[First Drive] Nissan Note e-power

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ninodiablo
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 293
Joined: Fri Apr 03, 2009 12:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Subaru XV

[First Drive] Nissan Note e-power

Post by ninodiablo »

Melanjutkan kencan singkat gue dengan Nissan Leaf, let me do another story about e-power. Sebelumnya gue mohon maaf kl enggak ada foto apa-apa yang diambil, karena terlalu sibuk dengan si cantik Leaf, sedangkan Note in terlihat biasa saja (mungkin karena sudah termakan usia juga).
Setelah me-review singkat Leaf, gue yakin ada yang berfikir…

“ah Indonesia belom siap untuk mobil listrik”
“Infrastrukturnya gimana? Harus charge dimana?”
“Kalau mau keluar kota gimana?”
“Charger di rumah enggak kuat tegangannya, lama pula”

Berusaha menjawab kebutuhan kita, ternyata ada nih teknologi electric lain yang dibawa Nissan, dan menurut gue tepat untuk kondisi negeri +62 ini. Nama mesin itu adalah E-Power (E-Powaaaaaaah)

Image
Versi Note e-power Nismo

Just another Hybrid??

Pas gue mendengar kata e-power, dan mengetahui kl komponennya adalah mesin bensin + baterai, wah ini mah hybrid hahaha. Ternyata setelah gue berbeda!

Image

Electric car: Charger – Baterai – inverter – motor - menggerakan roda
E-Power: Mesin bensin - Baterai – inverter – motor - menggerakan roda

Jadi singkatnya E-power adalah EV yang tidak perlu di charger, peran charger digantikan oleh mesin bensin 1.200cc yang tugasnya HANYA untuk charger baterai. Sedangkan di Hybrid, mesin bensin masih bertugas menggerakan roda berbarengan dengan batterai untuk memberikan extra powaaah.

Hal ini membawa dua impact unik kepada karakter E-power ini, pertama impresi menyetir mobil ini SAMA persis dengan EV. Kedua, karena mesin tidak berhubungan dengan roda sama sekali, membuat putaran mesin menjadi idle konstan kalaupun ada putaran max dijaga di angka 2000an rpm. Ini membuat konsumsi bahan bakar yang irit.

Exterior – Interior

Impresi pertama, mobil Note e-power ini berwarna orange terlihat biasa saja, apalagi bila dibandingkan dengan Leaf yang tampil mempesona. Note ini adalah generasi kedua yang telah hadir sejak 2012, jadi wajar kalau model ini sudah mulai menua, walaupun opsi e-power baru hadir sejak 2 tahun lalu (2017).

Masuk ke interior kesan menua juga semakin terasa, dengan desain kisi-kisi AC membulat yang sudah di tinggalkan di generasi Nissan terbaru. Warna hitam dan abu-abu mendominasi interior, dengan tombol transmisi (fidget spinner) yang sama seperti di Leaf. Di bagian dashboard, informasi takometer digantikan dengan keterangan charge vs power untuk mengetahui mobil sedang menggunakan energinya kemana. Sedangkan bagian kanan, ada tambahan gambar baterai, mesin, untuk memberitahu mode apa yang sedang bekerja.
Image
Dashboard e-power

Image
Dashboard Note biasa

How does it feel?

Masuk….
Tekan start-stop button….
Hening…..

Serupa Leaf tidak ada suara ketika mencoba menghidupkan, mungkin karena baterainya penuh. Pindahkan tombol ke D, dan wuissssss gue pun melaju di sirkuit tertutup itu. Impresinya bisa dibilang sama dengan EV! Walau secara tenaga lebih kecil (total 107hp, torsi 240Nm) dari Leaf, tapi impresi accelerasi instant ada di disana. Badan gue terhempas ketika torsi buas menghajar setiap pedal gue tekan. Dengan sasis yang cukup mantap (walau dibawah Leaf yg hatchback), impresi berkendara sangat menyenangkan, gue taksir 0-100 disekitar 9 detik’an.

Beberapa kali gue sadar mesin mobil mati dan hidup ketika test drive, namun gue lupa kapan itu terjadi, gue cuma sibuk fokus banzaiiiiiiiiiiiiiiii.
Karena mesin kecil dan kerja yang tidak berat, konsumsi bahan bakar di taksir bisa mencapai 1:37km/liter (kata Nissan), tapi gue percaya kl ini mobil bakal irit banget, karena tugasnya hanya isi baterai aja, bagaikan generator.

Sekarang gue tes e-pedal mereka, impresinya sama dengan e-pedal di Leaf namun efek engine brake lbh ringan, karena motor listrik yg lebih kecil mungkin? Tapi anyhow, tetap bisa kok dibuat menyetir dengan satu pedal, tapi sekali lagi harus dibiasakan.

Last verdict, walau sangat singkat, tapi gue bisa bilang ini mesin bisa jadi jagoan Nissan di masa depan, karena well mesin ini berada tepat berada 1 langkah dibelakang EV, lebih canggih dari hybrid biasa. Jadi kalau mau coba EV tapi pusing charger dimana, tes aja e-power, gue jamin rasanya sama.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: [First Drive] Nissan Note e-power

Post by kunaskun »

the legendary HR12 engine. disiksa jadi genset. di indo dihina2 netijen maha benar katanya mesin geter2 karena 3 silinder...
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: [First Drive] Nissan Note e-power

Post by ilhami »

jadi sistemnya seperti lokomotif diesel elektrik he he
osbertc0ol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51

Re: [First Drive] Nissan Note e-power

Post by osbertc0ol »

Lah ini kan sebenernya PLUG IN HYBRID minus Colokan listrik....
Beda kah e-note ini sama plug in hybrid??

CMIIW
User avatar
akbarfit
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 288
Joined: Fri Jul 02, 2010 15:23

Re: [First Drive] Nissan Note e-power

Post by akbarfit »

Dari dulu sudah melihat potensi Nissan ada di e-power ini.

Satu-satunya media penghubung dunia mobil listrik dengan mobil bahan bakar fosil ya sistem ini.

Andai regulasi sudah keluar jauh lebih dulu, tidak menutup keemingkinan gantinya March, Livina pendek dan Latio ya mobil ini.
DoctorJDM

Human that can humanize human is the best human.
nimoo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 359
Joined: Sat Nov 14, 2015 14:13
Location: Jakarta
Daily Vehicle: nmax

Re: [First Drive] Nissan Note e-power

Post by nimoo »

Nice review, tapi tulisannya ada yg keselimpet dikit hehe

'genset'nya gede juga ya 1200cc :big_peace:
bejosupangat
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 160
Joined: Sat Jan 12, 2013 6:48

Re: [First Drive] Nissan Note e-power

Post by bejosupangat »

osbertc0ol wrote: Wed Sep 18, 2019 15:41 Lah ini kan sebenernya PLUG IN HYBRID minus Colokan listrik....
Beda kah e-note ini sama plug in hybrid??

CMIIW
Beda Pak, selama IC (internal combustion) engine masih terhubung ke gearbox dan roda penggerak, maka masih disebut sebagai hybrid.
Roda penggerak digerakkan oleh: (a) kombinasi mesin IC + motor listrik; (b) mesin IC saja sembari men-charge battery; (c) motor listrik saja karena daya battery terisi cukup & pada kondisi tertentu, tapi mesin IC tetap standby sewaktu2 nyala & take over.

e-Power ini 100% electric vehicle, karena motor listrik adalah satu-satunya penyuplai tenaga dan torsi ke roda penggerak.
Mesin bensin 1,200 cc nya sama sekali tidak terhubung ke roda penggerak.

Betul di atas ada yang sebutkan secara kerja mirip lokomotif diesel electric. Mesin diesel bertindak sebagai generator untuk supply daya ke battery untuk dipakai motor listrik untuk menggerakan roda penggerak.

Mungkin nanti satuannya yang digunakan untuk mengetahui efisiensi sudah bukan km/l atau mile per gallon lagi, tapi berubah menjadi "jam / liter".
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1487
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: [First Drive] Nissan Note e-power

Post by MSU »

nah setuju...ini yang paling cocok utk indo..
kalaupun batere tewas..paling apes mesin nyala terus kan?
User avatar
jar-jit-no
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: Thu Nov 29, 2012 5:58
Location: Malang city

Re: [First Drive] Nissan Note e-power

Post by jar-jit-no »

MSU wrote: Thu Sep 19, 2019 0:20 nah setuju...ini yang paling cocok utk indo..
kalaupun batere tewas..paling apes mesin nyala terus kan?
mesin sih nyala...tapi kalo nggak tersambung ke roda penggerak ya sama aja ga bisa jalan :mky_04:
4A91 4at - Slow Driver
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1397
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: [First Drive] Nissan Note e-power

Post by iwing »

nah ini yang masuk akal dibanding full ev. cuma masih penasaran penggunaan 1 pedal itu gimana yak..?? jadi pingin test drive
Jailanijailani
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Sun Jan 21, 2018 0:12

Re: [First Drive] Nissan Note e-power

Post by Jailanijailani »

Kalau secara ilmu fisika, konversi energi akan selalu ada energy loss aka penurunan efisiensi.

Misal mesin 80hp, dikonversi listrik, disimpan baterai, untuk putar motor hingga keluar output 100hp.
Ya mungkin bisa untuk mutar motor 100hp, tapi perbandingan charging lebih lama dari penggunaannya.
Misal charger 1 jam untuk jalankan mesin 50 menit.

Ev mungkin untuk meminimalisir energy loss dari mesin konvensional dalam bentuk pengereman ataupun pas idle macet?
Seberapa mampu batere mempertahankan kinerja kompresor ac
Astargea
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Sat Mar 31, 2018 14:14

Re: [First Drive] Nissan Note e-power

Post by Astargea »

Logikanya berarti bisa isi premium tanpa khawatir akan kerusakan atau penurunan performa kan ya? Soalnya cuma berfungsi sebagai genset
ninodiablo
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 293
Joined: Fri Apr 03, 2009 12:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Subaru XV

Re: [First Drive] Nissan Note e-power

Post by ninodiablo »

iwing wrote: Thu Sep 19, 2019 1:23 nah ini yang masuk akal dibanding full ev. cuma masih penasaran penggunaan 1 pedal itu gimana yak..?? jadi pingin test drive
Kaya boom boom car versi posh hahaha jadi kl dilepas ya pelan-pelan berhenti total. nyaman kalau udh biasa, jd bisa tau kira2 ini bisa berhenti sendiri atau masih butuh di rem ya...
osbertc0ol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51

Re: [First Drive] Nissan Note e-power

Post by osbertc0ol »

bejosupangat wrote: Wed Sep 18, 2019 23:53 Beda Pak, selama IC (internal combustion) engine masih terhubung ke gearbox dan roda penggerak, maka masih disebut sebagai hybrid.
Roda penggerak digerakkan oleh: (a) kombinasi mesin IC + motor listrik; (b) mesin IC saja sembari men-charge battery; (c) motor listrik saja karena daya battery terisi cukup & pada kondisi tertentu, tapi mesin IC tetap standby sewaktu2 nyala & take over.

e-Power ini 100% electric vehicle, karena motor listrik adalah satu-satunya penyuplai tenaga dan torsi ke roda penggerak.
Mesin bensin 1,200 cc nya sama sekali tidak terhubung ke roda penggerak.

Betul di atas ada yang sebutkan secara kerja mirip lokomotif diesel electric. Mesin diesel bertindak sebagai generator untuk supply daya ke battery untuk dipakai motor listrik untuk menggerakan roda penggerak.

Mungkin nanti satuannya yang digunakan untuk mengetahui efisiensi sudah bukan km/l atau mile per gallon lagi, tapi berubah menjadi "jam / liter".
Oalaahhh kirain Plug In hybrid IC nya cuman buat ngecharge...
Baik pak thanks penjelasannya..

cheers
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1558
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: [First Drive] Nissan Note e-power

Post by pengendiesel »

Mobil ini menarik banget, liat di review2 bisa 1:35.
Artinya misal di mobil ice kita isi pertamax fc 1:10, ekuivalen harga pertamaxnya jadi sekitar Rp 2.800 aja per liternya. Pertalite Rp 2.200.
Bonus dapet torsi 250nm instan.

Kira2 baterainya harus ganti juga kayak hybrid? Ada yang tau harga baterainya berapaan?
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: [First Drive] Nissan Note e-power

Post by liemivan86 »

pengendiesel wrote:Mobil ini menarik banget, liat di review2 bisa 1:35.
Artinya misal di mobil ice kita isi pertamax fc 1:10, ekuivalen harga pertamaxnya jadi sekitar Rp 2.800 aja per liternya. Pertalite Rp 2.200.
Bonus dapet torsi 250nm instan.

Kira2 baterainya harus ganti juga kayak hybrid? Ada yang tau harga baterainya berapaan?
Sebelum kita ngomong harga baterai nya, harus ngomong in harga mobil nya dulu dong. Semisal dihargai 400-500 jt gitu ada yang beli? Ingat lho, note ini sekelas Jazz dan Yaris..

Buat saya sih, it all comes down to the cost. Misal sepanjang umur mobil kita, bbm yang kita pakai 100 juta rupiah. Kalo ternyata kita beli EV dan harganya lebih mahal 200 jt, kan nda jadi ngirit dong..

Menurut saya, ini masalahnya dengan EV sekarang. Teknologi yang masih mahal, karena masih tahap pengenalan, bahkan di negara maju sekalipun masih termasuk mahal. Kecuali di China, yang pemerintah nya super kaya, jadi bisa subsidi harga mobil nya secara langsung.

Ini kita hanya bicara soal pengiritan rupiah ya, tidak bicara soal isu lingkungan, dll.
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1558
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: [First Drive] Nissan Note e-power

Post by pengendiesel »

liemivan86 wrote: Thu Sep 19, 2019 5:26 Sebelum kita ngomong harga baterai nya, harus ngomong in harga mobil nya dulu dong. Semisal dihargai 400-500 jt gitu ada yang beli? Ingat lho, note ini sekelas Jazz dan Yaris..

Buat saya sih, it all comes down to the cost. Misal sepanjang umur mobil kita, bbm yang kita pakai 100 juta rupiah. Kalo ternyata kita beli EV dan harganya lebih mahal 200 jt, kan nda jadi ngirit dong..

Menurut saya, ini masalahnya dengan EV sekarang. Teknologi yang masih mahal, karena masih tahap pengenalan, bahkan di negara maju sekalipun masih termasuk mahal. Kecuali di China, yang pemerintah nya super kaya, jadi bisa subsidi harga mobil nya secara langsung.

Ini kita hanya bicara soal pengiritan rupiah ya, tidak bicara soal isu lingkungan, dll.
Setuju banget om, harga mobilnya sendiri berapa wkwkwkwk.
Ada sedikit harapan karena note ini harusnya bukan mobil kelas mahal dan denger2 pemerintah sudah melunak mengenai pajak mobil hybrid.
Semoga saja....
mpvlover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1147
Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26

Re: [First Drive] Nissan Note e-power

Post by mpvlover »

Note e-power ga masuk Indo.

Yang masuk itu SERENA C27 e-power.

Sy akan beli satu, sesuai nick

Utk Asean, lineup e-power ada di Serena.
barne
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Mon Jun 04, 2012 6:35

Re: [First Drive] Nissan Note e-power

Post by barne »

wah lebih mantabs ini kl yg masuk malah C27 e-power, ada estimasi / bocoran harga?
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: [First Drive] Nissan Note e-power

Post by kunaskun »

liemivan86 wrote: Thu Sep 19, 2019 5:26
pengendiesel wrote:Mobil ini menarik banget, liat di review2 bisa 1:35.
Artinya misal di mobil ice kita isi pertamax fc 1:10, ekuivalen harga pertamaxnya jadi sekitar Rp 2.800 aja per liternya. Pertalite Rp 2.200.
Bonus dapet torsi 250nm instan.

Kira2 baterainya harus ganti juga kayak hybrid? Ada yang tau harga baterainya berapaan?
Sebelum kita ngomong harga baterai nya, harus ngomong in harga mobil nya dulu dong. Semisal dihargai 400-500 jt gitu ada yang beli? Ingat lho, note ini sekelas Jazz dan Yaris..

Buat saya sih, it all comes down to the cost. Misal sepanjang umur mobil kita, bbm yang kita pakai 100 juta rupiah. Kalo ternyata kita beli EV dan harganya lebih mahal 200 jt, kan nda jadi ngirit dong..

Menurut saya, ini masalahnya dengan EV sekarang. Teknologi yang masih mahal, karena masih tahap pengenalan, bahkan di negara maju sekalipun masih termasuk mahal. Kecuali di China, yang pemerintah nya super kaya, jadi bisa subsidi harga mobil nya secara langsung.

Ini kita hanya bicara soal pengiritan rupiah ya, tidak bicara soal isu lingkungan, dll.
ga lebih mahal banyak kok. di jepang Serena C27 varian XV 1,9 juta yen vs Serena C27 XV E power 2,2 juta yen. selisih 15%. makanya nissan varian E Power ini laku di Jepang.

kalau Toyota Voxy di Jepang varian X 7 Seater di 2,5 juta yen vs varian X 7 Seater Hybrid 3 juta yen. selisih 20%. fuel cons: 23.8 kpl vs 16 kpl. selisih 50% lebih irit.
asumsi bensin 140 yen per liter, per tahun jalan 20 ribu km, konsumsi 16 kpl = 1250 liter bbm * 140 yen = 175 ribu yen. pakai 5 tahun = 875 ribu yen.
vs
asumsi bensin 140 yen per liter, per tahun jalan 20 ribu km, konsumsi 23.8 kpl = 840 liter bbm * 140 yen = 117,6 ribu yen. pakai 5 tahun = 588 ribu yen.
irit: 287 ribu yen.
ada diskon pajak karbon hampir 100 ribu yen.
total: 387 ribu yen.
masih rugi 120 ribu yen.

ya rugi segitu untuk membantu lingkungan. batere dsb pasti masih digaransi pabrikan, karena biasanya 10 tahun.
nah tinggal nanti di Indo aja gimana, kalau selisih harganya 20% kaya di jepang menurut saya masih okelah. karena dapet bonus sensasi torsi instan
ninodiablo
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 293
Joined: Fri Apr 03, 2009 12:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Subaru XV

Re: [First Drive] Nissan Note e-power

Post by ninodiablo »

mpvlover wrote: Thu Sep 19, 2019 6:03 Note e-power ga masuk Indo.

Yang masuk itu SERENA C27 e-power.

Sy akan beli satu, sesuai nick

Utk Asean, lineup e-power ada di Serena.
Perkiraan gue jg bukan note yg bakal dikasih e-power, karena note yg ini udh ketuaan ya (dr 2012), bisa jadi next gen note, Serena, X-Trail, or maybe Livina hahahahaha (ngimpi)
mastom
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: Mon Jan 11, 2016 5:09

Re: [First Drive] Nissan Note e-power

Post by mastom »

serena e-power : kalo harga kurleb 400-500 jt, harusnya laris manis.

teknology yg sangat cocok bt indo
bisa jd cara untuk menghapuskan bensin dan solar busuk
karna dah irit.....bensin brn pake yg mahalan. environmental dpt. implementasi gak pake lama krn infrasturktur klo pake full EV.
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 808
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: [First Drive] Nissan Note e-power

Post by mobilover »

X-Trail E-power please hahaha

Kayaknya X-trail e-power ada kemungkinan dirilis bersamaan dgn next gen X-trail yg tahun depan dilaunching global. Masuk ke indonesia paling cepat 2 tahun lagi kali yah hehe
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [First Drive] Nissan Note e-power

Post by ChZ »

klo gt saatnya bisnis mesin kampakan...

lumayan klo mesinnya cm buat genset khan partnya bisa pake part kanibal... :ngacir:

HR12DE kan ? buat scrapyard isinya datgo march livina juke :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
mpvlover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1147
Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26

Re: [First Drive] Nissan Note e-power

Post by mpvlover »

X-trail gen skrg ga ada versi e-power kalo ga salah. Mungkin gen berikutnya.

Livina skrg gak mungkin ada versi e-powernya. Livina mobil paling low di lineup global nissan. Sama aja kaya ga mungkin avanza dibikin hybrid.

Setelah 2025, baru bisa keliatan nasib tech e-power ini. Di atas kertas ini solusi sempurna buat negara berkembang atau dunia ketiga kaya +62 ini. TAPI kalo justru EV meledak di semua negara maju, e-power ini akan diabaikan nissan

Euforia ttg mobil listrik di indo itu belum tentu akan jd kenyataan loh. EV udah pasti di negara maju tp negara kaya +62 ini justru akan jadi tempat jin jepang buang anak :

Electric motor itu cocok utk gantiin mesin canggih eropa yg kompleks dan mahal. Emisi uni eropa makin ketat.

Tapi mesin kuno di avanza itu murah bikinnya. Indon ga ada emisi ketat. Toyota itu cuman koar koar aja ttg pabrik mobil listrik di indon, wong di global aja mereka ga punya satu pun mobil listrik. Toyota astra itu cuman niat jualan avanza dan calya sampe kiamat. Sepuluh taun lagi inget aja kata kata saya ini

Yg serius bikin pabrik mobil listrik di sini itu cuman HYUNDAI. Buat bikin Kona. Kona itu ada versi bensin, PHEV dan electric.

Merk china ada harapan inves di sini. Merek tau inkumben kaya astra, daihatsu suzuki disini itu dinosaurus. Bakal bikin kijang dan carry sampe kiamat