Mz175 wrote: ↑12 Aug 2020, 11:59
Mohon info tentang tensioner mazda 2 skyactiv. Apa ada yang pernah ganti dengan yg imitasi? Kalau yg asli harga 2.3jt di beres T T
Mazda 2 sky, cx-5, cx-3, mazda 3 kan sama ya part number untuk tensioner, si PE03-15-980B...
Nampaknya harga "beneran baru" d 2 jutaan, mau di onlen pun... Imitasi/copotan/lelang kualitasnya ya gitu2 aja lah... untung2an..
Ni aja baru ganti shock, taun lalu beli dr toko dengan kata2 lelang-baru, cmn bertahan setahun terus bunyi2 lg
sebelum pasang wajip oles grease cobra supaya awet setidaknya 20 milenium.
sebelum pasang wajip oles grease cobra supaya awet setidaknya 20 milenium.
Jadi proses pemasangan berikut, tersemat "cobra" kah?
Screenshot_20200812-151617_Gallery.jpg (146.13 KiB) Viewed 1027 times
Screenshot_20200812-151633_Gallery.jpg (118.39 KiB) Viewed 1027 times
Screenshot_20200812-151639_Gallery.jpg (154.7 KiB) Viewed 1027 times
Screenshot_20200812-155030_Gallery.jpg (164.18 KiB) Viewed 1027 times
Anw, terima kasih bung marmut sudah membantu pasang...
Lupa foto shock lama, yg jelas shock lama nampak biasa-biasa saja... Ditekan masih rebound naik ke atas normal n lebih cepat ketimbang shock bawaan mobil (yg masih disimpan ae ama mbah satu ini) - bocor/meler pun ga ada....yg ga biasa adalah bunyi2 kluk klak klek...
Shock "lama" ini padahal baru tahun lalu ganti, beli dr seller yg jual dengan embel2 "lelang/copotan baru" ... Ya aselinya entah deh beneran lelang baru atau rekondisi, yg jelas 3 bulan terakhir bunyi kluk klak klek makin kenceng tiap lewat poldur atau bumps kecil...
Singkat cerita, setelah diganti.... hilang sudah bunyi2 itu ...
Sensasi setelah ganti....kembali firm cenderung lebih keras.. kalau dirasa2 dr shock belakang yg sudah monroe sedari tahun lalu seh, baru setelah 3k agak lebi lembutan dikit...
Mz175 wrote: ↑12 Aug 2020, 11:59
Mohon info tentang tensioner mazda 2 skyactiv. Apa ada yang pernah ganti dengan yg imitasi? Kalau yg asli harga 2.3jt di beres T T
Mazda 2 sky, cx-5, cx-3, mazda 3 kan sama ya part number untuk tensioner, si PE03-15-980B...
Nampaknya harga "beneran baru" d 2 jutaan, mau di onlen pun... Imitasi/copotan/lelang kualitasnya ya gitu2 aja lah... untung2an..
Ni aja baru ganti shock, taun lalu beli dr toko dengan kata2 lelang-baru, cmn bertahan setahun terus bunyi2 lg
Part numbernya lain P51D 15 980A. Tensioner mulai rembes sih. Rencana service berikutnya mau ganti. Karena itulah sekarang mulai cari
Btw baru pasang shock breaker yg katanya "asli" di harga 1.2jt. Dulu bulan 2 belinya, sebelum info monroe oes ada untuk mazda 2 skyactiv. Nanti aku update lg bertahan berapa lama.
mchfi wrote: ↑21 Jan 2020, 14:49
Om ganti steering rack nya berapa Rp?
Kalau saya baru aja pesen rack steer kena 1.5 juta....barang lelangan (kata sellernya).
Barang dah dateng belum dipasang, sepertinya sih masih beneran baru....baut2 ulir pd bersih ga ada baret n karet boot masih kenyal cuman berdebuan aja (keduanya ga jaminan juga sih)... Coba dorong kiri kanan ga ada bunyi atau getaran d batang racknya...
Kalau ke depannya bunyi lg, yah....berarti rack lama owe rekondisi ae dah
Gimana so far pengalaman ambil dan pake barang lelangan ini om? Liat di tokped di harga 1.5an
M2 di rumah juga bunyi gluduk2 kalo lewat jalan conblock atau jalan jelek gitu. Udah ganti rack end, long tierod ama link stabil di sinar mas akiong ternyata ga ngefek ya, katanya fix kena rack steer. Ngeri juga nanya ke beres dikasih estimasi 6 juta
mchfi wrote: ↑21 Jan 2020, 14:49
Om ganti steering rack nya berapa Rp?
Kalau saya baru aja pesen rack steer kena 1.5 juta....barang lelangan (kata sellernya).
Barang dah dateng belum dipasang, sepertinya sih masih beneran baru....baut2 ulir pd bersih ga ada baret n karet boot masih kenyal cuman berdebuan aja (keduanya ga jaminan juga sih)... Coba dorong kiri kanan ga ada bunyi atau getaran d batang racknya...
Kalau ke depannya bunyi lg, yah....berarti rack lama owe rekondisi ae dah
Gimana so far pengalaman ambil dan pake barang lelangan ini om? Liat di tokped di harga 1.5an
M2 di rumah juga bunyi gluduk2 kalo lewat jalan conblock atau jalan jelek gitu. Udah ganti rack end, long tierod ama link stabil di sinar mas akiong ternyata ga ngefek ya, katanya fix kena rack steer. Ngeri juga nanya ke beres dikasih estimasi 6 juta
Untung2an om. Saya dapetnya yg apes, malah bunyi gredeg gredeg kalau lewat jalan jelek. Akhirnya balik pake yg lama.
Kalau saya sih, terakhir ternyata karena shock ya...bunyi ga gluduk2 kalau jalan jelek, tp ada glekk tiap polisi tidur.
mnugra wrote: ↑10 Aug 2020, 20:36
oalaah bisa di flush pake mesin yaa om, soalnya kemaren ane tanya ke salah satu bengkel di jakbar katanya atf skyactiv gabisa flush pake mesin harus manual 2x bilas... kalo ngeflush kaya di toda gitu bagus gaa yaa
Saya di toda pas pertama kali, pake ATF changer-nya mereka. 8L waktu itu butuhnya. Atau ya gerlong tuh di tempatnya si salah satu mbah SM, auto car trix - gading serpong..
oke oke om i see, untuk penggantian berikutnya setelah flush, di flush lagi atau cuma di tap saja om, dan interval berapa km? thxxx
mnugra wrote: ↑03 Sep 2020, 15:59
oke oke om i see, untuk penggantian berikutnya setelah flush, di flush lagi atau cuma di tap saja om, dan interval berapa km? thxxx
Saya drain-n-refill a.k.a "tap" saja sesudah2nya. Semenjak dulu flush dah 2x drain n refill. Pas drain d kisaran 80-90k better om sudah bawa filter atf skalian, karena kemaren aja pas intip d 90k dah warna coklat walau belum ada endapan.
Lama ga da penyakit,skrg ada mslh baru
Suhu mo nanya dikit kalo setir dibelokin ke kiri ampe mentok,trus jalan..ada terasa di setir seperti deg deg deg gt..itu knp y?klo belok kanan mah ngga.
Trims suhu²
Volk wrote: ↑22 Oct 2020, 22:58
Lama ga da penyakit,skrg ada mslh baru
Suhu mo nanya dikit kalo setir dibelokin ke kiri ampe mentok,trus jalan..ada terasa di setir seperti deg deg deg gt..itu knp y?klo belok kanan mah ngga.
Trims suhu²
StrutBearing.jpg (20.12 KiB) Viewed 809 times
Biasa sih strut bearingnya .... saya dulu kalau belok kanan, agak patah baru berasa kek ada yg ganjel bunyi kruk kruk kruk .....
Solusinya dicopot dan dibuka .... biasa sih karena greasenya dah kotor ... Buang grease lama, diisi grease baru aja nlgi2/nlgi3 juga bisa.
Tp kalau bola2 besi/bearingnya ada yg rompal2, berarti kudu ganti .... pake merk Unifar atau punya Cx-5 lama juga bisa, plug n play
Volk wrote: ↑22 Oct 2020, 22:58
Lama ga da penyakit,skrg ada mslh baru
Suhu mo nanya dikit kalo setir dibelokin ke kiri ampe mentok,trus jalan..ada terasa di setir seperti deg deg deg gt..itu knp y?klo belok kanan mah ngga.
Trims suhu²
StrutBearing.jpg
Biasa sih strut bearingnya .... saya dulu kalau belok kanan, agak patah baru berasa kek ada yg ganjel bunyi kruk kruk kruk .....
Solusinya dicopot dan dibuka .... biasa sih karena greasenya dah kotor ... Buang grease lama, diisi grease baru aja nlgi2/nlgi3 juga bisa.
Tp kalau bola2 besi/bearingnya ada yg rompal2, berarti kudu ganti .... pake merk Unifar atau punya Cx-5 lama juga bisa, plug n play
Ia bro ini teh setir kalo diputer ampe ujung mentok ke kiri,terus jalan..nah langsung keluar duk duk duk..itu yah penjelasannya d atas?jdi pas ke bengkel resmi ane lgs tembak itu aja periksa gt yah
Volk wrote: ↑22 Oct 2020, 22:58
Lama ga da penyakit,skrg ada mslh baru
Suhu mo nanya dikit kalo setir dibelokin ke kiri ampe mentok,trus jalan..ada terasa di setir seperti deg deg deg gt..itu knp y?klo belok kanan mah ngga.
Trims suhu²
StrutBearing.jpg
Biasa sih strut bearingnya .... saya dulu kalau belok kanan, agak patah baru berasa kek ada yg ganjel bunyi kruk kruk kruk .....
Solusinya dicopot dan dibuka .... biasa sih karena greasenya dah kotor ... Buang grease lama, diisi grease baru aja nlgi2/nlgi3 juga bisa.
Tp kalau bola2 besi/bearingnya ada yg rompal2, berarti kudu ganti .... pake merk Unifar atau punya Cx-5 lama juga bisa, plug n play
Ia bro ini teh setir kalo diputer ampe ujung mentok ke kiri,terus jalan..nah langsung keluar duk duk duk..itu yah penjelasannya d atas?jdi pas ke bengkel resmi ane lgs tembak itu aja periksa gt yah
nubie nambahin aja om,
biasanya kl setir belok kiri bunyi berasal di komponen sebelah kanan. demikian jg sebaliknya. yg perlu dicek umumnya ball joint, bushing control arm, tie rod end, CV joint. selain dr yg sdh disebut mbah josomba di atas.
Ia bro ini teh setir kalo diputer ampe ujung mentok ke kiri,terus jalan..nah langsung keluar duk duk duk..itu yah penjelasannya d atas?jdi pas ke bengkel resmi ane lgs tembak itu aja periksa gt yah
kondisi jalan saat timbul bunyi bagaimana? apakah bergelombang, rata, atau jelek? atau di setiap permukaan jalan pasti timbul bunyi?
ada baiknya ajak 1 orang untuk mendengarkan dari sisi mana bunyinya.
biasanya kl setir belok kiri bunyi berasal di komponen sebelah kanan. demikian jg sebaliknya. yg perlu dicek umumnya ball joint, bushing control arm, tie rod end, CV joint. selain dr yg sdh disebut mbah josomba di atas.
Ia bro ini teh setir kalo diputer ampe ujung mentok ke kiri,terus jalan..nah langsung keluar duk duk duk..itu yah penjelasannya d atas?jdi pas ke bengkel resmi ane lgs tembak itu aja periksa gt yah
kondisi jalan saat timbul bunyi bagaimana? apakah bergelombang, rata, atau jelek? atau di setiap permukaan jalan pasti timbul bunyi?
ada baiknya ajak 1 orang untuk mendengarkan dari sisi mana bunyinya.
Di jalan yg rata juga terdengar dan kerasa pas belok kiri mentok..terasa di setir dug dug dug.pernah sy puter mobil di polkan setirnya ke kiri dia bunyi.klo di pol ke kanan nggak bunyi
Biasa sih strut bearingnya .... saya dulu kalau belok kanan, agak patah baru berasa kek ada yg ganjel bunyi kruk kruk kruk .....
Solusinya dicopot dan dibuka .... biasa sih karena greasenya dah kotor ... Buang grease lama, diisi grease baru aja nlgi2/nlgi3 juga bisa.
Tp kalau bola2 besi/bearingnya ada yg rompal2, berarti kudu ganti .... pake merk Unifar atau punya Cx-5 lama juga bisa, plug n play
Ia bro ini teh setir kalo diputer ampe ujung mentok ke kiri,terus jalan..nah langsung keluar duk duk duk..itu yah penjelasannya d atas?jdi pas ke bengkel resmi ane lgs tembak itu aja periksa gt yah
nubie nambahin aja om,
biasanya kl setir belok kiri bunyi berasal di komponen sebelah kanan. demikian jg sebaliknya. yg perlu dicek umumnya ball joint, bushing control arm, tie rod end, CV joint. selain dr yg sdh disebut mbah josomba di atas.
Ia bro ini teh setir kalo diputer ampe ujung mentok ke kiri,terus jalan..nah langsung keluar duk duk duk..itu yah penjelasannya d atas?jdi pas ke bengkel resmi ane lgs tembak itu aja periksa gt yah
nubie nambahin aja om,
biasanya kl setir belok kiri bunyi berasal di komponen sebelah kanan. demikian jg sebaliknya. yg perlu dicek umumnya ball joint, bushing control arm, tie rod end, CV joint. selain dr yg sdh disebut mbah josomba di atas.
Volk wrote: ↑22 Oct 2020, 22:58
Lama ga da penyakit,skrg ada mslh baru
Suhu mo nanya dikit kalo setir dibelokin ke kiri ampe mentok,trus jalan..ada terasa di setir seperti deg deg deg gt..itu knp y?klo belok kanan mah ngga.
Trims suhu²
StrutBearing.jpg
Biasa sih strut bearingnya .... saya dulu kalau belok kanan, agak patah baru berasa kek ada yg ganjel bunyi kruk kruk kruk .....
Solusinya dicopot dan dibuka .... biasa sih karena greasenya dah kotor ... Buang grease lama, diisi grease baru aja nlgi2/nlgi3 juga bisa.
Tp kalau bola2 besi/bearingnya ada yg rompal2, berarti kudu ganti .... pake merk Unifar atau punya Cx-5 lama juga bisa, plug n play
Ia bro ini teh setir kalo diputer ampe ujung mentok ke kiri,terus jalan..nah langsung keluar duk duk duk..itu yah penjelasannya d atas?jdi pas ke bengkel resmi ane lgs tembak itu aja periksa gt yah
Baca statement mbah omnibus jadi lupa nanya dulu, bunyi2nya nya ini saat setir masih ditahan mentok atau pas setir lg balik ya om? kalau setir sambil ditahan mentok terus bunyi, memang bisa jadi cv joint sih seperti om omnibus bilang ....
Kalau kasus owe sehh pas setir lg digerakain untuk belok (agak patah) jalan pelan mau masuk gang dan pas setirnya kembali lg nah pasti bunyi deh tuh waktu ntuh...
OOT - saya juga tidak setuju mbah omnibus bilang dirinya nubie .... perkakas dalam rumah aja setara 1 BeRes
Biasa sih strut bearingnya .... saya dulu kalau belok kanan, agak patah baru berasa kek ada yg ganjel bunyi kruk kruk kruk .....
Solusinya dicopot dan dibuka .... biasa sih karena greasenya dah kotor ... Buang grease lama, diisi grease baru aja nlgi2/nlgi3 juga bisa.
Tp kalau bola2 besi/bearingnya ada yg rompal2, berarti kudu ganti .... pake merk Unifar atau punya Cx-5 lama juga bisa, plug n play
Ia bro ini teh setir kalo diputer ampe ujung mentok ke kiri,terus jalan..nah langsung keluar duk duk duk..itu yah penjelasannya d atas?jdi pas ke bengkel resmi ane lgs tembak itu aja periksa gt yah
Baca statement mbah omnibus jadi lupa nanya dulu, bunyi2nya nya ini saat setir masih ditahan mentok atau pas setir lg balik ya om? kalau setir sambil ditahan mentok terus bunyi, memang bisa jadi cv joint sih seperti om omnibus bilang ....
Kalau kasus owe sehh pas setir lg digerakain untuk belok (agak patah) jalan pelan mau masuk gang dan pas setirnya kembali lg nah pasti bunyi deh tuh waktu ntuh...
OOT - saya juga tidak setuju mbah omnibus bilang dirinya nubie .... perkakas dalam rumah aja setara 1 BeRes
Ditahan mentok bro,udh mentok sy jalanin mobilnya..jalannya kan otomatis ke kiri.nah pas jalan kondisi belok mentok lah itu yg bunyi dug dug dug.
Tengkyu om omnibus..
Selamat malam sesama user m2 sky dan para suhu.
Sy mohon arahan terkait dengan kendala m2 sy ini.
Ada bunyi "der der" seperti besi bergetar di sisi kanan persis kabin driver. Keluhan saya hanya di bunyi itu dan berniat mau d perbaiki segera sblm merembet ke yang lain.
Dari sisi kestabilan steering di jalan tol masih berasa stabil dan belum ada feel ngebuang ke kiri kanan. Kondisi belok ga ada bunyi aneh gesekan atau klutuk klutuk seperti yg banyak di bahas di forum.
Pada kontur jalan yang tidak rata namun bukan berlubang masih terasa smooth dan senyap, fungsi suspensi dalam mered getaram masih terasa enak.
Dari keluhan sy tsb kira2 dari sepengalaman user2 m2 lain di sini kira2 apa ya?
Ada teman yg bilang sock support nya.
Sy belum berani bawa ke spesialis kaki2 krn belum nemu yg sreg, bbrp nama yg sy baca dr review n info dr temen sdh sy cb googling dan tidak sedikit bad review yg seperti nya bad review itu keluar dr user yg ngerti mobil dan tau price range sparepart dalam kategori murah/mahal.
Untuk mobil sendiri termasuk jarang keluar, mungkin di pakai keluar rata2 sekitar 3hr sekali.
Untuk tipe dan cara sy menggunakan sendiri krn mobil lebih di gunakan untuk bawa anak yg masih kecil dan istri, jadi sebisa mungkin sy hindari atau tidak hajar lubang di jalan secara kasar (pasrah lindas lubang tapi dalam kondisi pelan sepelan2 nya).
jsatriani wrote: ↑11 Nov 2020, 00:37
Selamat malam sesama user m2 sky dan para suhu.
Sy mohon arahan terkait dengan kendala m2 sy ini.
Ada bunyi "der der" seperti besi bergetar di sisi kanan persis kabin driver. Keluhan saya hanya di bunyi itu dan berniat mau d perbaiki segera sblm merembet ke yang lain.
Dari sisi kestabilan steering di jalan tol masih berasa stabil dan belum ada feel ngebuang ke kiri kanan. Kondisi belok ga ada bunyi aneh gesekan atau klutuk klutuk seperti yg banyak di bahas di forum.
Pada kontur jalan yang tidak rata namun bukan berlubang masih terasa smooth dan senyap, fungsi suspensi dalam mered getaram masih terasa enak.
Dari keluhan sy tsb kira2 dari sepengalaman user2 m2 lain di sini kira2 apa ya?
Ada teman yg bilang sock support nya.
Sy belum berani bawa ke spesialis kaki2 krn belum nemu yg sreg, bbrp nama yg sy baca dr review n info dr temen sdh sy cb googling dan tidak sedikit bad review yg seperti nya bad review itu keluar dr user yg ngerti mobil dan tau price range sparepart dalam kategori murah/mahal.
Untuk mobil sendiri termasuk jarang keluar, mungkin di pakai keluar rata2 sekitar 3hr sekali.
Untuk tipe dan cara sy menggunakan sendiri krn mobil lebih di gunakan untuk bawa anak yg masih kecil dan istri, jadi sebisa mungkin sy hindari atau tidak hajar lubang di jalan secara kasar (pasrah lindas lubang tapi dalam kondisi pelan sepelan2 nya).
Terimakasih sebelum nya
Paling enak dibongkar n cek lgsg. Kalau ada penggantian part, cari dulu d onlen shop/atrium/kemayoran/online.
Toko online yg terpercaya buat part masdah 2:
Futz istanapart
Stamx automobile
GT motor
Indonesia jaya est
jsatriani wrote: ↑11 Nov 2020, 00:37
Selamat malam sesama user m2 sky dan para suhu.
Sy mohon arahan terkait dengan kendala m2 sy ini.
Ada bunyi "der der" seperti besi bergetar di sisi kanan persis kabin driver. Keluhan saya hanya di bunyi itu dan berniat mau d perbaiki segera sblm merembet ke yang lain.
Dari sisi kestabilan steering di jalan tol masih berasa stabil dan belum ada feel ngebuang ke kiri kanan. Kondisi belok ga ada bunyi aneh gesekan atau klutuk klutuk seperti yg banyak di bahas di forum.
Pada kontur jalan yang tidak rata namun bukan berlubang masih terasa smooth dan senyap, fungsi suspensi dalam mered getaram masih terasa enak.
Dari keluhan sy tsb kira2 dari sepengalaman user2 m2 lain di sini kira2 apa ya?
Ada teman yg bilang sock support nya.
Sy belum berani bawa ke spesialis kaki2 krn belum nemu yg sreg, bbrp nama yg sy baca dr review n info dr temen sdh sy cb googling dan tidak sedikit bad review yg seperti nya bad review itu keluar dr user yg ngerti mobil dan tau price range sparepart dalam kategori murah/mahal.
Untuk mobil sendiri termasuk jarang keluar, mungkin di pakai keluar rata2 sekitar 3hr sekali.
Untuk tipe dan cara sy menggunakan sendiri krn mobil lebih di gunakan untuk bawa anak yg masih kecil dan istri, jadi sebisa mungkin sy hindari atau tidak hajar lubang di jalan secara kasar (pasrah lindas lubang tapi dalam kondisi pelan sepelan2 nya).
Terimakasih sebelum nya
Paling enak dibongkar n cek lgsg. Kalau ada penggantian part, cari dulu d onlen shop/atrium/kemayoran/online.
Toko online yg terpercaya buat part masdah 2:
Futz istanapart
Stamx automobile
GT motor
Indonesia jaya est
Siap pak josomba, terimakasih atas arahan nya pak.
Kalo bongkar pasti ketahuan atau belum tentu pak?
Kemarin sy sempat nanya2 ke bengkel spesialis kaki2 yps puja cileungsi, keluhan sdh sy utarakan dan info dr mereka di bawa dan cek saja, untuk biaya cek sy sudah konfirmasi di awal brp2 nya dan keterangan dr sana ga ada biaya klo d cek dlu.
Mudah2an bsa ketahuan scr akurat ada dmn problem nya, tinggal sy cri waktu aja kesana nya.
Nanti akan sy update.
Terimakasih pak sebelum nya
mchfi wrote: ↑16 Aug 2019, 12:46
Om saya mau nanya..
Kira2 kalo mau beli m2skyactiv seken harus sisihin duit berapa ya buat beres beres?
Terus om abis berapa buat beres2, setelah beli mobil ini?
Wah berapa ya.... Jujur ini sbenernya banyak saya perbaiki2 karena OCD...
Kalau beneran/mandatory yg mesti diperbaiki/ganti sih waktu itu:
1. Perbaikan body 3 sisi, waktu itu ditotal 1.5 juta. Bukan karena rusak, tp ada penyok2 kecil...
2. Ganti foglamp karena bawaannya kerendem air masuk. Ini 750 rebu beli online n pasang sendiri
3. Ganti motor retract yg kanan, beli online 300 rebu, pasang di tukang spion di autopart bsd kena jasa 150 rebu.
Malah lebih mahal printilan2nya seperti pasang jok, ganti kaca film, diy pasang peredaman aspal di pillar B dan pintu2 (kalau ga pasang peredam n sering kejemur, ni mobil gampang rattle), ganti ban dr enasave ke turanza ar20, dll.
Beli motor retract di toko apa di marketplace? Ngubek ngubek di marketplace cuma ketemu yg harga 650rb
jadi saya baru minang ni M2 GT 2020 FL, dan pada suatu hari ane ga sengaja hantem lobang (kec. 60 kmh) di jagorawi dan lobangnya lumayan dalem karena itu jalur truk. dan posisinya ada di sisi kiri ni mobil, setelah kejadian itu kalo ni M2 lagi lewat jalan yang tekstur kelas atau yang tajem" itu jadi muncul rattle dari daerah HUD dan sekitarnya, ane udah minta tolong tu sales tanyain ke mekanik beres belom ada jawaban.
kejadian itu pas mobil di km 1.5xx dan skrg 3.[cencored] masih bunyi dan kadang tambah parah
kira kira itu penyakitnya dimana ya? apa di interior atau kaki kaki?