First Impression and Short Test Drive : All New Mazda 3 2019
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4577
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
First Impression and Short Test Drive : All New Mazda 3 2019
Hello SMers, in this occasion, i want to make a review about a new car which has been launch at GIIAS 2019 , All New Mazda 3 2019. Mazda 3 yang diluncurkan oleh Eurokars Motor Indonesia tersebut, merupakan Mazda 3 generasi ke 4. At first, let's talk about the history
1. History
Generasi pertama (2003-2009)
Mazda3 yang dijual secara resmi di Indonesia adalah model sedan dan hatchback bermesin 1.6 liter dengan transmisi manual dan 2.0 liter automatic. Di negara lain juga tersedia dengan mesin bensin 1.5 liter, 2.3 liter, dan turbo 2.3 liter. Untuk pasar Eropa tersedia dengan mesin diesel 1.6, 2.0, dan 2.2 liter. Mazda3 ini menggunakan platform yang sejenis dengan Ford Focus dan Volvo C30. Mazda 3 generasi pertama ini sempat hadir di Indonesia dari rentang tahun 2007 - 2008.
Generasi kedua (2009-2013)
Mazda3 menggunakan mesin 2.0 liter, Mazda3s bermesin 2.5 liter. Mesin 2.3 liter non-turbo digantikan dengan mesin baru 2.5 liter, sedangkan MazdaSpeed3 tetap menggunakan mesin turbo 2.3 liter. Untuk pasar domestik Jepang, Mazda Axela tetap tersedia dengan mesin ekonomis 1.5 liter bensin. Di Eropa, Mazda3 juga tersedia dengan mesin diesel 1.6 liter dan turbo diesel 2.2 liter. Sayangnya mazda 3 generasi ini tidak masuk Indonesia karena kecilnya pasar medium hatchback pada saat itu
Generasi ketiga (2013-Sekarang)
Mazda3 dengan teknologi SkyActiv diluncurkan pada tahun 2013 sebagai model baru tahun 2014. Tetap tersedia dalam bentuk Hatchback 5 pintu dan Sedan 4 pintu. Untuk pasar Amerika Mazda3 menggunakan mesin bensin berkapasitas 2.0 liter dan 2.5 liter. Sedangkan untuk pasar Jepang dan Eropa juga tersedia dengan mesin bensin 1.5 liter dan diesel 2.2 liter. Mazda 3 generasi ini hadir dalam bentuk FL di Indonesia dalam bentuk FL pada akhir 2017 dan hanya dijual dalam varian hatchback
MAZDA KAI CONCEPT
Mazda Kai Concept, merupakan sebuah hatchback kompak dengan bahasa desain KODO dan teknologi terbaru Mazda di dalamnya. Kabarnya, mobil ini menjadi Mazda 3 hatchback generasi baru. Berbicara desainnya, ada kemiripan dengan desain Vision Coupe yang menanggalkan elemen tak penting atau lebih minimalis. Lekukan desain lebih halus ketimbang bahasa desain KODO saat ini dan bodi mobil lebih terlihat mengalir.
Bagian wajahnya juga terlihat sederhana, tapi punya aura agresif. Grille besar hitam menonjolkan logo Mazda berwarna silver. Mengapit grille ada lampu sipit dengan lampu utama bulat di ujungnya. Lekukan pada sisi samping punya peran aerodinamika maupun estetika. Fender yang terlihat lebar dan atletis menguatkan aura sporty.
Kabin dari Mazda Kai Concept juga elegan, sporty namun minimalis. Konsol tengah besar, memisahkan bangku pengemudi dan penumpang memberi kesan sporty. Di bagian dasbor, ada layar sentuh lebar sebagai pusat infotainment Commander Control dan beberapa tombol untuk climate control dan Start/Stop.
Arsitektur bangun kabarnya menggunakan SkyActiv-Vehicle Architecture yang merupakan peningkatan dari SkyActiv-Chassis yang ada pada model Mazda saat ini. Untuk dapur pacu, mesin bensin supercharger terbaru SkyActiv-X dibenamkan di balik kap mesinnya.
Generasi keempat (2019 β sekarang)
Berbasis dari mazda kai concept, mazda resmi meluncurkan mazda 3 generasi ke 4 pada 2018 lalu, dan akhirnya dibawa resmi ke Indonesia pada gelaran GIAAS 2019 kemarin, dengan varian hatchback dan sedan. Mobil ini dibandrol dengan harga 489 jt hatchback dan 530 jt hatch sedan. Di luar negeri, ia ditawarkan dengan mesin Skyactiv β X. Namun, yg masuk ke Indo menggunakan mesin 2.0 Skyactiv- G, Yang serupa dengan generasi sebelumnya. Mazda 3 generasi ke 4 ini tidak jauh berbeda dengan kai concept, dengan mengusung teknologi skyactiv dan kodo design yang lebih modern. Di Indonesia, mazda 3 akan berhadapan dengan Honda Civic turbo hatchback dan sedan .
Apa itu Jinba Itai?
Bagi anda yang merupakan penggemar mazda atau pemilik mazda pasti tidak asing lagi dengan istilah jinba ittai. Jinba Ittai merupakan sebuah filosofi dimana, pengendara menyatu dengan mobilnya , jadi tujuan mazda menerapkan konsep tersebut ialah, mereka ingin kita sebagai konsumennya menikmati mobil tersebut, dan menjadikan mobil tersebut fun to drive , serta menjadikan mobil itu as part of our passion, not just transportation means from one place to another place .
After we talk about the history about this car. Now , let's go to the review
2. Exterior
Desain exterior All new Mazda 3 ini dari mazda kai concept, dengan grill kodo yang lebih lebar dan sedikit pipih, serta dimensi headlamp yang sedikit mengecil daripada generasi sebelumnya. Terlihat simpel tapi elegan, dan enak dilihat
Bagian depan AN Mazda 3 hatchback
Dari sudut yang agak jauh pun, masih tetap enak dilihat, the best in it's class
Bagian depan AN Mazda 3 sedan, which is not different from hatchback version
Headlamp AN Mazda 3 hatchback, which is very beautiful and very good looking
LED Projektornya sangat - sangat cantik bila menyala dimalam hari
Headlamp AN Mazda 3 sedan
Nah, setelah kita membahas bagian depan, mari kita membahas bagian sampingnya. Bagian samping dari Mazda 3 ini, sangat enak dilihat, dan untuk versi hatchbacknya, speachless. That's the only word i can say about AN Mazda 3 Hatchback Design, benar2 mirip dengan Kai concept, dan juga Ferrari GTCLussoT, which is very good looking. Dijamin, you will never get bored to see this car in every side
Bagian samping AN Mazda 3 hatchback
Bagian samping AN Mazda 3 sedan, memang terlihat biasa saja dibandingkan dengan versi hatchbacknya , tapi masih tetap enak dilihat menurut saya.
Setelah membahas bagian samping, mari kita membahas bagian belakangnya. Bagian belakang dari AN Mazda3, juga tak kalah cantik dibanding bagian depan dan samping. Desain rear lampnya mengadopsi lampu LED khas mazda jaman now which is very beautiful & simpel, tapi tetap elegan.
Bagian belakang AN Mazda 3 Hatchback
Bagian belakang AN Mazda 3 sedan
3. Interior
As usual, AN Mazda 3 dibekali dengan interior yang modern dan bernuansa eropa, yang menunjukkan mazda semakin mantap untuk naik kelas ke kelas entry level of japanese premium car. Hampir semua ornamen interior di AN Mazda 3 ini mirip dengan BMW, which is the best in it's class .
Interior AN Mazda 3 Hatchback, dengan kombinasi warna merah kecolkatan dan hitam.
Interior AN Mazda 3 sedan, dengan kombinasi warna abu - abu dan hitam
Desain interior dari mobil ini sangat baik, serta memiliki BQ dan bahan yang solid & berkualitas, sehingga menimbulkan kesan mahal pada mobil ini. Untuk row 2, masih cukup lega, namun sayangnya gak selega Civic Turbo Hatchback dan sedan
Row 2 AN Mazda 3 Hatchback
Row 2 AN Mazda 3 Sedan
Untuk bagasi, cukup luas, tapi tetap saja, Mazda bukan yang terbaik untuk urusan akomodasi, ia masih kalah luas dengan civic turbo hatchback dan sedan
Sisanya, biar gambar yang berbicara saja ya hehehe
Doortrim AN Mazda 3 Hatchback
Airvent AN Mazda 3 Hatchback
Instrument cluster AN Mazda 3
Konsol tengah AN Mazda 3 hatchback
Doortrim sisi pengemudi AN Mazda 3 hatchback
HU AN Mazda 3 hatchback, lebih panjang dah lebarnya sedikit berkurang dibandingkan dengan generasi sebelumnya
Kisi AC AN Mazda 3 hatchback
Tombol pengaturan HU AN Mazda 3 hatchback, tombolnya berukuran lebih besar dibanding generasi sebelumnya, dan tentu saja, dengan kualitas yang lebih baik juga dibandingkan dengan generasi sebelumnya
4. Fitur
Nah, fitur di mobil ini sangatlah banyak, the best in it's class, sekaligus menjadi salah satu kelebihan utama mobil ini. Mobil ini sudah dilengkapi dengan adaptive cruise control which is merupakan yg pertama di kelasnya , sekaligus merupakan mobil mazda pertama yg dijual di Indonesia yang sudah dilengkapi dengan fitur tersebut .
Apa itu adaptive cruise control?
Adaptive cruise control merupakan sebuah system untuk mengontrol percepatan dan pengereman secara automatis. Sistem ini terutama menggunakan laser atau radar yang mampu mendeteksi jarak dengan kendaraan di depan dan mempersiapkan pengereman ketika jarak terlalu dekat atau menambah kecepatan ketika jarak aman .
Mengapa sistem ini penting?
Karena sistem ini sangat membantu menyelesaikan beberapa masalah yang biasanya pengemudi hadapi dalam mengemudi di antara lain adalah :
-Kebanyakan pengendara mobil tidak bisa memprediksi gerakan mobil yang lain seperti rem mendadak
-Pengendara mobil harus selalu dalam keadaan konsentrasi penuh dalam memperhatikan jalan dan mobil di sekitarnya untuk menghindari kesalahan
-Kemungkinan terjadinya tabrakan dengan mobil lain jika mobil pengendara terlalu dekat dan cepat.
Selain adaptive cruise control , mobil ini juga dilengkapi dengan fitur safety yg banyak seperti ABS, EBD , BA , 7 Airbags, dll. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan HUD, electric memory seat, jok pengemudi dan penumpang yg pengaturannya sudah electrik, sunroof, istop, dan seat belt reminder untuk penumpang belakang + untuk pengemudi, ia sudah dilengkapi dengan mode sport dan paddle shift yang tentu saja akan menambah unsur fun to drive dari mobil ini. Hanya saja, speaker mobil ini belum BOSE seperti mazda CX5, sehingga agak kurang mantap gitu rasanya, walaupun speaker bawaan dari mobil ini sudah cukup oke kualitas suaranya. Selanjutnya, saya tampilkan gambarnya saja ya untuk membahas fitur dari AN Mazda 3 ini lebih jauh.
Setir AN Mazda 3, dengan format sebelah kiri untuk mengatur audio dan telepon, dan sebelah kanan untuk pengaktifan adaptive cruise controlnya
Tempat Istop dan pengaturan memory seat
Seatbelt reminder untuk penumpang belakang
Sunroof
AC sudah dual zone
Tempat penyimpanan lumayan banyak, walaupun gak sebanyak civic turbo
Tempat pengaturan HU dan audio yang sangat simpel dan enak dilihat. Cara penggunaannya pun tidak sulit, kiri atas untuk pengaturan mute dan volume, kiri bawah untuk favorites, tombol tengah untuk memilih mode, kiri atas sebelah tombol untuk music, kiri bawahnya untuk home, kanan atas untuk navigasi, dan kanan bawah untuk menu back. Serta, ada tombol mode sport di sisi paling kanan atas, dan tombol EPB dan auto brake hold di bawahnya. Very easy to use hehehe.
Tuas untuk pengaturan wiper
Tuas untuk menyalakan lampu utama dan lampu sein
Sekarang, mari kita bahas fitur yang ada di HUnya ya, tapi mohon maaf sebelumnya, karena keterbatasan waktu dan tempat, fiturnya tidak bisa saya jelaskan semua, hanya seadanya saja , walaupun honestly, fitur di HU dari AN Mazda 3 ini sangatlah banyak hehehe
Bagian awal Interface HU AN Mazda 3, sama seperti sebelumnya, ada 5 komponen utama yaitu inforation, entertainment, communication, navigatiion & services. Letaknya pun dari atas ke bawah, beda dengan generasi sebelumnya letaknya menyamping, dari kiri ke kanan which is lebih simpel dan lebih enak dilihat.
Bagian information. Terdapat Fuel Efficiency untuk mengetahui seberapa hemat mobil kita, dan vehicle status monitor untuk mengetahui kondisi kendaraan kita saat ini.
Isi dari bagian fuel efficiency, terdapat status istop kita aktif atau tidak, dan status dari aki mobil kita
Isi dari bagian vehicle status monitor, terdapat indikator kapan kita harus servis rutin dan ganti oli
Menu settings yang sangat banyak fiturnya, bisa atur audio dll, even tampilan cluster dan ambient light bisa diatur sesuka kita lho. Benar- benar canggih. Sisanya, biar gambar yang berbicara ya
Sangat banyak kan? hehehe
Sayang softwarenya belum di install sm mazdanya
Salah satu elemen dari fitur entertainment
Bluetooth settings
Berguna untuk memperingatkan kita jika ada mobil atau motor di depan, samping atau belakang kita
5. Driving Impression
Karena tracknya pendek, jadi saya hanya bisa jelaskan secara singkat saja ya
Mobil ini dibekali dengan mesin 2.0 Liter Skyactiv -G dengan transmisi otomatis 6 percepatan
Mesin AN Mazda 3
Kunci AN Mazda 3
Speedometer AN Mazda 3 yang sangat modern dan enak dilihat
HUD AN Mazda 3
Yang saya rasakan adalah, mobil ini sangat fun to drive, putaran bawah tengahnya terasa nendang dan memacu adrenalin, selain itu feedback setir juga akurat dan terasa natural , walaupun bantingan suspensinya lebih keras dibanding civic turbo, tapi masih tolerable lah. Intinya, mobil ini sangat enak dikendarai .
5. Conclusion
Worth to buy, mobil ini sangat layak anda pertimbangkan jika anda ingin mobil jepang yang bernuansa eropa , tapi dengan dimensi yang lebih besar, cc yang lebih besar, dan akomodasi yang lebih lega dibandingkan dengan hatchback biasa, serta cocok untuk anda yang ingin upgrade dari citycar atau hatchback ke kendaraan yang lebih tinggi kelasnya namun tidak butuh 7 seater dan masih enak dikendarai. Intinya mobil ini cocok untuk anda yang:
- Gak masalahin merek dan RV
- Driving enthusiast
- Gimmick and tech enthusiast
- Anda yang merasa kalau mobil eropa masih telalu mahal, tapi pengen mobil jepang yang bernuansa eropa dan perawatannya lebih murah daripada mobil eropa
- Ingin mobil yang lincah
- Ingin mobil dengan posisi mengemudi ergonomis
- Ingin mobil dengan BQ dan road noise yang baik
- Ingin mobil yang tidak membosankan untuk dilihat dari berbagai sisi
Namun, jangan pilih mobil ini jika:
- Masih mentingin merek
- Mementingkan kenyamanan
- Perlu tempat penyimpanan banyak
- Perlu bagasi luas
- Perlu row 2 yang lega
Pros:
- Fun to drive
- Banyak gimmick
- BQ solid
- Good noise insulation
- Desain exterior dan interior
- Handling oke
- Posisi mengemudi ergonomis
- Transmisi sigap dan smooth
Cons:
- Speaker belum BOSE
- Bagasi gak seluas lawan sekelasnya
- Row 2 gak lega - lega amat
- Sparepart mahal
- Citra merek
Dengan harga 480 - 520 jt OTR Jakarta, mobil ini sangat worth to buy. I hope i can bring you to my garage one day
That's all of my review, i hope you will enjoy it, and thanks for the attention
1. History
Generasi pertama (2003-2009)
Mazda3 yang dijual secara resmi di Indonesia adalah model sedan dan hatchback bermesin 1.6 liter dengan transmisi manual dan 2.0 liter automatic. Di negara lain juga tersedia dengan mesin bensin 1.5 liter, 2.3 liter, dan turbo 2.3 liter. Untuk pasar Eropa tersedia dengan mesin diesel 1.6, 2.0, dan 2.2 liter. Mazda3 ini menggunakan platform yang sejenis dengan Ford Focus dan Volvo C30. Mazda 3 generasi pertama ini sempat hadir di Indonesia dari rentang tahun 2007 - 2008.
Generasi kedua (2009-2013)
Mazda3 menggunakan mesin 2.0 liter, Mazda3s bermesin 2.5 liter. Mesin 2.3 liter non-turbo digantikan dengan mesin baru 2.5 liter, sedangkan MazdaSpeed3 tetap menggunakan mesin turbo 2.3 liter. Untuk pasar domestik Jepang, Mazda Axela tetap tersedia dengan mesin ekonomis 1.5 liter bensin. Di Eropa, Mazda3 juga tersedia dengan mesin diesel 1.6 liter dan turbo diesel 2.2 liter. Sayangnya mazda 3 generasi ini tidak masuk Indonesia karena kecilnya pasar medium hatchback pada saat itu
Generasi ketiga (2013-Sekarang)
Mazda3 dengan teknologi SkyActiv diluncurkan pada tahun 2013 sebagai model baru tahun 2014. Tetap tersedia dalam bentuk Hatchback 5 pintu dan Sedan 4 pintu. Untuk pasar Amerika Mazda3 menggunakan mesin bensin berkapasitas 2.0 liter dan 2.5 liter. Sedangkan untuk pasar Jepang dan Eropa juga tersedia dengan mesin bensin 1.5 liter dan diesel 2.2 liter. Mazda 3 generasi ini hadir dalam bentuk FL di Indonesia dalam bentuk FL pada akhir 2017 dan hanya dijual dalam varian hatchback
MAZDA KAI CONCEPT
Mazda Kai Concept, merupakan sebuah hatchback kompak dengan bahasa desain KODO dan teknologi terbaru Mazda di dalamnya. Kabarnya, mobil ini menjadi Mazda 3 hatchback generasi baru. Berbicara desainnya, ada kemiripan dengan desain Vision Coupe yang menanggalkan elemen tak penting atau lebih minimalis. Lekukan desain lebih halus ketimbang bahasa desain KODO saat ini dan bodi mobil lebih terlihat mengalir.
Bagian wajahnya juga terlihat sederhana, tapi punya aura agresif. Grille besar hitam menonjolkan logo Mazda berwarna silver. Mengapit grille ada lampu sipit dengan lampu utama bulat di ujungnya. Lekukan pada sisi samping punya peran aerodinamika maupun estetika. Fender yang terlihat lebar dan atletis menguatkan aura sporty.
Kabin dari Mazda Kai Concept juga elegan, sporty namun minimalis. Konsol tengah besar, memisahkan bangku pengemudi dan penumpang memberi kesan sporty. Di bagian dasbor, ada layar sentuh lebar sebagai pusat infotainment Commander Control dan beberapa tombol untuk climate control dan Start/Stop.
Arsitektur bangun kabarnya menggunakan SkyActiv-Vehicle Architecture yang merupakan peningkatan dari SkyActiv-Chassis yang ada pada model Mazda saat ini. Untuk dapur pacu, mesin bensin supercharger terbaru SkyActiv-X dibenamkan di balik kap mesinnya.
Generasi keempat (2019 β sekarang)
Berbasis dari mazda kai concept, mazda resmi meluncurkan mazda 3 generasi ke 4 pada 2018 lalu, dan akhirnya dibawa resmi ke Indonesia pada gelaran GIAAS 2019 kemarin, dengan varian hatchback dan sedan. Mobil ini dibandrol dengan harga 489 jt hatchback dan 530 jt hatch sedan. Di luar negeri, ia ditawarkan dengan mesin Skyactiv β X. Namun, yg masuk ke Indo menggunakan mesin 2.0 Skyactiv- G, Yang serupa dengan generasi sebelumnya. Mazda 3 generasi ke 4 ini tidak jauh berbeda dengan kai concept, dengan mengusung teknologi skyactiv dan kodo design yang lebih modern. Di Indonesia, mazda 3 akan berhadapan dengan Honda Civic turbo hatchback dan sedan .
Apa itu Jinba Itai?
Bagi anda yang merupakan penggemar mazda atau pemilik mazda pasti tidak asing lagi dengan istilah jinba ittai. Jinba Ittai merupakan sebuah filosofi dimana, pengendara menyatu dengan mobilnya , jadi tujuan mazda menerapkan konsep tersebut ialah, mereka ingin kita sebagai konsumennya menikmati mobil tersebut, dan menjadikan mobil tersebut fun to drive , serta menjadikan mobil itu as part of our passion, not just transportation means from one place to another place .
After we talk about the history about this car. Now , let's go to the review
2. Exterior
Desain exterior All new Mazda 3 ini dari mazda kai concept, dengan grill kodo yang lebih lebar dan sedikit pipih, serta dimensi headlamp yang sedikit mengecil daripada generasi sebelumnya. Terlihat simpel tapi elegan, dan enak dilihat
Bagian depan AN Mazda 3 hatchback
Dari sudut yang agak jauh pun, masih tetap enak dilihat, the best in it's class
Bagian depan AN Mazda 3 sedan, which is not different from hatchback version
Headlamp AN Mazda 3 hatchback, which is very beautiful and very good looking
LED Projektornya sangat - sangat cantik bila menyala dimalam hari
Headlamp AN Mazda 3 sedan
Nah, setelah kita membahas bagian depan, mari kita membahas bagian sampingnya. Bagian samping dari Mazda 3 ini, sangat enak dilihat, dan untuk versi hatchbacknya, speachless. That's the only word i can say about AN Mazda 3 Hatchback Design, benar2 mirip dengan Kai concept, dan juga Ferrari GTCLussoT, which is very good looking. Dijamin, you will never get bored to see this car in every side
Bagian samping AN Mazda 3 hatchback
Bagian samping AN Mazda 3 sedan, memang terlihat biasa saja dibandingkan dengan versi hatchbacknya , tapi masih tetap enak dilihat menurut saya.
Setelah membahas bagian samping, mari kita membahas bagian belakangnya. Bagian belakang dari AN Mazda3, juga tak kalah cantik dibanding bagian depan dan samping. Desain rear lampnya mengadopsi lampu LED khas mazda jaman now which is very beautiful & simpel, tapi tetap elegan.
Bagian belakang AN Mazda 3 Hatchback
Bagian belakang AN Mazda 3 sedan
3. Interior
As usual, AN Mazda 3 dibekali dengan interior yang modern dan bernuansa eropa, yang menunjukkan mazda semakin mantap untuk naik kelas ke kelas entry level of japanese premium car. Hampir semua ornamen interior di AN Mazda 3 ini mirip dengan BMW, which is the best in it's class .
Interior AN Mazda 3 Hatchback, dengan kombinasi warna merah kecolkatan dan hitam.
Interior AN Mazda 3 sedan, dengan kombinasi warna abu - abu dan hitam
Desain interior dari mobil ini sangat baik, serta memiliki BQ dan bahan yang solid & berkualitas, sehingga menimbulkan kesan mahal pada mobil ini. Untuk row 2, masih cukup lega, namun sayangnya gak selega Civic Turbo Hatchback dan sedan
Row 2 AN Mazda 3 Hatchback
Row 2 AN Mazda 3 Sedan
Untuk bagasi, cukup luas, tapi tetap saja, Mazda bukan yang terbaik untuk urusan akomodasi, ia masih kalah luas dengan civic turbo hatchback dan sedan
Sisanya, biar gambar yang berbicara saja ya hehehe
Doortrim AN Mazda 3 Hatchback
Airvent AN Mazda 3 Hatchback
Instrument cluster AN Mazda 3
Konsol tengah AN Mazda 3 hatchback
Doortrim sisi pengemudi AN Mazda 3 hatchback
HU AN Mazda 3 hatchback, lebih panjang dah lebarnya sedikit berkurang dibandingkan dengan generasi sebelumnya
Kisi AC AN Mazda 3 hatchback
Tombol pengaturan HU AN Mazda 3 hatchback, tombolnya berukuran lebih besar dibanding generasi sebelumnya, dan tentu saja, dengan kualitas yang lebih baik juga dibandingkan dengan generasi sebelumnya
4. Fitur
Nah, fitur di mobil ini sangatlah banyak, the best in it's class, sekaligus menjadi salah satu kelebihan utama mobil ini. Mobil ini sudah dilengkapi dengan adaptive cruise control which is merupakan yg pertama di kelasnya , sekaligus merupakan mobil mazda pertama yg dijual di Indonesia yang sudah dilengkapi dengan fitur tersebut .
Apa itu adaptive cruise control?
Adaptive cruise control merupakan sebuah system untuk mengontrol percepatan dan pengereman secara automatis. Sistem ini terutama menggunakan laser atau radar yang mampu mendeteksi jarak dengan kendaraan di depan dan mempersiapkan pengereman ketika jarak terlalu dekat atau menambah kecepatan ketika jarak aman .
Mengapa sistem ini penting?
Karena sistem ini sangat membantu menyelesaikan beberapa masalah yang biasanya pengemudi hadapi dalam mengemudi di antara lain adalah :
-Kebanyakan pengendara mobil tidak bisa memprediksi gerakan mobil yang lain seperti rem mendadak
-Pengendara mobil harus selalu dalam keadaan konsentrasi penuh dalam memperhatikan jalan dan mobil di sekitarnya untuk menghindari kesalahan
-Kemungkinan terjadinya tabrakan dengan mobil lain jika mobil pengendara terlalu dekat dan cepat.
Selain adaptive cruise control , mobil ini juga dilengkapi dengan fitur safety yg banyak seperti ABS, EBD , BA , 7 Airbags, dll. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan HUD, electric memory seat, jok pengemudi dan penumpang yg pengaturannya sudah electrik, sunroof, istop, dan seat belt reminder untuk penumpang belakang + untuk pengemudi, ia sudah dilengkapi dengan mode sport dan paddle shift yang tentu saja akan menambah unsur fun to drive dari mobil ini. Hanya saja, speaker mobil ini belum BOSE seperti mazda CX5, sehingga agak kurang mantap gitu rasanya, walaupun speaker bawaan dari mobil ini sudah cukup oke kualitas suaranya. Selanjutnya, saya tampilkan gambarnya saja ya untuk membahas fitur dari AN Mazda 3 ini lebih jauh.
Setir AN Mazda 3, dengan format sebelah kiri untuk mengatur audio dan telepon, dan sebelah kanan untuk pengaktifan adaptive cruise controlnya
Tempat Istop dan pengaturan memory seat
Seatbelt reminder untuk penumpang belakang
Sunroof
AC sudah dual zone
Tempat penyimpanan lumayan banyak, walaupun gak sebanyak civic turbo
Tempat pengaturan HU dan audio yang sangat simpel dan enak dilihat. Cara penggunaannya pun tidak sulit, kiri atas untuk pengaturan mute dan volume, kiri bawah untuk favorites, tombol tengah untuk memilih mode, kiri atas sebelah tombol untuk music, kiri bawahnya untuk home, kanan atas untuk navigasi, dan kanan bawah untuk menu back. Serta, ada tombol mode sport di sisi paling kanan atas, dan tombol EPB dan auto brake hold di bawahnya. Very easy to use hehehe.
Tuas untuk pengaturan wiper
Tuas untuk menyalakan lampu utama dan lampu sein
Sekarang, mari kita bahas fitur yang ada di HUnya ya, tapi mohon maaf sebelumnya, karena keterbatasan waktu dan tempat, fiturnya tidak bisa saya jelaskan semua, hanya seadanya saja , walaupun honestly, fitur di HU dari AN Mazda 3 ini sangatlah banyak hehehe
Bagian awal Interface HU AN Mazda 3, sama seperti sebelumnya, ada 5 komponen utama yaitu inforation, entertainment, communication, navigatiion & services. Letaknya pun dari atas ke bawah, beda dengan generasi sebelumnya letaknya menyamping, dari kiri ke kanan which is lebih simpel dan lebih enak dilihat.
Bagian information. Terdapat Fuel Efficiency untuk mengetahui seberapa hemat mobil kita, dan vehicle status monitor untuk mengetahui kondisi kendaraan kita saat ini.
Isi dari bagian fuel efficiency, terdapat status istop kita aktif atau tidak, dan status dari aki mobil kita
Isi dari bagian vehicle status monitor, terdapat indikator kapan kita harus servis rutin dan ganti oli
Menu settings yang sangat banyak fiturnya, bisa atur audio dll, even tampilan cluster dan ambient light bisa diatur sesuka kita lho. Benar- benar canggih. Sisanya, biar gambar yang berbicara ya
Sangat banyak kan? hehehe
Sayang softwarenya belum di install sm mazdanya
Salah satu elemen dari fitur entertainment
Bluetooth settings
Berguna untuk memperingatkan kita jika ada mobil atau motor di depan, samping atau belakang kita
5. Driving Impression
Karena tracknya pendek, jadi saya hanya bisa jelaskan secara singkat saja ya
Mobil ini dibekali dengan mesin 2.0 Liter Skyactiv -G dengan transmisi otomatis 6 percepatan
Mesin AN Mazda 3
Kunci AN Mazda 3
Speedometer AN Mazda 3 yang sangat modern dan enak dilihat
HUD AN Mazda 3
Yang saya rasakan adalah, mobil ini sangat fun to drive, putaran bawah tengahnya terasa nendang dan memacu adrenalin, selain itu feedback setir juga akurat dan terasa natural , walaupun bantingan suspensinya lebih keras dibanding civic turbo, tapi masih tolerable lah. Intinya, mobil ini sangat enak dikendarai .
5. Conclusion
Worth to buy, mobil ini sangat layak anda pertimbangkan jika anda ingin mobil jepang yang bernuansa eropa , tapi dengan dimensi yang lebih besar, cc yang lebih besar, dan akomodasi yang lebih lega dibandingkan dengan hatchback biasa, serta cocok untuk anda yang ingin upgrade dari citycar atau hatchback ke kendaraan yang lebih tinggi kelasnya namun tidak butuh 7 seater dan masih enak dikendarai. Intinya mobil ini cocok untuk anda yang:
- Gak masalahin merek dan RV
- Driving enthusiast
- Gimmick and tech enthusiast
- Anda yang merasa kalau mobil eropa masih telalu mahal, tapi pengen mobil jepang yang bernuansa eropa dan perawatannya lebih murah daripada mobil eropa
- Ingin mobil yang lincah
- Ingin mobil dengan posisi mengemudi ergonomis
- Ingin mobil dengan BQ dan road noise yang baik
- Ingin mobil yang tidak membosankan untuk dilihat dari berbagai sisi
Namun, jangan pilih mobil ini jika:
- Masih mentingin merek
- Mementingkan kenyamanan
- Perlu tempat penyimpanan banyak
- Perlu bagasi luas
- Perlu row 2 yang lega
Pros:
- Fun to drive
- Banyak gimmick
- BQ solid
- Good noise insulation
- Desain exterior dan interior
- Handling oke
- Posisi mengemudi ergonomis
- Transmisi sigap dan smooth
Cons:
- Speaker belum BOSE
- Bagasi gak seluas lawan sekelasnya
- Row 2 gak lega - lega amat
- Sparepart mahal
- Citra merek
Dengan harga 480 - 520 jt OTR Jakarta, mobil ini sangat worth to buy. I hope i can bring you to my garage one day
That's all of my review, i hope you will enjoy it, and thanks for the attention
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 575
- Joined: Tue Apr 20, 2010 0:15
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota MarkX
Re: First Impression and Short Test Drive : All New Mazda 3 2019
Keren banget oom, thank you untuk review dan photo nya. Kelihatan build quality nya jauh dari Civic
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 316
- Joined: Mon Dec 31, 2018 12:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Mazda2 yaris
Re: First Impression and Short Test Drive : All New Mazda 3 2019
Tetap ga akan laku kalau ruang belakang masih sempit khas mazda...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: First Impression and Short Test Drive : All New Mazda 3 2019
Sekedar jadi penggembira saja.... Tidak akan laku banyak... Principal saja sudah hengkang
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 280
- Joined: Tue Oct 17, 2017 12:49
- Location: Solo
- Daily Vehicle: GerobakPerang
Re: First Impression and Short Test Drive : All New Mazda 3 2019
Cakep bener ni mobil, kalo saya bilang akan nambah signifikan penjualan mazda di Ina sih. tapi tetap sesuai porsi penjualan sedan dan HB yang memang gak gede ya.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 84
- Joined: Sun Feb 12, 2017 5:19
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Innova Diesel AT 2018
Re: First Impression and Short Test Drive : All New Mazda 3 2019
Secara perusahaan, Mazda itu tdk sebesar Honda dan Toyota
Tentunya proyeksi sales mereka berbeda dgn kompetitor Jepang lain yg lbh besar
Yg saya apresiasi, adalah usaha Mazda utk membedakan mereka dgn kompetitor. Dan Mazda 3 ini adlh statement dr mereka, bahwa mobil kelas ini juga bsa tampil mewah. Baik dari desain dan fitur. Sya kagum dgn detail2 & eksekusi elemen exterior dan desain interiornya nya.
Tentunya proyeksi sales mereka berbeda dgn kompetitor Jepang lain yg lbh besar
Yg saya apresiasi, adalah usaha Mazda utk membedakan mereka dgn kompetitor. Dan Mazda 3 ini adlh statement dr mereka, bahwa mobil kelas ini juga bsa tampil mewah. Baik dari desain dan fitur. Sya kagum dgn detail2 & eksekusi elemen exterior dan desain interiornya nya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1431
- Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
- Daily Vehicle: K24 RM3
Re: First Impression and Short Test Drive : All New Mazda 3 2019
Maksudnya ga bakal laku gmn ya? Pengertian laku yg dimaksud itu apakah sebesar penjualan suv di range harga yg sama?
Dari segmennya aja kan jelas ya, medium hatchback di harga segitu dan sy rasa si mzd jg ga fokus ke cetak angka penjualan.
Kl merk lainnya spt h tegak ya jelas fokus ke situ, makanya main di lcgc-lmpv-lsuv.
Objektifnya, kalo mau ngomong laku dan ga laku ya liat dulu segmennya, dari situ kan keliatan sasarannya konsumen yg spt apa.
Justru mnurut saya si mzd itu mau ngambil pasarnya org2 yang memang beli mobil untuk dinikmati (sesuai jinba ittai), yg merasakan ada excitement dr mengemudikan mobilnya selain fungsinya yg buat point a-b.
Dari kefanatikannya dengan mesin NA dgn kembangin skyaktiv, berarti emg si mzd ini nawarin sesuatu yang berbeda, dan namanya pangsa pasar pasti ada konsumen yg menyasar segmen ini .
Oya jan lupa produknya jg kan cbu, ya ga mungkin lah bakal nyamain penjualan produk ckd lainnya.
Dari segmennya aja kan jelas ya, medium hatchback di harga segitu dan sy rasa si mzd jg ga fokus ke cetak angka penjualan.
Kl merk lainnya spt h tegak ya jelas fokus ke situ, makanya main di lcgc-lmpv-lsuv.
Objektifnya, kalo mau ngomong laku dan ga laku ya liat dulu segmennya, dari situ kan keliatan sasarannya konsumen yg spt apa.
Justru mnurut saya si mzd itu mau ngambil pasarnya org2 yang memang beli mobil untuk dinikmati (sesuai jinba ittai), yg merasakan ada excitement dr mengemudikan mobilnya selain fungsinya yg buat point a-b.
Dari kefanatikannya dengan mesin NA dgn kembangin skyaktiv, berarti emg si mzd ini nawarin sesuatu yang berbeda, dan namanya pangsa pasar pasti ada konsumen yg menyasar segmen ini .
Oya jan lupa produknya jg kan cbu, ya ga mungkin lah bakal nyamain penjualan produk ckd lainnya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1435
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: First Impression and Short Test Drive : All New Mazda 3 2019
Ya setuju, Mazda untuk kelas medium HB dan Sedan jelas bukan money maker, karena segmen sedan medium jauh berkurang. Orang yang senang sedan/hb yang usianya muda dan penghasilan belum banyak cenderung pilih compact sedan/Hb macam Mazda2, Yaris, Vios, City, Jazz dkk. Sedangkan yang lebih mapan cenderung ke Big Sedan macam Accord, Camry atau Mazda 6.mike22 wrote: βSun Aug 11, 2019 12:37 Maksudnya ga bakal laku gmn ya? Pengertian laku yg dimaksud itu apakah sebesar penjualan suv di range harga yg sama?
Dari segmennya aja kan jelas ya, medium hatchback di harga segitu dan sy rasa si mzd jg ga fokus ke cetak angka penjualan.
Kl merk lainnya spt h tegak ya jelas fokus ke situ, makanya main di lcgc-lmpv-lsuv.
Objektifnya, kalo mau ngomong laku dan ga laku ya liat dulu segmennya, dari situ kan keliatan sasarannya konsumen yg spt apa.
Justru mnurut saya si mzd itu mau ngambil pasarnya org2 yang memang beli mobil untuk dinikmati (sesuai jinba ittai), yg merasakan ada excitement dr mengemudikan mobilnya selain fungsinya yg buat point a-b.
Dari kefanatikannya dengan mesin NA dgn kembangin skyaktiv, berarti emg si mzd ini nawarin sesuatu yang berbeda, dan namanya pangsa pasar pasti ada konsumen yg menyasar segmen ini .
Oya jan lupa produknya jg kan cbu, ya ga mungkin lah bakal nyamain penjualan produk ckd lainnya.
Dan ga usah lihat Mazda, lihat saja macam Altis dan Civic, seberapa besar pasar mereka sekarang? Mungkin ditengah demam SUV dan MPV sekarang sudah tidak sampai 500 unit/bln. Dan saya prediksi All New 3 inipun 90% kemungkinan ga akan melewati penjualan Altis dan Civic di Indonesia. Dibeberapa media yang saya baca kalau ga salah ingat, target untuk Mazda3 all varian hanya 150 unit sampai akhir tahun.
Mazda ini seperti Peugeot, kalau Mazda adalah brand Jepang yang didekatkan ke Cita rasa eropa. Bukan luxury brand tapi terasa seperti mobil premium namun dengan harga yang masih masuk akal untuk brand Jepang meski sedikit di atas kompetitor. Sedangkan Peugeot adalah brand Eropa yang juga bukan brand luxury namun tetap dengan feel premium dan pengendaraan khas eropa namun dengan harga yang lebih dekat ke mobil jepang. Dan masuk dalam kelas tanggung seperti ini memang ngeri2 sedap.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1435
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: First Impression and Short Test Drive : All New Mazda 3 2019
Nice review Om, Mazda 3 ini sejak 2018 lalu adalah mobil HB yang paling saya suka modelnya baik eksterior maupun interior apalagi yang baru ini, tapi saya lebih suka versi sedan.
Kalau saya bandingkan, Altis model yang saat ini ada masih konservatif, model baru yang sudah meluncur diluar belum juga hadir di Indonesia, dan kalau lihat review new Altis diluar itu kesannya ya biasa, oh ini altis baru, fiturnya ini, itu, harganya segini, dan ga ada excitement'nya. Artinya ya New Altis adalah mobil yang bagus tapi bukan sesuatu yang buat kita penasaran.
Jadi kalau saya pribadi simpulkan, untuk sedan Jepang
Kalau mau basic Proper Car ya pilih Altis, mau performance pilih Civic (tapi desainnya bukan selera saya), Mau mobil unik dan berkarakter, ya Mazda 3
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 473
- Joined: Sun Dec 27, 2015 6:41
- Location: Bekasi
Re: First Impression and Short Test Drive : All New Mazda 3 2019
Standar laku beda beda. Ada yang target jualannya kayak jual kacang goreng tapi untuk merk "premium" kayak gini gak muluk2 mau nyaingin penjualannya civic turbo. Kalo emang mazda mau ngincer volume tinggal sunat fitur bikin trim bawah biar harganya affordable dan bisa bersaing sama civic.
Makin kesini target mazda mau nyaingin merk eropa. Terlihat mau ngincer orang yang mau naik kelas dari brand jepun biasa tapi buat ambil eropa budget terbatas atau takut pake brand eropa karena takut rewel dan servicenya susah
Makin kesini target mazda mau nyaingin merk eropa. Terlihat mau ngincer orang yang mau naik kelas dari brand jepun biasa tapi buat ambil eropa budget terbatas atau takut pake brand eropa karena takut rewel dan servicenya susah
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 874
- Joined: Wed Jul 09, 2014 8:21
- Location: Surakarta
- Daily Vehicle: Honda CRV
Re: First Impression and Short Test Drive : All New Mazda 3 2019
juara . review lengkap dr intro - foto HQ sampe outro . joss bgt pboyzzzzh . udh direview CRV nya belom sih ? ....
- apple, banana, & grape -
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 64
- Joined: Sun Jul 14, 2019 13:51
- Daily Vehicle: X3 BMW
Re: First Impression and Short Test Drive : All New Mazda 3 2019
masih nungguin jugabrintanizer wrote: βMon Aug 12, 2019 12:52 juara . review lengkap dr intro - foto HQ sampe outro . joss bgt pboyzzzzh . udh direview CRV nya belom sih ? ....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3964
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: First Impression and Short Test Drive : All New Mazda 3 2019
atau MAZDA itu memposisikan diri sebagai JEPANG yang MEWAH dan MAHAL. masuk niche market atau bikin market untuk emotional buyer yang ada duit untuk bayar barang mirip tapi dengan harga lebih mahal. perhatikan saja pricing Mazda itu selalu lebih mahal sekian juta dari jepang yang sekelasnya dan karena lebih mahal tentu fitur lebih banyak jauh sebagai "bonus"dimassn25 wrote: βSun Aug 11, 2019 23:37 Standar laku beda beda. Ada yang target jualannya kayak jual kacang goreng tapi untuk merk "premium" kayak gini gak muluk2 mau nyaingin penjualannya civic turbo. Kalo emang mazda mau ngincer volume tinggal sunat fitur bikin trim bawah biar harganya affordable dan bisa bersaing sama civic.
Makin kesini target mazda mau nyaingin merk eropa. Terlihat mau ngincer orang yang mau naik kelas dari brand jepun biasa tapi buat ambil eropa budget terbatas atau takut pake brand eropa karena takut rewel dan servicenya susah
padahal sampai CX9 saja saya takjub, bukan takjub bagus atau mewah, tapi takjub dengan salam satu dashboard mahalnya dan satu lagi: row kedua selalu ga lega2 amat untuk berbagai modelnya. ya ga salah juga, namanya saja jualan mobil egois
semoga mazda bisa bertahan lama
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 874
- Joined: Wed Jul 09, 2014 8:21
- Location: Surakarta
- Daily Vehicle: Honda CRV
Re: First Impression and Short Test Drive : All New Mazda 3 2019
Dr model madza 2 non skyactive sampe kodo design menurut gue mazda punya pasar sendiri di Indo . Contohnya papi nya Pboyz yg madza addict.kunaskun wrote: βMon Aug 12, 2019 13:14atau MAZDA itu memposisikan diri sebagai JEPANG yang MEWAH dan MAHAL. masuk niche market atau bikin market untuk emotional buyer yang ada duit untuk bayar barang mirip tapi dengan harga lebih mahal. perhatikan saja pricing Mazda itu selalu lebih mahal sekian juta dari jepang yang sekelasnya dan karena lebih mahal tentu fitur lebih banyak jauh sebagai "bonus"dimassn25 wrote: βSun Aug 11, 2019 23:37 Standar laku beda beda. Ada yang target jualannya kayak jual kacang goreng tapi untuk merk "premium" kayak gini gak muluk2 mau nyaingin penjualannya civic turbo. Kalo emang mazda mau ngincer volume tinggal sunat fitur bikin trim bawah biar harganya affordable dan bisa bersaing sama civic.
Makin kesini target mazda mau nyaingin merk eropa. Terlihat mau ngincer orang yang mau naik kelas dari brand jepun biasa tapi buat ambil eropa budget terbatas atau takut pake brand eropa karena takut rewel dan servicenya susah
padahal sampai CX9 saja saya takjub, bukan takjub bagus atau mewah, tapi takjub dengan salam satu dashboard mahalnya dan satu lagi: row kedua selalu ga lega2 amat untuk berbagai modelnya. ya ga salah juga, namanya saja jualan mobil egois
semoga mazda bisa bertahan lama
- apple, banana, & grape -
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3449
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: First Impression and Short Test Drive : All New Mazda 3 2019
Nice review om!! Btw, saya wkt di giias jg ngetes unit yg sama, tapi just as rear passenger. Appreciate banget sama model ini, jauh refined dr sekiaktip sebelum2nya. Space belakang membaik dikit dibanding gen sebelumnya. Yg saya bener2 amazed itu bantingan nya lbh enak, keras tp damping nya mirip x1. Upholstery, ambient interior nya top notch deh ini mobil, terutama di warna upholstery nya yg kaya batu bata ngingetin sama f30. Begitu digeber, mobil ini jg lebih bs undercontrolled gara2 ada delay dikit di gas nya.
Last, mazda 3 baru nunjukin saya kalo skyactiv mazda bener2 refined scr development nya. Model nya jg kerenn, tp saya prefer yg sedan krn blind spot pilar c nya ngga separah yg HB
Last, mazda 3 baru nunjukin saya kalo skyactiv mazda bener2 refined scr development nya. Model nya jg kerenn, tp saya prefer yg sedan krn blind spot pilar c nya ngga separah yg HB
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Wed Jan 24, 2018 4:38
- Location: JAKARTA
- Daily Vehicle: INNOVA_2013
Re: First Impression and Short Test Drive : All New Mazda 3 2019
Review-nya keren. Nice!.
Mazda CX-30, versi tingginya Mazda 3, sudah diluncurkan di Eropa (Frankfurt Motor Show) beberapa waktu lalu.
Mungkinkah CX-30 akan masuk ke Indonesia?
Mazda CX-30, versi tingginya Mazda 3, sudah diluncurkan di Eropa (Frankfurt Motor Show) beberapa waktu lalu.
Mungkinkah CX-30 akan masuk ke Indonesia?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 630
- Joined: Wed Sep 14, 2016 11:20
Re: First Impression and Short Test Drive : All New Mazda 3 2019
kalau untuk weekend car sih OK. tapi untuk daily work-horse car sih keliatannya masih lebih OK SUV.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Sun Dec 10, 2017 6:16
Re: First Impression and Short Test Drive : All New Mazda 3 2019
Prediksi saya sih CX-30 bakal masuk Indonesia, karena trim terendah CX-5 (touring dan GT) sudah discontinue, jadi ada price gap 100 jutaan antara CX-3 dan CX-5. Nampaknya gap tersebut bakal diisi oleh CX-30.InnovaSirion wrote: βWed Aug 14, 2019 8:45 Review-nya keren. Nice!.
Mazda CX-30, versi tingginya Mazda 3, sudah diluncurkan di Eropa (Frankfurt Motor Show) beberapa waktu lalu.
Mungkinkah CX-30 akan masuk ke Indonesia?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3964
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: First Impression and Short Test Drive : All New Mazda 3 2019
iya, maksud saya seperti itu. dan memang mazda indo ga ada niatan buat jualan banyak.brintanizer wrote: βTue Aug 13, 2019 10:58 Dr model madza 2 non skyactive sampe kodo design menurut gue mazda punya pasar sendiri di Indo . Contohnya papi nya Pboyz yg madza addict.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1555
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: First Impression and Short Test Drive : All New Mazda 3 2019
Salut buat EMI yg masukin banyak line up
Btw yg sedan hrgnya beti sama 6 estate
Btw yg sedan hrgnya beti sama 6 estate
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT
predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT
predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4577
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: First Impression and Short Test Drive : All New Mazda 3 2019
Susah om kalo mazda mau buat trim bawah, yg ada malah kagak laku karena kosumen maunya yg tipe atas. Contohnya M2 tipe V dan R MT serta AN CX5 GT dan touring yg udh discontinuedimassn25 wrote: βSun Aug 11, 2019 23:37 Standar laku beda beda. Ada yang target jualannya kayak jual kacang goreng tapi untuk merk "premium" kayak gini gak muluk2 mau nyaingin penjualannya civic turbo. Kalo emang mazda mau ngincer volume tinggal sunat fitur bikin trim bawah biar harganya affordable dan bisa bersaing sama civic.
Makin kesini target mazda mau nyaingin merk eropa. Terlihat mau ngincer orang yang mau naik kelas dari brand jepun biasa tapi buat ambil eropa budget terbatas atau takut pake brand eropa karena takut rewel dan servicenya susah
Thanks om, emang jauh lebih bagus BQnya daripada civic
Ya mazda is not made for people who want comfort, but is made for gimmick and driving enthusiast
Principalnya masih ada kok. Cuma peralihan aja ke EMI sebagai distributor, dari MMI yang dibawah prinsipal langsung kontrol manajemennya
Semoga om, biar orang semakin melek fitur dan teknologi mobil . Jadi market leader gak semena- mena lagi ngasih mobil fitur minim harga mahal. Sedan sm HB emg gak gede, sedan karena pajaknya lebih mahal dariapada mobil jenis lain, sedangkan hatchback kelasnya agak nanggung, harga sama mepet SUV, org di range harga yg sama lebih milih SUV karena GC tinggi, apalagi jalanan di Indonesia blm semulus negara lainantonyaulia wrote: βSun Aug 11, 2019 8:04 Cakep bener ni mobil, kalo saya bilang akan nambah signifikan penjualan mazda di Ina sih. tapi tetap sesuai porsi penjualan sedan dan HB yang memang gak gede ya.
Yes, mazda has rised to higher class, AN mazda 3 ini sukses membuktikan bahwa mazda telah naik kelas menjadi premium brand jepangarinugroho14 wrote: βSun Aug 11, 2019 10:22 Secara perusahaan, Mazda itu tdk sebesar Honda dan Toyota
Tentunya proyeksi sales mereka berbeda dgn kompetitor Jepang lain yg lbh besar
Yg saya apresiasi, adalah usaha Mazda utk membedakan mereka dgn kompetitor. Dan Mazda 3 ini adlh statement dr mereka, bahwa mobil kelas ini juga bsa tampil mewah. Baik dari desain dan fitur. Sya kagum dgn detail2 & eksekusi elemen exterior dan desain interiornya nya.
Kembali ke selera dan kebutuhan masing2 lah yaPugman wrote: βSun Aug 11, 2019 14:01Nice review Om, Mazda 3 ini sejak 2018 lalu adalah mobil HB yang paling saya suka modelnya baik eksterior maupun interior apalagi yang baru ini, tapi saya lebih suka versi sedan.
Kalau saya bandingkan, Altis model yang saat ini ada masih konservatif, model baru yang sudah meluncur diluar belum juga hadir di Indonesia, dan kalau lihat review new Altis diluar itu kesannya ya biasa, oh ini altis baru, fiturnya ini, itu, harganya segini, dan ga ada excitement'nya. Artinya ya New Altis adalah mobil yang bagus tapi bukan sesuatu yang buat kita penasaran.
Jadi kalau saya pribadi simpulkan, untuk sedan Jepang
Kalau mau basic Proper Car ya pilih Altis, mau performance pilih Civic (tapi desainnya bukan selera saya), Mau mobil unik dan berkarakter, ya Mazda 3
Nah iya, mazda mengincar org yg pengen mobil eropa tapi takut rewel dan overbudetdimassn25 wrote: βSun Aug 11, 2019 23:37 Standar laku beda beda. Ada yang target jualannya kayak jual kacang goreng tapi untuk merk "premium" kayak gini gak muluk2 mau nyaingin penjualannya civic turbo. Kalo emang mazda mau ngincer volume tinggal sunat fitur bikin trim bawah biar harganya affordable dan bisa bersaing sama civic.
Makin kesini target mazda mau nyaingin merk eropa. Terlihat mau ngincer orang yang mau naik kelas dari brand jepun biasa tapi buat ambil eropa budget terbatas atau takut pake brand eropa karena takut rewel dan servicenya susah
Thanks bin. Still waiting for the proper time to review hehehebrintanizer wrote: βMon Aug 12, 2019 12:52 juara . review lengkap dr intro - foto HQ sampe outro . joss bgt pboyzzzzh . udh direview CRV nya belom sih ? ....
Amin omm, secara saya masih punya mobil impian yaitu AN Mazda 3 hatchback dan CX9kunaskun wrote: βMon Aug 12, 2019 13:14atau MAZDA itu memposisikan diri sebagai JEPANG yang MEWAH dan MAHAL. masuk niche market atau bikin market untuk emotional buyer yang ada duit untuk bayar barang mirip tapi dengan harga lebih mahal. perhatikan saja pricing Mazda itu selalu lebih mahal sekian juta dari jepang yang sekelasnya dan karena lebih mahal tentu fitur lebih banyak jauh sebagai "bonus"dimassn25 wrote: βSun Aug 11, 2019 23:37 Standar laku beda beda. Ada yang target jualannya kayak jual kacang goreng tapi untuk merk "premium" kayak gini gak muluk2 mau nyaingin penjualannya civic turbo. Kalo emang mazda mau ngincer volume tinggal sunat fitur bikin trim bawah biar harganya affordable dan bisa bersaing sama civic.
Makin kesini target mazda mau nyaingin merk eropa. Terlihat mau ngincer orang yang mau naik kelas dari brand jepun biasa tapi buat ambil eropa budget terbatas atau takut pake brand eropa karena takut rewel dan servicenya susah
padahal sampai CX9 saja saya takjub, bukan takjub bagus atau mewah, tapi takjub dengan salam satu dashboard mahalnya dan satu lagi: row kedua selalu ga lega2 amat untuk berbagai modelnya. ya ga salah juga, namanya saja jualan mobil egois
semoga mazda bisa bertahan lama
Kaga juga bin, hehehe, hanya user biasa aja kokbrintanizer wrote: βTue Aug 13, 2019 10:58Dr model madza 2 non skyactive sampe kodo design menurut gue mazda punya pasar sendiri di Indo . Contohnya papi nya Pboyz yg madza addict.kunaskun wrote: βMon Aug 12, 2019 13:14atau MAZDA itu memposisikan diri sebagai JEPANG yang MEWAH dan MAHAL. masuk niche market atau bikin market untuk emotional buyer yang ada duit untuk bayar barang mirip tapi dengan harga lebih mahal. perhatikan saja pricing Mazda itu selalu lebih mahal sekian juta dari jepang yang sekelasnya dan karena lebih mahal tentu fitur lebih banyak jauh sebagai "bonus"dimassn25 wrote: βSun Aug 11, 2019 23:37 Standar laku beda beda. Ada yang target jualannya kayak jual kacang goreng tapi untuk merk "premium" kayak gini gak muluk2 mau nyaingin penjualannya civic turbo. Kalo emang mazda mau ngincer volume tinggal sunat fitur bikin trim bawah biar harganya affordable dan bisa bersaing sama civic.
Makin kesini target mazda mau nyaingin merk eropa. Terlihat mau ngincer orang yang mau naik kelas dari brand jepun biasa tapi buat ambil eropa budget terbatas atau takut pake brand eropa karena takut rewel dan servicenya susah
padahal sampai CX9 saja saya takjub, bukan takjub bagus atau mewah, tapi takjub dengan salam satu dashboard mahalnya dan satu lagi: row kedua selalu ga lega2 amat untuk berbagai modelnya. ya ga salah juga, namanya saja jualan mobil egois
semoga mazda bisa bertahan lama
Emg lebih refined, tapi bantingannya agak keras, walaupun masih tolerable sih buat sayaerwinign wrote: βTue Aug 13, 2019 12:05 Nice review om!! Btw, saya wkt di giias jg ngetes unit yg sama, tapi just as rear passenger. Appreciate banget sama model ini, jauh refined dr sekiaktip sebelum2nya. Space belakang membaik dikit dibanding gen sebelumnya. Yg saya bener2 amazed itu bantingan nya lbh enak, keras tp damping nya mirip x1. Upholstery, ambient interior nya top notch deh ini mobil, terutama di warna upholstery nya yg kaya batu bata ngingetin sama f30. Begitu digeber, mobil ini jg lebih bs undercontrolled gara2 ada delay dikit di gas nya.
Last, mazda 3 baru nunjukin saya kalo skyactiv mazda bener2 refined scr development nya. Model nya jg kerenn, tp saya prefer yg sedan krn blind spot pilar c nya ngga separah yg HB
Thanks om. Maybe, tergantung keputusan dari EMIInnovaSirion wrote: βWed Aug 14, 2019 8:45 Review-nya keren. Nice!.
Mazda CX-30, versi tingginya Mazda 3, sudah diluncurkan di Eropa (Frankfurt Motor Show) beberapa waktu lalu.
Mungkinkah CX-30 akan masuk ke Indonesia?
Iya om , apalagi saya perhatikan pas GIIAS kemarin, GC nya agak rendah dibanding mobil jenis lainnyalamatlancah wrote: βWed Aug 14, 2019 9:26 kalau untuk weekend car sih OK. tapi untuk daily work-horse car sih keliatannya masih lebih OK SUV.
Karena yg sedan pajaknya lebih mahal daripada jenis lain, makanya harganya mepet yg estatelemonadelovers wrote: βWed Aug 14, 2019 14:05 Salut buat EMI yg masukin banyak line up
Btw yg sedan hrgnya beti sama 6 estate
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 193
- Joined: Sat Dec 12, 2015 14:43
Re: First Impression and Short Test Drive : All New Mazda 3 2019
A great detailed review! Mazda memang value for moneynya tinggi.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4577
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: First Impression and Short Test Drive : All New Mazda 3 2019
Thank you om. Mazda emg punya value for money yg tinggi buat mobil jepang, walaupun soal kepraktisan dan akomodasi bukan yg terbaik
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4577
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: First Impression and Short Test Drive : All New Mazda 3 2019
Maksudnya gak bakal jadi volume maker kaya CX5 , Mazda 2 atau CX3, karena segmen medium hatchback di Indo itu sendiri juga pangsa pasarnya gak gede. Ya mazda emg dari dulu gak fokus ke angka penjualan, mereka ngincer orang yg pengen upgrade dari mobil jepang lain, tapi merasa mobil eropa masih terlalu mahal , serta fokus ke orang yang menikmati mobil , bukan cuma buat alat transportasi dari 1 tempat ke tempat lainmike22 wrote: βSun Aug 11, 2019 12:37 Maksudnya ga bakal laku gmn ya? Pengertian laku yg dimaksud itu apakah sebesar penjualan suv di range harga yg sama?
Dari segmennya aja kan jelas ya, medium hatchback di harga segitu dan sy rasa si mzd jg ga fokus ke cetak angka penjualan.
Kl merk lainnya spt h tegak ya jelas fokus ke situ, makanya main di lcgc-lmpv-lsuv.
Objektifnya, kalo mau ngomong laku dan ga laku ya liat dulu segmennya, dari situ kan keliatan sasarannya konsumen yg spt apa.
Justru mnurut saya si mzd itu mau ngambil pasarnya org2 yang memang beli mobil untuk dinikmati (sesuai jinba ittai), yg merasakan ada excitement dr mengemudikan mobilnya selain fungsinya yg buat point a-b.
Dari kefanatikannya dengan mesin NA dgn kembangin skyaktiv, berarti emg si mzd ini nawarin sesuatu yang berbeda, dan namanya pangsa pasar pasti ada konsumen yg menyasar segmen ini .
Oya jan lupa produknya jg kan cbu, ya ga mungkin lah bakal nyamain penjualan produk ckd lainnya.
Emang nanggung kelasnya, orang lebih milih compact hb yg harganya lebih murah, serta naik kelas ke big sedan sekalian. Serta di range harga yg mirip, orang lebih milih Med SUV karena GCnya lebih tinggiPugman wrote: βSun Aug 11, 2019 13:38Ya setuju, Mazda untuk kelas medium HB dan Sedan jelas bukan money maker, karena segmen sedan medium jauh berkurang. Orang yang senang sedan/hb yang usianya muda dan penghasilan belum banyak cenderung pilih compact sedan/Hb macam Mazda2, Yaris, Vios, City, Jazz dkk. Sedangkan yang lebih mapan cenderung ke Big Sedan macam Accord, Camry atau Mazda 6.mike22 wrote: βSun Aug 11, 2019 12:37 Maksudnya ga bakal laku gmn ya? Pengertian laku yg dimaksud itu apakah sebesar penjualan suv di range harga yg sama?
Dari segmennya aja kan jelas ya, medium hatchback di harga segitu dan sy rasa si mzd jg ga fokus ke cetak angka penjualan.
Kl merk lainnya spt h tegak ya jelas fokus ke situ, makanya main di lcgc-lmpv-lsuv.
Objektifnya, kalo mau ngomong laku dan ga laku ya liat dulu segmennya, dari situ kan keliatan sasarannya konsumen yg spt apa.
Justru mnurut saya si mzd itu mau ngambil pasarnya org2 yang memang beli mobil untuk dinikmati (sesuai jinba ittai), yg merasakan ada excitement dr mengemudikan mobilnya selain fungsinya yg buat point a-b.
Dari kefanatikannya dengan mesin NA dgn kembangin skyaktiv, berarti emg si mzd ini nawarin sesuatu yang berbeda, dan namanya pangsa pasar pasti ada konsumen yg menyasar segmen ini .
Oya jan lupa produknya jg kan cbu, ya ga mungkin lah bakal nyamain penjualan produk ckd lainnya.
Dan ga usah lihat Mazda, lihat saja macam Altis dan Civic, seberapa besar pasar mereka sekarang? Mungkin ditengah demam SUV dan MPV sekarang sudah tidak sampai 500 unit/bln. Dan saya prediksi All New 3 inipun 90% kemungkinan ga akan melewati penjualan Altis dan Civic di Indonesia. Dibeberapa media yang saya baca kalau ga salah ingat, target untuk Mazda3 all varian hanya 150 unit sampai akhir tahun.
Mazda ini seperti Peugeot, kalau Mazda adalah brand Jepang yang didekatkan ke Cita rasa eropa. Bukan luxury brand tapi terasa seperti mobil premium namun dengan harga yang masih masuk akal untuk brand Jepang meski sedikit di atas kompetitor. Sedangkan Peugeot adalah brand Eropa yang juga bukan brand luxury namun tetap dengan feel premium dan pengendaraan khas eropa namun dengan harga yang lebih dekat ke mobil jepang. Dan masuk dalam kelas tanggung seperti ini memang ngeri2 sedap.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Sun Sep 08, 2019 14:45
- Location: Kabupaten Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda 2 Skyactive
Re: First Impression and Short Test Drive : All New Mazda 3 2019
Nice review om! Ane pake mazda 2 gt skrg, begitu liat ini keluar sih ngiler banget. coba2 cari bekasnya aja 2 tahunan lagi deh siapa tau harga turun banyak hahaha. Mukanya itu lo yg bikin ga kuat ganteng pisan!