[First Drive] Nissan Note e-power

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: [First Drive] Nissan Note e-power

Post by kunaskun »

ChZ wrote: Thu Sep 19, 2019 8:36 klo gt saatnya bisnis mesin kampakan...

lumayan klo mesinnya cm buat genset khan partnya bisa pake part kanibal... :ngacir:

HR12DE kan ? buat scrapyard isinya datgo march livina juke :ngacir:
sekalian mesin L15... legendary tuh, pake turbo pula sekarang :emo-big_love:
mpvlover wrote: Thu Sep 19, 2019 9:09 X-trail gen skrg ga ada versi e-power kalo ga salah. Mungkin gen berikutnya.

Livina skrg gak mungkin ada versi e-powernya. Livina mobil paling low di lineup global nissan. Sama aja kaya ga mungkin avanza dibikin hybrid.

Setelah 2025, baru bisa keliatan nasib tech e-power ini. Di atas kertas ini solusi sempurna buat negara berkembang atau dunia ketiga kaya +62 ini. TAPI kalo justru EV meledak di semua negara maju, e-power ini akan diabaikan nissan

Euforia ttg mobil listrik di indo itu belum tentu akan jd kenyataan loh. EV udah pasti di negara maju tp negara kaya +62 ini justru akan jadi tempat jin jepang buang anak :

Electric motor itu cocok utk gantiin mesin canggih eropa yg kompleks dan mahal. Emisi uni eropa makin ketat.

Tapi mesin kuno di avanza itu murah bikinnya. Indon ga ada emisi ketat. Toyota itu cuman koar koar aja ttg pabrik mobil listrik di indon, wong di global aja mereka ga punya satu pun mobil listrik. Toyota astra itu cuman niat jualan avanza dan calya sampe kiamat. Sepuluh taun lagi inget aja kata kata saya ini

Yg serius bikin pabrik mobil listrik di sini itu cuman HYUNDAI. Buat bikin Kona. Kona itu ada versi bensin, PHEV dan electric.

Merk china ada harapan inves di sini. Merek tau inkumben kaya astra, daihatsu suzuki disini itu dinosaurus. Bakal bikin kijang dan carry sampe kiamat
:mky_06: :mky_06: :mky_06: :big_deal: :big_deal: :big_deal: :big_okay: :big_okay: :big_okay: :big_exellent: :big_exellent: :big_exellent:
keren analisanya :big_okay: :big_okay: :big_okay:
Astargea
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Sat Mar 31, 2018 14:14

Re: [First Drive] Nissan Note e-power

Post by Astargea »

mpvlover wrote: Thu Sep 19, 2019 9:09 Livina skrg gak mungkin ada versi e-powernya. Livina mobil paling low di lineup global nissan. Sama aja kaya ga mungkin avanza dibikin hybrid.
Bukan paling low lagi, malah bahkan gak dianggap karena bukan mobil buatan mereka dan cuma dijual di satu negara :mky_07:
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 808
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: [First Drive] Nissan Note e-power

Post by mobilover »

mpvlover wrote: Thu Sep 19, 2019 9:09 X-trail gen skrg ga ada versi e-power kalo ga salah. Mungkin gen berikutnya.

Livina skrg gak mungkin ada versi e-powernya. Livina mobil paling low di lineup global nissan. Sama aja kaya ga mungkin avanza dibikin hybrid.

Setelah 2025, baru bisa keliatan nasib tech e-power ini. Di atas kertas ini solusi sempurna buat negara berkembang atau dunia ketiga kaya +62 ini. TAPI kalo justru EV meledak di semua negara maju, e-power ini akan diabaikan nissan

Euforia ttg mobil listrik di indo itu belum tentu akan jd kenyataan loh. EV udah pasti di negara maju tp negara kaya +62 ini justru akan jadi tempat jin jepang buang anak :

Electric motor itu cocok utk gantiin mesin canggih eropa yg kompleks dan mahal. Emisi uni eropa makin ketat.

Tapi mesin kuno di avanza itu murah bikinnya. Indon ga ada emisi ketat. Toyota itu cuman koar koar aja ttg pabrik mobil listrik di indon, wong di global aja mereka ga punya satu pun mobil listrik. Toyota astra itu cuman niat jualan avanza dan calya sampe kiamat. Sepuluh taun lagi inget aja kata kata saya ini

Yg serius bikin pabrik mobil listrik di sini itu cuman HYUNDAI. Buat bikin Kona. Kona itu ada versi bensin, PHEV dan electric.

Merk china ada harapan inves di sini. Merek tau inkumben kaya astra, daihatsu suzuki disini itu dinosaurus. Bakal bikin kijang dan carry sampe kiamat
Setuju om. Selera org indo itu yg awet, bandel, tahan banting, irit, muat banyak. Mau emisi ngebul hitam jg ga peduli, yg penting bisa isi premium atau biosolar. Makanya mesin ICE yg canggih gak bs masuk ke sini krn standar EURO kita yg kerendahan. Itu jg alasan mesin purba macam dieselnya panther msh laku di pasaran krn irit, bandel, tahan banting dikasih solar murah pun.

Kl kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan msh rendah (polusi udara tinggi, sampah berserakan di mana2), mobil ramah lingkungan susah lakunya karena hargany jg tinggi dan hanya dihargai oleh org yg mengerti pentingnya low emission vehicle. Hyundai jg bikin pabrik di sini untuk ngincer ekspor ke aussie dan singapur di mana mereka termasuk market leader di sana. Pasar domestik indonesia mgkn mereka mau coba2, tp bukan target utamanya IMO
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: [First Drive] Nissan Note e-power

Post by liemivan86 »

mobilover wrote:
mpvlover wrote: Thu Sep 19, 2019 9:09 X-trail gen skrg ga ada versi e-power kalo ga salah. Mungkin gen berikutnya.

Livina skrg gak mungkin ada versi e-powernya. Livina mobil paling low di lineup global nissan. Sama aja kaya ga mungkin avanza dibikin hybrid.

Setelah 2025, baru bisa keliatan nasib tech e-power ini. Di atas kertas ini solusi sempurna buat negara berkembang atau dunia ketiga kaya +62 ini. TAPI kalo justru EV meledak di semua negara maju, e-power ini akan diabaikan nissan

Euforia ttg mobil listrik di indo itu belum tentu akan jd kenyataan loh. EV udah pasti di negara maju tp negara kaya +62 ini justru akan jadi tempat jin jepang buang anak :

Electric motor itu cocok utk gantiin mesin canggih eropa yg kompleks dan mahal. Emisi uni eropa makin ketat.

Tapi mesin kuno di avanza itu murah bikinnya. Indon ga ada emisi ketat. Toyota itu cuman koar koar aja ttg pabrik mobil listrik di indon, wong di global aja mereka ga punya satu pun mobil listrik. Toyota astra itu cuman niat jualan avanza dan calya sampe kiamat. Sepuluh taun lagi inget aja kata kata saya ini

Yg serius bikin pabrik mobil listrik di sini itu cuman HYUNDAI. Buat bikin Kona. Kona itu ada versi bensin, PHEV dan electric.

Merk china ada harapan inves di sini. Merek tau inkumben kaya astra, daihatsu suzuki disini itu dinosaurus. Bakal bikin kijang dan carry sampe kiamat
Setuju om. Selera org indo itu yg awet, bandel, tahan banting, irit, muat banyak. Mau emisi ngebul hitam jg ga peduli, yg penting bisa isi premium atau biosolar. Makanya mesin ICE yg canggih gak bs masuk ke sini krn standar EURO kita yg kerendahan. Itu jg alasan mesin purba macam dieselnya panther msh laku di pasaran krn irit, bandel, tahan banting dikasih solar murah pun.

Kl kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan msh rendah (polusi udara tinggi, sampah berserakan di mana2), mobil ramah lingkungan susah lakunya karena hargany jg tinggi dan hanya dihargai oleh org yg mengerti pentingnya low emission vehicle. Hyundai jg bikin pabrik di sini untuk ngincer ekspor ke aussie dan singapur di mana mereka termasuk market leader di sana. Pasar domestik indonesia mgkn mereka mau coba2, tp bukan target utamanya IMO
Iseng aja..

Sebenarnya kalo mau bahas soal isu polusi udara ya, saya pernah baca di mana gitu, polusi udara dari 1 sepeda motor itu lebih beracun dibandingkan 1 mobil yang proper. Entah apakah ini benar atau tidak, tapi memang saya pernah liat di oddysey versi lama, 2001-2003, yang 3.0 itu termasuk ULEV, sedangkan yang 2.3 hanya LEV. Berarti tingkat emisi tidak dipengaruhi dari CC mesin. Bisa saja mesin mobil beremisi lebih rendah dibanding mesin sepeda motor.

Kalo memang hal itu benar, sampai kapan pun udara kita tidak akan bersih, sepeda motor nya semakin lama semakin banyak..
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2936
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: [First Drive] Nissan Note e-power

Post by Salvanost »

Salut gua sama ide beginian
Lebih salut lagi kalau baterainya rusak masih bisa pakai bensin
Tapi...
"Untuk satu liternya bisa menempuh jarak 37,2 kilometer atau sekitar 1.480 kilometer saat full tangki, karena kapasitas tangki mobil ini 40 liter, "

Hebat banget... 40 liter bisa hampir 1500km

Ga usah pusingin emisi lagi ini
mpvlover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1147
Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26

Re: [First Drive] Nissan Note e-power

Post by mpvlover »

Kalo polusi satu motor lebih parah dr satu mobil keluaran baru, itu BETUL

Contoh nyatanya ada dan gampang diliat. Pergi aja ke jepang atau yg deket dan tiket murah itu singapur

Mobil dan bis banyak di jalanan tp ampir ga kerasa polusinya. Krn motor bs diitung jari dalam sehari keliatan
mpvlover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1147
Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26

Re: [First Drive] Nissan Note e-power

Post by mpvlover »

Bener, pabrik hyundai kalo ga salah targetnya 53% produksinya diekspor

Lupa 53% atau 47% nya

Buat pasar lokal yg dirakit itu paling byk H1 lalu Kona bensin. Kona mungkin gen berikutnya bukan yg skrg
mpvlover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1147
Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26

Re: [First Drive] Nissan Note e-power

Post by mpvlover »

Tp Kona rakitan lokal bakal punya standar global krn jg diekspor,

Terlepas dr tampang keren tidaknya, Kona ckd bakal lebih solid buatannya drpd honda hrv gen berikut rakitan kerawang. Liat aja honda honda skrg yg rakitan kerawang vs yg cbu thailand (civic accord )
mastom
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: Mon Jan 11, 2016 5:09

Re: [First Drive] Nissan Note e-power

Post by mastom »

lebih OOT lagi...

EV booming di 2025
at the same time, klapa sawit makin luas
aksi bakar2 makin meraja lela

ironi sekali, naik mobil EV tapi pake masker... :mky_05: :big_dunno: :big_think:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1487
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: [First Drive] Nissan Note e-power

Post by MSU »

mpvlover wrote: Thu Sep 19, 2019 23:54 Kalo polusi satu motor lebih parah dr satu mobil keluaran baru, itu BETUL

Contoh nyatanya ada dan gampang diliat. Pergi aja ke jepang atau yg deket dan tiket murah itu singapur

Mobil dan bis banyak di jalanan tp ampir ga kerasa polusinya. Krn motor bs diitung jari dalam sehari keliatan
bukannya motor2 sekarang udh pake catalytic converter jg?
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1397
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: [First Drive] Nissan Note e-power

Post by iwing »

mungkin karena rpm motor jauh lebih cepet dibanding rpm mobil, jadi nya menghasilkan asap yang lebih banyak karena hasil pembakaran
User avatar
abrof
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 949
Joined: Sat May 24, 2008 11:07

Re: [First Drive] Nissan Note e-power

Post by abrof »

Emisi motor, ini yang pernah bikin debat tak berujung di SM. Karena lucunya, gas buang motor yang diukur emisinya di ujung knalpot lebih dulu disuntikan udara bersih di pangkal knalpot, artinya angka emisinya palsu sebenarnya. CMIIW
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1965
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: [First Drive] Nissan Note e-power

Post by alvin23 »

mpvlover wrote: Thu Sep 19, 2019 9:09

Tapi mesin kuno di avanza itu murah bikinnya. Indon ga ada emisi ketat. Toyota itu cuman koar koar aja ttg pabrik mobil listrik di indon, wong di global aja mereka ga punya satu pun mobil listrik. Toyota astra itu cuman niat jualan avanza dan calya sampe kiamat. Sepuluh taun lagi inget aja kata kata saya ini

Yg serius bikin pabrik mobil listrik di sini itu cuman HYUNDAI. Buat bikin Kona. Kona itu ada versi bensin, PHEV dan electric.

Merk china ada harapan inves di sini. Merek tau inkumben kaya astra, daihatsu suzuki disini itu dinosaurus. Bakal bikin kijang dan carry sampe kiamat
Makanya peraturannya dirancang mengakomodir mobil hibrid dulu :mky_07:
Hibrid, siapa yg punya lineup plg banyak dan murah? :mky_02:
Rocky R ADS CVT 2021
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1558
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: [First Drive] Nissan Note e-power

Post by pengendiesel »

ninodiablo wrote: Thu Sep 19, 2019 6:50
Perkiraan gue jg bukan note yg bakal dikasih e-power, karena note yg ini udh ketuaan ya (dr 2012), bisa jadi next gen note, Serena, X-Trail, or maybe Livina hahahahaha (ngimpi)
Auto pengen kalo ada livina e-power, buat jadi kendaraan nguli sehari2 enak banget :big_love:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [First Drive] Nissan Note e-power

Post by ChZ »

iwing wrote: Fri Sep 20, 2019 1:23 mungkin karena rpm motor jauh lebih cepet dibanding rpm mobil, jadi nya menghasilkan asap yang lebih banyak karena hasil pembakaran
dan teknologi mesin motor pun masih sangat jauh ketinggalan dari mesin mobil.

motor injeksi ? baru rame belakangan.

motor bermesin karbu apalagi 2tak masih belum mati di jalanan. masih berserakan dimana-mana. + teriaknya pun bisa sampe belasan ribu rpm.

ditambah demografi pengguna motor yang mayoritas (maaf) masyarakat kelas ekonomi menengah ke bawah yang belum tentu anggap beli motor baru sebagai sebuah kebutuhan. Rata-rata selama masih bisa diservis dan jalan itu sudah cukup. Wong buat kebutuhan sehari-hari aja berat, ngapain nambah beban nyicil motor baru. nyervis motor tuanya jauh lebih masuk akal dibanding ganti motor baru.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
EOR24
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: Wed Jan 24, 2018 3:08

Re: [First Drive] Nissan Note e-power

Post by EOR24 »

abrof wrote: Fri Sep 20, 2019 2:12 Emisi motor, ini yang pernah bikin debat tak berujung di SM. Karena lucunya, gas buang motor yang diukur emisinya di ujung knalpot lebih dulu disuntikan udara bersih di pangkal knalpot, artinya angka emisinya palsu sebenarnya. CMIIW
IMHO enggak palsu juga om, kan yang dihitung sebagai polutan adalah gas yang dilepas ke udara bebas. bukan gas yang dibuang dari mesin. jadi apapun treatment nya sebelum dilepas ke udara bebas yang berarti sudah mengurangi polutan (emisi).
ChZ wrote: Fri Sep 20, 2019 3:32
dan teknologi mesin motor pun masih sangat jauh ketinggalan dari mesin mobil.

motor injeksi ? baru rame belakangan.

motor bermesin karbu apalagi 2tak masih belum mati di jalanan. masih berserakan dimana-mana. + teriaknya pun bisa sampe belasan ribu rpm.

ditambah demografi pengguna motor yang mayoritas (maaf) masyarakat kelas ekonomi menengah ke bawah yang belum tentu anggap beli motor baru sebagai sebuah kebutuhan. Rata-rata selama masih bisa diservis dan jalan itu sudah cukup. Wong buat kebutuhan sehari-hari aja berat, ngapain nambah beban nyicil motor baru. nyervis motor tuanya jauh lebih masuk akal dibanding ganti motor baru.
IMHO lagi
ini kayanya ga berlaku di jakarta ya, sebagai kota dengan polusi udara terburuk sebenar nya motor2 di jakarta lebih banyak yang baru daripada motor tua. apalagi adanya leasing sehingga mudah bgt dapet motor baru (300rb sudah bisa dapat motor baru :mrgreen: ).

menurut saya, tetap penyumbang utama polusi udara adalah karena jumlah kendaraan terutama motor yang terlalu banyak di jalanan. lagi2 transportasi umum yang blm maksimal dijadikan alasan.

termasuk saya sih :e-wall:
mpvlover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1147
Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26

Re: [First Drive] Nissan Note e-power

Post by mpvlover »

alvin23 wrote: Fri Sep 20, 2019 3:05
mpvlover wrote: Thu Sep 19, 2019 9:09

Tapi mesin kuno di avanza itu murah bikinnya. Indon ga ada emisi ketat. Toyota itu cuman koar koar aja ttg pabrik mobil listrik di indon, wong di global aja mereka ga punya satu pun mobil listrik. Toyota astra itu cuman niat jualan avanza dan calya sampe kiamat. Sepuluh taun lagi inget aja kata kata saya ini

Yg serius bikin pabrik mobil listrik di sini itu cuman HYUNDAI. Buat bikin Kona. Kona itu ada versi bensin, PHEV dan electric.

Merk china ada harapan inves di sini. Merek tau inkumben kaya astra, daihatsu suzuki disini itu dinosaurus. Bakal bikin kijang dan carry sampe kiamat
Makanya peraturannya dirancang mengakomodir mobil hibrid dulu :mky_07:
Hibrid, siapa yg punya lineup plg banyak dan murah? :mky_02:
Toyota haha.

Tp perpres ga ngasih insentif buat investasi mbl hybrid. Jadi toyota ga akan inves pabrik baru disini

Ppnbm baru juga belon jelas apakah berlaku utk semua cbu atau cuman buat merk yg berani inves pabrik

Kalo semua dapet ppnbm gratis, lah ngapain repot repot inves pabrik disini? Mendingan di thailand atau china
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [First Drive] Nissan Note e-power

Post by ChZ »

EOR24 wrote: Fri Sep 20, 2019 3:58 IMHO lagi
ini kayanya ga berlaku di jakarta ya, sebagai kota dengan polusi udara terburuk sebenar nya motor2 di jakarta lebih banyak yang baru daripada motor tua. apalagi adanya leasing sehingga mudah bgt dapet motor baru (300rb sudah bisa dapat motor baru :mrgreen: ).

menurut saya, tetap penyumbang utama polusi udara adalah karena jumlah kendaraan terutama motor yang terlalu banyak di jalanan. lagi2 transportasi umum yang blm maksimal dijadikan alasan.

termasuk saya sih :e-wall:
mungkin ane bisa salah, krn ane bukan anak motor :mky_01:

menurut pengamatan ane motor yang masih teknologi karbu pun masih beredar banyak di jalan walaupun motor barunya juga nambah banyak.

ya, karena kalo liat foto-foto dan dokumentasi jam sibuk di negara maju contohnya jepang, liat stasiun MRT atau KRL nya sendiri udah penuh sesak sampe orang di dalem gerbong kayaknya mo gerak aja susah :mky_01: di negara kita orang-orang sebanyak itu ambyar ke jalanan masing-masing pake 1 motor berangkat kerja. gak heran polusi dan macet makin menggila :mky_01:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 808
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: [First Drive] Nissan Note e-power

Post by mobilover »

mpvlover wrote: Thu Sep 19, 2019 23:59 Tp Kona rakitan lokal bakal punya standar global krn jg diekspor,

Terlepas dr tampang keren tidaknya, Kona ckd bakal lebih solid buatannya drpd honda hrv gen berikut rakitan kerawang. Liat aja honda honda skrg yg rakitan kerawang vs yg cbu thailand (civic accord )
Kl tucson sm santafe gmn om? Ini SUV jg potensial untuk diproduksi di indonesia dan dijual di lokal dan ekspor ke aussie. Secara tucson sm santa fe lumayan sukses di sana.

Berharap santa fe diesel hargany bs setara sm ANPS / ANF jadi makin rame pasar medium SUV diesel hehe
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: [First Drive] Nissan Note e-power

Post by kunaskun »

mpvlover wrote: Fri Sep 20, 2019 4:10 Toyota haha.

Tp perpres ga ngasih insentif buat investasi mbl hybrid. Jadi toyota ga akan inves pabrik baru disini

Ppnbm baru juga belon jelas apakah berlaku utk semua cbu atau cuman buat merk yg berani inves pabrik

Kalo semua dapet ppnbm gratis, lah ngapain repot repot inves pabrik disini? Mendingan di thailand atau china
ya kalau aturan baru bikin hepi, pasti daitoyo udah woro2 duluan soal pabrik, kan daitoyo itu selalu duluan kalau ada yg baru. lah ini santai2 saja, ga ada tanda2 mau bikin. malah di Thailand udah duluan lama itu perakitan hybrid.
pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: [First Drive] Nissan Note e-power

Post by pernahmiskin »

Dengan mesin yg cuma menjadi genset, dan misalkan e~power meledak populasinya.
Tar akan banyak produk carbon cleaner terpakai....

Peluang nih :big_dunno:
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:
User avatar
pradit_d
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 805
Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37

Re: [First Drive] Nissan Note e-power

Post by pradit_d »

mpvlover wrote: Thu Sep 19, 2019 9:09 X-trail gen skrg ga ada versi e-power kalo ga salah. Mungkin gen berikutnya.

Livina skrg gak mungkin ada versi e-powernya. Livina mobil paling low di lineup global nissan. Sama aja kaya ga mungkin avanza dibikin hybrid.

Setelah 2025, baru bisa keliatan nasib tech e-power ini. Di atas kertas ini solusi sempurna buat negara berkembang atau dunia ketiga kaya +62 ini. TAPI kalo justru EV meledak di semua negara maju, e-power ini akan diabaikan nissan

Euforia ttg mobil listrik di indo itu belum tentu akan jd kenyataan loh. EV udah pasti di negara maju tp negara kaya +62 ini justru akan jadi tempat jin jepang buang anak :

Electric motor itu cocok utk gantiin mesin canggih eropa yg kompleks dan mahal. Emisi uni eropa makin ketat.

Tapi mesin kuno di avanza itu murah bikinnya. Indon ga ada emisi ketat. Toyota itu cuman koar koar aja ttg pabrik mobil listrik di indon, wong di global aja mereka ga punya satu pun mobil listrik. Toyota astra itu cuman niat jualan avanza dan calya sampe kiamat. Sepuluh taun lagi inget aja kata kata saya ini

Yg serius bikin pabrik mobil listrik di sini itu cuman HYUNDAI. Buat bikin Kona. Kona itu ada versi bensin, PHEV dan electric.

Merk china ada harapan inves di sini. Merek tau inkumben kaya astra, daihatsu suzuki disini itu dinosaurus. Bakal bikin kijang dan carry sampe kiamat
Suka banget baca ini. Karena ane ngerasa aturan2 otomotif apa aja selama ini cuman nguntungin buat merek2 yg keluarin mobil purba itu. Selama aturannya ga berubah ya bakalan terus diproduksi tuh mobil dengan standar emisi yg ga ketat
:big_peace:
adrianomyman
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 169
Joined: Mon Mar 26, 2018 13:04
Location: Indnesia
Daily Vehicle: Car

Re: [First Drive] Nissan Note e-power

Post by adrianomyman »

om nanya dong, apakah nama e power nissan ini udah patent milik merk nissan ?? trus, teknologi serupa dipabrikan lain apakah tidak ada??
bejosupangat
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 160
Joined: Sat Jan 12, 2013 6:48

Re: [First Drive] Nissan Note e-power

Post by bejosupangat »

adrianomyman wrote: Sun Sep 22, 2019 1:55 om nanya dong, apakah nama e power nissan ini udah patent milik merk nissan ?? trus, teknologi serupa dipabrikan lain apakah tidak ada??
Kalau naming, "e-Power" memang paten dari brand Nissan.

Teknologi serupa ada pak, seluruh produsen lokomotif diesel electric.

Kalau mobil, yang paling dekat mungkin BMW i3, tapi hanya kalau si pemilik beli opsional tambahan 'range extender' (mesin scooter 650cc untuk jadi genset persis seperti Note e-Power). Jadi dia belinya BMW i3 REx.

Tapi sepertinya kalau yang spec standardnya sudah seperti itu, baru ada Note e-Power pelopor & satu2nya.
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1555
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: [First Drive] Nissan Note e-power

Post by lemonadelovers »

Motor listrik ga ad insentif ya? Pengen beli viar Q1 klo ad insentif kan lbh murah
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT