada EP tp jg relative rubber friendly bisa tahan agak lamaan mbah.

*betul2 kesotoyan tingkat tinggi ane aja sih. :mky_01: :weekk:
jsatriani
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: 15 Oct 2020, 07:50
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by jsatriani »

josomba wrote: 14 Jun 2021, 11:19
jsatriani wrote: 14 Jun 2021, 01:50
Nemu di toko ijo om jo trw, tadi nya smpt ragu jg tkt gaberes, pas terima barang sy video unbox memanf betul ori n daleman masi plastikan trw bner2.
Coba om jo intip di rotiku_co_id nama toko d toko ijo.
Om jo bsa make punya belakang nya si tribute 323 jg.
Ogut uda cek d web trw nya jg spek sama plek, malah pitch ulir nya dy sama ama ori mazda pake 1.25.

Oh ya om klo cari drive belt gates yg lengkap dmn ya?
Drive belt kecil sy masi make punya nya cx3 ni yg panjang 798 atau kode part nya gates 3pk798sf. Harus nya punya m2 make 790. So far si lom ada masalah meskipun lbh panjan 8mm.
Kalo drive belt besar sy make gates uda ukuran yg bener di 6pk950 (dapet d toko merah cm 1 org yg jual).
Mayan saving cost jauh om d banding make ori yg uda made in prc juga.

Apa mau bareng om ngurus arem2 nya? Kita satronin dah mbah marmut. Om jo make rbi sy make dmr taiwan, nanti tinggal head to head mana yg ancur dluan. Hehe :big_biglaugh:
Sy sklian cobain bol yoin nya si trw pas ganti bushing arem.

F1CF6E5B-67F6-49C2-ACCF-00A6C67D9354.jpeg
Mantap, thank you infonya om. Om bahkan sampe ubek2 liat interchangeable part ke 323 segala ya hahaha. Saya palingan cmn bandingin ke gen sebelum ajah.

Saya terakhir ganti belt beli di "indonesia jaya" d tokped sih om. Harganya tuh toko ga beda jauh2 amat sih ama BeRes. Cuman pas ke salah satu BeRes d tangsel kudu indent2 dulu, ah sudah lah beli onlen + promo, melipir ke mbah marmut deh.

Begh ball joint pun mau pake trw. Kalau di kasus saya, balljoint pake 555, pas dah jalan 40k coba dicek bersama mbah marmut sih masih "cukup" sulit digerak2in pake tangan.

Jadi owe tidak berpindah lain hati deh kalau ball joint.

Beda halnya link stabil, nah si 555 ini ga ada bedanya ama bawaan oem. 30ribuan dah otek2. Sekarang pake mazda 2 lama punya, masih baru jalan 20 ribuan km seh...
Iseng om, u know lah om megang mazda itu ketersediaan part bukan jadi satu2 nya kendala, harga pun jadi concern yang agak gmn gtu. Kalo ngeliat bawaan nya pengen ngusep2 dada aja :big_biglaugh:
Gausa link stabil om, karet2 an nya aja untuk stopper hrga nya terbilang mahal sih untuk sebuah karet. Sementara d negara tetangga kita karet2 an begitu avilability nya ckup oke, bahkan kyb jual dan untuk harga per pasang nya kalau d rupiahin masi affordable dari harga ori.
Untung si ketolong ama ctr n trw om, sebab d web mereka tiap part nya itu ada detail spek dan common kmn aja (khusus nya ctr).
Klo untuk trw ane liat tiap part masi berdiri masing2, depend to mobil nya atau oem part number nya.
Sedangkan 555 dan brand lain si ane blom pernah nemu d web nya ada detil spek macem ukuran, size drat dan pitch drat nya, hanya sebatas common nya ke mobil yg mana aja.
Next si mau coba blower belakang nya inova sprti nya interchangeable dan arah spin nya sama, pait2 ukuran frame selisih +- bbrp cm ya pling motor fan nya sy cabut pasang ke frame ori. Kalau beli ori mah usap dada deh harga nya buat blower ac doang.
Oh ya om soal shock shock an gmn om, strut mounting depan belakang n rubber2 an apakah ada yg common ke sesama mazda lain atau mungkin mobil laen? Klu berkenan d share om 🙏
jsatriani
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: 15 Oct 2020, 07:50
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by jsatriani »

Omnibus wrote: 14 Jun 2021, 11:37
josomba wrote: 14 Jun 2021, 11:19
Beda halnya link stabil, nah si 555 ini ga ada bedanya ama bawaan oem. 30ribuan dah otek2. Sekarang pake mazda 2 lama punya, masih baru jalan 20 ribuan km seh...
ane link stabil part baru langsung pencet keluar grease nya trus ganti sm grease merk nganu. dia kayanya bawaan pake silicone grease krn biar rubber friendly. tp silicone grease ga punya EP additive (extreme pressure) yg fungsinya tetep tacky kl nahan benturan. makanya umur ga panjang tuh link stabil. mungkin kl grease nya yg ada EP tp jg relative rubber friendly bisa tahan agak lamaan mbah.

*betul2 kesotoyan tingkat tinggi ane aja sih. :mky_01: :weekk:
Nah sy sepemikiran ama om omnibus nih, kmrn pas link stabil baru dateng langsung bengkek boot nya n ganti pake grease heavy duty. Saya ada dugaan ke arah kualitas grease yg seada nya sih, belom sampe mikir ke arah isi komponen penyusun grease nya.
Mudah2 an awet dah om make grease sendiri dr baru.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2085
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by josomba »

Omnibus wrote: 14 Jun 2021, 11:37
ane link stabil part baru langsung pencet keluar grease nya trus ganti sm grease merk nganu. dia kayanya bawaan pake silicone grease krn biar rubber friendly. tp silicone grease ga punya EP additive (extreme pressure) yg fungsinya tetep tacky kl nahan benturan. makanya umur ga panjang tuh link stabil. mungkin kl grease nya yg ada EP tp jg relative rubber friendly bisa tahan agak lamaan mbah.

*betul2 kesotoyan tingkat tinggi ane aja sih. :mky_01: :weekk:
Mohon maap nih, mana ada Ombibus Way itu sotoy. Pasti perkataan sudah berdasarkan artikel2 or at least factory book bekas ngana bekerja dulu :big_weee: :big_weee:

Btt, ngmg2 grease. Cmiiw ya mbah, jd dunia grease nih sbenernya makin heavy duty makin not rubber friendly ya mbah? Karena makin banyak kandungan petroleum distillate kah?
Image
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2085
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by josomba »

jsatriani wrote: 14 Jun 2021, 13:40
Iseng om, u know lah om megang mazda itu ketersediaan part bukan jadi satu2 nya kendala, harga pun jadi concern yang agak gmn gtu. Kalo ngeliat bawaan nya pengen ngusep2 dada aja :big_biglaugh:
Gausa link stabil om, karet2 an nya aja untuk stopper hrga nya terbilang mahal sih untuk sebuah karet. Sementara d negara tetangga kita karet2 an begitu avilability nya ckup oke, bahkan kyb jual dan untuk harga per pasang nya kalau d rupiahin masi affordable dari harga ori.
Untung si ketolong ama ctr n trw om, sebab d web mereka tiap part nya itu ada detail spek dan common kmn aja (khusus nya ctr).
Klo untuk trw ane liat tiap part masi berdiri masing2, depend to mobil nya atau oem part number nya.
Sedangkan 555 dan brand lain si ane blom pernah nemu d web nya ada detil spek macem ukuran, size drat dan pitch drat nya, hanya sebatas common nya ke mobil yg mana aja.
Next si mau coba blower belakang nya inova sprti nya interchangeable dan arah spin nya sama, pait2 ukuran frame selisih +- bbrp cm ya pling motor fan nya sy cabut pasang ke frame ori. Kalau beli ori mah usap dada deh harga nya buat blower ac doang.
Oh ya om soal shock shock an gmn om, strut mounting depan belakang n rubber2 an apakah ada yg common ke sesama mazda lain atau mungkin mobil laen? Klu berkenan d share om 🙏
Wkwkwkwkk. Yah oem kalau mahal tp awet sih buat saya gapapa ya. Masalahnya ini di mazda punya part untuk kaki2 tidak sebanding :big_biglaugh:

Yes kalau 555 d e-catalognya hanya sebut compatibility ke mobil apa aja doang. Ga ada full spec-nya.

Blower ac kenapa om? Mulai ada dengung? Kalau iya, buka baut bawah blower yg persis disamping motor-nya terus semprot silicone (tp kudu 6 bulan sekali respray) atau pake white lithium grease spray (ini mayan awet sih dah 1.5 tahunan belum dengung lg)

Shock mount dan shock bearing interchangeable sama cx3 or cx5.

Kalau merk alternatip shock mount ada sih si lucratec gitu (180 rb per pcs). Shock bearing bisa pake Unifar juga (lupa berapa ni satunya). Khusus shock bearing, asal bolanya ga rusak, regrease aja. Terakhir ke mbah marmut, beliau sarankan saya pake Timken. Yaudin saya bawain timken dah.

Shock depan belakang bs pake monroe oes or jamex om.
Image
jsatriani
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: 15 Oct 2020, 07:50
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by jsatriani »

josomba wrote: 14 Jun 2021, 14:04
jsatriani wrote: 14 Jun 2021, 13:40
Iseng om, u know lah om megang mazda itu ketersediaan part bukan jadi satu2 nya kendala, harga pun jadi concern yang agak gmn gtu. Kalo ngeliat bawaan nya pengen ngusep2 dada aja :big_biglaugh:
Gausa link stabil om, karet2 an nya aja untuk stopper hrga nya terbilang mahal sih untuk sebuah karet. Sementara d negara tetangga kita karet2 an begitu avilability nya ckup oke, bahkan kyb jual dan untuk harga per pasang nya kalau d rupiahin masi affordable dari harga ori.
Untung si ketolong ama ctr n trw om, sebab d web mereka tiap part nya itu ada detail spek dan common kmn aja (khusus nya ctr).
Klo untuk trw ane liat tiap part masi berdiri masing2, depend to mobil nya atau oem part number nya.
Sedangkan 555 dan brand lain si ane blom pernah nemu d web nya ada detil spek macem ukuran, size drat dan pitch drat nya, hanya sebatas common nya ke mobil yg mana aja.
Next si mau coba blower belakang nya inova sprti nya interchangeable dan arah spin nya sama, pait2 ukuran frame selisih +- bbrp cm ya pling motor fan nya sy cabut pasang ke frame ori. Kalau beli ori mah usap dada deh harga nya buat blower ac doang.
Oh ya om soal shock shock an gmn om, strut mounting depan belakang n rubber2 an apakah ada yg common ke sesama mazda lain atau mungkin mobil laen? Klu berkenan d share om 🙏
Wkwkwkwkk. Yah oem kalau mahal tp awet sih buat saya gapapa ya. Masalahnya ini di mazda punya part untuk kaki2 tidak sebanding :big_biglaugh:

Yes kalau 555 d e-catalognya hanya sebut compatibility ke mobil apa aja doang. Ga ada full spec-nya.

Blower ac kenapa om? Mulai ada dengung? Kalau iya, buka baut bawah blower yg persis disamping motor-nya terus semprot silicone (tp kudu 6 bulan sekali respray) atau pake white lithium grease spray (ini mayan awet sih dah 1.5 tahunan belum dengung lg)

Shock mount dan shock bearing interchangeable sama cx3 or cx5.

Kalau merk alternatip shock mount ada sih si lucratec gitu (180 rb per pcs). Shock bearing bisa pake Unifar juga (lupa berapa ni satunya). Khusus shock bearing, asal bolanya ga rusak, regrease aja. Terakhir ke mbah marmut, beliau sarankan saya pake Timken. Yaudin saya bawain timken dah.

Shock depan belakang bs pake monroe oes or jamex om.
Hahaha itu dy om mehong klo sebanding oke si masi bsa d terima n pasrah tp tetep sambil usap dada :big_biglaugh:
Klau compare sama mobil temen sekelas sunyi bener gada bunyi2 kayak d m2. Tp memang impresi futuristik fun to drive saat masuk ya memang m2 gada dua nya, terlebih udah bukan pedal gantung untuk gas nya, sprti bmw punya. Bikin kaki adem aja rebahan d bawah. Ini yg ga ada d mobil laen yg sekelas, bahkan vw scirocco aja klo ga salh sy pernah liat masi pedal gantung.

Strut mount depan make kw2 an lumayan awet ga om?
Sy yg payah ini d stopper belakang udah ada keliatan pattern retak meski belom parah.
Untuk stopper depan pernah cek masi bersih sprti baru n tanpa retak atau kerutan. Hanya bagian strut mount nya aja belum sempat cek karena area nya sulit d lihat mata telanjang, harus lepas shock sprti nya kalau mau cek betul2.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2085
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by josomba »

jsatriani wrote: 14 Jun 2021, 14:16
Hahaha itu dy om mehong klo sebanding oke si masi bsa d terima n pasrah tp tetep sambil usap dada :big_biglaugh:
Klau compare sama mobil temen sekelas sunyi bener gada bunyi2 kayak d m2. Tp memang impresi futuristik fun to drive saat masuk ya memang m2 gada dua nya, terlebih udah bukan pedal gantung untuk gas nya, sprti bmw punya. Bikin kaki adem aja rebahan d bawah. Ini yg ga ada d mobil laen yg sekelas, bahkan vw scirocco aja klo ga salh sy pernah liat masi pedal gantung.

Strut mount depan make kw2 an lumayan awet ga om?
Sy yg payah ini d stopper belakang udah ada keliatan pattern retak meski belom parah.
Untuk stopper depan pernah cek masi bersih sprti baru n tanpa retak atau kerutan. Hanya bagian strut mount nya aja belum sempat cek karena area nya sulit d lihat mata telanjang, harus lepas shock sprti nya kalau mau cek betul2.
Aman kok om...

Malah ini ada kesalahan diri sendiri aja, ngencengin pake ratchet sampe mur-nya dol :big_weee:

Maklum belum punya TW waktu ntuh.

Masalah futuristik dll, tergantung selera juga sih ya. Yg bikin ane susah move on buat ganti masalah fuel cons nih. Nyetir mayan sruntulan ampe alarm alami di sebelah bunyi, kombinasi dalkot + tol, rata2 di kisaran 1:15-16
20210614_143311.jpg
20210614_143311.jpg (380.8 KiB) Viewed 139 times
Ni tadi pagi isi bensin petromax. Mid 1:16.1, full to full 1:15.9.

Selama ini pelihara cenggo dengan rute relatif sama ga pernah > 1:12 sih. :big_slap:
Image
jsatriani
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: 15 Oct 2020, 07:50
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by jsatriani »

josomba wrote: 14 Jun 2021, 14:31
jsatriani wrote: 14 Jun 2021, 14:16
Hahaha itu dy om mehong klo sebanding oke si masi bsa d terima n pasrah tp tetep sambil usap dada :big_biglaugh:
Klau compare sama mobil temen sekelas sunyi bener gada bunyi2 kayak d m2. Tp memang impresi futuristik fun to drive saat masuk ya memang m2 gada dua nya, terlebih udah bukan pedal gantung untuk gas nya, sprti bmw punya. Bikin kaki adem aja rebahan d bawah. Ini yg ga ada d mobil laen yg sekelas, bahkan vw scirocco aja klo ga salh sy pernah liat masi pedal gantung.

Strut mount depan make kw2 an lumayan awet ga om?
Sy yg payah ini d stopper belakang udah ada keliatan pattern retak meski belom parah.
Untuk stopper depan pernah cek masi bersih sprti baru n tanpa retak atau kerutan. Hanya bagian strut mount nya aja belum sempat cek karena area nya sulit d lihat mata telanjang, harus lepas shock sprti nya kalau mau cek betul2.
Aman kok om...

Malah ini ada kesalahan diri sendiri aja, ngencengin pake ratchet sampe mur-nya dol :big_weee:

Maklum belum punya TW waktu ntuh.

Masalah futuristik dll, tergantung selera juga sih ya. Yg bikin ane susah move on buat ganti masalah fuel cons nih. Nyetir mayan sruntulan ampe alarm alami di sebelah bunyi, kombinasi dalkot + tol, rata2 di kisaran 1:15-16

20210614_143311.jpg
Ni tadi pagi isi bensin petromax. Mid 1:16.1, full to full 1:15.9.

Selama ini pelihara cenggo dengan rute relatif sama ga pernah > 1:12 sih. :big_slap:
Mantap, sy blom pernah ngeh sampe ke situ om konsumsi bbm. Maklum jarang kluar om mobil jdi ga terlalu berasa sprti yg rutin keluar.
Oh ya lupa om, sy lupa ada mau tanya masalah oli kompresor om, cari tipe oli sesuai yg d minta d label valeo tp ga nemu. D google nemu crossreference nya bsa make denso nd9 atau sanden sp20, cm sejauh ini belom pernah nemu artikel user mazda yg sdh pernah replace oli kompresor kecuali ganti kompresor nya atau kondensor si banyak kasus nya 🤣
Sama soal freon, yg bagus makai merk apa ya? Kalau d ac rumahan atau industri si setau ogut top tier nya make dupont usa.
Then tempat flushing oil n freon make mesin yg nerima kita bawa oli kompre n freon sendiri.
Thanks a lot om sharing2 nya 🙏
User avatar
Omnibus
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7106
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by Omnibus »

josomba wrote: 14 Jun 2021, 13:57
Mohon maap nih, mana ada Ombibus Way itu sotoy. Pasti perkataan sudah berdasarkan artikel2 or at least factory book bekas ngana bekerja dulu :big_weee: :big_weee:

Btt, ngmg2 grease. Cmiiw ya mbah, jd dunia grease nih sbenernya makin heavy duty makin not rubber friendly ya mbah? Karena makin banyak kandungan petroleum distillate kah?
biasanya sih begitu mbah.

silicone grease, ini sih hampir kaya air.

amsowell yg thickener nya calcium complex (synthetic non petroleum based) so far aman2 aja sm rubber boot. cuman lengketnya kalah jauh sm omega.

begitu omega (lithium complex - mineral oil based) kena tangan aja langsung berasa kering n panas. latex gloves beberapa kali sobek pas aplikasi. ane ga tau itu megalite terbuat dr apa, warna nya kaya metallic soul red nya mazda di matahari. grease merk ini super terkenal di industry nih jd udah pasti heavy duty pake banget. kl kenapa dia bukan synthetic tp mineral nah ik ga tau mbah.
Post Reply